Makanan Khas Indonesia Beserta Nama dan daerah Asalnya

Makanan Khas Indonesia Beserta Nama dan daerah Asalnya

Makanan Khas Indonesia- Indonesia adalah sebaah negara kepulauan yang sangat kaya akan keberagaman budayanya. Mulai dari aliran kepercayaan, bahasa adat istiadat, dan kuliner di setiap daerahnya. Makanan khas yang ada di negara Indonesia menjadi salah satu kekayaan yang tak ternilai harganya.

Keberagaman Indonesia dapat digambarkan oleh banyaknya makanan khas daerah masing-masing. Dari sabang sampai merauke, dari Minggas hingga pulau Rote begitu banyak sekali menyimpan rahasia tersendiri di dalamnya.

Dengan adanya latar belakang budaya yang berbeda-beda menjadikan cita rasa dan keberagaman pada setiap makanan khas Indonesia.

makanan khas Indonesia

Pembahasan Makanan khas dari seluruh nusantara

Sebelum kita mulai membahas tentang kuliner khas Indonesia, Pada tahun 2012 Indonesia mengalami pemekaran menjadi 34 provinsi. Tingkat penduduk dan luas daerah menjadi penyebab cepatnya pemekaran di Indonesia. Dengan jumlah provinsi yang semakin berkembang banyak, di harapkan proses pembangunannya di suatu daerah menjadi lebih cepat. Sehingga akan meningkatkan perekonomian di suatu daerah tersebut.

Kalau kita berbicara tentang makanan khas yang ada di Indonesia, di setiap tempat pasti memiliki ciri khas citarasa kulinernya. Agar bisa menambah pengetahuan berikut ini akan saya ulas mengenai berbagai jenis makanan khas daerah Indonesia, Dari 34 provinsi.

Makanan Khas Pulau Sumatra

Pulau Sumatra merupakan salah satu pulau besar yang terdapat di Insonesia. Sejarah yang panjang pulau Sumatra memperlihatkan bahwa pulau Sumatra ini merupakan bagian yang sangat penting dari Kemerdekaan Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Jika kita amati pulau Sumatra memiliki ciri-ciri tersendiri dari segi kulinernya atau makanan khasnya. Mulai dari ujung atas yaitu Aceh sampai ujung bawah yaitu provinsi Lampung, Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang ada di pulau Sumatra.

  • Makanan Khas Provinsi Nangroe Aceh Darusalam

Eungkot-keumamah-khas-aceh

Aceh adalah provinsi yang paling ujung sebelah barat dari negara kita. Tanah yang disebut serambi mekah ini terkenal akan budaya yang bercampur debgab agama Islam. Aceh memiliki potensi yang sangat tinggi di semua sektor. Tanpa terkecuali potensi wisata kulinernya.

Apakah ada yang sudah pernah ke Aceh? Kalau ada apakah ada yang sudah tau apa itu eungkot kemamah?

Eungkot kemamah ialah makanan khas daerah dari Aceh. Eungkot kemamah bahan dasarnya adalah ikan laut yang segar seperti tongkol, tuna, dan jenis ikan segar lainnya. Proses pemasakannya di rebus kemudian di keringkan.

Kalau sudah kering di iris kecil lalu dimasukkan kekuah dengan campuran santan, cabai hijau, dan bumbu rempah lainnya. Makanan khas ini sudah ada sejak jaman penjajahan ketika melawan Belanda.

  • Makanan Khas Daerah Sumatra Barat

sala-lauak

Siapa yang tak kenal dengan masakan padang, masakan padang hampir di seluruh penjuru nusantara ada. Padang sendiri ialah ibukota dari provinsi Sumatra Barat. Kebanyakan penduduk Sumatra Barat ialah suku Minangkabau, yang mana terkenal dengan budaya minangnya.

Mungkin sudah tidak asing lagi kalau saya menuliskan rendang, dendeng atau yang berbau balado lainnya. Tetapi apakah kamu sudah tau makanan khas yang ada di Sumatra Barat? apakah kamu tahu Sala Lauak? kalau belum tahu kali ini saya akan membahas tentang hal tersebut.

Sala lauak ialah merupakan makanan khas daerah Sumatra Barat khususnya berasal dari Pariaman. Bahan dasarnya adalah ikan giling halus lalu di campur dengan bumbu dan ditambahkan tepung.

Kalau semua bahan sudah tercampur rata, di bentuk bulat-bulat seperti bakso, lalu di goreng sampai kuning kecoklatan. Ada dua varian sala lauak yaitu bentuk pipih dengan tekstur lunak dan bentuk bulat dengan tekstur keras.

  • Makanan Khas Daerah Sumatra Utara

naniura

Sumatra Utara adalah sebuah provinsi di pulsu sumatra. Kota Medan menjadi ibukota provinsi yang sangat terkenal dengan kearifan lokal dan budayanya. Sumatra Utara ialah merupakan daerah dimana sebagian penduduknya di huni oleh suku Batak, suku tanah asli Sumatra Utara.

Tak hanya keunggulan pariwisatanya, Sumatra Utara juga sangat terkenal akan cita rasa kulinernya yang sangat khas di pulau Sumatra.

Naniura adalah makanan khas daerah Sumatra yang bahan utamanya adalah ikan mas. Kalau kamu penggemar makanan jepang khususnya shasimi, kamu pasti akan dibuat penasaran dengan shasimi khas Sumatra ini.

Naniura ialah makanan yang berbahan ikan mas mentah, lalu di beri campuran rempah khusus dan asam. Kesamaan shasimi dan naniura ialah sama-sama memakai bahan dasar ikan mentah, tetapi proses pematangan daging ikan tersebut tidak melalui pemasakan, melainkan melalui pemberian asam.

Naniura ini pada zaman dahulu adalah makanan para Raja, tidak semua orang bisa membuat makanan khas ini. biasanya koki kerajaan yang membuatnya.

  • Makanan Khas Kepulauan Riau

gong-gong

Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi yang terdiri dari beberapa pulau yang ada disekitar laut pulau Sumatra. Kepulauan Pulau ialah provinsi yang mana peraiannya bersebelahan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Dan Laut Cina Selatan.

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu libur kamu tetapi bingung mecari tempat wisata, Kepri adalah destinasi tempat wisata yang sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Tetapi bukan hanya tempat wisatanya saja. Kepri memiliki makanan khas yang sangat lezat dan patut kamu coba saat kamu berkunjung kesana. Salah satu makanan terkenal itu ialah gong-gong. Faktor geografis adalah alasan banyaknya makanan olahan dari hasil laut seperti gong-gong.

Siput atau gong-gong ini cara mengolahnya ialah dengan cara direbus sebentar agar tidak mengurangi gizi dari gong-gong itu sendiri, lalu di sajikan dengan sambal khasnya. Kenyalnya siput dan nikmatnya sambal membuat bagi siapa saja yang memakannya akan merasakan ketagihan dan ingin mencoba terus-menerus.

  • Makanan Khas Riau

Ikan_Selais_Asap

Riau adalah salah satu provinsi yang berada di Sumatra. Riau ini sangat terkenal dengan budaya melayunya. Riau kondisi geografisnya banyak di apit oleh singai-sungai yang besar namun sangat indah. Riau tidak pernah kekurangan sumberdaya pangan terutama sumberdaya pangan ikannya yang kebanyakan jenis ikan itu ialah jenis ikan rawa atau sungai.

Banyak sekali olahan dari ikan jika kita berkunjung ke Riau. Masakan dari bahan ikan yang paling terkenal dan banyak di jumpai ialah ikan selais asap. Ikan selais ialah salah satu jenis ikan yang sering dijumpai di sungai-sungai besar Riau.

Cara mengolah ikan selais asap ini sangatlah gampang, ikan selais yang sudah dibersihkan lalu di asap, kalau sudah selesai pengasapan goreng ikan tersebut bersama bumbu rempah pilihan jangan lupa tambahkan sambal pedas khas dari riau, hidangkan bersama nasi hangat.

  • Makanan Khas Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di pulau Sumatra yang memiliki banyak potensi sumberdaya alam. Yang lebih menarik adalah wisata sejarahnya yang mana bung Karno pernah diasingkan oleh pemerintah Belannda pada tahun 1938-1942.

Tetapi bukan hanya wisata wisata sejarahnya saja yang terkenal, Bengkulumempunyai berbagai resep masakan yang dapat membuat kamu ketagihan saat menikmatinya. Tentunya kamu sudah tahu pisang bukan? Pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Namun buah pisang ini oleh masyarakat bengkulu dijadikan sebagai masakan yang sangat lezat, namanya gulai pisang.

Gulai pisang adalah makanan khas Bengkulu yang resepnya diturunkan secara turun temurun. Proses pembuatan makanan ini sangatlah gampang. Bahan utamanya tentu saja pisang dan juga santan. Pisang yang dipakai ialah pisang muda. Untuk menghilangkan getah dari pisang muda biasanya direndam dengan garam dan jeruk nipis. Masak dengan bumbu dan rempah-rempah khas dan santan tunggu sampai matang lalu sajikan.

  • Makanan Khas Lampung

gabing

Lampung ialah sebuah provinsi di ujung Sumatra bagian paling bawah. Provinsi yang sangat terkenal dengan iconnya ialah gajah memiliki sejuta tempat wisata alam dan juga wisata kuliner yang beragam. Secara adat suku lampung dibagi menjadi dua bagian yaitu Lampung Pepadun dan Sai Batin.

Karena adanya dua suku itu tentunya mempengaruhi citarasa makanan, masakan khas yang ada di Lampung. Makanan khas Lampung yang wajib kamu coba ialah gabing.

Apa itu makanan gabing? gabing ialah makanan khas Lampung yang bahan utamanya dari batang kelapa muda, dengan kuah santan dan ditambah dengan daging pilihan sebagai penambah rasa kelezatan makanan gabing ini. Gabing ini biasanya dihidangkan pada acara-acara adat dan menu pada saat ada pernikahan.

  • Makanan Khas Daerah Bangka Belitung

mie-belitung

Bangka Belitung merupakan suatu provinsi yang dikelilingi oleh lautan. Bangka belitung ini sangat terkenal dengan panorama keindahan alamnya, tetapi tidak kalah dengan wisata kulinernya. \

Makanan khas yang berasal dari daerah Bangka Belitung ialah ikan laut makanan khas utamanya. Hal ini dikarenakan masyarakat bangka belitung sangat dekat dengan laut. Makanan yang sangat populer di Bangka Belitung ialah mie belitung.

Mie belitung ini biasanya dijadikan makanan sebagai selamat datang bagi para wisatawan namun apa yang membedakan dengan mi yang lainnya.

Mie belitung ini adalah mie kuning dengan kuahnya kaldu udang. Pada umumnya mie ini disajikan dengan mangkok lebar. Campuran yang ada pada mie belitung ini ialah udang, kentang rebus yang sudah di potong kecil-kecil dan dikasih irisan timun.

Kalau kamu bberkesempatan berkunjung ke pulau yang sangat indah ini, jangan sampai melewatkan makan mie khas bumi laskar pelangi ini.

Makanan Khas Daerah Pulau NTB dan NTT

  • Makanan Khas Nusa Tenggara Timur

kolo-khas-NTT

NTT adalah sebuah provinsi disebelah timur Pulau Bali. Daerah yang terkenal penghasil susu kuda liar ini sangat istimewa dengan citarasa makanan khasnya. Salah satu makanan yang terkenal itu ialah Kolo.

Kolo ialah salah satu jenis makanan yang bahan utamanya dari beras yang dimasak di dalam bambu yang sebelumnya telah dikasih daun pisang terlebih dulu.

Cara membuat kolo ini sangatlah mudah, setelah beras di cuci bersih dimasukkan ke bambu yang sudah dipersiapkan yang sudah di kasih lapisan daun pisang di dalamnya. setelah itu masukkan air dan bumbu, memasaknya dengan cara bambunya dibakar hingga matang. Kolo yang nikmat siap disajikan.

  • Makanan Khas Bali

ayam-betutu-khas-bali

Makanan khas bali yang sangat terkenal adalah ayam/bebek betutu. Makanan ini cara memasaknya masih mempertahankan cara tradisional sehingga tidakl mengurangi citarasa dari masakan khas ini. Selain ayam/bebek betutu juga masih ada banyak makanan khas lainnya yang tidak kalah enaknya seperti lawar, sate lilit, dan masih banyak lagi.

  • Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

ayam-taliwang-khas-lombok

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi dengan potensi sumber daya alam yang tinggi, terutama pada bidang pariwisata.

Selain dari potensi wisatanya, NTB juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya,salah satu kuliner yang sangat terkenal ialah ayam taliwang.

Ayam taliwang ialah jenis ayam bakar, namun terdapat resep rahasia dan yang boleh mengetahui resepnya ialah hanya orang tertentu saja. Kalau ingin menikmati ayam yang leezat ini datanglah ke NTB.

Makanan Khas Daerah Pulau Jawa

  • Makanan Khas Indonesia Dari Provinsi DKI Jakarta

makan-khas-jakarta-kerak-telor

Sangat banyak makanan khas yang ada di ibukota Jakarta. Salah satu makanan yang sangat terkenal ialah kerak telor. Kerak telur terbuat dari telur bebek/ayam, ebi kering, beras ketan putih, bawang goreng. dan juga diberi taburan kelapa yang sudah disangrai.

Kerak telor bisa dijadikan lauk makanan berat ataupun cemilan. Yang unik dari kerak telor ini adalah cara memasaknya, yang mana bisa dibalik namun tidak tumpah.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Banten

makan-khas-jakarta-kerak-telor

Banten terkenal dengan sebutan kampung jawara, tetapi bukan hanya itu saja. Tanah banten juga sangat terkenal akan makanan khasnya yang mempunyai citarasa yang sangat lezat. Kalau kamu mempunyai kesempatan berkunjung ke Banten, tepatnya di kota Serang, jangan sampai lupa untuk menikmati makanan khas yang ada disana yaitu namanya Rabeg.

Rabeg merupakan makanan khas dari Banten yang bahan dasarnya ialah jeroan dan dading domba atau kambing.

Rasanya sangat unik, ada rasa seger pedes bercampur manis, dan ada rasa bumbu rempah khas Indonesia seperti jahe, cabai dan lada yang terasa pada makanan ini. Rabeg sangat cocok jika dimakan bersama nasi yang masih hangat.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Provinsi Jawa Tengah

garang asem garang asem masakan khas jawa tengah informasi wisata indonesia

Ada yang sudah tau garang asem? Garang asem ialah masakan yang bahan dasarnya daging ayam yang dimasak dengan daun sebagai pembungkusnya. Campuran bumbu dan santan bisa menambah nafsu makan ketika kita melahap makanan ini. Garang asem sangat cocok dinikmati bersama nasi yang masih hangat.

  • Makanan Istimewa Khas Daerah Istimewa Yogyakarta

gudeg-khas-jogya

Yogyakarta adalah satu-satunya provinsi yang dipimpin olrh seorang raja, yang setara dengan gubernur kalau disetarakan dengan jabatan pemerintah.

Bebagai kota wisata Yogyakarta menyediakan jenis makanan andalan yang wajib kita coba jika berkunjung kesana.

Nasi gudeg/gudeg makanan khas ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Sudahkah kamu mencoba makanan yang satu ini? Gudeg ialah makanan yang bahan dasarnya dari nangka muda. Gudeg sangat nikmat sekali jika dinikmati dengan nasi hangat, bakwan jagung dan kerupuk, sungguh kenikmatan yang tidak ada duanya.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Provinsi Jawa Barat

makanan-khas-jabar-nasi-liwet

Makanan khas yang terdapat di Jawa Barat ialah nasi liwet. Nasi liwet ialah salah satu makanan yang sangat terkenal di tanah Sunda. Nasi liwet dimasak dengan bumbu asli rempah Indonesia seperti daun sereh dan daun salam. Daun salam dan daun sereh menjadikan makanan ini sangat harum jika kita mencium aromanya, bukan hanya itu saja daun tersebut juga menambah kenikmatan citarasa dari nasi liwet. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan ikan asin, sambal terasi, dan juga pete.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Provinsi Jawa Timur

makanan-khas-jabar-nasi-liwet

Jawa timur adalah pusat-pusat pesantren besar di Indonesia. Selain itu jawa timur juga dikenal dengan kekayaan kulinernya Mulai dari pantai utara sampai dengan daerah selatan banyuwangi.

Salah satu wisata kuliner yang sangat terkenal itu ialah rujak cingur. Rujak cingur ialah rujak yang bumbunya bumbu kacang dan juga ada cingur. Yang dimaksud cingur ialah bagian dari hidung sapi. mungkin terdengar agak aneh, namun makanan khas yang berasal dari surabaya ini wajib kamu coba karena sensai kenyal ketika kita memakan rujak cingur ini.

Makanan Khas Daerah Timur Indonesia

  • Makanan Khas Indonesia Dari Sulawesi Selatan

pisang-epe-makassar

Pisang epe sebutan bagi jajanan yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan. Bahan utamanya ialah pisang muda yang dibakar lalu digeprek sampai pipih. Kalau pisang sudah pipuh atau penyet di beri taburan gula merah, tetapi juga ada yang disajikan dengan sambal khas daerah Makasar. Pisang ini menjadi makanan makanan favorit para wisatawan maupun anak muda yang ada disana karena rasanya yang nikmat dan sangat bersahabat di dompet.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Gorontalo

bile-buluhuta-khas-gorontalo

Gorontalo memiliki makanan khas yang sangat populler yaitu binte bilahuta. mungkin kamu menganggap makanan ini adalah bubur. namun perbedaannya ialah terletak pada bahan dasarnya. Kalau bubur Manado terbuat dari beras tetapi kalau binte bilahuta terbuat dari jagung pilihan. Komponen lainnya ialah daging ikan yang tercampur dengan ikan segar.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Sulawesi Barat

bile-buluhuta-khas-gorontalo

Penja ialah sebutan untuk jenis ikan kecil khas Mandar. Tumis penja ialah makanan khas Sulawesi Barat yang sangat lezat. Penja ini dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu sederhana seperti lombok ijo, bawang, dan juga jeruk nipis. Tumis penja ini menjadi salah satu makanan pelepas kangen bagi peranntau jika mereka pulang ke kampung halaman.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Sulawesi Tenggara

pisang-epe-makassar

Makanan khas dari Sulawesi Tenggara ialah sate gogos. Kalau diberbagai tempat yang banyak kita temui ialah sate dengan bahan daging kambing atau ayam, sedangkan sate gogos ini terbuat dari kerang. sate gogos sangat gampang cara menyajikannya yaitu dengan cara kerang ditusuk dan dikasih bumbu seperti bumbu sate lainnya. Biasanya sate gogos dihidangkan bersama lontong.

  • Makanan Khas Indonesia Dari Sulawesi Tengah

kaledo-khas-palu

Jika kalian sedang berkunjung ke kota Palu kamu jangan pernah melewatkan makanan asal daerah Sulawesi Tengah itu yaitu kaledo. Bahan utama kaledo ini ialah kaki kambing atau domba yang masih muda. Rasanya yang pedas dan segar menggunggah selera bagi yang menikmatinya.

Itulah penjelasan mengenai makanan khas yang ada di 34 provinsi. Makanan mana yang paling kamu sukai, jangan lupa berkomentar di kolom komentar ya??

mohon maaf jika dari kami ada yang kurang berkenan di hati anda,,semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Satu pemikiran pada “Makanan Khas Indonesia Beserta Nama dan daerah Asalnya”

Tinggalkan komentar