Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan

Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan

Pengertian Permainan Bola Voli – Pastinya kita sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli ? Atau bahkan kita sering memainkannya? Tapi apakah kalian semua tahu apa itu yang dimaksud dengan permainan bola voli? Pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas tentang permainan bola voli, mulai pengertian, sejarah, teknik sampai ukuran lapangan. Mari langsung saja kita simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Permainan Bola Voli

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim yang saling berlawanan.

Masing-masing tim hanya diperbolehkan memiliki 6 orang saja dalam pertandingan dan hanya bisa digantikan oleh pemain cadangan kalau pemain inti terkena cidera sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan. Intinya ialah permainan bola voli ini ada pada kekuatan tangan, lompatan, dan kekuatan kaki.

Olahraga voli ini seutuhnya hanya memakai kedua tangan saja, tetapi juga diperbolehkan memakai kaki pada saat benar-benar sedang diperlukan. Lapangan bola voli umumnya memiliki panjang sampai 18 meter dan lebarnya sampai 9 meter.

Jarak garis serang untuk pemain belakang adalah 3 meter diukur mulai garis tengah dan sejajar dengan jaring lalu untuk garis tepi lapangan ukurannya hanya 5 cm. Bola voli memiliki lingkaran keliling 65 sampai 67 cm, sedangkan untuk beratnya 260 sampai 280 gram sedangkan untuk tekanan angin pada bola voli ialah 4,27 sampai 4,62 psi.

Untuk ukuran tinggi net putra ialah 2,43 meter sedangkan untuk ukuran net putri ialah 2,24 meter. Untuk sistem poin di dalam permainan bola voli adalah dengan cara menentukan banyaknya poin yang diperoleh dari bola masuk area di dalam lapangan lawan, tetapi kalau bola keluar dari area lawan maka yang akan memperoleh poin adalah lawan.

Olahraga bola voli ini  yang mengawasi adalah sebuah organisasi yang bernama FIVB (Federation Internationale de Velleyball) dan didirikan pada tahun 1948 sebagai induk organisasi internasional yang mempunyai anggota 15 negara.

Di negara Indonesia juga memiliki organisasi pengawas bola voli yang bernama PBVSI (Persatuan Bola VOli Seluruh Indonesia).

Sejarah Permaian Bola Voli

sejarah-permainan-bola-voli
https://dikatama.com

Permainan bola voli pertama kali ditemukan dan diberi nama Mintonette. Yang menemukan pertama kali permainan bola voli ini adalah William G. Morgan yang lahir di tahun 1870 di Lockport, New York.

William G. Morgan ialah seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phycl Education) di tahun 9 Februari 1985 yang bertempat di Hoyke, Massachussetts Amerika S.erikat. William G. Morgan adalah lulusan Springfield College of YMCA yang sepanjang hidupnya dirinya didedisikasikan sebagai instruktur pendidikan jasmani.

Untuk menyempurnakan permainan bola voli dibutuhkan waktu selama empat tahun yaitu dengan melakukan berbagai macam dan jenis kombinasi permainan. Permainan Mintottete atau voli merupakan gabungan dari empat rancangan olahraga yang lalu disempurnakan menjadi satu permainan. Empat gabungan itu ialah permainan bola tangan, permainan bola basket, permainan baseball, dan permainan tenis.

Perubahan Nama Mintotette Menjadi Bola Voli

William G. Morgan
https://umedia.lib.umn.edu

Perubahan nama mintotette menjadi bola voli atau volley ball itu terjadi pada tahun 1896, pada saat itu terjadi sebuah demonstrasi pertandingan perdana pada International YMCA Training School dan saat itu salah Dr. Luther Halsey Gulick salah satu seorang Director of the Profesional Physicical Education Training Scholl memberikan surat panggilan untuk William G. Morgan.

Isi dari surat itu berhubungan dengan olahraga permainan yang di ciptakannya. Dr. Luther Hasley meminta dirinya untuk mempresentasi dan melaksanakan demonstrasi di stadion kampusnya yang baru.

Kampus YMCA adalah sebuah saksi dimana pada saat itu sedang diadakannya sebuah konferensi yang sudah dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Pada kala itu William G. Morgan memanfaatkan langsung kesempatan itu dengan membawa dua tim andalannya, yang mana masing-masing tim pada saat itu mempunyai 5 orang pemain.

William G. Morgan menjelaskan jika permainan itu sangat gampang dilakukan baik di luar ruangan (outdoor) ataupun di dalam ruangan (indoor) dengan sangat bebas. Kala itu juga William G. Morgan memberikan penjelasan jika permainan itu dapat dilakukan oleh banyak pemain tidak ada batasnya untuk standar jumlah pemainnya. Tujuan utama dari permainan ini ialah mempertahankan bola agar melewati net tinggi dari tempat sendiri ke tempat lawan.

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

sejarah-singkat-bola-voli-di-indonesia
https://olahraga.pro

Pertama kali permainan bola voli masuk ke Indonesia adalah pada masa penjajahan Belanda melalui jalur perdagangan pada tahun 1982. Perkembangan permainan bola voli sangat cepat terjadi di Indonesia, hal itu diakibatkan karena kebutuhan olahraga rakyat Indonesia yang begitu besar.

Oleh sebab itu permainan bola voli ini termasuk dalam pertandingan PON (Pekan Olahraga Nasional ke 2 pada tahun 1952 yang diselenggarakan di Jakarta. Sampai saat ini bola voli masih termasuk cabang olahraga resmi yang selalu hadir di semua kejuaraan di seluruh Indonesia.

PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia adalah induk organisasi yang menaungi semua permainan bola voli seluruh Indonesia berdiri di tahun 22 Januari 1955 yang di pimpin oleh W.J Latumenten. Setelah berdiri induk organisasi itu, lalu pertama kali diadakan sebuah kongres dan kejuaraan nasional pada 28 sampai 20 Mei 1955 yang diadakan di Jakarta.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Faktor utama yang bisa meningkatkan kemahiran dalam bermain bola voli salah satunya adalah dengan cara mempelajari teknik dasar. Bukan hanya itu saja, faktor metal pemain, faktor kondisi fisik, dan penyusunan strategi adalah bagian penting yang lainnya.

FIVB (Federation Internationale De Volleyball) ialah sebuah orgagisasi yang menaungi olahraga bola voli yang mejadi induk organisasi internasional. Di Negara Indonesia juga memiliki organisasi serupa bertaraf Nasional yakni PBSVI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang saat ini sudah menjadi induk organisasi.

Pada umumnya untuk melakukan teknik dasar di dalam permainan bola voli ada 4 macam jenik teknik, yaitu:

1. Teknik Dasar passing

Teknik dasar passing adalah sebuah usaha permainan bola voli dengan memakai teknik tertentu  yang bertujuan untuk memperoleh bola, setelah itu lalu diteruskan kepada teman mainnya dan diolah diarea lapangan sendiri.

2. Teknik Dasar Service

Teknis dasar service merupakan sebuah pukulan bola yang bisa dilakukan di daerah belakang garis lapangan permainan dengan pukulan sampai melalui net wilayah lawan.

3. Teknik Dasar Spike / Smash

Teknik dasar spike atau smash adalah sebuah bentuk serangan yang sangat populer dipakai dalam permainan bola voli agar sebuah tim memperoleh poin sebanyak-banyaknya.

4. Teknik Dasar Blok

Teknik dasar blok adalah sebuah pencegahan dari serangan lawan dengan cara membendung serangan dari lawan. Teknik itu adalah sebuah pertahanan yang bahkan menjadi sebuah serangan balik untuk memperoleh poin.

Agar bisa bermain dengan efektif dibutuhkan sekali pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dan lanjutan pada permainan bola voli. Di bawah berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai teknik dasar permainan bola voli yang sebelumnya sudah di ulas.

1. Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli

teknik-passing-permainan-bola-voli-
https://olahraga.pro

Teknik passing ini dikenal dengan nama reception ialah sebuah gerakan yang dilakukan pemain pada sebuah tim untuk menerima, mengendalikan juga menahan servis yang diarahkan pemain lawan kepada kita sebagai bentuk dari serangan. Ada dua jenis teknik passing pertama adalah passing bawah dan terakhir passing atas.

2. Teknik Dasar Service Permainan Bola Voli

teknik-service-permainan-bola-voli-bagus
https://olahraga.pro

Service adalah teknik yang paling dasar dipelajari oleh pemain bola voli, bahkan teknik itu ialah teknik pertama kali yang harus di latih sebagai pemain voli bagi pemula.

Teknik service ini dilakukan oleh pemain dengan posisi berdiri digaris belakang lapangan dengan melempar bola ke udara, setelah itu bola dipukul melewati net ke arah lapangan arena permainan lawan.

Tujuan dari melakukan service ini adalah memukul bola melewati net dengan memilih area kosong atau langsung mengarah ke pemain yang terlihat paling rentan diserang agar tidak bisa menerima bola oleh pemain lawan untuk memperoleh poin.

3. Teknik Dasar Spike / Smash Permainan Bola Voli

teknik-smash-atau-spike-permainan-bola-voli-
https://olahraga.pro

Spike ini juga dikenal dengan nama smash yang juga merupakan sebuah teknik dasar bola voli yang dilakukan dengan cara memukul bola memakai kekuatan tangan sekuat tenaga dengan melompat, kemudian bola langsung diarahkan ke area permainan musuh yang sedang kosong.

Teknin smash ini umumnya dipakai dalam permainan bola ialah sebagai pukulan pamungkas atau pukulan ketiga.

Urutan di saat penerimaan bola adalah pertama kali dilakukan dengan memakai teknik passing bawah, kemudian bola kedua disambut dengan teknik passing atas, lalu yang ketiga atau yang terakhir adalah dilakukan dengan memakai teknik smash.

Seorang pemain spiker atau penyerang di dalam sebuah tim umumnya memiliki postur tubuh yang tinggi agar bisa melakukan lompatan yang tinggi. Sehingga saat melakukan smash pemain harus melakukan lompatan dan langsung memukul bola pada titik puncak tertinggi yang bisa ia lakukan sehingga lawan tidak bisa menahan bola dan memperoleh poin.

4. Teknik Dasar Block Permainan Bola Voli

teknik-blocking-permainan-bola-voli-
https://olahraga.pro

Teknik block ini berguna untuk menahan dan mencegah serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Gerakan ini juga bisa disebut dengan gerakan pertahanan. Pertahanan itu dilakukan dengan cara memakai kedua atangan dan dibarengi dengan melompat yang tinggi sambil menahan bola agar tidak bisa masuk kedalam area permainan sendiri.

Dalam permainan bola voli teknik block ini merupakan teknik yang sangat penting yang dibutuhkan oleh sebuah tim, sehingga pada setiap pemain harus bisa menguasai teknik block dengan baik.

Langkah yang harus dilakukan untuk melakukan teknik block ini adalah berdiri dengan posisi kaki sejajar, pada waktu yang bersamaan kedua tangan harus tepat berada didepan dada dengan posisi tangan menghadap ke arah net, setelah itu lalukan lompatan dan mengikuti arah yang akan di pukul oleh musuh.

Posisi Pemain Bola Voli

posisi-pemain-bola-voli-yang-tepat
https://bisakali.net

Pada permainan bola voli pelatih harus menata susun strategi dengan baik dan cerdas agar bisa menguasai pertandingan dan dapat dikendalikan. Pengaturan itu juga berlaku pada posisi pemain satu dengan pemain yang lainnya, di bawah berikut ini posisi pemain yang mempunyai peran penting pada setiap permainan bola voli.

1. Posisi Pemain Bola Voli Spikker (Smash)

Spiker adalah pemain yang memiliki tugas sebagai pemukul bola agar jatuh tepat di area pertahanan permainan lawan dengan hantaman yang sangat keras.

2. Posisi Pemain Bola Voli Tosser (Setter)

Toser adalah pemain yang memiliki tugas untuk mengoper bola kepada teman di dalam satu timnya juga sebagai pengatur jalannnya pertandingan.

3. Posisi Pemain Bola Voli Libero

Libero Adalah pemain yang memiliki tugas untuk mempertahankan area dari serangan lawan dengan cara menahan bola dari pukulan lawan. Pemain itu memiliki kelebihan bisa bebas keluar masuk permainan, namun salah satu kekurangannya adalah tidak dapat melakukan teknik smash. Pemain libero ini hanya diperbolehkan melakukan teknik passing bawah dan passing atas kalau ingin bisa melewati net lawan.

4. Posisi Pemain Bola Voli Defender ( Pemain Bertahan)

Defender adalah pemain yang memiliki tugas untuk mempertahankan posisi area permainan dengan menerima bola serangan dari tim lawan.

Sarana dan Prasarana Permainan Bola Voli

Sekali dua kali pastinya kalian pernah kan bermain voli, tetapi apakah kalian pernah memikirkan berapa ukuran lapangan bola voli? Hampir setiap manusia dipastikan melakukan olahraga yang satu ini, yaitu bola voli, atau paling tidak sudah pernah melihat baik melihat secara langsung ataupun melhat lewat media.

Bala voli ini juga merupakan salah satu mata pelajaran olahraga yang ada disekolah. Untuk menentukan ukuran lapangan bola voli dengan standar internasional ada sebuah organisasi yang memberikan keputusan sebagai tolak ukur standar dalam permainan bola voli.

Lapangan Permainan Bola Voli

ukuran-lapangan-bola-voli
https://id.wikipedia.org

Di bawah berikut ini adalah standar lebar dan panjang lapangan bola voli di pertandingan resmi internasional.

Ukuran lapangan bola voli biasanya ialah 9 meter x 18 meter kubik. Untuk garis batas serang pemain belakang jaraknya adalah 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Lalu, untuk  Garis tepi lapangannya ialah 5 meter.

Ukuran Net Lapangan Bola Voli

ukuran-net-permainan-bola-voli
http://sportcourt.squarehook.com

Di bawah berikut adalah penjelasan standar ukuran net lapangan permainan bola voli pada pertandingan resmi Internasional.

  • Lebar net yang ada pada permainan bola voli adalah 1 meter.
  • Ketinggian tiang antena yang terdapat di lapangan bola voli ukurannya adalah 0,8 meter.
  • Ketinggian antena yang terdapat di lapangan permainan bola voli ukurannya adalah 2,55 meter.
  • Ketinggian net lapangan permainan bola voli untuk putra ukurannya adalah 2,43.
  • Ketinggian net lapangan permainan bola voli untuk putri ukurannya adalah 2,24 meter.
  • Jarak antara tiang net dengan garis yang berada di samping lapangan bola voli ukurannya adalah 0,5 sampai 1 meter.

Ukuran Bola Voli

Ukuran-Bola-Voli-
https://perpustakaan.id

Di bawah berikut ini adalah standar ukuran bola voli pada pertandingan resmi Internasional

  • Bola voli mempunyai berat 260 gram sampai 280 gram.
  • Diameter keliling pada bola voli memiliki ukuran 65 cm sampai 67 meter.
  • Tekanan yang ada pada bola voli berukuran kurang lebih sekitar 0.30 sampai 0.325 kg / cm (4.26-4.61 psi, 294-3-318.82 hPa atau mbar.

Jumlah Pemain Dalam Permainan Bola Voli

voli-nasional-surabaya-samator-juara-proliga-
http://www.tribunolahraga.com

Disetiap pertandingan bola voli resmi baik itu resmi bertaraf Internasional ataupun bertaraf internasional mempunyai peraturan untuk jumlah standar pemain yang bisa ikut untuk bertanding dalam satu tim ialah 6 orang. Dalam satu lapangan minimal ada empat orang pemain, tetapi jika pemain kurang dari 4 orang maka tim itu dianggap kalah.

Gambar Lapangan Bola Voli Internasional

lapangan-bola-voli-internasional
http://www.arisvolleywomen.gr

Gambar di atas adalah lapangan bola voli Internasional yang biasanya dipakai pada pertandingan besar seperti olimpiade dan kejuaraan-kejuaraan lainnya yang bertaraf Internasional.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian permainan bola voli mulai dari sejarah teknik lapangan, gambar lapangan, sampai ukuran. Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu, wawasan dan bermanfaat. Terima Kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.