Kliping | Contoh, Pengertian, Cara Membuat, Sistem Penyusunan Lengkap

Kliping | Contoh, Pengertian, Cara Membuat, Sistem Penyusunan Lengkap

Kliping – Hallo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai kliping. Mulai dari pengertian, cara membuat, sampai contoh yang baik dan benar. Tidak usah berlama-lama mari langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini:

Pengertian

Yang dimaksud dengan kliping adalah sebuah kegiatan atau aktfitas yang kerjaannya menggunting-gunting bagian-bagian tertentu. Yang ada di dalam sebuah koran, buku, ataupun majalah dan novel untuk ditempelkan pada kertas karton atau di buku biasa.

Untuk maksud dan tujuannya sendiri ialah untuk mengumpulkan dan menggabungkan sebuah informasi di dalam tema-tema tertentu. Yang pada awalnya berasal dari berbagai macam sumber untuk sebuah kepentingan. Entah itu kepentingan pribadi ataupun untuk kepentingan yang memang sedang ditugaskan oleh seorang guru.

Potongan gambar ataupun potongan artikel yang telah di gunting di dalam sebuah kliping harus berisikan tema yang sama. Contohnya pada saat kita ingin membuat kliping mengenai teknologi, maka artikelnya harus relevan atau yang berhubungan dengan teknologi.

Cara Membuat

Penulis-hebat
http://madanionline.org

Lalu bagaimana caranya untuk membuat yang baik dan benar itu? Walaupun kelihatannya membuatnya terlihat gampang. Akan tetapi pada saat akan membuatnya ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum dimulainya membuat.

Pada umumnya bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya pada awalnya berasal dari media-media cetak. Contohnya seperti majalah-majalah yang sudah tidak digunakan lagi, koran yang sudah tidak dibaca lagi, novel-novel, poster, dan juga media-media cetak yang lainnya.

Namun seiring dengan terdapatnya perkembangan zaman, di luar sana kebanyakan orang lebih pindah untuk mencari bahan-bahan yang hendak dibuat melalui media sumber internet (google). Juga tak sedikit sekolah-sekolah ataupun perguruan tinggi yang mengambil sumber utama untuk pembuatan kliping dari internet.

Perlu kita ketahui jika manfaatnya sangatlah banyak, misalnya seperti seorang guru yang sudah memberikan tugas untuk muridnya. Nah hal itu sangat begitu bermanfaat sekali. Sebab terdapatnya tugas dari seorang guru untuk membuat ini dapat melatih tingkat kreativitas muridnya tentang bagaimana cara membuat dan dari mana saja sumber-sumber utama yang harus dipelajari dan juga harus di telusuri.

Dengan begitu, seorang murid pastinya akan lebih sering untuk membaca guna menyelesaikan tanggung jawab yang sudah diamanahkan dari seorang guru untuk muridnya. Yaitu untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan untukknya.

Setelah kita mengetahui dan memahami mengenai pengertian dan juga maksud dari tujuan kliping. Maka untuk langkah yang berikutnya kita semua akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Di bawah ini akan langsung dijelaskan mengenai beberapa langkah-langkah yang harus kalian kerjakan pada saat kalian akan membuat kliping.

Cara membuat yang Baik dan Benar

Berikut ini langkah-langkah untuk membuatnya yang baik dan benar:

1. Menentukan Tema

Sebelum membuat, kamu diharuskan untuk mentukan atau untuk memilih tema. Yang akan kamu jadikan sebagai sumber bahan utama untuk dibentuk menjadi sebuah kliping.

Contohnya seperti mengambil tema yang didasarkan pada bidangnya. Contohnya seperti budang teknologi, bidang industri, bidang pertanian,bidang kesehatan, dan juga masih banyak bidang-bidang yang lainnya. Yang dapat kalian ambil utuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat.

Jika kamu sudah selesai memilih dan menentukan temanya, maka langkah yang berikutnya kamu harus mencari gambar yang memang berhubungan dengan tema. Atau bidang yang akan kamu jadikan menjadi sebuah kliping itu. Kalau kamu mengambil tema pertanian, maka kamu harus mencari gambar ataupun artikel yang berhubungan dengan pertanian.

2. Mengumpulkan Data-data dan Bahan

Pada saat mengumpulkan data-data bahan yang akan dijadikan menjadi sebuah kliping, maka kamu mulailah untuk mencari bahan-bahan melalui media cetak. Contohnya seperti buku, surat kabar, majalah-majalah, novel-novel, koran, dan masih banyak lagi media-media cetak yang lainnya. Bahkan kalian juga dapat mencari melalui media internet.

Jika kamu menggunakan media iternet (google) untuk sebuah referensi data dan juga bahan-bahan untuk pembuatannya, akan lebih baik lagi kalau bahan-bahan atau data itu dicetak atau di print terlebih dulu agar yang kamu buat akan tampil terlihat lebih baik dan terlihat lebih menarik lagi.

Tentang pengumpulan data-data dan juga bahan-bahan sangat dianjurkan untuk mencari dari media cetak di tahun-tahun yang sebelumnya sampai dengan di tahun yang terbaru.

Jika dalam media cetak seperti koran ataupun yang lainnya tidak ada gambar-gambar atau artikel yang sama dengan tema yang akan kamu buat, dan untuk langkah yang terakhir atau cara yang terakhir adalah dengan memakai akses internet untuk mencari bahan-bahan dan data itu.

3. Mempersiapkan Peralatan

Setelah data-data dan bahan untuk telah terkumpul, maka untuk langkah yang selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan peralatan seperti gunting, garis, dan jangan lupa untuk mempersiapkan lem untuk menempelkan gambar untuk kertas yang akan dipakai.

Kalau kalian semua ingin menghiasi  agar pada saat dilihat oleh orang akan terlihat bagus dan menarik, maka kalian bisa menambahkan hiasan-hiasan seperti spidol yang berwarna untuk membuat tampilannya supaya terlihat lebih cantik dan lebih indah.

Sebelum mengggunting bahan, sebaiknya sediakan terlebih dulu kertas HVS atau kertas folio untuk tepat klipingnya. Kamu juga dapat memakai buku tulis ataupun buku gambar.

4. Menggunting Bahan

Pada langkah ini yang harus kamu kerjakan adalah menggunting gambar atau artikel yang memang telah kamu kumpulkan sebelumnya. Lalu kalian menempelkan bahan-bahan kliping itu ke kertas karton, pada saat tengah menggunting, kamu juga bisa menggunakan pola.

Pada saat kamu menggunting dengan memakai pola, maka hasil akhirnya pun akan memperoleh hasil yang lebih rapih dan lebih bagus kalau dibandingkan menggunting dengan tidak memakai pola.

6. Membuat Cover

Setelah selesai metode atau proses penempelan, maka untuk langkah yang berikutnya yang harus kamu kerjakan adalah membuat cover untuk kliping yang telah kamu buat. Adanya hal ini mempunyai tujuan agar para pembaca lebih mempunyai rasa penasaran yang sangat besar juga supaya lebih tertarik lagi untuk membaca kliping yang telah dibuat.

7. Membuat Daftar Isi

Setiap di lembaran kertas HVS sebaiknya sisakanlah satu atau dua lembar pada halaman footer  HVS agar para pembaca akan lebih mudah di dalam menemukan sebuah halaman yang sama dengan daftar isi.

Terlihat sangat gampang bukan kawan-kawan? Kamu hanya tinggal mengkreasikan sendiri agar kliping yang telah kalian buat akan tampak terlihat lebih menarik dan keren untuk tetap dapat dibaca oleh orang-orang banyak.

Sistem Penyusunan

klipping-dmy
http://jambi.tribunnews.com

Untuk penyusunan ini sendiri sama halnya dengan kita membentuk atau membuat sebuah karya tulis. Untuk  membuat yang baik dan benar harus menggunakan sistematika penyusunan yang baik supaya tampak terlihat lebih tersusun lebih rapi. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai sistematika di dalam pembuatannya:

1. Cover

Sampul atau yang biasa dinamakan dengan bahasa lainnya yakni cover. Di mana cover ini adalah bagian-bagian yang memang diharuskan ada pada saat sedang di dalam tahapan pembuatan. Kenapa begitu? sebab tujuannya agar usaha yang sudah dibuat itu akan terlihat lebih menarik dan untuk menarik orang lain. Agar mereka mau untuk membaca hasil  yang telah dibuat.

Tugas kamu buatlah sampul atau cover yang menjelaskan mengenai isi dari kliping itu dengan cara keseluruhan sehingga para pembaca atau orang yang akan membaca hasil yang kamu buat akan terasa sangat gampang. Pada saat memahami mengenai tema apa yang sudah dibahas oleh kliping itu.

2. Membuat Kata Pengantar

Perlu untuk diketahui jika sebenarnya kata pengantar ini jarang diselipkan dalam pembuatan kliping. Namun tak ada salahnya jika lembaran-lembaran kertas pengantar kamu tambahkan di dalamnya yang sudah kalian buat. Tugas kalian adalah buatlah kata pengantar yang baik dan benar, seperti halnya kamu sudah membuat karya tulis ilmiah.

3. Daftar Isi

Daftar isi ini disini sangat diperlukan, Kenapa? sebab dengan terdapatnya daftar isi ini para pembaca tidak akan merasakan kesulitan pada saat mencari artikel. Yang mana memang artikel itu ingin dirinya jumpai dan dirinya baca. Di samping itu, daftar isi ini juga sangat berguna sekali, yakni supaya kliping yang sedang kamu buat dapat terlihat lebih bagus, lebih menarik, dan juga mempunyai sebuah nilai-nilai tambahan.

4. Isi Pembahasan

Isi daripada pembahasan ini dianjurkan agar sama dengan tema atau sama dengan judul yang sudah kamu buat. Sehingga isi dan juga judul saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. dalam isi pembahasan itu jangan sampai kamu lupa juga untuk mencantumkan sumber dari mana saja yang sudah kalian ambil untuk bahan itu.

5. Saran dan Kesimpulan

Saran dan kesimpulan di dalam sebuah kliping juga sangat dipentingkan untuk dicantumkan. Kenapa?. Ini supaya para pembaca itu mengetahui kesimpulan dari penjelasan yang sudah kalian buat.

6. Daftar Pustaka

Disamping dari kesimpulan, jangan lupa untuk mencantumkan juga daftar pustaka yang berasal dari berbagai macam sumber yang menjadi sebuah referensi. Informasi yang kamu gunakan di dalam isi yang telah kalian buat. Dengan penyusunan yang dilakukan secara sistematik, kamu juga akan terlihat lebih profesional dan terlihat lebih handal.

Tujuan utamanya adalah agar para pembaca tidak merasakan bosan dan lebih terlihat menarik saat di baca oleh orang lain.

Contoh Kliping

contoh-kliping-yang-baik-dan-benar
https://www.scrap-depo.ru

Jika kamu pergi ke sebuah perpustakaan pasti kamu akan menemukan berbagai kumpulan kliping, entah itu dari hasil tugas ataupun dari sumbangan-sumbangan mahasiswa. Berikut ini terdapat beberapa contoh yang dapat dijadikan sebagai referensi kamu di dalam membuat kliping, diantaranya adalah:

Contoh Sejarah

Candi-Borobudur
https://jogjamotor.net

Candi Borobudur adalah salah satu warisan kehidupan pada zaman dahulu atau budaya Indonesia yang mana memang telah populer atau terkenal di seluruh penjuru dunia. Canfi Borobudur ini adalah sebuah bangunan Candi Budha di mana besarnya yang paling besr yang ada di seluruh dunia dan Candi borobudur ini ditetapkan untuk sebuah warisan yang diwarisi oleh budaya dunia UNESCO.

Bentuk dan wujud Candi Borobudur ini sangat mewah, jelas dan juga dengan arsitekturnya yang sangat unik dapat membuat seluruh manusia yang terdapat di dunia ini ingin sekali untuk berkunjung ke Candi Borobudur ini disebabkan selalu penasaran dengan cerita-cerita yang ada di dalamnya.

Candi Borobudur ini berhasil mencuri perhatian dunia  sejak HC Cornelius memperoleh letak lokasinya atas pemerintah dari Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.

Pekerjaan menggali tempat yang diduga lingga besar ini setelah itu diteruskan oleh Hotman di mana Hotman ini adalah salah satu pejabat dari pemerintah Belanda yang mana pada saat itu para arkeolog berlomba-lomba untuk mencari tahu dari mana sebenarnya asal usul dari candi Borobudur (Chandi Budha) terbesar di seluruh dunia ini.

Contoh Bencana Alam

tsunami-aceh-2004
http://aceh.tribunnews.com

Diantara kita semua siapa sih yang tidak ingat dan telah lupa dengan terjadinya bencana alam terbesar sepanjang sejarah di tanah air Indonesia yang terjadi di daerah Aceh di tahun 2004 yang lalu. Terjadinya gempa dan juga tsunami terdahsyat ini terjadi di penghujung tahun tepatnya di tanggal 26 desember 2004.

Tsunami dahsyat yang terjadi di daerah Aceh. Pada saat itu kekuatan gempa yang sangat besar bahkan gempa itu mencapai 8,5 SR perdetik, dan juga ketinggian tsunami itu mencapai 35 meter. Waah sangat dahsyat sekali bencana alam yang sedang menimpa Nanggroe Aceh Darussalam waktu itu.

Nah kawan-kawan sebenarnya terdapatnya bencana alam yang seperti ini sudah terjadi di Aceh dan juga di daerah yang lainnya itu mengingatkan kembali untuk kita agar dapat berubah untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya, juga senantiasa patuh terhadap Allah sang pencipta langit dan bumi.

Contoh Seni Budaya

Traditional_indonesian_instrument-dmy
https://id.wikipedia.org

Musik adalah sebuah suara atau sebuah nada yang ditata dengan berbagai macam cara dan rupa sehingga musik ini mempunyai sebuah lagu, irama, dan juga keharmonisan nada yang dihasilkan oleh alat-alat musik seperti piano, gitar, biola, seruling, dan masih banyak alat musik yang lainnya yang dapat menghasilkan nada dan dan suara yang sangat indah.

Walaupun musik ini adalah sebuah pertanda instuti untuk mempersembahkan dan juga untuk menciptakan sesuatu di dalam wujud seni, musik adalah sebuah pertanda yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa jenis alat musik.

Seni musik adalah bagian-bagian dari kegiatan kehidupan manusia, di mana musik ini digunakan untuk ajang di dalam mengungkapkan perasaan-perasaan dan juga tingkat kreativitasnya.

Seni musik ini sendiri di samping dari bagian kegiatan kehidupan manusia, seni musik adalah sebuah seni yang berupa suara nada atau bunyi dan juga kesan-kesan kepada segala sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengaran. Seni musik juga digunakan untuk karya seni yang menggunakan unsur-unsur pokok dan juga sejenisnya.

Contoh Olahraga

olahraga-basket
https://juara.bolasport.com

Bola basket ialah cabang olahraga yang dimainkan secara kelompok di mana kelompok tersebut terdiri dari dua tim yang masing-masing anggota tim atau kelompok itu mempunyai 5 orang pemain dan juga beberapa cadangan yang ditugaskan untuk menggantikan pemain inti jika terjadi kecideraan atau capek.

Jika ada turnamen atau ada pertandingan bola basket maka sangat cocok untuk di tonton sebab bola basket ini umumnya dimainkan di dalam ruangan di mana ruangan itu tertutup dan juga di dalam ruangan tersebut hanya ada lapangan yang relatif kecil dan hanya dipakai untuk permainan bola basket itu.

Di samping itu, permainan bola basket juga lebih bersaing atau dapat disebut juga lebih kompetitif sebab tempo dari permainan bola basket ini lebih cepat jika dibandingkan dengan tempo permainan atau olahraga sepak kaki (sepak bola).

Permainan bola basket ini juga merupakan salah satu cabang olahraga yang memang paling disenangi oleh penduduk atau masyarakat Amerika Serikat dan penduduk-penduduk yang ada di seluruh dunia, contohnya salah satu dari penduduk mana saja yang menyenangi permainan bola basket ini, yakni seperti Indonesia, Eropa Selatan, dan Lithuania.

Sangat banyak kejuaraan-kejuaraan atau kompetisi bola basket yang sering diadakan di dalam setiap tahunnya, contohnya seperti British Basketball League di Inggris, dan national Basketball Association di Amerika Serikat.

Itulah penjelasan singkat yang kami sampaikan mengenai kliping mulai pengertian, cara membuat, sampai contoh yang baik dan benar. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah ilmu dan wawasan bagi kamu. Terima Kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan komentar