Koperasi Indonesia Beserta Lambang dan Logo Lengkap

Koperasi Indonesia Beserta Lambang dan Logo Lengkap

Koperasi – kini yang akan diulas adalah mengenai lambang dan logo koperasi. Di sini saya akan mengupas tuntas mulai lambang dan logo koperasi indonesia yang baru, lama, pengertian, arti, makna, dan yang lainnya. Namun sebelum membahas ke pokok utama yakni lambang dan logo koperasi, simak dulu ulasan mengenai pengertian koperasi.

Walaupun kata koperasi sering kita dengar kalau kita tidak mengetahui apa itu koperasi, rasanya pasti ada yang kurang kan? Oleh sebab itu mengetahui apa itu koperasi adalah hal yang diharuskan supaya lebih gamblang lagi mengenai koperasi. penasaran? Yuk simak bersama-sama penjelasan di bawah ini.

Pengertian Koperasi

Koperasi ialah sebuah badan usaha yang mengelola pemanfaatan dan perdayaan sumber daya ekonomi untuk anggotanya berdasarkan dengan prinsip-prinsip koperasi dan kaidah usaha ekonomi demi meningkatkan taraf hidup bagi anggotanya.

Dengan begitu, koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang melandaskan kegiatannya berdasarkan dengan prinsip gerakan ekonomi rakyat berdasarkan dengan kekeluargaan yang tertera pada Undang-undang No. 25 Tahun 1992.

Koperasi Ialah

Koperasi merupakan alat yang bermanfaat demi mensejahterakan rakyat sebagai pendukung demokrasi nasional, landasan dasar perekonomian bangsa dan memperkuat perekonomian bangsa Indonesia. Koperasi memiliki tujuan yang mana tujuan itu di titik beratkan kepada kepentingan para anggota bukan untuk menimbun kekayaan sendiri. Di bawah ini tujuan koperasi yang sudah kami sajikan untuk anda.

Tujuan Koperasi

tujuan-koperasi
https://bisakali.net

Berikut ini secara khusus tujuan didirikannya sebuah koperasi yang perlu untuk anda ketahui:

1. Memperbaiki kehidupan para anggota dan masyarakat di bidang ekonomi.

2. Membangun tatanan perekonomian nasional.

3. Mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur.

4. Mensejahterakan anggota koperasi dan masyarakat sekitar.

Arti Lambang Koperasi

Logo adalah sebuah karya seni rupa dan tidak dapat lepas dari elemen-elemen seni rupa yang mendasar membentuknya warna, ruang, garis, tipograpi dan banyak lagi yang lainnya. Logo ini juga harus mencerminkan sebuah citra yang positif yakni dengan cara memberikan pesan yang menguntungkan pada bentuk gambar dan lambang.

Perlu untuk diketahui bahwasannya lambang koperasi di Indonesia ini sudah mengalami beberapa kali perubahan.

Arti Lambang Koperasi Baru

lambang-koperasi-baru
http://www.sumbbu.com

1. Gambar Bunga

Gambar bunga memberikan kesan akan kemajuan dan perkembangan terhadap perkoperasian di Indonesia yang mempunyai arti bahwa koperasi indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, inovatif, variatif, juga produktif di dalam kegiatannya dan mempunyai wawasan juga mempunyai orientasi terhadap keunggulan teknologi saat ini.

2. Bentuk Gambar 4 (Empat) Sudut Pandang

Gambar 4 sudut pandang ini menggambarkan arah mata angin yang mempunyai maksud koperasi sebagai berikut ini:

  • Gerakan koperasi di Indonesia demi menyalurkan aspirasi masyarakat
  • Menuju keunggulan di dalam persaingan global
  • Dasar koperasi perekonomian nasional mempunyai sifat pro aktif
  • Penjunjung tinggi akan prinsip dan nilai-nilai kemandirian, kebersamaan. keadilan, dan demokrasi

3. Tulisan Koperasi Indonesia

Bentuk tulisan Koperasi Indonesia pada logo baru memberikan kesan modern yang dinamis menyiratkan sebuah kemajuan demi terus berkembang juga mengikuti kemajuan zaman yang berpandangan terhadap perekonomian dengan semangat yang tinggi.

4. Lambang Berwarna Pastel

Warna pastel tersebut memberikan sentuhan kalem dan berwibawa, di samping itu juga mempengaruhi Koperasi Indonesia yang bergerak terhadap sektor perekonomian Indonesia.

Tulisan koperasi Indonesia tersebut berkesinambungan sejajar rapi yang mengandung makna adanya ikatan yang sangat kuat didalam lingkungan internal Koperasi Indonesia ataupun antara Koperasi Indonesia dan Anggotanya.

5. Lambang Falsafah

Lambang koperasi baru menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat tulisan “Koperasi Indonesia Merupakan Identitas Lambang”.

6. Kuncup Bunga

simbol kuncup bunga yang bertautan menghubungkan bentuk sebuah lingkaran untuk menghubungkan satu kuncup dengan kuncup yang lainnya merupakan gambaran semua pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis demi membangun koperasi Indonesia.

Arti Lambang Koperasi Lama

lambang-koperasi-lama-
https://elizato.com

Lambang koperasi lama saat ini memang sudah tidak dipakai lagi tetapi harus terus di ingat karena logo tersebut adalah salah satu sejarah perkembangan koperasi Indonesia yang harus tetap di catat di dalam buku sejarah.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya dalam mepembuatannya lambang atau logo mempunyai makna dan pesan-pesan yang baik. Sama halnya dengan logo koperasi yang dipastikan sudah mempunyai makna dan arti memberi sebuah semangat untuk masyarakat.

Di bawah berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai lambang koperasi yang lama:

1. Rantai

Rantai yang ada pada logo koperasi adalah melambangkan kokohnya persahabatan, oleh sebab itu masyarakat yang ikut serta berkoperasi merupakan masyarakat yanng bersahabat dan sangat cinta akan persahabatan tidak gampang goyah atau putus begitu saja. Persahabatannya akan sangat kuat.

2. Roda Bergigi

Roda bergigi adalah sebuah gambaran dari upaya keras yang di tempuh secara terus menerus seperti halnya roda yang berputar tidak mengenal lelah walaupun terkadang berada di bawah dan di atas.

3. Kapas dan Padi

Kapas dan padi merupakan sebuah simbol kemakmuran rakyat yang diusahakan oeleh koperasi. Maka dari simbol itu menggambarkan jika koperasi sejahtera, tercukupi sandang pangan dan papannya.

4. Timbangan

Timbangan di dalam koperasi mempunyai makna akan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi, oleh sebab itu pengurus koperasi dan anggotanya diusahakan harus adil dan tidak berat sebelah terhapap kepada semua anggota serta pengurus di dalam mengelola koperasi.

5. Bintang

Makna atau arti simbol bintang di dalam perisai adalah yang berarti pancasila sebagai landasan koperasi. Sehimgga pancasila ialah sebuah landasan yang sangat penting bagi koperasi untuk mengamalkan kelima sila tersebut di dalam kegiatan kesejahteraan koperas. Arti dari makna itu ialah koperasi Indonesia merupakan sebuah insan serta yang mengamalkan pancasila.

6. Pohon Beringin

pohon beringin menggambarkan sifat di dalam bermasyarakat dan berkepribadian masyarakat Indonesia yang kokoh berakar. Artinya ialah masyarajat Indonesi yang aktif dan bergerak pada bidang koperasi merupakan masyarakat yang kokoh tidak gampang goyah dengan segala cobaan juga tekanan ekonomi serta siap bersaing dengan sangat baik diluar ataupun di dalam negeri.

Read: Lambang Burung Garuda Pancasila, Gambar, Arti, Makna Lengkap

7. Koperasi Indonesia

Lambang itu menggambarkan sosok kepribadian rakyat Indonesia. Oleh sebab itu koperasi merupakan sebuah sistem ekonomi Indonesia yang baik serta dijadikan sebagai penggerak perekonomian Indonesia.

8. Warna Merah Putih

Warna merah putih yang ada pada logo koperasi adalah sebuah gambaran sifat nasional Indonesia yang cinta terhadap tanah air dan sangat bangga menjadi warga negara Indonesia.

Fungsi Koperasi

Fungsi koperasi yang utama ialah untuk mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, memperkokoh perekonomian rakyat, berusaha mempertinggi kualitas kehidupan manusia, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreatifitas dan jiwa berorganisasi untuk pelajar bangsa.

Peran Koperasi

peran-koperasi
https://www.attaubah-institute.com

Koperasi memiliki peran penting yang berhubungan langung dengan anggota maupun rakyat, peran koperasi tersebut ada tiga seperti yang sudah di paparkan di bawah ini:

1. Memperkuat perekonomian rakyat Indonesia dengan jalan pembinaan koperasi.

2. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara membina, menyatukan, dan mengembangkan setiap potensi yang ada.

3. Sebagai urat nadi kegiatan perekonomian Indonesia.

Sebagai upaya untuk mendemokrasikan sosial ekonomi Indonesia.

Prinsip-prinsip Koperasi

Prinsip-prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan oleh Koperasi Aliansi Internasional (Federation Koperasi Internasional Non-Pemerintah) ialah:

  • Pengembangan, pelatihan, pendidikan, dan informasi
  • Managemen yang demokratis
  • Partisipasi anggota dalam perekonomian
  • Keanggotaan terbuka dan sukarela
  • kebebasan dan Otonomi

Jenis-jenis Koperasi

Koperasi Indonesia bisa dibedakan menjadi tiga jenis yakni berdasarkan tujuan dan bentuknya. Simak penjelasan bawah ini jenis-jenis koperasi.

1. Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi bertujuan untuk menyediakan semua kebutuhan anggotanya diawali dari barang konsumsi dengan harga yang sangat rendah tetapi mempunyai khualitas yang sangat baik.

Setelah itu laba yang didapatkan atau yang lebih di kenal dengan sisa hasil usaha dibagikan ke anggota menurut perbandingan jumlah pembelian di semua anggota. Salah satu contohnya adalah KPRI.

2. Koperasi Produksi

Koperasi produksi ialah koperasi yang beranggotakan para UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong bagi anggotanya.

Jika disederhanakan pengertiannya, koperasi produksi ialah organisasi yang menghasilkan, membuat barang, mencipatakan, jasa atau produk yang diperlukan dan di inginkan oleh para anggota koperasi, khusunya pada masyarakat luas pada biasanya.
Salah satu contohnya koperasi produksi yang paling dan sudah berdiri sejak lama di Indonesia ialah  GKSI (gabungan Koperasi Susu Indonesia).

3. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi kredit yang bertujuan untuk menyediakan uang untuk beberapa keperluan. Koperasi jenis simpan pinjam ini sangat banyak berkembang di Indonesia, sebab sistem yang dikembangkannya sangat tepat sekali dipakai untuk karakter orang Indonesia.

Berdasarkan ketentuan Undang-undang koperasi, prinsip dasar koperasi simpan pinjam itu memiliki anggota yang bersifat terbuka dan sukarela, diatur secara mandiri dengan cara yang demokratis.

Kekuasaan tertinggi terdapat pada Rapat Anggota, dimana keuntungan koperasi dalam bentuk SHU (Sisa Hasil Usaha) dibagi secara adil sesuai dengan kesepatan dalam Rapat Anggota.

Prinsip Koperasi

prinsip-koperasi
https://www.erepublik.com

Prinsip koperasi adalah sebuah sistem dari ide abstrak di mana merupakan sebuah petunjuk demi membangun koperasi yang efektif dan bisa terus berdiri. Di bawah ini penjelasan dari tujuh pengertian prinsip koperasi yang sudah kami sajikan untuk anda.

1. Sifat Keanggotaan Sukarela dan Terbuka

Apakah yang dimaksud dengan sifat keanggotaannya yang sukarela dan terbuka itu? Yang dimaksud di sini adalah setiap amggotanya memberikan modalnya sendiri secara sukarela untuk digabungkan menjadi usaha bersama berdasarkan azaz kekeluargaan dan keanggotaannya bersifat terbuka bagi siapapun yang ingin menjadi anggota koperasi itu.

2. Pengelolaan Dilakukan Secara Demokrasi

Sistem itu membebaskan setiap anggotanya untuk berpendapat adalah dengan memakai aturan yang jelas berdasarkan prinsip koperasi sebagai ekonomi rakyat.

Selalu mengutamakan demokrasi berdasarkan kekeluargaan untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional di mana merupakan sebuah usaha berdasarkan asas kekeluargaan.

3. Pembagian SHU Dibagikan Secara Adil

Yang dimaksud adalah setiap hasil usaha atau SHU merupakan jasa dari masing-masing anggota dan modal masing-masing anggota menyesuaikan dengan besarnya jasa usaha masing-masing.

Maka untuk pembagian SHU setiap anggota harus dibayar secara cash atau tunai karena setiap anggota merupakan investor atau jasa modal. Bukan hanya sebagai investor saja, anggota koperasi juga merupakan pemilik sebagai pemakai atau pelanggan.

4. Pemberian Batas Bbalasan Jasa Terhadap Modal

Pemberian balas jasa dalam anggota koperasi terbatas tergantung oleh besarnya modal yang ada. Kalau modalnya sedikit maka pembelian batas jasanya juga sedikit, begitu juga sebalinya. Oleh sebab itu dilihat dari besar kecilnya modal anggota itu sendiri.

5. Mandiri

Yang dimaksud dari kemandirian di sini adalah setiap anggota mempunyai peran, tugas juga tanggung jawab masing-masing atas setiap usaha pribadi, di samping itu anggota koperasi dituntut untuk menjalankan perannya dengan aktif sebagai upaya mempertinggi kualitas dan bisa mengelola koperasi itu.

6. Pendidikan Koperasi

Pemberian bekal dan skill bekerja sesudah mereka terjun bermasyarakat, karena seperti yang sudah kita ketahui manusia baik sebagai makhluk sosial dan makhluk individu melalui usaha-usaha pendidikan perkoperasi serta patisipasi anggota sangat dihargai di dalam kehidupan koperasi.

7. Kerjasama Antar Koperasi

Dibutuhkan kerjasama antar koperasi satu dengan koperasi yang lainnya demi mewujudkan juga mengembangkan perekonomian nasional di mana merupakan usaha bersama. Dengan adanya kerjasama antar koperasi dapat mewujudkan kesejahteraan koperasi itu.

Landasan Koperasi

Sebagai salah satu dari tulang perekonomian rakyat, dan di anggap sangat penting juga perlu untuk di bentuk. Sebelum membentuk sebuah organisasi seperti ini sangat di butuhkan landasan-landasan yang harus di pakai untuk memperkuat / memperkokoh koperasi.

Terdapat beberapa landasan yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Landasan Idil Pancasila

landasan-koperasi
https://hamparan.net

Sebagai sarana untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera. Oleh karena itu, sebuah lembaga atau organisasi harus mempunyai pondasi yang sangat kuat untuk membangun landasan hukum. Landasan hukum yang dipakai alah perpijak kepada pancasila.

2. Landasan UUD 1945

landasan-dasar-koperasi-UUD-1945
https://hamparan.net

Posisi koperasi di dalam UUD 11945 dijadikan menjadi Guru Perekonomian Nasional. Karena posisi itu maka di anggap perlu mempunyai departemen atau kementerian khusus di dalam kabinet yang mengurusi tentang koperasi.

Kabinet disini memiliki fungsi untuk membawahi unsur-unsur seperti penyuluhan, pengembangan, pembekalan, workshop, pembiayaan sampai penanganan hukum jika terjadi sesuatu.

3. Landasan Sosial

Di dalam hal ini koperasi merupakan wadah atau organisasi yang membutuhkan peran juga membutuhkan kerjasama bersama masyarakat. Sama dengan pengertiannya sendiri adalah salah satu organisasi yang berotonomi dan mandiri.

Semua anggotanya saling membantu dan bergotong royong. Berbagai pendapat, dan berdikusi untuk membangun kemaslahatan organisasi tersebut.

Landasan Operasional UUD 1945 Pasal 3 Ayat 1

Di dalam undang-undang sendiri banyak memberikan penjelasan mengenai pentingnya perekonomian dengan memakai koperasi sebagai perantaranya.

Seperti di dalam UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1 menjelaskan jika perekonomian Indonesia disusun sebagai Usaha bersama atas asas kekeluargaan.

Penjelasan terkait dengan isi undang-undang tersebut merupaakan dinyatakannya kemakmuran masyarakat yang utama dan bukan kemakmuran perorangan atau individu. Di dalam hal ini pemakaian perusaahaan dengan asas keperasi ialah yang paling cocok.

Asas-asas Koperasi

1. Asas Kekeluargaan

Arti dari asas kekeluargaan ialah setiap anggotanya harus mempunyai kesadaran untuk melakukan hal yang terbaik untuk kegiatan organisasi dan juga hal yang lainnya.

2. Asas Gotong Royong

Asas gotong royong ialah asas yang mana setiap anggotanya diwajibkan mempunyai toleransi, tidak egois, ataupun juga individualis, dan juga bekerja sama dengan anggota koperasi yang lainnya.

Nilai-nilai Koperasi

Di dalam membangun sebuah organisasi yang terstruktur pasti memiliki nilai-nilai yang harus di junjung tinggi oleh semua anggota. Nilai-nilai yang di junjung tinggi di dalam koperasi ini meliputi:

  • Keadilan
  • Kemandirian
  • Persamaan
  • Demokrasi
  • Menolong diri sendiri
  • Kekeluargaan
  • Bertanggung jawab

Bapak Koperasi Indonesia

bapak-koperasi-Indonesia-
https://hamparan.net

Masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai siapa bapak koperasi Indonesia, padahal hal itu sangat penting. Bukan hanya untuk mengenang historikal namun juga dapat untuk meneladani perilaku beliau.

Bapak koperasi Indonesia ialah Bapak Mohammad Hatta. Bukan hanya menjadi pahlawan proklamator, pria yang lahir pada tanggal 12 Agustus di Bukit Tinggi ini juga menjadi pemrakasa terbentuknya koperasi di Indonesia.

Menurut beliau tujuan negara Indonesia ialah memakmurkan rakyat dengan cara kekeluargaan dan bentuk perekonomian yang paling tepat di Indonesia ialah usaha bersama secara kekeluargaan. Sebab itulah koperasi ini di bentuk karena menurut beliau koperasi ini sangat tepat di Indonesia.

Dengan dasar yang mana usaha dengan cara kekeluargaan merupakan terbesar untuk berkontribusi di dalam memajukan keuangan negara.

Demikian penjelasan mengenai koperasi, mulai logo dan lambang, pengertian, jenis, dan yang lainnya. Koperasi merupakan fasilitas yang kita pakai untuk memajukan perekonomian negeri. Jadi sebisa mungkin aktif di dalam perkoperasian sedikit menyumbangkan hasil peningkatan perekonomian negara. Pemanfaatan lembaga ini sangat membantu baik di dalam masyarakat sendiri maupun anggota. Semoga bermanfaat dan menambah wasawasan anda. Terima Kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.