Mata Kail Pancing Beserta Jenis, Bentuk dan Bagian-bagian Kail Pancing

Mata Kail Pancing Beserta Jenis, Bentuk dan Bagian-bagian Kail Pancing

Mata kail Pancing – Di dalam dunia pemancing mata kail sangatlah penting dan di butuhkan, karena dengan mata kail terbaik dapat menentukan hasil yang terbaik pula. dan dengan sasaran jenis ikan yang beraneka ragam maka anda harus mengenali mata kail yang beraneka ragam pula supaya tepat sasaran tidak lepas ketika mengangkat hasil buruan, sayang kan kita mungkin sudah menungu lama dan ketika sudah dimakan lepas begitu saja karena sebab kail begah atau patah.kail

Hook atau juga dengan sebutan mata kail sudah dari jaman dulu di kenali orang, hal macam ini bisa di lihat bahwa pada jaman dahulu hook selalu dibawa orang yang sedang melakukan perjalanan dan di gunakan sebagai alat untuk mendapat ikan. Pada jaman dahulu hook atau mata kail di buat seorang dengan menggunakan kayu, tulang, gigi ikan paus dsb, lalu dari bahan tersebut di bentuk dan di ikat menggunakan tali sehingga menyerupai bentuk hook. Dari keterangan tersebut maka hook atau mata kail dapat didefinisikan sebagai salah satu alat yang terpenting untuk memancing ikan dan berfungsi untuk mengait ikan yang mau dipancing.

Di masa ini mata kail juga ada bermacam-macam bentuk dan modelnya. Dan kali ini kita akan mengupas tuntas bentuk dan jenis mata kail pancing beserta fungsinya dan dan juga bagian-bagian terdetail dari hook.  berikut ini adalah daftar nama, gambar dan penjelasan tentang mata kail pancing. Namun sebelum ke inti, kita bahas terlebih dahulu bagian-bagian dari mata kail,

Bagian-bagian hook / mata kail pancing beserta fungsinya

kail 2

1.Eye

2.Shank

3.Bend

4.Gap

5.Barb

6.Point

Penjelasan:

Eye

berfungsi sebagai tempat untuk memasang senar, kawat serta aksesoris mancing lainya. Dan bentuknya di bedakan menjadi tiga bentuk yaitu:

  • Flat
  • Hole in flat
  • Ringed

Shank,

adalah gagang lurus di bawah eye, shank di bedakan menjadi dua bagian, yaitu long shank dan short shank, umumya shank yang panjang akan memudahkan pemancing dalam melepaskan hook dari mulut ikan, karena masih tersisa ruang untuk memegang shank.

Bend,

pada umumnya bentuk bend mempengaruhi kekuatan hook saat penestrasi dan hook up, bentuk bend di bagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Kirbed, misalnya American Kirby, Tuna hook, Tuna circle
  • Straight, misal O’shaughnessy, Sproat hook
  • Reversed, misal Beak hook, bait holder,

sedangkan bentuk body pada bagian bend di bedakan menjadi dua jenis antara lain:

  • Regular, memiliki bentuk bulat, misal Round bentsea, American kirby
  • Forged, dari bentuk bulat namun di padatkan, dimana yang kekuatanya akan bertambah kurang lebih sampai 20% misal, o’shaughnessy dan beak hook.

Gap,

adalah jarak ruang antara point dan shank. Lebar dan sempitnya gap di pengaruhi oleh bentuk bend serta ukuran mata kailnya, gap yang lebar akan sangat berguna bila kita memancing dengan menggunakan umpan alami, di karenakan ada kelebihan ruang di antara gap.

Barb,

ialah duri yang terletak di bawah point, barb memiliki fungsi supaya hasil pancingan tidak mudah lepas saat hook up.

Point, 

adalah ujung mata kail yang paling penting keberadaanya, point terbentuk dengan cara stamping, cutting, dan grinding atau gabungan dari ketiga proses tersebut. Point merupakan bagian terpenting pada saat hook up. Point di bedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Hollow point
  • Curved in point
  • Dublin point
  • knife edge point

Itulah penjelasan dari bagian-bagian hook, untuk yang selanjutnya mari kita menuju ke inti dari tema di atas.

Macam-macam nama mata kail pancing

1. Mata Kail pancing Cumi

2. Mata Kail pancing Garong

3. Dressed / feathered trebles

4. Treble Hooks

5. Double Hook

6. Keeper Hooks

7. Weedles hooks

8. Topwater jerkbait hooks

9. Jig Hooks

10. Worm Hooks

11. Jig Head

12. Drop-Shot hooks

13. Octopus Hooks

14. Circle Hooks

15. Aberdeen Hooks

16. Bait hooks

17. Siwash Hooks

KETERANGAN MATA KAIL PANCING SBB:

Mata kail pancing cumi-

mata kail cumi

Mata kail ini umumnya nampak seperti payung yang terbalik, dan memiliki banyak mata kail biasanya lebih dari enam, biasanya jenis pancing yang seperti ini di khususkan untuk mancing cumi. kenapa pancing ini di buat sedemikian, karena dengan bentuk seperti ini lebih efektif untuk mengait cumi, tentakel cumi biasanya akan terkena mata kail  dan tidak bisa lepas selama apapun tetap terjerat.

Mata Kail pancing Garong-

mata garong

Adalah salah satu mata kail yang sudah di custom atau di modifikasi oleh para angler atau pemancing, mata kail ini umumnya di rangkai paling banyak enam mata kail yang melingkar, pada umunya pancing ini di gunakan untuk memancing ikan baronang, untuk masa saat ini, mata kail ini juga bisa di dapatkan di toko pancing, karena pancing yang seperti ini sudah di produksi oleh pabrik, tujuanya supaya memudahkan pemancing untuk berburu baronang.

Dressed / feathered trebles-

Dressed

Mata kail yang satu ini adalah kombinasi atau campuran dari treble hook yang sengaja di hiasi dengan variasi bulu-bulu atau benang kilat untuk menipu ikan. Waktu digunakan di dalam air hiasan bulu-bulu ini akan melakukan gerakan yang memutar, yang di harapkan bisa untuk menarik perhatian sang ikan predator dan akan segera memangsanya. Untuk umpan yang ini biasanya di gunakan untuk custom umpan lure spiner. mata kail ini bisa di dapat di toko-toko pancing, namun jika anda orang yang kreatif anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Treble hooks-

treeble-hook

Jenis mata kail treble ini biasanya sangat gampang untuk di kenali karena memang bentuknya yang bisa di bilang sangat khas. Dan inilah cikal bakal dari mata kail dressed hoks, masing-masing fitur tiga matanya yang jelas memberikan keuntungan tersendiri, namun juga bisa di katakan memberikan kerugian. Untuk keuntunganya tiga matanya yang jelas bisa memperbesar kemungkinan mata kail akan menancap dengan sesempurna mungkin dimulut ikan. Untuk mata kail pancing yang jenisnya seperti ini biasanya di gunakan oleh seorang pemancing yang biasa menggunakan umpan tiruan misalnya seperti jig.

Sedang kerugian menggunakan mata kail ini biasanya adalah mudahnya terlihat dan bisa di pastikan akan membuat ikan curiga, karena bentuknya yang sama sekali tidak ramah lingkungan atau terlihat aneh dan tidak alami. Dan kerugian lainya adalah jika untuk pancingan dasar biasanya akan mudah tersangkut di batu karang. Mata kail jenis ini untuk masa sekarang juga sama dengan yang lain, mudah di temukan di toko-toko pancing karena sekarang sudah di produksi secara masal.

Double hooks-

Double-hook

Mata kail dengan jenis ini juga sangat mudah untuk di kenali, karena memang bentuknya paling gampang untuk di ingat, kedua shank sampai ke point saling membelakangi hampir mirip seperti jangkar kapal. Dalam penggunaanya pada umumnya di pasangkan di lure mainan, namun jika di gunakan dengan tehnik dasaran, mata kail pancing jenis ini juga sering nyangkut di batu katrang. Bentuk yang seperti ini di bagi menjadi beberapa jenis, antara lain: Double ryder, Double fly, dan Limerick double. Mata kail jenis ini juga mudah untuk di jumpai di toko pancing.

Keeper hooks-

Keeper-hooks

Salah satu mata kail dengan bentuk yang agak aneh, karena di mata pancing tergantung jarum yang runcing, sebenarnya jarum ini bisa di bilang sangat penting keberadaanya, karena dia berfungsi sebagai pengikat saat ikan sudah memakan umpan. Mata kail ini biasanya digunakan oleh pemancing dengan sebagai umpan adalah plastik tiruan yang sengaja di bentuk menyerupai ikan kecil atau udang kecil. mata kail jenis ini jika di kotaku agak sulit untuk di jumpai, karena memang peminatnya tak terlalu banyak.

Weedles hooks- Weedles-hooks

Mata kail dengan jenis ini di khususkan untuk di gunakan memancing di pedalaman. di ujung shank terlihat tali pengait, pengait ini juga sangat penting keberadaanya. Karena pancing jenis ini biasanaya di gunakan dalam jumlah yang cukup banyak, dan pengait ini memungkinkan agar hasil ikan buruan tidak akan lepas saat ikan meronta melawan tarikan kail. Fungsi ke dua dari pengait tersebut adalah sebagai pengikat umpan supaya umpan tidak mudah lepas saat di kedalaman. mata kail jenis ini kebanyakan di pakai pemancing dengan menggunakan umpan plastik tiruan.

Topwater jerkbait hooks- Topwater-jerkbait

Mata kail yang satu ini juga menjadi salah satu mata kail yang terbilang unik, coba perhatikan, antara mata kail (point) dan tempat untuk mengikat kailnya (eye) yang bisa di bilang nyaris berada dalam satu garis lurus. jarak gapnya mata kail ini juga lebih lebar. kebanyakan pemancing menggunakan umpan plastik buatan sebagai umpan.

Jig hooks Jig-hooks

Mata kail yang satu ini juga tergolong unik, dia memiliki desain khusus gengan mata atau eye yang melengkung ke atas gap, dengan shank yang lurus inilah mata kail ini terbilang unik. Mata kail ini juga beredar di pasaran, namun untuk di daerah  saya mata kail ini kurang di minati.

WormWorm-hook hooks 

Mata kail yang ini masih tergolog mata kail yang unik juga, bagaimana tidak!! coba lihat ujung shank, hampir mirip seperti tangga. Mata kail ini mirip sekali dengan topwater jerkbait hooks, cuman yang membedakan adalah bentuk shank untunk worm hook lebih panjang dan gapnya juga lebih standar. Mata kail ini di desain untuk tidak mudah tersangkut saat memancing di tempat

Jig head jig-head

Jig head ini juga memiliki desain khusus, sebenarnya untuk bahan dasarnya ini adalah mata kail jig hooks, namun seiring dengan kemajuanya mata kail jig hook telah di custom atau telah di modifikasi dengan di beri hiasan seperti kepala anak bebek dan di beri mata, jig head pada umumnya di gunakan untuk lure mancing dengan teknik casting.

Drop-shot hooks- Drop-shot-hooks

Salah satu mata kail, yang memang sengaja di buat atau di desain untuk menggunakan ikatan palomar, biasanya mata kail yang seperti inilah yang paling banyak di gunakan oleh pemancing, karena memang jika di pasangi umpan mata kail dengan bentuk seperti ini akan tak terlihan, ikanpun jadi tidak curiga. mata kail ini gapnya terlihat melebar, hal ini memberikan kemudahan untuk di pasangi umpan yang cukup besar pada saat memancing di laut lepas.

Octopus hooks

 octopus-hook

Mata kail yang satu ini juga mempunyai ciri khas tersendiri, untuk shanknya yang pendek dan di kombinasikan dengan gapnya yang lebar dan kemiringanya tempat untuk mengikat kail atau eye menandakan ciri khasnya yang tidak di miliki mata kail lainya. untuk bahan mata kail yang seperti ini adalah terbuat dari carbon, jadi tidak usah khawatir kalau mata kail ini akan lurus saat di tarik oleh ikan.

Untuk ukuran mata kail ini bervariasi mulai dari yang kecil sampai yang paling besar sudah di sediakan, untuk mata kail jenis ini juga terbilang banyak di gunakan di berbagai kalangan, mata kail ini juga bisa di aplikasikan di berbagai teknik, termasuk dengan teknik ngoncer dengan umpan hidup.

Circle hooks- 

circle hooksUntuk mata kail jenis ini bisa lebih gampang untuk di kenali karena mata kail ini kebanyakan memiliki bentuk yang super aneh jika di bandingkan dengan mata pancing jenis lainya. Namun jangan salah sangka dulu, walaupun terbilang cukup aneh namun mata kail jenis ini mempunyai keistimewaan sendiri, keistimewaan mata kail ini adalah apabila ikan sudah terdeteksi memakan umpan, maka kita tidak harus menggertak joran seperti biasanya, namun kitacukup menegangkan kenur, maka dengan sendirinya kail akan menancap di bibir ikan dengan sempurna. Penggunaan circle hook ini masih sering di perbincangkan, karena peminatnya tergolong masih belum banyak, namun baru-baru ini lumayan banyak yang beralih dan mencoba menggunakan mata kail ini, karena keistimewaan mata kail tersebut.

Aberdeen hooks- Aberdeen-Hooks

Aberdeen hooks mata kail ini juga bisa di bilang mata kail tongkat, karena memang bentuk shanknya sangat-sangat panjang, dan tidak di miliki oleh mata kail lain, melalui shank itulah mata kail ini mudah di kenali dan menjadi ciri khas dari aberdeen hooks. Mata kail ini banyak beredar di toko-toko pancing, dan untuk peminatnya mata kail ini lumayan banyak.

Bahan dari mata kail jenis ini ada yang terbuat dari monel namun ada juga yang terbuat dari almini yang di campur baja. Beberapa pilihan di sediakan untuk mata kail ini mulai dari yang terkecil hingga paling besar. Mata kail jenis ini biasanya sering di gunakan untuk teknik mancing ngoncer dengan memakai umpan alami.

Bait hooks- bait-hook

Mata kail ini juga gampang untuk di kenali karena khusus untuk mata kail ini mempunyai ciri yang khas dan gampang untuk di kenali, cirinya adalah mempunyai semacam dua barb atau duri di bagian tengah shank, barb-barb ini berfungsi supaya umpan tidak gampang lepas dari mata kail. Dan untuk ciri lain adalah eye yang miring ke dalam, posisi ini memudahkan untuk mengikat mata kail. Untuk bahan mata kail ini terbuat dari carbon, hook ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta stright. Dan banyak di jual di toko pancing.

siwash hooks

 Siwash-Hooks

mata kail untuk yang satu ini terkesan biasa saja, bentuk shanknya panjang begitu puta matanya, bisa di bilang tidak ada fitur yang istimewa pada mata kail ini, karena ya memang bentuknya standard saja. namun mata kail ini biasanaya paling di minati para nelayan, selain mudah di dapat harganyapun terbilang lebih murah. sewu telu luuur, he he he.

Nah itulah pembahasan tentang mata kail yang beredar di pasaran, tinggal terserah anda suka dengan yang mana, tapi yang jelas semuanya mempunyai kualitas yang bagus. Kalau saya pribadi lebih suka memakai bait hook, namun durinya di bagian shank sering lupa kepegang dan kena tangan.

Oke guyys saya rasa cukup sekian dulu pembahasan tentang mata kail. Dan untuk artikel lain pengeluaran dari kami silahkan kunjungi https://organicvolunteers.com Saya uyut sengoro yang bertugas mengucapkan terimakasih dan Assalamuallaikum wr.wb.

Satu pemikiran pada “Mata Kail Pancing Beserta Jenis, Bentuk dan Bagian-bagian Kail Pancing”

Tinggalkan komentar