Bonsai-beringin

Pohon Bonsai Beserta Kriteria, Jenis, dan Tahapan Lengkap

Pohon Bonsai – Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan di sebuah pot dangkal yang tujuannya untuk membuat miniatur dari bentuk asli pohon yang besar dan mempuyai umur tua yang terdapat dialam bebas. Istilah nama bonsai sendiri dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan pohon / tanaman dalam pot yang dangkal dan apresiasi, keindahan bentuk dahan, daun, akar pohon, batang serta pot dangkal yang menjadi tempat atau wadah.

pohon bonsai indah

Bonsai berasal dari Jepang yang dibuat seni miniaturisasi tanaman yang dikenal dengan sebutan penjing dari periode Dinasti tang. Di makam putra dari Maharani Wu Zetian terdapat sebuah lukisan dinding yang menggambarkan pelayanan wanita yang sedang membawa pohon berbunga dalam pot dangkal. Pot yang kecil dan kangkal ini merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam.

Inilah Kriteria Tanaman yang Dapat Dibonsai

pohon bonsai unik

Bonsai bisa dibuat dari berbagai macam tumbuhan, akan tetapi yang penting sebaiknya mempunyai kriteria tanaman yang bisa dibonsai yaitu :

1. Tanaman Dikotil / Berkeping Dua

yang di maksud berkeping dua atau dikotil itu adalah memiliki kayu yang keras dan mengandung kambium.

2. Bentuknya Indah Secara Alami

Mulai dari daun, batang, akar, serta bunganya harus memiliki bentuk yang indah secara alami agar kalau dijadikan tanaman bonsai nantinya akan indah dan cantik.

3. Tahap Mendapat Perlakuan Khusus

Ini yang perlu di perhatikan, karena membentuk pohon bonsai tidak sembarangan dan harus menggunakan pahatan serta pemangkasan untuk membentuknya maka pohon bonsai harus mendapatkan perlakuan khusus.

4. Mempunyai Umur Panjang

Karena idealnya pohon bonsai dapat terus tumbuh puluhan sampai dengan ratusan tahun, maka carilah pohon yang akan dibonsai dengan umur yang panjang.

Macam-macam Tanaman yang Dapat Dibonsai

Dengan berbagai kriteria tanaman hias yang ada, sebenarnya terdapat cukup banyak jenis tanaman yang bisa di jadikan bonsai. Bahkan kita tidak menyadari bahwa pohon itu terkadang tumbuh di sekitar kita. Seperti misalnya tanaman Bonsai Berikut in :

1. Pohon Bonsai Pinus

Pohon Bonsai Pinus

Tumbuhan ini sangat baik di daerah dataran tinggi dengan ketinggisn 255-2010 mdpl. Tumbuhan ini sangat banyak sekali ditemukan di alam terbuka, Sehingga sering membentuk hutan pinus. Pinus ini memiliki ciri-ciri batangnya keras, ramping dan juga mempunyai getah. Walaupun pohon pinus ini mempunyai ketinggian mencapai 231-41 meter, namun pohon yang satu ini sangat bisa untuk dibuat bonsai. Daunnya berbentuk jarum berwarna hijau cerah dan diselimuti dengan sisik tipis akan menambah keindahan ketika dijadikan tanaman bonsai.

2. Pohon Bonsai Cemara Udang (casuarina equisetifolla)

pohon bonsai cemara udang

Cemara udang atau bahasa latinya (casuarina equisetifolla) ialah salah satu jenis bonsai yang sering kali dipamerkan dan menjadi juara dalam sebuah pameran bonsai. Bakalan cemara sudah juga disebut sebagai bakalan bonsai terbaik dan banyak di buru orang karena bonggolnya yang besar dan bisa berlekuk-lekuk, sangat indah bukan. Kayu nya yang keras dan mempunyai alur yang indah membuat cemara udang sering diukir pada saat menjadi pohon bonsai. Cemara udang sangat tahan dengan beberapa serangan penyakit dan mudah perawatanya.

3. Pohon Bonsai Bougenville ( Bougainvillea )

bonsai boungenville

Tanaman yang kerap disebut sebagai bunga kertas ini berasal dari Amerika Selatan dan salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Batangnya memiliki banyak duri yang tajam dan runcing. Bougenville bisa hidup baik di dataran rendah dan memiliki kemampuan hidup yang sangat baik, bahkan pada saat kekurangan air sekalipun masih bisa mengeluarkan Seludung bunga yang warnanya merah muda terang yang sering dianggap bunga padahal bunga yang aslinya sangat kecil. Bougenville ini termasuk tanaman perdu yang batangnya bisa tumbuh membesar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bonsai.

4. Pohon Bonsai Boxus/Buxus (buxus arlandii)

Bonsai Buxus

Jenis tanaman selanjutnya yang bisa untuk dijadikan bonsai ialah boxus (Boxus sp). Yang memiliki batang kecil berwarna hijau yang tumbuhnya lambat serta memiliki umur yang panjang. Batang boxus sangat padat dan keras serta mempunyai akar yang kokoh menjadikannya sebagai salah satu kandidat bonsial terbaik. Boxus bisa diperbanyak dengan cara menanam bijinya ataupun menyetek batangnya.

5. Pohon Bonsai Kemuning (Murraya panniculata)

Bonsai-Kenuning

Tumbuhan kemuning atau bahasa latinya (Murraya panniculata) ialah jenis tumbuhan yang sangat khas dengan bunganya yang kecil-kecil dan memiliki aroma yang sangat khas juga bisa menyegarkan pikiran seketika saat kita menghirupnya. Biasanya pohon kemuning sering ditanam sebagai tanaman pagar maupun tanaman hias di dalam pot. Kemuning bisa berbuah kecil memiliki warna hijau muda ketika masih muda dan merah ketika sudah tua. Pada saat dibonsai, kemuning biasanya akan menonjolkan bagian buah dan bunganya yang sangat indah dan cantik.

6. Pohon Bonsai Jeruk ( Aurantiaco Bonsai )

pohon bonsai jeruk

Kalau ingin membonsai pohon jeruk tidaklah sembarangan yang akan kita jadikan pohon bonsai. Yang bisa di bonsai diantaranya ialah jeruk keplok, jeruk bali, dan jeruk kingkit. Keindahan pohon jeruk yang sudah dijadikan bonsai akan terlihat menawan ketika kamu sudah berhasil memadukan antara batang buah dan daunnya menjadi bentuk yang sangat rapi. Untuk membuat bonsai jeruk ini, cara membuat sebaiknya usahakan pilih tanaman jeruk yang bentuknya pohon, bukan yang semak atau perdu.

7. Pohon Bonsai Adenium ( Adenium arabicum )

bonsai-adenium

Bonsai adenium atau yang disebut dengan kamboja jepang ialah salah satu jenis tanaman yang sangat indah untuk dibonsai. Ciri-cirinya mempunyai akar dan bonggol yang besar dan mempunyai daya tahan hidup yang sangat tinggi. Bunga adenium yang berwarna-warni juga menambah keindahan tumbuhan tersebut pada saat dibonsai. Semakin rapi membentuk batangnya dan semakin lebat bunganya tumbuh maka akan semakin mahal dan herharga pula harga jual bonsai adenium tersebut. Membuat bakalan bonsai adenium inipun sangat gampang sekali dan juga sangat banyak dikembangkan di negara Indonesia.

8. Pohon Bonsai Beringin ( ficus benjamina )

Bonsai_Beringin_terunik

Inilah pohon unik yang tidak pernah kamu duga sebelumnya untuk dibonsai, yaitu pohon beringin. Beringin kalau digunakan sebagai bonsai mempunyai banyak keunggulan seperti akar yang gampang dibentuk menjadi berbagai gaya, daunnya yang sangat rimbun, serta daya tahan tumbuhan beringin ini bisa menyesuaikan diri dengan media tanam yang terbatas. karena memang Pohon beringin ini berasal dari Indonesia maka beringin sendiri juga disebut pula sebagai bonsai khas Indonesia.

9. Pohon Bonsai Asam/Asem (Tamarindus indica )

Tanaman Hias Bonsai Asam

Pohon asam atau bahasa latinya Tamarindus indica ini Bukan hanya bisa ditanam sebagai pohon yang besar saja, tetapi asam juga dapat dibentuk menjadi bonsai. Misalnya seperti jenis tanaman jawa dan asam belanda. Tanaman asam mempunyai batang cokelat kehitaman, dengan memiliki daun yang berselang-seling serta menyirip dalam jumlah yang gelap. Batang pohon asam ini sangat keras dan sangat kokoh sehingga sangat bagus untuk dijadikan bonsai. cara pembuatanyapun tergolong sangat mudah.

10. Pohon Bonsai Kupa Landak ( Syisigium caulifora )

Bonsai_Kupalandak-terbaik

Tanaman yang termasuk kedalam tumbuhan dikotil ini juga dikenal pula dengan nama Rukam. Mempunyai bentuk batang kayu yang tegak bulat, mempunyai duri yang warnanya putih kusam, daunnya majemuk dan posisinya tersebar. Salah satu jenis bonsai yang sangat banyak diminati eksportir karena batang, buah dan daunnya bisa berpadu sangat rapi membentuk bonsai yang sangat cantik dan indah.

Read: Manfaat Kayu Gaharu untuk kesehatan Medis Maupun Mistis

Manfaat Pohon Bonsai Bagi Lingkungan

inilah-pohon-bonsai-terbaik

Manfaat pohon bonsai pun sangat penting dalam lingkungan hidup. Dan inilah manfaat tanaman bonsai bagi lingkungan, yaitu :

1. Menghasilkan Oksigen untuk Bernafas Dengan Segar

pohon bonsai menghasilkan oksigen

Alam sekitar yang hijau merupakan manfaat yang sangat penting untuk kita menghirup oksigen bebas dan juga sehat. Dengan melakukan penanaman pohon termasuk pohon bonsai ini maka jumlah karbondioksida yang ada di lingkungan sekitar kita akan berkurang dan lingkungan pun agar nampak segar. Disamping itu juga sangat baik untuk mengurangi polusi yang bisa mengakibatkan pemanasan global dan menipiskan ozon.

2. Dapat Mengurangi Kebisingan

Pot-Bonsai-dapat-mengurangi-kebisingan

Kalau rumah anda berada di pinggir jalan, maka setiap hari yang akan anda dengar ialah suara kebisingan akibat suara kendaraan di jalan maupun suara lainnya yang dapat mengganggu kita.

Untuk itu sebaiknya anda menanam banyak bonsai maupun tanaman hias di pinggir pagar rumah anda agar terhindar dari kebisingan dan sebagai peredam suara. Di samping itu anda akan mendapatkan keharuman tersendiri dengan oksigen patinya akan lebih sejuk.

3. Pendingin

bonsai-cantik

Jenis tanaman yang merambat dapat kamu jadikan sebagai pendingin ruangan yaitu sebagai penutup dinding yang terpapar langsung dengan sinar matahari. Dengan paparan sinar matahari secara langsung otomatis membuat suhu akan meningkat. Dengan memperbanyak tumbuhan bonsai merupakan salah satu cara membuat suhu panas di dalam ruangan menjadi berkurang dan ruangan pun akan menjadi lebih sejuk alami dan juga segar.

4. Menyimpan Air Tanah

-Merawat-Bunga-Adenium-Bonsai

Air hujan yang jatuh ketanah akan hilang seketika. Kalau tidak ada akar tanaman misalnya bonsai yang akan mengikatnya maka air tidak akan banyak meresap dan menyebabkan banjir. Disamping itu kalau lahan pekarangan rumah dibiarkan begitu saja tidak ditanami apapun maka kalau musim kering datang lahan itu juga bisa semakin kering dan akan terlihat tandus.

Untuk itu tanaman-tanaman kecil rerumputan kecil atau bonsai buah-buahan bisa kamu manfaatkan untuk menghiasi halaman rumah kamu untuk menghindari gersang tandus dan panas.

Cara Membuat Pohon Bonsai

bonsai yang indah

Bonsai pada dasarnya ialah sebuah teknik yang dipakai untuk membuat tanaman ini lebih menarik, sehingga akan membuat tanaman ini lebih banyak disukai oleh banyak orang. Bonsai ini ialah salah satu tanaman yang harganya relative mahal dan bagaimana dari cara untuk mencitakan potensi bisnis dari tanaman hias itu sendiri.

Tanaman bonsai ini tidaklah terbatas hanya satu jenis golongan saja, namun bisa digunakan untuk semua jenis tanaman yang mempunyai waktu hidup yang cukup panjang. Pada dasarnya pohon bonsai ini adalah tanaman yang menggunakan kayu. Tetapi beberapa dari tumbuhan lainnya juga bisa dijadikan bonsai.

Pada dasarnya, setiap tanaman bisa dijadikan bonsai, namun harus mempunyai ketekukan dan ketlatenan untuk menciptakannya menjadi bonsai yang bernilai jual tinggi. Oleh sebab itu, maka kita bisa menjelaskan penjelalsan dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara melakukan teknik bonsai pada tanaman itu sendiri, Mari kita simak bersama-sama cara menanam bonsai di bawah ini :

1. Pemilihan Bibit

pemilihan-bibit-bonsai

Bibit yang akan dipakai untuk pembuatan bonsai atau bakal dari bonsai ini bisa langsung dilakukan dengan pemilihan tanaman yang akan dipakai sebagai bonsai. Sebagai contoh harus mempunyai cabang, yang pada nantinya cabang itu wajib mendapatkan perlakuan khusus seperti dililit kawat, dipotong, dan juga dikreasikan sedemikian rupa agar menjadi tanaman bonsai yang indah.

Di samping itu, teknik pembuatan bibit dari tanaman penyemaian yang ada di alam terbuka, cangkok yang akan dibutuhkan ketrampilan, okulasi serta bongkahan daripada tanaman yang bertunas dan terlihat bisa untuk bertahan hidup.

2. Semai Bakal Bonsai

Menanam-Bakalan-Bonsai-yang-benar

Mendapatkan bibit bonsai bisa dilakukan dengan cra melakukan penyamaian yang bisa dilakukan sendiri. Meskipun ini dianggap tidak efisien, karena proses dari penyamaian akan memakan proses yang tergolong sangat lama.

3. Media Tanam

media-tanam-bonsai

Karena bonsai ini ditanam dalam pot yang kecil,maka dari itu media yang dipakai untuk menanam bonsai sangat terbatas. Hal itu akan menyebabkan bonsai mempunyai sedikit nutrisi yang akan didapatkannya serta sensitive terhadap air yang dipakai untuk penyiraman. Oleh sebab itu, media tanam yang dipakai akan dipilih sedemikian rupa agar nutrisi serta air yang diperoleh tersalurkan secara baik menuju bonsai. Media tanam yang bisa digunakan untuk bonsai adalah :

  • Tanah : Pada umumnya yang dipakai adalah tanah gunung yang . berwarna hitam atau warna coklat tua dan biasanya tanah merah
  • pasir : Dengan sifat pasir yang dengan sangat gampang menghantarkan air, akan mencegah air diam terlalu lama di dalam pot yang dipakai. Di samping itu juga sangat memudahkan udara untuk masuk kedalam media tanam.
  • Humus : Biasanya yang dipakai adalah daun atau ranting yang sudah mengalami proses pelapukan secara natural dan interval waktu yang cukup lama.
  • Pupuk Organik : Pada umumnya yang dipakai adalah kotoran kambing yang sudah matang, warnanya berupa coklat tua atau hitam dan tidak mengeluarkan bau.

4. Teknik Penanaman Bonsai

cara-menanam-bonsai-

Terdapat tiga teknik dalam menanam bonsai yaitu pencangkokan, penyetekan, dan pembuatan okulasi. Dalam pembuatan bibit tanaman bonsai itu bisa dilakukan dengan cara setek dan cangkok yang kemudian akan menghasilkan tanaman baru yang tergolong dalam jangka waktu yang sebentar (1-2 bulan.

Pembuatan okulasi terbilang lama yaitu membutuhnan waktu sekitar 1 tahun. stek yang dipakai untuk bonsai ini biasanya stek lunak, stek daun dan stek keras.

Cara Menanam Bonsai dengan Teknik Cangkok :

  • Kuliti dahan dengan lebar sekitar 4-6 cm.
  • Buang getah dengan cara mengeruknya dengan memakai lap kain yang kering.
  • Tutuplah luka dengan memakai mos yang sebelumya telah dibasahi atau dengan memakai campuran dari tanah serta pupuk organic dengan perbandingan 1:1
  • Lilitkan tanah atau mos dengan beberapa lembaran plastik kemudian ikatlah pada masing-masing dari ujung dari kain tersebut.
  • Lalu lubangilah plastik tersebut dengan memakai jarum dengan tujuan agar terdapat pertukaran udara di dalam plastik.

5. Cara Menanam Bonsai

Pertama-tama tanaman bonsai dipilih berdasarkan tanaman yang mempunyai batang induk yang kuat dan kemudian akan dilakukan proses pemindahan menuju pot. Lalu bentuklah tanaman memakai kawat, sesuai yang kamu sukai. Secara rutin, periksalah ranting dan juga cabang yang tumbuh pada tanaman agar bisa dibentuk.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam bonsai :

  • Pilihlah pot dengan bonsai yang akan ditanami.
  • Pengisian media tanam. Karena bonsai mengikuti keadaan tanag di dunia nyata, maka lapisan yang paling atas tidak boleh melebihi 35 cm dan bersifat mempunyai banyak humus yang subur. Lapisan kedua ialah lapisan yang bisa menyalurkan air menuju bawah agar air menjadi tanah. Lapisan ketiga membentuk bebatuan dan lapisan keempat adalah lapisan yang menyerap air.
  • Pengamanan isi pot. Batu, kerikil, pasir serta tanah yang mempunyai serangga akan sangat membahayakan tanaman bonsai. oleh sebab itu, diperlukan pembersihan isi pot agar terhindar dari bahaya terkena serangan serangga yang pada akhirnya akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman itu sendiri.

6. Teknik Pembentukan Pohon Bonsai

Proses pembentukan ialah membentuk kembali tanaman yang berada di alam bebas dengan mempertahankan struktur tumbuhannya. Prosesnya adalah sebagai berikut :

  • Tahap pertama ialah membentuk kerangka dasar dari bakal bonsai. Tanaman bonsai yang sebelumnya sudah diberikan perawatan sudah siap untuk dilakukan proses pembentukan kerangka dasar. Tanaman yang sebelumnya telah mengalami proses pemindahan dan telah memasuki proses peyembuhan. Batang induknya sudah kuat dan sudah tidak bisa di gerakkan lagi dan sudah mencapai ketinggian yang telah diinginkan.
  • Tahap kedua ialah proses yang terbilang cukup lama. Oleh sebab itu diperlukan media bantuan seperti kawat yang akan mempertahankan proses dari dahan yang akan dibentuk. Biasanya kawat yang digunakan ialah kawat kuningan dengan diameter yang sudah diseuaikan dengan ranting.

7. Pemeliharaan Tanaman Bonsai

Sesudah melakukan penanaman, siramlah bakal bonsai dari tanah dengan alat sprayer yang halus. Air yang dipakai harus bersih, tidak berlumpur, dan tawar. Kalau air keluar dari lubang air, hentikanlah proses penyiraman. Letakkan bakal bonsai pada posisi dimana tempat itu terkena banyak angin, teduh serta gangguan dari luar lainnya.’

8. Penyempurnaan Tanaman Bonsai

karena tidak semuanya bisa dijadikan bonsai, tanaman yang bisa dijadikan bonsai ialah tanaman beringin, jeruk, dan delima. Proses menyempurnakan bonsai ialah proses menyusun ranting dan daun agar terlihat seimbang dan menarik. Proses ini dilakukan dengan cara memetik titik tumbuh serta pemangkasan pada bakal bonsai. Proses pemangkasan ini biasanya dilakukan dengan cara memangkas dahan atau ranting yang tumbuh sedekat mungkin dengan ujung agar lukanya tertutup dengan sehat.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai tentang bonsai, jenis-jenis bonsai, dan cara menanamnya, Bonsai manakah yang akan kamu rawat? setelah membaca artikel ini pastinya sudah paham kan tentang bagaimana membudidayakan bonsai dengan benar? selamat Mencoba. Terima kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.