Rumah-Adat-Tradisional-Joglo

Rumah Adat Tradisional Indonesia Beserta Nama Dan Gambarnya

Di Negara Indonesia tercinta ini banyak sekali rumah adat yang bentuknya sangat unik dan indah. Mari kita lihat pembahasan berikut agar kita lebih mengenal lagi rumah dan gambar beserta nama-namanya. Berikut ini ulasannya :

Table of Contents

1. Rumah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam | Rumah Krong Bade

Rumah adat nagnggroe aceh darussalam

Rumah krong bade ini mempunyai bentuk yang sangat khas terutama pada bagian depannya, yaitu memiliki tangga yang digunakan untuk berjalan masuk kedalam rumah. Kebanyakan rumah krong bade ini memiliki anak tangga yang jumlahnya ganjil.

Rumah ini memiliki bentuk persegi yang memanjang. Biasanya dalam membuat rumah krong bade ini kebanyakan masyarakat aceh rumahnya di arahkan timur ke barat. Dinding rumah tersebut terbuat dari kayu pilihan dan di beri lukisan agar terlihat tampak lebih indah. Sedangkan atapnya terbuat oleh daun rumbia dan lantainya itu terbuat dari enau atau bambu pilihan.

2. Rumah Provinsi Sumatra Utara | Rumah Bolon

rumah adat provinsi sumatra utara

Rumah bolon ialah rumah adat khas daerah sumatra utara. Rumah ini mempunyai banyak jenis atau banyak macam diantaranya ialah rumah bolon toba, rumah bolon simalungun, rumah bolon karo, rumah bolon pakpak, rumah bolon mandalin, dan rumah bolon angkola.

Rumah bolon ini mempunyai ciri khas yang berbentuk panggung biasanya terdapat beberapa tiang dan ada garis tengah supaya terlihat lebih indah dan juga kokoh. Untuk dindingnya sendiri rumah adat ini di hiasi dengan lukisan khas daerah simalangun yang mana memiliki warna merah,hitam, dan putih yang melambangkan filosofi adat budaya batak.

3. Rumah Provinsi Sumatra Barat | Rumah Gadang

rumah adat provinsi sumatra barat

Rumah gadang merupakan rumah adat yang berasal dari Sumatra Barat. Rumah gadang ini memiliki nama lain yakni rumah bagonjong, rumah godang dan rumah baanjuang.

Rumah ini mempunyai bentuk yang sangat khas yaitu terlihat dari bangunannya yang memanjang dan atapnya seperti tanduk kerbau dengan bahan atapnya dari ijuk .

Seperti rumah pada umumnya rumah gadang ini di gunakan masyarakat Sumatra Barat sebagai rumah berkumpul bagi keluarga maupun sanak saudara yang datang ke rumah mereka. Selain itu rumah ini biasanya di gunakan untuk acara upacara penting dan penyambutan suatu kaum.

4. Rumah Provinsi Riau | Rumah Melayu Selaso

Sejarah-Rumah-Adat-Selaso-Jatuh-Kembar-Riau

Rumah selaso merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Riau. Rumah  selaso ini memiliki ciri khas mempunyai kolong atau lebih tepatnya di sebut rumah panggung. Rumah selaso ini memiliki banyak tiang dan bentuk rumahnya persegi panjang. Ciri lain dari rumah adat ini ialah memiliki bangunan jatuh kembar dan ada ukiran ciri khas melayu pucuk tebung, lebah melayu, dan selembayung.

Arti dari selaso jatuh kembar sendiri ialah sebuah rumah yang mempunyai lantai rumah lebih rendah di bandingkan lantai tengahnya.

5. Rumah Provinsi Kepulauan Riau | Rumah Selaso Jatuh Kembar

Sejarah-Rumah-Adat-Selaso-Jatuh-Kembar-Riau

Rumah selaso ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari kepulauan Riau.

Rumah ini biasa di namakan rumah panggung. Rumah ini ciri khasnya memiliki beberapa jumlah tiang dan bentuk rumahnya persegi panjang. Yang lebih mudah di kenali lagi yaitu rumah ini memiliki banyak macam lukisan seperti lebah bergayut, pucuk terbang, selembayung dan masih banyak nama lukisan yang lainnya.

6. Rumah Provinsi Jambi | rumah Panjang

Sejarah-Rumah-Adat-Selaso-Jatuh-Kembar-Riau

Rumah panjang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Jambi.

Seperti namanya rumah ini mempunyai bentuk yang panjang. Rumah ini memiliki corak yang indah. Seiring perkembangan zaman rumah ini di daerah asalnya sudah sangat sulit di temukan atau sudah hampir punah Karena masyarakat jambi sudah memilih rumah modern yang jauh lebih megah dari rumah adat yang dahulu.

7. Rumah Provinsi Sumatra Selatan | Rumah Limas

rumah adat provinsi sumatra selatan

Rumah limas ialah merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Sumatra selatan.

Rumah limas ini memiliki atap yang berbentuk limas Ciri lain dari rumah adat ini ialah memiliki lantai yang bertingkat-tingkat atau lebih jelasnya di sebut juga sebagai bengkilas dan biasanya hanya di gunakan untuk acara penting keluarga.

8. Rumah Provinsi Bangka Belitung | Rumah Rakit, Rumah Limas

rumah-rakit-mengapung-kota-palembang

Rumah limas ialah rumah yang berasal dari provinsi Bangka belitung. Tetapi rumah ini walau asalnya dari provinsi Bangka belitung rumah ini sangat digemari dan populer di kota Palembang.

Bentuk rumah ini sangat unik dan biasanya masyarakat sekitar membangun rumah ini di atas sungai, itulah sebabnya rumah ini di sebut rumah rakit. Pada zaman dahulu sungai merupakan sumber mata pencaharian terpenting bagi masyarakat bangka Belitung karena di situlah mereka mencari makanan atau menyambung hidup.

9. Rumah Provinsi Bengkulu | Rumah Bubungan Lima

CendanaNewsJakartaMiechellKoagouw8

Rumah bubungan lima ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Bengkulu

Rumah ini memiliki bentuk layaknya rumah panggung yang mana biasanya di kasih oleh beberapa tiang penyangga. Kayu yang digunakan masyarakatpun bukan kayu sembarangan, mereka selalu memakai kayu pilihan agar rumah mereka kokoh dan rumah mereka terlihat sangat indah. Jenis kayu yang di pakai ialah kayu kemuning.

10. Rumah  Provonsi Lampung | Rumah Nowou sesat

rumah adat provinsi lampung

Rumah nowou sesat merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Lampung

Bentuk utama dari rumah ini ialah memiliki bentuk seperti rumah panggung. Rumah ini memiliki sebuah ornamen khas yang terletak pada sisi bangunannya. Umumnya rumah ini mempunyai bentuk bangunan yang besar, akan tetapi seiring perkembangan zaman rumah ini bentuk ukurannya di buat lebih kecil.

11. Rumah Provinsi DKI Jakarta | Rumah Kebaya

Rumah adat provinsi lampung

Rumah kebaya ialah merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi DKI Jakarta.

rumah ini memiliki ciri khas pada bagian atapnya karena mirip pelana yang sedang di lipat jika di amati secara langsung. Tetapi kalau kita lihat dari bagian samping rumah ini bentuknya terlipat lipat menyerupai lipatan kain kebaya. Disamping itu rumah ini mempunyai bentuk dan corak khas betawi.

12. Rumah Provinsi Jawa Barat | Rumah Kasepuhan Cirebon

Rumah adat provinsi jawa barat

Rumah kasepuhan Cirebon merupakan rumah adat yayng asalnya dari provinsi Jawa Barat.

Rumah ini selain rumah khas dari daerah Jawa Barat juga di jadikan sebagai rumah keraton oleh para raja-raja pada zaman dahulu. Dan merupakan bagian dari keraton cirebon. Meskipun bangunannya sudah tua karena termakan usia namun rumah ini masih terlihat sangat kuat dan kokoh karena rumah ini benar-benar di jaga dan di rawat dengan baik.

13. Rumah Provinsi Banten | Rumah Badui

rumah adat adat-suku-Baduy

Rumah Badui ialah rumah adat yang berasal dari provinsi Banten

Rumah ini hampir seluruh bangunannya menggunakan bambu pilihan yang terkenal di daerah Banten. Ciri khas lain dari rumah ini ialah terkenal akan kesan sederhananya.

14. Rumah Provinsi Jawa Tengah | Rumah Joglo

 rumah-adat provinsi jawa tengah

Rumah Joglo ialah rumah adat yang berasal dari daerah Jawa. Rumah ini memiliki beberapa ruang yang terdapat di dalamnya. Pada bagian depan rumah memiliki pendopo yang berguna sebagai ruang tamu. Bentuk khas rumah adat ini ialah terletak pada bagian sisi rumah.

15. Rumah Adat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta | Rumah Bangsal Kencono, Rumah Joglo

Provinsi-Daerah-Istimewa-Yogjakarta-Rumah-Adat-Bangsal-Kencono-dan-Joglo

Rumah bangsal kencono ialah rumah adat yang asalnya dari daerah Istimewa Yogyakarta. Rumah ini dahulu adalah tempat tinggal para raja dan para petinggi penting lainnya. Rumah bangsal ini mempunyai ciri-ciri yang sangat khas yaitu melambangkan alam semesta, perilaku atau sikap seseorang, dan kehidupan.

16. Rumah Provinsi Jawa Timur | Rumah joglo Situbondo

Rumah-Adat-Tradisional-Joglo

Rumah yang berasal dari Jawa timur sekilas memiliki kesamaan dengan rumah adat joglo yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

Walau bentuknya sekilas mirip dengan rumah adat khas Jawa tengah akan tetapi rumah ini juga mempunyai ciri yang sangat khas, yaitu memiliki bentuk yang lebih minimalis atau bentuknya lebih modern. Ciri lain rumah adat ini ialah memiliki nilai filosofi yang sangat kental terdapat pada rumah adat ini.

Baca juga: Pakaian Adat Di Indonesia Beserta Nama, Gambar, dan Provinsi Asalnya

17.Rumah Provinsi Bali | Rumah Gapura Candi Bentar

Rumah-Adat-Gapura-Candi-Bentar

Rumah candi bentar ialah rumah adat yang berasal dari provinsi Bali.

Rumah ini mempunyai bentuk mirip pura dan juga mempunyai gapura yang terletak pada bagian depan rumah. Rumah candi bentar ini sangat suci dan sangat kental akan budaya dan agamanya. Sehingga rumah ini sangat berbeda dengan rumah adat yang ada di indonesia lainnya. Bila kamu berkunjung ke Bali pastinya anda akan banyak menemukan rumah ini karena masyarakat Bali masih menjaga budaya sekaligus budaya warisan mereka.

18. Rumah Provinsi Nusa Tenggara Barat | Rumah Istana Sultan Sumbawa

Rumah-Adat-Gapura-Candi-Bentar

Rumah loka ialah rumah adat yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rumah loka ini pada awalnya di bangun oleh para suku yang berdiam di atas tanah Nusa Tenggara barat diantaranya ialah suku Sasak, Suku Dompu, Suku Sumbawa. Dulunya rumah ini di gunakan sebabagai istana raja dan di huni oleh para raja-raja besar maupun ketua adat.

19. Rumah Provinsi Nusa Tenggara Timur | Rumah Musalaki

Rumah-Adat-Gapura-Candi-Bentar

Rumah Musalaki ialah rumah adat yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Rumah ini bentuknya mirip dengan rumah yang ada pada daerah tetangganya, yaitu Nusa Tenggara Barat.

Rumah ini bentuknya kerucut dan atapnya sangat unik jika dilihat.Rumah ini pada zaman dahulu di gunakan sebagai tempat tinggal kepala suku adat. Karena perkembangan zaman, sekarang rumah ini di huni oleh segala macam kalangan masyarakat. Rumah musakali ini sangat masih sangat banyak di temukan di daerah asalnya.

20. Rumah Provinsi Kalimantan Barat | Rumah Istana Kesultanan Pontianak

rumah adat provinsi kalimantan barat

Rumah istana kesultanan pontianak ini ialah rumah yang berasal dari provinsi Kalimantan Barat. Bentuk rumahnya sangat besar dan pada bagian dalam rumah ini sangat luas.

Rumah ini ciri khasnya memiliki corak dan arsitektur bangunan suku dayak yang sangat kental yang terdapat pada bagian-bagian sisi rumah.

21. Rumah Provinsi Kalimantan Tengah | Rumah Betang

rumah adat provinsi kalimantan tengah

Rumah Betang ini ialah rumah adat yang berasal dari Kalimantan tengah. Sekilas rumah ini bentunya menyerupai kemiripan sama dengan rumah panjang.

Rumah betang ini memiliki ciiri khas yaitu ukuran bangunannya sangat besar dan rumah ini merupakan rumah terbesar kedua di Indonesia. Saking besarnya rumah ini bisa menampung 160 orang atau 32-38 keluarga.

22. Rumah Provinsi Kalimantan Selatan | Rumah Adat Bubungan Tinggi

rumah adat provinsi kalimantan selatan

Rumah adat bubungan tinggi ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Kalimantan Selatan. Yang pertama kali membangun rumah ini ialah masyarakat suku dayak yang menetap di daerah tersebut atau masyarakat dayak asli.

Rumah ini memiliki ciri khas yaitu terletak pada struktur bangunannya yang kokoh dan tinggi. Rumah ini sangat mengutamakan kekokohannya atau kekuatannya.

23. Rumah  Provinsi Kalimantan Timur | Rumah Laminrumah adat provinsi kalimantan timur

Rumah lamin ialah rumah adat yang berasal dari provinsi Kalimantan Timur. Rumah ini dulu di bangun oleh masyarakat suku dayak asli Kalimantan Timur.

Rumah lamin bangunannya memiliki corak khas bangunan rumah adat suku Kalimantan Timur yang terletak pada bagian sudut-sudut rumah. Rumah lamin ini ialah rumah terbesar yang ada di Indonesia.

24. Rumah Provinsi Sulawesi Utara | Rumah Pewaris

Rumah-Adat-Pewaris

Rumah pewaris ialah rumah adat yang asalnya dari provinsi Sulawesi Utara. Pada zaman dahulu rumah pewaris ini di bangun oleh suku asli Sulawesi Barat ialah suku Minahasa. Rumah pewaris memiliki ciri khas yang sangat unik yaitu bentuknya seperti rumah panggung dan rumah ini mempunyai dua tangga yang rapi.

25. Rumah  Provinsi Sulawesi Barat | Rumah Mandar

Rumah-Adat provinsi sulawesi barat

Rumah mandar ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Sulawesi Barat.

Rumah mandar bentuknya hampir sama dengan bangunan yang ada di daerah suku bugis dan suku toraja.

Rumah ini mempunyai teras sangat luas. Pada bagian depan rumah memiliki anak tangga sangat panjang dan uniknya lagi anak tangga itu mempunyai jumlah anak tangga yang ganjil. Bahan yang di gunakan untuk membuat rumah ini kebanyakan di ambil dari alam.

26. Rumah Provinsi Sulawesi Tengah | Rumah Tambi

Rumah-Adat provinsi sulawesi barat

Rumah tambi ialah rumah adat yang asalnya dari provinsi Sulawesi Tengah. Rumah tambi ini memiliki bangunan arsitektur bangunan rumah panggung. Bahan yang di gunakan dalam membuat rumah ini ialah merupakan kayu pilihan dan bebatuan alam yang terdapat di daerah mereka. Semakin besar dan tinggi rumah yang mereka buat maka status sosial yang di miliki si pemilik rumah akan semakin tinggi.

27. Rumah Provinsi Sulawesi Tenggara | Rumah Buton Malige

Rumah-Laikas

Rumah buton ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Sulawesi Tenggara.

Bentuk dari rumah buton ini sangat unik dan khas karena rumah ini di bangun dengan empat lantai dan teknik yang digunakan untuk memasangnya dengan teknik kontruksi kayu kait tanpa ada paku dan pasak. Rumah ini kalau untuk ukurannya tidak terlalu besar tetapi bisa menampung seluruh keluarga dan sanak keluarga yang datang bersilaturahmi. Rumah ini masih di jaga dengan baik oleh masyarakat Sulawesi Tenggara.

28. Rumah Provinsi Sulawesi Selatan | Rumah Tongkonan

Rumah-Laikas

Rumah tongkonan ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Sulawesi Selatan.

Ciri khas rumah tongkonan ini ialah bentuk atap depannya yang memanjang seperti bentuk perahu. Di samping itu rumah ini terdapat hiasan tanduk kerbau yang cantik di bagian depan rumah mereka. rumah yang sangat indah ini masih di jaga sampai sekarang oleh masyarakat yang bertempat tinggal di sana. Rumah adat ini sekaligus jadi rumah warisan budaya masyarakat Sulawesi Selatan.

29. Rumah Provinsi Gorontalo | Rumah Dulohupa, Rumah Pewaris

rumah adat provinsi gorontalo

Rumah dulohupa ialah rumah adsat yang asalnya dari provinsi Gorontalo.

Rumah ini bentuk bangunannya sangat indah karena memiliki atap yang berseni tinggi dan rumah ini sekilas bangunannya menyerupai rumah panggung. Rumah ini sebagian besar bahan yang di gunakan kayu asli kayu pilihan.

30. Rumah Provinsi Maluku | Rumah Baileo

rumah-adat-desa-nolloth

Rumah baileo ialah rumah adat yang asalnya dari provinsi Makuku. Rumah ini juga sangat kental akan unsur agamanya.

Rumah ini memiliki bangunan yang sangat luas dan besar karena rumah ini tidak hanya di pakai untuk tempat tinggal saja, namun untuk acara hiburan dan musyawarah bersama. di dalam rumah memiliki ruangan khusus yang di gunakan untuk menyimpan benda berharga atau lebih tepatnya benda pusaka suci.

31. Rumah Provinsi Maluku Utara | Rumah Baileo

rumah-adat-desa-nolloth

Rumah baielo merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Maluku Utara. Rumah ini bentuknya panjanh dan luas. Masyarakat maluku bikin luas ukurannya karena rumah ini juga di pakai untuk acara penting lainnya seperti acara upacara dan acara keagamaan.

32. Rumah provinsi Papua Barat | Rumah Adat Honai

rumah-adat-desa-nolloth

Rumah honay ialah merupakan rumah adat yang asalnya dari provinsi Papua. Rumah honay ini terbuat kayu dan atapnya dari ilalang pilihan.

Ciri yang di miliki rumah ini biasanya rumahnya terlihat sempit dan berbentuk minimalis. Tidak ada jendela di dalam rumah ini karena bertujuan agar rumahnya tetap hangat saat di huni meskipun suhu di luar rumah sangat dingin. Itu karena masyarakat papua banyak yang tinggal di pegunungan.

33. Rumah Provinsi Papua | Rumah Honai

rumah-adat-desa-nolloth

Rumah adat ini berasal dari Papua. Bentuk rumah ini sangat unik dan tidak di miliki bangunan rumah adat lainnya. Yang mana bentuknya menyerupai kerucut dan bahan yang di gunakan oleh rumah ini kayu pilihan khas papua. Sedangkan atapnya terbuat dari daun ilalang yang di susun rapi.

Itulah penjelasan dari kami mengenai beberapa rumah adat yang ada di provinsi Indonesia, Kita sebagai warga negara yang baik harus melestarikan budaya yang sangat indah ini, Minimal dengan mengenal nama rumah adat dan tempat asalnya.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.