sepak-bola

Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran Lapangan

Sepak Bola – Permainan sepak bola adalah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang populer dan paling banyak di gandrungi oleh para khalayak umum di seluruh dunia.

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang biasanya bahannya terbuat dari kulit. Dan permainan ini dimainkan oleh dua regu atau dua tim. Yang setiap regu beranggotakan 11 orang atau pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Sepak Bola berasal dari dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak artinya menendang bola menggunakan kaki. Dan bola artinya alat permainan yang berbentuk bulat dan terbuat dari bahan kulit maupun karet.Abad 21. Olahraga ini dimainkan lebih dari 250 orang dari 200 negara. Maka dari itu tak heran jika olahraga ini menjadi olahraga populer nomor 1 di seluruh belahan dunia.

Sejarah asal usul sepak bola

   Sejarah permainan sepak bola  ini dimulai sejak abad ke 2 dan abad ke 3 sebelum masehi. Pertama kali diciptakan oleh orang tiongkok, awalnya hanya permainan di daerah sendiri. Pada masa dinasti han. Permainan serupa juga dimainkan oleh orang jepang, di jepang permainan ini biasa di sebut kemari.

 Di Italia, permainan ini mulai di gemari sejak abad ke 16. Sepak bola mulai berkembang di negara inggris, dengan peraturan peraturan dasar. Namun ketika itu banyak terjadi kekerasan sehingga permainan ini dilarang oleh raja edward pada tahun 1365. Dan keputusannya pun di dukung oleh raja james I dari skotlandia, namun seiring dengan perkembangan zaman. Permainan ini pun jadi populer dan banyak di gemari dari seluruh orang di dunia ini. Di lingkungan sekolah dan universitas.  Permainan ini berkembang pesat hingga sekarang. Bahkan sekarang sudah di adakan kompetisi di tingkat sekolah, umum, nasional, maupun internasional. Sepak bola modern terjadi di freemasons tavern, pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merundingkan aturan-aturan yang baku dalam olahraga tersebut. Supaya terjadi keamanan yang relevan.

Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan antara permainan rugby dengan sepak bola. Pada tahun 1869, bermain bola menggunakan tangan dilarang dalam olahraga ini. Selama tahun 1800an, olahraga ini dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904 asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) di bentuk pada awal tahun 1900 an. Berbagai kompetisipun di mainkan di berbagai negara. Olahraga ini pun juga digemari terutama pada abad ke 16. Adapun peraturan dan tata cara dalam permainan sepak bola sebagai berikut.

Dasar dasar permainan sepak bola

Sebenarnya dasarnya cukup mudah untuk di mengerti oleh para pemain maupun penggemar, dasarnya sebagai berikut:

  • Mencetak gol di gawang lawan
  • Menggunakan konsep kekompakan
  • Bermain dalam durasi yang di tentukan
  • Jaga sportifitas
  • Menaati peraturan yang berlaku

Teknik dasar permainan sepak bola

Teknik menendang bola yaitu teknik menyentuh maupun menendang bola menggunakan kaki. Dengan tujuan mengoper bola maupun menendang bola ke arah gawang atau mencetak gol. Adapun beberapa teknik menendang bola di antaranya;

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam

Langkah yang di gunakan untuk menendang bola yaitu mengarahkan kaki bagian dalam ke arah bola dengan timming yang tepat. Caranya berdiri  dengan sikap melangkah, satu kaki berada di depan dan yang satu di belakang. Kaki yang berada di depan sebagai tumpuan dan kaki belakang sebagai penendang atau power. Badan berdiri agak tegak angkat kaki belakang yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan di putar ke arah luar.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar

Langkah untuk menendang bola menggunakan kaki bagian luar. Yaitu berdiri dengan sikap melangkah satu kaki di depan dan yang satu di belakang. Kaki depan dekat dengan bola sekaligus jadi tumpuan. Badan berdiri agak tegak angkat kaki belakang sebagai kaki yang di gunakan untuk menendang bola. Dengan posisi pergelangan kaki di putar ke arah dalam , Kemudian tendang bola dengan sentuhan kaki bagian luar.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung

Langkah untuk menendang dengan menggunakan kaki bagian punggung ini ialah , sikap badan di belakang bola dan agak condong ke depan , salah satu kaki berada di depan dan sekaligus menjadi tumpuan dan menghadap ke sasaran dengan lutut agak sedikit di tekuk.  Kaki yang untuk menendang berada di bagian belakang bola dan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunkan ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, dan posisi bola ketika di kaki berada pada bagian tengah atu punggung kaki.

Teknik menghentikan bola

Teknik menghentikan bola yaitu gerakan yang dilakukan untuk menahan laju bola yang datang ke arah kita, ada beberapa macam teknik untuk menghentikan bola, di antaranya ;

  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak atau sol sepatu
  • Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha
  • Teknik menghentikan bola menggunakan perut dan dada

Teknik menggiring bola

Teknik menggiring bola yaitu mendorong bola dan menendang bola kedepan secara pelan , menggiring bola juga dapat di padukan dengan variasi ke samping, ada juga yang meng otak atik bola ketika berhadapan dengan lawan, teknik ini dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung kaki, baik menggunakan kaki kanan ataupun kiri secara bergantian sama saja.

Teknik menyundul bola

Mungkin teknik ini jarang keluar atau di gunakan dalam pertandingan di banding teknik menggunakan kaki , akan tetapi teknik ini juga sering kita lihat dalam pertandingan , dan kerap , bukan hanya sekali teknik ini menghasilkan poin atau skor, karena untuk pengegolan menggunakan teknik ini tidak mudah , menjadikan teknik ini teknik berkelas , dan memiliki variasi yang cukup bagus dan terlihat tampak unggul.

Passing

Passing adalah seni mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya, di dalam sepakbola passing lebih maksimal menggunakan kaki, meskipun dapat menggunakan anggota tubuh yang lain , namun menggunakan kaki lebih mudah , dan hasilnya pun lebih maksimal. Mengapa passing di sebut seni karena di dalam sepak bola bukan hanya mencetak gol , namun juga keindahan dalam bermainnya pun menjadi ciri khas dari pemain pemain sepak bola. Menggunakan pasing dapat mempermudah dalam mencari ruang kosong untuk menjebol pertahanan lawan. Passing menggunakan kaki bagian dalam biasanya untuk mengoper bola yang datar , dan passing dengan punggung kaki biasanya untuk mengoper bola secara melambung atau oper tinggi.

Peraturan dalam sepak bola

Dalam permainan sepak bola, harus dimainkan oleh dua regu yang masing masing regu berjumlah 11 pemain, dan beberapa pemain cadangan. Adapun peraturan yang harus di patuhi para pemain sepak bola yaitu:

  • Dilarang memegang bola kecuali kiper
  • Dilarang bertindak kasar kepada lawan
  • Pemain harus mematuhi peraturan

Lapangan

Untuk ukuran lapangan sendiri memiliki aturan, untuk olah raga nasional maupun internasional, yaitu berukuran ;

  • Panjang 100-120 meter
  • Lebar 65-75 meter

Di tengah lapangan bagian ujung terdapat dua gawang berbentuk persegi dengan ukuran:

  • Lebar 7.32 meter
  • Tinggi 2.44 meter

Waktu (timer)

Untuk waktu dalam pertandingan inipun di tentukan oleh aturan pertandingan yaitu 2 X 45 menit. setelah pertandingan berlangsung selama 45 menit di berikan waktu 15 menit bagi para pemain untuk istirahat, dan diujung waktu ketika nilai seimbang , maka akan diadakan waktu tambahan beberapa menit hingga salah satu regu unggul skor nya, namun jika masih imbang, maka akan diadakan adu penalti , namun adu penalti tidak merubah nilai skor akhir, melainkan sebagai penentu pemenang dalam suatu pertandingan.

Read: Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan

 Posisi pemain

Pada umumnya , posisi pemain dari tiap regu adalah 1 orang sebagai penjaga gawang(kiper), 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 pemain tengah dan 1-3 pemain penyerangPenjaga gawang ialah satu satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk mencegah bola masuk ke gawang sendiri, biasanya sang kiper menggunakan kaos yang berbeda dari pemain lainnya. Pemain bertahan (back) tugasnya menghadang lawan dan menghalangi pihak lawan jangan sampai membobol benteng pertahanan.

Pemain tengahatau biasa di sebut gelandang atau playmaker ini tugasnya menyokong dan mengatur tempo permainan. Adapun pemain sayap yang tugasnya hampir sama dengan pemain tengah namun posisinya berada di sisi kanan atau kiri. Striker atau pemain penyerang yang menjadi acuan utama dalam sebuah tim, biasanya setriker ini adalah salah satu pemain yang unggul dan di letakkan di garis depan , dan tugasnya mencetak gol.

Dan juga sang kapten yang biasanyamengatur timnya agar bermain dengan tepat dan secara kompak, biasanya sang kapten dapat dikenali dengan adanya tanda melingkar di lengan atas pada atribut.Dan posisi pemain atau pola permainan diantaranya  ialah pola 4-4-2 , pola ini sering digunakan para tim tim kebanyakan di dunia , pola 3-4-2-1 pada pola ini kekuatan paling utama berada di bagian tengah lapangan, serta pola 4-3-3 pola ini adalah formasi bentuh posisi pemain yang sudah ada sejak tahun 1970 an yang sering di gunakan oleh pemain Belanda dan Jerman.

Pelanggaran

Di dalam sebuah permainan sepak bola , apabila sang pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka sang wasit akan memberikan peringatan berupa kartu kuning , dan jika pemain melakukan pelanggaran terlalu fatal atau tidak terima dengan keputusan wasit maka akan diberikan kartu merah sebagai keputusan yang terakhir dari wasit.Sang wasit akan menunjukan sebuah kartu berwarna kuning atau merah di depan pemain yang melakukan sebuah  pelanggaran.

Dan kemudian sang wasit akan menulis nama pemain yang melakukan pelanggaran di dalam buku sang wasit. Kartu kuning di berikan atas pelanggaran seperti contohnya sikap pemain yang tidak sportif , atau melakukan sleeding atau pun menjagal pihak lawan, misalnya, Kartu merah, kartu ini diberikan apabila pemain sudah mendapatkan kartu kuning dua kali , maupun dia tidak terima dengan keputusan wasit dan tidak menaati peraturan permainan. pemain yang mendapatkan kartu merah akan di keluarkan dari lapangan, namun tidak di ganti dengan pemain lain , dan regu akan kehilangan satu jumlah pemain.

Wasit dan petugas

sepak-bola

Di dalam sebuah pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan , yaitu seorang wasit, 2 hakim garis dan satu orang petugas di pinggir, dalam lapangan. Serta wasit gawang yang berada di pinggir lapangan bagian daerah gawang. wasit memiliki peluit yang menandakan berhenti atau memulai sebuah pertandingan, Wasit juga mempunyai wewenang untuk memberikan sanksi atas tindakan pemain, Masing masing penjaga garis bertanggung jawab atas separuh dari lapangan, mereka membawa bendera yang berwarna cerah agar mudah di lihat ketika ada pelanggaran saat offside maupun bola keluar, umumnya penjaga garis bertugas di sisi daerah belakang sekitar pemain back.

Dan bertugas menentukan keseluruhan waktu yang telah berhenti selama pertandingan dan juga memberikan info tentang tambahan waktu di akhir babak. Petugas ini juga bertugas untuk memeriksa pergantian pemain , selain itu juga bertugas menjadi penghubung antara manager tim dengan wasit. Dalam sebuah pertandingan , menggunakan teknologi video atau orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Contoh, yang menentukan apakah suatu bola telah melalui garis atau seorang pemain berada dalam posisi off side ketika mencetak gol.

Kejuaraan internasional

Kejuaraan sepak bola internasional terbesar yaitu Piala Dunia  yang di selenggarakan oleh  Federation International de football Association (FIFA). Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan di mulai di Uruguay pada tahun 1930. Ide itu di cetus oleh Jules Rimet , seorang pengacara dan pengusaha Perancis yang terinspirasi setelah menonton Olimpiade Paris tahun 1924.

Kompetisi internasional tertua adalah Copa America yang mempertandingkan tim tim dalam wilayah Amerika Selatan setiap dua tahun sekali . Copa America  pertama kali diadakan pada tahun 1916 dan diikuti oleh 10 negara yang membentuk The South American football confederation (Conmebot). Pada tahun 1960, kompetisi tingkat regional Eropa di adakan untuk pertama kalinya dengan nama European Nations Cup yang kemudian disebut sebagai UEFA.

European Championship (Piala Eropa) atau biasa di sebut EURO. Di wilayah Oseania , meliputi Selandia Baru dan berbagai Kepulauan Pasifik. Kompetisi Internasional setiap dua tahun di mulai sejak tahun 1996 dan di sebut Piala Oseania. Untuk wilayah Afrika, kompetisi Piala Afrika mulai diadakan sejak tahun 1957 di Khartoum. Di kawasan asia pun juga terbentuk gabungan seperti negara jepang dalam Asian Football Confederation (AFC).

Sepak bola di indonesia

Sejarah sepak bola di indonesia sendiri  berawal dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di yogyakarta pada tanggal 19 April 1930 di pimpin oleh Soeratin Sosrosoegondo. Tetapi saat itu olahraga ini terkait dengan kegiatan politik yang menentang penjajahan oleh belanda. Kelahiran PSSI pun jika diteliti dan dianalisa pda saat sebelum maupun sesudah lahirnya.

Ketika setelah 5 tahun pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, jelas sekali bahwa PSSI lahir karena dibidangi politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak, menentang penjajahan dengan strategi mengembangkan organisasi dan jiwa nasionalisme di dada para pemuda Indonesia. Setelah wafatnya Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim sepak bola Indonesia menurun dan kurang memuaskan karena secara pembinaan, tim nasional kurang diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.

Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasari, dan Tan Liong Houw dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir.

Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu, misalnya U-15, U-17, U-19, U-21, dan U-23. Sayangnya sejarah panjang sepak bola Indonesia belum mampu merubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah Internasional. Butuh manajemen bola yang bertekad untuk merubah sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.