Manfaat Daun Afrika yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Afrika yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Afrika – Daun afrika atau Vernonia amygdalina adalah jenis tanaman herbal yang sangat populer dipakai sebagai pengobatan di bagian barat Afrika, terutama di Nigeria. Sekarang tanaman ini sudah menyebar luas di kawasan Indonesia. Tanaman afrika ini sendiri memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, terutama pada bagian daunnya. Daun afrika mempunyai kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia, seperti asam fenolat, zat anti inflamasi, antioksidan, mineral, asam esensia, dan beberapa vitamin.

bentuk-daun-afrika

Manfaat daun afrika ini bisa kita dapatkan dengan cara meracik atau meramunya bersama dengan herbal yang lainnya. Kita bisa menumbuk, merebus, dan mengeringkan daun afrika ini untuk mendapatkan manfaatnya secara langsung. Daun afrika berwarna hijau tua dengan panjang 14-26 cm dan lebar daunnya berkisar antara 6-9 cm. Meskipun daun afrika ini bisa tumbuh pada iklim tropis, tetapi daun afrika lebih cocok di tanam di dataran tinggi dengan ketinggian di atas 710 mdpl.

Bagi orang-orang Afrika tanaman ini adalah sayuran yang sangat berharga dan sangat menjadi sayuran terfavorit karena selain mempunyai rasa yang enak juga mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap. Mungkin bagi orang Afrika tanaman ini ibarat sebuah pohon kelapa, yaitu tanaman yang sangat serbaguna. Selain digunakan untuk sayuran daun afrika juga sering dipakai untuk membumbui masakan. Misalnya di bagian Afrika barat daun tanaman ini dipakai untuk membumbui masakan ketela pohon dan ubi jalar.

Daun ini sangatlah populer dalam dunia kuliner di Nigeria dan Kamerun, dan juga di sebagian wilayah Tanzakia. Daun yang masuk golongan famili Asteraceae ini sangat kaya akan vitamin C dan karotonoid, vitamin yang sebelumnya jarang di dapat oleh penduduk sekitar gurun sahara sebelum dikenal tanaman jeruk disana. Lalu apa saja manfaat daun ini yang belum anda ketahui, mari langsung saja kita simak pembahasan di bawah ini :

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

manfaat-daun-afrika-bagi-kesehatan

Apa sajakah manfaat daun afrika ini yang sebenarnya? Ternyata daun afrika ini belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat kita, meskipun daun afrika ini memiliki khasiat yang sungguh luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai macam penyakit dapat diatasi dengan mengaplikasikan herbal tanaman ini.

Berdasarkan penelitian, terdapat sangat banyak manfaat daun afrika untuk kesehatan, nutrisinya yang terkandung pada daun ini sangatlah lengkap. Daun afrika ini sendiri sudah banyak diterapkan dan diracik sebagai herbal pengobatan oleh pakar pengobatan dari berbagai negara seperti India, China, Afrika, Australia, dan negara lainnya. Sementara untuk negara kita sendiri memang belum seterkenal daun sirsak atau daun kelor.

Walaupun begitu lambat kini manfaat daun afrika semakin dikenal luas oleh masyarakat kita, dan inilah beragam manfaat daun afrika tersebut :

1. Manfaat Daun Afrika Untuk Membantu Pengobatan Kanker

Ekstrak daun afrika terbukti sangat ampuh untuk menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang terkait dengan peningkatan resiko kanker payudara. Dengan kandungan zat aktif yang terdapat di dalamnya daun afrika bisa mencegah terjadinya kanker payudara, kanker yang sangat di takuti oleh para kaum wanita. Bagi anda yang sedang terkena kanker minumlah ramuan herbal daun afrika ini agar penyakit yang anda derita cepat teratasi dengan baik.

Daun afrika dapat membantu pemulihan selama pengobatan kanker payudara. Dalam studi Jackson State University, daun afrika dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Dalam penelitian yang lainnya ekstrak daun afrika sudah terbukti membunuh sel kanker daerah tenggorokan dan sel kanker daerah hidung.

2. Manfaat Daun Afrika Untuk Menurunkan Kolestrol

Menurut Journal of Vascular Health and Management, daun afrika bisa mengurangi kadar kolestrol jahat LDL yang ada di dalam darah sampai 51 persen dan dapat mengurangi kadar kolestrol baik. Peningkatan kolestrol HDL ialah faktor risiko terbesar dari serangan jantung, stroke dan juga penyakit Alzheimer. Sementara untuk kadar kolestrol baik HDL justru akan membantu memelihara kesehatan jantung, kesehatan ginjal, menjaga tekanan darah tetap stabil. menjafga kesehatan hati dan fungsi tubuh yang lainnya.

Meskipun demikian, Temuan study itu masih sebatas hasil dari percobaan pada tikus lab. Sejauh ini memanglah belum ada bukti penelitian yang kuat terkait manfat daun Afrika untuk menurunkan kolestrol pada manusia. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba, asalkan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Manfaat Daun Afrika Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Daun afrika mengandung lilolenic acid (omega 3) dan juga linoleic acid (omega 6) yang mana sangat penting bagi tubuh, tetapi tidak diproduksi di dalam tubuh. Berdasarkan studi dari American Journal of Clinical Nutrion, asupan omega 3 dan omega 6 secukupnya bisa menurunkan risiko anda terhadap penyakit kariovaskuler.

Sebuah studi pada tahun 2009 yang dimuat dalam jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan bahwa asam lemak ini sudah terbukti dapat melindungi dari penyakit jantung koroner, henti jantung mendadak, gangguan pembekuan darah, gagal jantung, mengurangi resiko asterosklerosis, dan bersifat antiperadangan (untuk melawan cedera, iritasi atau infeksi). di sampinh itu, asam lemak omega 3 yang terdapat pada daun afrika ini dapat mengendalikan rematik dan memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif.

4. Manfaat Daun Afrika Untuk Meredakan Gejala Demam Malaria

Jus daun afrika sudah digunakan berabad-abad untuk mengobati demam malaria. Dalam sebuah percobaan klinis di Afrika, sari daun afrika segar sudah terbukti 68 % efektif untuk meredakan demam dan malaria ringan. Tetapi, anda juga tidak dapat mengandalkan daun ini untuk menyembuhkan malaria. Disamping anda mengkonsumsi daun afrika anda tetap membutuhkan perawatan dokter.

5. Manfaat Daun Afrika Untuk Melindungi Kerusakan Sel

Daun afrika adalah tanaman yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan itu sendiri berfungsi untuk melindungi kerusakan sel akibat stres oksidatif dan paparan radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat pada daun afrika membantu mengurangi resiko terhadap kanker, stroke, penyakit jantung, dan penyakit generatif lainnya. Dengan meminum rutin ramuan daun afrika maka kerusakan sel kanker yang bermasalah akan cepat teratasi.

6. Manfaat Daun Afrika Untuk Membantu Pengobatan Diabetes

Di wilayah habitat aslinya, yaitu di Afrika daun ini banyak sekali dipakai untuk pengobatan diabetes alternatif di samping terapi medis yang paling utama.

Ekstrak daun ini mengandung zat aktif seperti tannin, saponin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan glukosa darah setelah mengkonsumsi makanan. Ekstrak ethanol yang terdapat di dalam daun afrika juga bisa mengurangi kadar gula darah secara menyeluruh. Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa daun afrika mampu menurunkan glukosa darah sampai 51% dibanding dengan hewan diabetes yang tidak diobati dengan daun afrika.

7. Manfaat Daun Afrika Untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun afrika yang selanjutnya adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Banyak orang yang berusia di atas 55 tahun menderita tekanan darah tinggi, dan tentu saja mereka gampang emosi dan mengakibatkan stroke yang berujung pada kematian. Tekanan darah tinggi ini bisa diatasi dengan meminum rebusan daun afrika secara rutin. Setelah meminum herbal tersebut tekanan darah yang tinggi akan menurun sehingga darah menjadi stabil.

8. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengatasi Insomnia

Daun afrika bisa membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia. Daun afrika mempunyai efek relaksasi sehingga sangat baik kalau digunakan untuk mengatasi masalah insomnia. Cara untuk mendapatkan manfaatnya secara langsung adalah dengan merebus beberapa lembar daun afrika segar dan minum rebusannya secara teratur sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukanlah hal itu selama insomnia belum membaik.

9. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengobati Perut yang Kembung

Kalau anda sedang mengalami perut kembung atau dengan kata lain disebut bergas anda bisa meminum ramuan daun afrika ini untuk mengatasinya. Caranya mengatasinya adalah gunakan daun afrika yang diseduh dengan air mendidih lalu di minum. Selain hanya diminum biasa seduhan daun afrika juga bisa ditambahkan dengan madu agar mengurangi rasa pahit pada daun afrika itu sendiri. Kalau ini di minum secara rutin maka perut kembung yang sedang bermasalah akan teratasi dengan cepat.

10. Manfaat Daun Afrika Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Daun afrika juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. daun ini berguna untuk melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh, menjaga kelancaran darah dan juga mencegah penyempitan pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan stroke. Caranya adalah dengan merebus 7 daun afrika yang masih segar lalu minum secara rutin dan masalah stroke akan teratasi dengan sangat cepat.

11. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengobati radang Persendian

kalau kita membahas tentang manfaat daun afrika memang tidak ada habisnya. Manfaat daun afrika selanjutnya adalah untuk membantu mengobati radang sendi. Cara untuk mengobatinya adalah gampang sekali, cukup meminum teh atau air rebusan dari daun afrika terbukti dapat menolong mengurangi rasa sakit pada persendian yang bermasalah. Minumlah air rebusan daun afrika dengan rutin agar rematik dapat sembuh dengan cepat.

12. Manfaat Daun Afrika Untuk Menurunkan Resiko Kanker Hati

Daun afrika juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker hati. Hal ini dikarenakan daun afrika dapat mendetoksifikasi racun yang berada di dalam tubuh. Di samping manfaat daun afrika tersebut juga dapat digunakan sebagai obat herbal yang benar-benar direkomendasikan untuk mencegah penyakit kanker dan salah satunya adalah kanker hati. Dengan rutin meminum air rebusan dari daun afrika maka kanker hati yang sedang di derita akan teratasi dengan cepat.

13. Manfaat Daun Afrika Untuk Menuntaskan Kesemutan

Anda sering mengalami kesemutan? itu penyebabnya adalah aliran darah sedang mengalami penyumbatan. Kesemutan yang demikian itu adalah sebetulnya tidak berbahaya pada kesehatan. Kecuali apabila diperbolehkan, kesemutan yang terjadi secara terus menerus bisa menjadi pedoman seandainya kamu mengalami penyakit yang mungkin akan lebih serius lagi. Disini manfaat daun afrika dapat menolong anda untuk meredakan dan juga mengurangi frekuensi kesemutan. Kalau anda meminumnya secara rutin, gejala kesemutan bisa diatasi dengan cepat.

14. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengobati Sakit Kepala

Disamping untuk mengobati kesemutan, manfaat daun afrika yang lainnya adalah untuk mengobati sakit kepala. Kandungan yang terdapat pada daun afrika ternyata dapat menjadi obat untuk sakit kepala yang sangat ampuh. Caranya adalah dengan merebus daun afrika dengan dua gelas air, lalu hasil rebusan itu diminum setelah dingin. Sakit kepala akan hilang seketika setelah anda meminumnya dengan rutin.

15. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengobati Infeksi Tenggorokan

Infeksi tenggorokan adalah penyakit yang sangat berbahaya yang tidak bisa di anggap remeh. Daun afrika juga bisa anda pakai untuk menuntaskan infeksi pada tenggorokan. Kalau rebusan air diminum secara langsung ternyata terdapat sejenis zat yang bisa membunuh virus, kuman, ataupun kuman peyebab terjadinya infeksi. Minumlah secara rutin rebusan daun afrika, dan infeksi anda akan sembuh dengan cepat.

16. Manfaat Daun Afrika Untuk Menurunkan Berat Badan

Ini adalah kabar yang sangat baik bagi anda yang sedang melakukan program diet. Manfaat daun afrika untuk diet ternyata benar-benar sudah terbukti dan sudah banyak yang membuktikan hal tersebut. Berat badan yang berlebihan diakibatkan oleh mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, metabolisme tidak lancar dan juga disebabkan karena kurang berolahraga.

Untuk menolong mengatasi berat badan yang berlebih anda dapat meminum air rebusan dari daun afrika yang sudah dikeringkan. Minum teh ini secara rutin dan kurangilah makanan berlemak serta berolah raga secara teratur maka berat badan akan turun dengan cepat.

17. Manfaat Daun Afrika Untuk Menjadikan Istirahat Lebih Berkualitas

Kalau anda sedang mengalami masalah tidur seperti tidur tidak nyenyak atau tidur anda tidak berkualitas, anda dapat memanfaatkan daun afrika untuk mengatasinya. Untuk mengatasi permasalahan ini anda dapat membuat teh dari daun afrika kering. Minumlah satu gelas rebusan daun afrika kering sebelum menjelang tidur. Kandungan senyawa pada daun afrika bisa membantu mengendalikan otak dan cara motorik agar tubuh anda bisa beristirahat dengan baik.

18. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengatasi Gangguan Diuretik

bagi orang yang sudah berumur gangguan diuretik sangat sering sekali terjadi. Bagi anda sebagai anak yang baik, anda dapat membuatkan orang tua anda herbal yang berasal dari daun afrika. Gangguan diuretik bisa menyebabkan seseorang susah untuk buang air kecil dan dapat menyebabkan gangguan penyakit pada saluran kencing. Untuk mengatasi masalah ini caranya dengan meminum satu gelas air dari rebusan daun afrika yang masih segar. Setelah di minum dengan rutin maka gangguan diuretik yang sedang di derita akan sembuh dengan cepat.

19. Manfaat Daun Afrika Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Daun afrika yang kaya akan nutrisi sangat baik untuk meingkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan daun afrika bisa memperbaiki kesehatan kita setiap saat. Dengan diolah menjadi teh dan di minum secara teratur maka daun afrika ini mampu untuk mengatasi berbagai penyakit sehingga tubuh tidak akan gampang sakit. Daun ini juga memiliki nama yang unik, kalau orang Indonesia menamainya daun Sambung nyawa.

20. Manfaat Daun Afrika untuk Sakit Pinggang

Manfaat yang berikutnya adalah untuk mengatasi sakit pinggang. Sakit pinggang adalah penyakit yang sangat mengganggu di saat kita sedang melakukan aktifitas. Dengan mengkonsumsi atau meminum air rebusan daun afrika, extrak daun afrika, daun afrika kering atau teh daun afrika sangat ampuh dipercaya sebagai obat yang alami untuk mengobati sakit pinggang yang sedang bermasalah. Minum secara rutin air rebusan daun afrika tersebut dan pinggnang akan sembuh dengan cepat.

21. Manfaat daun Afrika Untuk Mengobati Asam Lambung

Asam lambung yang berlebihan membuat kita tidak nyaman karena bisa menyebabkan mual dan perih pada perut. Kalau hal ini tidak cepat ditangani dapat menyebabkan lambung menjadi luka atau infeksi yang berkelanjutan ke penyakit kronis. Orang yang sedang terkena penyakit asam lambung biasanya dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersifat asam dan pedas.

Makanan yang pedas seperti sambal, rujak, saos, akan membuat kondisi lambung akan semakin sakit dan semakin parah. Maka sangat dianjurkan bagi yang menderita maag untuk lebih berhati-hati untuk memilih makanan. manfaat daun afrika untuk asam lambung adalah untuk menetralisir kadar asam lambung yang berlebih sehingga masalah asam lambung akan teratasi dengan cepat, tubuh akan sehat kembali seperti biasanya.

22. Manfaat Daun Afrika Untuk Mengobati Ginjal

Manusia memiliki dua ginjal yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah. Karena darah diedarkan ke seluruh tubuh banyak mengandung berbagai unsur yang harus disaring dan dibuang melalui sistem urine.

Kalau ginjal kita sedang bermasalah, maka dalam proses penyaringan darah juga akan terganggu. Sebagai mana yang sudah dapat kita ketahui darah kita tidak 100% bersih. Kalau sudah demikian maka langkah selanjutnya ialah melakukan cuci darah. Sebelum ginjal kita rusak, manfaat daun afrika untuk ginjal dapat mencegah kerusakan pada organ ginjal sebagaimana daun seledri yang bisa dipakai sebagai obat cuci darah alami.

Itulah ulasan tentang manfaat daun afrika yang dapat kami sampaikan, jangan lupa untuk membuat ramuannya dan dikonsumsi secara rutin agar dapat menjaga kesehatan tubuh anda, Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.