gaharu-bibit-unggul

Manfaat Kayu Gaharu untuk kesehatan Medis Maupun Mistis

Manfaat Kayu Gaharu – . Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai warna dan bentuk yang khas, serta mempunyai kandungan kadar damar wangi, berasal dari bagian pohon maupun pohon yang sudah mati sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi, baik secara alami maupun buatan pada pohon tersebut.

Pohon gaharu adalah termasuk salah satu pohon termahal di dunia. Pohon tersebut mulai masuk dalam dunia komoditi perdagangan awal era modern pada tahun 1200 tahun yang lalu. Manfaat kayu gaharu ini sangat beragam.

pohon-gaharyu-terbaik

Kayu yang bergenus Aqularia (anggota famili thymelaeaceae) ini ialah salah satu jenis kayu yang berasal dari indonesia. sekarang banyak jenis dari gaharu yang banyak dibudidayakan di Indonesia, Mulai dari Aqularia malaccensis, A. microcarpa, A. beccariana, A. hirta, A. filaria, dan grinops verstegi. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang khasiat dan manfaat gaharu, kami akan menjelaskan tentang pengelompokkan kayu gaharu, ini agar anda tidak salah dalam membedakan gaharu. Gaharu sendiri dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :

Gaharu dikelompokkan menjadi tiga bagian

1. Kemedangan

kayu-gaharu-kemedangan

Kemedangan ialah kayu yang berasal dari bagian pohon atau pohon penghasil gaharu, mempunyai kandungan damar wangi dengan aromanya yang lemah, ditandai dengan warnanya yang putik keabu-abuan sampai dengan kecoklat-coklatan, kayunya lunak dan berserat kasar.

2. Gubal Gaharu

Gubal-gaharu

Gubal gaharu ialah kayu yang berasal dari pohon atau bagian dari pohon penghasil gaharu, mempunyai kandungan damar wangi dengan aroma yang sangat kuat, ditandai dengan warnanya yang hitam atau kehitam-hitaman berseling coklat.

3. Abu Gaharu

abu-gaharu-terbaik

Abu gaharu ialah serbuk kayu gaharu yang didapatkan dari proses penggilingan atau penghancuran kayu gaharu sisa pembersihan atau pengerokan.

Cara Pemungutan :

  • Pohon yang sudah ditebang lalu dibersihkan dan dipotong-potong atau dibelah-belah, lalu dipilih bagian-bagian kayunya yang sudah mengandung akumulasi damar wangi, dan selanjutnya disebut sebagai kayu gaharu.
  • Gubal gaharu dan kemedangan didapat dengan cara menebang pohon penghasil gaharu yang sudah mati, sebagai akibat terjadinya akumulasi damar wangi yang disebabkan oleh infeksi pada pohon itu sendiri.
  • Potongan-potongan kayu gaharu itu di pilah-pilah sesuai dengan kandungan damarnya, warnanya dan bentuknya.
  • Serpihan-serpihan kayu gaharu sisa pemotongan dan pembersihan tersebut dikumpulkan kembali untuk dijadikan bahan pembuatan abu gaharu.

Manfaat Kayu Gaharu Untuk Kesehatan

Sebenarnya bukan hanya gubal saja yang bisa dimanfaatkan dari tanaman gaharu. Batang gaharu bisa diolah menjadi minyak atsiri yang sangat kaya manfaat. Disamping itu, batang dan juga daun gaharu juga bisa digunkan sebagai teh herbat yang sangat kaya khasiatnya. Berikut ini manfaat batang kayu gaharu :

Parfum dari gaharu

1. Manfaat Kayu Gaharu untuk Mengatasi Sakit Perut

Teh yang terbuat dari batang gaharu sudah terbukti dapat mengatasi aneka penyakit perut seperti sembelit, kembung karena masuk angin, dan diare.

2. Manfaat Kayu Gaharu untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Batang gaharu dipercaya bisa dijadikan sebagai bahan utama obat herbal untuk ginjal. Kalau diseduh dan diminum secara teratur, teh batang dari tanaman gaharu ini bahkan bisa mengobati penyakit ginjal yang sudah kronis seperti gagal ginjal dan batu ginjal. Cara pengobatan dengan memakai batang kayu gaharu seperti ini bisa dilakukan selama ratusan tahun di negara Jepang.

3. Manfaat kayu Gaharu Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Batang gaharu mempunyai sifat menghilangkan sumbatan dan melebarkan pembuluh darah. Oleh sebab itu, seduhan batang tanaman yang sering dipakai sebagai penangkal ilhu hitam ini bisa menurunkan tekanan darah yang sedang bermasalah.

4. Manfaat Kayu Gaharu untuk Mencegah Penuaan Dini

Limbah penyulingan batang gaharu akan menghasilkan minyak atsiri. Minyak hasil pengolahan batang gaharu inilah yang dapat dipakai untuk mencegah penuaan dini sekaligus untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

5. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Mencegah Dan mengobati Tumor

gelang-gaharu-mencegah-tumor

Manfaat batang gaharu yang jarang diketahui oleh banyak orang orang adalah untuk mencegah tumor. Batang kayu gaharu mengandung flavonoid yang dapat menjaga kesehatan tingkat sel. karena itulah batang tanaman ini bisa dipakai untuk mengobati tumor.

6.Manfaat Kayu Gaharu untuk Mencegah dan Mengobati Kanker

Di negara India, kayu gaharu sudah lama dipakai untuk obat kanker usus, sedangkan di negara Cina batang tanaman yang sangat wangi ini juga dipakai untuk mengobati aneka jenis kanker yang mematikan. Bukan hanya itu saja, penelitian terbaru juga sangat mendukung bahwa salah satu manfaat batang gaharu yang tersembunyi ialah untuk melawan sel kanker tumor, kanker yang sangat mengerikan.

7. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Merilekskan Pikiran

Sebagai tanaman yang mempunyai bau harum, gaharu dapat merilekskan pikiran. Wangi yang dihasilkan oleh batang kayu gaharu akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan rileks. Untuk menggunakannya, cukup menyeduh batang kayu gaharu lalu hirup aroma wangi yang keluar dari batang gaharu yang sudah di seduh. Cara yang lainnya ialah dengan membakar kayu gaharu dan membiarkannya mengepulkan asap yang wangi.

8. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Mengobati Asma

mengobati-penyakit-asma

Manfaat batang gaharu yang lain adalah untuk mengobati gangguan pernafasan terutama penyakit asma. Hal ini karena batang tanaman gaharu mempunyai sifat anti asmatil, yaitu sifat melegakan dan melancarkan kembali sistem pernafasan sehingga pernafasan menjadi lancar dan terhindar dari gangguan penyakit asma.

9. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Mencegah Dan Mengobati Insomnia

Seperti yang sudah kita bahs sebelumnya, aroma yang keluar dari batang gaharu bisa merilekskan pikiran. Oleh sebab itu, menghirup wangi gaharu pada waktu malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak dan bangun lebih bugar pada keesokan harinya.

10. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat batang gaharu yang sudah lama dipercaya masyarakat ialah untuk mengatasi diabetes. Seduhan batang tanaman gaharu bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan juga untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, anda dapat mencampurkan sedikit batang kayu manis pada seduhannya.

11. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Antioksidan Menguraikan Racun Dalam Tubuh

membuat teh gaharu terbaik

Khasiat batang gaharu yang lainnya ialah untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Sama seperti bahan herbal pengurai racun yang lainnya, batang tanaman gaharu juga mempunyai efek diuritik sehingga akan mengalami kenaikan frekuensi buang air kecil selama masa detoksifikasi berlangsung.

12. Manfaat Kayu Gaharu untuk Mengobati Stroke

Manfaat kayu gaharu yang lainnya ialah untuk mengobati stoke. Gaharu dipercaya dapat mengatasi stroke karena bisa melancarkan kembali peredaran yang tersumbat. Pengobatan stroke dengan metode ini mungkin memakan waktu yang lama, namun, tidak sedikit dari pasien stroke yang kembali pilih hanya menanfaatkan gaharu.

Manfaat Kayu Gaharu Secara Mistis

Pohon gaharu di pasaran mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan juga banyak dipakai sebagai aksesoris yang sangat bermanfaat. Dan yang sangat melekat dari pohon gaharu ini ialah aromanya sering dimanfaatkan untuk parfum atau pewangi. Adapun manfaat kayu gaharu secara mistis yang dipercaya mempunyai beberapa keutamaan. Keutamaan kayu gaharu secara mistis diantaranya adalah :

minyak

1. Manfaat Kayu Gaharu untuk Menangkal Serangan Jin

Kayu gaharu dapat digunakan untuk menangkal serangan jin. Sebagai manusia kita sangat percaya bahwa ada kehidupan lain selain manusia, yaitu kehidupan dalam dunia jin. Jin sendiri ada yang jahat dan adapula yang baik. Dengan memakai kayu gaharu ini bisa membantu kita sebagai manusia untuk menangkal serangan jin yang bermaksud untuk jahat kepada kita. Baik serangan jin karena perbuatan yang kita lakukan sendiri maupun serangan dari jin yang dikirim oleh orang lain.

2. Manfaat Kayu Gaharu untuk Menetralisir ilmu Hitam atau santet

Manfaat kayu gaharu secara mistis selanjutnya adalah untuk mencegah sihir. Sihir adalah satu sarana untuk membuat petaka kepada seseorang yang dituju. Orang yang sedang terkena sihir biasanya mengalami berbagai permasalahan termasuk masalah jiwa dan kesehatan. Selain rajin membaca al quran  dan rajin sholat juga diperlukan pegangan seperti kayu gaharu untuk menangkal sihir jahat yang tidak diinginkan.

3 Manfaat Kayu Gaharu Sebagai Minyak Aroma Wangi

Kayu gaharu mempunyai aroma yang sangat wangi. Kayu gaharu mempunyai aroma wangi yang hampir sama dengan kayu cendana, itulah mengapa kayu gaharu juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan minyak wangi. Kayu ini mempunyai kandungan minyak alami yang sangat wangi sekali.

4. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Membuat Tasbih

tasbih-dari-kayu-gaharu

kayu yang mempunyai ukuran besar yang berusia ratusan tahun ini juga bisa disebut sebagai tasbih. Tasbih berguna untuk menyebut asma Allah SWT setelah melakukan shalat atau disaat kita ingin memuji keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Tasbih sendiri banyak terbuat dari berbagai macam bahan dan salah satunya terbuat dari kayu gaharu. Kayu gaharu yang dijadikan tasbih ini biasanya mempunyai harga yang mahal karena kualitas yang dimiliki oleh kayu gaharu itu sendiri. Akan tetapi harganya sangat sesuai dengan kualitas jenis tasbih yang terbuat dari kayu gaharu ini.

5. Manfaat Kayu Gaharu Untuk Sarana Ruqyah

Manfaat ruqyah di dalam islam bermanfaat untuk mengusir serangan makhlik halus yang masuk kedalam tubuh manusia. Ruqyah pada umumnya dilakukan saat seseorang telah dimasuki salah satu jenis makhluk halus yang membuat seseorang itu melakukan hal yang tidak wajar seperti berteriak, menangis tidak jelas dan melempar segala benda yang ada di dekatnya. Ruqyah ini dilakukan oleh orang yang paham akan ilmu agama atau disebut dengan ustad. Dan manfaat kayu gaharu juga bisa dipakai sebagai media membantu ruqyah.

6. Manfaat Kayu Gaharu Sebagai Perlengkapan Proses Meditasi

Manfaat kayu gaharu yang lainnya adalah sebagai salah satu proses meditasi yang berpengaruh dalam kesehatan dalam dan luar. Tujuan meditasi adalah untuk memperoleh ketenangan jiwa dalam menjalankan hidup yang berlandaskan kepada agama. Cara untuk melakukan meditasi dapat dilakukan ditempat yang sejuk dan hening. Lalu duduk dengan bersila dan letakkan tangan anda diatas paha. Lalu pejamkan mata dan tarik nafas kemudian lepaskan secara perlahan-lahan.

7. Khasiat Kayu Gaharu Sebagai Pelindung Diri Dari jin dan pengaruh jahat

gelang-gaharu

Manfaat kayu gaharu yang ketuju adalah sebagai pelindung diri. Melindungi diri dari berbagai serangan luar yang sifatnya mistis akan lebih baik. Seperti kata orang-orang bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati kalau sudah terlebih dahulu terkena. Melindungi diri dengan memakai kayu gaharu ini sudah sangat lama dilakukan oleh orang tua dahulu. Sehingga tidaklah sedikit orang tua yang memberitahu anaknya untuk menerapkan hal yang serupa.

Harga Kayu Gaharu

Penentuan kayu gaharu saat ini dihitung berasarkan Grade. Itu artinya, grade kayu gaharu tiggi menunjukkan kualitas resin yang padat. Semakin padat resin di dalam kayu gaharu makan tinggi pula nilai jual kayu gaharu tersebut. Glubal gaharu untuk kualitas super king merupakan yang paling tinggi sebagai penentuan grade. Harga kayu gaharu super king ini dapat mencapai harga ratusan juta rupiah, harga yang sangat Fantastis bukan?

Read: Pohon Biduri Atau Widuri Klasifikasi Gambar Ciri-Ciri Dan Khasiatnya

1. Harga Kayu Gaharu Glondongan Asli di Kalimantan

kayu-gaharu-glondongan

Berikut ini harga kayu gaharu glondongan yang akan kami jelaskan, dengan potongan panjang 30 cm- 61 cm, dan diameter sekitar paha orang dewasa. Kualitas sangat terjamin, karena diperoleh langsung dari hutan-hutan dikalimantan. 25 kg harganya 150.000/kg, 100 kg harganya 100.000/kg, dan 1000 kg harganya 75.000/ kg.

2. Harga Kayu Gaharu Bentuk Chip

kayu-gaharu-bentuk-chip

Harga kayu gaharu bentuk cip ini adalah 10 kg harganya 400.000/kg, 100 kg harganya 380.000/kg, dan 1000 kg harganya 350.000/kg.

3. Harga Kayu Gaharu Berdasarkan Jenisnya

Ada empat jenis kayu gaharu yang harganya sangat menggiurkan. Semuanya itu dalam bentuk tetelan atau bongkahan kecil-kecil. Mempunyai aroma wangi dan segar yang dapat dijadikan aromatherapy dan pengharum rungan.

  • Gaharu ramin : Berat 500 gram harganya Rp. 500.000, 1 kg Rp. 950.000
  • Gaharu Zebra : Berat 500 gram harganya Rp. 500.000, 1 kg Rp. 950.000
  • Gaharu Agatis : Berat 500 gram harganya Rp. 500.000, 1 kg Rp. 950.000
  • Gaharu Buaya : Berat 500 gram harganya Rp. 500.000, 1 kg Rp. 950.000

Cara Menanam Kayu Gaharu

Pohon gaharu bisa tumbuh subur pada tempat dengan ketinggian 0 hingga 1200 mdpl. Pohon gaharu ini bisa hidup pada ketinggian lebih dari 1200 mdpl. Tetapi, pertumbuhan akan kurang maksimal. Berikut ini cara menanam gaharu yang baik dan benar :

gaharu-bibit-unggul

1. Pemilihan Bibit Gaharu

Ketikan anda akan melakukan budidaya pohon gaharu, yang pertama kali harus anda persiapkan ialah bibitnya. Untuk mendapatkan bibit pohon gaharu dengan kualitas unggul dan baik biasanya harus mendapatkan bibitnya dari petani lain maupun pihak-pihak yang menyediakan bibit khusus pohon gaharu.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bibit gaharu yang memiliki kualitas baik :

  • Pilih bibit dengan diameter minimal 1 cm dan tingginya minimal 20-30 cm.
  • Pilih bibit yang sehat dan tidak berpenyakit atau terserang hama.
  • Kriteria bibit tersebut merupakan bibit yang ideal untuk dibudidayakan.

2. Pengolahan Lahan

Pohon gaharu tidaklah membutuhkan lahan khusus. Yang perlu diperhatikan ialah jarak tanamnya. Ukuran jarak tanam yang ideal ialah 3×3 meter. Dengan ukuran jarak tanaman tersebut dalam 1 hektar tanah bisa ditanami sebanyak 1.111 pohon gaharu. Ukuran jarak tanamnya juga dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Media Tanam

Untuk menanam pohon gaharu, dibuat lubang tanam ukurannya 30x30x30 cm. Ukuran itu merupakan ukuran lubang tanam yang sangat ideal, tetapi bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan. Lubang tanam tersebut dibuat minimal 2 minggu sebelum penanaman. Tambahkan pupuk kandang pada lubang tanam untuk mempercepat masa pertumbuhan pohon gaharu. Dosis pupuk disesuaikan dengan takaran yang sudah tertera pada kemasan. Waktu yang paling baik untuk menanam bibit gaharu dilakukan pada saat pertengahan musim hujan.

4. Pembuatan Naungan

Bibit gaharu yang baru saja ditanam membutuhkan naungan untuk melindungi tanaman dari sinar matahari dan air hujan secara langsung serta mengurangi penguapan air yang berlebihan. Atap naungan bisa dibuat dari jerami atau daun yang berukuran lebar.

5. Tahap Perawaran Pohon Gaharu

Pemupukan pohon gaharu dilakukan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Pemupukan memakai kompos sebanyak 3 kg untuk pertumbuhan secara maksimal. Pemupukan ini dilakukan melalui pendangiran di bawah canopy. Pemakaian pupuk NPK dan pupuk majemuk bisa ditambahkan setiap 3 bulan sekali sesudah tanaman memiliki umur 1 tahun dengan dosis yang rendah yaitu 5 gram per tanaman. Lalu dosisnya bisa ditambah sesuai besar batang pohon gaharu.

Hama tanaman yang menyerang pohon gaharu ialah hama kutu putih. Kutu putih ini hidup dipermukaan bawah daun apabila kondisi lingkungannya lembab. Pencegahan bisa dilakukan, yaitu dengan melakukan pemangkasan pohon pelindung dan pruning agar terkena cahaya matahari, lalu diikuti dengan penyemprotan pestisida organik. Bersihkan rumput, bersihkan gulma, dan tanaman pengganggu lainnya setiap 3 bulam sekali atau sesuai dengan kondisi lapangan.

Perawatan selanjutnya adalah pemangkasan. Pemangkasan pohon ini dilakukan ketika tanaman berumur 3-5 tahun. Lakukan pemangkasan dengan memotong cabang bagian bawah dan sisakan 4-10 cabang yang atas. Pucuk tanaman dipangkas, biarkan sekitar 5 m untuk dipelihara agar lebih memudahkan pekerjaan inakulasi gaharu. Untuk mempercepat pertumbuhan pohon gaharu, lakukanlah penyemprotan memakai pupuk organik dengan dosis sesuai pada kemasan yang tertera.

6. Panen gaharu

Jika ingin menghasilkan produksi kayu gaharu yang unggul secara kualitas dan kuantitas, panen kayu gaharu ini dilakukan 2-3 tahun setelah proses induksi jamur. Untuk saat ini, kayu gaharu buatan yang dipanen setelah 3 tahun.

Demikian penjelasan mengenai manfaat gaharu sampai cara menanamnya, kita tidak menyangka ya kalau pohon yang satu mempunyai banyak manfaat dan juga mempunyai nilai jual yang sangat tinggi ? Tidak ada salahnya kan kita menanam untuk dijadikan investasi ? Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.