Seni Lukis Beserta Pengertian, Teknik, Unsur, Contoh Lengkap

Seni Lukis Beserta Pengertian, Teknik, Unsur, Contoh Lengkap

Seni Lukis – Hallo kawan, apa kabar? Tentunya dalam keadaan sehat selalu kan? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pembahasan mengenai seni lukis. Disini saya akan akan menyajikan infomasi tentang seni lukis mulai unsur-unsur, contoh dan yang lainnya. Namun sebelum kita masuk ke unsur, contoh, dan yang lainnya simak dulu apa yang dimaksud dengan seni lukis. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Table of Contents

Pengertian Seni Lukis

Yang dimkasud seni lukis adalah salah satu jenis seni rupa yang mana makna dari kata lukis atau melukis adalah sebuah pengembangan lebih lanjut dan lebih utuh dari seni menggambar.

Melukis ialah sebuah kegiatan untuk mengolah media dua dimensi atau sebuah permukaan dari objek untuk memperoleh sebuah kesan tertentu. Media yang dipakai untuk melukis berbentuk apa saja, contohnya kertas, kanvas, papan, dan masih banyak yang lainnya.

Perlu untuk diketahui, seni lukis mempunyai sejarah yang panjang. Di dalam perkembangannya pada setiap era mempunyai ciri khas dan tujuan serta fungsi tertentu. Banyak mengekpresikan imajinasi mereka.

Penjelasan diatas ialah pengertian seni lukis secara umum. Namun selain pengertian seni lukis secara umum, beberapa ahli mengungkapkan bahwa yang dimaksud seni lukis ialah:

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

seni-lukis
https://notepam.com

Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa di dalam hal seni seperti seni ini banyak sekali pendapat yang bermunculan untuk mendefinisikan salah satu cabang seni rupa yang satu ini. Di bawah ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian seni lukis.

1. Menurut Soni Ade dan Imam R

Kalau menurut mereka, lukis ialah sebuah kekuatan peradaban manusia, kekuatan budaya, karena dalam melakukan kegiatan melukis dilatih untuk cermat, jeli, dan teliti di dalam mengamati berbagai kejadian kehiduan dan alam.

2. Menurut Soedarsono Sp

Dirinya mengungkapkan bahwa sebuah karya lukis ialah sebuah cabang seni rupa yang memakai cara pengungkapan yang diwujudkan melalui sebuah karya dua dimensi. Yang mana unsur-unsur pokoknya dalam karua dua dimensi ini adalah sebuah garis dua warna.

3. Menurut Soedarsono Sp “Mike Susanto” 2002:101″

Yang dimaksud sebuah karya lukis adalah sebuah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman batiniahnya.

Pengalaman batin tersebut disajikan secara indah dan menarik sehingga hal tersebut merangsang timbulnya sebuh pengalaman bati pada manusia yang menghayati sebuah karya itu.

4. Menurut Suyanto “2014”

Dirinya mengatakan kalau seorang seniman lukis mengatakan jika seni lukis ialah karya seni rupa yang disajikan dalam bentuk sebuah lukisan atau gambar dari ekspresi dari jiwa seorang seniman.

5. Menurut Herbert Read

Pendapat dari Herbert Read mengenai karya lukis ialah sebuah kegiatan rohani yang direfleksikan kepada jasmani, dan mempunyai sebuah daya yang bisa membangkitkan jiwa.

6. Menurut Myers “1962:156”

Dirinya mengatakan seni lukis ialah bentuk pengungkapan nilai-nilai simbolis, intelektual, religius, emosional, dan juga nilai subjektif yang lainnya.

7. Menurut M. Adler

Dirinya berkata karya seni lukis adalah sebagai sesuai yang memberikan sebuah kesenangan.

8. Menurut Slamet riyanto

Menurut pendapat dia jika seni lukis ialah salah satu bagian dari sebuah ilmu desain grafis.

9. Menurut Aristoteles

Dirinya berkata kalau sebuah lukisan ialah sesuatu yang disamping baik juga menyenangkan.

10. Menurut Jim Supangat

Di dalam hal ini Jim Supangat mempunyai anggapan jika sebuah karya seni lukis adalah suatu hal yang menegaskan kembali sebuah pengalaman masa lampau pada konteks sekarang.

11. Menurut Herry Sulastiono

Pandangannya mengenai seni lukis ialah sebuah cabang karya seni rupa murni yang berbentuk dua dimensi, biasanya di buat di atas kanvas memakai cat minyak atau cat akrilik.

Itulah pengertian seni lukis menurut beberapa ahli. Memang pengertian seni lukis ini sendiri sangat banyak. Setelah ini kami akan membahas unsur-unsur seni lukis yang sudah kami sajikan untuk anda. Lalu, apa saja unsur-unsur seni lukis tersebut? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Unsur _ unsur Seni Lukis

6-Pcs-set-Diy-alat-lukis-anak-kreativitas-kit-colorful-sikat-gambar-pena-lucu-pena-perlengkapan
https://id.aliexpress.com

Bukan hanya dalam seni rupa saja, hampir seluruh jenis seni memiliki sebuah unsur yang membentuknya. Di dalam seni lukis ini ada dua unsur seni di dalamnya. Di bawah ini penjelasannya.

1. Unsur visual

Unsur yang mendukung  pertama ialah unsur visual. Di bawah ini bentuk-bentuk dari unsur visual.

  1. Garis (line).
  2. Bidang (Field).
  3. Ruang (space).
  4. Warna (color).

2. Unsur non visual

Di samping unsur visual tadi juga mempunyai umsur non visual. Kalau peranan unsur visual ini menjadi alat untuk membentuk dari sebuah seni lukis berbeda lagi dengan unsur non visual. Di bawah ini penjelasannya.

  1. Imajinasi.
  2. Pengalaman dan pandangan hidup.
  3. konsep dari lukisan.
  4. Sikap artistik dan estetik.

Alat dan Bahan Seni Lukis

1. Alat untuk melukis:

  1. Palet.
  2. Kuas.
  3. Pisau Plaet.
  4. Pembersih kuas.
  5. Easel atau penjepit kanvas.

Read: Seni Rupa Murni Beserta Pengertian, Jenis, Contoh Lengkap

2. Bahan untuk melukis

Bahan untuk melukis ialah bahan untuk membuat sebuah lukisan yang indah. Sangat banyak bahan-bahan yang dipakai untuk campurannya, namun bahan utama yang dipakai ialah tinta atau cat.

Tinta atau cat dipakai untuk melukis diantaranya ialah cat minyak, cat air, cat poster, cat tekstil, tinta bak. Di samping pemakaian cat-cat itu dapat juga memakai pensil warna, krayon atau pastel.

Teknik Seni Lukis Secara Umum

Perlu untuk diketahui, jika sangat banyak macamnya teknik di dalam seni melukis, bahkan setiap orang pasti juga memiliki karakteristik dari sebuah teknik lukis itu sendiri sesuai dengan kemampuannya.

Pemakaian teknik lukis ini adalah hal yang sangat penting, untuk menghasilkan sebuah gambar yang maksimal dan bagu pemakaian teknik sangatlah diperlukan.

Terdapat beberapa teknik yang bisa kalian gunakan di dalam kehidupan seharip-hari. Di bawah ini penjelasannya:

1. Cara melukis dengan memakai teknik aquarelle

cara-melukis-dengan-memakai-teknik-aquarelle
https://rebanas.com

Teknik aquarel ialah sebuah teknik melukis memakai bahan dasar cat air (aquarelle dengan memakai sapuan warna yang tipis dan halus. Sehingga gambar atau lukisan yang diperoleh bernuansa transparan dan ringan.

Supaya bisa menghasilkan sebuah sapuan yang tipis, halus, dan ringan alangkah lebih efisiennya kamu memakai cat yang sedikit encer.

Tips:

  • Pilihlah kuas yang cocok dan sesuai dengan teknik aquarel ini. Sangat banyak ragamnya merk kuas, tapi sebaiknya pilihlah saja kuas dengan dana yang kamu miliki.
  • Pemilihan cat air yang berkualitas, beserta dengan kertas yang paling sesuai ialah kertas aquarelle. Tidak dapat dipungkiri kalau memang harga dan kualitas bahan memang berjalan ringan.
  • Pemakaian kertas aquarel sangatlah disarankan untuk membuat sebuah lukisan dengan teknik ini. Meskipun kalau dilihat dari segi harga sedikit lebih mahal. Tetapi kamu juga masih dapat memakai kertas biasa untuk melukis dengan teknik aquarel ini.

2. Cara melukis dengan memakai teknik plakat dan contohnya

Pengertian-Seni-Lukis
https://www.masterpendidikan.com

Teknik plakat berbeda dengan teknik seni lukis aquarel yang sangat terkesan transparan. Pemakaian teknik plakat ini ialah sebuah teknik melukis dengan memakai cat air, cat akrilik, maupun cat minyak dengan sapuan tebal serta komposisi cat yang kental. Sehingga akan memberikan sebuah kesan colorfull pada sebuah karya lukisan.

Teknik lukis ini sangat sering dipakai oleh seniman lukis profesional untuk memperoleh sebuah lukisan yang indah serta menawan juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

3. Cara melukis dengan memakai teknik spray

cara-melukis-dengan-memakai-teknik-spary
https://www.dondeir.com

Teknik spray atau teknik sprau ialah sebuah teknik lukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Tujuan pemakaian teknik ini ialah untuk menghasilkan sebuah lukisan yang lebih halus dan tampak lebih nyata dalam segi visualnya.

Kalau kamu sering melihat sebuah grafiti di tembok-tembok jalanan atau di sebuah gedung atau rumah yang tidak digunakan, itu meupakan sebuah contoh melukis memakai teknik spray.

4. Cara melukis dengan memakai teknik pointilis

teknik-melukis-dengan-memakai-teknik-pointilis
http://ussisanda.blogspot.com

Teknik seni lukis pointilis ialah salah satu teknik yang bia dibilang memerlukan kesabaran di banding teknik yang lain.

Cara memakai teknik ini ialah membuat sebuah lukisan dengan memakai sebuah unsur titik sampai menjadi sebuah lukisan yang indah dan menarik,

Bukan hanya dengan satu warna saja, terkadang para seniman ahli memakai beberapa warna sekaligus untuk menciptakan gradasi warna yang sangat indah untuk mengatur gelap terang dari lukisan itu.

5. Cara melukis dengan memakai teknik tempera

cara-melukis-dengan-memakai-teknik-tempera
5. Cara melukis dengan memakai teknik tempera

Teknik lukisan tempera ialah sebuah teknik lukis dengan mencampurkan sebuah kuning telur kedalam cat sebagai bahan perekat dalam lukisan media yang dipakai sebagai media melukis ialah kayu sebagai kanvas, dan ada juga yang langung melukis tembok sebagai medianya.

Teknik tempera ini sempat menunjukkan masa kejayaannya di negara Eropa pada tahun 1200 hingga 1500-an. Pelopor teknik lukisan tempera ini ialah dia orang yang berasal dari Negara Italia yang bernama Simone Martini dan Duccio, mereka berdua ialah seorang seniman terkenal dari Negara Italia.

Itulah teknik seni lukis secara umum yang sudah dijelaskan. Setelah mengetahui teknik seni lukis secara umum kini saatnya menyimak teknik seni lukis cat minyak. Di bawah ini penjelasannya yang sudah kami sajikan untuk anda.

Teknik Seni Lukis Cat Minyak

Teknik-seni-lukis-cat-minyak

Seni lukis memakai cat minyak ialah sebuah proses melukis dengan memakai pigmen dengan sebuah media minyak pengering. Minyak pengering yang dipakai umumnya ialah minyak biji rami, minyak kenari, dan minyak poppyseed.

Seorang seniman lukis mungkin saja memakai berbagai macam jenis minyak yang berbeda hanya dalam sebuah lukisan tergantung efek yang di inginkannya.

Secara umum teknik seni memakai cat minyak di bagi menjadi tiga. Di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Teknik kering

Apa itu yang dimaksud dengan melukis dengan teknik kering? Lukis kering ini adalah melukis tanpa memakai campuran linseed oil atau minyak

Kuas yang dipakai melukis dalam teknik ini diharuskan dalam keadaan kering serta tidak berminyak. Untuk teknik kering ini disarankan memakai cat yang baru saja dieluarkan dari dalam tube.

Teknik kering ini cocok dipakai untuk membuat lukisan dengan kesan volume dan juga keruangan seperti realism, naturalism, dan surelsm.

Kelebihan seni lukis memakai teknik kering:
  1. Lebih gampang mengontrol detail dari lukisan tersebut.
  2. Kelebihan yang kedua ialah gampang menghapus warna dengan menumpuk warna yang lainnya.
  3. Lebih gampang untuk membentuk objek, volume cat yang dipakai untuk melukis lebih cepat kering dan kesan ruang terlihat lebih indah dan menarik.

2. Teknik Basah

Teknik lukis basah ialah sebuah teknik melukis dengan cara membuat encer cat minyak dengan memakai linseed oil atau minyak cat dengan memakai linseed oil atau cat minyak. Sesudah cat diencerkan dalam batas kekentalan tertentu barulah dipakai untuk memoles di atas permukaan kanvas.

Dalam kuas yang dipakai ialah kuas yang mempunyai bulu panjang.

Kelebihan seni lukis memakai teknik basah:
  1. Lukisan terlihat lebih bersih dan proses pemblokan warna cenderung lebih cepat.
  2. Di dalam melukis memakai teknik basah ini memerlukan cat minyak yang relatif sedikit.
  3. Cat yang masih menempel di palet masih bisa dipakai untuk melukis.

3. Teknik campuran

Teknik ini ialah teknik yang mengkombinasikan antara teknik kering dan teknik basah. Dengan teknik campuran ini kita dapat saling menutupi kekurangan dari teknik-teknik yang lainnya.

Teknik campuran ini dimulai dengan memakai teknik kering terlebih dulu sesudah membentuk baru memakai teknik basah untuk menyempurnakannnya.

Cara yang dipakai ialah memblok warna sambil menambah insensitas cat minyak secara perlahan sampai tahap akhir sebuah lukisan.

Kelebihan teknik campuran:
  1. Pembentukan sebuah objek lukisan lebih gampang dan detail sebab memakai teknik kering.
  2. Pewarnaan lebih cepat karena pengkombinasian dengan teknik basah.

Macam-macam Aliran Seni Lukis

Lukisan-Kubisme-Carajuki
http://jadiberita.com

Di dalam sebuah karya seni pasti terdapat sebuah aliran yang membuatya semakin indah dan unik. Dalam hal ini dalam seni lukis juga memiliki macam-macam aliran dalam pembuatannya.

Sangat banyak para seniman lukis yang terkenal di seluruh dunia, bersamaan dengan hal tersebut para tokoh seniman itu tidak disadari memiliki sebuah gaya atau ciri khas yang berbeda dan unik pastinya.

Di dalam garis besarnya setiap seniman terdahulu memiliki perbedaan di dalam aliran yang diterapkan pada lukisannya.

Pada masanya seni lukis ini berkembang dengan sesuai kemajuan zaman. Kemunculan dari aliran-aliran ini sangat mempengaruhi dalam dunia seni rupa terutama seni rupa.

Di bawah ini macam-macam aliran seni lukis yang telah populer di kalangan para seniman.

1. Aliran seni lukis realisme

contoh-lukisan-aliran-realisme-yang-indah
https://hamparan.net

Aliran realisme ialah sebuah aliran yang menyampaikan sebuah karya seni lukis dengan apa adanya seperti tampilan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Lukisan aliran realisme ini dibuat seperti keadaan umumnya tanpa terdapat tambahan yang lain.

Ciri-ciri aliran realisme

Di bawah ini ciri-ciri dari aliran realisme:

  1. Lebih terlihat nyata.
  2. Melukiskan kehidupan sehari-hari.
  3. Lukisan yang dibuat lebih terlihat menyatu dengan objek.
Tokoh-tokoh pelukis aliran realisme

Tokoh-tokoh yang mempopulerkan aliran realisme ini di dunia adalah:

  • Honore Umier.
  • Gastove Cobert.
  • Francisco de Goya.

2. Aliran surealisme

contoh-aliran-surealisme-yang-indah
https://hamparan.net

Aliran surealisme ialah sebuah aliran yang sangat dekat dengan dan erat dengan dunia imajinasi atau fantasi. Penampilan yang disuguhkan seolah-olah seperti di alam mimpi.

Ciri-ciri aliran surealisme

Berikut ini ialah ciri-ciri aliran seni lukis surealisme:

  1. Pembuatan gambar penuh dengan imajinasi dan unik.
  2. Lukisan yang dibuat terkesan aneh.
Tokoh-tokoh pelukis aliran surealisme

Tokoh-tokoh seniman seni lukis aliran romantisme ini diantaranya ialah:

  • Sudiarjo.
  • Amang Rahman.
  • Joan Miro.
  • Salvador Dali.
  • Andre Masson.

3. Seni lukis aliran romantisme

seni-lukis-aliran-romantisme-yang-indah
https://hamparan.net

Aliran romantisme ialah sebuah aliran lukisan yang berusaha menunjukkan sebuah lukisan dengan fantastik dan nuansa yang tenang serta keindahan. Pemakaian aliran ini umumnya untuk membuat sebuah lukisan yang bersifat romantis, misalnya seperti tragedi sejarah.

Baca Juga: Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi

Ciri-ciri aliran romantisme

Di bawah ini ialah ciri-ciri dari seni lukis aliran romantisme:

  1. Lebih dinamis.
  2. Lukisan tidak begitu penuh gerak.
  3. Mempunyai kandungan makna emosional yang tinggi.
  4. Memiliki warna bersifat kontras dan meriah.
  5. Mengandung makna yang menyentuh perasaan penikmatnya.
  6. Pengaturan komposisi pendukung lukisan memberikan kesan yang dinamis.
  7. Lukisan romantisme memiliki sebuah kemewahan yang lebih dari kenyataan.
Tokoh-tokoh seniman seni lukis aliran romantisme

Tokoh-tokoh yang mempopulerkan aliran romantisme ini diantaranya adalah:

  • Raden Saleh.
  • Eguene Delacroix.
  • Jean Baptiste.
  • Theodere Gercault.

4. Aliran naturalisme

contoh-lukisan-naturalisme-yang-indah
https://hamparan.net

Aliran naaturalisme adalah aliran yang menampilkan sebuah gambaran objek secara alami. Aliran naturalisme ini sedikit memiliki kemiripan dengan aliran realisme, yang membedakan ialah kalau naturalisme mempunyai sebuah sentuhan tambahan supaya menjadikan lukisannya lebih indah.

Ciri-ciri lukisan aliran naturalis

Terdapat beberapa ciri-ciri dari aliran naturallis ini, berikut ini diantaranya:

  1. Mempunyai gradasi warna yang bermacam.
  2. Lukisan naturalis umunya bertemakan alam.
  3. Memiliki perbandingan susunan yang kompleks antara tekstur, perspektif, pewarnaan, dan gelap terang.
Tokoh-tokoh seni lukis aliran naturalis

Di bawah ii tokoh-tokoh yang mempopulerkan seni lukis aliran naturalisme ialah:

  • Trubus.
  • Raden Saleh.
  • Basuki Abdullah.
  • Abdullah Sudrio Subroto.
  • Gambir Anom.

5. Seni lukis aliran impreosionisme

seni-lukis-aliran-impreosioneisme-yang-indah
https://hamparan.net

Impresionis ialah sebuah seni yang berusaha menampilkan sebuah kesan ataupun pesan yang ditangkap oleh objek, umumnya penggambaran dari aliran seni lukis impresionis ini mempunyai gambar yang sedikit kabur dan kurang mendetail.

Ciri-ciri aliran impresionisme

Berikut ini ciri-ciri aliran impresionisme:

  1. Memberi kemudahan pelukis menangkap esensi subjek dari pada detailnya.
  2. Penggoresan cat dari kuas tebal dan pendek dengan memiliki gaya mirip penggambaran sketsa.
  3. Warna yang diperoleh karena pencampuran pegmen dari beberapa cat.
  4. Pelukis dari impresionisme ini tidak menunggu cat kering.
  5. Sang pelukis memperhatikan gradasi cahaya dan sifat cahaya yang dimasukkan kedalam unsur lukisan untuk menambah keindahan dari lukisan itu.
Tokoh-tokoh aliran impresionisme

Tokoh-tokoh terkenal yang mempromosikan atau mempromosikan atau mempopulerkan aliran seni ini ialah seperti:

  • Mary Cassat.
  • Claude Monet.
  • Aguste Renoir.
  • Casmile Pissaro.
  • Sisley.
  • Edward Degas.

4. Aliran ekpresionisme

aliran-seni-rupa-ekspresionisme-yang-indah
https://hamparan.net

Seni melukis ekspresionisme ialah sebuah aliran yang yang memberikan kebebasan untuk distorsi bentuk dan warna untuk membentuk sebuah emosi dan kejadian-kejadian untuk menampilkan sebuah sensasi dari dalam.

Ciri-ciri dari lukisan aliran

Berikut ini ialah ciri-ciri aliran ekspresionisme:

  1. Pengungkapan berwujud gambaran dari sebuah angan-angan.
  2. Lebih mengungkapkan perasaan seseorang.
  3. Sebagai pengungkapan emosional dari seorang seniman.
Tokoh-tokoh yang mempopuleran aliran ekspresionisme

Tokoh-tokoh seniman yang mempopulerkan aliran ekspresionisme ialah:

  • Paul Gaugiuin.
  • Zaini.
  • Vincent Van Gogh.
  • Affandi.
  • Popo Iskandar.
  • Ernast Ludwig.

7. Aliran abstraksionisme

contoh-aliran-abstraksionisme
https://hamparan.net

Aliran seni lukis abstrak ialah sebuah jenis seni rupa yang termasuk kesenian konteporer yang gambar yang di lukiskan tidak menggambarkan objek dunia yang sebenarnya. Namun tetap memakai warna serta bentuk dalam cara non-representasional.

Aliran seni abstrak ini berusaha lepas diri dari sensasi maupun asosiasi figuratif suatu subjek dan objek.

Ciri-ciri aliran abstraksionisme

Ciri-ciri seni lukis abstraksionisme ialah:

  1. Perpaduan dari warna yang sangat perspektif.
  2. Mempunyai bentuk yang tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang ada.
  3. Pemakaian garis, warna, serta bentuk yang ditampilkan tidak mengindahkan dari bentuk asli objek.
Tokoh-tokoh populer aliran abstraksionisme

Berikut ini adalah tokoh-tokoh seni lukis aliran abstraksionisme:

  • Bornet Newman.
  • Clyford Stil.
  • Mark Rothko.
  • Adolf Got Lieb.
  • Robert Montherwell.

8. Aliran seni lukis kubisme

contoh-lukisan-kubisme
https://hamparan.net

Melukis memakai aliran ini umumnya mempunyai bentuk-bentuk yang geometris layaknya segitiga, silinder, lingkaran, persegi, dan yang lainnya. Sampai membentuk sebuah lukisan yang terlihat indah dengan tambahan gradasi yang membentuk sebuah pola lukisan yang menawan.

Ciri-ciri aliran seni lukis kubisme

Di bawah ini adalah ciri-ciri dari seni lukis kubisme:

  1. Memperpadukan warna yang sangat perspektif.
  2. Lukisan ini berbentuk  geometri.
Tokoh-tokoh yang mempopulerkan aliran lukis kubisme
  • Gezzanne.
  • Pablo Picasso.
  • Robert Delaunay.
  • Albert Glazes.
  • Braque.
  • Fernand Lager.
  • Metzinger.

9. Aliran dadaisme

contoh-aliran-seni-dadaisme
https://hamparan.net

Aliran dadaisme ialah aliran yang menyampaikan sebuah karya seni artistik dari bentuk yang aneh, mengerikan, magis, dan kekanak-kanakan.

Ciri-lukisan dadsisme

Terdapat beberapa ciri-ciri yang menunjukkan lukisan dadaisme, di bawah ini ciri-cirinya:

  1. Pewarnaan yang tajam.
  2. Memiliki warna yang kontras.
  3. Menggambarkan karakter yang aneh.
Tokoh seniman yang mempopulerkan aliran dadaisme

Berikut ini seniman-seniman yang mempopulerkan aliran dadaisme:

  • Hans Arp
  • Duchamp.
  • Roull Haussman.

10. Seni lukis aliran futurimse

contoh-lukisan-aliran-futurisme
https://hamparan.net

Yang dimaksud dari aliran futurisme ialah aliran yang memakai sebuah objek lukisan yang terlihat seperti bergerak sama seperti objek aslinya.

Ciri-ciri aliran futurisme

Aliran futurisme mempunyai ciri-ciri di bawah ini:

  1. Memakai unsur ekspresi dalam sebuah desain.
  2. Memakai prinsip aneka tempat (multiple viewpoints).
  3. Memperhatian kedinamisan, kedisiplinan, dan gaya mengekspresikan sebuah kecepatan.
Tokoh-tokoh seniman seni lukis aliran futurisme

Di bawah ini para seniman yang mempopulerkan aliran seni lukis futurisme:

  • Giamocco Balla.
  • Carlo Carra.
  • Sculptor.

11. Aliran Fauvisme

aliran-seni-lukis-fauvisme-yang-indah
https://hamparan.net

Aliran fauvisme ialah seni lukis yang memberikan sebuah kebebasan berekspresi, sehingga menjadikan banyak objek dari lukisan yang dibuat kontras dengan lukisan yang aslinya.

Ciri-ciri aliran fauvisme

Di bawah ini ialah ciri-ciri aliran fauvisme:

  1. Pemakaian warna bercampur sampai tidak menunjukkan warna aslinya.
  2. Memiliki warna yang liar.
  3. Pemakaian sebuah garis disederhanakan sampai penikmat dapat melihat dengan jelas.
Tokoh-tokoh populer dari aliran fauvisme

Tokoh-tokoh yang mempopulerkan aliran seni lukis fauvisme ialah:

  • Rauol Dufi.
  • Maurece de Vlamink.
  • Andre Dirrain.
  • Henry Matisse.
  • Kess Van Dongen.

12. Seni lukis aliran klasikisme

Pengertian dari aliran klasikisme ialah sebuah aliran yang memiliki gambar atau lukisan yang berpenampilan klasik dan juga mempunyai sebuah ciri dan karakter tersendiri.

Aliran seni lukis klasikisme ini banyak terpampang di mancanegara ataupun di Indonesia ini sendiri. Aliran klasikisme ini banyak mengacu di dalam seni lukis Romawi Kuno dan Yunani Kuno.

Ciri-ciri lukisan aliran klasikisme
  1. Batasan warna bersih dan statis.
  2. Aliran klasikisme cenderung melebih-lebihkan objek lukisan.
  3. Bentuk lukisan klasikisme di dominasi dengan bentuk yang harmonis dan seimbang.
Tokoh-tokoh seni aliran klasikisme

Tokoh yang mengembangkan seni lukis aliran klasikisme diantaranya ialah:

  • Jan Ingles.
  • Barthlome Virgon
  • Jaques Lovis David.

Jadi kesimpulannya melukis itu ialah menuangkan semua cita rasa, emosional, ekspresi yang terdapat di dalam diri ke dalam media yang menghasilkan sebuah karya yang sangat indah dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Sangat banyak teknik dan aliran pilihlah sesuai apa yang membuat kamu paling nyaman untuk mempelajari seni melukis ini.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian seni lukis. Disini kami bukan hanya memberikan ulasan mengenai pengertian seni lukis saja, namun kami juga memberikan aliran seni lukis, unsur-unsur seni lukis, tenik seni lukis dan yang lainnya. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.