Makalah Beserta Pengertian, contoh penulisan, fungsi, dan Definisinya

Makalah Beserta Pengertian, contoh penulisan, fungsi, dan Definisinya

ciri-ciri-membuat-makalah

Makalah  –Hallo sahabat, Tentunya kamu pernah mendengar tentang makalah bukan?? dan kamu pasti pernah di tugaskan oleh guru ataupun dosen kamu untuk membuatnya, Kalau kamu bingung dan belum mengerti cara membuat, mari kita simak sama-sama penjelasan lengkap di bawah ini.

Terkadang dalam belajar kita sering di berikan sebuah  tugas oleh guru pembimbing kita untuk mengerjakannya. Dan semua itu mempunyai tujuan yang bisa memberikan hal yang positiif dan bermanfaat pada diri kita.

Seperti judul yang ada di atas. Makalah memiliki tujuan tersendiri dalam kehidupan yang berlangsung.

PENGERTIAN

Pengertian-Definisi-Makalah

Makalah ialah karya tulis ilmiah yang bertujuan membahas tentang pokok permasalahan tertentu. Yang mana sebuah permasalahan itu tercangkup dalam sebuah ruang lingkup tertentu. Di samping itu arti lain yaitu sebagai karya akademis yang biasanya di publikasikan pada jurnal yang sifatnya ilmiah.

Makalah, Paper, Dan Artikel Ilmiah

Dalam sebuah karya tulis terdapat beberapa perbedaan dari pembuatannya ataupun definisi lain. Contoh dari perbedaan itu sendiri ialah dari paper, makalah, dan artikel ilmiah. Berikut ini mengenai penjelasan dan perbedaan ketiga karya tulis tersebut :

a). Paper

Paper ialah sebuatn khusus untuk para kalangan akademis ( mahasiswa ) yang kaitannya berhubungan dengan pembelajaran dan pendidikan sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3).

b). Makalah

ialah sebuah naskah yang utuh dan sistematis yang berupa garis-garis besar (Outlines) mengenai suatu permasalahan. Biasanya di tulis dengan suatu keilmuan tertentu dalam menguraikan gagasan, pendapat, dan pembahasan permasalahan pemecahan suatu masalah.

c). artikel Ilmiah

artikel ilmiah adalah sebutan khusus yang sedang mengalami adaptasi dan variasi tertentu. Dan di publikasikan melalui suatu penerbitan atau jurnah ilmiah lainnya tanpa sedikitpun meninggalkan prinsip dari struktur, sistematika, format, dan isi dari sebuah makalah ilmiah.

2. Pengertian Secara Umum

Pengertian secara umum ialah suatu jenis karya tulis yang sifatnya ilmiah dengan membahas masalah tertentu, yang bedasarkan hasil kajian lapangan maupun kajian lapangan.

Pada dasarnya, pembuatannya mempunyai tujuan untuk memenuhi tugas-tugas penting tertentu seperti tugas dalam akademik ataupun tugas non-akademik. Ini biasanya di buat oleh pelajar dan mahasiswa.

Di sampung itu arti sebuah makalah bukan hanya sebuah rangkuman, Melaikan juga sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari seluruh sumber terpercaya  yang di gunakan sebagai memecahkan sebuah masalah.

3. Menurut Para Ahli

ini juga di artikan oleh para ahli, Diantaranya ialah menurut Tanjung dan Ardinal. Menjelaskan bahwa ini merupakan karya tulis yang isinya tentang pemikiran suatu masalah topik tertentu, di tulis secara teratur dan sistematis juga di sesertai analisis yang objektif dan logis.

Menurut Surakhmad ialah segala jenis tugas kuliah yang harus di kerjakan atau di selesaikan secara tertulis. Baik itu sebagai hasil dari pembahasan buku ataupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok sebuah permasalahn tertentu.

Dari semua penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa suatu karya tulis yang membahas permasalahan tertentu dengan analisis yang objektif dan logis yang di tulis secara sistematis.

JENIS-JENIS

Jenis-Jenis-Makalah

Mempunyai beberapa jenis dalam menyusun suatu karya tulis ilmiah. Jenis tersebut ialah merupakan suatu dasar kunci yang bisa kita gunakan dalam membuat suatu karya tulis ilmiah. Berikut ini jenis dan sifat yang bisa kita kembangkan :

1. Sifat

mempunyai tiga sifat tertentu yang bisa membedakan dari segi tujuan, pembahasan, sampai penjelasan mengenai yang akan di buat. Berikut ini pembahasan mengenai sifat makalah yang bisa kami jelaskan :

a). Induktif

Ialah yang di tulis berdasarkan data empiris yang sifatnya objektif berdasarkan apa yang akan di dapat dari lapangan, akan tetapi tetap relevan dengan pembahasan

b). Deduktif

Ialah yang berdasar pada kajian teoris  yang relevan dengan suatu permasalahan yang sedang dibahas.

c). Campuran

Ialah yang di susun atau di tulis berdasarkan kajian empiris dan teoritir. Maksudnya, bahwa makalah tersebut adalah penggabungan antara makalah induktif dan deduktif.

2. Jenis Makalah Campuran

ini mempunyai 6 jenis dalam pembahasannya. Berikut yang bisa kami jabarkan :

a). Makalah Kerja

Ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan si penulis itu beragumentasi dari sebuah permasalahan yang sedang di bahas. Ini di peroleh dari sebuah proses kegiatan penelitian, dan yang lebih memungkinkan lagi biasanya menggunakan opini yang sifatnya subjektif dari si penulis.

b). Ilmiah

Ini seringkali membahas suatu masalah yang di tulis secara langsung dari hasil studi ilmiah. Dan jenis yang satu ini tidak berdasarkan opini atau pendapat dari seseorang penulis yang sifatnya subyektif.

c). Kajian

Isi dari kajian ini ialah di gunakan sebagai sarana pemecah suatu masalah yang sifatnya kontroversial.

d).  Analisis

Ini sifatnya empiris-objektif.

e). Tanggapan

Ini sering di pakai sebagai tugas mata kuliah bagi para mahasiswa yang berisi reaksi terhadap suatu bacaan.

f. Posisi

Ini di gunakan untuk karya tulis ilmiah yang di susun atas sebuah permintaan suatu pihak yang bersangkutan. Ini mempunyai fungsi sebagai alternatif pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial. Prosedur penulisan dan pembahasan yang di lakukan secara ilmiah.

Manfaat

Manfaat penulisan atau pembuatan makalah diantaranya adalah :

1. Menerapkan ilmu pengetahuan yang di pelajari untuk diimplentasikan di lapangan.

2. membuka pikiran untuk memahami permasalahan di lapangan.

3. Belajar memahami sebuah masalah dan mencari solusinya.

D. Ciri_Ciri Dalam Membuat

ciri-ciri-membuat-makalah

Dalam pembuatannya mempunyai beberapa ciri-ciri yang bisa kita ketahui. Berikut ini ciri-ciri makalah yang bisa kami jabarkan :

1. merupakan hasil laporan pelaksanaan suatu kegiatan yang di lakukkan di lapangan mengenai suatu permasalahan yang sedang terjadi.

2. Mendemonstrasikan pemahaman teori maupun kemampuan dalam menerapkan prosedur-prosedur yang memiliki kaitan dengan suatu permasalahan.

3. Mendemonstrasikan kemampuan merangkai berbagai macam informasi dalam menyelesaikan suatu masalah.

4. Agar bisa mewujudkan kemampuan dalam memahami sebuah teori ataupun sumber-sumber yang di gunakan sebagai baham untuk menyusun sebuah makalah.

1. Ciri-CIiri Makalah Menurut Alek Dan Ahmad HP

a). Objektif

Objektif : Mengemukakan penjelasan dan keterangan apa adanya.

b). Logis

Logis : Uraian, keterangan, pandangan, pendapat, dan dikaji.

Read: Contoh Makalah kewirausahaan, Penelitian, Narkoba Lengkap

c). Sistematis

Sistematis : Apa yang disampaikan disusun secara runtun dan berkesinambungan.

d). Kebenaran Dapat Diuji

Kebenaran dapat di uji : Pandangan, pernyataan, serta keterangan yang di paparkan dapat di uji, berdasarkan pernyataan yang sesungguhnya.

e).Jelas

Jelas : Keterangan, pendapat dan pandangan yang di kemukakan jelas dan tidak membingungkan.

Fungsi makalah

Dalam membuat suatu makalah harus memenuhi beberapa fungsi, di antaranya :

1. Memperluas wawasan keilmuan bagi para penulis.

2. Untuk melatih seorang penulis agar bisa menyusun suatu karya tulis/makalah secara cermat dan benar.

3. Memberikan sebuah manfaat bagi perkembangan sebuah konsep keilmuan atauoun pemecahan suatu masalah.

4. Memberikan sumbangan pemikiran, baik berupa konsep praktis maupun konsep teoris.

 Unsur-Unsur

ciri-ciri-membuat-makalah

ini juga mempunyai unsur-unsur yang baik. Berikut ini ialah unsur-unsur yang harus dilakukan dalam pembuatan suatu makalah :

1. harus mampu menunjukkan kejujuran ilmiah penulis.

2. Data yang di pakai harus memiliki analisis yang tinggi dan validitas yang tinggi, imperprestasi juga harus objektif.

3. harus memakai bahasa yang jelas, singkat, teliti, sederhana dan lengkap. Makalah juga harus detail, sistematis, dan utuh.

SUSUNAN MAKALAH KULIAH LENGKAP

Kita paling malas kalau yang namanya di suruh membuat makalah. Paling bingung mencari sebuah contoh di mana? Susunannya bagimana? Makalah kuliah seperti apakah yang dapat di terima ?

Terkadang terbayang di benak kepala kita kalimat yang seperti apa itu ? Tetapi kamu tidak usah khawatir. Kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap susunan makalah yang bisa di terima dosen ? yuk langsung saja kita simak sama-sama penjelasan berikut.

A. Pemilihan Topik

Topik ialah tema dalam suatu pembuatan. Sebuah topik biasanya di ambil dari beberapa uraian latar belakang sebuah masalah. Latar belakang merupakan sebab mengapa sebuah penelitian itu di lakukan atau alasan makalah itu di tulis.

Dalam pemilihan sebuah topik tidak sembarangan untuk membuatnya. Di perlukan topik menarik yang mampu memberikan keterkaitan kepada masyarakat. Topik ini juga harus mencakup berbagai kajian ilmu yang bermasyarakat. Tujuannya agar pembaca memperoleh manfaat sesuai apa yang sedang di butuhkan dalam makalah.

Topik yang sering di gunakan dalam penulisan sebuah makalah yaitu berkaitan dengan bidang akademis. Misalnya seperti Sejarah, TIK, Kesehatan, Agama, Geografi, Ekonomi, PKN, Fisika, Biologi, dan Kewirausahaan.

Sebagai pertimbangan dalam membuat makalah kusmawati M.Pd menyarankan 4 hal yang wajib kita sesuaikan dalam menentukan sebuah topik :

1. Memiliki besarnya manfaat makalah yang kita terbitkan secara umum.

2. Kemampuan kita dalam menulis teori/kajian masalah.

3. Memberikan kesan yang unik dan menarik dari sebuah topik masalah.

4. memiliki besarnya manfaat makalah yang kita terbitkan secara umum.

B. Pemilihan Bahasa

Dalam sebuah penulisannya, yang harus kita perhatikan adalah mengenai bahasa serta penulisan yang akan kita pakai. Pada dasarnya ini memakai bahasa yang baku sesuai ejaan yang disempurnakan.

Dalam penulisannya dalam cangkupan internasional kita harus memakai bahasa Inggris yang benar. Berbeda dengan penulisan makalah dalam negeri (Indonesia) kita harus memakai bahasa Indonesia yang benar dan baik sesuai dengan EYD ( EYD sekarang berganti nama menjadi PUEBI).

Penulisan yang benar dan baik akan menentukan kualitas sebuah makalah. Pemilihan kata juga sangat penting agar pembaca bisa memahami maksud dari tujuan terbuatnya makalah itu.

Susunan Kerangka

Susunan kerangka ini di buat agar penulis bisa menyampaikan isi pembahasan dari makalah itu sendiri. Mulai dari tujuan sampai pembahasan inti yang paling di nantikan oleh pembaca.

Kerangka makalah yang benar dan baik terdiri atas Abstrak, Daftra isi, Cover, Kata Pengantar, Bab I Pendahuluan, Bab II Pembahasan, Bab III Penutup, Daftar Pustaka, dan Lampiran bila di perlukan. Berikut ini mengenai pembahasan susunan kerangka makalah :

1. Sampul / Cover

  • Sampul ini memuat beberapa kriteria, yaitu judul, logo lembaga, nama penulis  tempat dan tahun terbit.
  • Judul menggunakan huruf kapital yang di cetak tebal dengan huruf ” Times New Roman ” dengan besar font 14, di tulis pada bagian tengah.
  • Judul yang di tampillan harus jelas, informatif, singkat namun menjelaskan isi dari penelitian. Judul tersebut akan menginformasikankepada pembaca, garis besar isi dari bahasan.
  • Contohnya : “Laporan Penelitian Kajian Sosial di Masyarakat” : SALAH
  • Contohnya : “Pengaruh Budaya Patrineal dalam kehidupan masyarakay jawa” : BENAR
  • Alamat penulis memuat nama instansi atau lembaga tempat penulis bekerja atau menampung jrnjang studi (Universitas).
  • Nama penulis di tulis dengan jelas. Nama asli/nama lengkap tanpa disingkat serta menyebutkan gelar.
  • Tahun terbit adalah tahun pada saat makalah telah selesai penulisan dan penelitiannya, kemudian di terbitkan untuk umum.

2. Abstrak

  • Di tulis dalam dua bahasa : Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
  • Dalam bahasa inggris tidak boleh lebih dari 200 kata.
  • dalam bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 250 kata.
  • Abstrak berisi ringkasan atau bahan pokok dari makalah, tujuan penelitian, hipotesa, metode penelitian, serta sedikit rangkuman hasil penelitian.
  • Jika ingin menertbitkan makalah international, letakkan abstrak bahasa Inggris di halaman utama/awal sebelum abstrak bahasa Indonesia.
  • Kata kunci terdiri tidak lebih dari 3-5 kata kunci diletakkan di bawah penulisan abstrak.
  • Penulisan abstrak menyesuaikan tujuan dan sasaran kalian dalam membuat makalah tersebut.
  • Jika pada nasional, letakkan abstrak bahasa indonesia di halaman utama/ awal sebelum abstrak bahasa inggris.

3. Daftar Isi

  • Daftar isi memuat informasi pada halaman, setiap bab, dan sub-sub.
  • Keterangan ini agar lebih memudahkan pembaca menemukan bacan yang ingin mereka baca.

Contoh-Daftar-Isi

4. Kata Pengantar

  • Kata pengantar isi dari keseluruhan esensi. Membahas isi makalah secara keseluruhan namun umum.
  • Mencantumkan ucapan shukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mengucapkan ucapan terima kasih kepada pihak yang mendukung dan membantu proses penyelesaian.
  • Mencantumkan nama lengkap penulis, Tempat tanggal, dan tahun penulisan makalah tanpa di bubuhi tanda tangan.
  • Menjabarkan tentang waktu penulisan, tempat penelitian serta pihak-pihak yang membantu menyelesaikan makalah, baik instansi, individu ataupun lembaga-lembaga tertentu.
  • Diperbolehkan menuliskan harapan penulis, manfaat bagi pembaca dan menerima masukan serta saran dari pembaca.

5. Bab I Pendahuluan

  • Pendahuluan ialah pembahasan awal topik penelitian dalam susunan dari sudut pandang penulis.
  • Pendahuluan juga tidak perlu ditulis secara meluas, cukup mencakup esensi umum dari makalah.
  • Memasukkan poin-poin penting yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan pembahasan.
  • Dapat menjelaskan tentang pokok permasalahan yang di temukan di awal makalah.
  • Memberikan penjelasan secara umum dengan singkat dan memiliki tujuan serta makna yang jelas.

Contoh-Pendahuluan

6. Bab II Pembahasan

  • Berisikan uraian pokok pada topik makalah.
  • Data yang di dapat bisa berupa data kuantitatif, kualitatif, dan mixed methoda.
  • Menjelaskan tentang permasalahan, penelitian, tempat penelitian, metode, sasaran penelitian, dan penjabaran hasil data yang di dapat.
  • Isi menjelaskan definisi dan landasan teori, ulasan materi, penyelesaian  masalah dan hasil penelitian.
  • Jika data yang di ambil dari hasil wawancara, cantumkan hasil kutipan pembicaraan.
  • Disinilah tempat seluruh pembahasan secara detail.

7. Bab III Penutup

  • Menjelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan.
  • Berisi harapan penulis kepada pembaca bahwa penelitian ini dapat bermanfaat bagi mereka.
  • Menjelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan.

8. Daftar Pustaka

  • Berisikan paling sedikit berisikan 25 referensi.
  • Berisikan daftar-daftar referensi yang di gunakan dalam masa penelitian.
  • Disusun secara sistematis berdasarkan abjad/alfabetis dari nama pengarang.
  • Daftar pustaka terdiri dari nama pengarang, judul publikasi, tahun terbit publikasi, dan penerbit.
  • Nama pengarang sama namun berbeda waktu dan tahun penerbitan, maka penerbit pertama di tulis telebih dahulu.

Bagaimana ?? Sudah sangat jelas kan tentang apa yang kami jabarkan mengenai pembahasan dari pengertian makalah dan cara membuatnya ??.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Semoga yang kami sampaikan ini memberikan manfaat bagi kamu ya ?? Kalu ada kekurangan ataupun kesalahan dari kami, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya, semoga bermanfaat !!

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan komentar