gambar-kucing-lucu

Jenis kucing lucu Anggora,Persia, Domestik dan cara perawatannya

Jenis kucing – kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling disukai oleh banyak orang. Bahkan Nabi Muhammad SAW juga pernah memelihara seekor kucing dan bahkan termasuk hewan peliharaan favoritya.

Nama ilmiah dari hewan ini adalah silvestris catus yang merupakan sejenis mamalia (hewan menyusui). Yang tergolong  hewan karnivora (pemakan daging). Namun seiring dengan berjalannya waktu, kucing telah beradaptasi dengan lingkungan tidak hanya memakan daging, tetapi juga memakan gandum dan nasi.

Kucing telah tersebar di berbagai penjuru dunia dan cukup populer diantara jenis hewan lainnya. Di Indonesia sendiri banyak orang yang telah memelihara kucing baik sebagai pemenuhan hobi maupun untuk memerangi tikus. Kebanyakan di pelihara adalah sebagai hobi.

Kucing ini memiliki bulu yang indah dan lembut yang berbeda dengan hewan lain. Kucing juga memiliki kelebihan diantaranya, kebaikan sifatnya. Karakternya yang unik dan menggemaskan sehingga hewan ini pantas untuk dijadikan hewan peliharaan. Berikut keterangan tentang jenis-jenis kucing serta perawatannya yang wajib anda ketahui.

Jenis-jenis kucing yang lucu dan menggemaskan

1. Persia

kucing persia merupakan ras kucing yang paling populer di dunia. Asal mula kucing ini berasal dari persia sehingga dinamakan kucing persia yang sekarang negara ini disebut negara Iran.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, kucing ini telah berkembang biak di beberapa negara, contohnya inggris dan amerika yang pada kenyataanya telah menjadi distributor terbesar untuk penghasil kucing persia.

Nama : Persia

Asal : Iran

Standart ras : TICA, FIFE, CFA, ACF, CCA, AACE, ACFA/ CAA

karakter : Pendiam, penyayang, tidak terlalu aktif (pemalas) dan setia

Jenis : Persia peaknose, persia flatnose, persia himalaya dan persia medium

Adapun bentuk fisik pada persia yang umum adalah bentuk hidungnya yang pesek dan bentuk mkanya bulat. Mereka juga memilikiciri fisik lain yaitu bentuk tubuhnya bulat dan pendek serta ukuran kakinya yang pendek dan terdapat juga pada bulunya yang panjang dan halus. secara umum kucing jenis ini tergolong banyak jenisnya.

Untuk makanan kucing persia, mereka lebih suka makanan yang kering dan basah, yang biasanya dijual khusus di toko hewan.


2. Persia himalaya

Kucing himalaya telah lama dikenal dunia dari ratusan tahun silam, namun kucing ini baru dikenal di benua Eropa pada kisaran tahun 1950 an. Orang banyak menyebut kucing ini dengan sebutan colour point persian.

jenis kucing ini tergolong sangat unik karena kucing ini hasil persilangan antara kucing siamese dengan kucing persia, sehingga menghasilkan keturunan yang memiliki keunikan yang lebih daripada yang disilangkan sebelumnya.

Nama : Persia himalaya

Asal : Amerika serikat

Standart ras : TICA, CFA, CCA, AACE, ACFA/CAA

Karakter : Aktif, senang bermain dan tidak senang bermalas malasan

Warna : Seal point (cokelat kehitaman), blue point (abu abu), lilac point (abu abu kecoklatan), red atau flame point (krem kemerahan), cream point (krem) dan chocolate point (cokelat)

Ciri fisik yang dimiliki kucing persia ini adalah hidungnya yang pesek dan bulu tebal seperti persia longhair. Kelompok jenis ini juga memiliki corak yang unik  pada tubuhnya, warna ini adalah warna turunan dari kucing siamese, dan bentuk matanya yang bulat dan berwarna biru yang juga merupakan warisan dari kucing siamese.

Untuk makanan kucing ini sebaiknya di beri makanan khusus agar mendapat gizi yang baik yang berimbas pada bulu, agar tidak mudah mengalami kerontokan bulu.


3. Russian blue

Jenis kucing ini sangatlah unik karena pertama kali ditemukan pada pelabuhan arkhangelsk di russia. Russian blue adalah jenis kucing berambut pendek dengan warna abu-abu, kucing ini bermata biru, dan jika anda melihatnya secara langsung, pasti anda akan kagum akan keindahan fisik dari kucing ini.


Nama : Russian blue

Asal : Russia

Standart ras : TICA, FIFE, WCF, CFA, ACF, GCCF, CCA, AACE, ACFA/ CAA

Karakter : cerdas, penasaran, ramah, pemalu dan sensitif

Jenis kucing ini memiliki kebolehan karena kecerdasannya sejajar dengan kelompok kucing cersdas didunia. Kucing ini memiliki karakter yang menarik, selain dikatakan cerdas, ternyata jenis kucing ini mempunyai sifat yang sangat erat dengan pemiliknya, namun kelompok kucing russian blue ini sedikit agak pemalu dengan orang asing yang belum pernah dikenal sebelumnya.

Untuk makanan kucing ini cukup dengan makanan kering dan basah, dan jenis makanan hewan ini juga dijual ditoko hewan seluruh indonesia.


4. Domestik (kampung indonesia)

Kucing domestik ialah salah satu kucing populer di dunia, karena kucing ini banyak tersebar di manapun, ketika kalian pergi ke kota misalnya, anda akan menemui kucing ini di jalanan, di gang maupun di teras rumah.

Kucing ini pada dasarnya memiliki sifat yang baik, meski terlihat liar, namun jangan dipandang sebelah mata, karena faktanya kucing ini mempunyai kelebihan dan ingatan yang sangat tajam, mandiri dan fisiknya yang kuat.

My beautiful picture

Nama : Kucing kampung

Karakter : Liar, kuat, energik, pemburu dan aktif

Beberapa kelebihan yang dimiliki opleh kucing ini diantaranya yaitu dapat dijinakkan dan dijadikan sahabat juga pelipur hati, selain itu kucing ini dapat menjaga rumah anda dari hama tikus yang biasanya mencuri makanan di dapur.

Untuk perawatan kucing ini cukup mudah karen kucing ini mandiri dan tidak manja, dan untuk makanan kucing ini termasuk mudah karena tidak pilih-pilih makanan, biasanya apapun makanannya akan dia makan dan tidak harus diberi makanan khusus, untuk tips agar si kucing ini lahap dalam makan, berikan ikan, karena ian termasuk makanan faforit kucing.


5. Turkish anggora

Anggora termasuk kelompok kucing tertua di dunia. banyak mitos tentang kucing ini yang dikaitkan dengan legenda di wilayah Turki. Meskipun mitosnya begitu, namun kucing ini tidak past berasal dari turki atau dari negara manpun karena ilmuwan belum mengetahui darimana asal mula kucing anggora ini.

Anggora saat ini memang populer di seluruh mancanegara bahkan di indonesia juga termasuk hewan yang bernilai tinggi karena keunikannya, kucing ini memiliki badan yang sedang dan bulu yang tebal, kucing anggora sangat berbeda dari kucing persia karena memiliki hidung yang mancung dan muka yang membentuk segitiga, dan dibagian lehernya memiliki bulu yang tebal.

Nama : Turkish anggora

Asal : Turki

Standart ras : TICA, FIFE, WCF, CFA, CCA, ACFA/CAA

Karakter : Anggun, lincah, energik, dan aktif

Untuk karakter kucing ini sangat unik karena memiliki gaya yang anggun, lincah dan aktif. Oleh karena itu sebaiknya sediakan mainan agar kucing memiliki alat untuk bermain dan betah untuk tinggal di rumah.

Untuk pemandian anggora sebaiknya dilakukan secara rutin karena sifatnya yang aktif akan memberikan dampak yang mudah kotor. Untuk rutinnya sebaiknya lakukan pemandian satu hari satu kali dan di shampoo agar bulu tetap indah lembut dan tidak mudah rontok.


6. American shorthair

American shorthair erupakan hasil dari kawin silang antara ras european shorthair dengan british shorthair. Awalnya kucing ini dikenal dengan sebutan shorthair, lalu memiliki nama populer dengan nama domestic shorthair di tahun 1960. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1966 kucing ini berubah nama menjadi american shorthair, dan nama itu digunakan sampai saat ini.

Nama : American shorthair

Asal : Amerika utara

Standart ras : TICA, WCF, CFA, CCA, AACE, ACFA/CAA

Karakter : Kuat, cerdas, pintar berburu, baik, ramah, tenang, senang bermain dan mudah beradaptasi

American shorthair memiliki karakteristik yang unik karena memiliki ukuran badan yang sedang, otot kaki yang bagus serta cakar yang kuat. Bentuk badan kucing ini di selimuti dengan bulu pendek yang halus dan tebal yang berfungsi sebagai pelindung diri dari cuaca yang dingin.

Pada kenyataannya kucing ini memiliki bentuk fisik yang kuat serta kekebalan dan kesehatan tubuh yang baik. Untuk makanan pada american shorthair biasanya lebih menyukai jenis makanan yang basahdan masih segar seperti ikan, daging dan ayam.


7. Siamese

Kucing siamese merupakan jenis kucing oriental, menurut informasi kucing ini berasal dari negara Thailand. Kucing siamese juga merupakan kucing yang cukup populer di dunia, banyak dari kalangan orang yang ingin memelihara kucing ini.

Sejarah kucing siamese mulai dikenal dunia saat kemunculan  pertamanya di Eropa, yang pada saat itu diberikan pada duta besar inggris di Thailand pada abad 18.

Nama : Siamese

Asal : Thailand

Standart ras : TICA, CFA, ACF, CCA, ACFA/CAA

Karakter : Ramah, suara lembut, cerdas, rasa ingin tahu, dan lincah

Siamese memiliki ciri fisik yaitu bertubuh ramping, ekor yang panjang dan mata yang berwarna biru. Pola warna yang dimiliki kucing ini identik dengan colour point yang menggambarkan ciri khas kucing ini. Berat badan siamese jantan berkisar antara 4kg sampai 7kg, sedangkan betina paling besar berbobot 5kg.

Untuk jenis makanan kucing siamese, sebaiknya gunakan makanan basah untuk memberi asupan gizi terbaik untuk mereka, makanan basah untuk kucing ini diantaranya seperti daging ayam, daging ikan dan sapi. Namun untuk keadaan mepet kucing ini dapat di beri makanan kering yang terdapat di toko hewan.


8. Norwegian forest

Ras kucing norwegian forest menurut sejarah berasal dari sebuah daerah yang bernama norway, nenek moyang kucing ini dipercaya berasal dari hutan di norwegia dan skandinavia.

menurut informasi dari beberapa sumber dan pemilik, kucing ini memiliki keunikan pada bulunya, karena pada saat musim dingin, bulu kucing ini akan panjang dan menebal dak ketika musim semi akan mengalami penipisan (rontok). hal ini disebabkan karena faktor lingkungan yang menyebabkan kucing ini beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya.

Nama : Norwegian forest

Asal : Norwegia

Standart ras : TICA, FIFE, CFA, ACF, CCA, AACE, ACFA/CAA

Karakter : Ramah, pendiam, dan jarng mengeluarkan suara keras (berisik)

Kucing norwey merupakan kelompok kucing yang pendiam, ramah dan jarang mengeluarkan suara keras, pada umumnya banyak yang berpendapat bahwa kucing ini akan bersuara keras ketika tinggal dekat anjing.

Untuk makanan kucing norwey ini lebih baik belikan makanan kering dan basah yang tersedia di toko hewan.

Read: Hewan Peliharaan Unik, Lucu, Menggemaskan Mudah Dipelihara


9. Maine coon

Maine coon merupakan jenis kucing tertua di dunia, jenis ini berasal dari maine (amerika serikat). menurut sejarah kelompok kucing, kucing ini memiliki keturunan dari kucing ras anggora dan norwegian forest.

Nama : Maine coon

Asal : Amerika serikat

Karakter : Kuat, berotot, independden, aktif, dan senang dengan pemiliknya

Bentuk fisik pada mereka memiliki badan yang besar dan tinggi, berat badannya sekitar 6-9 kg untuk yang jantan dan betina sekitar 4-6 kg. untuk ketinggian pada kucing ini kurang lebih bisa mencapai 1 meter pada umumnya. Maine coon juga memiliki bulu yang lebat, lembut dan halus.

Kucing ini memiliki ketahanan cukup baik dengan air, sifat dan kepribadian kucing ini sangat menarik, mereka cukup independen, aktif dan senang dengan pemiliknya. Makanan yang disukai kucing maine coon ini biasanya lebih suka jenis makanan basah dalam bentuk dan ukuran besar dan segar, seperti daging sapi, daging ikan dan ayam segar.


10. Sphynx

Kucing sphynx merupakan jenis kucing yang memiliki bulu sangat pendek bahkan jika di lihat mata tidak akan terlihatnampak bulu pada tubuhnya, hanya rambut pendek yang terdapat pada sebagian dari tubuhnya, seperti di telinga, kaki, ekor, dan organ vitalnya.

 

 

Nama : Sphynx

Asal : Kanada

Standart ras : TICA, FIFE, CFA, CCA, AACE, ACFA/CAA

Karakter : Aktif, setia, cerdas dan penyayang

Sejarah kucing sphynx ini berasal dari kanada, namun untuk nama pada kucing ini diambil dari patung sphynx yang berada di Mesir. Ciri-ciri yang umum pada kucing ini antara lain, memiliki badan yang tegak, ukuran badan sedang , dan bentuk perut yang bulat. pada bagian kepala kucing ini berbentuk segitiga dan cukup panjang.

Kucing sphynx ini memiliki leher yang cukup panjang, berotot dan bulat, kaki pada kucing ini proporsional dengan ukuran tubuhnya. Untuk makanan kucing ini lebih tertarik makanan basah dan kering yang terdapat di toko hewan.


11. Scotish fold

Kucing scotish fold ini dulunya bernama flops yang merupakan ras kucing alami yang berasal dari skotlandia. Ciri khas kucing ini ada di bagian telinganya yang unik karena telinganya melipat ke depan sehingga scotish fold diberi julukan kucing yang berwajah burung hantu atau bisa juga disebut kucing caupari. namun kelompok kucing ini juga ada yang terlahir dengan bentuk telinga yang tidak terlipat.

Nama : Scotish fold

Asal : Skotlandia

Standart ras : TICA, WCF, CFA, AACE, ACFA/CAA

Karakter : Ramah, tenang dan senang

Jenis : Long hair dan short hair

Berat badan jantan : 4-6 kg

Berat badan betina : 2.7-4 kg

Ras kucing scotish fold merupakan kucing yang berbadan sedang, kucing ini terlihat sangat lucu dan mukanya terlihat polos sehingga para penikmat kucing ini akan kagum jika melihat keaslian dari hewan ini, apalagi keinginan untuk memilikinya.

Kucing scotish fold memiliki bentuk kepala yang bulat, bola mata yang bulat dan besar, hidung yang cukup besar serta kaki yang pendek dan leher juga pendek.

Scotish fold mempunyai tempramental yang baik, mereka tergolong kucing yang jinak, ramah, tenang dan senang. Selain itu kucing ini memiliki sifat yang bersahabat, senang bermain, cerdas, memiliki suara yang lembut, dan sangat mudah beradaptasi.


12. Manx

Manx merupakan jenis ras kucing yang cukup populer di dunia, kucing jenis ini juga biasa disebut rumpy, kucing manx ini unik karena tidak memiliki ekor, dan ketika dilihat dari jarak dekatpun hanya pendek yang terdapat seperti benjolan pada tempat ekor umumnya.

Menurut sejarah, hewan ini berasal dari britania raya yang terkenal dengan nama island of man. Kucing ini termasuk kucing tertua yang pernah terdaftar di CFA (cat Fanciers Association) pada tahun 1908.

Nama : Manx

Asal : Inggris

Standart ras : TICA, FIFE, WCF, CFA, FFE, CCCA, ACF, GCCF, CCA, NZCF, SACC, AACE, ACFA/CAA, CFF

Karakter : Setia, aktif dan senang bermain di lingkungannya

Kucing ini mempunyai keunikan yang tidak dimiliki kucing lain, yaitu senang mencelupkan tangannya kedalam air dimana saja. manx juga dikenal sebagai kucing yang setia pada majikannya, ia memiliki sifat yang ramah dan cukup aktif. Kucing ini tergolong kucing yang mahal karena harganya bisa mencapai 40 juta dengan kualitas kucing yang maksimal.


(NB): Itulah beberapa jenis kucing serta keterangan yang dapat kami informasikan detailnya kepada anda. Semoga artikel ini membantu anda dalam mencari informasi tentang kucing.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.