Pengertian Budaya Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Budaya Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Budaya –¬†Kalau mendengar kata budaya, pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Bahkan pada saat kita di sekolah pun pernah diajarkan mengenai budaya. Tapi apakah kamu sudah tahu apa itu yang dimaksud dengan budaya. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai apa itu budaya. Bukan pengertian saja, namun kami akan membahas lengkap beserta struktur budaya, ciri-ciri budaya, wujud Kebudayaan, dan yang lainnya. Untuk mempersingkat waktu langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Budaya Secara Umum

Yang dimaksud dengan budaya ialah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang atau diwariskan dari generasi ke generasi. Yang namanya budaya terbentuk dari sitem yang rumit, termasuk sistem agama dan sistem politik, adat istiadat, perkakas, bahasa, bangunan, pakaian, dan juga karya seni. Bahasa ini sebagaimana juga budaya, adalah sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Sehingga sangat banyak orang yang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Pada saat seseorang berusaha keras untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya pasti menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, hal ini membuktikan jika budaya itu dipelajari.

Budaya ialah suatu pola menyeluruh. Budaya bersifat abstrak, kompleks, dan juga luas. Sangat banyak aspek budaya yang turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan juga meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa alasan kenapa orang mengalami kesulitan pada saat dirinya sedang berkomunikasi dngan orang dari budaya yang lain terlihat di dalam definisi budaya. “Budaya ialah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang memaksa” itu mengambil bentuk-bentuk yang berbeda di dalam berbagai budaya seperti “imdividualisme kasar” yang terdapat di Amerika, “keselarasan idividu dengan alam” di Jepang dan “kepatuhan kolektif” di Cina.

Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan juga menetapkan dunia makna dan nilai logis yang bisa dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk mendapatkan rasa bermatabat dan juga pertalian dengan hidup mereka.

Dengan begitu, budaya inilah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan juga memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) budaya diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat istiadat. Secara tata bahasa, pegertian kebudayaan ini diturunkan dari kata budaya yang mana cenderung menunjuk untuk pola pikir manusia.

Pengertian Budaya Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia budaya ialah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya in terbentuk dari berbagai unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan sitem politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, bangunan, pakaian, dan juga karya seni. Bahasa ini sebagaimana juga budaya, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari dalam diri manusia sehingga banyak orang yang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Pengertian Budaya Menurut Kluckhohn dan Kelly

Dirinya mengungkapkan bahwa budaya ialah seluruh rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik itu yang eksplisit ataupun implisit, rasional, irasional, yang terdapat dalam suatu waktu, untuk pedoman yang potensional untuk perilaku manusia.

Pengertian Budaya Menurut Linton

Dirinya mengatakan jika budaya ialah keseluruhan daripada pengetahuan, sikap, dan juga pola perilaku yang merupakan kebebasan yang dimiliki dan juga diwariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu.

Pengertian Budaya Menurut E.B Taylor

Yang dimaksud budaya ialah suatu keseluruhan yang kompleks yang meliputi pengetahuan, seni, kepercayaan, kesusilaan, adat istiadat, hukum, juga kesanggupan dan juga kebiasaan yang lainnya yang dipelajari oleh manusia untuk anggota masyarakat.

Pengertian Budaya Menurut Koentjaraningrat

Menurutnya budaya ialah suatu sistem gagasan dan rasa, tindakan juga karya yang dihasilkan manusia di dalam kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan cara belajar.

Pengertian Budaya Menurut Soemardjan dan Soemarji

Mereka mengatakan jika budaya ialah seluruh hasil karya, cipta, dan rasa di dalam masyarakat. Karya dari masyarakat akan menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan ataupun kebudayaan jasmaniah (yang dapat disebut dengan material culutere) yang dibutuhkan langsung oleh manusia untuk menguasai alam di sekitarnya supaya kekuatan juga hasil bisa diabadikan untuk kebutuhan masyarakat.

Pengertian Budaya Menurut Branislaw Malinowski

Dirinya berpendapat jika budaya ialah kesatuan unit terorganisir yang dibagi ke dalam dua aspek fundamental, yakni seperangkat artefak dan sistem adat istiadat.

Pengertian Budaya Menurut Levi Strauss

Dirinya melihat kebudayaan sebagai perwujudan kmponen struktur sosial yang asalnya dari alam pikran manusia dan dilakukan secara berulang sampai membentuk kebiasaan.

Pengertian Budaya Menurut Lucman

Dirinya mengatakan jika budaya ialah karakteristik unik yang melekat dalam kehidupan sehari-hari suatu suku bangsa.

Pengertian Budaya Menurut Menurut Melville J. herskovits

Mendefinisikan jika budaya untuk produk manusia untuk bagian dari lingkungannya. Dengan kata yang lain, manusia senantiasa berada di dalam suatu lingkungan dan menghasilkan produk berupa budaya.

Pengertian Budaya Menurut Cliffot Geertz

Dirinya mengartikan budaya untuk pola pemaknaan yang ditransmisikan secara historis dan melekat di dalam simbol-simbol. Budaya menurut dirinya bisa diperlakukan seperti teks, yang mana untuk memahaminya dibutuhkan interprestasi melalui investigasi atas simbol-simbol.

Pengertian Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara

Beliau mengungkapkan budaya merupakan buah budi manusia ialah hasil perjuangan manusia kepada dua pengaruh yang kuat, yaitu alam dan zaman (kodrat dan Masyarakat) yang mana merupakan sebuah bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan juga penghidupannya guna untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan bersifat damai.

 Pengertian Budaya Menurut Drs. Mohammad Hatta

Beliau mengatakan kebudayaan ialah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

Pengertian Budaya Menurut Parsudi Suparlan

Kebudayaan didefinikasikan untuk keseluruhan pengetahuan manusia untuk makhluk sosial yang dipakai untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamannya juga menjadi landasan untuk tingkah-lakunya.

Pengertian Budaya Menurut Effat al-Syarqawi

Menurutnya kebudayaan ialah sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin di dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yakni kesaksisan dan nilai-nilai yang menggariskan untuk kehidupan suatu tujuan ideal dan juga makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontrakdisi ruang dan waktu.

Pengertian Budaya Menurut Haji Agus Salim

Menurutnya budaya ialah manifestasi dari cara berfikir.

Pengertian Budaya Menurut Andreas Eppink

Dirinya mengungkapkan suatu kebudayaan mengandung semua pengertian norma sosial, nilai sosial, dan juga ilmu pengetahuan beserta semua struktur sosial, dan yang lainnya. Segala pernyataan yang artistik dan juga intelektual yang menjadi suatu ciri khas di dalam suatu masyarakat.

Unsur-unsur Budaya

tari-bali-indah
https://blog.misteraladin.com

Sesudah kita membahas mengenai pengertian budaya, baik itu pengertian budaya secara umum ataupun pengertian budaya menurut para Ahli, di bawah ini ialah pembahasan mengenai unsur-unsur dari budaya.

Di bawah ini ialah unsur-unsur yang ada di dalam budaya:

1. Bahasa

Bahasa ialah suatu pengucapan yang indah di dalam suatu bidang kebudayaan. Hal itu dapat menjadi media perantara yang paliing utama untuk manusia untuk melanjutkan kebudayaan dan mempraktikan kebudayaan.

2. Pengetahuan

Pengetahuan ini membahas mengenai ilmu pengetahuan mengenai keadaan lingkungan manusia dan sifat peralatan yang dipakainya. Sistem pengetahuan ini mencakup tumbuhan dan binatang, ruang dan waktu, perilaku, dan juga sifat manusia, ruang pengetahuan mengenai alam, dan yang lainnya.

3. Kemasyarakatan

Adalah sekumpulan masyarakat yang saling berempati. Hal ini mencakup kesatuan hidup, kenegaraan, perkumpulan organisasi, dan yang lainnya.

4. Peralatan Teknologi Hidup

Semua teknik yang terdapat pada manusia. Mencakup seluruh sifat, tindakan, dan juga perilaku manusia. Hal ini berkaitan dengan pemrosesan bahan baku mentah dan pengumpulannya yang bertujuan untuk keperluan manusia.

5. Mata Pencaharian Hidup

Semua aktivitas manusia yang bertujuan untuk memperoleh keperluan sehari-hati. Hal ini meliputi berburu, ekonomi, menanam, perkebunan, perdagangan, dan yang lainnya.

6. Kesenian

Seluruh hal yang berkitan dengan hasrat atau nafsu atau keinginan manusia kepada usatu keindahan. Secara umum, bentuk dari kesenian ini ialah seni tari, seni suara, dan seni rupa.

7. Religi atau Agama

Suatu sistem keyakinan dan keagamaan yang telah saling padu di dalam masyarakat. Hal ini berhubungan dengan hal-hal suci yang tidak bisa dilogika oleh pikiran manusia. Sistem religi ini meliputi pandangan hidup, komunikasi agama, keyakinan upacara keagamaan.

Read: Seni Rupa Murni Beserta Pengertian, Jenis, Contoh Lengkap

Wujud Kebudayaan

presean-dmy
https://alqolam-kmntbmedia.blogspot.com

Secara garis besarnya, wujud dari suatu budaya mempunyai 3 wujud, yakni pokok gagasan atau idek pokok, dan hasil budaya. Untuk penjelasan lebih lnjut mengenai wujud budaya, kalian dapat menyimak penjelasan berikut ini.

1. Gagasan atau Ide Pokok

Makudnya ialah suatu pola pikir atau cara pikir yang terbentuk dari semua ide dan gagasan yang bersifat abstrak. Hal ini terletak dalam alam sadar atau pikiran manusia. Ekspetasi masyarakat untuk segala sesuatu yang mereka lihat dan mereka amati juga jalani di dalam kehidupan sehari-hari.

2. Aktivitas

Aktifitas ialah suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini terbentuk di dalam suatu bentuk sistem sosial, sehingga hal ini menyebabkan manusia dapat saling berkaitan dan berinteraksi ataupun bekerjasama untuk melakukan suatu kegiatan dengan manusia yang lain sesuai dengan adat istiadat dan kebiasaan masing-masing.

3. Hasil Budaya

Adalah suatu hasil karya yang dihasilkan oleh kegiatan dan aktivitas manusia, baik itu berupa fisik ataupun berupa benda. Hal ini disebabkan oleh ide ataupun gagasan yang diterapkan di dalam aktivitas manusia bisa dilihat, didokumentasikan diamati secara langsung dan nyata.

Kebudayaan dapat juga digolongkan atas dua komponen utama yang berdasarkan dari wujudnya, yaitu.

1. Kebudayaan Material

Untuk kebudayaan material ini memang lebih mengacu kepada semua ciptaan dari masyarakat yang nyata dan konkret. Kalau sedang membicarakan apa saja yang termasuk dalam sebuah kebudayaan material, maka terdapat beberapa hal yang termasuk kebudayaan seperti temuan-temuan di mana adalah hal yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi. Contohnya seperti, mangkuk tanah liat, perhiasan, senjata, dan yang lainnya. Biasanya, kebudayaan material juga akan mencakup barang-barang, seperti pesawat terbang, pakaian, televisi, stadion olahraga, gedung yang sangat tinggi, dan mesin cuci.

2. Kebudayaan Nonmaterial

Yang kedua ialah kebudayaan nonmaterial, di mana kebudayaan nonmaterial ini adalah ciptaan-ciptaan abstrak dimana diwariskan dari generasi ke generasi yang seterusnya. Misalnya saja dengan berupa cerita rakyat, dongeng, juga lagu ataupun tari-tarian tradisional.

Konsep Budaya

reog-ponorogo
https://www.pegipegi.com

Berdasarkan dari pengertian budaya dan unsur-unsur budaya yang telah dijelaskan diatas tadi. Istilah dari budaya yang dimasukkan di dalam konsep dari masing-masing bidang sosial, poliik, antropologi, ekonomi, dan yang lainnya.

Konsep budaya bisa dipahami seiring dengan berjalannya perubahan tingkah laku dan juga struktur dari masyarakat itu sendiri. Perubahan itu terjadi karena terdapatnya perubahan teknologi dari zaman ke zaman.

Istilah budaya adalah hasil dari kajian komprehensif yang pengertiannya ialah suatu subjek kajian.

Faktor Budaya

keunikan-tari-jaranan-sebuah-atraksi-kesenian-tradisional-asli-dari-kediri-dmy
http://vivahotelkediri.com

Adapun faktor-faktor di dalam budaya, baik itu faktor pendorong ataupun faktor penghambat. Di bawah ini ialah faktor-faktor budaya itu.

1. Faktor Pendorong Terjadinya Budaya

1. Adanya generasi penerus yang sudah siap untuk melanjutkan budaya.

2. Terdapatnya niatan untuk melestarikan budaya.

3. Timbul dan tertanam di dalam hati rasa akan cinta budaya.

4. Tetap menjaga kelestarian budaya supaya budaya tidak lenyap.

5. Terdapatnya perubahan di dalam lingkungan hidup yang dapat mendukung berkembangnya budaya, dan yang lainnya.

2. Faktor Penghambat Terjadinya Budaya

1. Generasi para penerus yang tidak peduli dengan terdapatnya budaya.

2. banyaknya budaya asing yang masuk sehingga dapat menggeser budaya lokal.

3. Tidak terdapat rasa di dalam diri untuk tetap melestarikan budaya.

4. Tidak adanya kesadaran masyarakat akan betapa indahnya berbagai macam kebudayaan Indonesia.

5. Menganggap jika kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan kuno yang telah ketinggalan zaman, dan yang lainnya

Fungsi dan Manfaat Budaya

Fungsi yang paling utama dari budaya ialah kita dapat mempelajari suatu warisan yang berasal dari nenek moyang kita. Budaya dan seluruh unsur yang terdapat di dalamnya mempunyai ikatan dengan waktu dan bukan merupakan kuantitas statitis.

Budaya dapat berubah kalau faktor yang mendorong perubahan itu. Faktor itu juga akan menentukan cepat atau lambatnya budaya akan mengalami sebuah perubahan.

Di bawah ini ialah beberapa fungsi dan manfaat budaya.

1. Meningkatkan untuk rasa nasionalisme.

2. Untuk media belajar.

3. Timbul akan rasa toleransi dan empati.

4. Sebagai arana untuk menjalin sosialisasi.

5. Masyarakat menjadi lebih saling untuk menghargai.

Contoh-contoh Budaya

contoh-budaya-dmy
https://bebasketik.com

Berikut ini ialah beberapa contoh budaya yang terdapat di Negara Indonesia.

1. Musik dangdut

3. Rumah adat Papua

4. Yamko rambe yamko.

5. Gotong royong.

6. Ngaben.

7. Pesta bakar batu di Papua.

8. Musik keroncong, dan yang lainnya.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai budaya. Mulai dari unsur-unsur budaya, contoh budaya, pengertian budaya, wujud budaya, fungsi dan manfaat budaya, faktor budaya, konsep budaya, dan yang lainnya lengkap. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah ilmu dan wawasan bagi kamu. Terima Kasih.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan komentar