Pakaian Adat Di Indonesia Beserta Nama, Gambar, dan Provinsi Asalnya

Pakaian Adat Di Indonesia Beserta Nama, Gambar, dan Provinsi Asalnya

pakaian-adat-Bangka-Belitung

Pakaian adat – Pakaian adat ialah pakaian yang mempunyai ciri khas tertentu yang dijadikan sebagai identitas dari suatu daerah. Ciri tersebut bisa berupa warna, bahan, motif dll. Di Indonesia tercinta ini hampir setiap daerah mempunyai yang menjadi identitas dari masyarakatnya.

Keunikan baju adat di Indonesia terlepas juga dari pengaruh sebuah kerajaan yang dahulu pernah berdiri di seluruh pelosok nusantara, dan juga pengaruh dari penjajahan asing dan pedagang kuno. Misalnya seperti di wilayah yang dekat dengan jalur sutera contohnya, pengaruh Arab, China, India, sampai Eropa.

Menurut sejarahnya, pakaian daerah dan alkuturasi budaya ini terjadi karena beberapa hal.  Banyak juga para pendatang yang tinggal dan menetap di wilayah nusantara dan mereka memutuskan untuk menjadi pedagang dan sampai menikah dengan penduduk lokal. Jadi tidak heran kalau pakaian di negara Indonesia ini mempunyai banyak variasi di setiap provinsinya. Contohnya saat zaman kerajaan yang sangat melekat dengan kerajaan hindu, tetapi pada saat agama islam telah masuk ke tanah air, pakaian ini mengalami banyak modifikasi. Di samping itu di wilayah yang berdekatan terkesan mempunyai dasaran yang sama, contohnya kebaya dan baju khas Melayu. Tetapi yang menjadi perbedaannya adalah sentuhan budaya yang sudah melekat pada saat itu.

Mungkin anak zaman sekarang sudah langka dengan ketertarikan kebudayaan yang terdapat di Indonesia ini. Mungkin hal itu disebabkan karena anak-anak zaman sekarang terlalu sibuk dengan urusan pribadi mereka contohnya seperti, bermain gadged, berbelanja, pergi kencan, pergi kesalon, atau kegiatan yang lainnya sampai-sampai mereka tidak mengetahui betapa banyak kebudayaan yang ada di sekeliling mereka.

Kalau bukan kita yang melestarikan kebudayaan dan tradisi tersebut lalu siapa lagi? contohnya kita dapat mengetahui kebudayaan masing-masing. Di bawah berikut adalah pakaian dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, langsung saja kita simak ulasan di bawah berikut :

 

1. Pakaian Adat Provinsi Sumatra Utara – Pakaian Tradisional Ulos

Pakaian-adat-Melayu-sumatera-utara-

Pakaian yang terdapat di Sumatra Utara ini biasanya di sebut dengan pakaian adat ulos. Pakaian ini oleh masyarakat Batak Karo ini sangat di yakini sebagai ajimat. Karena pakaian adat ini sangat di percaya memiliki daya magis yang sangat tinggi, jadi yang memakai pakaian adat ini bukan orang yang sembarangan.

2. Pakaian Adat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam – Pakaian Tradisional Ulee Balang

pakaian-adat-perkawinan-aceh-

Pakaian yang berasal dari Naggroe Aceh darussalam ini biasanya di sebut dengan pakaian ulee balang. Pakaian ini yang memakainya adalah orang terpenting di Aceh, yang memakainya adalah para raja beserta dengan keluarganya.

3. Pakaian Adat Provinsi Sumatra Barat – Pakaian Tradisional bundo Kanduang

pakaian-adat-sumatera-barat-

Pakaian yang berasal dari Sumatra Barat ini pada biasanya di bagi menjadi dua macam. Pakaian bundo kanduang dan pakaian penghulu. Pakaian bundo kanduang pada biasanya terdapat di Minangkabau Sumatra barat.

4. Pakaian Adat Provinsi Riau – Pakaian Tradisional Melayu

Pakaian-adat-Riau-

Pakaian yang berasal dari Riau ini biasanya di sebut dengan pakaian Melayu. Di daerah Riau ini ada tiga jenis pakaian adat yaitu Siak, Indragiri, dan Bengkalis Riau. Dari masing-masing pakaian yang terdapat di provinsi riau memiliki corak yang berbeda.

5. Pakaian Adat Provinsi Kepulauan Riau – Pakaian Tradisional Belanga

Pakaian-adat-pernikahan-kepulauan-riau-

Di dalam kehidupan masyarakat Melayu khususnya kaum laki-laki pakaian yang di pakai berupa pakaian atasan dan pakaian itu di sebut teluk belanga. Yang di maksud teluk belanga adalah pakaian yang terdiri dari kain samping, celana, lengkap dengan songkok khas masyarakat Kepulauan Riau. Kalau untuk pakaian adat wanita pada umumnya berupa pakaian kurung dan selendang. Cara untuk menggunakan selendang tersebut adalah dengan di sampirkan di pundak.

6. Pakaian Adat Provinsi Jambi – Pakaian Tradisional Melayu Jambi

pakaian-adat-pengantin-jambi-

Pakaian dari Jambi ini hampir mirip dengan pakaian adat yang terdapat di Pulau Sumatra pada biasanya, yaitu pakaian adat Melayu. Pakaian yang berasal dari daerah Jambi pada umumnya memang tergolong glamor karena di berikan sulaman benang emas dan di tambah lagi dengan hiasan yang sangat mewah untuk melengkapi pakaian yang terdapat di Jambi tersebut.

7. Pakaian Adat Provinsi Sumatra Selatan – Pakaian Tradisional Aesan Gede

pakaian-adat-sumatera-selatan-paksian

 

Pakaian yang berasal dari provinsi Sumatra Utara biasanya di sebut dengan pakaian aesan gede. Pakaian ini dahulu terinspirasi oleh kerajaan Sriwijaya di mana kerajaan Sriwijaya pada masa itu ialah kerajaan yang berjaya di daerah Sumatra Selatan.

8. Pakaian Adat provinsi Bangka Belitung – Pakaian  Tradisional Paksian

pakaian-adat-Bangka-Belitung

Pakaian yang berasal dari Sumatra utara ini biasanya di sebut dengan pakaian paksian. Kalau untuk perempuan memakai baju adat kurung yang berwarna merah cerah yang bahannya dari kain sutra dan di kepalanya biasanya menggunakan mahkota yang di sebut dengan Paksian. Kalau untuk pakaian kaum laki-laki pada umumnya sama seperti yang di pakai kaum wanita yaitu memakai baju yang berwarna merah. Yang membedakannya ialah mereka menggunakan sorban atau yang lebih gampang di kenal dengan nama Sungkon.

9. Pakaian Adat Provinsi Bengkulu – Pakaian Tradisional Bengkulu

pakaian-adat-suku-bangsa-bengkulu-

Pakaian tradisional yang di pakai kaum laki-laki pada umumnya menggunakan jas, alas kaki, celana panjang, dan sarung, alas kaki tersebut juga lengkap beserta penutup kepala dan keris. Sedangkan untuk pakaian yang di pakai untuk kaum perempuan pada umumnya menggunakan baju kurung yang memiliki lengan panjang, di taburi dengan pola-pola khas masyarakat Bengkulu. Di sulam dengan emas yang berbentuk lempengan bulat yang mirip dengan uang logam.

10. Pakaian Adat Provinsi Lampung- Pakaian Tradisional Tulang Bawang

pakaian-adat-lampung-

Pakaian yang berasal dari Lampung ini kalau kita lihat secara langsung banyak di temukan perbedaan antara pakaian adat lampung bagian pesisir dan pakaian Lampung daratan. Tetapi meskipun mempunyai sedikit perbedaan yaitu masih mempunyai kesamaan terlihat masih sama-sama memakai kain tapis yang di hiasi dengan logam kuningan sehingga mempercantik pakaian ini.

Dan terkesan sangat mewah. Yang di maksud dengan kain tapis adalah sebuah kain yang di tenun dengan proses yang masih manual dengan menggunakan tinta emas yang di cetak langsung dengan tangan yang sudah terampil sehingga terbentuklah kain tapis yang sangat indah. Pakaian tersebut kalau di pakai oleh pengantin akan terlihat sangat berkharisma.

11. Pakaian Adat Provinsi DKI Jakarta – Pakaian Tradisional Betawi

pakaian-adat-jakarta-betawi-

Pakaian yang berasal dari daerah Jakarta ini di namakan dengan pakaian adat betawi. Pakaian ini sangat di pengaruhi oleh berbagai warga Jakarta yang sangat beragam budayanya. Contohnya, Budaya Arab, Budaya Barat, dan Budaya Melayu.

12. Pakaian Adat Provinsi Jawa Barat – Pakaian Tradisional Kebaya

pakaian-adat-jawa-barat-

Pakaian yang berasal dari Jawa Barat ini mempunyai perbedaan yang mencolok terutama pakaian adat untuk kaum laki-laki dan kaum perempuan. Kainnya Banyak sekali di pakai wanita di seluruh tingkatan, baik itu dari golongan masyarakat biasa maupun golongan bangsawan. Cara membedakannya sangat gampang yaitu terletak pada bahan yang di gunakan serta perbedaan yang lainnya adalah terletak pada coraknya.

13. Pakaian Adat Provinsi Banten – Pakaian Tradisioanal Pangsi

pakaian adat Banten pengantin-

pakaian yang berasal dari Provinsi Banten adalah pakaian adat Pangsi. Di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat suku badui masih sangat kental dengan menggunakan pakaian ini. Suku badui bagian dalam pada umumnya menggunakan baju adat yang berwarna putih dan lambang putih tersebut dilambangkan sebagai warna yang suci. Untuk suku badui bagian luar pada umumnya memakai pakaian adat yang berwarna hitam.

14. Pakaian Adat Provinsi Jawa Tengah – Pakaian Tradisional Kebaya

pakaian-adat-jawa-tengah-

Pakaian yang berasal dari daerah Jawa Tengah biasanya lebih di kenal dengan memakai kain kebaya yang memakai motif batik. Biasanya batik yang di pakai merupakan batik yang masih asli. Kalau pakaian adat ini di pakai oleh pengantin maka akan terlihat keistimewaannya.

15. Pakaian Adat Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta – Pakaian Tradisional Kesatrian

pakaian-adat-yogyakarta-

Pakaian yang berasal dari daerah Yogyakarta ini terdiri atas sepasang pakaian tradisional yang memiliki bagian penting yang tidak dapat di pisahkan satu dan yang lainnya. Perlengkapan berpakaian tersebut ialah ciri-ciri khusus yang memberikan identitas yang sangat penting. Sebab itulah tidak di perbolehkan memakai pakaian ini secara sembarangan, karena pakaian ini adalah pakaian adat yang sakral yang wajib kita jaga dan kita rawat.

16. Pakaian adat Provinsi Jawa Timur – Pakaian Tradisional Pesa’an

pakaian-adat-jawa timur-

Pakaian  yang berasal dari daerah Madura Jawa Timur ini di sebut dengan pesa’an. Pakaian ini sangatlah sederhana yang hanya berupa kaos memiliki garis yang berwarna putih dan merah dan celana yang longgar. Kalau untuk wanitanya biasanya memakai kebaya.

Read: Pengertian Budaya Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

17. Pakaian Adat Provinsi Bali – Pakaian Tradisional Bali

pakaian-adat-BALI-

Pakaian Bali ini mempunyai banyak jenis, walaupun sekilas mempunyai bentuk yang hampir sama. Masing-masing pakaian yang berasal dari daerah bali mempunyai ciri yang ornamen dan simbolik, di bedakan dalam acara upacara, jenis kelamin yang memakainya dan umur. Kita dapat membedakan status sosial masyarakatnya berdasarkan dengan corak busana dan juga dari perhiasan yang di milikinya.

18. Pakaian Adat provinsi Nusa Tenggara Barat – Pakaian Tradisional Lombok

Pakaian-adat-nusa-tenggara-barat-

Pakaian adat dari Nusa Tenggara Barat adalah pakaian Lombok. Pakaian ini pada umumnya di gunakan untuk acara yang sakral saja, misalnya seperti acara upacara adat, pesta perkawinan, dan acara penting yang lainnya.

19. Pakaian Adat Provinsi Nusa Tenggara Timur – Pakaian Tradisional Nusa Tenggara Timur

pakaian-adat-nusa-tenggara-timur-

Pakaian yang di pakai oleh kaum laki-laki biasanya memakai ti’langga untuk pakaian tradisional Nusa Tenggara Timur. Dan untuk wanita memakai baju kebaya yang pendek, untuk bagian bawah memakai kain tenun dengan motif yang cantik.

20. Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Barat – Pakaian Tradisional Perang

pakaian-adat-kalimantan-barat-

Pakaian perang ini sudah sangat lama di pakai oleh masyarakat Kalimantan Barat. Bahan utama untuk membuat pakaian tersebut adalah kulit kayu yang di olah menjadi sebuah kain. Bahan utama yang di pakai ialah jenis kulit kayu ampuro. Cara membuat nya adalah di pukul-pukul, dalam proses pemukulannya juga di lakukan di dalam air agar mendapatkan hasil yang sempurna. Kemampuan masyarakat Kalimantan Barat di dalam membuat baju adat tersebut adalah warisan turun temurun oleh nenek moyang mereka.

21. Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Tengah – Pakaian Tradisional Kalimantan Tengah

pakaian-adat-kalimantan-tengah-

 

 

Di dalam kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah pengantin laki-laki harus menggunakan celana panjang yang mencapai lutut, selempit perak, tali pinggang dan wajib memakai tutup kepala. Di samping itu semua juga menggunakan perhiasan yang terdiri dari inuk atau kalung yang panjang, cengkoang yang di buat dari gigi hewan. Untuk yang di pakai wanita memakai kain berupa rok yang pendek, kalung, ikat kepala, subang, hiasan bulu elang dan rompi.

22. Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Selatan – Pakaian Tradisional Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut

pakaian-adat-kalimantan-selatan-

Banyak sekali jenis pakaian adat dari suku Banjar yang daerah asalnya dari Provinsi Kalimantan Selatan, diantaranya bagajah gamuling baular lulut, pengantin babaju kun galung pacinan, pengantin, baamar galung pancar matahari, dan pengantin babaju kubaya panjang. dari masing-masing baju adat tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan hanya di pakai dalam acara tertentu, seperti acara perkawinan, upacara adat dan yang lainnya.

23. Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Timur – Pakaian Tradisional Kalimantan Timur

pakaian-adat-kalimantan-timur-

Masyarakat kalimantan Timur memakai pakaian ini pada umumnya berdasarkan kegunaan mereka sehari-hari. Contohnya untuk pakaian dalam upacara adat dan saat menari biasanya baju adat yang di gunakan sudah berbeda lagi. jadi pakaian adat ini hanya di pakai pada saat ada acara penting.

24. Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Utara – Pakaian Tradisional Kalimantan Utara

pakaian-adat-kalimantan-utara-

Provinsi Kalimantan Utara berada di ujung utara dari pulau Kalimantan. Walaupun wilayahnya sangat luas yaitu sekitar 75.467,71 km2, namun jumlah populasi penduduknya tergoling sangat sedikit yakni sekitar 601 ribu jiwa. Sebagian penduduk di sana di dominasi oleh suku Dayak.

Walaupun pakaian Kalimantan Utara ini sama dengan pakaian adat Kalimantan Timur, tetapi pakaian tersebut mempunyai perbedaan dan ciri khas yang tersendiri.

25. Pakaian Adat Sulawesi Utara – Pakaian Tradisional Donggala (Kulavi)

pakaian-adat-sulawesi-utara-

Perlu anda ketahui, Provinsi Sulawesi Utara adalah provinsi yang berdiri paling muda di antara provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Di samping itu provinsi ini juga dapat di katakan provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Awalnya provinsi Sulawesi Utara ini masuk kedalam provinsi Kalimantan Timur oleh sebab itu kebudayaannya sama persis dengan Kalimantan Timur.

26. Pakaian Adat Provinsi Sulawesi Barat – Pakaian Tradisional Mandar

pakaian-adat-sulawesi-barat-

Sarung sutra dari Mandar hampir sama dengan kain sutra pada biasanya, namun di setiap jenis masing-masing kain sutra mempunyai ciri yang sangat berbeda yakni terlihat dari corak dan cara membuatnya. Pakaian ini terlihat sangat indah bila di pandang, wajib kita untuk menjaganya karena pakaian adat adalah warisan turun-temurun dari nenek moyang kita.

27. Pakaian Adat Provinsi Sulawesi Tengah – Pakaian Tradisional Nggembe

pakaian-adat-sulawesi-tengah-

Pakaian nggembe adalah pakaian yang biasanya sering di pakai oleh remaja putri yang mana di pakai untuk upacara adat maupun pesta. Ciri-ciri dari pakaian ini sendiri adalah memiliki bentuk segi empat, berlengan lebar selebar kain, berkerah bulat, panjang blus sampai pinggang longgar.

28. Pakaian Adat Provinsi Sulawesi Tenggara – pakaian Tradisional Suku Tolaki

pakaian-adat-sulawesi-tenggara-

Pakaian adat provinsi Sulawesi Tenggara adalah pakaian suku tolaki. Pakaian ini mempunyai ciri khas tersendiri dari warna dan corak yang di miliki oleh suku tolaki. Pakaian ini menjadi pakaian nasional yang di gunakan untuk menjadi ikon dari Sulawesi Tenggara.

29. Pakaian Adat Provinsi Sulawesi Selatan – Pakaian  Tradisional Bodo

pakaian-adat-sulawesi-selatan-

Pakaian bodo adalah pakaian yang digunakan untuk wanita suku Bugis Sulawesi selatan Indonesia. Baju ini memiliki lengan pendek, dan memiliki bentuk segi empat. Baju adat ini adalah salah satu baju tertua yang ada di dunia.

30. Pakaian Adat Provinsi Gorontalo – Pakaian Tradisional Gorontalo

pakaian-adat-gorontalo-

Pakaian yang berasal dari Provinsi Gorontalo ini biasanya di sebut dengan Billu (pakaian mempelai wanita) dan Mukuta (pakaian mempelai pria). Pakaian ini mempunyai tiga warna. Dari warna tersebut memiliki arti tersendiri, warna tersebut adalah warna hijau, warna kuning keemasan, dan warna ungu.

31. Pakaian Adat Provinsi Maluku – Pakaian Tradisional Baju Cele

pakaian-adat-maluku-

Pakaian yang berasal dari daerah Maluku ini adalah baju cele. Baju cele mempunyai ciri berkotak-kotak kecil dan geometris bergaris-garis. Biasanya baju adat ini di padukan dengan sarung yang memiliki warna yang tidak jauh berbeda. Yang terpeting semuanya harus serasi dan seimbang. Baju cele ini hanya di pakai dalam acara khusus seperti untuk upacara adat.

32. Pakaian Adat Provinsi Maluku Utara – Pakaian Tradisional Manteren Lemo

pakaian-adat-maluku-utara-

Pakaian yang berasal dari daerah Maluku Utara adalah pakaian manteren lemo. Pakaian ini terdiri dari celana panjang yang memiliki warna hitam bersama bis merah yang memanjang dari atas sampai bawah. Bajunya sendiri berbentuk jas yang tertutup dengan kancing yang besar yang mana terbuat dari perak yang memiliki jumlah sembilan. Untuk ujung tangan, saku dan juga leher jas semuanya memiliki warna merah.

33. pakaian Adat Provinsi Papua Barat – Pakaian Tradisional Ewer

pakaian-adat-papua-barat-

Pakaian yang berasal dari daerah Papua barat adalah pakaian tradisional ewer. Pakaian ini terbuat dari bahan alami yakni jerami yang sudah di keringkan. Dengan kemajuan dan juga pengaruh modernisasi pakaian adat ini di lengkapi dengan kain untuk atasannya.

Pada saat sekarang ini bahan alami yang berupa jerami tersebut hanya di pakai sebagai bawahan rok untuk para kaum perempuan. Untuk menguatkan ikatan rok tersebut dipakai ikat pinggang yang terbuat dari kulit kayu yang sudah di ukir sangat rapi. Umumnya motif ukiran tersebut tidak terlalu rumit, yakni motif kotak dengan susunan yang geometris.

34. Pakaian Adat Provinsi Papua – Pakaian Tradisional Papua

pakaian-adat-papua-

Di Papua pakaian yang di pakai oleh kaum laki-laki dan kaum perempuan bentuknya hampir sama. Umumnya mereka memakai baju dan penutup pada bagian bawah dengan bentuk yang sama. Di samping itu di lengkapi dengan menggunakan dekorasi di kepala berbentuk burung cendrawasih, kalung, gelang dan juga ikat pinggang dari manik-manik dan rumbai-rumbai di pergelangan kaki mereka.

Corak pakaian yang di lukis di sini menggambarkan ciptaan yang baru dan terlihat sangat indah. Di sertai juga dengan perisai dan tombak yang di pegang oleh kaum laki-laki semuanya memberikan kesan yang sangat kental bagi warga Papua.

itulah penjelasan mengeni nama-nama pakaian adat yang terdiri dari 34 provinsi yang terdapat di Indonesia. Ini semua dapat kamu pelajari agar bisa mengenal setidaknya nama dan juga pakaian yang terdapat di indonesia. Walaupun anda belum melihat secara langsung namun dengan melihat gambar yang sudah ada pastinya anda sudah mengetahuinya tentang dari mana pakaian tersebut berasal. Semoga ini menambah wawasan anda. Terima Kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan komentar