Perut Buncit, Apa Penyebab, dan Bagaimana cara mengatasinya

Perut Buncit, Apa Penyebab, dan Bagaimana cara mengatasinya

Perut buncit РAwali dengan pencegahan Hindari makanan berlemak, merokok, Alkohol. Makan sebelum tidur dan berolah ragalah secara teratur. Perut buncit  merupakan keluhan dari banyak orang, karena perut buncit dapat mempengaruhi penampilan seseorang menjadi tidak menarik. Sehingga merasa kurang percaya diri. Sebagian dari orang yang memiliki perut buncit akan merasa malu akan bentuk tubuhnya yang sepintas seperti orang yang kurang sehat. Namun hal ini dapat di atasi dengan tata cara yang mudah.

Kamu mungkin pernah mengalami perut buncit, akan tetapi pernahkah kamu merasa nyaman dengan perut buncitmu?. Benar! Memang perut buncit menyebabkan penampilan menjadi tidak enak di pandang. Terutama bagi kawula muda yang menjaga bentuk tubuh agar menambah eksistensi di lingkungan masyarakat sosial

Jangan anggap remeh jika kamu memiliki perut buncit, karena hal itu dapat menjadi sarang bagi perkembangbiakan penyakit. Banyak penyakit yang dapat timbul akibat perut buncit. Selain penyakit ringan seperti cacingan, kolesterol dan penyakit lain sebagainya, ternyata kebuncitan juga dapat menimbulkan kematian. Maka dari itu jagalah kesehatan agar tubuh terhindar dari penyakit, dan kita semua dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Pengertian perut buncit

Sebuah keadaan di mana perut menjadi lebih menonjol dan bulat tetapi tidak hamil. Itulah yang dinamakan perut buncit. Perut buncit dapat di alami oleh siapa saja tanpa mengenal usia, bisa anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Perut buncit berawal dari kurang geraknya otot perut yang secara perlahan akan membuat perut semakin membesar dan menojol bulat. Hal ini akan terlihat meskipun seseorang tidak sedang makan ataupun minum. Karena lemak yang berlebih dapat membuat kulit pada bagian perut menjadi melar.

Yang menyebabkan perut buncit

Setelah kita memiliki bentuk perut yang membuncit, pasti akan kita sesali karena tidak menjaga bentuk tubuh sebelumnya. Jika sebelum buncit melakukan pencegahan pasti tidak terjadi kebuncitan. Namun di bawah akan saya kasih tips untuk mengatasi perut buncit, tetapi sebelum itu kamu wajib mengetahui tentang hal-hal penyebab buncit.

Merokok

Banyak orang salah mengerti tentang rokok, ada yang menganggap jika merokok dapat menjadi salah satu cara untuk diet. Akan tetapi faktanya malah menyebabkan perut buncit dan daging mengalami penyusutan. Karena merokok akan membuat seseorang lebih malas dan lebih senang berdiam sambil menikmati rasa asap. Karena hal itu merokok mengurangi gerak seseorang dan menjadi salah satu penyebab kebuncitan.

alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar lemak. Karena alkohol mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga mengonsumsi minuman ini secara terus menerus akan membuat perut lebih buncit. Selain itu setelah mengonsumsi alkohol pasti akan merasa pusing dan tidur. Dan hal ini akan membuat perut membuncit secara signifikan, maka dari itu alkohol wajib di hindari agar tidak menyebabkan penyakit.

kurang tidur

Begadang pada malam hari memang hal yang sering dilakukan seseorang, terutama usia remaja. Pada usia ini seseorang lebih sering keluar malam dan mengurangi waktu tidur. Dan hal ini tidak baik untuk kesehatan karena salah satu penyebab kebuncitan. Maka dari itu gunakan waktu sebaik-baiknya. Jika waktu tidur jangan begadang, dan ketika pagi usahakan untuk bangun, karena pada saat itu badan masih fresh , dan lebih baik lakukan olahraga pagi.

makan sebelum tidur

Makan pada saat sebelum tidur dapat membuat kebuncitan karena perut lebih mudah untuki melar di banding dengan mengerjakan sesuatu. Jadi kebiasaan ini wajib kita tinggalkan karena akan merugikan diri sendiri.

jarang berolahraga

Jika kamu malas berolahraga tentu hal itu akan membuat bentuk tubuh kamu berlemak dan tidak sehat. Karena lemak inilah yang semakin lama semakin menumpuk sehingga dapat membuat perut menjadi buncit. Maka berolahragalah setiap hari agar mengeluarkan keringat dan membuang sebagian lemak pada tubuh.

mengonsumsi makanan ringan (nyemil)

Nyemil merupakan hal yang di lakukan pada waktu luang dan setiap keadaan. Dan ternyata nyemil juga dapat menjadi penyebab perut berubah menjadi buncit. Karena setiap waktu perut terus di isi. Sebaiknya jangan terlalu sering nyemil karena selain membuat perut buncit. Nyemil juga dapat membuat seseorang menjadi gemuk.

Akibat yang di derita dari perut buncit

Selain fisik yang kurang sempurna, kebuncitan juga akan memicu timbulnya penyakit berbahaya yang sering terjadi. Dan korbannya ada yang berujung kematian, ada juga yang mengalami sakit parah dan tidak sembuh-sembuh. Hal ini di akibatkan karena kurangnya olahraga dan menjaga kesehatan seseorang. Orang malas misalnya, kebanyakan dari orang malas yaitu jarang berolahraga dan malah menghabiskan waktunya dengan berdiam di rumah.Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan tubuh bagian perut menjadi kurang stabil yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit.

Penyakit yang di timbulkan dari perut buncit, di antaranya:

Stroke

Stroke termasuk penyakit yang berbahaya, dimana sel pembuluh darah menuju otak tersumbat. Yang mengakibatkan gagalnya aliran darah, sehingga dapat menyebabkan kinerja sebagian tubuh menjadi gagal dalam melaksananakan tugas dari otak. Karena otak merupakan alat atau komponen dalam tubuh yang mengatur dan dan memberikan tugas kepada bagian tubuh lainnya untuk melakukan gerak (refleks).

Diabetes

Banyak orang meninggal karena diabetes. Diabetes adalah penyakit yang di sebabkan karena tingkat kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Sehingga kinerja tubuh tidak seimbang, karena kebuncitan dapat menampung kadar gula berlebih yang mengakibatkan seseorang mengalami penyakit diabetes. Contoh penyakit diabetes ini diantaranya, ketika seseorang mempunyai luka pada kulitnya (meskipun kecil), luka tersebut dapat menjadi luka yang besar, dan meluas secara cepat. Ketika penyakit ini sudah menyebar maka sulit untuk di sembuhkan. Bahkan tidak ada obat untuk penyakit ini, salah satu pencegah dari perkembangan luka yaitu sebagian dari organ tubuh harus di amputasi. Dan pemotongannya pun harus pada bagian tubuh yang belum terkena jaringan saraf atau yang masih normal belum terkena penyakit.

Serangan jantung

Adapun dari beberapa orang yang memiliki perut buncit akan lebih mudah terkena serangan jantung. Apa sih yang di maksud dengan serangan jantung?. Serangan jantung merupakan penyakit di mana sel pembuluh darah menuju jantung terhambat karena ada penyumbatan di arean pembuluh darah, kolesterol tinggi juga dapat menjadi penyebab serangan jantung ini. Gejala yang di rasakan seseorang akibat serangan jantung di antaranya, sesak nafas, sakit di bagian dada, kepala terasa pusing dan merasa cemas yang berlebih.

Kolesterol tinggi

Memiliki penyakit, tentunya sangat merugikan semua orang, salah satunya kolesterol. Perut buncit dapat menampung banyak kandungan lemak yang mengumpul dan menjadi penyakit bagi tubuh. Seperti halnya diabetes, kolesterol juga berbahaya bagi tubuh karena keseimbangan tubuh akan terganggu, jika kadar lemak lebih tinggi di banding komponen lain yang ada di tubuh, maka kandungan lemak tersebut akan mendesak sel-sel yang ada di tubuh. Dengan pendesakan itulah yang menjadikan kerusakan pada sistem pembuluh darah. Kolesterol tinggi dapat mempengaruhi kinerja dari otot maupun pembuluh darah yang menjadikan seseorang mengalami kemalasan dalam melakukan aktivitas, merasakan sakit pada bagian perut seperti maag, dan juga kepala akan merasakan pusing. Jika penyakit ini tidak segera di obati maka lama-kelamaan akan menyebabkan sakit parah dan dapat berujung kematian.

Pencegahan alternatif pada perut buncit

Pencegahan merupakan upaya yang di lakukan seseorang agar tidak mengalami hal yang tidak di inginkan. Mencegah kebuncitan pada perut perlu di lakukan agar tidak memperburuk tampilan, selain itu perut buncit dapat menjadi penyebab penyakit ganas yang paling di takuti di seluruh dunia. Berikut ini ada beberapa tips yang baik untuk mencegah perut buncit.

Pencegahan perut buncit dengan cara alami

Mencegah perut buncit dengan cara yang alami sangat di cari oleh banyak orang, karena selain caranya yang mudah, cara alami juga tidak beresiko seperti layaknya orang yang menggunakan obat-obatan untuk mengurangi kebuncitan. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan dalam obat dapat menimbulkan efek samping yang sangat beresiko bagi kesehatan, memang sekilas tampak berhasil dan merasakan manfaat yang cepat menggunakan obat, akan tetapi kita tidak tahu bahwa obat itu juga bersarang pada tubuh, suatu saat ketika daya tahan tubuh semakin berkurang, maka obat itu akan menjadi racun yang juga dapat berakibat fatal. Lebih baik menggunakan cara yang alami agar tidak menimbulkan efek samping yang terlalu beresiko bagi kesehatan seperti berikut ini.

kardio

Kardio merupakan suatu aktivitas menggerakkan bagian tubuh (olahraga) seperti berlari, bersepeda, maupun olahraga yang lain. Cara ini sangat dianjurkan karena selain sehat, cara ini tidak mengeluarkan biaya, kita dapat melakukan sendiri di manapun kita berada, jika di sekitar kita ada tangga dapat kita gunakan sebagai media yaitu dengan car berlali mendaki dan menuruni tangga, hal ini dilakukan supaya otot-otot dalam tubuh dapat tidak kaku dan kegiatan ini dapat membakar lemak secara alami, karna tanpa kita sadari dari keringat yang kita keluarkan tersebut telah mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita.

Baca: Pohon Biduri Atau Widuri Klasifikasi Gambar Ciri-Ciri Dan Khasiatnya

senam yoga

Senam mengikuti aturan tentunya sangatlah di anjurkan, misalnya senam yoga. Dengan aturan yang di terapkan maka akan membuat tubuh bergerak sesuai irama alam, cara ini berguna untuk membakar lemak, karena otot-otot pada tubuh di tarik secara alami yang akan membuat tubuh kembali segar bugar. Selain senam yoga dapat mencegah perut buncit, senam yoga juga bermanfaat menyehatkan bagian tubuh yang lain. Jika kita lakukan senam yoga setiap tiga hari sekali, maka setelah satu bulan akan kita rasakan lemak kita menjadi berkurang dap kebuncitan pada perut akan menyusut secara alami.

sit up dan push up

Push up dan sit up merupakan jenis olahraga yang hampir sama, yaitu mengangkat sebagian anggota tubuh, pada push up sendiri memiliki fungsi yaitu selain melatih otot perut, push up juga akan melemaskan otot pada lengan dan membakar lemak pada lengan dan perut. Jika sit up yang di utamakan ialah otot perut, kemudian bagian yang lain seperti kaki dan punggung serta tangan. Dalam melakukan sit up pasti otot perut kita akan mengencang karena menarik sebagian badan, dan hal ini yang dapat mengurangi kebuncitan, karena lemak akan terbakar bersamaan dengan pergerakan mendesak pada perut. Silahkan lakukan tips ini untuk mengurangi resiko penyakit akibat perut buncit.

Pencegahan perut buncit dengan cara tradisional

Selain cara alami, ada lagi upaya untuk menghindari perut buncit, yaitu dengan meminum herbal dari tanaman, selain tidak beresiko hal ini juga dapat menyehatkan tubuh dan menjadikan tubuh kembali fit, namun untuk herbal ini tidak sembarang tanaman dapat di gunakan. Langsung saja ini herbal pilihan untuk ramuan obat.

minum teh hijau

Pasti di berbagai wilayah di indonesia banyak terdapat daun teh, terutama teh hijau karena teh ini mengandung serat yang dapat membuat perut kenyang dan tidak mengandung kolesterol. Jika anda menggunakan cara ini sebaiknya anda menggunakan teh tawar, jangan di campur gula atau hanya menggunakan gula sedikit saja agar rasa tidak terlalu sepat.

madu dan jahe

Khasiat madu jika di campur dengan jahe ternyata dapat mencegah dan menghindari masalah perut buncit dan penyakit lainnya, meminum jamu ini juga akan meningkatkan kualitas daya tahan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit. Jamu ini lebih cocok di minum saat pagi hari setelah sarapan, kandungan madu dapat mengobati liver dan jahe dapat membakar lemak secara perlahan, jadi apakah anda masih meragukan lagi khasiat yang di hasilkan dari mengonsumsi madu dan jahe ini.

teh jeruk nipis

Jika kamu mengalami perut buncit yang mengganggu tampilan dak aktivitas sehari-hari, kamu wajib mencoba minuman ini, yaitu campuran dari teh dan jeruk. Campuran ini sangat berguna bagi tubuh, selain menyehatkan ramuan ini juga dapat mengatasi masalah perut yang di antaranya, sembelit dan diare. Selain itu ramuan ini cocok sebagai cara untuk menghindari dan mengatasi masalah kebuncitan pada perut karena mengandung bahan alami yang tentunya di ciptakan untuk obat.

Pencegahan perut buncit dengan cara diet

Diet merupakan cara untuk mengecilkan bentuk tubuh dengan mengurangi makan atau mengganti pola makan dengan yang lebih sehat. Cara ini banyak di gunakan oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badan dan mengatasi masalah perut buncit karena dengan diet akan mengurangi pasokan makanan pada perut yang akan menyebabkan menumpuknya zat-zat seperti gula dan lemak. terutama lemak yang menjadi penyebab kebuncitan. Tetapi hal ini dapat di hindari dengan cara berikut.

membatasi makanan dengan kadar gula tinggi

Salah satu cara yang di gunakan untuk menghindari diabetes akibat dari perut buncit yaitu dengan mengurangi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula, misalnya minuman teh, kopi maupun yang lain yang menggunakan campuran gula. Bagaimana cara mengurangi kadar gula bagi pengonsumsi kopi? Tentu hal yang sulit bagi seorang pecinta kopi untuk mengurangi kadar gula, akan tetapi jika sudah merasakan efek dari kebanyakan mengonsumsi gula, pasti tidak mau mencoba lagi atau jera, tetapi tidak perlu sampai segitunya karena kadar gula juga penting bagi tubuh namun dengan porsi yang pas. Jadi cara untuk mengurangi kadar gula namun tidak berhenti mengonsumsinya yaitu dengan cara mengurangi gula pada secangkir kopi, atau juga dapat mengatur jumlah konsumsi setiap harinya, mislnya dari sehari lima kali dapat di kurangi menjadi sehari tiga kali supaya kadar gula dalam tubuh tidak terlalu menumpuk dan tidak kekurangan juga pastinya.

membiasakan tidak makan menjelang tidur

Setelah makan pasti akan terasa kenyang dan akan menimbulkan efek ngantuk. Namun jika setelah makan, kamu tidur hal ini malah akan membuat proses penumpukan kadar lemak semakin cepat, karena pada saat tidur tubuh kita dapat mencerna dengan sempurna, maka dari itu menghindari makan sebelum tidur merupakan cara diet yang perlu kamu coba. Biasakan melakukan hal ini setiap hari, maka akan kamu rasakan manfaatnya. Jika kamu merasa ingin makan sebelum tidur, sebaiknya pilihlah makanan yang tidak banyak mengandung gula dan lemak, seperti sayuran atau juga dapat meminum air putih.

Begitulah sekiranya tentang perut buncit yang dapat kami sampaikan kepada anda

Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.