Jenis Kopi Nusantara Beserta Sejarah dan Segudang Manfaat

Jenis Kopi Nusantara Beserta Sejarah dan Segudang Manfaat

Jenis Kopi – Kopi nusantara yaitu kopi yang dihasilkan dari dalam negeri. Yang ditanam oleh para petani kopi. Kopi Lebih enak dijadikan minuman hangat. Kopi termasuk minuman yang khas dan sebagai menu sampingan yang utama. Sebagai pelepas dahaga bagi para penikmat kopi.

Indonesia merupakan negara yang diberkahi dengan letak geografis dan struktur tanah yang baik untuk pertumbuhan buah kopi. Sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas dengan citarasa yang khas.

Untuk para penikmat kopi biasanya selalu sedia kopi di rumah. Ketika sedang berada di luar rumah tak perlu khawatir karena tidak bisa minum kopi. Karena minuman ini sudah tersedia di warung-warung maupun di resto besar. Kalau di warung-warung kecil, kopi atau yang biasa di sebut wedang dalam bahasa jawa ini harganya cukup ekonomis dan ringan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli.

Di wilayah pinggiran atau pegunungan sambil menikmati pemandangan alam.lebih cocok di temani kopi hangat dan bernuansa klasik, kopi biasa dinikmati pada waktu pagi hari. sore hari dan malam hari. Bayangkan asyiknya ngopi sore hari di pinggiran pantai ditemani sang istri, pasti akan menciptakan suasana romantis,

Bagi kamu yang sedang stress ataupun pikiran lagi kacau dan banyak masalah, minumlah kopi hangat bersama sahabat. pasti akan terasa hilang semua penat, terlebih lagi pada malam yang pekat, akan tercipta nuansa kebersamaan, dapat disimpukan bahwa kopi juga dapat mempererat hubungan dengan sahabat. Adapun beberapa jenis dari kopi nusantara yang dapat kami paparkan informasinya sebagai berikut.

Jenis Kopi Dari Berbagai Nusantara

Jenis Kopi Sumatera

Kopi Sumatera merupakan salah satu kopi terkenal di dunia. Kopi Sumatera yang paling terkenal berasal dari Sumatera utara dengan kopi andalannya yaitu kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan kompleks diantara jenis kopi yang ada di dunia.

Beberapa ahli kopi mengatakan bahwa kopi Sumatera memiliki cita rasa yang unik. Dan berkarakter dengan aroma rempah dan juga earthy. Kopi Sumatera memiliki tekstur halus dan berbau tajam, inilah yang menjadikan kopi Sumatera termasuk dalam kopi paling laris.

Kopi Sumatera diproses dengan dua cara. Yaitu proses semi washed dan dry processed. Kopi ini di tanam dengan ketinggian dan kontur tanah yang ideal dan menjadikan kopi Sumatera berkualitas terbaik di indonesia, bahkan di mata Internasional.

Jenis kopi Sulawesi

Tanah Toraja merupakan tanah dan daerah yang memiliki kesuburan tanah yang baik untuk pertumbuhan kopi. Dan menghasilkan kopi dengan kualitas yang tak kalah dari kopi daerah lain.

Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi  menjadikan kopi Toraja diminati pasar. Yang memang mengutamakan dan menyukai kopi dengan rasa asam yang tinggi. Meski sering disebut bercita rasa mirip kopi Sumatera, namun kopi Toraja memiliki ciri sendiri yang tentunya berbeda dengan kopi Sumatera.

Kopi Toraja memiliki bentuk dan ukuran biji yang kecil dan lebih mengkilap dan licin pada kulinya. meskipun memiliki cita rasa asam, kopi Toraja memiliki aroma earthy yang khas. menurut para ahli kopi, aroma itulah yang menjadikan kopi Toraja berbeda dan memiliki karakter yang unik pula.

Jenis Kopi Aceh Gayo

Siapa yang tidak kenal dengan kopi Aceh Gayo yang sudah lama tersohor karena kenikmatannya. Kopi yang berasal dari tanah gayo aceh tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun untuk di ekspor ke luar negeri.

Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi lain yang ada di Indonesia. Kopi gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah.

Aromannya  yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini banyak disukai orang. Tak heran kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. meskipun rasanya pahit, namun cita rasa yang gurih pada kopi gayo ini memberikan aroma dan kenikmatan pada setiap tegukan.

Jenis Kopi Bali Kintamani

Kopi yang berasal dari daerah kintamani bali yang amat sejuk ini memang memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi lainnya. Yang ada di nusantara. Kopi bali kintamani memiliki cita rasa buah yang asam dan segar. Hal ini karena ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti buahjeruk dan aneka sayuran.

Kopi jenis ini menggunakan sistem tumpang sari yang penanamannya bersamaan dengan tanaman lain. Karena itu biji kopi meresap rasa buah-buahan seperti jeruk. Selain memiliki cita rasa buah kopi bali kintamani juga memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat.

Keunikannya tersebut didapat dari letak geografisnya yang unik juga. Jika kamu penikmat kopi yang unik dengan varian rasa yang berbeda. Kopi bali kintamani cocok buat mengisi daftar dan menjadi pilihan yang tepat buat kamu cicipi.

Jenis Kopi Papua Wamena

Kopi yang berasal dari wilayah timur indonesia ini tumbuh pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut dengan suhu 20 derajat. Menjadikannya kopi dengan rasa yang ringan dan memiliki keharuman yang tajam. Yang membuat penikmat kopi menjadi nyaman dan merasa puas.

Kopi papua wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah. Mungkin karena letak geografisnya dan juga struktur tanah yang bagus yang menjadikan kopi ini memiliki tingkat dan kualitas yang tinggi.

Yang membuat kopi ini berkualitas tinggi ialah para petani menanam kopi ini secara organik karena tidak menggunakan bahan bahan kimia. Yang dapat mempengaruhi tanah dan berakibat pada penurunan kualitas hasil panen.

Bagi kamu yang menyukai kopi dengan rasa yang ringan dan lembut, beraroma tajam yang nikmat serta tekstur yang lembut dan nyaris tak ber ampas. Kopi wamena ini dapat menjadi pilihan kamu dalam menentukan dan memilih kopi yang nikmat.

Jenis Kopi Flores Bajawa

Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Siapa sangka kalau ternyata daerah ini juga menghasilkan kopi yang tak kalah nikmatnya dari kopi daerah lain. Yang juga termasuk dalam kopi internasional.

Kopi flores ini merupakan kopi yang berasal dari kabupaten Ngada. kopi ini tumbuh di dataran flores yang subur meskipun dikelilingi oleh pegunungan yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi. tombuhan kopi ini memanfaatkan kesuburan tanah yang terdapat pada area gunung.

Tanah tempat kopi ini tumbuh ternyata mengandung andosols subur dari gunung berapi yang memiliki kandungan yang bagus untuk kesuburan tanah dan sangat bagus di tanami kopi.

Kopi flores bajawa dalam proses pemroduksiannya melalui proses giling basah, pemanasan (penggaringan). Kemudian di goreng dalam tungku bulat dan terus di putar agar merata hingga matang.

kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit aroma tembakau pada after taste nya yang menambah cita rasa seperti merokok dalam kopi. Sebuah keunikan yang mungkin tidak terdapat pada biji kopi dari daerah lain.

Jenis Kopi Jawa

Kopi yang berasal dari pulau jawa ini ternyata memiliki keunikan dan cita rasa sendiri. Aroma rempah yang lahir secara alami menjadikan kopi jenis ini dinikmati karena memiliki karakteristik yang berbeda.

Meskipun kopi jawa tidak memiliki rasa sekuat kopi Sumatera, namun kopi jawa memiliki penikmat sendiri. Karena aroma tipis dari rempah yang khas dari kopi jawa membuatnya bercitarasa klasik dan penuh dengan kenikmatan yang tiada tara.

Meminum kopi akan terasa berbeda ketika mencoba kopi jawa ini, karena memiliki cita rasa dan aroma rempah yang menurut para ahli dan penikmat kopi tidak semua kopi nusantara memiliki ciri seperti ini dalam hal kenikmatan aroma.


Manfaat Minum Kopi

Banyak orng berasumsi bahwa meminum kopi dapat membuat sakit perut dan memberikan efek susah tidur (insomnia). Memang beberapa dari banyak orang ada yang sakit perut karena mengkonsumsi kopi. Namun beberapa ahli mengatakan bahwa minum kopi dapat membuat fresh kinerja otak kita dan merileksasi otot-otot pada sekitar mata.

Ada banyak manfaat dari minuman kopi ini, dikarenakan kopi mengandung zat yang baik untuk tubuh kita yang dapat membantu metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan kopi diklaim menjadi salah satu fighter sejati untuk penagkal kanker. Ekstrak biji kopi inilah yang sering diolah menjadi bubuk dan yang biasa kita nikmati.

Minuman berwarna hitam pekat ini menyuguhkan cita rasa dan keharuman yang khas, meminum secangkir kopi pada pagi hari memang telah menjadi tradisi yang unik. Berikut ini adalah beberapa manfaat tentang kopi bagi kesehatan.

1. Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi didalamnya. Adenosin dalam tubuh yang bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan membuat pergerakannya lebih lambat sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

Untuk para pecinta kopi misalnya, pagi hari adalah waktu untuk memulai sebuah aktivitas. Dimana yang umumnya pecandu kopi meneguk secangkir kopi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Bagi para penikmat kopi, pagi hari adalah waktu dimana harus minum kopi hangat dan tak boleh terlewatkan.

2. Mencegah kanker

Antioksidan yang terdapat pada kandungan kopi, ternyata dapat membantu dan menekan resiko gejala kanker yang ada dalam tubuh. penelitian di jepang mengemukakan bahwa sejumlah wanita yang mengonsumsi kopi dua kali sehari dapat mencegah terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25 persen.

3. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri alami yang dapat mencegah perkembangan bakteri dan zat-zat yang tidak baik. Yang terdapat pada mulu baik melalui makanan maupu yang lain. kopi ini dapat mencegah gigi berlubang, plak, dan infeksi pada gusi. Dan tentu saja kopi bermanfaat untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Mengurangi resiko diabetes

Untuk dapat menghambat penyerapan gula pada tubuh, salah satu caranya yaitu minum kopi. Karena gula dapat larut dengan kopi sehingga meskipun minum kopi terasa agak manis, namun karena bersamaan dengan bubuk kopi inilah yang dapat menyerap gula.

Karena tubuh biasanya menyerap banyak gula, apabila dibandingkan dalam satu hari kita mengonsumsi kopi sebanyak 3 kali. Dan dalam satu bulan terkumpul 90 an kali kita mengonsumsi kopi, apabila dalam satu bulan itu kita hanya minum air gula tanpa dicampuri bubuk kopi. Bagaimana tentang resiko diabetes yang telah menyerap banyak gula.

Kandungan zat asam klorogenat pada kopi ini membantu tubuh dalam pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang sering terjadi pada seseorang dapat diturunkan sebesar 50 persen berkat minum kopi secara bertahap dan dalam ukuran yang seimbang.

5. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer, Demensia dan jantung

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan telah menyerang orang yang berusia 65 tahun ke atas. Untuk para penderita ini dan kategori dalam umur ini sebaiknya diiringi dengan minum kopi karena kandungan pada kopi dapat mencegah penyakit yang berakibat dengan degradasi fungsi saraf.

Kopi ini selain melejarkan saraf pada otot organ luar. Ternyata manfat kopi juga banyak lagi, organ terpenting dalam tubuh itu banyak diantaranya jantung. jantung sangatlah penting di dalam tubuh. Yaitu sebagai pompa darah otomatis, dan ternyata kopi ini juga baik untuk meningkatkan kinerja jantung.

6. Mencegah Parkinson

Selain Alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf pada tubuh manusia. Minum kopi secara rutin dan tidak melebihi batas dapat mengakibatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

Jika penyakit ini sudah parah tidak dapat diobati, jika dilakukan terapi secara rutin maka dapat mengurangi berhentinya saraf pada tubuh, namun jika minum kopi setiap hari maka akan terasa perbedaan dengan sebelumnya secara signifikan. Dan juga ikut serta dalam melancarkan peredaran darah.

7. Kopi dapat membatu anda membakar lemak

Apakah anda tahu bahwa semua suplemen atau obat pembakar lemak yang dijual secara komersial ternyata mengandung kafein, alasanya adalah karena kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme pada tubuh, penelitian lain juga mengatakan bahwa kafein dapat membakar lemak, akan tetapi ada banyak kemungkinan  bahwa efek ini akan berkurang bagi orang yang sudah meminum kopi dalam kurun waktu yang lama.

8. Kopi dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit hati

Seringkali dikatakan bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah, hal ini memang benar, akan tetapi efeknya sangat kecil dan biasanya akan hilang apabila anda meminum kopi secara rutin.

Efek kenaikan tekanan darah ini bisa menetap untuk beberapa orang, karena itu perlu diperhatikan apabila anda mempunyai tekanan darah tingi. Meski demikian penelitian tidak mendukung mitos yang mengatakan bahwa kopi meningkatkan resiko penyakit hati

Bahkan sebaliknya ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit hati, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa peluang peminum kopi untuk terkena stroke lebih rendah.

9. Kopi berguna untuk kesehatan mata

Bagi para pecinta kopi, tentunya sudah mengerti akan hubungan kopi dengan mata, karena minum kopi meskipun hanya sekali teguk dapat merespon mata untuk selalu siap buat melek.

Minum kopi juga dapat melindungi kejang-kejang pada area sekitar kelopak mata, yang dapat mengakibatkan kebutan, namun dengan meminum kopi dapat mencegah hal ini da mengurangi resiko kebutaan.

Kalau kamu seorang pekerja kantoran dan setiap harinya selalu sibuk dengan urusan kantor, jika hal itu terus dilakukan secara berkepanjangan maka efeknya akan membuat stress dan mungkin akan lelah secara fisik.

Nah, maka dari itu jika tidak ada waktu buat olahraga atau sejenak istirahat, dan kerjan masih banyak, maka kopi ini mungkin bisa membantu anda dalam menemukan sebuah inspirasi dan membuat ketahanan tubuh anda semakin bertambah.

10. Kopi dapat mengobati depresi dan menghadirkan keceriaan

Depresi merupakan salah satu jenis kelainan mental yang mengurangi kualitas hidup secara signifikan. Dalam suatu penelitian oleh Harvard yang dipublikasikan pada tahun 2011.

Wanita yang minum kopi 4 gelas atau lebih dalam waktu satu hari akan mempunyai kesempatan 20% lebih rendah untuk terkena depresi.

Peneliti lain dengan peserta sebanyak 208.424 menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi 4 gelas atau lebih dalam sehari mempunyai peluang bunuh diri yang lebih rendah.

Minum kopi juga akan membawa efek ceria dan bahagia pada wajah anda, karena didalam otak telah rileks otot-otot yang bekerja pada bagian wajah, dan memberikan manfaat setiap hari dalam melakukan aktivitas.


(NB) Itulah bebrapa keterangan, tips dan manfat kopi , mulai asal kopi sampai kegunaan kopi bagi kesehatan, meskipun banyak yang menyimpulkan bahwa kopi bagus untuk kesehatan,

Namun mengonsumi kopi maupun lainnya secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi pengonsumsinya. dalam melakukan sebuah hal, kita harus hati-hati dan tidak terlalu terbawa emosi.

FILOSOFI KOPI

(KOPI MEMBAWA SETITIK INSPIRASI)

Jangan lupa mengunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan komentar