tempat-wisata-branksinto

Tempat Wisata Trenggalek | Pantai Alam, Edukasi Lengkap

Tempat Wisata Trenggalek – Hallo kawan, apakah kamu pernah mendengar kota Trenggalek? Ya kota dengan julukan kota tempe kripik ini adalah kota bagian ujung selatan Jawa Timur.

Alun_Alun_Trenggalek
http://kab-trenggalek.blogspot.com

Tahukah kamu kalau di kota kecil ini mempunyai tempat wisata yang sangat banyak dan sangat indah. Mulai dari tempat wisata pantai sampai tempat wisata alam yang menakjubkan. Lalu dimana sajakah tempat-tempat wisata yang indah itu? Penasaran. Yuk Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Table of Contents

1. Pantai Prigi

pantai-prigi-trenggalek
https://www.jejakpiknik.com

Pantai prigi adalah salah satu pantai indah yang ada di Trenggalek. Pantai prigi ini lokasinya tak jauh dari pusat kota Trenggalek, yakni sekitar 48 kilometer dari pusat kota. Pantai prigi ini sendiri mempunyai pasir putih yang menambah keindahan pantainya, sehingga siapapun yang berkunjung ke pantai prigi ini akan langsung jatuh cinta dengan pasir putih dan suasana pantainya yang sangat indah.

Pantai prigi ini sendiri terbagi menjadi 2 kawasan, yakni sisi barat untuk objek wisata dan sisi timur untuk dermaga bagi para nelayan. Sehingga bagi kamu yang ingin berwisata ke pantai ini dan membeli ikan segar yang rasanya sangat nikmat, kamu bisa langsung datang ke pantai prigi ini.

Di samping itu pada saat kamu sudah berada di pantai prigi, kamu bisa langsung bermain pasir, berenang, dan bisa langsung berolahraga seperti bermain bola. Dan yang membedakan pantai prigi dengan pantai yang lainnya ialah, di pantai prigi, kamu bisa memancing ikan dengan puas. Di samping itu, fasilitas pendukung juga telah disediakan dengan baik seperti warung makan, pelampung, dan penginapan. Tunggu apalagi mari berkunjung ke pantai prigi dengan mengajak sahabat, keluarga, maupun pasangan kamu, pasti dijamin akan lebih seru.

2. Pantai Damas

Pantai-Damas-Trenggalek
http://cektravel.info

Tempat wisata yang ada di Trenggalek selanjutnya ialah pantai damas yang berada di desa Karanggandu, Kec Watulimo, Kab Trenggalek. Dari pusat kota Trenggalek yang berjarak sekitar 53 Km, ya perjalanan yang agak jauh kalau dari pusat kota. Tapi jangan khawatir sebab akses menuju pantai damas ini sudah baik, namun masih harus banyak perbaikan sebab aspalnya sudah mulai rusak.

Pantai damas mempunyai pasir putih kecoklatan yang sangat eksotis dan alami. Pantai ini mempunyai ombak yang relatif tenang dan sangat nyaman, sehingga kamu yang sedang berkunjung ke pantai ini dapat berenang dengan tenang dan bisa berselancar. Di samping itu, di pantai ini kamu juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar menikmati suasana mengapung di lautan.

3. Pantai Karanggongso

Piknik-Seru-Ke-Pantai-Karanggongso-Di-Trenggalek-Yuk-Dengan-Beramai-Ramai
https://liburmulu.com

Pantai karanggongso lokasinya terdapat di desa Tasikmadu, Kec Watulimo, Trenggalek Jawa Timur. Jika dari Kota Trenggalek jaraknya sekitar 52 Km. Obyek wisata pantai ini adalah salah satu tempat wisata Favorit yang terdapat di Trenggalek.

Kalau berkunjung ke pantai ini kamu bisa langsung menikmati panorama keindahannya. Untuk tiket masuknya pun sangat terjangkau dan tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Di pantai ini kamu juga dapat berlayar memakai perahu nelayan. Sehingga kamu bisa merasakan langsung berlayar dan menikmati indahnya pantai karanggongso secara dekat.

4. Pantai Blado

Pantai_Blado_Indah_Di_Trenggalek
https://www.sumber.com

Wisata pantai trenggalek yang berikut ini menyediakan panorama alam yang indah, menakjubkan, dan tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di daerah lain. Pantai Blado ini terletak di Desa Munjungan, Kec Munjungan, Kab Trenggalek. Kalau dari pusat kota Trenggalek Berjarak sekitar 49 Km.

Pantai blado ini mempunyai luas sekitar 25 hektar dan juga panjang dari pantai blado mencapai 3 km. Panorama yang sangat indah akan tersaji di pantai blado karena ombak pantai ini sangat besar, jadi jangan sampai berenang di sana ya?. Namun untuk para peselancar mungkin pantai plado ini sangat cocok untuk dirinya, sebab ombaknya yang besar. Di pantai ini kamu juga bisa menelusuri sepanjang pantai dengan jalan kaki sembari merasakan sejuknya angin yang di pantai ini.

Di sekitar pantai blado tersedia gardu padang yang dapat digunakan untuk beristirahat sembari menikmati keindahan panorama pantai yang indah, bukan hanya itu saja, di pantai ini juga terdapat warung makan, panggung hiburan, warung kopi, dan disediakan area parkir yang luas.

5. Pantai Ngulung Wetan

pantai-ngulungwetan-dmy

Tempat wisata yang ada di trenggalek ini memang belum banyak yang mengetahui atau mendengarnya. Namun pesona alam yang disuguhkan di pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya yang ada di kabupaten Trenggalek. Dengan pesona alam yang masih alami dan menawarkan pemandangan alamnya yang sangat eksotis. Lokasi pantai ini terletak di Desa Ngulungwetan, Kec Munjungan, Kab Trenggalek.

Kalau berkunjung ke pantai ini, disana kamu akan melihat langsung aktifitas para nelayan yang sedang mencari ikan. Di sana juga ada kerbau milik petani dan kamu bisa melihatnya langsung. Ayo tunggu apalagi ajak kerabat, keluarga, maupun pasangan kamu untuk menikmati pesona pantai Ngulungwetan yang indah.

Larangan / pantangan saat berkunjung ke pantai ngulungwetan

Namun saat berkunjung ke pantai ini ada larangan-larangan yang harus kamu patuhi. Yang pertama adalah tidak boleh mandi di laut, tidak boleh kencing di sembarang tempat khususnya di daerah yang berpasir, tidak boleh bermadu cinta di pantai ini, tidak boleh beramai-ramai khusunya saat malam. Pasalnya di pantai ini masih menjunjung tinggi adat yang sudah turun temurun. Sebab dari beberapa pengunjung yang melanggar aturan adat pasti mengalami kesurupan masal. Beberapa waktu yang lalu pernah ada anak pramuka yang memadu kasih di tempat ini dan akhirnya seluruh anggota persami mengalami kesurupan masal. Jadi saat berkunjung ke tempat ini dimohon untuk menjaga sikap dan mentaati aturan yang sudah dijelaskan tadi.

6. Pantai Ngadipuro

Pantai_Ngadipuro_Indah
https://www.sumber.com

Pantai ngadipuro ini terkenal akan sebutan pantai nelayan, sebab banyaknya nelayan yang terdapat di pantai ini untuk mencari ikan. Namun fasilitas sarana dan prasarana pantainya belum memadai sebab masih dalam proses pengembangan.

Untuk pesona pantai ngadipuro ini sudah tidak diragukan lagi. Pantai dengan pesona keindahan alam yang sangat memanjakan mata sehingga sangat enak untuk dipandang. Ombak dipantai ngadipuro ini begitu tenang, sehingga kamu dapat secara nyaman dan aman untuk berenang tapi harus dalam pengawasan nelayan setempat.

7. Pantai Konang

Pantai-Konang-Yang-Eksotis
http://nglebeng-panggul.trenggalekkab.go.id

Objek wisata pantai ini berada di Desa Nglebeng, Kec Panggul, Kab Trenggalek. Pantai konang ini menawarkan pesona alam yang indah dan berbeda dengan yang lain. Panjang pantai ini sendiri mencapai 1,5 dan luas pantai ini mencapai 11 hektar.

Bibir pantai yang sangat luas di tumbuhi oleh pohon kelapa, pantai yang indah ini juga memiliki julukan Kampung Nelayan, sebab banyaknya nelayan yang mencari ikan. Ombak pantainya cukup besar jadi sebaiknya kamu jangan berenang ya?. Namun bagi para peselancar pantai ini sangat cocok karena pasti akan menantang dan menyenangkan untuk berselancar.

Di sepanjang pantai ini juga ada warung-warung yang menjajakkan bermacam-macam makanan seperti ikan bakar, bakso, sempol, es degan, es campur dan yang lainnya. Untuk harga panganan yang dijakakkan sendiri cukup terjangkau, sehingga sangat cocok kalau berkunjung ke pantai ini beramai-ramai sembari menikmati pesona pantai dan makanan khasnya.

8. Pantai Ngampiran

Pantai-Ngampiran-Trenggalek-Jawa-Timur-Yang-Indah
https://ksmtour.com

Wisata pantai yang ada di Trenggalek ini menawarkan keindahan panorama alam yang sangat menakjubkan dan mempesona. Hutan di pantai ngampiran ini masih sangat alami dengan pepohonan yang cukup besar dan lebat, selain bisa memanjakkan mata dengan pemandangan yang disuguhkan, tempatnya juga sejuk, damai, serta sangat tenang sehingga sangat cocok untuk yang lagi membutuhkan ketenangan diri. Pantai ini berada di Desa Tawing, Kec Munjungan, Kab Trenggalek. Yang berjarak 4 km dari Kec Munjungan ke arah timur.

Ketika kamu berada di pantai ini, kamu dapat bersantai di tepi pantai sembari menikmati keindahan panorama pantainya. Di samping itu kamu juga dapat berenang dan berlayang bersama para nelayan yang ada disana. Namun Jangan sesekali kamu berenang di pantai ini tanpa pengawasan para nelayan setempat. Di sekitar pantai ini juga disediakan penginapan. Dan jangan khawatir disana kamu tidak akan menerima atau mendengar suara hp yang berdering karena panggilan pekerjaan, hal ini disebabkan disana tidak ada sinyal.

9. Pantai Taman Kili-kili

arumi-bachsin-dan-emil-di-pantai-taman-kili-kili-trenggalek
https://elzhito.wordpress.com

Bukan hanya di Bali dan di Banyuwangi saja yang mempunyai penangkaran penyu, di Trenggalek juga mempunyai pantai untuk pelestarian penyu loh? Ya, pantai taman kili-kili adalah pantai yang dipakai untuk melakukan penangkaran penyu. Mulai dari penyu sisik, penyu abu-abu, peyu belimbing dan juga penyu hijau. Di tempat wisata ini kamu dapat melihat penyu-penyu itu dikembangakn sehingga menambah wawasan kamu mengenai hewan terutama penyu yang ada di pantai taman kili-kili ini.

Untuk namanya sendiri wisata pantai ini memiliki nama yang unik ya? namun untuk keindahannya juga tak kalah cantik dengan pantai yang lainnya yang ada di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Untuk lokasi pantai taman kili-kili ini terletak di Desa Wonocoyo, Kec Panggul, Kab Trenggalek.

Di pantai yang indah ini kamu dapat melihat langsung panorama sunrise dan sunset yang sangat indah juga mempesona. Wah, tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi Ya?

10. Pantai Pelang

pantai-pelang-panggul-trenggalek
https://eksotisjogja.com

Pantai pelang ini letaknya berada di Desa Wonocoyo, Kec Panggul, Kab Trenggalek. Ya, masih bisa di bilang masih saudaraan dengan kili-kili, hehe. Pantai ini mempunyai panjang mencapai 2 km dan luasnya yang mencapai 10 hektar, membuat oantai ini sangat di favoritkan bagi wisatawan untuk liburan.

Meskipun sedikit jauh dari pusat kita, namun pantai pelang ini menyimpan pesona alam yang sangat memikat bagi siapa saja yang melihatnya. Hamparan pasir putih membentang luas, air lautnya sangat jernih, juga tedapat perbukitan di sekitar pantai yang membuat keindahan panorama pantai ini dapat kamu nikmati melalui atas bukit. Sehingga kamu bisa melihat pemandangan pantai yang sangat menawan serta sangat memukau.

11. Pantai Njoketro

pantai-njoketro-di-trenggalek-indah
http://www.alfathmulia.com

Pantai ini berada di Desa Nglebeng, Kec Panggul, Kab Trenggalek, lokasinya tidak jauh dari pantai konang. Pantai ini adalah tempatnya para nelayan mencari ikan. Banyak juga para warga Nglebeng ataupun wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan pantainya atau membeli ikan untuk disantap. Ombanya di laut ini tidak terlalu besar, sehingga kalau kamu ingin bermain di air tidak akan beresiko terlalu besar jika berada di pinggir pantai.

12. Pantai Rajaan Ngulungkulon

pantai-rajaan-ngukungkulon

Pantai rajaan ialah pantai yang berada di desa Ngulung Kulon, Kec Munjungan, Kab Trenggalek. Desa Ngulung Kulon ini adalah desa yang letaknya berada di kawasan pinggiran kec Munjungan. Tepatnya dari pertigaan Ngadipuro terus kamu mengambil jalan lurus kurang lebih 5 km ikuti jalan aspal jalur tembusan ke Kecamatan Panggul. Dari jalur ini kalau kita merasa kebingunan kamu bisa bertanya langsung kepada warga sekitar mengenai pantai rajaan yang eksotis ini.

Pantai rajaan ini lebih banyak di dominasi oleh bantuan dan tebing karang dari pada pasir pantainya. Pantai rajaan mempunyai pemandangan yang indah dan mengagumkan banyak tebing-tebing karang dengan bentuk yang sangat unik yang menghiasi bibir pantai.

Pantai ini masih alami dan bersih juga berdekatan dengan pemukiman warga. Pantai ini mempunyai satu icon yang menarik di sisi kirinya yaitu pada sebuah pulau kecil dan juga batu karang yang menjulang tinggi yang mana lokasi inilah yang sering sekali di pakai untuk foto oleh para pengunjung pantai. Di sisi ini juga kita juga bisa menjumpai banyak kerang laut yang menempel pada batuan karang. Kamu juga bisa membawa kerang laut ini pulang untuk dijadikan olahan seafood yang lezat.

13. Pantai pasir putih

liburan-trenggalek-pantai-pasir-putih-karanggongso-yang-indah
https://www.jejakbocah.com

Pantai yang indah ini lokasinya berada di Jl. Raya Pantai Prigi, Tasikmadu Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Sesuai dengan namanya, pantai pasir putih ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat menawan. Air laut yang ada dipantai ini sangat jernih dan dikelilingi panorama hijau yang menyejukkan. Di samping itu pada bagian sudut pantai juga terdapat batu karang yang menambah kecantikan pantai pasir putih yang ada di Trenggalek ini. Ketika di sana, kamu bisa bersantai di tepi pantai, berenang, juga berlayar mengelilingi pantai dengan cara menyewa perahu nelayan. Untuk fasilitas yang disuguhkan di pantai pasir putih ini sangat lengkap dan aman.

14. Pantai Cengkrong

big_slider_pantai_cengkrong_trenggalek_dmy
http://ulinulin.com

Pantai cengkrong lokasinya di desa Kanggandu, Watulimo, Kab Trenggalek, Pantai ini memiliki karakter ombak yang tidak begitu besar. Hal ini disebabkan pantai ini mempunyai perbukitan karang yang menghalangi jalannya ganas ombak laut selatan. Pantai ini sendiri menawarkan keindahan yang luar biasa. Di pantai ini bisa langsung menikmati keindahan pantai di pagi hari dengan pemandangan sunrise di baik perbukitan karang.

Maka tidak ada salahnya kalau pantai ini dijadikan rujukan untuk berlibur dengan santai bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan. Berbagai macm fasilitas di tepi panti juga dibilang sangat lengkap, di tambah lagi dengan hutan mangrove yang sangat indah nan asri di sebrang jalan dari pantai.

Panorama yang disuguhkan di pantai cengkrong

Ketika kamu berkunjung ke pantai cengkrong, kamu juga dapat sekaligus ke hutan magrove yang menawan.  Keunikan yang ditawarkan di pantai ini sangat banyak dan dijamin akan betah berlama-lama menikmati indahnya suasana pantai, untuk keunikan yang ditawarkan sendiri ada hutan mangrove konservasi lingkungan,  jembatan damas yang sangat indah, bukit karang yang terletak di sisi pantai cengkrong, terdapat area camping yang luas, dan kamu juga bisa bekeliling di pinggir pantai dengan memakai ATV.

15. Pantai Mbangko’an

pantai-mbangko'an-di-trenggalek
https://wisatalengkap.com

Pantai ini adalah kawasan wisata pantai yang belum lama di buka di wilayah Trenggalek. Pantai mbangkoan lokasinya berada di Tasikmadu, Watulimo Kab Trenggalek. Pantai mbangkoan mempunyai potensi keindahan alam yang masih alami dan juga keberadaan tanaman khas yang ada di tepi pantainya.

Pengelola dari pantai ini sangat berharap pantai mbangkoan ini dapat menyaingi kepopuleran Pantai Karanggongso pada masa mendatang. Ekowisata dari pantai mbangkoan adalah kawasan wisata pantai yang sedang dikembangkan oleh masyarakat bekerjasama dengan perhutani.

Di sekitar area parkir pantai ini ada beberapa fasilitas pendukung yang baru saja selesai dibangun yakni kamar mandi dan juga wc umum. Keberadaan ini sangatlah membantu untuk wisatawan yang ingin berbilas dan berganti pakaian pada saat selesai mandi atau bermain di laut.

Di samping itu juga terdapat beberapa warung yang berdiri berdampingan sampai tepi pantai. Beberapa diantaranya ialah menjual makanan dan minuman juga untuk sebagian yang lainnya menjual beraneka ragam cideramata. Untuk harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

pantai-kapulogo-trenggalek
https://trenggalek.org

Di kecamatan Munjungan sendiri juga terdapat banyak sekali pantai sebab daerah ini berada di pesisir laut selatan atau segoro kidul. Terdapat satu pantai yang terbilang masih minim wisatawannya, pantai ini bernama pantai kapulogo. Pantai ini berada di desa Ngadipuro, Kec Munjungan, Kab Trenggalek. Untuk kelebihan dari pantai ini ialah bersih dan airnya yang masih biru jernih. Pantai ini mempunyai pulau karang dengan jarak sekitar 30 meteran, ini sangat aman untuk berenang sebab ombaknya tidak terlalu besar meskipun ada di pesisir pantai selatan.

17. Pantai Nggenjor

PANTAI-NGGENJOR-TRENGGALEK
https://www.mastrigus.com

Kalau mendengar pantai ini rasanya baru dengar ya? Ya, nama pantai nggenjor ini memang salah satu tempat destinasi di kawasan Prigi, Trenggalek dan juga belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai ini masih virgin, sebab belum tercemar oleh tangan-tangan jahil dan masih alami dengan seluruh usil-usilan para ekploitir, yang mencari informasi-informasi mengenai tempat wisata ini. Lokasi pantai ini masih masuk kawasan desa Tasikmadu, Watulimo, Kab Trenggalek yang berbatasan langsung dengan kota Tuluagung.

Alam sudah memberikan kita surga dunia yang indah, jadi jangan sampai kita merusaknya. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjaga alam supaya tidak tercemar. Yang kita lakukan adalah tidak membuang sampah di pantai, sungai, dan di sembarang tempat. Ini supaya tempat wisata selalu terjaga, karena jika bersih kita juga yang nyaman.

18. Wisata Alam Hutan Kota (Huko) Trenggalek

HUKO-TRENGGALEK
https://duta.co

Objek wisata yang ada di Trenggalek satu ini lokasinya berada di tengah kota Trenggalek. Pemandangan hijau juga segarnya suasana khas pegunungan akan langsung kamu nikmati kalau sudah mengunjungi tempat wisata ini.

Hutan kota atau lebih dikenal dengan huko ini juga sangat mengasikkan nan indah untuk melihat sunrise dan sunset, namun kalau kamu ingin melihatnya, kamu harus naik ke puncak gunung Jaaz terlebih dulu untuk melihat panorama Kota Trenggalek dari atas bukit. Gunung jaaz sendiri adalah hutan kota terbesar se Jawa Timur, di dalam kawasan huko juga ada macm-macam tanaman seperti sawo kecik, kayumanis, akasia, dan yang lainnya. Huko ini ialah alternatif tempat wisata yang terdapat di kota trenggalek.

19. Bukit Banyon Trenggalek

Bukit-Banyon
https://ngadem.com

Bagi kamu yang gemar Tracking, hiking, dan juga pecinta alam, mengunjungi tempat wisata bukit banyon ini ialah pilihan yang sangat tepat. Pemandangan alam yang indah nan eksotis dari puncak bukit membuat bukit ini sering di namai dengan bukit atas awan.

Untuk lokasi wisata bukit banyon ini ada di Desa Widoro, Kec Gandusari, Kab Trenggalek. Suasana alam yang hijau dan sejuknya alam pegunungan dapat kamu nikmati saat berada di tempat wisata yang satu ini, akmu juga dapat melihat pesona sunset dan surise yang sangat indah juga pastinya sangat menawan. Ayo tunggu apa lagi, mari segera berkunjung ke tempat wisata ini ya.

20. Gunung Gemblung

gunung-gemblung
https://www.hipwee.com

Obyek wisata yang satu ini dapat dibilang tempat paling populer di Trenggalek, khususnya untuk kalangan pecinta alam. Sebab tempat ini adalah destinasi wisata utama yang ada di Trenggalek untu para pecinta alam. Untuk namanya saja sangat unik yakni Gunung Gemblung, jika diartikan di dalam bahasa jawa kata gemblung adalah gila.

Gunung gemblung ini lokasinya berada di desa Kendalrejo, dan desa Samarum, Kec Durenan Kab Trenggalek. Jika dari pusat kota Trenggalek jaraknya kurang lebih 17 km.

Di gunung gemblung ini juga ada goa yang dapat sekalian kamu kunjungi dan langsung kamu nikmati, fasilitas yang lainnya yang ada di tempat wisata ini telah di lengkapi Mushola, toilet yang nyaman, sumber airnya juga baik dan sangat bersih, track adventure, dan yang lainnya.

Di gunung gemblung ini kamu juga bisa melihat sunrise dan sunset yang tidak kalah indah dengan daerah-daerah yang lainnya.

21. Pesona Puncak Gunung Sepikul

wisata-gunung-sepikul
https://www.superadventure.co.id

Wisata alam trenggalek yang berikutnya ialah puncak gunung sepikul dengan pemandangan alam yang eksotis nan indah, sebab alamnya yang alami juga di temani udara segar khas pegunungan akan memanjakan siapa saja yang berkunjung ke gunung sepikul ini. Untuk lokasi wisata gunung yang indah ini berada di Desa Watuagung, Kec Watulimo, Kab Trenggalek.

Tebing-tebing yang tinggi dapat kamu lihat langsung saat kamu mengunjungi tempat ini , pesona alam yang sangat menakjubkan akan menyambut kedatangan kamu. Untuk kamu yang gemar berolahraga panjat tebing, tempat ini ialah wisata yang tepat untuk wisata andrenalin kamu.

22. Wisata Gunung Pandan (Pagundan) Ngulungwetan

wisata-pagundan

Wisata gunung pandan atau yang lebih dikenal dengan nama Pagundan adalah tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Ngulungwetan, Kec Munjungan Kab, Trenggalek. Tempat wisata alam ini menyuguhkan gunung yang tinggi dan banyak pepohonan yang masih alami sehingga udaranya sejuk dan segar khas pegunungan.

Tempat wisata alam ini sangat cocok dikunjungi khususnya bagi para pencinta alam karena medan yang dilalui cukup menantang dengan berjalan kaki. Di gunung pandan ini juga disediakan gubuk yang bisa dipakai untuk beristirahat

setelah perjalanan yang cukup jauh sembari melihat langsung pantai Ngulungwetan yang indah dari atas gunung. Namun bukan hanya itu saja, dari puncak gunung pandan juga bisa melihat ke berbagai penjuru arah yang pastinya sangat bisa memanjakkan mata. Di sini kamu juga bisa melihat sunrise dan sunset yang indah, Penaran? Mari langsung saja berkunjung ke sini ya? Jangan lupa untuk mengajak sahabat, keluarga, ataupun pasangan kamu.

23. Pantai Trincing Ngulungwetan

Pantai-trincing-Ngulungwetan-Yang_Indah

Tempat wisata ini juga tidak kalah indah dengan yang lainnya. Pasalnya di pantai ini masih memiliki hutan lebat yang masih sangat alami dan masih jarang ada manusia yang menjamah hutan tersebut. Bagi para pemancing (angler) tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena tempatnya sangat nyaman, namun harus hati-hati karena ombaknya besar sebab berhubungan dengan pantai selatan.

Untuk perjalanan menuju ke lokasi dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua, namun juga harus ekstra hati-hati sebab jalan yang di tempuh lumayan ekstrim. Namun setelah sampai di lokasi perjalanan yang cukup melelahkan tersebut bisa terbayar dengan sajian keindahan pantai trincing tersebut. Tidak sampai disitu saja, disana kamu akan menemukan berbagai kapal nelayan yang sedang bersandar khususnya siang hari.

Pantai ini cukup unik, walaupun dinamakan pantai namun disana kamu tidak akan menemukan pasir meskipun hanya sebutir. Karena pantai trincing tersebut sepunuhnya di dominasi oleh batu kecil yang berbentuk bulat seperti bola. Tidak sampai disitu saja, namun batu di pantai itu memiliki keunikan tersendiri yaitu batunya yang berwarna warni. Pastinya dengan berkunjung ke tempat ini perjalanan kamu tidak akan sia-sia.

24. Pesona Goa Lowo

goa-lowo
https://ekaatenti.wordpress.com

Obyek wisata goa di Trenggalek yang satu ini sangat populer di Kabupaten Trenggalek. Goa dengan panjang 2000 meter ini adalah termasuk ke dalam goa terbesar yang ada di asia tenggara, wah trenggalek juga punya goa terbesar se asia ya?. Di dalam goa lowo ini ada habitat kelelawar yang tak ada saingannya, sebab jumlah kelelawarnya yang sangat banyak.

Bukan hanya melihat kelelawar yang jumlahnya banyak saja, namun keindahan stalagtit dan stalagmit di dalam goa yang sangt menakjubkan dapat kamu nikmati di goa lowo ini. Untuk fasilitas dan sara prasarana goa lowo ini juga sudah cukup baik, sebab telah terdapat lampu penerangan, tempat bermain, mushola, rest area, food, court, kursi duduk, dan juga disediakan area parkir yang cukup luas.

25. Sungai Kedung Maron

kedung-maron
https://www.teluklove.com

Wisata sungai kedung maron ialah salah satu tempat wisata yang lokasinya berada di desa Salam Wates, Kec Dongko, Kab Trenggalek. Wisata sungai kedung maron ialah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa ataupun hari liburan. Tempay wisata ini sangat indah dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari.

Wisata sungai kedung maron ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan kamu, apalagi jika liburan panjang telah tiba seperti liburan nasioal ataupun hari libur yang lainnya. Untuk keindahan wisata sungai kedung maron ini sangat baik untuk kamu yang berada di dekat maupun berada di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata sungai kedung maron ini.

Panorama yang disuguhkan di sungai kedug maro

Tempat wisata ini harus kamu kunjungu sebab pesona keindahannya yang tak ada duanya. Salah satu bagian aliran sungainya ada turunan air yang mengarah ke sungai yang lebih lebar. Turunan aliran sungai ini terdiri dari bebatuan besar yang kalau dilihat dari sudut tertentu akan kelihatan seperti air terjun namun memiliki volume yang sangat kecil. Belum lagi pada bgaian bawah turunan bebatuan itu, dengan air sungai yang sangat jernih dan luas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kolam renang alami.

Panorama yang disuguhkan sungai kedung maron ini tidak kalah indah dengan destinasi wisata yang lainnya. Keindahan yang tergambar di sini adalah kombinasi antara persawahan penduduk, sungai kedung maron yang bersih, juga pemandangan alami perbukitan dengan pepohonan yang mengelilinginya.

Wisata sungai kedung maron di trenggalek dapat dibilang sebuah wisata alam yang mempunyai beberapa fasilitas dan pelayanan, diantaranya adalah Mushola, area parkir, kamar mandi / MCK, rumah makan, dan yang lainnya yang tidak disebutkan. Untuk menuju ke lokasi ini kamu bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Kamu bisa meminta panduan arah ke wisata sungai kedung maron di google maps yang terpasang di smartphone kamu.

Saran dan tips dari kami sebelum menuju ke tempat wisata ini kamu perlu mempersiapkan kebutuhan yang akan kamu perlukan. Juga persiapkan beberapa barang tambahan seperti kamera sebab kamu pasti ingin mengabadikan moment bersama dengan keluarga, sahabat, ataupun pasangan kamu.

26. Coban Rambat Dompyong

coban-rambat-dompyong
https://www.panggulku.com

Obyek wisata yang satu ini terbilang masih baru di Trenggalek, destinasi wisata yang pastinya kekinian, hits, dan instagramable, sebab keindahan dan eksotisnya tempat wisata ini.

Untuk lokasi tempat wisata ini adalah terletak di Desa Dompyong, Kec Bendungan, Kab Trenggalek. Air terjun di coban rambat ini sangat indah dan harus kamu kunjungi. Untuk akses jalan menuju ke tempat wisata ini juga sudah baik, jadi sayang kalau tempat ini kamu lewatkan begitu saja.

27. Jurug Waru

Jurug-Waru-Dongko-Trenggalek-Indah
http://kangizza.blogspot.com

Jika membicarakan mengenai keindahan alam kabupaten Trenggalek memang tidak ada habisnya. Ya salah satunya ialah wisata alam jurug waru yang lokasinya berada di Desa Watuagung, Kec Dongko, Kab Trenggalek. Disebut dengan nama jurug waru sebab air terjun disini terletak diantara tebing yang sekiranya berbentuk seperti daun waru yang memunyai bentuk seperti hati.

Air terjun jurug waru ini mempunyai keindahan tersendiri dengan dikelilingi bukit dan tebing-tebing yang megah sehingga air terjun ini sangat berbeda dengan air terjun yang lainnya. Air terjun yang muncul dari sela-sela bebatuan juga telaga yang jernih ini dijamin akan menghilangkan rasa penat ataupun stes.

Biasanya para pengunjung bermain-main di tepian telaga, sembari mengabadikan ekosistemnya alam itu melalui mata kamera. Untuk menghindari kecelakaan, kamu yang tidak jago renang disarankan untuk tidak bermain sampai ke tengah danau, sebab kondisi air cukup dalam. Hamparan telaga yang berwarna hijau yang terdapat di sekitar air terjun seakan-akan membawa kamu ke alam yang lain. Sungguh air terjun yang sangat indah.

28. Goa Ngerit

goa-ngerit
https://www.panggulku.com

Obyek wisata goa ngerid ini lokasinya berada di Desa Senden, Kec Kampak, Kab Trenggalek. Goa ngerit ini hanya ramai pengunjung lokal saja, sebab tidak di kelola dengan baik oleh pariwisata kabupaten Trenggalek, sangat disayangkan ya?.

Keindahan dari goa ini masih sangat alami, jadi tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan wisata alam yang alami. Di sekitar goa ini juga ada banyak goa-goa kecil yang dapat kamu kunjungi wi wilayah ini. Untuk akses jalan menuju ke tempat ini masih sangat alami jadi kamu harus berhati-hati dan harus waspada dengan medan jalan yang cukup sulit.

29. Puncak Gunung Prongos

Keindahan-Wisata-Alam-Puncak-Gunung-Prongos-Trenggalek
https://jalanwisata.id

Gunung Ngarai prongos ini lokasinya ada di desa Timahan, Kec Kampak, Trenggalek. Pemandangan yang sangat indah akan kamu jumpai di tempat wisata ini sebab tempat ini dulunya ialah bekas pertambangan. Bekas batu gamping hasil dari pertambangan akan menghasilkan view yang sangay indah. Untuk ketinggian tempat ini di 550 Mdpl jadi udara di puncak gunung prongos ini lumayan cukup sejuk.

30. Bukit Gembes

bukit-gembes-atau-rumah-pohon-trenggalek
http://www.kordanews.com

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini pasti tidak akan kecewa, sebab tempat ini menawarkan panorama alam yang indah. Kamu dapat melihat kita Trenggalek dan view pantai yang indah dari atas ketinggian. Kamu dapat duduk di atas menara pohon yang sudah disediakan di tempat ini.

Untuk lokasi wisata bukit gembes ini berada di desa Masaran, Kec Munjungan, Kab Trenggalek. Pada siang hari suasana dari tempat ini sangat dingin dan sejuk, keindahan yang sangat eksotis akan kamu jumpai pada malam hari sebab kamu dapat melihat ramainya cahaya lampu yang terlihat indah dari sini.

31. Industri Kerajinan Trenggalek

industri-kerajinan-di-trenggalek
https://www.idntimes.com

Disamping kamu pergi berwisata ke beberapa obyek wisata alam yang ada di Trenggalek, tidak ada salahnya kalau kamu juga berkunjung ke beberapa industri kerajinannya. Industri kerajinan itu meliputi kerajinan batik tulis di Kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek, Kerajian marmer hitam di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, Kerajinan bordir di desa Kamulan, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Juga ada kerajinan anyaman bambu di Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari dan di Des Sumber Gayam, Kecamatan Durenan.

32. Air Terjun Songgolangit

Air-Terjun-Songgolangit
http://tempatwisataindonesia.id

Air terjun songgolangit ini lokasinya berada di Sukokidul, Pule, trenggalek. Air terjun songgolangit ini berarti penyangga langit. Air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat menarik dengan adanya air terjun yang bertingkat-tingkat sampai 4 tingkatan. Air terjun ini disamping dikelilingi dengan pepohonan yang hijau juga mempunyai udara yang sejuk khas pegunungan sehingga kamu dapat bermain air juga sejenak melupakan semua kepenatan.

33. Curug Kembar

Curug-Kembar
http://berbagipariwisata.blogspot.com

Air terjun atau curug indah yang ada di Trenggalek yang lainnya ialah curug kembar. Curug kembar ini berada di Desa Slawe, Watulimo, Trenggalek. Dengan pemandangan dua buah air terjun yang terdapat di satu lokasi ini adalah salah satu tempat wisata yang belum banyak terjamah oleh banyak manusia.

Walaupun tempat wisata ini masih tergolong baru, namun air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan adanya dua buah air terjun yang mempunyai tinggi 15 sampai 20 meter. Air terjun ini juga dikelilingi pepohonan yang lebaht, sehingga menambah sejuk juga asri pemandangan di sekitar air terjun. Air terjun kembar atau curug kembar ini dapat menjadi salah satu wisata trenggalek pilihan para wisatawan yang ingin menikmati wisata dengan suasana yang sejuk serta damai.

34. Jurug Terbang

jurug-terbang
http://pojokpitu.com

Lokasi jurug terbang ini terletak di Desa karangrejo, Kec Kampak, Kab Trenggalek. Untuk kalangan masyarakat setempat, tempat wisata ini cukup populer. Banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu ke tempat wisata jurug terbang ini untuk sekedar bersantai, ataupun melepas penat. Jurug terbang ini memiliki daya tarik berupa air terjun berundak yang mempunyai ketinggian sekitar 35 meter.

Di bawah air terjun juga ada sebuah cekungan yang berisi air sedalam kurang lebih 2-3 meter. KAlau kamu ingin basah-basahan, pastikan dahulu kalau kamu dapat berenang agar tidak membahayakan diri kamu. Kawasan wisata ini sendiri juga dikenal sebagai penghasil buah durian yang sangat lezat. Oleh karena itu, siapkan uang tambahan jika kamu ingin mencicipi legitnya buah durian khas Desa Karangrejo ini. Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu cukup membayarnya dengan menjaga kebersihan tempat ini. Jadi jangan sampai peraturan itu di langgar ya, sebab kita sudah di gratiskan untuk masuk ke tempat wisata yang sangat eksotis ini.

35. Grobokan Sewu Trenggalek

grobogan sewu trenggalek-
http://trenggalekhits.blogspot.com

Air terjun grobogan sewu ialah air terjun yang terletak di ujung selatan kabupaten Trenggalek tepatnya di kecamatan Panggul. Air terjun grobokan sewu ini dipercaya masyarakat sekitar dapat bikin awet muda, maka dari tempat wisata itu, wisatawan lokal banyak yang mandi di sini supaya awet muda.

Air terjun grobokan sewu ini terletak di sebelah barat pantai pelang. Sebab letaknya di pinggir pantai, kamu juga bisa menikmati keindahan hamparan rumput kecil yang ada di sepanjang pantai pelang. Air grobokan sewu ini mempunyai ketinggisn 10 m dan bisa dipakai untuk mandi. Bahkan penduduk setempat meyakini jika air terjun ini akan membuat seseorang awet muda jika mandi di tempat ini.

36. Air Terjun Kali Anjlok

Air-Terjun-Kali-Anjlok-Wisata-Alam-di-Terenggalek
https://jalanwisata.id

Di perbatasan Trenggalek-Ponorogo ada air terjun yang bernama Kali Anjlok yang begitu eksotis. Dari namanya saja sudah bisa diartikan air sungai yang airnya jatuh dari ketingian atau disebut dengan Kali Anjlok. Air terjun kali anjlok ini lokasinya terletak di desa Pucunganak, Kec Tugu, Kab Trenggalek, Jawa Timur.

Untuk jalan menuju ke lokasi air terjun kali anjlok ini sangat terjal, saking sulitnya jarang ada pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata ini. Jalannya naik turun, apalagi kalau musim hujan tiba jalannya akan terasa licin. Air terjun kali anjlok ini terletak jauh dari pemukiman warga, sehingga membuat tempat wisata ini sunyi.

37. Kedung Lesung

Kedung_Lesung_Obyek_Wisata_Baru_Di_Kecamatan_Munjungan-Trenggalek
http://www.trenggalektimes.com

Wahana wisata pemandian yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat awam, namun tidak untuk mereka para pecinta wisata alam, khususnya yang senang berwisata air. Kedung lesung adalah salah satu ikon wisata yang menyguhkan keindahan alam yang masih alami juga asri yang letaknya berada di kawasan pinggir hutan.

Awal mula dikenalnya tempat wisata kedung lesung ini hanyalah disebabkan banyaknya anak-anak juga para remaja yang kerap mandi di sebuah sungan dan sekedar menikmati keindahan alam. Melihat hal itu, lalu perhutani KPH kediri bersama dengan LMDH juga dibantu dengan pemerintah desa Tawing, yang mana sekaligus juga bekerjasama dengan pemuda ikatan remaket (IRC) berisiniatif untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar kedung lesung tersebut dengan cara membuka wahana pemandian.

Dengan dibukanya wahana pemandian kedung lesung itu menambah jumlah daftar tempat wisata di kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Seiring dengan berjalannya waktu, kedung lesung eksotis yang berada di wilayah Rt 29/Rw 06 Dusun Gabahan Desa Tawing Kecamatan Munjungan itu terlihat lebih menarik dan indah dari yang sebelumnya. Tunggu apa lagi, ayo mari berwisata ke tempat ini dengan mengajak kerabat, keluarga maupun pasangan kamu ya?.

 38. Coban Wonoasri

coban-wonoasri
https://www.pinterest.co.uk

Lokasi coban wonoasri berada di desa Mbangun, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Kalau kamu berangkat dari arah kota Trenggalek, yang jarak tempuhnya kurang lebih 58 km maka kamu akan disuguhi medan yang cukup berbahaya. Tapi perlu saya ingatkan supaya tetap berhati-hati di dalam perjalanan untuk menuju ke tempat wisata ini. Terutama di kawasan rengkek-rengkek yang memang terkenal dengan medan yang berkelok-kelok dan cukup curam itu. Sebaiknya kurangi kecepatan semaksimal mungkin kalau telah menemukan turunan dan juga papan peringatan yang ada di bahu kiri jalan.

Akan tetapi setelah sampai di tempat tujuan, kelelahan kamu akan terbayar lunas oleh keindahan coban wonoasri itu. Air terjunnya mengalir dari balik bukit. Airnya mengalir cukup deras juga di kanan kiri air terjuk terlihat rindang juga masih alami. Tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama teman juga keluarga.

39. Bukit Tunggangan (Bukit Paralayang)

bukit-tunggangan
http://wisatabukittunggangan.blogspot.com

Bukit tunggangan ialah salah satu tempat wisata bermain yang lokasinya berada di Daerah Durenan, Trenggalek Jawa Timur. Pemandangan bukit ini sangat indah nan eksotis, namun bukit ini sementara masih dalam proses pengembangan. Terdapat berbagai wisata yang ada di bukit tunggangan, salah satunya adalah paralayang. Bukit ini juga sering di jadikan tempat perkemahan para anggota-anggota pramuka, maupun diklat PMI. Pada pagi hari kamu juga bisa melihat sunrise atau matahari terbit, maupun sunset atau matahari terbenam pada sore hari. Di bukit ini juga banyak wahanya wisata, jadi tempat ini sangay cocok untuk dikunjungi.

40. Gunung Wijil Depok

gunung-wijil-depok
https://www.panggulku.com

Gunung wijil ini tempatnya tidak terlalu tinggi, dan tingginya hanya beberapa meter saja dari jarak tempat parkir kendaraan roda dua. Sehingga hal ini membuat pendaki menjadi lebih santai dan tidak terlalu merasa kecapekan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Di samping itu disepanjang jalan kamu juga akan memperoleh langsung pemandangan alam yang pastinya akan membuat sepanjang perjalanan kamu semakin mengasikkan.

Lokasi  gunung wijil ini berada di desa Depok, Kec Panggul, Kab Trenggalek, Jawa Timur. Untuk rute menuju gunung ini juga termasuk rumayan ribet, jadi disarankan lebih baik kamu banyak bertanya kepada warga sekitar supaya tidak tersesat. Tenang saja, orangnya ramah-ramah kok, dan pasti mereka mau menunjukkan tempat yang kamu tanyakan.

41. Wisata Taman Senggani

wisata-alam-taman-senggani
https://www.panggulku.com

Taman senggani ini menjadi salah satu potensi alam yang dikembangkan menjadi obyek wisata. Taman yang terletak di salah satu pegunungan tertinggi di Desa Manggis ini menyaijkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, yakni perpaduan antara perbukitan dan juga pantai yang sangat terlihat jelas.

Di samping itu di taman senggani ini ada beberapa spot atau area yang bisa dipakai oleh wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan langsung pemandangan yaitu kapal bambu dan juga spot foto yang ada di atas pohon. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

42. Tempat Wisata Branksinto Salamwates Dongko Trenggalek

tempat-wisata-branksinto
https://www.pintaram.com

Tempat wisata ini adalah salah satu destinasi wisata yang terbilang masih baru. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan berupa alam pegunungan yang indah. Untuk urusan tempat wisata alamnya kota Trenggalek ini memang sudah tidak diragukan, sebab mengingat kota ini lokasinya berada di wilayah pegunungan yang banyak dikelilingi oleh pantai-pantai juga hutan yang masih alami.

Walaupun masih terbilang baru, tempat wisata branksinto ini telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Ya, walaupun belum terlalu terkenal namun sudah lumayan kalau dilihat dari pengunjungnya. Di tempat wisata ini kamu bisa menemukan spot-spot yang menarik, yang pastinya sangat cocok bagi kamu yang kekinian dan suka mengabadikan segala hal melalui jepretan kamera.

Wisata alam ini menyuguhkan perpaduan antara keindahan alam pegunungan juga pohon yang masih rindang, ditambah lagi dengan pemandangan laut yang dapat kita lihat dari puncak branksinto ini. Di samping itu kamu juga akan menemukan spot yang indah dan menari sehingga sangat cocok bagi kamu yang mempunai hoby fotograpi ataupun sekedar selfi-selfi ria bersama kawan-kawan.

Spot dan panorama yang disuguhkan di branksinto

Di samping itu, tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan gazebo yang dapat kamu pakai untuk tempat berteduh maupun sekedar beristirahat karena kamu sudah capek mengelilingi tempat wisata ini. Pemandangan alam yang masih terjaga dengan baik semakin memberikan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Khususnya untuk para wisatawan yang bermukim di kota-kota, tempat wisata ini sangat direkomendasikan, disini bisa melepas penat sebab rutinitas sehari-hari.

Lokasi tempat wisata ini berada di dusun Njajar, Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Atau kalau masih bingung bisa langsung tanya ke warga sekitar. Tenang saja, orang-orang di trenggalek sangat ramah-ramah juga berteman hati, jadi jangan sungkan ya untuk bertanya.

43. Bukit Teletabis Trenggalek

Bukit-Teletabis_Trenggalek-Indah

Bukit teletabis adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di desa Trebis, Kec Panggul, Kab Trenggalek Jawa Timur. Tempat wisata alam ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, terlihat dari pepohonan rindang juga hamparan rumput yang hijau eksotis. Kenapa tempat ini dinamakan bukit teletabis? Ya, karena lokasinya seperti tempat bermain teletabis yang ada di televisi itu.

Untuk menuju ke lokasi ini kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua (motor), namun kendaraan yang kamu bawa tidak sampai di tempat tujuan. Sesudah motor di parkir di depan rumah warga sekitar, kamu langsung berjalan kaki menuju ke tempat tersebut dengan jalan yang menanjak, jadi harus hati-hati ya? Di sepanjang jalan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah yakni pepohonan dan tanaman liar yang masih alami. Oh iya, kalau menuju ke lokasi ini jangan lupa untuk membawa bekal seperti cemilan, nasi, ataupun minuman karena jauh dari toko sebab lokasinya berada di atas bukit. Pasti perjalanan kamu tidak akan sia-sia saat sampai ke lokasi bukit teletabis ini karena langsung di sambut dengan pemandangan indah juga udara yang sejuk khas pegunungan. Di tempat wisata ini kamu bisa melihat langsung keindahan kota panggul dari berbagai penjuru, juga bisa melihat kota pacitan secara jelas. Wah, tempat yang sangat cocok ya untuk para pecinta alam?

44. Putri Maron Trenggalek

putri-maron-di-trenggalek
https://www.moodster.id

Putri maron adalah destinasi wisata alam terbaru yang ada di Kabupaten Trenggalek. Tempat wisata ini mulai diperkenalkan ke publik pada tanggal 24 Desember 2014. Lokasi putri maron ini berada di dusun Soko, Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tempat wisata putri maron bukan hanya menyajikan pemandangan alam pegunungan semata, namun pada saat kamu berkunjung ke tempat wisata ini kamu bisa menikmati dua jenis pemandangan sekaligus. Yakni pemandangan berupa alam pegunungan juga air terjun mini yang di bawahnya ada sungai juga ada beberapa bebatuan di sekitarnya.

Tempat wisata yang tergolong baru ini banyak disenangi oleh kalangan muda-mudi. sebab disamping tempatnya yang eksotis, tempat wisata ini juga telah di sulap menjadi tempat yang sangat indah seperti yang ada di negeri dongeng. Terdapat banyak fariasi-fariasi yang telah di tambahkan di tempat wisata ini, sehingga membuat tempat wisata ini lebih menarik untuk dikunjungi.

Arti putri maron

Putri maron ini sendiri mempunyai arti Putri ialah anak perempuan sedangkan maron artinya kedung atau kolam yang alami. Jadi nama putri maron ini dapat diartikan dengan kedung perempuan. terdapat banyak spot-spot yang menarik di tempat wisata ini yang harus kamu abadikan di ponsel maupun kamera kesayangan kamu. Spot wisata tersebut diantaranya ialah gazebo, spot foto menarik, pemandangan pepohonan, dan air terjun mini.

Dengan terdapatnya sosial media, tempat wisata putri maron ini dapat menjadi lebih cepat terkenal di berbagai kalangan dan juga sekarang ini keindahannya sedang menjadi pembicaraan hangat di antara para traveling. Tunggu apa lagi, mari berkunjung ke wisata putri maron ini ya bersama sahabat kamu?

45. Gunung Argo Lawe Pule Trenggalek

Gunung-Argo-Lawe-Di-Trenggalek
https://www.panggulku.com

Gunung argo lawe adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Trenggalek. Tempat wisata ini adalah salah satu destinasi wisata yang berada di ketinggian. Dan wajib dicoba buat kamu yang senang menjelajah alam yang penuh andrenalin.

Di tempat wisata ini kamu akan menemukan spot yang menantang yang harus dilewati sebelum memperoleh keindahan yang sangat menakjuban. Juga disaat-saat tertentu pada saat mulai di kelilingi kabut, kamu akan berasa seperti di awat awan. Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi kamu yang suka dengan pendakian, sebab disini kamu harus mendaki sampai puncaknya untuk memperoleh keindahan yang lebih, ya walaupun tidak terlalu tinggi, namun ini sudah cucukp untuk membuat keringat bercucuran apalag jika pas musim panas.

Nama dari gunung ini sendiri terdiri dari dua suku kata, yakni Argo dan Lawe. Argo yang berarti gunung dan Lawe yang berarti lanang wedok (laki-laki dan perempuan). Walaupun masih tergolong di dalam destinasi wisata alam yang baru saja dibuka, namun Gunung argo lawe ini juga telah lumayan banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Panorama dan spot yang disuguhkan di gunung argolawe

Untuk spot-spot yang ada di tempat wisata ini ada ornamen-ornamen yang telah ditambahkan yang sangat cocok untuk tempat berselfie ria, juga ada spot yang pas untuk menikmati pemandangan alam dari atas puncak gunung, salah satunya ialah ornamen yang berbentuk bulan, juga masih banyak spot menarik lainnya yang tidak bisa dijelaskan satu persatu.

Tempat wisata ini lokasinya berada di desa Tanggaran, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Atau kamu bisa langsung cek lokasinya melalui peta google maps. Selain memperoleh pemandangan yang indah, kamu tidak usah takut kehausan kalau sedang berkunjung ke tempat wisata ini. Sebab disana sudah tersedia warung yang menyediakan minuman.

46. Wisata Air Terjun Jurug Gue

tempat-wisata-alam-jurug-gue
https://www.panggulku.com

Tempat wisata ini adalah salah satu air terjun dari banyaknya deretan air terjun yang berada di Trenggalek. Air terjun jurug gue ini mempunyai keunikan tersendiri  kalau dibandingkan dengan air terjun yang lain. Airnya mengalir deras layaknya air terjun pada umumnya, namun airnya mengalir dengan cara mengikuti alur bebatuan yang ada untuk menuju kebawah.

Ketinggian dari air terjun curug gue ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter, juga dibawahnya ada sungai yang berkelok yang semakin menambah keindahan pemandangan yang ada di tempat ini. Pada saat kamu datang ke tempat wisata ini, mata kamu akan langsung dimanjakan dengan perpaduan pemandangan alam berupa air terjun juga alamnya yang terbuka dan masih alami.

Tempat wisata jurug ge ini lokasinya berada di Desa Mlinjon Kec Suruh Kab Trenggalek Jawa TImur. Atau kamu bisa langsung mencari lokasinya melalui google maps. Sebaiknya kalau berkunjung ke tempat ini bawalah kendaraan pribadi baik roda dua ataupun roda empat, sebab masih belum ada angkutan umum yang trayeknya menuju ke tempat wisata jurug gue ini.

47. Taman Balai Kota Panggul

taman-balaikota-panggul
https://www.youtube.com

Saat ini taman balai kota panggul mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bukan hanya infrastruktur jalannya saja yang sudah mengalami perkembangan, tetapi juga tempat-tempat wisatanya juga sudah banyak dikenal oleh berbagai kota di Nusantara. Balai kota panggul dulunya hanya berupa lapangan dengan rumput hijau dan lapangan voly, sekarang ini telah disulap menjadi sebuah taman balai kota yang sangat indah.

Bukan hanya penataan taman saja yang rapi, namun juga banyak fasilitas bermain untuk anak-anak yang sudah disediakan, ini semakin menambah kesan pada saat berkunjung ke taman balai kota Panggul ini. Taman balai kota panggul ini berada di pusat kota panggul. Hampir setiap hari taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik warga lokal ataupun dari kota lain. Kalau kamu berkunjung ke taman balai kota panggul ini kamu bisa bermain dan berkumpul bersama teman, bisa berolahraga seperti voli ataupun futsal, dan yang lebih menguntungkan lagi pada saat kita berlibur ialah biaya masuknya gratis.

Panorama yang disuguhkan saat malam hari

Taman balai kota panggul ini akan terlihat lebih indah lagi kalau kamu berkunjungnya pada malam hari. Sebab pada malam hari suasana akan menjadi lebih teduh, udaranya sangat sejuk pastinya akan membuat kamu merasa lebih nyaman. Juga kalau pada malam hari, taman ini akan terlihat lebih indah lagi pada saat lampu-lampu yang terdapat di sekitarnya mulai menyala dan melengkapi keindahan taman balai kota panggul pada malam hari. Di samping itu di tengah taman ada air mancur yang cukup besar, dan kalau malam hari air mancur yang keluar terkesan menyala sebab telah dilengkapi dengan lampu khusus. Nah, tunggu apalagi, kalau kamu lagi berada di Panggul jangan sampai lupa untuk mengunjungi taman balai kota ini ya?

48. Keindahan Alami Banyu Nget Trenggalek

spot-air-terjun-di-banyunget-indah
https://explorewisata.com

Pesona wisata alam terbaru banyu nget yang ada di Kec Watulimo, Kab Trenggalek, Jawa Timur, mengundang banyak wisatawan mengunjungi destinasi wisata alam terbuka ini.

Sesudah dikembangkan dan diresmikan beberapa bulan yang lalu, pengunung di kawasan ini mengalami peningkatan drastis, menjadi ribuan pengunjung di dalam sebulan. kawasan wisata alam ini menawarkan banyak kenyamanan dan juga keindahan alam untuk para pengunjung. Untuk biaya masuk ke lokasi ini tidak terlalu mahal, cukup merogoh kocek 5 ribu per orang, disini pengunjung bisa se[uasnya menghabiskan waktu di dalam lokasi wisata alam yang indah ini.

Saat berada di tempat wisata ini, wisatawan tidak perlu khawatir bukan hanya dimanjakan oleh obyek satu saja. Namun pada saat telah memasuki wanawisata banyu nget ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas diantaranya ialah Sepeda udara, Hammock, banyu nget (air hangat), air terjun urang kamu, batu payung, dan goa grojok. Hal unik pada destinasi ini ialah air hangat di dalam kedung (danau kecil) yang muncul bukan secara semuanya, namun muncul di salah satu titik saja yakni di dalah satu sudut dekat bebatuan.

49. Dam Bagong Trenggalek

dam-bagong
https://koranmemo.com

Berikutnya untuk kamu yang masih belum puas keliling Trenggalek dapat melanjutkan perjalanan ke Dam Bagong. Obyek wisata ini sangat menarik sebab mempunyai cerita legendaris yang telah terkenal di antara penduduk lokal Trenggalek. Di samping itu, Dam Bagong ini juga umumnya dijadikan untuk larung kepala kerbau yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya.

Lokasi Dam bagong ini berada di desa Ngantru, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini adalah sudah disediakan lahan parkir dan warung-kecil yang berjajar rapi, untuk tiketnya hanya biaya parkir saja. Di samping berfungsi untuk obyek wisata, Dam Bagong ini juga dipakai untuk mengairi lahan pertanian 4 kecamata di Trenggalek.

50. Pantai Simborance

Pantai Simbaronce
https://www.idnusantara.com

Destinasi wisata pantai simborance yang terdapat di kabupaten Trenggalek ini memang telah ada sejak lama, tetapi pemerintah baru meresmikan untuk obyek wisata di tahun 2017. Di tempat wisata ini akan disuguhi pemandangan khas pesisir pantai yang eksotis dengan ombak yang menghantam bebatuan karang dan pasir putih yang terhampar di sepanjang garis pantai.

Untuk akses menuju ke pantai ini bisa ditempuh melalui dua jalur yakni jalur barat dan timur. Untuk jalur barat dikhususkan untuk wisatawan yang berasal dari daerah Ponorogo, Madiun, Ngawi, Magetan, dan yang lainnya yang senang mengendarai sepeda motor. Perjalanan dapat diawali dari pusat kota menuju ke kecamatan Kampak, lalu menuju goa ngerit. Setelah itu perjalanan diteruskan hingga Pasar Sebo, Watulimo lalu lanjut ke pantai simborance.

Untuk lokasi pantai simborance ini berada di Jalan Rata Pantai Tasikmadu, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, jawa Timur. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini adalah lahan parkir, dan sudah ada warung disana.

51. Wisata Edukasi Rumah Coklat Trenggalek

rumah-coklat-trenggalek
http://kacamatawisata.blogspot.com

Diapa sih yang tidak senang makan coklat? Ya, makanan manis yang satu ini pasti leah sering kamu makn. Nah, Di Kota Trenggalek untuk kamu yang senang makan coklat langsung bisa datang ke obyek wisata Rumah Coklat yang masih terbilang baru.

Untuk daya tarik dari tempat ini sendiri ialah dari konsepnya yang berupa wisata edukasi, sehingga di tempat ini pengunjung yang datang akan memperoleh pengetahuan lebih tentang tanaman coklat. Bukan hanya sampai disitu saja, kamu juga langsung dimanjakkan dengan beragam menu yang memakai coklat di cafe nya. Menu itu diantaranya adalah bakmi coklat, pentol coklat, sampai donat lumer coklat bahkan juga bizza coklat pun bisa kamu temukan di tempat wisata tersebut.

Lokasi kampung coklat ini berada di desa Pinggirsari, Karangan, Kabupaten Trenggalek. Untuk fasilitas yang disediakan ada lahan parkir, toilet,gazebo juga cafe. Untuk tiketnya hanya membayar biaya parkir

52. Air Terjun Jurug Menjalin

air-terjun-jurug-menjalin
https://www.vebma.com

Sibuknya kita sehari-hari dengan pekerjaan maupun urusan sekolah, kerap membuat kita merasa penat dan stres, oleh karena itu rekreasi ke obyek wisata alam dapat menjadi salah satu alternatif yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran. Di kota Trenggalek, kamu bisa mengunjungi air terjun jurug menjalin dengan keluarga, teman, maupu pasangan.

Obyek wisata ini sendiri memang tergolong masih baru juga belum sepopuler air terjun yang lain di Trenggalek, hal ini bisa dilihat dari minimnya fasilitas yang ada. Bukan sampai disitu saja, untuk para pengunung yang akan datang ke tempat wisata ini juga harus melalui perjalanan dengan berjalan kaki melewati medan yang lumayan naik turun dan juga terjal.

Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri lagi jika panorama yang dimiliki air terjun jurug menjalin ini memang dapat membuat rasa penat dan stress kamu hilang. Di tempat wisata ini kamu juga bisa bermain air sebab sungainya tidak begitu dalam. Alamat tempat wisata ini ada di Ponggok, Karanganyar, Pule Kab Trenggalek. Untuk fasilitas yang disediakan ada lahan parkir, area untuk berkemah, dan spot foto.

53. Alun-alun Trenggalek

Alun_Alun_Trenggalek
http://kab-trenggalek.blogspot.com

Obyek wisata alun-alun trenggalek ialah salah satu destinasi wisat yang dapat kamu pilih di Trenggalek. Tempay ini sangat cocok bagi kamu yang tidak mau berkendara jauh untuk menuju ke obyek wisata yang lain dan ingin menghabiskan waktu dengan bersantai sembari bercengkerama bersama dengan teman maupun keluarga.

Di tempat ini terdapat beberapa gazebo dan bangku-bangku yang sudah disediakan supaya pengunjung bisa duduk-duduk dengan santai. Bukan hanya itu saja, kamu yang membawa anak dapat mengajak mereka ke area bermain untuk menghabiskan waktu saat berkunjung ke Trenggalek.Di sekitar alun-alun kamu juga bisa menemukan beberapa pedagang makanan kaki lima yang menjajakan makanan khas Trenggalek dengan harga yang murah dan enak pastinya.

Alamat alun-alun Trenggalek ini berada di Surodakan, Jongaran, Ngantru, Kab Trrenggalek. Untuk fasilitas disana tersedia lahan parkir, gazebo, toilet, dan area bermain anak. Untuk tiketnya hanya biaya parkir.

54. Air Terjun Kedung Panas Trenggalek

air-terjun-kedung-panas-ngerdani
https://www.vebma.com

Kota Trenggalek memang menyimpan banyak surga tersembunyi yang belum terekspose. Bagi para wisatawan yang senang berpetualang dapat memanfaatkan hal ini supaya dapat melihat obyek wisata alam yang sangat eksotis seperti air terjun kedung panas atau yang lebih dikenal dengan dung panas.

Meskipun terdapat kata Panas di dalam namanya, namun air disana dingin sama seperti air terjun biasanua. Sebab letaknya yang dikelilingi alam dan juga membuat obyek wisata ini terasa segar dan sejuk. Untuk sampai ke tempat wisata ini rute yang harus kamu tempuh ialah dari pertigaan Ngetal ke selatan hingga sampai pasar Kampak. Setelah itu ke barat atau ke arah Munjungan kira-kira 5 km. Terdapat pertigaan belok kanan sekitar 2 km, setelah itu kamu dapat menitipkan kendaraan di rumah warga, sebab untuk sampai ke tempat ini tidak dapat di tempuh dengan kendaraan.

Alamat tempat wisata ini berada di Desa Krajan, Ngerdani, Dongko, Kabupaten Trenggalek. Fasilitas yang tersedia adalah lahan gazebo dan area perkemahan.

55. Air Terjun Ketro

air-terjun-ketro-dongko
https://www.vebma.com

Para wisatawan yang senang dengan obyek wisata alam khususnya yang menyajikan pemandangan air terjun pasti akan dimanjakkan di Trenggalek ini, sebab disana memang terdapat banyak air terjun yang dapat kamu pilih, seperti misalya air terjun ketro ini. Disana kamu akan menemukan view indah yang pastinya berupa air terjun dengan ketinggian sekitar 20 Meter.

Air yang mengalir diantara bebatuan menciptakan suara gemericik yang merdu apalagi dipadukan dengan suara burung kicau liar yang ada disekitar air terjun. Dengan sungai dibawahnya yang dangkal dab arus tenang, maka kamu dapat menikmati waktu di sana dengan berendam atau mandi. Bukan hanya parorama air terjunnya saja yang eksotis, tetapi alam di sekitarnya dapat membuat kamu tidak mau beranjak dari tempat wisata air terjun ketro ini.

Alamat tempat wisata ini berada di Desa Sidomukti, Ngerdani, Dongko, Kab Trenggalek. Dan fasilitas yang tersedia di sana ada lahan parkir,area berkemah, juga spot untuk foto. Untuk tiket masuknya hanya biaya parkir.

56. Air Terjun Kali Jodo

air-terjun-kalijodo
https://www.vebma.com

Air terjun yang satu ini berbeda dengan yang lain karena di sana memang masih belum terkenal dan tak banyak para wisatawan yang mengetahuinya. Sebab letaknya yang tersembunyi, kebanyakan yang berkunjung ke sana ialah muda-mudi para pecinta alam yang memang senang dengan petualangan.

Meskipun untuk menuju ke tempat wisata para pengunjung menempuh medan yang lumayan sulit dan terjal, tetapi setelah sampai di sana semua rasa lelah akan terbayarkan sebab pemandangan alam di air terjun kali jodo dapat membuat kamu terpesona. Di sekitar air terjun ada banyak pohon yang menambah keindahan di sekitar air terjun. Untuk lokasi air terjun ini berada di area sawah, Pringapus, Dongko, Kab Trenggalek. Dan fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir dan area berkemah.

57. Bukit Mbendil

bukit-mbendil
https://www.vebma.com

Tempat wisata yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja kalau kamu sedang berad di kabupaten Trenggalek. Bukit Mbendil ialah salah satu obyek wisata yang pas untuk dikunjungi kalau kamu senang menyatu dengan alam. Tempat wisata ini hampir mirip dengan bukit banyon, di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Indahnya matahari terbit yang nampak dari ketinggian akan memberikan sensasi yang tak terlupakan, apalagi awan-awan yang ada disana juga terlihat menyelimuti sebagian dari puncal bukit, sehingga membuat kamu seperti sedang berada di atas awan. Alamat tempat wisata ini berada di Desa Tlasih, Parakan, Kec Trenggalek, Kab Trenggalek, Jawa Timur. Fasilitas yang disediakan disana adalah lahan parkir, gazebo, dan disediakan toilet umum.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten Trenggalek. Pasti kalian tidak menyangka kalau kota kecil di ujung selatan Jawa Timur ini memiliki banyak tempat wisata. Baik wisata pantai maupun wisata alamnya, Ayo tunggu apalagi mari berkunjung ke kota berteman hati ini, supaya kamu bisa langsung menikmati keindahannya. Di kota ini juga terkenal akan makanan khasnya yaitu sego tiwul (nasi tiwul), nasi gegok, ikan bakar yang menggoda selera. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.