Pengrajin Batik Cantik-sekali

Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi

Seni Rupa Terapan – Kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai seni rupa terapan. Namun sebelum kita masuk ke jenis, contoh, dan fungsinya sebaiknya simak dahulu pengertian seni rupa terapan. Tidak usah panjang lebar, mari langsung saja simak penjelasan mengenai pengertian seni rupa terapan di bawah ini.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Disini kami akan memberikan sedikit pengertian dari seni rupa dahulu sebelum kita masuk ke seni rupa terapan. Seni rupa ialah sebuah cabang dari seni yang menghasilkan sesuatu yang sangat elok atau indah dengan ekspresi dan kualtias yang dapat dilihat secara langsung oleh indra penglihatan dan indra peraba.

Nah, yang dimaksud seni rupa terapan adalah sebuah anggota dari seni rupa yang mana di dalam karya seni ini memiliki dua unsur yakni estetika dan fungsi atau praktis. Namun di dalam pemakaian seni rupa ini sendiri lebih megutamakan fungsi guna atau praktis dibandingan dengan fungsi estetika.

Kalau di dalam bahasa inggris, yang namanya seni rupa terapan ini lebih dikenal dengan sebutan applied arts, yang artinya seni yang diaplikasikan. Jika kita melihat dari segi pengertiannya kita pasti sudah mengetahui jika seni terapan ini sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia. Yang tak lain alasannya ialah karena mempunyai sifat praktis dan sifat guna bagi manusia.

Namun banyak orang yang mengartikan jika seni rupa terapan tidak memandang segi keindahan atau segi estetika. Sebagian orang mengungkapkan pendapatnya jika karya seni terapan hanya meninggikan nilai praktis dalam bentuk seninya.

Namun jangan sampai anda salah dalam hal ini, karena sebenarnya di dalam penerapan sehari-hari seni terapan ini menurut beberapa orang karya seni terapan tetap mempunyai unsur seni yang sangat indah dan menarik.

Oleh sebab itu kesimpulannya beberapa ialah karya seni rupa terapan ialah sebuah karya seni yang mempunyai fungsi praktis dalam pemakaian sehari-hari. Juga fungsi estetis yang mana karya seni itu dinikmati bentuk dan keindahannya.

Sejarah Seni Rupa Terapan

seni-rupa-terapan-indah
https://masfikr.com

Perlu untuk anda ketahui bahwasannya di Indonesia karya seni rupa terapan sudah ada sejak zaman prasejarah dahulu dan sudah mulai berkembang. Sudah dari zaman nenek moyang kita sudah memakai kapak yang terbuat dari batu dan tulang untuk dipakai dalam berburu. Hal tersebut merupakan salah satu penerapan di dalam pemakaian sebuah karya seni terapan.

Setelah menuju pada zaman yang sedikit modern perkembangan karya seni sangat pesat terutama pada karya seni terapan. Kalau zaman dahulu para leluhur memakai sebuah batu untuk membuat suatu alat. Maka hal itu berbeda pada saat menuju ke zaman yang sedikit modern karena pada zaman yang lebih sedikit modern itu para nenek moyang telah memakai logam.

Logam tersebut dileburkan untuk membuat sebuah perhiasan dan juga peralatan yang lainnya seperti neraca, bejana, dan alat dapur yang lain.

Kegunaan Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan memiliki tujuh kegunaan, diantaranya ialah:

1. Pemenuhan Sandang

Kita pasti sudah mengetahui jika sandang adalah kebutuhan dasar umat manusia kan? Pakaian atau sandang yang dirancang oleh para desainer pasti selalu mengedepankan nilai dan unsur-unsur seni rupa. Agar yang memakai busana yang dibuatnya bisa terlihat lebih indah dan menarik. Hal tersebut juga berlaku untuk seni rupa terapan nusantara, yang mana pakaian-pakaian tradisional yang ada di Indonesia ini begitu unik dan menarik di pandang mata.

2. Pemenuhan Kebutuhan Tempat Tinggal

Fungsi yang kedua adalah pemenuhan kebutuhan tempat tinggal yang bisa kita temukan langsung di dalam seni arsitektur dan bangunan. Beragam rumah adat yang ada di nusantara bisa membuktikan jika rumah yang dijadikan tempat tinggal oleh nenek moyang Indonesia pada zaman dahulu bukan hanya terpaut dalam kekokohan bangunannya saja. Namun nuansa estetis juga dipertahankan untuk tetap ada sehingga kenyamanan hunian dapat terjaga dengan baik.

Saat ini seni rupa modern arsirtekturnya juga tidak berbeda. Arsitek-arsitek muda saat ini sudah merancang bangunan yang kuat juga tidak mengesampingkan nilai-nilai seni dari bangunan yang dibuat oleh mereka.

3. Pemenuhan Kebutuhan Akan Rasa Aman

Fungsi selanjutnya kebutuhan akan rasa aman yang mana merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap umat manusia di dalam kehidupan yang aman dan bahagia. Kebutuhan rasa aman ini bisa juga dipenuhi oleh hasil karya seni terapan, misalnya ialah adanya berbagai senjata tradisional yang diciptakan oleh para pendahulu kita. Hal ini menjadi fungsi seni rupa terapan yang jarang kita ketahui

4. Kenyamanan Transportasi

Fungsi seni rupa terapan juga berbuhungan dengan mobilitas masyarakat di dalam bertransportasi. Alat transportasi atau kendaraan tradisional membuktikan betapa seni rupa terapan yang sangat penting di dalam menunjang kehidupan manusia.

5. Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Terdapatnya berbagai perabotan baik yang berupa gerabah yang berbahan dari tanah liat, yang berbahan batu, atau yang berbahan logam hasil dari kerajinan seni kriya juga merupakan bukti betapa seni sudah mendarah daging di dalam kehidupan umat manusia sejak zaman dahulu. Tanpa adanya peralatan-peralatan itu, pengolahan pangan dipastikan akan sulit.

6. Sarana Aktualisasi Diri

Fungsi selanjutnya ialah sebagai sarana aktualisasi diri yang merupakan kebutuhan tertinggi umat manusia, yang mana mereka umumnya menginginkan pengakuan dari masyarakat. Pernik aksesoris, perhiasan yang mana menjadi sarana kelengkapan penampilan ialah hasil karya agung seni rupa yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

7. Kenyamanan Di Dalam Beribadah

Bangunan tempat ibadah, kaligrafi, patung, hiasan yang ada pada sajadah ialah beberapa karya seni rupa yang membantu di dalam proses peribadatan, Kekhusyuan ibadah bisa lebih baik pada saat seni rupa juga masuk dan membaur di dalam urusan agama.

Seni Rupa Terapan

seni-rupa
https://foramazingindonesia.blogspot.com

Di dalam bidang karya seni terapan ini bisa dikategorikan menurut masanya, fungsinya, dan wujudnya. Di bawah ini penjelasan lengkap dari kategori-kategori yang rerdapat di dalam karya seni rupa terapan

1. Seni Rupa terapan Berdasarkan Fungsi

Di dalam sebuah karya seni terutama dalam seni terapan ada beberapa fungsi yang terkandung di dalamnya, di dalam karya seni terapan ada dua fungsi yang bisa dikategorikan. Di bawah ini penjelasannya.

1. Fungsi Guna atau Fungsi Praktis

Di dalam karya seni terapan ini memiliki beberapa fungsi atau kegunaan yang mana karya seni ini sangat membantu serta menunjang kegiatan sehati-hari, sangat banyak contoh yang dapat kita lihat seperti meja. kursi, lemari, perabot rumah tangga, dan masih banyak lagi benda yang kita gunakan lainnya.

Senuanya itu termasuk dikategorikan benda seni, mungkin sebagian orang tidak begitu mengerti mengenai sebuah fungsi guna atau praktis dalam seni.

2. Fungsi Estetis atau Keindahan Pada Seni

Seperti yang sudah kita ketahui jika karya seni pasti mempunyai sebuah unsur keindahan. Unsur keindahan inilah yang menjadikan orang dapat menikmati sebuah karya seni. Di dalam seni rupa terapan sendiri unsur estetis atau keindahan ini sangatlah penting.

Di dalam hal ini banyak sekali contoh dari karya seni terapan yang bukan hanya memakai fungsi praktis namun juga memakai fungsi estetis. Misalnya lemari kayu yang di ukir, kursi kayu yang di ukir, meja kayu yang di ukir, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Di samping contoh-contoh itu masih banyak lagi contoh nyata, di dalam kehidupan sehari-hari kita layaknya kain batik, kain tenun, dan hasil karya seni yang dipakai sebagai hiasan yang lainnya.

2. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

man-monument-statue-soldier-museum-sculpture-
https://hamparan.net

Untuk pembagian yang berikutnya seni rupa terapan ini masih di bagi atau dikategorikan menurut bentuknya. Di dalam pembagian ini seni rupa dijadikan dua lagi yakni seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai seni rupa terapan berdasarkan dengan bentuknya.

1. Seni Rupa 2 Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi atau dwiimatra, karya seni dua dimensi ini ialah salah satu hasil karya seni yang memiliki dua unsur saja yakni panjang dan lebar.

Di dalam karya seni ini untuk menikmatinya hanya bisa dilakukan dari arah tertentu saja tergantung dari mana karya seni itu ditujukan untuk menikmatinya baik itu dari depan, dari samping, atau dari atas tetap satu arah saja untuk dapat menikmatinya.

Misalnya: Seni ilustrasi, seni batik, seni lukis, wayang kulit, sketsa, dan masih banyak yang lainnya.

2. Seni rupa 3 dimensi

Karya seni rupa tiga dimensi atau dapat juga disebut trimarta ialah salah satu cabang dari karya seni yang sudah umum bagi kalangan masyarakat. Pengertian dari karya seni rupa tiga dimensi ini ialah sebuah karya seni yang mempunyai tiga unsur yang terkandung yakni lebar, panjang, tinggi.

Kalau dilihat dari ketiga unsur itu menjadikan seni rupa tiga dimensi ini memiliki sebuah volume atau isi yang mana menjadikan karya seni ini dapat dilihat dari mana saja atau dapat dilihat dari segala arah.

Sangat benyak contoh yang dapat kita lihat dari seni tiga dimensi ini di dalam kehidupan sehari-hari seperti seni pahat, seni kriya, seni patung, dan semua bentuk karya seni yang dapat di lihat dari mana saja atau dari segala arah.

3. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya

Yang ketiga ialah seni rupa terapan berdasarkan wujudnya, kalau diamati di negara kita tercinta negara Indonesia sangat banyak penerapan karya seni rupa terapan bedasarkan wujudnya baik itu dari seni tradisional ataupun dari seni modern.

Contoh penerapannya seperti senjata tradisional, rumah adat, trasportasi tradisional, dan juga seni kriya.

Unsur-Unsur Seni Rupa Terapan

Unsur-unsur seni rupa ialah unsur-unsur yng mewujudkan atau mencipatan suatu karya seni rupa. unsur-unsur karya seni rupa ada delapan, yaitu:

1. Titik

Titik ialah unsur dasar di dalam seni rupa. Di antara unsur-unsur seni rupa yan lainnya, unsur ini ialah unsur yang ukurannya paling kecil. Seluruh wujud karya seni rupa, diawali oleh titik walau sederhana, titik juga bisa menjadi perhatian pusat, terutama kalau berkumpul dan dipadukan dengan unsur seni rupa yang lainnya.

Read: Seni Lukis Beserta Pengertian, Teknik, Unsur, Contoh Lengkap

2. Garis

Garis ialah goresan berbatas dengan dimensi memanjang dan mempunyai suatu arah tertentu. Unsur seni rupa yang satu ini mempunyai beberapa sifat, diantaranya ialah panjang, pendek, vertikal, horizontal, miring, lurus, tebal, tipis, halus, berombak, melengkung, patah-patah, dan yang lainnya. Garis di dalam seni rupa dipakai untuk mendapatkan kesan tertentu, contohnya membuat kesan mewah, simpel, kekar, kuat, atau agung.

3. Bidang

Bidang ialah unsur seni rupa yang dibentuk oleh hubungan beberapa garis. Bidang memiliki dimensi panjang dan lebar. Berdasarkan dengan jenisnya, bidang ini dibedakan menjadi beberapa macam, yakni bidang biomorfosis (organis), bidang geometris, bidang tidak beraturan, dan bidang bersudut. Adapun berdasarkan dengan bentuknya, unsur-unsur seni rupa ini dibedakan menjadi segitiga, bidang segiempat, lingkaran, trapesium, oval, dan yang lainnya.

4. Bangun atau bentuk

Bentuk ialah unsur seni rupa yang mempunyai panjang, tinggi, dan lebar bisa menyatakan sifat dari sebuah karya seni rupa, contohnya bundar, ornamental, kotak, atau tak beraturan (absurd), adapun bentuk yang mempunyai unsur nilai (value) disebut bentuk plastis (form) contohnya seperti lemari, kutsi, meja, dan yang lainnya.

5. Tekstur

Terkstur ialah unsur seni rupa yang menjadi sifat permukaan dari sebuah benda. Tekstur ini menyatakan kesan kusam, halus, kasar, mengkilap, licin, berpori, dan yang lainnya. Tekstur bisa diketahui melalui indera penglihatan dan rabaan. Penglihatan menyatakan tekstur semu atau maya sedangkan rabaan menyatakan tekstur nyata.

6. Warna

Warna ialah unsur seni rupa yang mempunyai sprektrum tertentu di dalam sebuah cahaya sempurna (berwarna putih) suatu warna bisa diketahui identitasnya melalui panjang gelombang cahaya. Warna seringkali menjadi unsur utama yang dipakai untuk karya seni rupa. Berdasarkan dengan sprektrumnya, warna dibedakan menjadi lima jenis, yakni warna primer, warna tersier, warna anagolus, warna sekunder, dan warna komplemeter.

7. Gelap dan Terang

Gelap dan terang atau cahaya juga merupakan unsur-unsur seni rupa yang bisa mempengaruhi keindahan suatu seni rupa. Cahaya ini bermanfaat untuk menggambarkan benda tampak menjadi tiga dimensi, memberi perbedaan kontras, dan menyatakan kesan kedalaman. Cahaya gelap dan terang bisa dibuat melalui daya pancar atau pencampuran hitam dan putih.

8. Ruang atau Kedalaman

Ruang ini menjadi salah satu unsur seni rupa tiga dimensi. Ruang bisa dilihat di dalam seni arsitektur rumah, gedung, atau bangunan yang lainnya. Sedangkan di dalam seni rupa dua dimensi, unsur seni rupa yang satu ini banyak bersifat semu. Ruang di dalam seni rupa dua dimensi bisa kita temukan melalui penggambaran pipih, menjorok, cembung, datar, cekung, dekat, jauh, dan yang lainnya.

Macam-macam Seni Rupa Terapan

Terdapat banyak contoh dari seni rupa terapan, bahkan saking banyaknya akan sulit untuk dihitung karena jumlahnya memang sangat banyak. Di dalam hal ini kami akan memberikan ulasan garis besar dari sebuah kegiatan atau karya seni masuk di dalam seni rupa terapan ini.

1. Seni Arsitektur

taj-mahal-India
https://www.ndtv.com

Contoh seni rupa terapan yang pertama ialah seni arsitektur. Seni arsitektur ialah sebuah seni yang mana para seniman membuat sebuah rancangan bangunan. Di dalam hal ini seni arsitektur sangat diperlukan untuk membangun sebuah bangunan yang besar terutama seperti sebuah menara, gedung pencakar langit, ataupun sebuah rumah.

Dari seni arsitektur tersebut menjadikan segala sesuatu di dalam membangun lebih struktural dan juga lebih indah lagi pastinya. Sangat banyak contoh bangunan yang memakai seni arsitektur yang sampai saat ini masih terkenal karena keidahannya seperti, Taj Mahal di India, Menara Eiffel di Paris, Candi Borobudur di Indonesia, dan masih banyak yang lainnya contoh dari hasil pengaplikasian seni arsitektur ini.

2. Seni Kriya

ukir-kayu-jepara-terbaik
http://ahmadefendi1.blogspot.com

Seni kriya ialah sebuah karya seni yang dibuat memakai ketrampilan atau skill (hand skill). Karya seni kriya ini disamping memakai kecekatan dan keluesan tangan juga memerlukan kreativitas agar hasil jadi dari karya ini tetap memperlihatkan aspek fungsional dan juga keindahan dari karya seni itu.

Contoh dari seni kriya ini seperti: seni topeng, seni ukir kayu, kriya loham, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman dan masih banyak uang lainnya.

3. Seni Dekorasi

Seni-Dekorasi-
http://www.popeti.com

Seni dekorasi ialah sebuah bagian dari karya seni rupa terapan, seni dekorasi ialah sebuah tatanan terkait perabot dan perangkap pelengkap untuk menjadikan sebuah ruangan atau bangunan menjadi indah untuk di pandang

Seni dekorasi bisa juga diartikan sebagai menghias atau memperindah sesuatu bangunan, benda, ataupun objek yang lain supaya seperti harapan seperti yang kita inginkan.

Sangat banyak contoh dari seni dekorasi ini seperti menghias ruangan, dekorasi pernikahan, dan yang lainnya.

4. Seni Grafis

seni-grafis-cetak
https://roemahmm.wordpress.com

Grafis ialah sebuah karya seni yang mana pembuatannya dengan memakai proses cetak untuk membentuk sebuah karya seninya. Media yang dipakai untuk seni grafis ini umumnya memakai kertas. Percetakan ini memakai bahan cat atau yang lainnya.

Contohnya seperti pembuatan banner, pensablonan baju, dan media cetak yang lain.

5. Seni Ilustrasi

Seni-ilustrasi
https://www.youtube.com

Ilustrasi adalah salah satu jenis karya seni yang berupa sebuah gambar ataupun  foto. terdapat beberapa pendapat yang menerangkan terkai pengertian dari seni ilustrasi sendiri yang mengatakan jika seni ilustrasi adalah sebuah gambar atau kegunaan yang menerangkan sebuah kejadian ataupun peristiwa.

Pemakaian dari seni ilustrasi ini pada umumnya di manfaatkan untuk mengabadikan sebuah momen dan juga untuk membantu memecahkan sebuah kasus kriminalisasi dengan menggambarkan kejadian ataupun pelakunya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Sesudah menyimak mengenai macam-macam seni rupa terapan, kini yang akan anda simak selanjutnya ialah contoh seni rupa terapan. Di bawah ini contoh dari seni rupa terapan yang sudah kami sajikan untuk anda:

1. Seni Batik

Pengrajin Batik Cantik-sekali
http://batikdan.blogspot.com

Siapa ya yang tidak tahu batik? Salah satu hasil dari karya seni rupa yang berasal dari Indonesia yang telah diakui oleh badan Internasional UNESCO sebagai salah satu warisan budaya leluhur.

Batik ialah salah satu jenis seni grafis tradisional yang mana memakai media kain sebagai dasar dan zat pewarna yang diperoleh dari alam untuk mempercantik dari unsur batik tersebut.

2. Seni Keramik

contoh-seni-keramik-dan-pengertianya-lengkap
https://hamparan.net

Keramik ialah salah satu seni rupa terapan yang telah ada dari zaman dahulu. Pemakaian seni keramik ini sendiri disamping untuk dinikmati keindahannya, saat ini juga dipakai di dalam kehidupan sehari-hari.

Pembuatannya berawal dari sebuah tanah liat yang dibentuk sedemikian rupa dengan bentuk yang menarik dan indah, bahkan bernilai fungsional lalu dilakukan pembakaran untuk mengeraskan unsur tanah lliat tadi.

Contoh dari seni keramik ini ialah porselin, kerabah, genteng, guci, dan yang lainnya.

3. Anyaman

anyaman-dari-Indonesia
http://erwinmakalah.blogspot.com

Seni anyaman ini juga termasuk hasil dari seni kriya, seni anyaman berasal dari serat tumbuhan namun juga ada yang beral dari serat sintetis. Dari serat itu di anyam sampai membentuk benda yang mempunyai nilai guna dan nilai estetika yang bernilai tinggi.

Contoh dari anyaman ini misalnya seperti: kursi anyam rotan, keset, keranjang, dan yang lainnya.

4. Kerajinan Logam

Kerajinan-Bahan-Keras-dari-Logam-yang-menarik
https://kreasiofindo.blogspot.com

Logam ialah salah satu bahan yang bisa diolah menjadi sebuah seni yang indah. Logam ini sangat populer di Indonesia sejak zaman dahulu, dilihat dari peninggalan-peninggalan nenek moyang sudah mulai memakai logam untuk kehidupan sehari-hari.

Di samping dipakai untuk membantu keseharian logam ini juga dipakai untuk dijadikan sebagai hiasan baik untuk hiasan ruangan ataupun manusia itu sendiri.

5. Seni Ukir atau Seni Pahat

Seni ukir atau seni pahat ialah salah satu seni kuno yang sampai saat ini masih banyak peminatnya. Media yang dipakai untuk utama untuk membuat seni pahat ini dapat memakai kayu ataupun kayu sebagai bahan utama pembuat seninya. Dengan memakai alat khusu serta kreativitas yang sangat tinggi untuk menjadikan sebongkah bahan menjadi hasil karya seni yang memiliki nilai tinggi.

Sampai saat ini sangat banyak pengrajin ukur atau pahat ini, bahkan di Indonesia sendiri terdapat salah satu wilayah yang mempunyai satu sentra industri kerajinan pahat dan ukir yang sudah terkenal dimana-mana.

Contoh seni ukir misalnya seperti: relief, patung, kursi ukiran kayu, meja ukiran kayu, lemari ukiran kayu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian seni rupa terapan, disini kami bukan hanya memberikan pengertian saja, namun beserta fungsi, contoh dan yang lainnya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan menambah ilmu anda. Terima Kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.