jenis-jenis-burung-kenari-dmy

Jenis Burung Kenari, Warna, Gambar, Ciri-Ciri serta Harganya

Jenis Burung Kenari– Sebelum menuju ke inti dari judul di atas yaitu macam-macam jenis burung kenari, mari kita membahas terlebih dahulu sedikit tentang burung kenari. Burung kenari adalah salah satu burung kicau yang juga sempat menjadi primadona pasar burung di Tanah Air. Namun seiring dengan munculnya burung kicau jenis baru seperti murai batu, tledekan, kacer, lovebird dan sebagainya, nama kenari kian meredup di pasar burung Tanah Air.

Akan tetapi burung kenari ini masih memiliki tempat tersendiri di hati beberapa pecinta burung kicau. Jika mengetahui kemampuan berkicaunya memang tidak pantas jika burung ini harus dilupakan begitu saja. Pasalnya, dari semua jenis kenari tidak hanya menampilkan kemerduan gacornya saja, namun juga di anugerahi warna bulu yang sangat mempesona. Dan keindahan tersebut di miliki hampir dari semua jenis burung kenari.

Sejarah Kenari

Pelaut Perancis yang bernama Jean De Berthan Cout, adalah pelaut yang pertama kali menemukan salah satu jenis burung kenari di Kepulauan Canaria, Samudera Atlantik pada abad ke-15. Karena terpesona dengan keindahan warna burung kenari, pelaut tersebut akhirnya memutuskan untuk menangkapnya dan membawa ke negaranya, untuk di budidayakan. Akan tetapi di kurun waktu yang tidak begitu lama, seorang Raja yang bernama Carlos VII dari Kerajaan Spanyol, berhasil memenangkan sengketa atas sebuah pulau yaitu Kepulauan Canary (sebuah pulau yang pada tahun kemarin menjadi lokasi syuting film, yang di bintangi oleh Brian dan Dom Toretto dengan judul film Fast & Farious 6). Dan di bawah seorang navigator kapal yang bernama Henry, burung tersebut di bawa ke Negara Spanyol untuk di budidayakan. Kemudian dijualnya ke Negara-negara di Eropa, yang lambat laun menyebar ke Negara di Benua Asia, Amerika, Australia, dan Afrika.

Nah itulah sedikit pengertian mengenai sejarah adanya berbagai macam jenis kenari yang mungkin perlu untuk diketahui. Dan seiring dengan kemajuan jaman, para pembudidaya burung kenari akhirnya mengawinkan silang dari jenis kenari yang berbeda-beda. Tentunya dari hasil perkawinan silang ini di harapkan akan melahirkan generasi baru yang mewarisi ciri fisik serta kicauan dari kedua induknya. Dan pastinya ada kepuasan tersendiri jika bisa memiliki kenari yang gacor, berbadan tegap dan dengan warna yang cerah. Dan berikut ini adalah pembahasan tentang macam-macam jenis burung kenari, berikut rangkumannya.

1. Jenis Burung Kenari Yorkshire

Kenari-Yorkshire-dmy-01

  • Ciri-ciri burung kenari yorkshire

Kenari yorkshire merupakan salah satu burung import yang berasal dari Negara Eropa, Jerman, Inggris dan lainnya. Kenari jenis ini adalah tergolong dalam jenis kenari postur. Hal ini berkaitan dengan bentuk tubuhnya yang secara keseluruhan terlihat sangat mempesona. Untuk ciri-cirinya burung ini selalu berdiri tegak, berkaki panjang, panjang tubuh keseluruhan sekitar 16 cm.

Ciri yang selanjutnya adalah warnanya yang dominan dengan warna kuning emas. Namun kadang juga ada kombinasi warna lain, sehingga mampu membuat burung ini terlihat sangat elegan dan bisa memikat hati para pecinta burung kicau. Kabarnya kenari yorkshire ini bisa ada di dunia karena adanya sebuah perkawinan silang antara kenari Belgia dengan kenari Lancashire. Karena kejadian persilangan itulah sehingga membuat burung ini nampak  bagaikan wortel. Jika di konteskan akan ada nilai tersendiri dari segi keindahannya.

Tidak hanya menawarkan keindahan warnanya saja, masalah kicauan, burung jenis yorkshire ini juga tidak mau kalah dengan yang lainnya. Namun itu semua juga tergantung bagaimana cara pemiliknya dalam memelihara dan melatihnya. Setelah melihatnya pastinya untuk kaum pria akan melirik kebolehan burung ini dan ingin segera memilikinya.

Untuk harga, para penagkar burung pastinya membandrolnya dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini di karenakan kebolehanya dalam berkicau dan berkombinasi dengan warna bulunya yang indah sehingga harganya menjadi mahal. Jenis yorkshire ini memang cukup mahal jika di bandingkan dengan kenari jenis lain. Untuk satu ekor kenari yorkshire jantan, para penangkar membandrolnya dengan harga 4 sampai 10 jutaan. Sedangkan yang betina di bandrol 4 sampai 6 jutaan per ekornya.

2. Jenis Burung Kenari Border

burung-kenari-border-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Border

Burung ini memiliki bentuk tubuh yang terbilang unik dan sangat menggemaskan, yaitu berbentuk bulat dan cenderung memiliki ukuran yang kecil, kurang lebih sekitar 13 cm saja. Bulu dari kenari border ini juga nampak cantik, biasanya berwarna kuning atau berkombinasi dengan warna kuning kecoklatan. Hal ini menjadikannya salah satu burung yang di pilih untuk ikon film kartun yang berjudul Tweety yang sering di tayangkan di televisi-televisi.

Kenari border ini adalah salah satu kenari yang cukup terkenal di Indonesia. Nama border sendiri telah di resmikan pada tanggal 5 juni 1890, dan nama latinya adalah Serinus Canaria Domesticus. Jenis kenari ini kabarnya berevolusi dari abad ke-17 sampai abad ke-18, dari Cumberland Fancy lebih tepatnya di perbatasan Border antara Skotlandia dan Inggris. Untuk harga jenis kenari border ini sangat terjangkau, di pasaran untuk anakan kisaran 700 sampai 900 ribuan. Sedangkan untuk yang dewasa sekitar 1,5 sampai 2 jutaan per ekornya.

3. Jenis Burung Kenari Norwich

Burung-Kenari-Norwich-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Norwich

Burung ini tidak begitu menonjolkan warna dan suaranya, namun burung jenis ini lebih mengarah untuk mengedepankan tampilan fisiknya. Ciri yang lebih menonjol pada burung ini di bagian kepalanya, dia memiliki bulu seperti rambut yang di sisir ke belakang. Bulu tersebut sepintas seperti menutupi matanya, sungguh ada keunikan tersendiri pada bagian kepala burung ini.

Kenari Norwich sendiri di bagi menjadi dua jenis, yaitu jenis berjambul dan jenis kepala polos atau versi standar. Dan yang paling di gemari yang jenis berjambul. Ciri yang selanjutnya adalah bentuk fisik yang serba kebulatan, berbulu tebal, berparuh pendek. Untuk warna burung ini bisa hijau, kuning dan putih. Ukuran tubuhnya dari paruh sampai ekornya sekitar 15 cm. Untuk harga burung ini mulai dari 1 jutaan sampai yang termahal adalah 3 jutaan.

4. Jenis Burung Kenari Roller

Burung-Kenari-Roller-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari roller

Burung kenari yang satu paling mudah di kenali. Burung ini mempunyai ciri warna pada bagian kepala sampai ekor yang paling banyak dominan dengan warna kuning. Untuk ukuran tubuhnya dari paruh sampai ekor kurang lebih 7 sampai 8 cm. Yang selanjutanya ciri khas pada burung ini adalah termasuk burung penyanyi handal. Yang paling gampang di kenali adalah pada bagian dagu, pada dagu burung ini ada bulu yang berbentuk gelembung yang letaknya di bagian bawah paruh sampai pangkal leher.

Burung kenari roller terbanyak tidak hanya di tangkarkan / di budidayakan di Belgia saja. Akan tetapi di Belanda burung ini juga banyak di budidayakan oleh masyarakat Belanda. Dengan mengetahui, jika burung ini adalah seekor burung penyanyi yang cukup handal, maka burung ini dapat anda jadikan acuan sebagai burung untuk perlombaan. Bagi anda yang mungkin menginginkan untuk mengikuti perlombaan, pastinya anda harus sering melatih dan juga melakukan mastering secara rutin. Hal ini bertujuan supaya burung ini bernyanyi sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk harga kenari roller di tahun ini kisaran 700 ribu sampai satu jutaan.

5. Jenis Burung Kenari Gloster

Burung-kenari-gloster-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari gloster

Burung kenari gloster ini juga sangat mudah untuk di kenali, yaitu dia memiliki bulu jambul atau mahkota pada bagian kepala yang biasa di kenal dengan sebutan ”corona”. Jambul burung ini biasanya melingkar mengelilingi kepala. Namun selain yang berjambul ada juga dengan versi polos yang biasa di kenal dengan sebutan ”consort”. Walaupun kenari berjambul lebih menarik dari pada yang polos namun kedua jenis ini memiliki peran yang sangat penting dalam penyebaran kenari jenis ini. Selain dari bentuk kepalanya, keduanya memiliki ciri dan kicauan yang sama.

  • Ciri burung kenari gloster selanjutnya

Ciri yang selanjutnya adalah bentuk tubuhnya yang bulat. Ukuran tubuh burung ini sangat kecil dan juga pendek, kurang lebih sekitar 10,5 sampai 11 cm saja. Sedangkan warna bulu burung ini bisa bermacam-macam warna. Yang paling populer untuk kenari jenis ini adalah yang memiliki warna hijau dan coklat. Sedangkan untuk kenari yang memiliki corak bulu warna merah, dia tidak di akui sebagai burung kenari gloster.

Walaupun memiliki ciri fisik yang kecil, namun jangan salah dalam menilai burung ini. Pasalnya selain berbentuk mungil dan lucu, kenari gloster juga sangat jago dalam bernyanyi / berkicau. Namun itu juga tergantung bagaimana cara merawat dan melatih burung tersebut. Sedangkan untuk harga anakan sekitar 700 ribu per ekor, sedangkan yang sudah dewasa sekitar 1 juta sampai 1,5 jutaan per ekornya.

6. Jenis Burung Kenari Frill

Burung-Kenari-Frill-dmy
https://www.jalaksuren.net
  • Ciri-ciri burung kenari Frill

Burung frill ini juga sangat mudah untuk di kenali, burung ini memiliki ciri khas pada bagian bulunya yang terlihat bergelombang, yang di kenal dengan tiga istilah yaitu, Jabot, Mantle dan Fin. Namun jangan salah, justru pada bagian bulu tersebut yang membuat burung ini terlihat unik. Pada bagian kepala sampai pangkal ekor, bulu burung ini memang terlihat bergelombang dan acak. Jika di lihat sepintas hampir seperti ulat bulu.

Sedangkan untuk warna burung ini tidak pasti, ada yang kuning, putih, hijau, coklat dan ada juga yang yang berkombinasi dari semua warna tersebut. Untuk ukuran tubuhnya dari paruh sampai ekor sekitar 21 sampai 23 cm. Sedangkan untuk harga kenari frill mencapai 1,7 sampai dengan 2 jutaan.

Baca: Jenis Burung Perkutut | Bertuah, Masuk rumah, Pembawa Rezeki

7. Jenis Burung Kenari Belgia

Burung-Kenari-belgia-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Belgia

Burung kenari Belgia atau Belgian Fancy Canary adalah salah satu kenari yang tergolong paling tua. Kenari Belgia ini juga salah satu kenari yang cukup berpengaruh penting dalam perkembangan jenis-jenis kenari yang bervariasi dari waktu ke waktu. Ciri burung ini adalah pada bagian tubuhnya yang berdirinya tegak dan melengkung bagaikan bulan sabit. Karena postur tubuh yang bagus inilah sehingga burung ini sangat di gemari oleh pecinta burung kenari. Sedangkan untuk harga burung ini lumayan mahal. Hal ini di karenakan langkanya jenis burung ini. Untuk harga burung ini mencapai 2 sampai 3 jutaan.

8. Jenis Burung Kenari Scotch Fancy

burung-Kenari-Scoth-Fancy-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Scotch Fancy

Scotch Fancy adalah salah satu jenis kenari yang juga lumayan populer meskipun tidak sepopuler kenari yorkshire. Burung ini memiliki ciri fisik berdiri yang mirip seperti kenari Belgia. Yang membedakan antara kenari scotch fancy dengan kenari belgia yaitu pada ukuran tubuhnya saja. Kenari scotch fancy cenderung lebih kecil dari pada kenari Belgia. Kenari scotch fancy sangat terkenal terutama di Inggris dan Skotlandia. Orang Inggris dan Skotlandia sangat menyukai jenis ini karena dia memiliki postur tubuh yang terbilang unik dan juga indah. Selain itu kenari scotch fancy juga memiliki suara yang unik dan juga merdu. Untuk harga burung ini mencapai 1,5 sampai 2 jutaan.

9. Jenis Burung Kenari Lancashire

burung-kenari-lancashire-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Lancashire

Burung kenari Lancashire ini sesungguhnya memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu berjambul dan tanpa jambul atau polos. Dan yang paling di minati adalah yang jenis berjambul. Ciri dari lancashire ini adalah jambulnya yang melingkari kepala, namun lebih tipis jika di bandingkan dengan kenari Gloster. untuk warna burung ini dominan dengan warna kuning. Memiliki ekor yang panjang, leher tebal, bulu lembut dan bahunya tegak. Sedangkanuntuk harga lancashire mulai dari 1 hingga 2 jutaan.

10. Jenis Burung Kenari Lizard

burung-kenari-lizard

  • Ciri-ciri burung kenari Lizard

Ciri-ciri kenari lizard yaitu, postur tubuh berukuran sekitar 13 sampai 14 cm. Motif pada bulu bagian dada dan punggungnya seperti kadal. Kemudian pada bagian sayap dan ekor biasanya kebanyakan berwarna hitam namun juga tergantung warna dasarnya. Pada bagian kepala burung ini nampak seperti memakai topi, namun tidak semua memiliki ciri ini. Dinamakan kenari lizard karena corak pada bulu seluruh tubuhnya mirip dengan sisik kadal. Untuk harga kenari lizard mulai dari 800 ribuan hingga 1,5 jutaan.

11. Jenis Burung Kenari Gibber Italicus

BURUNG-KENARI-GIBBER-ITALICUS

  • Ciri-ciri burung kenari Gibber Italicus

Kenari jenis ini jaga sangat mudah untuk di kenali. Burung ini memiliki ciri-ciri pada bagian tubuhnya yang berdiri tegak. Kemudian pada bulu burung ini terlihat bergelombang atau acak-acakan. Pada bagian leher sampai kepala terlihat condong kedepan, sehingga burung ini nampak bungkuk. Jika di lihat sepintas burung ini sangat jelek. Jika di perhatikan kenari gibber Italicus seperti burung cacat. Namun justru itulah yan membuatnya terlihat unik. Untuk warna burung ini kebanyakan adalah warna kuning. Harga dari kenari Giber Italicus sekitar 1 sampai 2 jutaan.

12. Jenis Burung Kenari Japan Hoso

BURUNG-KENARI-JAPAN-HOSO

  • Ciri-ciri burung kenari Japan Hoso

Kenari Japan Hoso merupakan kenari yang sangat bagus jika di jadikan burung indukan. Ini di karenakan burung jenis ini tidak mengenal lelah dalam memberi makan dan merawat anak-anaknya. Ciri-ciri Japan Hoso adalah kepala terlihat kecil, dengan bentuk semi bundar. Pada bagian leher terlihat tipis serta panjang. Untuk ukuran tubuh sekitar 11 sampai 11,5 cm. Ciri fisik pada tubuh burung ini terlihat membungkuk seperti bulan sabit. Untuk ekor burung ini panjang dan biasanya terlihat melintang di bawah tangkringannya. Harga burung kenari Japan Hoso ini bervariasi, mulai dari 1 jutaan sampai 2 jutaan untuk ukuran kenari dewasa.

13. Jenis Burung Kenari Spanish Timbrado

burung-kenari-spanish-timbrado-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Spanish Timbrado

Kenari Spanish Timbrado merupakan salah satu jenis kenari import atau kenari mancanegara. Kenari jenis ini juga sangat populer di kalangan pecinta kenari. Ciri-ciri kenari ini adalah bagian tubuhnya yang terlihat tegap dan cenderung kokoh, kususnya terlihat pada bagian dada yang terlihat lebar dan tegap. Pada bagian kaki terlihat lebih pendek. Bagian bulu lebat serta ekornya seperti membentuk huruf V. Untun warna bulu biasanya memiliki dua warna yang berbeda. untuk harga kenari Spanish Timbrado juga lumayan murah, mulai dari 900 ribu sampai 1,5 jutaan.

14. Jenis burung kenari American Singer

kenari-American-singer-dmy

  • Ciri-ciri kenari American Singer

Sudah jelas jika mengetahui namnya burung ini adalah seekor burung penyayi. Ciri-cirinya yaitu bulunya biasanya berwarna kuning, tubuhnya bulat dan leher cenderung pendek. Burung jenis ini lahir dari sebuah perkawinan silang antara kenari roller dengan kenari border. Jadi tidak heran jika burung ini memiliki suara yang merdu dan juga postur tubuh yang indah. Untuk harga saat ini burung ini kisaran 1 sampai 2 jutaan. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu.

15. Jenis burung kenari Rusia

kenari-rusia

  • Ciri-ciri burung kenari Rusia

Burung kenari rusia ini memiliki habitat asli di daratan Rusia yang dingin. Lalu di kembangkan hingga seluruh belahan bumi. Warna bulu burung ini yang aslinya adalah putih, namun ada juga yang berwarna oranye. Dan kadang juga dua warna ini berkombinasi. Burung ini memiliki kecerdasan yang luar biasa, hal ini terbukti jika burung ini mampu mengingat dan menirukan sama persis suara masteran. Jika anda ragu cobalah untuk memperdengarkan 15-17 rekaman burung, setelah beberapa kali mendengar burung ini pasti akan melagukannya sama persis dengan yang dia dengar. Untuk harha kenari ini juga lumayan mahal, untuk ukuran dewasa mencapai 1,5 sampai 3 jutaan. Namun harga tersebut sepadan dengan kicauan burung ini.

16. Jenis Burung Kenari Cinnamon

kenari-cinnamon-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari Cinnamon

Kenari cinnamon ini adalah kenari yang tergolong mungil. Ciri-ciri dari burung ini memiliki warna hitam untuk yang jantan, sedangkan yang betina memiliki warna mata merah muda. Warna dasar pada bulu kenari cinnamon adalah coklat kemerahan dan dengan nuansa warna kuning. serta ada sedikit campuran warna merah muda dan coklat kerbau. Kemudian pada bulunya terlihat tebal dengan postur tubuh bulat. Paruh, sayap serta ekor agak pendek jika di bandingkan dengan kenari jenis lain. Untuk ukuran tubuh memiliki panjang sekitar 14 sampai 16 cm. Mengetahui jika burung ini sangat mungil dan lucu maka harganya pun juga lumayan mahal sekitar 1 sampai 2 jutaan.

17. Jenis Burung Kenari Color Bred

kenari-color-bred-dmy

  • Ciri-ciri burung kenari color bred

Ciri-ciri burung ini adalah bulunya terlihat sangat bersih, dan jika di pegang bulunya terasa sangat halus. Kemudian pada bagian leher sampai kepala tidak memanjang. Biasanya burung ini juga berdiri tegak sampai 45 derajat. Untuk warna biasanya di dominasi warna putih, dan merah. Ukuran tubuh burung ini sekitar 14 sampai 15 cm. Harga kenari ini bervarian antara 800 ribu sampai 2 jutaan. Tergantung kicauan burung tersebut. Dan untuk harga, sewaktu-waktu juga dapat berubah.

18. Jenis Burung Kenari Red Factor

Burung-Kenari-red-factor

  • Ciri-ciri burung kenari red factor

Sesuai dengan namanya, kenari red factor atau kenari merah di dominasi dengan bulu yang seluruhnya berwarna merah. paruh dan leher burung ini pendek. kemudian sayap serta ekornya terlihat panjang. Warna merah pada burung ini terlihat sangat cerah sehingga terkesan sangat cantik. Kenari red factor merupakan kenari yang sangat kuat dan mudah untuk dipelihara.

Namun kenari jenis ini sangat susak untuk di ternak atau di budi dayakan. Dan peternak yang berhasil menernak kenari jenis red factor atau kenari warna merah ini umumnya adalah peternak yang sudah cukup berpengalaman. Tujuan utama burung ini lebih mengarah kepada kecantikan dan keindahan warna, jadi burung ini mengesampingkan postur serta kicauannya. Walaupun demikian harga burung ini sangatlah mahal, Harga burung dewasa mencapai 1,5 sampai 3 jutaan. Dan harga juga bisa berubah setiap waktu.

Kata penutup

Nah itu tadi adalah pembahasan tentang jenis serta ciri berbagai jenis kenari. Jika anda suka dengan artikel kami, anda juga bisa kunjungi https://organicvolunteers.com di situ anda bisa menemukan informasi seputar mistis, olahraga, keindahan, kesehatan serta agama. Saya rasa cukup sekian dulu perjumpaan kita, Saya yang bertugas mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesamaan kata, gambar dan penulisan, karena kami juga manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan. Akhir kata sampai jumpa dan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Sekian

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.