kulit-wajah-cantik

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan wajah, Flek Hitam, Jerawat Serta Kesehatan Rambut

Manfaat jeruk nipis – Taukah kamu ? meskipun jeruk nipis memiliki ukuran kecil dan harganya murah, ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang tidak kalah dengan buah lainnya. Jeruk nipis mengandung nutrisi seperti vitamin A dan C, asam folat dan zat besi.

Nah kali ini kami akan membahas sejuta manfaat dan khasiat yang ada pada jeruk nipis, langsung saja kita simak bersama-sama penjelasan berikut

manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Wajah

kecantikan

Seperti yang sudah kami sebutkan beberapa kali, jeruknipis memang betul-betul baik untuk dijadikan bahan kecantikan seseorang, bahkan jeruk nipis juga bisa dipakai oleh pria yang mempunyai beberapa masalah pada wajah mereka. Bukan hanya satu masalah saja, akan tetapi banyak masalah yang bisa langsung diselesaikan dengan jeruk nipis ini. dan beberapa masalah tersebut ialah

1. Jerawat

Jerawat memanglah menjadi salah satu kecantikan yang sangat menyebalkan untuk orang. Namun kamu tidak usah khawatir karena jeruk nipis sudah benar-benar terbukti sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Cara memakai jeruk nipis untuk masalah jerawat ini sangatlah mudah, yakni kamu cukup mengaplikasikan irisan jeruk nipis saja.

Akan tetapi kalau kamu mempunyai kulit yang sensitif, sebaiknya campurkan jeruk nipis dengan madu. Caranya kamu hanya perlu memakai air perasan jeruk nipis saja. Kamu cukup mencampurkan kedua bahan tersebut dengan skala satu banding satu saja.

2. Kulit Kusam

Bukan hanya jerawat saja yang menjadi masalah, kulit kusam juga sering menjadi masalah juga yang akan menggangu penampilan. Tetapi, hal ini tidak akan lagi akan kamu rasakan jika kamu sudah tahu bagaimana cara memaksimalkan dan cara mengkonsumsi jeruk nipis yang baik dan benar.

Untuk masalah kulit kusam, kamu bisa mengoleskan atau mengkonsumsi jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk kulit yang satu ini memanglah tidak usah diragukan lagi. Kamu bisa mengambil manfaat dengan minum jeruk nipis di pagi hari untuk kebutuhan kamu yang satu ini.

3. Flex Hitam

flek

Masalah kulit yang lain juga sering kali menjadi masalah mengganggu adalah flex hitam, terlebih lagi kalau flex hitam ini cukup banyak sehingga akan terlihat jelas. Manfaat jeruk nipis untuk kulit ini sebenarnya sudah tidak perlu di ragukan lagi, karena sudah banyak orang yang membuktikan manfaat jeruk nipis ini untuk flex hitam.

Akan tetapi, sebaiknya bagi kamu yang sedang mempunyai masalah flek hitam ini jangan langsung mengoleskan air jeruk nipis, karena takutnya akan ada efek samping jeruk nipis yang akan diterima. Untuk memakainya, campurkanlah sedikit air jeruk nipis dengan tepung, baru setelah itu di tempelkan kepada wajah kamu.`Masalah flex hitam akan hilang dalam sekejap.

4. Masalah Pori-Pori

Sebagian dari kamu pasti sudah pernah tahu manfaat jeruk nipis untuk mengatasi masalah yang satu ini. Jeruk nipis mempunyai sifat astrigent, dimana salah satu manfaat jeruk nipis dari sifat tersebut adalah bisa mengencangkan pori-pori pada wajah kamu.

Hal tersebut karena jeruk nipis mempunyai kemampuan untuk mengurangi proses produksi minyak pada daerah wajah kamu. Akan tetapi, kamu juga harus tahu cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar kalau kamu ingin mendapatkan wajah dengan pori-pori yang kencang.

5. Wajah Cepat Tua

Semakin kotornya udara, sinar matahari yang memountai sinar UV dan juga banyaknya kegiatan yang harus kita lakukan setiap hari ini juga dapat mempengaruhi penuaan pada wajah kamu. Tetapi kamu juga dapat memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk sebuah kecantikan, yaitu bisa menghambat datangnya penuaan dini.

Kamu bisa langsung menggosokkan jeruk nipis pada wajah kamu, atau kamu juga bisa membuat masker alami terlebih dahulu dengan jeruk nipis untuk wajah kamu. Kalau memang ingin melakukan perawatan yang double sekalian, maka kamu bisa menambahkan madu ataupun bahan alami yang lainnya.

6. Menebalkan Rambut

menebalkan rambut

Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut untuk mengatasi kebotakan.

7. Menghilangkan Ketombe

Selain dapat menebalkan rambut, penggunaan jeruk nipis yang teratur pada kulit kepala juga bisa dipakai untuk membasmi masalah ketombe.

8. Menebalkan Bulu Mata dan Alis

Kamu tidak perlu lagi membuang banyak uang hanya untuk membeli produk kecantikan hanya demi tampil dengan alis tebal dan juga bulu mata tebal. Kamu cukup dengan menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan bulu mata dan alis tebal yang panjang dan alami.

9. Mencegah Infeksi

Kandungan pada jeruk nipis berguna untuk membunuh bakteri pada kulit. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang menjadikan jeruk nipis sebagai buah dengan tingkat antioksidan yang tinggi. Bukan cuma memiliki antioksidan yang tinggi, buah ini ternyata memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan terutama untuk mencegah infeksi.

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa bakteri pada umumnya cenderung tinggal di tempat dengan pH basa atau tingkat keasaman yang rendah. Oleh karena itu dengan menerapkan vitamin C pada kulit kamu, bakteri-bakteri yang terdapat di kulit kamu akan mati sehingga mencegah aktivitas bakteri yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit.

10. Mengangkat Sel Kulit Mati

Jeruk nipis ialah salah tatu varian buah yang mempunyai kandungan asam yang sangat tinggi. Asam yang terdapat pada jeruk ialah asam sitrat. Asam sitrat dalam jeruk nipis ini diketahui dapat menghilangkan sel kulit mati dari wajah kamu.

11. Kulit Bersinar

kulit

12. Menjaga Kelembaban Kulit Alami

Perasan jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur bisa dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembaban kulit.

Untuk memiliki kulit bercahaya, yang perlu dilakukan ialah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur dengan madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami pada kulit.

13. Membuat Rambut Berkilau

Memiliki rambut yang berkilau tentunya sangat diinginkan oleh semua wanita. Jeruk nipis bisa menjadi apa yang orang inginkan. Air jeruk nipis yang digunakan dengan madu dan campuran minyak zaitun sebelum mencuci rambut, bisa memberikan kilau rambut secara alami. Jeruk nipis yang tergabung dalam shampoo bersama dengan bahan penting lainnya bisa membuat rambut halus dan berkilau.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya mempunyai manfaat untuk kecantikan dan wajah saja, tetapi juga untuk kesehatan dimana biasanya yang mana biasanya lebih banyak orang yang sedang membutuhkan manfaat tersebut. Kamu bisa mendapatkan manfaat dengan minum air jeruk nipis di pagi hari ataupun manfaat minum air jeruk nipis hangat sebelum tidur kalau kamu memang rutin melakukannya.

Kalau untuk kecantikan tadi kamu lebih banyak mengaplikasikan pada wajah atau kulit, kali ini akan lebih banyak mengkonsumsinya, baik itu secara langsung atau dijadikan beberapa minuman terlebih dahulu.

1. Manfaat jeruk nipis Untuk Pencernaan

Sadarkah kamu bahwa aroma dari jeruk nipis dapat membuat mulut kamu menghasilkan air liur yang lebih banyak? Ternyata, hal ini dapat memberikan manfaat jeruk nipis yang lainnya, yaitu untuk pencernaan kamu.

Asam alami yang terdapat pada jeruk nipis tadi akan mencegah molekul makro yang terdapat pada makanan, yang mana pada akhirnya akan sangat membantu pencernaan di dalam tubuh kita. Kalau kamu mempunyai masalah dengan pencernaan sampai harus membeli obat pencahar dan sebagainya, milai sekarang tidak ada salahnya kamu untuk rajin mengkonsumsi jeruk nipis.

2. Manfaat jeruk nipis Untuk Diabetes

Penyakit yang satu ini memang sudah cukup sering ditemukan, terlebih lagi bagi orang Indonesia yang sebagian besar masih belum terlalu peduli dengan keadaan gula yang ada pada tubuh mereka. Kabar baiknya, menurut American Diabetes Association, jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk menangani masalah diabetes.

Kandungan serat baik yang cukup tinggi yang terdapat pada jeruk nipis akan sangat membantu dalam mengatur kondisi tubuh dalam urusan penyerapan makanan. Tidak di sangka ya manfaat jeruk nipis ini sangat luar biasa bagi penyakit diabetes?

Meskipun begitu, Kamu bagi penderita diabete tidak langsung boleh mengkonsumsi jeruk nipis sebanyak-banyaknya setiap hati, itu karena efek samping jeruk untuk lambung juga mungkin terjadi> Konsumsilah jeruk nipis dengan teratur dan baik jangan juga berlebihan.

3. Manfaat jeruk nipis Untuk Penyakit Jantung

-mencegah-serangan-jantung

Serat larut jeruk nipis dapat membantu seseorang dengan masalah jantung. Dengan itu tekanan darah akan menjadi lebih rendah dan efektif menghilangkan kolestrol buruk yang bisa muncul di dalam tubuh. Setelah itu, serat ini akan membuang kemungkinan pada peradangan pada darah. Sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pada jantung seperti serangan jantung dan lain sebagainya.

4. Manfaat jeruk nipis untuk Mengurangi Demam

Demam memang menjadi masalah kesehatan yang sudah cukup sering terjadi, oleh sebab itu orang yang mengalami demam tidak langsung dibawa kerumah sakit, melainkan dirawat dirumah terlebih dahulu. Jeruk nipis inilah solusi untuk mengatasi demam tersebut karena jeruk nipis bisa menjadi solusi untuk demam ini.

Kalau memang demamnya sudah cukup tinggi, ada baiknya untuk memberikan air jeruk nipis pada orang yang sedang terkena demam tersebut. Hal ini biasanya cukup efektif untuk membuat demam lebih cepat turun. Manfaat jeruk nipis ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi sehingga cepat menurunkan suhu tubuh secara alami.

5. Manfaat jeruk nipis untuk Radang Sendi

Penyebab utama masalah radang sendi ialah asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Sebenarnya, asam urat ialah salah satu limbah kencing yang normalnyaakan membersihkan tubuh. Namun kalau terlalu banyak, malah bisa menimbulkan penyakit radang sendi.

Tetapi masalah tersebut tidak usah khawatir, karena kamu bisa memaksimalkan manfaat jeruk nipis yang satu ini, yang mana jeruk nipis dapat berperan sebagai pelarut, sehingga jumlah eliminasi pada urine juga bisa meningkat dan masalah radang sendi dapat teratasi.

6. Manfaat jeruk nipis untuk Anti Kanker

Siapa yang pernah menyangka bahwa manfaat jeruk nipis selanjutnya ialah bisa berperan sebagai anti kanker. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis yang dapat memunculkan peran penting yang satu ini yaitu sebagai anti kanker.

Jaringan itu akan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel yang sangat mungkin merupakan sel kanker. Nah, disinilah jeruk nipis membuktikan bahwa manfaat minum air jeruk nipis hangat sebelum tidur ataupun minum air jeruk nipis di pagi hari benar-benar terbukti sangat baik bagi kesehatan tubuh.

7. Manfaat jeruk nipis Untuk diet

diet alami jeruk nipis

Banyak sekali orang uyang memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk diet, itu dikarenakan kandungan asamnya. Kamu bisa mengkonsumsi air jeruk nipis untuk diet ini pada pagi hari maupun waktu lainnya.

8. Manfaat jeruk nipis untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan ialah bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis bisa digunakan sebagai nutrisi alami untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit karena bakteri dan virus.

9. Manfaat jeruk nipis untuk Gangguan Pernafasan

Minyak flavonoid yang di ekstrak dari jeruk nipis secara luas dipakai dalam obat-obatan anti kongsetif seperti balm, alat penguap dan inhaler karena adanya kaempfeol. Hanya dengan menghirup aromanya bisa membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

10. Manfaat jeruk nipis untuk Gangguan Kemih

Kandungan kalium yang sangat tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis sangat membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Di samping itu, bisa membersihkan penyumbatan air seni yang beraal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

11. Manfaat jeruk nipis untuk Asam Urat

Ada dua penyebab terjadinya asam urat. Sumber pertama ialah akumu;lasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua ialah akumulasi racun dalam tubuh, asam urat terutama. Jeruk nipis mampu mencegah kedua penyebab ini. Ini ialah sumber antioksidan dan pdetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

Efek Samping Jeruk Nipis

manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan

Selain mempunyai manfaat yang banyak, kamu juga perlu tahu waspada dengan efek samping jeruk nipis. Efek samping ini akan muncul jika kamu terlalu sering mengkonsumsinya, ataupun tidak tahu cara mengkonsumsi jeruk nipis dengan baik dan benar.

Dan inilah beberapa efek samping jeruk nipis :

1. Efek Samping Jeruk Nipis Pada Wajah

Tak sedikit orang yang sudah membuktikan manfaat jeruk nipis pada wajah mereka, sehingga orang yang mengetahuinya tidak jarang mereka ingin mendapatkan hasil sama sehingga akan langsung memakai jeruk nipis membabi buta.

Akan tetapi jika terlalu sering, efek samping jeruk nipis pada wajah yang akan timbul berupa wajah akan terasa panas dan rasanya seperti terbakar, sehingga kamu harus benar-benar berhati-hati kalau memakai jeruk nipis pada wajah.

2. Efek Jeruk Nipis Untuk Diet

Kandungan asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis memang bisa membuktikan bahwa salah satu manfaat jeruk nipis yang paling mungkin ialah untuk membantu menurunkan berat badan atau biasa disebut dengan diet. Akan tetapi jika terlalu sering mengkonsumsinya, kamu akan sering ke kamar mandi, juga dapat membuat kamu menjadi merasa lemas.

Walaupun kamu memiliki impian yang sangat besar untuk memiliki tubuh langsing, akan terasa kurang bijaksana rasanya kalau kamu harus membahayakan dir kamu dengan terlalu memaksakan mengonsumsi jeruk nipis setiap harinya dengan ukuran yang berlebihan.

3. Efek Jeruk Nipis Bagi Lambung

Kalau terlalu banyak mengkonsumsi jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis bagi kecantikan atau kesehatan pun ternyata bisa memberikan masalah pada lambung kamu, apanila yang memiliki masalah dengan asam lambung tinggi.

Itu artinya, kamu yang memiliki sakit maag juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis terlalu sering. Kalau memang ingin meminum air jeruk nipis sekali-kali maka pastikan kamu sudah makan nasi terlebih dahulu sebelumnya.

Itulah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan maupun kecantikan, tentunya kamu sudah tidak ragu lagi kan untuk mengkonsumsi maupun memakai secara langsung, tapi ingat jangan berlebihan ya?? Karena seperti yang kita ketahui bahwa semua yang berlebihan itu tidak baik..Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu..Terima kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.