Manfaat Kunyit Kuning dan Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Kuning dan Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit –  Kunyit adalah tanaman khas Indonesia yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan. Awalnya kunyit yang merupakan tanaman rempah-rempah ini berkembang pesat di daratan Asia Tenggara lalu kunyit ini berkembang ke daerah Indonesia, Malaysia dan negara tetangga lainnya. Banyak manfaat yang terdapat pada kunyit ini, misalnya untuk kecantikan.

manfaat-kunyit-

Dengan warnanya kuning yang khas, kunyit ini umumnya dijadikan bumbu penyedap masakan dan juga dijadikan ramuan herbal. Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa kimia yang bisa mengatasi berbagai masalah penyakit. Untuk membedakan kunyit dengan tanaman herbal lainnya, anda bisa melihat warna buah ini sendiri. Kunyit mempunyai warna kuning pada daging buahnya. Lalu apa saja manfaat kunyit yang bisa didapatkan? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

tanaman-kunyit

1. Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

mengobati-asam-lambung

Sebuah studi jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa seseorang yang masakannya mengandung satu sendok rempah kunyit, sudah terbukti bahwa mempunyai sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud ini ialah usus besar dan lambung.

Beberapa jenis makanan ada yang membahayakan kesehatan lambung dan bisa mengikis dinding usus usus. Senyawa yang terkandung di dalam kunyit sangat bermanfaat untuk menjaga, melindungi, dan melapisi dinding lambung, yaitu dengan cara meningkatkan produksi lendir.

2. Manfaat Kunyit Untuk Ramuan Anti-peradangan Tubuh

ramuan kunyit

 

 

Kunyit adalah satu bahan alami yang mempunyai kekuatan untuk antiperadangan yang sangat kuat bagi tubuh. Di dalam sebuah, penelitian di uji 118 orang diagnosis mempunyai masalah pencernaan. Mereka diberikan 1 gram bubuk kunyit halus untuk dijadikan teh selama 8 minggu.

Setelah selesai penelitian, yang yang didapatkan adalah peradangan pada pencernaan mereka lebih rendah dari orang yang jarang mengkonsumsi kunyit. Hal ini merupakan salah satu manfaat kunyit untuk pencernaaan, khususnya mengobati radang usus.

3. Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Gas Pada Pencernaan

-cara-mengatasi-perut-kembung

Kentut (buang gas) memang penting untuk memastikan bahwa pencernaan anda baik-baik saja, namun kalau sudah berlebihan? tandanya ada yang salah di dalam perut anda.

Manfaat kunyit untuk pencernaan yang sedang bermasalah ini, sangat ampuh untuk mengurangi tekanan gas di dalam perut yang sedang bermasalah. Senyawa kunyit berguna untuk mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang juga membuat perut menjadi kembung.

Caranya dengan menuang satu sendok bubuk kunyit halus kedalam satu gelas air hangat berukuran sedang. Lihatlah hasilnya selama 2 minggu sesudah mengkonsumsi dengan rutin.

4. Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Sakit Akibat Irritable Bowel Syndrom 

manfaat kunyit

Irritable bowel syndrom ialah merupakan suatu kondisi penyakit yang menyebabkan usus jadi tidak normal, sehingga dapat mempengaruhi kerja usus besar di dalam sistem pencernaan.

Manfaat kunyit bagi pencernaan ini, bertindak sebagai obat alami yang dapat mengurangi gerakan otot abnormal. Dengan adanya kandungan vitamin, bahan kimia, dan juga mineral baik yang lainnya, kunyit bisa meredakan sakit yang mengakibatkan diare kalau kontraksinya berlebihan.

5. Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Mual

mual-mual

Terdapat banyak kondisi kesehatan yang menjadi penyebab timbulnya rasa mual, seperti dehidrasi, stress, bahkan infeksi pada pencernaan. Kalau mual yang disebabkan oleh masalah pencernaan, kunyit sebagai rempah alami ini dapat mengurangi rasa mual pada pencernaan.

Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berguna untuk menghadirkan antioksidan di dalam tubuh yang berguna memerangi racun sehingga mual bisa diredakan.

6. Manfaat Kunyit Untuk Meredakan Diare

meredakan diare

Keracunan makanan, obat, dampak alergi, virus dan makanan yang tidak sehat ternyata dapat menyebabkan sakit diare. Dengan meminum ramuan herbal teh kunyit, diare bisa disembuhkan.  Kandungan kalium dan magnesium pada kunyit sangat efektif membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras habis akibat serangan diare.

Mengenal Berbagai Macam Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Selain kunyit kuning atau orange, ada juga kunyit putih. Kunyit orange atau kuning mungkin sangat gampang ditemukan wujud serta manfaatnya. Tetapi tahukah anda, Kalau kunyit orange ini memiliki saudara kandung. Ya, saudara kandung dari kunyit orange adalah si kunyit dengan warna putih

kunyit-putih

Kunyit warna putih ini mempunyai kandungan yang berbeda dengan kunyit kuning, namun sama-sama sangat ampuh untuk mengobati berbagai segala jenis penyakit dan juga bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman ini adalah tanaman yang berasal dari India dan Indonesia. Kunyit putih juga sering disebut dengan Zedoria (Curcuma Zedoria). Tanaman ini telah dibudidayakan di negara Amerika Seriktat, Eropa, dan berbagai wilayah Asia yang lainnya. Tanaman ini juga banyak di jumpai di beberapa negara seperti Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal dan Thailand.

Kunyit ini mempunyai daging yang sangat lunak dan rasanya hampir sama dengan jahe, meskipun mempunyai jejak rasa pahit di akhir. Kunyit putih pada saat ini sudah jarang dipakai sebagai bumbu masak dan sudah digantikan dengan jahe.

Tetapi, di beberapa masakan asia, kunyit putih ini masih dipakai. Kalau di Indonesia sendiri, bubuk kunyit putih sering dipakai untuk masakan kari, di Thailand irisan kunyit putih dipakai sebagai penyegar rasa salad.

Tanaman ini mengandung minyak esensial, curicum, dan pati. Minyak esensial kunyit ini dapat mengurangi dampak radikal bebas dalam tubuh, sehingga tubuh akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Di negara India tanaman ini sudah lama dipakai secara tradisional untuk pengobatan maag, nyeri menstruasi, kamker dan muntah. Berikut ini berbagai manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang kamu tahu.

1. Manfaat Kunyit Putih Mengandung Zat Antimikroba dan Antijamur

kunyit putih

Kunyit putih ini menunjukkan adanya kandungan aktivitas antimikroba dan antijamur yang sangat ampuh di dalamya. Penelitian sudah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih bisa melawan beberapa spesies bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, seperti E. coli penyebab banyak gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, dan staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Ekstrak kunyit putih juga sangat ampuh melawan jamur Candida dan Aspergillus. Kunyit putih juga bisa mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam mulut dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur di pasaran.

2. Manfaat Kunyit Putih Sebagai Anti kanker

kanker-ganas

Kunyit putih ini sangat diyakini bisa menghambat metastis kanker atau penyebaran kanker dari satu organ ke organ ke tubuh yang lainnya. namun, keefektifannya untuk mengobati mengatasi penyakit kanker ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Manfaat Kunyit Putih Sebagai Obat Alergi alami

alergi

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoida yang sangat bermanfaat sebagai anti-alergi dan sudah terbukti bisa mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kunyit ini bekerja layaknya seperti anthistamin untuk menghambat aktifitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia berbahaya yang memicu reaksi alergi.

Read: Manfaat Daun Salam yang sangat Mengejutkan Bagi Kesehatan Tubuh

5. Manfaat Kunyit Putih Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

-melancarkan-pencernaan-dengan-kunyit-putih

Sama seperti manfaat kuning orange, kunyit putih telah lama dipakai untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak esensial kunyit putih ini dilaporkan bermanfaat dalam pengobatan kejang otot, kolik, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan lidah yang terasa pahit. Ini juga merupakan bantuan alami dalam mencegah peradangan usus akibat stres.

6. Manfaat Kunyit Putih Untuk Penawar Racun Gigitan Ular

teh-kunyit-putih

Kunyit putih juga dapat menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular, sehingga rasa sakit akibat terkena gigitan ular akan berkurang.

6. Manfaat Kunyit Putih Sebagaik Penghilang Rasa Sakit

rasa-sakit-bisa-diobati-dengan-kunyit-putih

Kunyit bersifat analgesik yang lebih baik dari aspirin karena mengandung senyawa alami yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Rempah yang berasal dari Indonesia ini dipakai sudah sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis). 

Ini juga dipakai untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus yang bisa menyebabkan peyempitan saluran udara selama terapi jangka pendek.

Manfaat kunyit putih yang lainnya ialah sebagai antiperadangan, berkat kandungan deuretiknya. Oleh sebab itu rempah ini mampu mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis.

Sifat diuretik zedoary mendukung penghapusan zat beracuk tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian. Kalau tidak ada detoksifikasi, hal itu dapat menyebabkan peradangan dan nyeri sendi pada kasus arthritis dan rematiik. Kunyit putih juga bisa menurunkan suhu tubuh pada saat demam dengan cara melawan infeksi dan mempromosikan keringat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, zedoria bisa dipakai untuk meredakan nyeri menstruasi. Walaupun demikian, beberapa ahli menyarankan agar kunyit ini tidak dipakai oleh wanita yang sedang mengalami pendarahan menstruasi berat.

Manfaat Kunyit Asam, Ramuan Khas Tradisional yang Melegenda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahan aktif analgesik pada kunyit bisa membantu meredakan nyeri, menurunkan tubuh saat sedang demam, dan bersifat antiradang, Begitupun juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, penenang, dan antipitetik.

Manfaat-Jamu-Kunyit-Asam-Untuk-Nyeri-Haid

Kombinasi mantab kedua bahan alami yang sangat melegenda itu, kunyit dan asam jawa sudah terbukti sangat aman dan tidak akan menyebabkan keracunan bila dikonsumsi bersama. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa saja manfaat kunyit asam bagi kesehatan. Mari kita simak bersama-sama penjelasan berikut.

1. Ramuan Kunyit Asam Untuk Meredakan Nyeri Haid

wanita-mengalami-haid

Manfaat jamu kunyit asam telah banyak dipakai dan dikonsumsi wanita nyeri haid. Bahkan kini produk dan manfaat kunyit asam sudah banyak disediakan dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga anda tidah usah repot-repot meraciknya sendiri.

Kandungan kurmumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi pronstaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamim pada asam yang bisa meempengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

maka sudah tidak diragukan lagi bila meminum dari manfatat jamu kunyit asam memang sangat ampuh untuk mengatasi nyeri haid pada wanita.

2. Ramuan Kunyit Asam Sebagai Antioksidan

manfaat-kunyit-untuk-kesehatan

Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa manfaat kunyit asam bernanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui mempunyai aktifitas antioksidan yang sangat tinggi. Sama halnya dengan asam yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik bagi tubuh.

Kandungan antioksidan pada manfaat jamu kunyit asam juga memiliki aktifitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis. Suatu penelotian menyebutkan bahwa penelitian formula terbaik kunyit asam terdiri dari 26 persen asam, persen kunyit dan 71 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

3. Ramuan Kunyit Asam Untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan

Manfaat jamu kunyit asam jawa sering dipakai para leluhur untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu akan semakin maksimal dengan menggabungkan dua bahan alami tersebut.

Kurkumin, ialah suatu antioksida pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk lemak, otot, dan sel pankreas. Reaksi ini bisa membantu mengurangi resitensi insulin, menurunkan kolestrol dan kadar gula darah serta kondisi metabolik lainny akibat obesitas atau kegemukan.

4. Manfaat Kunyit Asam Untuk Mengendalikan Gula Darah

kadar-gula-darah

Kalau anda sedang mengalami penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mendapatkan manfaat jamu kunyit asam ini. kunyit ini sudah lama diketahui bisa menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga akibat kemampuan antiflamasi yang dimiliki oleh kunyit.

Beragam Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Selama ini kunyit sering dikenal sebagai bumbu dapur dan juga jamu. Ternyata rempah yang satu ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kecantikan wajah. Dengan mencampurkannya dengan bahan alami lainnya, anda dapat membuat masker kunyit. Lalu apa saja manfaatnya untuk kecantikan? mari kita simak pembahasan berikut.

manfaat-kunyit-untuk-kecantikan-kulit-wajah

1.Manfaat Kunyit Untuk Mencerahkan Kulit

kunyit-untuk-mencerahkan-kulit

Kunyit sangat bisa untuk mencerahkan kulit, caranya anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan madu dan susu. Madu membantu untuk menutrisi kulit sehingga lebih halus dan lembab. Sementara susu mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu proses penuaan dini pada kulit dan mengecilkan pori-pori.

2. Manfaat Kunyit Untuk Membersihkan Kulit

masker-kunyit-terbaik

Pasti sangat sebal kalau ada noda yang mengganggu pada kulit. Kunyit ini dapat mengatasinya. Kamu bisa mencampurkan kunyit dengan alpukat dan yogurt. Alpukat mengandung vitamin E dan asam lemak yang dapat melembabkan kulit wajah. Sementara dengan yogurt mengandung vitamin B dan tinggi kalsium yang melindungi kulit dari bakteri jahat sehingga kulit terlihat lebih bersih.

3. Manfaat Kunyit Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Cara-Alami-Memutihkan-Kulit-dengan-Kunyit-cantik

Bahan yang satu ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak. Kamu bisa memakai masker kunyit dan dikombinasikan dengan yogurt dan tomat. Yogurt mendinginkan kulit setelah terkena sinar UV, sementara tomat sangat kaya akan antioksidan yang berfungsi sebagai suncreen yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Itulah penjelasan mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Kita tidak menyangka ya bahwa kunyit mempunyai begitu banyak manfaat? Untuk itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi kunyit agar tubuh kita terhindar dari berbagai masalah penyakit, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Jangan lupa untuk mengunjungi artiikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.