Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan kecantikan

Manfaat Buah Mengkudu – Kandungan zat antibiotiknya yang tinggi mampu untuk mengusir bakteri jahat dalam tubuh baik luar maupun dalam termasuk bakteti jamur dalam darah, dalam pencernaan serta kulit. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu dengan rutin maka resiko terkena penyakit kangker serta darah kotor pun dapat teratasi dan kulitpun juga tampak lebih sehat karena terhindar dari jamur penyebab panu flek hitam dan jerawat

Buah Mengkudu adalah salah satu buah asli yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Bentuk buah mengkudu ini agak lonjong dan memiliki bintik-bintik pada permukaannya, akan tetapi sebagian orang banyak yang tidak menyukai aroma dari buah yang satu ini. Pada biasanya buah mengkudu ini sering dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk dijadikan sayur, jus dan juga rujak. Bagi sebagian yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya mengenal lebih dekat lagi buah mengkudu, sebab buah mengkudu memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk menjaga kesehatan.

buah mengkudu sehat

Perlu anda ketahui bahwa di seluruh dunia ini terdapat 80 macam mengkudu, akan tetapi yang boleh dikonsumsi oleh manusia hanyalah sebanyak 20 jenis saja. Sedangkan yang lainnya ialah racun dan kalau dikonsumsi akan membahayakan tubuh,. Buah pace / mengkudu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kandungannya yang lengkap.

Table of Contents

Ragam manfaat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan

Nutrisi dan Kandungan Buah Mengkudu

buah kesehatan mengkudu_

Banyak sekali penelitian yang sudah membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada buah mengkudu itu sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan.

Seperti yang telah dikutip dari penelitian NCCAM, berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat pada buah mengkudu yang wajib kamu ketahui.

1. Zat Nutrisi Pada buah mengkudu

Buah mengkudu mengandung zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuhseperti mineral, protein, vitamin, dan juga mineral penting seperti selenium yang mana merupakan antioksidan yang baik.

Disamping itu terdapat senyawa-senyawa penting seperti, xeronin, plants sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic, acid, arginie, proxeronin, antra quinies, trace elemens, phenylananie, magnesium dll.

2. Senyawa-senyawa Penting dalam buah mengkudu

– Terponoid : Berperan dalam proses sintesi organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

– Scolopetin : Anti peradangan dan anti alergi yang sangat efektif.

3. Zat Anti Bakteri

Sari buah mengkudu mengandung zat anti bakteri. Zat-zat ini sangat berperan penting dalam mematikan sejumlah bakteri penyebab infeksi.

4. Zat Anti Kanker

Zat berperan efektif dalam melawan sel-sel abnormal.

5. Zat Asetil

Berperan dalam mematikan kuman.

6. Zat Moridon

Berperan dalam melancarkan buang air besar (BAB).

7. Zat Soranjidol

Berperan dalam melancarkan buang air kecil.

8. Zat Terpenes

Dapat meremajakan Sel-sel pada tubuh

9. Zat Hipokelemestik

Berperan dalam menurunkan kolestrol dalam darah.

 

Ciri-ciri Tanaman Mengkudu atau Pace

jos mrngkudu enak

1. daun

Daun-Mengkudu bagus

Daun pohon mengkudu mempunyai ukuran yang cukup tebal, rata, berhadap hadapan, dan biasanya besar-besar.

2. Bunga Pace

bunga mengkudu bagus

Pada bagian Bunga, ciri-ciri tanaman mengkudu ialah berbunga hampir mirip dengan corong sepanjang 1.6 cm dan mempunyai tangkai bunga sepanjang 5 cm.

3. Pohon mengkudu atau pace

Pohon Mengkudu unggulan

Pohon mengkudu tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi. Pohon mengkudu biasanya hanya mencapai ketinggian 5-6 meter saja. Disamping itu pohon mengkudu kaku, mempunyai dahan yang kasar dan akarnya tunggang. Sedangkan untuk warna pohonnya sendiri lebih kecoklat abu-abuan.

Kalau anda menemukan pohon mengkudu dan ciri-cirinya tidak sama seperti yang sudah kita jelaskan, maka STOP Jangan pernah kamu mengkonsumsi buah dari tanaman tersebut. Bisa jadi tanaman tersebut bukanlah tanaman mengkudu melainkan tanaman lain.

Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

khasiAT-buah-mengkudu

Nah, tadi sudah mengetahui kan kandungan apa saja yang terdapat pada buah mengkudu dan juga ciri-cirinya? Mari kita bersama-sama melanjutkan ke pembahasan mengenai manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan. Semua Khasiat buah mengkudu dibawah ini berasal dari kandungan-kandungan senyawa berkhasiat di dalamnya yang baik untuk kesehatan.

1. Manfaat buah mengkudu untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Khasiat buah mengkudu bagi hipertensi yang sedang kamu alami juga tidak boleh dianggap remeh. Buah yang satu ini dipercaya mengandung xeronin, kandungan senyawa inilah yang sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah rendah.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, kandungan zat fitonutrien yang terdapat pada buah mengkudu juga dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga akan meringankan kinerja organ jantung kamu secara lancar dan maksimal.

2. manfaat buah mengkudu untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi karena adanya penegangan pada bagian saraf pusat dan otot. Walaupun hanya sebatas kepala ringan, tetapi kalau dibiarkan itu akan sangat berbahaya.

Menurut para ahli penelitian, manfaat buah mengkudu untuk mencegah dan mengobati sakit kepala terbilang sangat cukup besar. Sebab di dalam buah yang berjulu “pace” ini mengandung senyawa analgesik sebesar 76 %.

3. Manfaat buah Mengkudu untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Bukan hanya buah pepaya saja yang kaya akan serat, akan tetapi buah mengkudu pun juga termasuk buah yang mempunyai kaya akan serat. Bahkan kandungan yang terdapat pada buah mengkudu dapat dikatakan lebih berkhasiat dari buah pepaya.

Terdapat banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari mengatasi adanya diaere sampai dengan melancarkan BAB.

Untuk mendapatkan khasiat buah pace tersebut, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung dan juga dapat membuatnya menjadi jus yang segar. Akan tetapi usahakan sebelum mengkonsumi makanan dalam porsi besar setiap hari.

Read: Manfaat Daun Afrika yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

4. Manfaat buah mengkudu untuk Anti Inflamasi

mencegah penyakit kanker

Peradangan atau inflamasi bisa terjadi dimana saja, mulai dari sendi sampai peradangan pada bagian kulit. Untuk mencegah dan mengatasi kondisi tersebut, ada baiknya kamu memperbanyak mengkonsumsi buah mengkudu.

Buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi, senyawa tersebutlah yang membantu kita mencegah dan juga mengatasi adanya peradangan. Bahkan kalau dikonsumsi secara rutin, kandungan analgesik pada buah mengkudu akan sangat mijarab untuk mengurangi rasa sakit dan rasa nyeri akibat dari peradangan.

5. Manfaat buah mengkudu untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Inilah manfaat buah mengkudu yang lainnya, mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin menurut para ahli kesehatan akan berdampak baik untuk meningkatkan sistem imun atau biasa disebut dengan sistem kekebalan tubuh.

Buah yang satu ini mengandung berbagai macam mineral alami seperti Vitami E, C, Koenzim Q10 dan peptida. Kandungan itulah yang menjadi alasan khasiat buah ini bagi sistem imun sangat besar.

6. Manfaat buah mengkudu untuk Membunuh Kuman dan Bakteri Dalam Tubuh

Musuh utama manusia ialah bakteri dan kuman, sebab dari kedua mahluk biotik ini tubuh kita akan rentan sekali terserang dari berbagai penyakit. Baik itu penyakit luar maupun penyakit dalam.

Akan tetapi dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin kamu akan terhindar dari serangan bakteri dan kuman tersebut. Karena di dalam buah mengkudu ini mengandung senyawa antrakuionon dan terpana yang bersifat antibakterial.

7. Manfaat buah mengkudu untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat Dalam Tubuh

Kolestrol yang terdapat di dalam tubuh kita dibagi menjadi 2 macam, yakni kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). Kalau kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka kamu akan sangat gampang untuk terserang penyakit berbahaya. Mulai dari stroke sampai serangan jantung.

Dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin maka akan terhindar dari kolestrol jahat. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini kita cukup meminum air rebusannya secara rutin setiap harinya.

8. Manfaat buah mengkudu untuk Mencegah Kanker

mencegah penyakit kanker

Manfaat buah mengkudu berikutnya ialah untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit mematikan nomor dua setelah penyakit jantung ini sangat gampang sekali menyerang tubuh kita. Menurut penelitian sampai saat ini penyakit belum ada obatnya, oleh karena itu langkah pencegahan haruslah kamu lakukan.

Menurut para herbalis, buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi. kandungan antioksidan dalam buah mengkudu inilah yang dipercaya sangat bermanfaat mencegah radikal bebas peyebab munculnya kanker.

9. Nanfaat buah mengkudu untuk Mengobati Asam Urat

Asam urat ini tidak bisa kita anggap sepele, meskipun gejalanya hanya muncul dalam beberapa saat saja, akan tetapi kalau kita biarkan penyakit tersebut akan menyebabkan gagal ginjal bahkan menyebabkan stroke.

Cara mengobatinya kita bisa mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung. Buah yang satu ini mengandung senyawa iridoid tinggi yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam diri kita.

Selain bisa membantu menurunkan kadar asam urat, kandungan iridoid tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peredangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat.

10. Manfaat buah mengkudu untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Sampai sekarang belum ada obat yang pasti untuk peyakit diabetes, tetapi ada beberapa bahan yng alami yang dapat kamu pakai untuk mengontrol kadar gula agar tidak terlalu tinggi.

Telah dipercaya bahwa manfaat buah mengkudu bagi diabetes sangatlah besar. Karena didalam buah ini mengandung senyawa proxeronline yang dapat mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

Bukan hanya berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah saja, namun kalau rajin mengkonsumsi mengkudu, penyakit diabetes akan dapat kamu cegah sejak dini.

11. Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati Gondok

Penyakit gondok bisa muncul karena adanya pembekakan pada bagian kelenjar tiroid. Untuk mengatasi penyakit ini banyak sekali ahli yang menyarankan agar mengurangi mengkonsumsi garam.

Selain disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi garam, bisa juga diobati dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin. Buah yang satu ini bisa mengurangi pembekakan yang ada dalam kelenjar tiroid secara bertahap.

12. Manfaat buah mengkudu untuk Menangkal Radikal Bebas Berbahay

Efek buruk karena radikal bebas sangatlah merugikan bagi tubuh kita. karena adanya radikal bebas tersebut sel-sel tubuh kita akan mengalami kerusakan, terutama sel-sel pada bagian DNA. Seperti halnya pengaruh buruk radikal bebas sinar matahari (UVA/B), suara, polusi udara dan masih banyak lagi.

Buah mengkudu ini memiliki kandungan senyawa yang bersifat bioaktif, sifat senyawa inilah yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel itu. Maka dari itu, konsumsilah secara rutin buah mengkudu agar tubuh kamu terhindar dari efek buruk radikal bebas.

13. Manfaat buah mengkudu untuk Melancarkan Sistem Peredaran darah

Kurang lancarnya peredaran darah bisa disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah. Kalau peredaran darah tidak lancar dan dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, maka akan menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya di dalam tubuh.

Buah mengkudu mengandung scopoteklin yang berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah. Sehingga dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin akan berkhasiat untuk melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh dan tubuh akan tetap terjaga kesehatannya.

Read: Manfaat Daun Salam yang sangat Mengejutkan Bagi Kesehatan Tubuh

14. Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati adanya Infeksi

Infeksi bisa muncul karena disebabkan adanya pengaruh kuman dan bakteri yang berbahaya pada bagian tubuh kita, baik itu bagian dalam maupun bagian luar.

Manfaat buah mengkudu untuk mengatasi infeksi sangatlah besar, karena buah yang satu ini mengandung senyawa antiseptik yang dapat mengatasi adanya infeksi akibat dari kuman dan bakteri.

Agar mendapatkan khasiat mengkudu bagi infeksi, silahkan mengkonsumsi buahnya secara langsung dalam keadaan masih mentah, akan tetapi kalau terjadinya infeksi pada kulit luar, haluskan buah tersebut lalu oleskan langsung pada bagian tubuh yang terkena infeksi.

15. Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati Sakit Kuning

Sakit kuning muncul karena disebabkan adanya penumpukan bilirubin pada bagian jaringan dan sel tubuh. Munculnya penyakit ini ditandai dengan wajah pucat, tubuh menguning, lemas dan berat badan menurun. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh University of Chicago telah membuktikan bahwa manfaat buah mengkudu bagi pengobatan penyakit kuning sangat besar.

Kandungan senyawa boiaktif dan mineral alami yang terdapat di dalam buah mengkudu bisa dipercaya dapat menghancurkan penumpukan bilirubin yang ada pada bagian jaringan atau sel tubuh tersebut.

16. Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati Berbagai Macam Gangguan Kesehatan Kulit

 

Komedo, jerawat, panu, kadas, kurap, kutu air dan sejenisnya adalah masalah kesehatan kulit yang sering kita alami. Munculnya gangguan penyakit tersebut bisa disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri.

Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasi penyakit tersebut dengan cara mengoleskan buah mengkudu secara rutin setiap hari.Bukan hanya membantu mengatasi penyakit kulit saja, namun buah mengkudu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

17. Manfaat buah mengkudu untuk Menyembuhkan Infeksi Peradangan Pada Usus

Peradangan pada bagian usus bisa disebabkan karena pengaruh kuman dan bakteri yang berasal dari makanan yang telah kita konsumsi. Gejala peradangan usus ditandai dengan rasa nyeri, perih dan juga keluarnya darah saat sedang BAB.

Untuk mengatasi penyakit peradangan usus tersebut bisa mengkonsumsi buah mengkudu mentah secara rutin. Dengan kandungan zat scolopetin yang bersifat antibakterial dan anti-inflamasi, peradangan yang dialami akan sembuh dengan cepat.

18. Manfaat buah mengkudu untuk antioksidan Mengatasi Keracunan

Penelitian yang dilakukan di University of Yale telah membuktikan bahwa manfaat buah mengkudu untuk detoksifikasi racun sangatlah besar. Penelitian ini dilakukan dengan 6 orang pasien yang sedang mengalami keracunan. Dan telah terbukti setelah mengkonsumsi buah mengkudu, 4 orang diantaranya sembuh dari keracunan tersebut.

19. Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati Peradangan Pada Bagian Tenggorokan

Munculnya radang tenggorokan disebabkan karena bagian organ tersebut mengalami luka, baik itu luka dalam kecil maupun besar.

Dengan senyawa antibakterial dan anti-inflamasi yang terdapat di dalam buah mengkudu sangatlah bermanfaat untuk mengatasi adanya peradangan pada bagian tenggorokan.

Untuk mendapatkan khasiat buah mengkudu secara langsung, silahkan mengkonsumsi buah tersebut dalam keadaan masih mentah. Terutama itu buah mengkudu yang mempunyai bau yang sudah menyengat.

20.Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati Penyakit Bronkitis

Infeksi pada bagian bronkitis bisa disebabkan karena pengaruh dari bakteri jahat dan kuman. bakteri bisa menyerang bronkitis melewati saluran pernafasan, terlebih lagi kalau kamu selalu bernafas memakai mulut.

adanya penyakit bronkitis ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Karena di dalam buah satu ini mengandung senyawa antibakterial yang dapat membunuh kuman dan bakteri peenyebab infeksi bronkitis.

21. Manfaat buah mengkudu untuk Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi bisa muncul disebabkan karena adanya masalah gigi berlubang. Munculnya masalah kesehatan gigi ini disebabkan karena adanya bakteri dan kuman dari dalam mulut.

Untuk membunuh bakteri dan kuman yang terdapat dimulut, kamu bisa mengkonsumsi buah mengkudu. Meskipun memiliki bau yang sangat menyengat, tetapi dengan mengunyah buah mengkudu akan sangat membantu menyegarkan nafas secara alami.

Efek Samping Buah Mengkudu

bahaya-mengkudu-dan-efek-samping

Buah mengkudu sebenarnya sangat aman apabila kalu mengkonsumsinya tidak berlebihan dan sesuai dengan saran dokter. Buah mengkudu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh :

1. Penderita Masalah Ginjal

Di dalam buah mengkudu mengandung senyawa kalium yang sangat tinggi, kandungan kalium ini akan sangat berbahaya kalau dikonsumsi oleh penderita baju ginjal. Oleh karena itu, kalau anda mengalami masalah ginjal jangan pernah mengkonsumsi buah ini.

2. Ibu Hamil dan Menyusui

Buah yang satu ini kalau dikonsumsi akan menyebabkan kandungan mengalami keguguran. Sebab mengkudu sering dipakai untuk herbal aborsi, Selain itu pada ibu menyusui, mengkudu ini akan meimbulkan efek racun pada ASI.

3.Penyakit Liver

Bagi anda yang sedang menderita penyakit liver harap tidak usah mengkonsumsi buah mengkudu, karena kandungan mineral di dalam buah mengkudu ini dipercaya akan mengganggu kinerja liver/hati anda.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang manfaat khasiat dan efek samipng buah mengkudu, sebelum mengkonsumsi buah mengkudu ini terlebih dahulu meminta saran kepada dokter agar mengetahui takaran yang pas sesuai dengan dosis masing-masing, semoga yang kami berikan untuk anda ini bermanfaat. Terima kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.