buah-zaitun

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun – Minyak zaitun  ialah merupakan minyak yang memiliki sejuta manfaat, baik itu sebagai kesehatan, pengobatan maupun kecantikan. Kadar lemak yang rendah merupakan alasan utama kenapa minyak ini bisa lebih sehat karena tidak memiliki resiko menimbulkan adanya penyakit kolestrol yang biasanya dikaitkan dengan kebiasaan kita mengkonsumsi makanan yang berminyak. Namun kalau kita mempertimbangkan banyaknya manfaat yang terkandung pada minyak zaitun bagi kesehatan, harusnya masalah biaya tidak usah jadi masalah, karena kesehatan adalah investasi terbesar, bukan?

Minyak Zaitun

Asal Muasal Minyak Zaitun

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai manfaat minyak zaitun. Disini kami akan menjelaskan sedikit mengenai asal muasal minyak zaitun. Minyak zaitun ini telah berusia ribuan tahun. Katanya pohon ini pertama kali ditemukan di Yunani, teoatnya di kota Crete pada 5000 hingga 7000 tahun yang lalu. Pada masa itu, minyak zaitun dipakai untuk beragam keprluan seperti sebagai sumber makanan, obat, btang pohon di jadikan sebagai bahan bakar selain itu di gunakan sebagai sumber simbol kebijakan dan perdamaian.

Pada masa itu pohon zaitun dikeramatkan dan diberikan perlakuan khusus. Tidak boleh sembarangan menebang pohon ini, hukuman yang diberikan jika menebang sembarangan pohon ini ialah diasingkan. Karena pohon zaitun telah di anggap pohon yang suci. Pohon ini juga menyebar ke berbagai pelosok tetangga seperti Amerika, Palestina, Italia, Spanyol, dan Syra.

Pohon zaitun ini mempunyai banyak kelebihan, bahkan dalam agama islam pohon zaitun disebutkan secara langsung dalam kitab suci Alqur’an Dalam At_Tin 1-2 : Demi tin dari zaitun. Dan demi bukit sinai”. Dalam konteks ayat alquran yang lain ( QS An-Nur: 35) dam hadist Rasullilah Muhamad saw juga disebutkan bahwa minyak zaitun berasal dari pohon yang diberkati.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Tetapi para pakar kesehatan, lebih menganjurkan minyak zaitun dikonsumsi secara langsung agar memperoleh khasiat dengan maksimal. Secara umum minyak zaitun dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kadar keasaman dan proses ekstarsinya :

1. Virgin Olive Oil

Jenis minyak zaitun ini merupakan minyak hasil dari perasan petama dari buah zaitun. yang membedakan dengan EVOO ialah tingkat kadar keasaman virgin olive lebih tinggi yaitu 4%.

2. Ekstra Virgin Olive ( EVOO)

Merupakan jenis minyak zaitun yang diekstrak langsung dari buah zaitun yang merupakan jenis yang paling baik. Kadar keasamannya sangat rendah, yaitu hanya 1%.

3. Pure Olive Oil

Merupakan jenis minyak zaitun hasil dari pencampuran EVOO dengan Virgin Olive Oil yang telah diproses sebelumnya.

4. Fino Olive Oil

Merupakan jenis minyak zaitun hasil pencampuran antara Virgin Olive Oil dan EVOO

5. Merupakan jenis minyak zaitun yang sudah melalui proses penyaringan sebelumnya. Minyak zaitun jenis ini pada umumnya berbeda jika diamati dari warnanya, yaitu sedikit lebih jernih jika dibandingkan dengan minyak zaitun lainnya.

Manfaat Minyak Zaitun

Berikut ini akan dipaparkan manfaat minyak zaitun. Baik kesehatan maupun kecantikan. Mari langsung saja simak manfaat minyak zaitun berikut ini:

1. Manfaat Minyak Zaitu Untuk Menurunkan Angka Kematian

Minyak zaitun dapat di percaya bisa menurunkan angka kematian. Hal ini terbukti dari sebuah hasil studi yang dilakukan di akhir tahun 1999 di Albania, Negara muslim di Eropa. studi ini ingin mengungkapkan rendahna angka kematian di Albania. Angka kematian yang tercatat saat itu ialah 41/100.000 jiwa. Setelah studi selesai dilakuan diperoleh kesimpulan salah satu penyebab rendahnya angka kematian adalah mereka mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur. Jadi jika mereka ingin berumur panjang, mereka mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin.

2. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kadar Kolestrol

Makanan yang berminyak pasti mempunyai kadar kolestrol yang tinggi. Yang beresiko menimbulkan penyakit jantung dan penyakit lainnya. tetapi itu semua tidak berlaku pada mintak zaitun.

Pada setiap 100 gram minyak zaitun terkandung 100 gram kadar lemak, sangat banyak ya?. Tetapi jangan khawatir meskipun terlihst banyak pada kenyataanya hanya 14% saja yang jenisnya lemak tak jenuh yang sangat aman untuk dikonsumsi. Minyak zaitun juga terdapat kandungan vitamin E dan vitamin K yang berfungsi sebagai antioksidan yang dipercaya untuk menurunkan kadar kolelstrol jahat dalam tubuh.

3. Manfaat Minyak Zaitun = ASI

ASI adalah makanan terbaik yang diciptakan untuk manusia dengan segala keajaiban kandungan zat gizi di dalamnya. Ada sebuah studi menarik yang dilakukan untuk mwngetahui jenis lemak yang tedapat di dalam minyak zaitun dan ASI. Di kumpulkan sebanyak 41 sampel ASI dari ibu menyusui. Dari hasil penelitian di temukan bahwa ternyata ASI mengandung lemak berantai tunggal. Dan lemak ini pula yang terdapat pada minyak zaitun. Jadi kesimpulannya ialah minyak zaitun mengandung jenis lemak terbaik yang baik dikonsumsi oleh manusia.

4. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu organ penting yang memerankan tugas vital dalam tubuh ialah jantung. Tumpukan kolestrol yang terdapat pada saluran pembuluh darah membuat sistem kerja jantung menjadi berat. Tak jarang sumbatan kolestrol ini menjadi plak yang bisa menyumbat peredaran darah ke seluruh tubuh. Cara terbaik mencegah penyakit jantuk salah satunya ialah mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

5. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Lambung

6-768x512

Minyak zaitun dipercaya sebagai mengurangi resiko terjadinya peradangan lambung (sakit maag), kanker lambung, dan tukak lambung. Kadar polifenol yang tinggi yang terdapat pada minyak zaitun menjadi salah satu penyebab terjaganya penyakit lambung saat kita rutin mengkonsumsinya. Polifenol ini memiliki sifat antibakteri yang mampu menangkal infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada lambung. Bagi yang mudah terkena masuk angin, minyak zaitun sangat cocok sebagai obat pijat yang dioleskan diatas perut.

6. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Resiko Penyumbatan Pembuluh Darah

Minyak zaitun kaya akan nutrisi yang dapat menangkal lemak jahat yang terdapat di dalam makanan. Lemak jahat ini jika dibiarkan akan menyumbat di saluran pembuluh darah. SUmbatan ini akan memperberat kerja jantung dan timbulnya beragam penyakit seperti hipertensi, stroke, dan jantung.

7. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Kanker Colon

Penyakit kanker colon ialah kanker yang menyerang bagian usus besar dan rectum. Kanker ini kanker mematikan kedua yang mematikan setelah kanker paru.

Fenol dalam minyak zaitun extra virgin telah terbukti mampumenghambat perkembangkan sel-sel kanker usus besar. Diyakini para ahli bahwa extra virgin yang terdapat dalam minyak zaitun diyakini sebagai anti-karsinogenik tang asalnya dari kanker usus besar, zat ini asalnya dari susunan kimia yang menyerupai 17 B-estradio (bentu utama daripada estrigen manusia), zat ini bisa melindungi usus besar manusi dari ancaman kanker.

8. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengobati Kanker Kulit

Dalam majalah Dermatdogg Times pada edisi Agustus tahun 2000 bahwa hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun setelah melakukan aktifitas renang sebagai krim kulit dan setelah itu berjemur, maka bisa mencegah terjadinya penyakit kanker kulit ( melanoma ).

Pada zaman yunani kuno minyak zaitun sudah di manfaatkan sebagai perawatan kulit. Pada zaman modern seperti sekarang setelah dilakukan penelitian, terdapat beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit yaiyu aebagai antioksidan menetralisiri radikal bebas, mencegah timbulnya kanker kulit meskipun sudah terkena paparan sinar UV, isa di oleskan maupun di minum.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengobati Segala Macam Penyakit

9. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengobati Tukak Lambung

10

Dalam hasil studi di kongres organisasi penyakit sistem pencernaan Amerika ppada bulan Oktober tahun 2000, Dr Samut dari Harvard University Amerika, mengumumkan bahwa kandungan di dalam minyak zaitun mempunayi pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari penyakit kanker lambung dan mengurangi resiko timbulnya penyakit tukak lambung.

10. Mengurangi Peradangan Sendi

Majalah AMJ Clin NUTR yang terbit pada bulan november tahun 1999, telah merilis hasil penelitian terhadap 145 pasien yang mengidap sakit persendian seperti arhritis di Yunani Utara. Para pasien tersebut di korelasikan dengan 110 orang yang sehat. Dalam penelitian itu terlihat bahwa yang mengkonsumsi minyak zaitun terlindungi dari penyakit peradangan persendian.

11. Mampu Menghilangkan Kutu Kepala

Beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas dan lembaga pendidikan kesehatan di Negara Amerika, menunjukkan bahwa kutu di kepala dapat di hilangkan hanya dalam hitungan jam saja dengan menggunakan minyak rambut minyak zaitun.

12. Mengobati Diabetes

Diabetes ini adalah merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat serius terjadi di dunia. Penyebab penyakit diabetes ialah ketika pancreas sudah tidak mampu lagi membuat insulin cukup guna memenuhi kebutuhan dalam tubuh.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit diabetes bisa di cegah dengan melakukan diet minyak zaitun, karena minyak zaitun bisa mengurangi kadar glikosa, kolestrol LDL ( jahat) dan triglieda dalam darah. efek positif yang lainnya ialah mampu mencegah penyakit yang muncul akibat diabetes seperti penyakit kardiovaskuler dan aterokksklerosis.

13. Mengurangi Gangguan Kontipasi

Taukah kamu apa itu kontipasi ?. kontipasi ialah penyakit sembelit dimana keadaan seseorang akan mengalami kesusahan dalam buang air besar baik dengan ukuran sangat besar ataupun sangat kecil. Banyak hal yang menyebabkan gangguan kontipasi seperti pola minum dan makan yang tidak teratur dan beberapa macam obat yang menyebabkan memicu munculnya kontipasi atau sembelit.

Konsumsilah satu sendok minyak zaitun satu sendok dan jus jeruk nipis hangat maupun dingin. Ambilah satu sendok tes jus jeruk nipis, lalu tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengatasi sembelit. Waktu mengkonsumsinya lebih baik dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan sarapan. Karena kandungan minyak zaitun lebih efektif bila di konsummsi dalam keadaan perut kosong.

14. Mengobati Kanker Rahim

Para wanita yang terkena penyakit kanker rahim sebaiknya rutin mengkonsumsi minyak zaitun ini. Karena kandungan zat yang terdapat di dalamnya sangat baik bagi penderita kanker rahim.

Pada bulan mei 1995 sebuah majalah kanker Britania mempublikasian sebuah studi yang menguji 146 wanita penderita kanker rahim banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Alhasil, Para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit terserang kanker rahim dan resiko terkena kanker rahim menurun hingga 26%.

15. Untuk Melembabkan Kulit

16-768x438

Sejak dahulu minyak zaitun di akui sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit. Selain dipakai sebagai bahan makanan, juga sebagai bahan dasar untuk campuran pembuatan kosmetik.

Partikel yang terdapat pada minyak zaitun lebih halus dibandungkan minyak sawit (minyak goremg). Minyak zaitun mampu diserap dengan baik oleh kulit, sehingga mampu mengatasi kulit kering,kasar, dan keriput. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin sebanyak 2 kali sehari dibagian kulit yang terlihat kering. dalam waktu 3 minggu kulit akan terlihat hasilnya lebih lembut dan halus.

16. Bahan Penghalus Kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat melimpah, sehingga sangat cocok dijadikan untuk menghaluskan kulit. Untuk urusan kulit kasar dan kering bisa dihilangkan dengan memakai minyak zaitun secara teratur, caranya yaitu dengan mengoleskan pada bagian yang kasar seperti telapak tangan 2 sampai 3 kali sehari. lihat hasilnya dalam waktu 3 hari. Kulit akan terlihat lebih halus dan lembut.

17. Pemutih Kulit Alami

Indonesia memang sangat terkenal dengan wanita berkulit sawo matang. Jenis kulit ini sebenarnya sangat cantik jika dirawat dengan baik dan bersih.

Kabar gembiranya ialah minyak zaitun berkhasiat memutihkan kulit dengan alami. Karena minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin C nya. agar mencapai hasil yang maksimal, campurkan jeruk nipis dan madu di dalamnya. SEselai diaduk dengan rata, aplikasikan ke semua bagian wajah sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan air dingin. kalau ingin hasilnya lebih baik sebainya perawatan di lakukan seminggu sekali.

18. Mengobati Kulit Kaki Pecah-Pecah

Akibat dari kelembaban kulit yang tidak terjaga, Minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang alami untuk mengatasi penyakit kulit pecah-pecah. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak zaiitun secara rutin pada siang hari dan malam hari sebelum tidur. Bila pemakaian rutin dilakukan maka seminggu kemudian kulit kaki akan terlihat sehat dan pecah-pecah di kaki akan berkurang dan hilang.

19. Menghambat Penuaan Dini Dan Mengencangkan kulit

20

Penyebat kulit keriput ialah karena faktor usia yang semakin bertambah. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar daerah pipi dan mata. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat menggunakan krim malam. Oleskan olive Oil sebelum tidur, dan biarkan kandungan manfat dalam minyak zaitun bekerja dengan baik selama kamu tidur. Bila dilakukan selama 3-4 kali dalam seminggu, maka hasilnya akan terlihat jelas.

20. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda disebabkan beberapa hal, yaitu kurang tidur, terlalu lama di depan komputer, dehidrasi, menangis, dan juga factor keturunan.

Untuk menghilangkan mata panda sangat mudah, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun di sekitar bawah kelopak mata secara perlahan sambil di pijit lembut supaya meregangkan otot-otot yang kaku dan untuk mengurangi pembekakkan ringan di daerah tersebut, Kalau dirasa sudah cukup bilaslah dengan air bersih, Lakukan secara rutin 2 kali seminggu.

21. Mengatasi Wajah Berminyak

Bagi kebanyakan orang yang memperhatikan penampilan, wajah berminyak menjadi masalah serius. Oleh karena itu sangat penting di cari solusinya.

Tahap pertama ialah kamu perlu mencoba masker yang telah dicampur dengan minyak zaitun dan bubuk cendana. Gunakan ini kalau wajah kelihatan sangat lelah. Gunakan masker selama 15 menit. Kalau dirasa sudah cukup, angkat masker dengan air dingin, lalu keirngkan wajah memakai tisu dengan tangan. Gunakan secara rutin selama 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Dalam beberapa hari akan tampak hasilnya.

22. Mengangkat Kotoran Wajah

Bila kamu sering bepergian keluar rumah atau biasa bermain di lapangan, pastikan kamu memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan, terutama kulit.

Selesai melakukan aktifitas diluar ruangan , sebaiknya gunakan minyak zaiitun. Pertama cuci muka sampai bersih memakai air hangat karena ini bewrtujuan untuk membersihkan pori-pori di wajah. Lalu gunakanlah minyak zaitun pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 6 menit. Kalau dirasa sudah cukup bersihkan wajah memakai air hangat, langkah yang terakhir bilas lagi memakai air dingin supaya kotoran yang sudah keluar tidak dapat masuk ke dalam pori-pori lagi.

23. Memanjangkan Rambut

20

Minyak zaitun sangat tepat digunakan bagi kamu yang ingin memiliki rambut panjang, karena minyak zaitun ini terbukti bisa membantu anda untuk bisa segera memiliki rambut panjang yang sangat indah.

Cara membuat ramuannya ialah cukup sediakan biji lada, lemon, dan monyak zaitun. Setelah ramuan di buat basuhkan campuran tadi keatas kulit kepala secara menyeluruh, diamkan selama 25 menit, lalu bilas sampai bersih.

24. Mencegah Osteoporosis

Minyak zaitun berperan dapat membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Kalaukalsium diserap dengan optimal oleh tubuh maka masa tulang menjadi lebih padat dan juga bisa mencegah osteporosis di usia lanjut. Minyak zaitun sangat baik dikonsumsi oleh anak, karena dapat membantu tubuh anak menadi lebih tinggi.

25. Menjaga Kesehatan Hati

Penelitian yang dilakukan di Universitas Monastir, Tunisia dan universitas king saudi, Arab Saudi mendapatkan hasil bahwa Ekstra Virgin Olive Oil (EVOO) dapat memberikan perlindungan organ hati dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan molekul berbahaya lainnya yang terdapat dalam tubuh.

Itulah manfaat yang terkandung pada minyak zitun yang bisa kita dapatkan jika diminum secara rutin. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan dan memberikan banyak manfaat bagi kita ya.. Selamat mencoba.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.