daun-sirih-cewek

Manfaat Daun Sirih Merah & Hijau Untuk Kesehatan, Kewanitaan Serta Cara menanam

Manfaat Daun Sirih- mengapa Banyak sekali produk kewanitaan berasal dari daun sirih ini alasanya, daun sirih memiliki antioksidan yang sangat ampuh untuk membasmi bakteri baik pada saluran anus maupun vagina dan juga bisa untuk mengobati sel kangker, batuk, radang, keputihan,diabetes dan juga perawatan kecantikan natural, Kalau kita mendengar kata daun sirih yang sering ada di pikiran kita ialah pasti daun yang sering dikunyah oleh orang tua, tapi, apakah benar daun sirih itu bermanfaat bagi kesehatan ?. Jangan khawatir rasa penasaran anda akan kami ulas pada pembahasan kali ini, mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini :

manfaat-daun-sirih

Pembahasan Tentang Daun Sirih

Daun sirih adalah herbal alami paling berkhasiat yang sangat terkenal di mata manusia. Tanaman yang mempunyai daun lebar dan tumbuh menyulur ini sangat kaya akan kandungan tannin, saponin, eugrol dan berbagai kandungan minyak esensial. Kandungan itulah yang menjadikan manfaat daun sirih sebagai kesehatan tubuh yang alami dan begitu kaya.

Daun sirih dikenal akan sifat anti-inflamasi, sifat anti-septik dan pendingin kulit yang alami. Khasiatnya tak terbatas pada permukaan tubuh kalau dimakan atau diminum air rebusannya, Manfaat daun sirih juga sangat terasa untuk organ tubuh yang lainnya.

Berikut ini saya tampilkan aneka manfaat dari daun sirih hijau ataupun daun sirih merah bagi kesehatan wajah, tubuh, dan kulit.

Manfaat Daun Sirih Merah dan Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat daun sirih bagi kesehatan :

daun-sirih

1. Manfaat daun sirih untuk menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Penelitian mengungkapkan bahwa meminum air rebusan daun sirih maupun daun kering yang dikeringkan kemudian dijadikan bubuk, dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Di samping itu daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

Manfaat daun sirih bagi penderita diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tinggi yang dapat mengurangi stres oksidatif akibat kerusakan sel-sel tubuh. Pemicunya adalah akibat ketidak seimbangan hormon insulin. Pada penelitian yang sama melaporkan bahwa pada daun sirih tidak memiliki efek samping apapun, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi atau meminum air rebusan daun sirih.

Meskipun demikian, itu bukan berarti daun sirih ini adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus kamu jalani. Kalau kamu telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kepercayaan kamu sebelum kamu meminum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada resiko efek samping maupun interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat yang diberikan dokter tersebut. Daun sirih hanya digunakan sebagai obat pendamping obat medis guna untuk mengendalikan gejalanya. Di saming itu juga harus mengubah pola makan dan rajin belohraga.

2. Manfaat daun sirih untuk Penangkal Kanker

Antioksidan eugrol yang terdapat dalam rebusan air daun sirih merah dan hijau bisa membantu memerangi radikal bebas pemicu sel kanker bagi penderita kanker.

3. Manfaat daun sirih untuk menurunkan Tekanan Darah dan Kolestrol

Seperti yang sudah disebutkan diatas, daun sirih mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Di dalam tubuh, antioksidan eugnol yang bekerja melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang akan kami ulas ialah dapat menurunkan kolestrol LDL , trigliserida dan lemak jahat yang terdapat dalam tubuh. Daun sirih juga bisa membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

4. Manfaat daun sirih untuk empercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat daun sirih lainnya ialah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Yang menyebabkan cepat menyembukan luka bakar ialah karena kandungan antioksidan yang tinggi. Seseorang yang sedang mengalami luka bakar juga bisa mengalami stress oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka secara cepat.

Daun sirih ialah antiseptik yang sangat luar biasa, bisa disebut daun ajaib yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Daun sirih mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tingginya kandungan polifenol yang terdapat pada daun sirih tersebut.

5. Manfaat daun sirih untuk membantu Menurunkan Depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih dapat membantu mengendalikan depresi pada orang-orang yang memiliki depresi. Salah satu penelitian menyebutkan mengunyah daun sirih ataupun meminum rebusan daun sirih bisa memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang banyak.

6. Manfaat daun sirih untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kenali-Gangguan-Skizoafektif-Skizofrenia-dan-Depresi

Mulut ialah bagian tubuh yang sangat rentan terhadap bakteri dari apa yang kamu makan. Berkumur dengan rebusan daun sirih atau mengunyah daunnya telah terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Bukan hanya itu saja, daun sirih juga bisa mencegah gigi yang berlubang dengan melawan asam yang telah dihasilkan oleh bakteri.

Mengunyah biji pinang dan daun sirih dapat memicu produksi air liur. Air liur mengandung berbagai jenis protein dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah penyakit gusi. Di samping itu air liur juga membersihan gigi dari sisa makanan maupun kotoran yang sedang menempel.

7. Manfaat daun sirih untuk menjaga Saluran Pencernaan

Daun sirih merah dan daun sirih hijau diketahui bisa meningkatkan produksi lendir yang bisa melindungi kesehatan saluran pencernaan. Produksi lendir tersebut akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang bisa terjadi karena berbagai macam hal.

Daun sirih sangat efektif untuk mengurangi nyeri pada lambung dan juga mampu meredakan gejala GERD. Daun sirih juga melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Manfaat lain dari daun sirih ini terhadap kesehatan saluran cerna ialah menormalkan kembali tingkat pH lambung sebagai meredakan maag, rasa sakit yang timbul akibat kembung, dan refluks asam lambung (asam lambung naik).

Di samping itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna agar bekerja lebih baik lagi saat membuang semua materi limbah yang terdapat di dalam tubuh. Mengunyah daun sirih juga bisa meningkatkan produksi air liur yang dapat mengikat dan melembutkan makanan. Dengan itu kamu bisa menelan dan mengirimkan makanan pada saluran cerna dengan baik dan lebih lancar lagi. Hal ini tentu sangat membantu memudahkan kerja sistem percernaan di dalam tubuh.’

Mengkonsumsi daun sirih bisa membanu kamu terhindar dari diare dan sembelit. Daun sirih merangsang usus untuk menyerap nutrisi dan mineral penting lainnya untuk kesehatan tubuh.

8. Manfaat daun sirih untuk meningkatkan Energi

otot-kuat

Kalau rajin mengunyah biji pinang dan daun sirih diketahui bisa meingkatkan energi dalam tubuh. Itu karena biji pinang memiliki berbagai kandungan zat aktif bekerja persis seperti dengan alkohol,nikotin dan kafein yang berguna untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat kamu jadi lebih waspada dan fokus serta lebih bertenaga / berenergi lagi.

9. Manfaat daun sirih untuk mengobati Mimisan

Kamu pasti sudah sangat mengerti dan sangat akrab dengan manfaat daun sirih yang satu ini sejak kamu masih kecil dulu. Cara kerja daun sirih untuk menyembuhkan mimisan mirip sekali dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar.

Kandungan antioksidan tanin yang terdapat pada daun sirih membantu mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka. Dengan membekukan darah sangat cepat dan menutub sobekan pada pembuluh darah dalm hidung.

Bukan hanya itu saja, sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Phyto Journal Menemukan bahwa daun sirih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Semakin kuat daya tubuh kamu, maka akan semakin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.

Read: Manfaat Daun Salam yang sangat Mengejutkan Bagi Kesehatan Tubuh

10. Manfaat daun sirih untuk Obat Radang Prostat

Daun Sirih Merah, bisa kamu jadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati permasalahan peradangan prostat yang kamu alami. Daun sirih merah memiliki kandungan antioksidan saponin dan tanin yang tinggi, juga zat aktif hydroxychavicol yang dapat membantu memperbaiki sel-sel kelenjar prostat agar bisa kembali berfungsi normal sepeeti biasanya.

Caranya ialah dengan merebus 4 sampai 6 lembar daun sirih merah yang masih muda lalu minum air rebusan daun sirih tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

11. Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Batuk

Air rebusan daun sirih merah bisa meringkankan batuk, ini karena daun sirih merah memiliki kandungan vitamin B dan Vitamin C serta alkoloid yang membantu meredakan peradangan di tenggorokan penyebab tenggorokan gatal dan batuk.

Untuk membuat ramuan itu caranya :

  • Siapkan 6 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci dengan bersih
  • Rebus dengan 300 ml air selama 20 menit
  • Minum air rebusan itu 1 kali sehari

Apakah Benar Ada Manfaat Daun Sirih Untuk Kewanitaan?

Kamu tentunya pernah melihat sangat banyak produk pembersih yang mengiklankan manfaat daun sirih untuk kewanitaan. Walaupun begitu, mis V sebaiknya tidak perlu dibersihkan dengan sabun kewanitaan khusus vaginal douche, maupun dibasuh dengan air rebusan daun sirih alami. Ini karena mis V anda sudah mempunyai sistem pembersih otomatis sendiri.

Membersihkan mis V cukup kamu lakukan satu hari sekali dengan cara membilasnya pakai waslap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun netral (artinya sabun itu tidak berbahan kimia keras dan tidak berpewangi) atau bisa juga basuhi dengan tangan anda. Langkah yang berikutnya kamu cukup menjaga area kewanitaan agar selalu kering bersih, jangan sekali-kali pakai celana dalam yang sangat ketat, patikan bahan dari celana dalam itu bahannya bisa menyerap keringat dengan sangat baik.

Namun jika kamu mencuci vagina pakai sabun kewanitaan yang mana sabun itu mengandung daun sirih. Pastikan dulu produk itu mengandung providone iodine dan tidak berpewangi. Bersihkanlah area vagina dari arah depan ke belakang guna untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina. Pada saat kamu menstruasi, sebaiknya rutin ganti pembalut setidaknya 2-3 kali dalam sehari.

Adakah Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah?

Beberapa orang memakai rebusan daun sirih untuk pembilas saat mereka mencuci muka demi mendapatkan manfaat daun sirih untuk wajah mereka. Kenapa demikian ? ini karena daun sirih mempunyai kandungan zat antiradang, antioksidan chavicol, dan juga antibakteri yang dapat mengobati jerawat meradang serta gatal-gatal diwajah yang mungkin diakibatkannya. Manfaat daun sirih bagi wajah yang lainnya ialah dapat mengatasi bintik-bintik hitam pada wajah.

Di samping itu, kandungan antimikroba yang terdapat pada daun sirih dipercaya bisa membantu mengatasi bau badan, alergi, dan juga gatal-gatal. Caranya ialah hancurkan beberapa daun sirih lalu ambil eksyrak jusnya. Lalu, campurlah dengan sedikit kunyit. Langkah selanjutnya kamu oleskan disekitar badan yang gatal atau jerawat. Tapi ada baiknya sebaiknya kamu konsultasikan pada ahli herbal dan dokter untuk pemakaian lebih lanjut.

Chavichol yang terdapat pada daun sirih sering dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan seperti orkitis dan arthritis.

Cara Membudidayakan dan Menanam Sirih

1. Menyiapkan Media Tanam

cara-menanam-daun-sirih

Tanaman sirih ialah tanaman yang bisa tumbuh maksimal apabila terdapat pada daerah yang dingin. Tanaman sirih tidak terlalu membutuhkan sinar matahari, yaitu sekitar 60%. Tanah yang diperlukan untuk menanam sirih ini adalah tanah lumpung liat berpasir. Yaitu, sebuah tanah yang cocok dipakai oleh tanaman obat pada umumya. pH tanah (kemasaman tanah) yang diperlukan untuk tumbuhnya daun sirih adalah sekitar 7-8.

2. Memilih Benih Daun Sirih

Dalam memilih bibit tanaman daun sirih yang bagus, baik serta unggulan ialah hal yang sangat penting dalam membudidayakan tanaman sirih. Itu karena hal ini berakibat pada perkembangan serta pertumbuhkan tanaman sirih itu sendiri. Kalau sudah menentukan bibit yang kualitasnya bagus, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu bagaimana cara melakukan pengolahan terhadap media tanam yang akan dipakai baik itu menggunakan pot maupun polybag.

3. Menanam Daun Sirih

Apabila kamu ingin menanam daun sirih, hal pertama yang kamu lakukan ialah dengan cara memakai ujung dari tanaman sirih itu sendiri dengan memakai bagian ujungnya sekitar 45 sampai 50cm. Itu karena agar mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dalm budidayanya. Sebaiknya tanaman yang satu ini diberikan sandaran. Biasanya hal yang dipakai untuk sandaran adalah pohon. Seperti pohon, Kapik, Kelor Adlah, Gamal dan Dadap.

4. Menyiapkan Sandaran Untuk Tanaman Sirih

daun sirih

Untuk pohon yang akan dipakai untuk sandaran tanaman sirih sebaiknya pohon tersebut ditanam pada saat musim hujan. Sebelum memulai untuk menanam pohon sirih tersebut jarak kita perlukan antara pohon ialah sekitar 1.6m/pohon.

Sesudah itu, setiap dua baris pohon yang dipakai sebagai sandaran wajib dibuatkan parit yang akan dipakai untuk mengalirkan air agar tanah yang ada didekat tanaman sirih itu tidak sampai basah. Itu karena daun sirih sangat rentan dan tidak tahan untuk bertahan hidup dengan memakai tanah yang terlalu basah.

5. Perawatan Tanaman Sirih

Untuk merawat tanaman ini kenakan tanaman pada sinar matahari dengan banyaknya cayaha 65 sampai 70%. Sangat perlu diperhatikan pula pada banyaknya sinar matahari yang sedang terkena pada daun sirih itu karenaakan membuat daun sirih itu cepat layu. Sehingga hal itu akan membuat sulit perawatannya. Kalau ingin menghasilkan daun sirih yang segar sebaiknya kamu menempatkan daun sirih di tempat yang sinar mataharinya terlalu berlebihan.

Pencahayaan tanaman

Kalau tanaman sirih berada yang teduh, maka daun yang dihasilkan akan lebih berwarna hijau dan mempunyai rasa pedas yang sangat sedikit. Sehingga, penentuan cahaya sangatllah berpengaruh pada rasa yang dihasilkan oleh daun sirih itu. Di samping sinar matahari faktor pupuk juga sangat berpengaruh pada rasa daun sirih itu sendiri. Untuk masalah pupuk sebaiknya kamu memakai pupuk kompos ayam yang memiliki sifat dingin.

7. Memberantas Hama Tanaman Sirih

memberantas hama sirih

Disamping itu perhatikan juga hama yang ada pada tanaman sirih itu sendiri. Sebaiknya, dilakukan penyiraman agar tanaman sirih tetap hidup sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa diperhatikan pula apakah media tanam masih basah atau tidak. Kalau masih basah sebaiknya tidak perlu dilakukan.

8. Waktu Panen Daun Sirih

Penanaman daun sirih diperlukan waktu kurang lebih selama 1 tahun agar daun yang dihasilkan siap untuk kita petik. Pemilihan daun yang tepat ialah daun yang berasal dari sulur yang mempunyai 3 sampai 4 ruas dan sebaliknya. Untuk memulai pemanenan mulai dikerjakan saat pagi agar tanaman yang dihasilkan itu akan terasa lebih segar. Disamping itu, Daun yang terdapat pada sulur bisa kita panen pula.

9. Cara memetik Daun Sirih Yang Sudah Panen

Memilih daun yang sudah siap untuk dipanen adalah dengan cara melihat apabila daun itu telah cukup bersih, tua ataupun warna yang mengkilap. Itu artinya daun sirih itu pada waktu tersebut sudah memiliki zat yang sangat tinggi. Cara memetiknya ialah dengan memetik mulai dari bagian daun bagian bawah hingga atas. Namun, apabila mengembangkan daun sirih untuk di produksi dalam skala besar, sebaiknya melakukanpengemasan yang akan membuat daun sirih tetap segar dan rasanya tidak berubah meskipun dalam waktu tertentu.

Demikian penjelasan dari kami mengenai manfaat daun sirih serta cara menanamnya. Manfaat daun sirih baru bisa kita rasakan secara maksimal kalau dikonsumsi sesuai anjuran. Jangan mengambil takaran yang berlebih itu karena malah memberikan efek negatif bagi tubuh kita. Semoga pembahasan yang kami berikan kali ini bermanfaat ya?? Jangan lupa berkomentar di kolom komentar. Terimakasih.

Dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.