23+ Nama Dan Tempat Wisata Andalan Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

23+ Nama Dan Tempat Wisata Andalan Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

23 Nama Tempat Wisata Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara-Perlu sobat ketahui Indonesia merupakan kepulauan terbesar di dunia. Selain itu Indonesia terkenal akan keindahan alam dan tempat wisatanya. Beraneka ragam budaya dari seluruh negeri dan beraneka ragam bahasa yang bersatu sehingga menambah keindahan negara kita tercinta ini.

Keindahan alam yang ada di indonesia bukan hanya di ketahui oleh masyarakat Indonesia melainkan sudah di ketahui dan sudah sangat terkenal oleh seluruh dunia. Keindahan wisata indonesia beraneka macam mulai dari pantai dan pegunungan. Berikut ini tempat wisata Indonesia yang sangat terkenal ialah :

TEMPAT WISATA INDONESIA BAGIAN BARAT

1. Danau Toba – Sumatra utara

tempat-wisata-di-indonesia

Danau toba ialah danau terbesar yang ada di Indonesia. Danau ini merupakan danau terluas kedua di dunia. Danau toba ini luasnya sekitar 1.150 kilometer sedangkan kedalamannya sekitar 460 meter. Di tengah danau terdapat pulau kecil yang mana pulau tersebut luasnya kira-kira hampir sama dengan luas negara Singapura.

Wisata alam yang satu ini terbentuk karena adanya letusan gunung api purba yang meletus 74.000 tahun yang lalu,  sehingga terbentuklah danau toba tersebut,. Suasana danau ini sangat nyaman dan sejuk, air danau berwarna biru cerah dan pemandangan sekitar yang tampak alami dan hijau sehingga mampu memikat hati siapa saja yang berkunjung ke danau tersebut.

2. Gunung Kerinci – Jambi

Gunung kerinci adalah gunung tertinggi yang berada di Sumatra Utara. Gunung ini banyak di datangi oleh para pendaki karena gunungnya sangat indah dan sangat menarik untuk di daki. Gunung ini tepatnya berada di daerah jambi yaitu berbatasan langsung dengan provinsi Sumatra Barat. Gunung kerinci merupakan destinasi wisata utama masyarakat Jambi dan tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penangkaran hewan di lindungi yang sudah hampir punah seperti badak dan harimau Sumatra.

Ketinggian gunung kerinci ini ialah 3.907 mdpl, dan memiliki kawah yang luasnya 500×130 meter yang isinya air yang berwarna hijau, Di sebelah timur terdapat sebuah danau yang sangat indah yaitu danau bento yang mana danau ini merupakan danau tertinggi di Sumatra.

3. Kepulauan Krakatau – Lampung

tempat-wisata-terindah-di-indonesia

Kepulauan Krakatau ialah merupakan kepulauan yang berada di selat Sunda yang mana pulau ini di apit oleh dua pulau yaitu pulau Jawa dan pulau Sumatra. Secara administratif, pulau ini tepatnya berada di kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung. kawasan ini di jadikan sebagai cagar alam dan cagar laut oleh pemerintah karena tempatnya yang strategis dan sangat mendukung.

Dan pada tahun 1991 kepulauan ini telah di tetapkan UNESCO sebagai warisan alam dunia. Di kepulauan kratau ada gunung yang dulu pernah meletus sekitar tahun 1883 dan letusan gunung yang mana gunung itu merupakan gunung yang paling merusak dalam sejarah. pada tahun 1927 muncul gunung bearpi yang mana gunung itu di sebut anakl krakatau, tetapi gunung ini mampu menjadi daya tarik sendiri bagi ilmuwan yang ingin melakukan pengamatan dan penelitian terhadap anak gunung krakatau itu sendiri. Selain itu juga banyak para wisatawan mancanegara maupun lokal yang ingin merasakan pasir vulkanik yang agak panas.

4. Ujung Kulon – Banten

wisata-di-indonesia

Wisata yang satu ini tempatnya berada di ujung barat dari pulau Jawa. Tempatnya ialah di kecamatan Cimanggu dan sumur, kabupaten padeglang provinsi Banten. Taman ini terbilang cukup luas yaitu luasnya sekitar 122.966 Ha, dan 55.335 Ha dan luas dari sebagian ujung kulon ini ialah perairan. Wisata ujung kulon ini pada tahun 1992 oleh UNESCO sudah di tetapkan sebagai wisata Naturan World Heritage Site yaitu merupakan tempat bagi badak Jawa yang sydah terancam punah. Tempat yang di kunjungi oleh wisatan ialah semenanjung ujung kulon, pulau panaitan, pulau handeleum, gunung honje dan pulau peucang.

5. Candi Borobudur – Magelang Jawa Tengah

selain-diapit-4-gunung-berikut-fakta-unik-lain-candi-borobudur-

Candi borobudur ini tempatnya bebrada di kecamatan Borobudur kabupaten Magelang Jawa Barat, Yang membangun candi ini ialah penganut agama budha dan di bangun sekitar 800 masehi. Candi ini merupakan candi terbesar di dunia, dan di nobatkan sebagai monumen budha terbesar. Candi borobudur ini awalnya di temukan pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raflles dan pada saat pertama kali di temukan candi ini dalam keadaan oleh abu vulkanik dan juga di penuhi oleh semak yang rimbun. Pada saat bulan purnama siddhi menjadi pusat perayaan hari penting waisak setiap tahunnya.

6. Gunung Bromo – Jawa Timur

Bromo

Tempat wisata bromo ini berada di antara empat wilayah kabupaten. yakni kabupaten Lumajang, kabupaten, Malang, Kabupaten Probolinggo, dan kabupaten Pasuruan. Gunung bromo ialah tempat wisata favorit yang berada di Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung api yang masih aktif. Gunung ini ketinggiannya 2.348 mdpl. Gunung ini berada di kawasan taman nasional Tengger Semeru. Sekitar gunung ini ada lautan pasir yang mengelilinginya seluas 11 kilometer persegi. Gunung ini adalah tempat salah satu tempat favorit bagi turis mancanegara.

7. bukit Kelam – Kalimantan Barat

indonesia-tempat-menarik

Bukit ini mempunyai beragam kisah misteri karena dahulu bukit ini pernah menjadi tempat jatuhnya meteor dari angkasa. Ketinggian bukit kelam ini ialah seekitar 910 mdpl. Bukit ini tempatnya di wilayah kecamatan kelam permai, Kabupaten Sintang provinsi Kalimantan Barat. Bukit ini berada diantara dua sungai yang besar ialah sungai melawi dan sungai kapuas. Kalau ingin mendaki sampai ke puncak apaling atas kita harus menempuh waktu sekitar 5-6 jam dan untuk kembali ke bawah kita perlu waktu sekitar 4-5 jam.

8. Kepulauan Seribu – Dki Jakarta

indonesia-tempat-menarik

Tempat wisata yang satu ini telah di tetapkan sebagai Taman Nasional Laut oleh Menteri kehutanan. Luas Wilayah pilau ini ialah 108.499 hektare dan sekitar 44 buah pulau yang berada di dalam kawasan taman nasional seribu. Lautnya sangat tenang sehingga cocok untuk tempat berenang dan menyelam. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini karena tempatnya sangat indah.

9. Telaga Warna Dieng – Jawa Tengah

indonesia-tempat-menarik

Telaga warna dieng ini terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Telaga ini merupakan tempat wisata kebanggaan masyarakat Wonosobo. Banyak keindahan dan keunikan yang terdapat pada tempat wisata ini jika kita mengunjunginya, yaitu warna dari airnya bisa berubah-ubah. Alasan kenapa airnya bisa berubah-ubah karena air telaga warna ini mengandung sulfur yang sangat tinggi, sehingga saat terkena sinar matahari airnya bisa berubah warna-warni.

10. Gunung Tangkuban Perahu – Jawa Barat

tempat-indah-di-indonesia

Gunung ini ialah merupakan gunung berapi yang berada di kecamatan Lembang, kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Di namakan gunung tangkuban perahu karena gunung ini memiliki bentuk seperti perahu yang sedang terbalik. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.085 mdpl. Banyak kawah yang di miliki gunung ini ialah kawah ratu yang merupakan kawah terbesar yang ada di  kawasan tangkuban perahu. Kalau kamu ingin menuju kawasan tangkuban perahu ini kamu dapat berjalan kaki melewati jalan setapak yang sudah ada, tetapi kalau kamu tidak mau capek karena berjalan kamu dapat menyewa kuda yang sudah di sediakan oleh para pemandu wisata.

TEMPAT WISATA DI INDONESIA BAGIAN TENGAH

1. Pantai Dreamland – Bali

tempat-wisata-terbaik-di-indonesia

 

Pada saat kita mendengar kata Bali yang terdapat di pikiran kita ialah pantai kuta. Tetapi jangan salah, di Bali sangat banyak pantai yang tidak kalah indah dan terkenal misalnya pantai Dreamland. Pantai ini berada di bagian selatan Pulau Bali atau lebih tepatnya di daerah Pecatu. Kalau ingin menuju ke tempat wisata ini biasanya dapat di tempuh dengan jarak sekitar 35 menit Dari pantai Kuta Bali. Pantai ini banyak di kunjungi para peselancar hebat karena ombaknya yang sangat bagus.

2. Gili Trawangan

Gili-Trawangan

Gili trawangan ialah merupakan sebuah pulau terbesar dari tiga pulau kecil yang ada di barat laut Lombok. Pulau ini panjangnya memiliki 3 km dan lebarnya 2km. Masyarakat yang bertempat di pulau ini mencapai 810 penduduk jiwa. Biasanya para wisatawan kalau berkunjung ke pulau ini mereka melakukan beberapa aktifitas seperti smorkling, bermain kayak, scuba, dan berselancar.

3. Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur

Pulau-Komodo

Pulau ini bertempat di kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini merupakan tempat perkembangbiakan hewan komodo hewan yang terancam punah. Pada tahun 2009 pulau ini telah di tetapkan sebagai “New Seven Wonders Of Nature” dan di umukamn pada tahun 2010. Pulau komodo ini telah di tetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Pulau yang sangat indah dan pulau ini merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mananegara.

4. Kepulauan Derawan – Kalimantan Utara

Pulau-Derawan

 

Kepulauan Derawan yang cantik ini letaknya di Kabupaten Berau, Kalimantan Utara. Di pulau ini ada tempat wisata yang sangat indah dan wajib di kunjungi, yaitu tempat penyelaman yang ada di sebelah pulau ini. Kepulauan ini juga ada 4 pulau yang sangat terkenal yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Dan pulau Sangalaki. Pulau yaug indah ini telah di daftarkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

5. Pulau Bunaken – Sulawesi Utara

Pulau-Bunaken

Pulau Bunaken ialah merupakan salah satu tempat wisata Indonesia yang berada di Teluk Manado, lebih tepatnya di ujung Utara Pulau Sulawesi. Taman bunaken ini merupakan taman laut terindah yang ada di Indonesia yang memiliki Blodversitas kelautam yang tmerupakan salah satu tertinggi di dunia. Taman laut ini memiliki 20 sport penyelaman  dan memiliki kedalaman yang berbeda-beda, yang paling dalam 1.355 meter. Di Bawah laut terdapat karang cantik dan ikan yang berwarna-warni sehingga menambah keindahan bawah laut Pulau Bunaken.

6. Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

 

Gunung rinjani ialah gunung tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 3.727 mdpl. Gunung rinjani ini bedada di tinga wilayah yaitu Kabupaten Lombok barat, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur. Gunung ini memiliki kaldera yang luasnya 3.600 x 4.900 m yang namanya segara Anak. Gunung rinjani ini sering di jadikan obyek pendakian oleh pndaki dari berbagai belahan dunia karena gunung ini sangat indah bila di daki.

7. Taman Laut Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Taman-Laut-Wakatobi

 

Tempat wisata yang ini menempati salah satu prioritas tertinggi untuk tempat konservasi alam bawah laut indonesia. Taman laut Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kedalaman lautnya beragam ( kedalaman terdalamnya 1,045 meter). Banyak gugusan terumbu yang terdapat di pulau ini yang jumlahnya memiliki 26 gugusan dan membentang sepanjang 650 km garis pantai yang mana memiliki berbagai macam ikan konsumsi yang berjumlah sampai 96 jenis ikan konsumsi dan terdapat juga ikan hias dengan berbagai macam jenis.  Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini karena pemandangannya sangat indah.

8. Tana Toraja – Sulawesi Selatan

Tana-Toraja

Tempat wisata yang satu tempatnya berada di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi selatan. Tana toraja ini di huni oleh suku Toraja yang bertempat tinggal di pegunungan dan masih mempertahankan  gaya hidup dari para leluhur mereka. Gaya hidup suku Toraja masih terlihat asli karena mereka menjunjung tinggi adat budaya mereka. Ada beberapa tempat khas yang ada di Tana Toraja, diantaranya :

  • Lemo

Lemo ini ialah tempat yang sering di sebut sebagai rumah para arwah.

  • Buntu Kalando

Buntu Kalando ialah tempat peristirahatan Raja Sangalla., tempat ini juga merupakan tempat untuk mengelola pemerintahan kerajaan Sangalla pada zaman itu.

  • Pallawa

Yang satu ini merupakan rumah Tongkonan Pallawa atau rumah adat yang berada di antara pohon-pohon bambu yang tempatnya berada di puncak bukit.

  • Kambira

Tempat ini ialah merupakan tempat kuburan untuk bayi yang belum tumbuh gigi atau bayi yang masih berumur 6 bulan ke bawah. Kuburan bayi ini di taruh di dalam pohon yang masih hidup yang mana pohon itu telah di lubangi sebelumnya.

TEMPAT WISATA INDONESIA BAGIAN TIMUR

1.Benteng Amsterdam – Maluku Utara

Benteng-Amsterdam

 

Benteng ini ialah benteng peninggalan pada zaman Belanda yang berlokasi di antara Negeri Kalteru dsn Negeri Hil, Kecamatan Lethifu, Kabupaten Maluku Utara. Benteng ini bangunan kedua Belanda dan merupakan bangunan tua yang berusia ratusan tahun lamanya. Bangunan ini saksi bisu dari penguasaan VOC di Ambon , Maluku pada kala itu. Benteng yang memiliki banyak sejarah ini masih di jaga dan di rawat oleh pengelola tempat wisata sampai sekarang.

2. Pulau Misool – Papua Barat

Pulau-Misool

Pantai Misool ialah merupakan salah satu pulau dari empat pulau besar yang ada di Raja Ampat di Provinsi Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 2.100 km2, dan daerah tertingginya memiliki ketinggian 535 m. Pulau ini secara administratif terletak di distrik Misool Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat dan berbatasan langsung dengan laut seram. Banyak keanekaragaman laut yang ada di pulau ini  salah satunya terumbu karang yang cantik. Disamping itu pulau ini mempunyai potensi tambang yang tinggi yaitu terkenal akan batu baranya. Di perkirakan batu bara itu kurang lebih 7,335 juta ton. Para turis jika berkunjung ke tempat ini biasanya mereka melakukan aktifitas menyelam dan berenang.

3. Kepulauan Kel – Maluku

Kepulauan-Kei

Kepulauan ini berada di bagian tenggara dari kepulauan Maluku yang merupakan bagian dari Provinsi Maluku. Pulau ini terdiri dari beberapa bagian yaitu kel besar, kel kecil, dulah laut, tanimbar kel, taam, tayandu, dan kur. Pulau ini memiliki keindahan alam yang tidak ada habisnya dan banyak kebudayaan yang beraneka ragam. Banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke pantai hanya untuk sekedar menikmati pantainya maupun aktifitas menyelam.

4. Banda Neira – Maluku

Banda-Neira

Banda Neira ialah kepulauan satu-satunya yang berada di Kepulauan Banda serta pulau ini menjadi pusat administratif yang berada di kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Banyak bangunan penting yang terdapat di pulau banda ini seperti toko, kantor pemerintahan, toko dan bandara. Kalau ingin ke tempat wisata ini sangat mudah karena bisa menggunakan jalur laut maupun jalur udara. Terdapat berbagai macam jenis ikan yang terdapat di bawah laut.

5. Puncak Carstenz / Puncak Jaya – Papua

Banda-Neira

Puncak ini ialah puncak tertinggi dari pegunungan Jaya Wjayaya yang letaknya ada di daerah Papua. Ketinggian puncak Jaya Wijaya ini mencapai 4.885 dan di sekitarnya terdapat glester Cartensz dan merupakan satu-satunya glester tropika yang ada di Indonesia. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia yang memiliki puncak ini karena puncak ini menjadi salah satu dari tujuh puncak yang ada di dunia. Merupakan tantangan dan kebanggaan tersendiri jika sudah mendaki ke puncak ini karena setelah sampai pada puncak atas semua pemandangan akan terlihat jelas dan lebih indah lagi.

6. Danau Sentani – Papua

Danau-Sentani

Danau ini bertempat di bawah pegunungan  Cagar Alam Cyclops yang luasnya mencapai 255.000 hektar. Danau ini berada di antara dua wilayah yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Danau ini memiliki luas kurang lebih 9.400 hektar dan berada di ketinggian 85 mdpl dan danau ini merupakan danau terluas yang ada di wilayah Papua. Yang menyebut pertama kali danau ini ialah seorang pendeta kristen yang bernama BL Bin pada saat melakukan misionaris di danau itu pada tahun 1898. Danau ini telah di kelola sebagai tempat wisata yang jaraknya sekitar 50 km dari kota Jayapura. Banyak kuliner khas yang ada di kawasan tersebut.

7. Danau Paniai – Papua

Danau-Paniai

Tempat wisata yang terakhir ialah Danau Paniani. Danau ini berada di kabupaten Paniai Papua. Danau ini mempunyai panorama alam yang masih sangat alami dan indah. Menjadi kebanggaan masyarakat Papua memiliki Danau Paniai ini karena danau ini mendapat gelar danau tercantik dan terindah ke 157 di dunia. Banyak spesies ikan yang terdapat di danau ini dan terdapat banyak fasilitas yang ada di pulau ini seperti hotel, restoran, guest house, toko, dan cindera mata.

Itulah tempat wisata yang ada di Indonesia yang terkenal di dunia. Sangat indah dan menarik bukan?, Dari berbagai tempat wisata yang ada, tempat wisata mana favorit kamu? Ayo mari berkunjung ke tempat wisata yang ada di Indonesia yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di luar negeri. Semoga pembahasan mengenai tempat wisata ini sangat bermanfaat bagi kamu, Sekian dari kami dan terima kasih banyak.

Tinggalkan komentar