Pohon Biduri Atau Widuri Klasifikasi Gambar Ciri-Ciri Dan Khasiatnya

Pohon Biduri Atau Widuri Klasifikasi Gambar Ciri-Ciri Dan Khasiatnya

Pohon Biduri – adalah tumbuhan asli Indonesia, Filipina, Kamboja, Malaysia, Thailand, Srilanka, India dan China. Biduri ini juga biasa di sebut pohon widuri. Tumbuhan ini biasanya hidup liar di daerah pesisir pantai, tebing laut, dan padang rumput terbuka. Terutama di daerah yang banyak mendapat sinar matahari.

Tumbuhan ini bisa di jumpai hampir di seluruh Indonesia. Biduri sendiri adalah tumbuhan yang bersifat menahun. Berupa perdu besar dan bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 4 meter. Dan kebanyakan selama ini tumbuhan biduri lebih di anggap sebagai tumbuhan pengganggu atau gulma. Tidak banyak orang yang memperhatikan tumbuhan ini, adapun yang memperhatikan biasanya hanya peternak jangkrik. Karena daunya biasanya dibuat pakan jangkrik oleh peternak jangkrik.

Tetapi tumbuhan yang di anggap gulma di Indonesia ini, ternyata mempunyai makna penting di beberapa Negara lain. Di Hawai bunga biduri, disebut bunga yang sangat eksotis. Dan bunga biduri juga di sebut sebagai bunga kesayangan Ratu Liliuokalani, penguasa terakir pemerintahan monarki di Hawai. Di Hawai keberadaan bunga biduri juga sangat di perlukan pada saat kedatangan tamu. Mereka akan memberikan rangkaian bunga biduri, begitupun saat tamu tersebut akan pergi. Mereka juga akan memberikan rangkaian bunga biduri ini sebagai tanda kasih sayang.

Sedangkan di India, tumbuhan ini juga diperlukan keberadaanya, di sana tumbuhan ini di jadikan sebuah objek penelitian penting oleh para ahli. Hal tersebut bertujuan untuk menggali kandungan senyawa potensialnya sebagai obat-obatan tertentu. Tumbuhan ini mungkin memang benar bisa untuk obat. Karena mengingat sudah sejak lama tumbuhan ini digunakan sebagai obat-obatan herbal oleh penduduk setempat.

Di Thailand bunga ini dipilih untuk di jadikan rangkaian bunga karena sifatnya yang bisa tahan lama. Seadang di Kamboja, bunga biduri di pakai untuk upacara pemakaman, dibuat untuk menghias peti mati dan untuk dekorasi di rumah duka. Dan disini kita akan mengupas gambar dan ciri-ciri tanaman biduri, berikut ini adalah rangkumanya.

Table of Contents

1. Gambar dan ciri-ciri Pohon biduri atau widuri

ciri-ciri daun-biduri-dmy

Pohon Biduri sesungguhnya sangat mudah untuk di kenali, karena memiliki bunga yang tergolong indah. Dan bunga yang belum mekar saat di tekan akan menimbulkan bunyi seperti orang mengetok pintu (thok..). Jika anda memang belum tahu dengan tumbuhan Biduri ini, ada baiknya untuk browsing terlebih dahulu di internet tentang tumbuhan biduri. Karena anda akan bisa melihat gambar dan ciri-ciri tumbuhan biduri. Sehingga anda bisa dengan mudah mengenali saat anda berjumpa dengan tumbuhan biduri tersebut. Dan berikut ini adalah gambar dan ciri-ciri tumbuhan biduri.

  • Gambar dan ciri-ciri batang serta akar biduri atau widuri

pohon-dan-akar-tumbuhan-biduri

Batang tumbuhan biduri mempunyai ciri fisik yang bulat, batang aerial,  berkayu, silindris, dengan warna putih kotor, (batang utama tidak terlihat jelas), percabangan simpodial. Dan memiliki permukaan halus. Untuk akar tumbuhan ini memiliki akar tunggang.

  • Gambar dan ciri-ciri daun biduri atau widuri

daun-biduri-widuri-dmy

Tumbuhan biduri memiliki daun berupa daun tunggal, yang tersusun saling berhadapan. Berbentuk bulat telur terbalik dengan ujung tumpul dan pangkal berlekuk seperti jantung, untuk bentuk daun biduri hampir sama dengan daun nangka atau juga hampir mirip dengan daun tembakau. Warna hijau keputihan, dengan panjang 8-30 cm dan lebar daun bisa mencapai 4 – 15 cm. Helaian daun lumayan tebal dengan pertulangan menyirip dan permukaan agak sedikit kasap. Untuk daun yang muda memiliki bulu halus yang agak tebal, dan saat tua bulu tersebut berangsur menghilang.

  • Gambar dan ciri-ciri bunga biduri atau widuri

Bunga-tumbuhan-biduri-widuri-dmy

Tumbuhan biduri memiliki bunga majemuk, berbentuk seperti payung, tertancap antara tangkai dari pasangan daun yang sama. Muncul dari ketiak daun, bertankai panjang, dengan kelopak terbentang berwarna hijau, dan memiliki bulu halus, seta memiliki daun pelindung sempit. Mahkota berwarna putih dengan ujung yang berwarna sedikit ungu, dengan panjang mahkota sekitar 4 mm. Benang sari berbentuk tabung dengan kepala putik sedikit lebar, bersegi lima. Mahkota tambahan berlekatan dengantabung benangsari dan tangkaisari berlekatan dengan tabung.

  • Gambar dan ciri-ciri buah serta biji Pohon biduri atau widuri

buah-dan-biji-tumbuhan-biduri-dmy

Tumbuhan biduri memiliki buah yang berbentuk bulat telur memanjang menyerupai bumbung dan unjung yang berbentuk kait dengan warna hijau. Tumbuhan biduri memiliki panjang buah sekitar 9-10 cm. Untuk biji dari tumbuhan ini berbentuk lonjong, pipih, memiliki warna coklat, berbulu pendek dan agak tebal. Biji mempunyai jumbai rambut serupa sutera panjang, jadi ketika angin berhembus maka biji ini akan berterbangan,  jika di gambarkan hampir mirip seperti biji pohon eywa atau pohon kehidupan dalam serial film Avatar. Biduri bisa diperbanyak dengan biji.

Baca: Manfaat Daun Afrika yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

  • Deskripsi Pohon biduri atau widuri

daun-biduri-dmy

Sangat penting untuk di ingat dan diperhatikan. Jika salah satu bagian tumbuhan Biduri ini terluka atau tegores, dia akan mengeluarkan getah yang berwarna putih, encer, rasanya sangat pahit dan kelat, namun lama-lama akan terasa manis, baunya juga sangat menyengat dan cukup beracun, jika melihat tumbuhan Biduri ini jangan sampai getah dari tumbuhan ini mengenai mata, karena akan terasa perih, panas, sakit dan bisa mengakibatkan buta sementara.

Kulit batang pohon biduri mengandung bahan serat yang bisa di pakai untuk membuat jala. Getah dari tumbuhan biduri ini sangat beracun, karena getah tumbuhan ini terdapat pada semua bagian tumbuhan, maka dosis yang berlebihan akan menimbulkan tanda tanda keracunan.

2. Kandungan zat pada bagian-bagian Pohon biduri atau widuri

daun-biduri-02-dmy

Tumbuhan biduri juga seperti tumbuhan lainya yang setiap bagian- bagiannya mengandung zat-zat tertentu, mulai dari yang bisa mengobati sampai yang bisa meracuni. Dan berikut adalah penjelasan tentang bagian-bagian dari tumbuhan biduri yang mengandung zat-zat tertentu, antara lain:

  • Kandungan zat pada bagian daun Pohon biduri atau widuri

contoh-daun-biduri-dmy

Daun dari tumbuhan biduri atau widuri ini mengandung zat flavonoida, saponin, polifenol, kalsium oksalat dan tannin.

  • Kandungan zat pada bagian batang Pohon biduri atau widuri

batang-biduri-dmy

Batang dari tumbuhan biduri atau widuri ini mengandung zat tannin, saponin, dan kalsium oksalat.

  • Kandungan zat pada bagian getah Pohon biduri atau widuri

getah-biduri-dmy

Getah tumbuhan biduri atau widuri ini mengandung racun jantung yang menyerupai digitalis.

Read: Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Menambah Stamina Tubuh

  •  Kandungan zat pada bagian akar pohon biduri atau widuri

akar-tunggang-pohon-biduri-dmy

Sedangkan akar dari tumbuhan biduri atau widuri ini mengandung zat sapogenin, kalotropin, saponin, uskarin, kalotoksin, gigantin, kalaktin, dan harsa.

Nah kawan setelah kita bahas tentang gambar dan ciri-ciri serta kandungan-kandungan zat pada tumbuhan biduri di atas, yang selanjutnya kita akan membahas khasiat dan manfaat dari tumbuhan biduri, berikut ini adalah ulasanya,

3. Khasiat dan manfaat pohon biduri

daun-biduri-03-dmy

Tumbuhan biduri ini walaupun oleh beberapa kalangan di anggap sebagai tumbuhan pengganggu atau gulma, ternyata setelah di teliti oleh para peneliti, tumbuhan ini di kabarkan memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kebutuhan manusia, misalnya adalah sebagai ramuan serta obat tradisional. Dan berikut ini adalah ulasan tentang khasiat dan manfaat tumbuhan biduri.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat batuk dan obat sesak nafas

Caranya adalah sebagai berikut, ambil selembar daun biduri, jemur hingga kering, lalu gulung daun kering tersebut seperti layaknya menggulung rokok, kemudian hisap asapnya sebagaimana menghisap rokok. Ulangi terus sehari dua kali sampai ada tanda-tanda kesembuhan.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat encok dan kelumpuhan

Caranya adalah sebagai berikut, ambil daun bidara tiga atau empat lembar, kemudian keringkan, setelah kering kukus dengan minyak goreng dalam satu wadah, usahakan minyak goreng yang asli dari minyak kelapa, kemudian oleskan minyak yang telah di kukus dengan daun biduri tersebut pada bagian tubuh yang terasa sakit.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat kusta dan rajasinga

Caranya adalah sebagai berikut, petik bunga biduri secukupnya, kemudian keringkan sampai benar-benar kering, setelah benar-benar kering ambil bunga kurang lebih 0.13 gram, kemudian rebus dengan air secukupnya kemudian minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat bisul

Caranya adalah sebagai berikut, petik buah biduri, (ingat, buahnya bukan yang lain) kemudian gores sedikit buah tersebut sampai mengeluarkan getah putih, setelah keluar getahnya teteskan getah tersebut pada bagian bisul yang membandel.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat gigitan ular yang beracun

Caranya sebagai berikut, ambil akar dari tumbuhan biduri sebesar satu jari tangan, kemudian cuci akar tersebut sampai benar-benar bersih, lalu kunyah akar tersebut sampai halus dan telan airnya, kemudian ampas kunyahan tersebut pakailah untuk menutup luka bekas gigitan ular tersebut.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat luka pada sifilis dan kaki

Caranya adalah sebagai berikut, cucilah luka pada sifilis dan kaki sampai bersih, ambilah getah biduri secukupnya, setelah itu oleskan pada bagian bagian yang luka tersebut.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat tertusuk duri halus

Caranya adalah sebagai berikut, lukai pohon biduri sampai mengeluarkan getah, kemudian teteskan getah tersebut pada bagian yang tertusuk duri halus. Secara langsung getah tersebut akan mencabut duri dari kulit dengan sendirinya.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat sakit gigi

Caranya adalah sebagai berikut, ambil getah biduri secukupnya, kemudian oleskan getah biduri tersebut pada gigi yang sakit atau berlubang. Perlu di ingat, cara mengoleskan getah biduri harus di lakukan dengan super hati-hati, tidak boleh mengenai gigi yang sehat, karena efek dari getah ini akan merontokkan gigi tanpa harus mencabutnya ke dokter.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat untuk mengobati pembesaran kelenjar getah bening

Caranya adalah sebagai berikut, gores pohon biduri hingga mengeluarkan getah, ambil getah biduri tersebut secukupnya, kemudian oleskan getah tersebut pada kelenjar yang membengkak.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat sariawan

Caranya adalah sebagai berikut, ambil daun biduri satu lembar atau atau setenghnya saja, kemudian cuci sampai bersih, lalu tumbuk atau ulek sampai halus, kemudian di peras, dan teteskan air perasan tersebut pada bagian yang terkena sariawan.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat campak

Caranya adalah sebagai berikut, ambil dan cuci bersih daun biduri sekitar 1/4 genggam, kemudian ambil lagi daun asam yang muda 1/4 genggam, lalu sediakan rimpang kunyit sebesar 1/2 jari, kemudian tumbuklah bahan-bahan tersebut sampai halus, kemudian tambahkan satu cangkir air yang sudah direbus dan tambahkan juga madu sebanyak satu sendok makan, kemudian aduk hingga rata, dan selanjutnya saring ramuan tersebut kemudian minumlah air saringan tersebut dua kali sehari.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat sakit telinga

Caranya adalah sebagai berikut, ambilah daun yang muda secukupnya kemudian cucilah sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus, kemudian saring untuk di ambil airnya setelah itu teteskan air tersebut pada telinga yang sakit, lakukan 3 kali sehari, sampai ada tanda-tanda kesembuhan.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri atau widuri sebagai obat untuk kudis

Caranya adalah sebagai berikut, ambil daun biduri segar kurang lebih satu genggam, kemudian cucilah sampai bersih, lalu bilaslah dengan air matang, kemudian layukan daun tersebut di atas api, lalu tumbuk dan tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Penumbukan dilakukan sampai bahan tersebut menjadi adonan seperti bubur makanan bayi, langkah terakir oleskan ramuan tersebut pada bagian yang terkena kudis, namung cuci dahulu bagian yang terkena kudis dengan sabun.

  • Khasiat dan manfaat pohon biduri sebagai obat gatal

Caranya adalah sebagai berikut, ambil daun biduri segar kemudian cuci hingga bersih, berikutnya oleskan minyak kelapa pada permukaan daun, lalu layukan daun yang sudah di olesi minyak kelapa dengan api, setelah semua siap, balurkan daun tersebut pada kulit yang terkena gatal.

4. Klasifikasi ilmiah dan nama lain tumbuhan biduri di beberapa pulau

Klasifikasi ilmiah ialah cara pakar atau ahli biologi mengkategorikan dan mengelompokkan macam-macam spesies dari organisme yang sudah punah maupun yang masih hidup. Klasifikasi juga merupakan suatu cara untuk mengelompokkan dan memilah jenis mahluk hidup atau tumbuhan menjadi unit atau golongan tertentu. Pada umumnya untuk urutan klasifikasi mahluk hidup di mulai dari yang memiliki tingkat tertinggi ke tingkat terendah. Dan yang di gunakan saat ini adalah, Dominan (Daerah), Kingdom (kerajaan), Filum atau Philum (Hewan) / Divisio (tumbuhan), Clasis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), Genus (marga), dan Spesies (jenis).

Tujuan utama klasifikasi mahluk hidup ialah, supaya bisa untuk mengenali, membandingkan, dan mempelajari mahluk hidup ataupun tumbuhan dengan mudah. Membandingkan yang berarti mencari perbedaan dan mencari persamaan sifat atau ciri pada mahluk hidup dan juga tumbuhan. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah tumbuhan biduri.

  • Klasifikasi ilmiah tumbuhan biduri

-Kingdom (dunia/kerajaan) :        Plantae (tumbuhan).

  • Subkingdom:                       Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh).
  • Super divisi:                         Spermatophyta (menghasilkan biji)

-Divisio pembagian:                     Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

-Classis (kelas):                             Magnoliopsida (berkeping dua atau dikotil)

  • Sub kelas:                            Asteridae

-Ordo (bangsa):                           Gentianales

-Familia (suku):                             Asclepiadaceae

-Genus (marga):                           Calotropis

-Species (jenis):                            Calotropis gigantea wild

  • Nama lain tumbuhan biduri di beberapa pulau

Selain di kenal sebagai obat herbal, tumbuhan bermanfaat yang terabaikan bahkan di anggap tumbuhan pengganggu ini juga memiliki banyak nama di beberapa pulau, dan berikut ini adalah nama lain dari tumbuhan biduri di beberapa pulau di Indonesia.

  1. Di pulau Jawa tumbuhan ini di sebut juga dengan nama: babakoan, badori, biduri, widuri, saduri, leduri, sidoguri, bidhuri, dan burigha.
  2. Di pulau Bali tumbuhan ini di sebut dengan nama: manori dan maduri.
  3. Di pulau Sumatera tumbuhan ini di sebut dengan nama: biduri, rubik, lembega, rembega, dan rumbigo.
  4. Di pulau Nusa Tenggara tumbuhan ini di sebut dengan nama: rembiga, maduri, krokoh, kore, modo kampauk, modo kapauk, dan kolon susu.
  5. Di pulau Sulawesi tanaman ini di sebut dengan nama rambega saja.
  6. Sedang di Negara Inggris tumbuhan ini di sebut crown flower.

Baiklah kawanku itu tadi adalah pembahasan tentang manfaat dan pengertian tentang tumbuhan biduri, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk bekal pengetahuan kita semua. Untuk anda yang suka dengan artikel kami silahkan kunjungi blog kami DISINI di situ anda bisa menemukan segala informasi yang tentunya sangat menarik, mulai dari jenis, manfaat sampai dunia mistis telah kami sajikan DISINI .

Saya rasa sekian dulu perjumpaan kita, saya selaku editor mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada salah kata dan penulisan, karena memang tiada manusia yang lepas dari kesalahan. Akir kata sampai jumpa lagi di artikel yang selanjutnya dan Assalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.