Pemanasan Global Beserta Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasi

Pemanasan Global Beserta Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasi

Pemanasan Global – Hallo para pembaca, kali ini saya akan memberikan informasi kepada kamu mengenai pemanasan global. Di dalam istilah asing, yang namanya pemanasan global ini di sebut juga dengan nama global warming. Dan global warming ini sendiri sudah terjadi di berbagai belahan bumi. baik itu timur, barat, utara, ataupun selatan. Padalah, kalau di dalami lebih lanjut lagi, pastinya yang namanya global warming ini sangat tidak baik atau istilahnya sangat buruk.

Bukan hanya untuk kelangsungan bumi saja, namun juga untuk kehidupan manusia. Namun memang tidak bisa di pungkiri juga jika fakta pun telah menunjukkan jika yang menyebabkan global warming tak lain ialah manusia itu sendiri.

Jika berbicara lebih jauh tentang pemanasan global, terdapat banyak sekali unsur yang harus menjadi titik pembahasan. Pengetahuan tentang pemanasan global ini pun sangat penting. Sehingga memang harus di dalami. Dan juga harus di mengerti sebaik mungkin. Bahkan, ini juga perlu kamu ketahui jika tidak jarang penyebab, dampak. Ataupun global warming secara umum dijadikan salah satu pembahasan khusus di beberapa jenjang pendidikan.

Melihat hal tersebut, pasti saat ini menjadi sangat penting bagi kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai global warming. Lengkap dengan beragam cangkupannya. Dan juga saat ini semakin banyak yang mengenali mengenai global warming. Maka jelas akan semakin baik lagi sebab pencegahannya akan semakin rata.

Nah, sampai disini pasti kamu penasaran bukan dengan apa saja yang perlu untuk kamu ketahui tentang global warming. Di dalam materi pemanasan global, akan langsung kamu temukan penyebab, proses terjadinya, dampak yang ditimbukan, juga cara mengatasinya. Dan juga memang kalau kamu ingin mengenal lebih jauh lagi, jangan khawatir sebab solusinya dapat kamu temui disini. Dan untuk lebih jelasnya lagi, mari langsung saja kamu simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Pemanasan Global

pemanasan-global-dmy
https://karyapemuda.com

Kalau dikupas lebih jauh lagi, yang namanya pemanasan global ini masuk ke dalam kategori suatu kondisi. Di mana bukan lain kondisi itu ialah kondisi pemanasan suhu bumi. Dengan kata lain ialah pada saat pemanasan global ini terjadi, maka suhu bumi meningkat. Dan peningkatan tersebut berad di atas rata-rata sehingga sudah tidak heran lagi kalau memang cukup mengawatirkan.

Nah, jika menurut Natural Resources Defece Council, yang dimaksud dengan pemanasan global ini adalah kondisi yang mana suhu rata-rata permukaan bumi meningkat. Yakni sebagai akibat dari konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih. Jika secara lebih lanjut, yang namanya pemanasan global ini akan sangat berakibat pada kualitas hidup manusia sebagai penduduk bumi.

Berbicara tentang pemanasan global, ini perlu di sadari jika hal ini tidak dapat terlepas juga dari adanya pencemaran udara. Dengan suhu udara yang panas, maka otomatis suhu bumi pun juga akan ikut menjadi panas. Yang mengeluarkan volume peningkatan karbondioksida dan juga gas rumah kaca yang lainnya ialah pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan lahan, pertanian, dan juga aktifitas lainnya. Yakni yang sejenis dan cukup mengurangi kesegaran udara di bumi ini.

Jika menurut penelitian dan juga berbagai sumber, bberapa aktifitas yang sudah di sebutkan diatas diyakini sebagai sumber utama adanya pemanasan global selama 50 tahun terakhir ini. Namun juga terdapat beberapa hal yang berhubungan lebih khusus yang mana memang menyebabkan global warming. Yang mana penyebab itu akan di bahas di dalam poin yang berikutnya.

Penyebab Pemanasan Global

penyebab pemanasan global-dmy
http://www.pakmono.com

Kalau berbicara penyebab global warming secara lebih spesifik, sebenarnya tak ada yang dapat di jadikan sebagai acuan tetap. Sebab memang untuk sumber dari pemanasan suhu bumi ini cukup banyak. Terdapat banyak poin yang memang harus menjadi suatu perhatian khusus. Terdapatnya banyak sumber ini pun memang harus di akui. Sedangkan dari beberapa sumber pemanasan global yang dimaksud dapat kamu lihat di dalam daftar berikut ini.

Emisi gas rumah kaca dan juga bahan bakar fosil

Di dalam hal ini emisi gas rumah kaca juga bahan fosil sebagaimana sudah di singgung pada sebelumnya. Memang ini menjadi penyebab inti terjadinya dari global warming itu sendiri. Nah, kalau kita lihat lebih dalam lagi. Bahkan bahan bakar fosil ini tidak hanya berhenti pada akibat pemanasan global. Namun juga pencemaran tanah. Hal ini sebetulnya sudah di mulai sejak terjadinya revolusi industri beberapa abad yang lalu, yaitu pada tahun 1700-an.

Sejak saat itu, manusia mulai mencemari udara dengan pemakaian berbagai bahan bakar fosil, batubara, minyak, dan yang lainnya. Dan tanpa terkendali termasuk di dalam hal ini sebagaimana pemakaian gas untuk menjalankan mobil, truk, dan juga pabrik-pabrik yang sampai saat ini semakin kesini semakin pesat saja.

Namun sejauh ini perlu kamu ketahui jika efek dari rumah kaca ini untuk bumi tidak selalu negatif saja. Apalagi jika mengingat secara umum hal ini memang sangat diperlukan utamanya oleh penduduk bumi itu sendiri.

Kalau tidak ada gas itu, maka suhu bumi pun akan menjadi terlalu dingin dan manusia tidak dapat menempatinya sebab tidak sesuai dengan suhu yang seharusnya.

Hanya saja, dengan pemakaian yang berlebihan, suhu bumi dapat terlalu panas juga. Bahkan bisa jadi suatu saat akan mencapai suhu yang maksimal. Yang mana makhluk hidup pun tidak sanggup lagi untuk tinggal di permukaannya.

Gas metana

Penyebab berikutnya dari global warming ini tidak lain ialah gas metana. Yang mana gas metana ini paling utama yang dapat menyebabkannya ialah yang berasal dari peternakan. Hal ini sebab menurut faktanya, di bandingkan industri minyak, peternakan sapi ini akan lebih banyak menghasilkan gas metana. Bahkan, telah terbukti jika di Amerika Serikat, sebanyak 20 % gas metana yang terdapat produksinya ialah dari sendawa dan kentut ternak.

Karbondioksida

Karbondioksida yang berlebih dengan cirinya yang mana memang panas juga akan menjadi penyebab utama dari global warming. Padahal faktanya sekarang ini, kalau dibandingkan dengan 800 tahun terakhir. Karbondioksida yang terdapat di atmosfer bumi memang yang paling banyak.

Penyebab banyaknya karbondioksida ini juga sangat banyak dan salah satunya ialah pembakaran fosil. Hal ini di buktikan dengan keadaan Amerika sendiri. Yang mana sekalipun hanya mempunyai 4 persen polusi dunia. Namun di sana memproduksi 25 % karbondiosida sebab pembakaran fosil itu. Pasti ini ialah angka terbesar di bandingkan dengan angka manapun.

Perubahan iklim global

Perubahan iklim global juga mempunyai potensi besar pada pemanasan. Bahkan di samping itu, untuk perubahan iklim global ini dampaknya dapat di lihat dan di amati secara langsung pada lingkungan setempat. Katakan saja seperti pada saat mencairnya glester, terdapatnya es di sungai, dan juga aliran air menjadi lebih cepat dari yang sebelumnya. Di samping itu juga kemunculan flora ataupun fauna yang penyebarannya semakin umum dan juga tidak sebagaimana data yang sudah di rinci sebelumnya.

Adanya pemanasan suhu

Di dalam hal ini hubungan global warming memang sangat erat dengan yang namanya pemanasan suhu.Dampak dari pemanasan suhu yang besar ini pun sebetulnya memang sangat mengkhawatirkan. Bahkan tercatat 600.000 kematian di tahun 1990 an terjadi akibat dari bencana alam yang berhubungan erat dengan cuaca ini sendiri.

Sedangkan untuk sejauh beberapa tahun terakhir ini, pemanasan terbesar yang terjadi ialah di tahun 2004 sesudah terakhir sebelum itu di tahun 2010.

Di samping mengakibatkan kematian, suhu yang memanas ini pun dapat berdampak buruk untuk mereka yang mengidap beberapa penyakit tertentu.

Akan tetapi sebenarnya di samping global warming yang kerap di hubungkan dengan suhu panas, menurut penelitian ini dapat menyebabkan hal sebaliknya terjadi. Katakan saja seperti contohnya menjadi gurunnya hutan hujan amazon dan gurun di Arab Saudi menjadi lebih hijau juga ramah lingkungan.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

proses-terjadinya-pemanasan-global
https://hidupsimpel.com

Pemanasan global ini tidak serta merta terjadi begitu saja. melainkan terdapat proses yang cukup penting juga untuk di ketahui sebagai penambahan wawasan mengenai global warming.

Pemanasan global ini terjadi dengan di awali dengan cahaya matahari di mana sebagian tersebut dikembalikan ke asalnya. Namun sebagian di serap langsung oleh bumi. Sedangkan untuk pengembalian ini di dalam bentuk radiasi inframerah yang akan di lewatkan di atmosfer.

Akan tetapi, semakin banyaknya radiasi ini di atmosfer akan menimbulkan lubang ozon.

Nah, dengan banyaknya lubang ini, maka dibandingkan yang dikembalikan. Radiasi ini akan langsung di serap kembali oleh bumi. Sehingga menjadi semakin panas semakin harinya. Dan pada akhirnya bumi pun memancarkan radiasi inframerah dan langsung di serap kembali oleh CO2. CO2 ini sebagian kembali ke angkasa akan tetapi sebagiannya itu kembali lagi ke bumi. Nah, yang disebut dengan pemanasan globalnya ialah CO2 yang mana kembali lagi ke bumi itu.

Dampak Pemanasan Global

Dampak-Pemanasan-Global-dmy
https://www.berbagiteknologi.com

Jika berbicara akan dampak dari pemanasan global ini, pasti sangat variatif dan juga menyentuh beragam aspek kehidupan. Yang pertama ialah mencairnya puncak es. Hal tersebut bahkan hingga menyebabkan permukaan laut di kutub utara meningkat untuk yang pertama kalinya sesudah ratusan tahun terakhir. Bahkan hingga kapal dapat melewati kawasan yang awalnya tertutup oleh es.

Pemanasan global ini sendiri juga akan sangat membahayakan ekosistem terumbu karang. Yang mana sangat di khawatirkan ilmuan mereka tidak dapat beradaptasi dengan cepat. Padahal terumbu karang ini seharusnya di jaga. Bahkan di tahun 1998, dunia telah kehilangan 16 dan juga terumbu karangnya.

Selain itu, di samping di kutub utara banyak pencairan, secara umum pun untuk permukaan laut akan meningkat dengan sendirinya sehingga dapat membahayakan mereka yang tinggal di pesisir. Kalau penurut penelitian, sejak 1870 an permukaan air laut global pun sudah baik sekitar 8 inci. Kalau ini terus terjadi, pasti semakin lama akan semakin mengkhawatirkan.

Bahkan sampai sekarang ini presentase peningkatan permukaan laut telah mencapai 30 %. Sedangkan es nya pun setiap hari terus mencair akibat dari pemanasan global. Namun, tidak bisa di pungkiri juga jika memang beberapa ilmuan berpandangan positif kepada pemanasan global. Di antara mereka ada juga yang mendorong terjadinya hal ini. Di planet mars sehingga planet itu bisa di tempati oleh manusia suatu hari nanti.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

mengatasi-pemanasan-global-menanam-pohon-atau-reboisasi
https://karyapemuda.com

Terdapat banyak sekali cara yang dapat mendukung untuk dipakai di dalam mengatasi pemanasan global. Namun yang lebih sulit lagi di dalam hal ini pasti ialah realisasinya secara rutin.

a. Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil

Untuk hal pertama yang dapat dijadikan sebagai solusi ialah mengurangi pemakaian bahan bakar fosil. Namun tentu saja tidak dilakukan oleh salah seorang saja. Namun harus semuanya sehingga dapat seimbang dan benar-benar terlaksana. Selain itu dapat juga di dukung dengan beralih kepada pemakaian bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. Sehingga juga dapat semakin menjaga alam.

Kalau kamu ialah seorang yang cukup produktif juga cukup ahli di dalam beberapa bidang pengetahuan. Di dalam hal ini kamu bisa langsung mulai berinovasi dan juga menyumbangkan produk yang sekiranya akan banyak dipakai dengan kriteria ramah lingkungan.Dengan demikian pemanasan global dapat lebih dikurangi lagi.

b. Berhemat / mengurangi perjalanan jauh memakai kendaraan pribadi

Untuk yang selanjutnya adalah kamu dapat memulai berhemat di dalam segala sesuatu dan mengurangi tingkat perjalanan jauh memakai kendaraan pribadi. Hal ini akan langsung berdampak pada semakin berkurangnya jumlah bahan bakar yang kamu konsumsi. Sekaligus berkurangnya efek rumah kaca juga polusi udara ataupun pencemaran tanah.

c. Mengurangi pemakaian produk luar negeri

Hal-hal lain yang cukup mendukung di dalam hal ini diantaranya juga seperti mengurangi pemakaian produk luar atau memilih memakai produk lokal. Dengan demikian, secara tidak langsung dan tanpa kita sadari, kamu dapat ikut mengurangai transportasi yang memang menyebabkan global warming.

d. Mengurangi mengkonsumsi daging

Di dalam hal ini kamu juga dapat membantu dengan cara mengurangi mengkonsumsi daging. baik untuk kamu sendiri ataupun keluarga. Alasannya ialah daging juga ternak adalah dua hal yang berkaitan erat. Sebab ternak banyak menghasilkan gas metana. Pastinya demikian juga dengan dagingnya. Dan juga semakin berkurangnya keperluan ternak, maka hal ini akan semakin berkurang pula perkembangbiakannya.

e. Mengurangi penebangan pohon secara liar

Satu hal lagi yang belum disebutkan disini ialah masalah penanaman dan juga pengurangan penebangan pohon. Di dalam hal ini pohon maupun tumbuhan hijau adalah penghasil oksigen. Yang mana seharusnya menjadi unsur yang sangat berperan penting di dalam menjaga suhu bumi.

Namun sejauh ini puluhan juta hektar hutan sudah di gunduli. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kalau penebangan pohon itu di kurangi dan memulai kembali reboisasi (penghijauan).

f. Menghemat pemakaian listrik

Selain itu, yang cukup penting lagi ialah melakukan penghematan kepada pemakaian listrik. Jadi, pada saat kamu memang telah tidak memerlukan listrik lagi, silahkan cabut dayanya. Sehingga dapat mendukung pendinginan suhu bumi. Kalau beberapa hal sepele tersebut di terapkan, maka akan sangat baik dampaknya untuk kehidupan ini.

Gambar Pemanasan Global

pemanasan-global
https://informazone.com
kebakaran-hutan
https://www.kaskus.co.id
Gambar-Penyebab-Pemanasan-Global-Dmy
ilmugeografi.com
Asap-Pabrik-Penyebab-Pemanasan-Global-Dmy
ilmugeografi.com

Jika berbicara tentang pemanasan global, maka akan lebih baik lagi mengenal bagaimana ilustrasinya. Oleh sebab itu, perlu sekiranya untuk melihat gambar pemanasan global ini sendiri, baik secara bagan ataupun secara real. Dengan kita mengenali bagaimana sebenarnya gambar dari pemanasan global ini, maka kamu dapat semakin paham dengan apa saja yang sudah di jelaskan sebelumnya di atas. Sebab itulah, di sini akan di sajikan gambar tentang pemanasan global dari berbagai aspek.

Demikian ulasan yang disajikan tentang pemanasan global atau dalam bahasa lain lebih dikenal dengan nama global warming. global warming ini sendiri mempunyai dampak yang sangay signifikan sekali. Memang untuk kehidupan di bumi dan juga manusia itu sendiri. Padahal dari berbagai sebab sepele di atas, pastinya tidak bisa di pungkiri lagi kalau yang menyebabkan adanya global warming secara besar-besaran pun ialah manusia itu sendiri.

Oleh sebab itu sedikit demi sedikit manusia ini harus mulai memperbaikinya. Sehingga bumi kita dapat terselamatkan secara perlahan. Namun perlu di garis bawahi, jika perbaikan masalah suhu bumi ini pastinya tidak dapat di lakukan stu pihak saja. Melainkan setiap orang harus bekerja sama, sehingga upayanya dapat lebih maksimal.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.