daun-salam

Manfaat Daun Salam yang sangat Mengejutkan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Salam – Daun salam adalah daun yang mempunyai warna hijau yang seringkali dipakai sebagai penyedap bumbu masakan. Disamping dipakai untuk bumbu dapur daun salam biasanya dipakai orang untuk bahan obat herbal. Guna untuk mengatasi masalah penyakit yang sedang dikeluhkan. Daun salam ini didapatkan dari tanaman yang mempunyai nama syzygium polyanthum.  Dan nama latin daun salam ini adalah boy leaf, mempunyai bentuk lancip dan tidak terlalu lebar.

Pohon salam yang mempunyai warna abu-abu, kayunya bersisik dan mempunyai ketinggian mencapai 32 meter dengan diameter sampai 65 cm. pohon salam ini memiliki bunga berwarna malai dengan banyak kuntum bunga 3-9 cm. Biasanya bunganya muncul dibawah daun atau di bawah ketiak ranting. Bunganya mempunyai aroma yang sangat harum akan tetapi mudah rontok.

daun-salam

Daun salam merupakan salah satu jenis rempah yang diproduksi oleh pohon salam. Kayu daun salam sering dipakai untuk perabotan rumah tangga karena kualitasnya yang bagus dan tahan lama bila dijadikan bahan perabotan rumah tangga. Kulit batang pohon mengandung tanin, biasanya sering dimanfaatkan sebagai ubar (untuk mengawetkan dan mewarnai) jala. Bahan tanaman yang terbuat dari bambu, dll. Kulit batang daun salam biasa dipakai untuk bahan ramuan tradisional untuk menghangatkan badan dan sakit perut. Buah salam sangat lezat bila sudah masak untuk dimakan. Memakan buah salam akan sangat menguntungkan. Karena jika anda memakannya anda akan mendapatkan manfaat secara langsung yang diperoleh seperti menguatkan gigi jika dikunyah, meredakan sakit perut yang bermasalah dll.

Pemakaian daun salam sebagai obat disebabkan karena kandungannya yang sangat tinggi yaitu pada daun salam kering terdapat sekitar 0, 18% minyak esensial. Dengan komponen penting egunol dan metil kavikol (methyl Chavicol) yang terdapat di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun dalam menunjukkan efek anti jamur dan antibakteri, sedangkan untuk ekstrak metanolnya merupakan anticacing.  Lalu apa manfaat yang lainnya yang terdapat pada daun salam ini?. Mari kita simak bersama-sama ulasan berikut.

Inilah Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Secara Alami

buah-salam-asli

Di negara indonesia para ibu rumah tangga sering memakai daun salam atau daun rempah ini sebagai pengharum masakan yang mereka buat, karena sebuah masakan akan terasa sangat lezat kalau dikasih daun salam ini sekaligus penghilang rasa amis pada masakan seperti ikan, daging kambing, dll. Namun itu hanyalah salah satu dari berbagai manfaat daun salam dimiliki dan masih banyak lagi manfaatnya, diantaranya :

1. Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang pertama yang terdapat pada daun salam selain dipakai untuk memasak adalah untuk mengobati masalah pencernaan dan menjaga pencernaan kita agar tetap terjaga kesehatannya.

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun salam dapat memperlancar pencernaan. Kalau anda mengalami gangguan masalah pencernaan seperti diare, sembelit atau masalah pencernaan yang lainnya, sebaiknya minumlah air rebusan daun salam. Meminum daun salam yang dicampur dengan sedikit garam secara rutin tiga kali sehari akan dapat menyembuhkan rasa sakit yang diderita akibat pencernaan yang sedang bermasalah.

Manfaat daun salam yang lainnya untuk pencernaan adalah untuk mengatasi maag, baik itu maag ringan atau maag akut. Anda hanya perlu merebus 17 lembar daun salam dalam 1/2 liter air dan pastikan air rebusan itu mendidih dengan sangat sempurna. Kalau ingin memiliki rasa yang berbeda, bisa menambahkan gula, gula aren maupun pemanis yang lainnya.

Jadi rebusan daun salam ini sangat cocok untuk menyembuhkan maag yang sangat sulit diatasi. Daun yang sangat bermanfaat sekali bukan?

2. Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Hipertensi

Salah satu masalah terbesar yang sedang dialami oleh orang yang sudah berumur adalah darah tinggi atau hipertensi. Bahayanya lagi penyakit ini sekarang sudah menjangkit kalangan muda. Tetapi jangan khawatir, daun salam ini bisa menjadi obat untuk mengatasi atau menyembuhkan masalah hipertensi yang sedang anda derita.

Senyawa yang sangat berharga seperti asam caffeic, rutin, salisilat, dan fitonutrien yang terdapat pada daun salam, sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke. Flavonoid sangat membantu untuk menormalkan darah bagi yang sedang mengalami darah tinggi atau hipertensi.

Di dalam daun salam kaya akan kandungan mineral sehingga bisa untuk memperlancar peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih besar, dapat dicampur dengan daun sambilito meskipun daun sambilito ini memiliki rasa yang sangat pahit, akan tetapi sangat patut untuk di coba demi kesembuhan kita agar dapat berkumpul lagi dengan keluarga tercinta maupun sahabat.

3. Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Asam Urat

Bukan hanya hipertensi saja yang menjadi masalah bagi orang yang sudah berusia lanjut, asam urat ternyata merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang dan sangat membahayakan bagi penderitanya. Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian sehingga akan terasa sangat menyakitkan. Daun salam ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asam urat yang kumat tersebut. Banyak yang belum mengetahui bahwa daun salam ternyata terdapat senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan yaitu tannin dan flavonoid. Asam urat bisa disembuhkan dengan daun salam secara cepat dengan cara rutin meminum air rebusannya sesuai dengan petunjuk dokter.

4. Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak bisa berproduksi dengan baik, oleh sebab itulah tubuh tidak bisa menyerap gula darah secara lancar.

Diabetes ini adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan kedua di dunia apabila tidak ditangani secara serius. Hal itu disebabkan karena banyak faktor yang menyebabkan timbulnya kadar gula darah naik. Misalnya karena pola hidup yang kurang sehat, pola makan yang tidak teratur, kebanyakan makan makanan yang manis, kebiasaan makan makanan cepat saji dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya.

Manfaat daun salam untuk pengobatan diabetes sudah terbukti sangat efektif untuk mengobati diabetes tipe 2 menurunkan glukosa darah, kolestrol, dan trigliserida. Daun salam yang dijadikan obat untuk pengobatan diabetes ini adalah daun salam yang sudah dijadikan bubuk.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, daun salam bubuk sebaiknya dikonsumsi rutin selama 1 bulan. Antioksidan yang terdapat pada daun salam membantu ginjal untuk menghasilkan insulin secara lebih efisien sehingga ginjal pun akan terjaga kesehatannya. Hal itu sangatlah baik bagi orang yang sedang menderita diabetes dan orang yang kekurangan hormon insulin.

Jadi bagi yang mempunyai penyakit diabetes ini wajib di coba ya? agar diabetes yang di derita tidaklah semakin parah dan cepat sembuh.

5. Manfaat Daun Salam Untuk Mengurangi Kolestrol Jahat

Terdapat dua jenis kolestrol yang terdapat pada tubuh manusia, yaitu kolestrol jahat dan kolestrol baik.. Akan tetapi kalau masyarakat Indonesia mendengar kata kolestrol yang ada di benak pikiran mereka adalah kolestrol jahat. Kolestrol jahat ini sangat berdampak butuk bagi kesehatn tubuh, apalagi kalu jumlahnya sangat berlebihan. Solusi untuk mengatasi kolestrol jahat ini adalah dengan meminum rebusan daun salam secara rutin, maka kolstrol jahat akan hilang dan tubuh akan menjadi sehat.

Minum air rebusan daun salam dua kali sehari, setiap pagi hari sebelum melakukan aktifitas dan sore hari sesudah melakukan aktifitas. Jangan anggap remeh kolestrol dan selalu jaga pola makan agar terhindar dari kolestrol jahat. Kolestrol jahat ini tidak memandang orang gemuk, orang yang sudah berumur karena remaja pun dapat terkena kalau tidak menjaga pola hidup dan pola makan dengan benar dan baik. Jadi harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi dan jangan lupa rajin berolahraga.

6. Manfaat Daun Salam Untuk Pencegahan Kanker

Di dalam daun salam mempunyai kandungan asam caffeic, quercetin, eguanol, dan cathecin. Ketiga zat ini akan memberikan perlawanan kepada berbagai jenis kanker baik itu kanker yang sudah ada maupun cikal bakal kanker. Di samping itu, daun salam tersebut juga mengandung phytonutrient yang dapat menahan proliferasi sel kanker seviks, ini adalah kabar baik bagi para wanita.

Kalau untuk mendapatkan manfaat dari daun salam untuk pencegahan kanker ini sangatlah mudah caranya. Anda cukup menambahkan 3 lembar daun salam pada setiap masakan yang akan dikonsumsi, tentunya yang dimasak itu yang sesuai dengan daun salam itu sendiri, misalnya jenis masakan sayuran berkuah atau kering. Meskipun hanya 3 lembar daun salam pada setiap masakan yang akan anda konsumsi, efek baiknya akan terasa apabila ini terus dilakukan. Anda bisa memakan 6 lembar dengan asumsi makan 2 kali sehari efeknya akan benar-benar ampuh untuk melawan penyakit kanker.

Kalau ingin mudah lagi dalam mengkonsumsi daun salam ini anda juga dapat menjadikan daun salam ini untuk minuman sebagai mana minuman teh pada umumnya. Jadi, mulai sekarang cobalah kebiasaan minuman teh anda dengan teh dari daun salam. Resep ini diperkirakan dapat mengurangi terserang penyakit kanker lebih dari 25%.

Read: Manfaat Daun Afrika yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

7. Manfaat Daun Salam Untuk Obat Batuk, Flu dan Pilek

Kalau untuk mengatasi kasus penyakit lain daun salam harus ditumbuk terlebih dahulu, maka untuk penyakit batuk, flu, dan juga pilek air rebusan daun salam dipakai untuk kompres. Daun salam yang sudah direbus selama kurang lebih 10 menit, setelah itu rendam selembar kain bersih kedalam air rebusan daun salam untuk kemudian dipakai sebagai kompres dibagian hidung atau dada. ini akan membantu meringankan batu, flu, dan pilek yang sedang dialami.

Selain dengan cara pengompresan, akan semakin baik lagi apabila proses itu diikuti dengan meminum rebusan daun salam. Kombinasi ini akan mempercepat penyembuhan penyakit batuk, flu, dan pilek yang sedang dialami.

Manfaat yang sudah dijelaskan tadi bukanlah hanya omong kosong. Karena, menurut penjelasan ilmiah, di dalam daun salam ini memang mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan yang terdapat pada daun salam tersebut diantaranya Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Lemak tak jenuh, zat besi, kalsium, dan sebagainya.

Disamping dari penelitian dan kesimpulan ilmiah tadi, daun salam ini sejak dahulu memanglah sudah dijadikan sebagai obat herbal tradisional. Dengan hasil penelitian dan juga dikombinasikan dengan realita yang sudah ada, manfaat daun salam ini memanglah benar-benar sudah terbukti dan layak untuk dijadikan untuk penyembuhan segala macam penyakit.

8. Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Masalah Ginjal

Ginjal adalah bagian organ dalam penting di dalam tubuh. Kalau ginjal anda terkena infeksi atau sedang terkena penyakit batu ginjal, jangan pernah ragu menjadikan daun salam untuk menjadikannya obat. Minum air rebusann daun salam  sebanyak sehari dua untuk hasil yang maksimal. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan yang terdapat pada daun salam ini sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit ginjal.

9. Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi berbagai Masalah Rambut

Mungkin anda baru tahu kalau daun salam ini ternyata sangat ampuh untuk mengatasi masalah rambut. Beberapa masalah rambut yang bisa diatasi dengan daun salam adalah seperti rambut rontok, kutu rambut, ketombe dll. Kalau ingin mengatasi masalah rambut rontok dengan daun salam ini caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membilas dengan air rebusan daun salam pada saat sesi terakhir keramas. diamkanlah lalu lakukan pijatan di kepala. kalau anda tidak menyukai dari aroma baunya, anda boleh membilasnya dengan air biasa. Di jamin masalah rambut anda akan teratasi dengan baik.

10. Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Sakit Mata

Daun salam ternyata bisa untuk mengobati mata yang sedang bermasalah. Kalau anda terkena sakit mata akibat virus, bakteri ataupun yang lainnya, sebaiknya gunakan daun salam untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan mengusap atau membasahi mata dengan air rebusan daun salam. Teruslah lakukan rutin dengan membasahi mata anda sampai benar-benar sembuh.

Cara membasahinya dengan meletakkan air rebusan pada piring, lalu kita rendam mata kita dengan cara mengedipkannya ke air rebusan itu. Ingat air rebusan dari daun salam harus didinginkan terlebih dahulu agar nantinya tidak akan melukai mata kita. Pengobatan mata dengan rebusan air daun salam ini sangatlah ampuh, bahkan masyarakat di desa lebih menyukai memakai metode ini daripada berobat ke dokter. Karena mereka tahu pengobatan yang dilakukan secara alami hasilnya akan lebih baik dari pada berobat melalui dokter.

11. Manfafat Daun Salam Untuk Mencegah Maag Akut

Penyebab dari maag kronis ialah akibat yang ditimbulkan dari stress yang berkepanjangan. Jadi bagi anda yang mempunyai masalah maag akut ini harus mengerti cara mengatasi stress yang baik sehingga bisa mencegah penyakit maag akut atau maag kronis.

Disamping penyebabnya akibat stress penggunan berbagai macam obat-obatan terlarang seperti dari kokain, serta mengkonsumsi minuman yang didalamnya mengandung kadar alkohol tinggi, dan juga merokok adalah menjadi penyebab timbulnya penyakit mag akut tersebut.

Jadi untuk membantu memelihara kesehatan perut agar terbebas dari penyakit mag akut ini adalah dengan menjaga pola hidup yang baik. Maag akut ini bisa diatasi dengan obat herbal tradisional diantaranya ialah dengan daun salam.

Daun salam tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan saja, tetapi sangat ampuh untuk mengatasi penyakit maag akut. Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan 15 lembar daun salam kemudian daun salam itu direbus dengan air sebanyak setengah liter sampai air rebusan tersebut mendidih. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur minimal 1 bulan agar penyakut maag kut yang anda derita dapat sembuh dan tidak akan kambuh lagi.

12. Manfaat Daun Salam Untuk Meredakan Rasa Sakit

Kriteria daun salam ini adalah berwarna hijau dan daunnya agak sedikit lebar. Daun salam ini akan sangat gampang sekali untuk kita temukan dan untuk mendapatkanntya sendiri pun tidak perlu memakan biaya dan ini biasanya dipakai oleh ibu rumah tangga sebagai rempah-rempah untuk menambah rasa sedap pada makanan mereka.

Disamping untuk bahan penyedap masakan, daun salam ini bisa dipakai untuk mengobati rasa sakit akibat penyakit asam urat. Untuk menjadikan daun salam sebagai ramuan obat herbal adalah dengan menjadikan sebuah minuman yang mujarab. Minumlah secara rutin air rebusan daun salam ini agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan dijamin penyakit anda akan hilang dengan sangat cepat. Meminum ramuan daun salam ini tidak akan meimbulkan efek samping di masa yang akan datang sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

13. Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Diare Secara Alami

Masalah diare bisa diatasi bukan hanya dengan memakan jambu biji yang masih muda saja, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit semacam diare.Siapkan 13 lembar daun salam yang masih segar. Rebus daun salam itu dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggulah sampai air rebusan daun salam tersebut dingin. Minumlah rebusan air salam tersebut dan masalah penyakit diare akan teratasi seketika dan pastinya akan cepat sembuh.

14. Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Radang Tenggorokan

Kalau anda sedang terkena penyakit radang tenggorokan, maka daun salam adalah solusi terbaik yang bisa untuk mengatasi penyakit tersebut. Radang tenggorokan bisa diobati dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam. Caranya sangatlah ganpang, silahkan anda menyiapkan 15 daun salam yang masih segar kemudian rebus daun salam tersebut dengan sedikit saja air maksimal 3 gelas. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, silahkan mengkonsumsi rebusan daun salam dengan rutin sampai radang tenggrokan berangsur membaik. Cara Pengobatan ini dipercaya sangat cepat untuk mengatasi masalah penyakit radang tenggorokan.

15. Manfaat Daun Salam Untuk Merangsang Kehamilan

Daun salam berfungsi untuk merangsang kehamilan. kandungan asam folat yang terdapat pada daun salam membuat bermanfaat untuk ibu hamil selama pencopteption (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Asam folat mencegah terjadinya cacat pada anak dan merangsang kehamilan bagi calon ibu yang mengalami kesulitan hamil. Ibu yang sedang hamil yang akan mengalami proses melahirkan nantinya akan melahirkan secara lancar dan bayi nya akan sehat.

16. Manfaat Daun Salam Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara seseorang untuk meningkatkan daya tahan tubuh berbeda-beda. Ada yang mempunyai daya tahan tubuh kuat sehingga tidak gampang terserang penyakit. Ada pula yang mempunyai daya tahan tubu kurang sehingga akan gampang terserang penyakit.

Ketika kita memiliki daya tahan tubuh yang kurang maka ada sesuatu yang kurang yang berada di tubuh kita. Entah itu zat, vitamin, maupun yang lainnya. Manfaat daun salam ini ternyata juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar terhindar dari masalah penyakit dan tubuh tidak mudah merasa loyo atau lemas.

Mungkin anda masih bertanya dengan hal ini tentang bagaimana cara memanfaatkan dun salam ini sebagai daya tahan tubuh. Cara memanfaatkannya sangat gampang sekali, yaitu anda bisa menambahkan daun salam ini kedalam makanan yang akan di konsumsi. Selain mendapatkan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, wangi dari daun salam bisa membuat masakan lebih lezat dan juga menambah selera makan anda.

Itulah Manfaat Yang Bisa di Dapatkan dari daun Salam, ayo mengkonsumsi rutin rebusan daun salam agar tubuh kita terlindungi dari berbagai macam penyakit. Tidak ada efek samping sehingga sangat aman untuk kita konsumsi bahkan untuk ibu hamil sekalipun. Tidak menyangka ya kalau daun sirsak ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan?? Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.