Ikan Terbesar Di Dunia Terganas Sepanjang Masa

Ikan Terbesar Di Dunia Terganas Sepanjang Masa

Ikan Terbesar Di Dunia- Lele raksasa dari sungai Mekong , Hiu paus hiu magaledhon adalah makhluk hidup yang hidupnya didalam air. Baik itu air laut ataupun air tawar. Ikan pada umumnya bernafas dengan insang, tetapi ada mamalia yang bentuknya sangat mirip dengan ikan akan tetapi cara bernafasnya tidak memakai insang.

Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Bumi adalah planet dengan permukaan berupa perairan yang sangat luas jika dibandingkan dengan permukaan daratannya. Maka jangan heran jika di bumi mempunyai makhluk perairan yang jumlah dan jenisnya sangat banyak. Dan salah satunya adalah ikan. Sebagai makhlik hidup yang hidup di perairan ikan memiliki beberapa jenis. Mulai dari ikan hias seperti ikan cupang dan ikan arwana, sampai dengan ikan buas yang mematikan yang sangat mengerikan jika kita pelihara, sebaiknya jangan dipelihara. Bukan hanya jenisnya saja yang beranega macam. Ukuran tubuh yang dimiliki ikan tentunya juga berbeda satu dengan lainnya. Mulai ikan dengan ukuran terkecil sampai ikan dengan ukuran yang sangat besar dan ganas.

Banyak orang yang salah mengartikan dan menanggapnya itu ialah bagian daripada jenis ikan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan memberitahu ikan terbesar yang ada di dunia. Ikan yang terdapat di dunia ini jumlahnya sangat banyak dan tidak terbatas juga sangat beragam. Kurang lebih ada 28.000 spesies ikan yang tersebar yang ada diseluruh permukaan bumi ini. Langsung saja kali ini kami akan memberi informasi mengenai ikan terbesar di dunia yang sangat menakjubkan. Mari kita simak di bawah berikut :

ikan-terbesar

Inilah Ikan-Ikan Terbesar Yang Ada Di Dunia

1. Ikan Terbesar Di Dunia Lele Raksasa Dari Sungai Mekong

ikan-lele-dari-sungai-mekong

Ikan lele ini banyak kita jumpai dinegara Indonesia dan ikan ini ialah ikan yang sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Bentuk ikan ini sangatlah unik dan sangat khas dibandingkan ikan jenis lainnya. Ikan yang kami bahas kali ini ialah ikan lele yang sangat besar, apakah kamu pernah menjumpainya?. Kalau di wilayah Indonesia kebanyakan ikan lele yang kita jumpai rata-rata mempunyai ukuran yang sama. Yaitu ukuran kecil dan sangat susah untuk memiliki bentuk yang sangat besar atau bentuk ikan lele raksasa.
Ikan lele raksasa bisa kita jumpai di sungai terluas dan terpanjang di daratan Asia Tenggara. Atau lebih tepatnya ikan lele tersebut hanya bisa kita jumpai di sungai Mekong. Dan sungai tersebut memanjang di tiga Negara Asia Tenggara. Ikan lele berukuran besar ini bisa kita jumpai di sepanjang aliran sungai Mekong yang mana sungainya memiliki kedalaman khusus. Dahulu pernah ditemukan ikan lele berukuran raksasa di negara Indonesia tepatnya di daerah Bogor Jawa Barat.

Ikan lele itu bisa memiliki ukuran yang sangat luar biasa dan begitu besar. Ikan lele yang ada di Bogor itu ialah ikan terbesar nomor satu yang ada di Indonesia dengan bobot sampai 55 kg dan panjang keseluruhan ikan itu sampai dengan 1,6 m.

2. Ikan Terbesar Di Dunia Ikan Paus Biru (Blue Whale)

paus-biru-terbesar

Ikan paus biru ialah ikan paus terbesar yang ada di dunia. Ikan ini juga mendapat julukan ikan terbesar di bumi nomor 1 dari spesies ikan yang lainnya. paus ini bukan termasuk kedalam spesies pisces, karena ikan paus biru cara bernafasnya dengan memakai paru-paru.

Binatang ini juga dikatakan sebagai binatang mamalia yang habitanya hidup di dalam lautan. Nama latin dari paus ini ialah Balaenoptera Musclus. Ikan paus biru mempunyai bobot yang sangat berat yaitu 181 ton dan panjang tubuhnya bisa mencapai 34 m. Sama dengan ikan hiu pada umumnya, ikan hiu yang berjenis Blue Whale ini makanan utamanya adalah sejenis hewan-hewan kecil seperti crustacesa maupun hewan kecil yang lainnya. Paus Blue Whale habitatnya menyebar yaitu di Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Atlantik.

3. Ikan Terbesar Di Dunia Paus Sirip Punggung (Finback)

paus sirip punggung

Ikan paus ini mempunyai nama latin Balanoptera Physalus. Paus sirip punggung ini tergolong kedalam mamalia laut sub-ordo paus balin. Panjang paus yang memiliki ukuran ini mencapai 28 meter. Paus ini ialah paus terbesar di dunia kedua sesudah paus biru (Blue Whale). Ikan paus sirip punggung sangat mudah untuk ditemukan pada seluruh samudra bagian utama, misalnya pada daerah kutub dan lautan tropis. Akan tetapi ikan paus sirip punggung ini tidak dapat kita jumpai pada daerah yang memiliki banyak lapisan es misalkan Kutub utara dan kutub selatan. Paus ini juga tidak dapat ditemukan pada perairan yang mana tempatnya sangat terbuka dari samudra. Paus sirip punggung ini hanya dapat bertahan hidup di perairan yang mempunyai temperatur hangat dan dingin. Makanan utama paus sirip punggung ini ialah ikan dan cumi-cumi.

4. ikan Terbesar Di Dunia Ikan Hiu Paus (Shark Whale)

ikan hiu paus

Ikan ini juga dapat dikatakan ikan paling besar. Makanan hewan ini ialah hewan-hewan kecil yang ada di dalam lautan seperti zoopplankton maupun fitoplankton. nama latin hiu ini ialah Rhincodon typus. Kalau di indonesia hiu ini dinamai hiu tutul. Nama itu muncul karena fisik hiu paus ini dipenuhi pola totol-totol diseluruh bagian kulitnya. Yang unik sama seperti sidik jari pada manusia,

Ikan hius paus ini bisa bertahan layaknya usia manusia, Per individu, rata-rata umur mereka mencapai usia 71 tahun. Di samping itu karena memiliki ukuran yang besar dipercaya hewan ini adalah hewan laut dari masa prasejarah yang keberadaannya diperkirakan sejak 61 tahun yang lalu.

Pergerakan ikan hiu paus ini sangatlah lambat karena hanya mencapai 5km/jam saja. Karena sangat lambat, Hiu paus terkadang bisa bertabrakan dengan hiu paus atau dengan ikan besar yang lainnya ataupun kapal laut yang sedang berlabuh. Walaupun mempunyai gerakan yang sangat lamban hiu paus mampu menyelam hingga kedalaman 1.020 meter. Meskipun sangat jago pada perairan dalam, namun lokasi favorit ikan hiu paus adalah di perairan yang dangkal dengan kedalaman sekitar 55 meter saja.

5. Ikan Terbesar Di Dunia Ikan Paus Pembunuh (Ocra)

Paus-Orca-Whale

Ikan paus pembunuh ini ialah ikan yang ada dilautan yang sangat mematikan, menyeramkan, dan juga sangat ganas daripada spesies ikan yang lainnya. Ikan paus ini sangatlah dekat dengan lumba-lumba. Dengan memiliki bentuk yang sangat besar dan panjang ikan ini di anggap sebagai ikan paus.

Nama ikan ini dalam bahasa inggris biasanya disebut Ocra. Jika kamu melihat ikan ini pasti kamu menganggap ikan ini adalah ikan yang sangat lucu dan menggemaskan karena memiliki warna yang indah dan penampilannya sangat cantik. Tapi kamu jangan terkecoh dengan penampilan yang lucu, indah dan juga cantik. Paus ini adalah spesies ikan yang sangat mengerikan, ganas dan sangat ditakuti oleh hewan laut lainnya. Ikan paus pembunuh ini terkenal sangat gampang dan lincah untuk mendapatkan mangsanya. Makanan ikan ini yang paling disukai ialah anjing laut dan untuk memburu mangsanya ikan ini sangat tersusun.

Hidup paus ini biasanya bergerombol dan untuk memburu makanannya ikan paus ini secara bersama dan tersusun. Bukan hanya anjing laut saja yang jadi makanan ikan paus pembunuh ini, banyak jenis hewan laut lain yang jadi makanannya yang mana hewan yang dimangsa itu hewan yang memiliki ukuran besar.Paus ganas dan mengerikan ini sering memburu hiu putih yang ukurannya juga besar. Keganasan paus pembunuh ini sangat terlihat dari cara mereka membunuh dan memakan mangsanya. Cara mereka memakan mangsanya dengan mencabik-cabik lalu dimakan bersama dengan kelompoknya.

Ikan paus ini memang mempunyai ukuran yang sangat besar, akan tetapi ikan ini bisa melompat tinggi seperti ikan lumba-lumba. Sekali melompat ikan ini bisa mencapai 11 meter. Dapat dibayangkan betapa mengerikan dan ganasnya hiu pembunuh ini dan hiu ini ialah puncak daripada sebuah rantai makanan yang terdapat di lautan.

6. Ikan Terbesar Di Dunia Hiu Megalodon

Hiu megalodon adalah predator terbesar yang pernah hidup dimuka bumi ini. Panjang hiu megalodon dapat mencapai panjang 65 kaki dan beratnya diperkiran lebuh dari 65 ton. Sekarang paus yang kita kenal seperti paus sperma modern panjang tubuhnya mungkin panjang, tapi beratnya berat hiu megaladon

Hiu besar ini sangat membutuhkan energi yang sangat besar dan jumlah makanan yang dimakan lebih besar. Hiu megaladon dewasa setiap harinya membutukan makanan sekitar 1 ton setiap harinya. Makanan hiu megaladon ini adalah sapi laut dan juga singa laut. Sangat banyak fosil tulang hiu ini dan itu sebagai bukti atau tanda bahwa yang jelas gigitan besar yang dibikin oleh gigi yang sesuai dengan penggalian fosil megalodon lainnya. Di temukan gigi megalodon tergeletak disamping sisa ikan yang dikunyah.

7. Ikan Terbesar Di Dunia Whale Shark

whale shark

Kalau mendengar hiu ini tentunya kamu tidak heran lagi kalau jenis ikan yang satu ini telah masuk kedalam deretan ikan dengan ukuran besar. Hiu ini memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan panjang. Panjang ikan hiu ini bisa mencapai 13,2 meter dengan berat mencapai kurang lebih sekitar 21 ton. Tetapi kalau kita melihat dari makanannya hal itu sangat wajar, karena hiu ini bukan hanya memakan plankton saja melainkan memakan ikan yang ukurannya besar juga yang terdapat dilaautan.

Hiu paus ini hidup dan menghuni lautan tropika dan ughari yang bersuhu hangat. Walaupun tinggal di samudra luas, hiu paus ini sering dijumpai sedang mencari makan disekitar pesisir benua, seperti di India, Australia Barat, Zanzibar, bahkan pernah dijumpai di Indonesia. Tetapi tidak jarang hiu paus ini terlihat memasuki laguna atoll, atau mendekati ke arah muara sungai. Tahukah kamu? Meskipun ikan ini tergolong ke dalam ukuran ikan besar, ikan yang mempunyai nama latin Rhincodon typus ini ternyata tergolonh kedalam ikan yang sangat jinak. Biasanya ikan ini sering diajak bermain oleh para penyelam.

8. Ikan Terbesar Di Dunia Great White Shark

great-white-shark

Hiu great white shark ini biasa disebut dengan hiu putih. Ikan ini merupakan hiu lamniform besar yang tempatnya berada di pesisir perairan di seluruh permukaan lautan utama. Hiu ini adalah predator utama bagi mamalia lautan.Hiu putih panjangnya sampai 6 neter dan berat 2.367 kg. Walaupun ukuran hiu ini besar pergerakan ikan hiu putih ini sangat cepat, yaitu bisa mencapai 25 km/jam. Pergerakan yang sangat cepat itu didapat dari bantuan ekornya yang lebar. Dengan pergerakan cepatnya ikan ini mampu memecah ombak selincah ikan paus pada saat sedang memburu mangsanya.

Yang harus kamu ketahui selanjutnya ialah sebagai seekor predator, ikan hiu putih ini mempunyai hampir 301 barisan gigi bergerigi yang tajam dan memiliki penciuman tajam untuk mencari buruannya. Disamping itu ikan ini mempunyai organ yang bisa mendeteksi gelombang electromagnet kecil dari tubuh mangsanya. Makanan utama hiu putih ini adalah anjing laut, singa laut dan ikan hiu putih kecil juga bangkai ikan.

Read: Hewan Langka Di Indonesia Terancam Punah, Dilindungi, dan Gambarnya

9. Ikan Terbesar Di Dunia Greenland Shark

greenland shark

Nama lain atau sebutan greeenland shark ini adalah hiu abu-abu. ikan hiu yang satu ini ialah ikan merupakan salah satu spesies hiu Somniosidae atau disebut juga ikan hiu tidur pasifik dan juga ukan hiu tidur selatan. kenapa ikan ini bisa dikatakan sebagai hiu tidur? Ikan hiu abu-abu ini adalah jenis ikan tertua yang pernah ada karena umurnya 401 tahun. Ikan ini sangat lama dalam berkembang biak karena mereka berkembang biak kalau umur mereka sudah mencapai 151 tahun, waktu yang sangat lama ya.

Kalau kamu ingin melihat ikan hiu abu-abu ini kamu dapat berkunjung ke Samudra Atlantis bagian barat dan juga Samudra Arktik, karena disanalah spesies yang satu ini banyak ditemukan. badan ikan hiu abu-abu ini sangatlah besar. Ikan hiu abu-abu dapat tumbuh mencapai 8 meter dan berat badannya bisa mencapai 1.450 kg. Kalau ukuran si betina biasanya mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih besar ketimbang ikan jantan.

Ikan hiu ini sangat ganas dan merupakan ikan predator yang di takuti hean laut lainnya. Makanan ikan hiu abu-abu ini ialah hiu kecil, ikan herning, belut laut, flounder dan redfish. Bukan hanya itu saja ikan hiu predator ini juga pernah dilaporkan memangsa hewan lain seperti kuda, beruang kutub, dan rusa kutub.Tempat tinggal ikan hiu abu-abu ini ialah tinggal di lautan dengan suhu yang sangat rendah ( sekitar – 3 derajat celcius. Hiu abu-abu tidak seperti ikan besar pada umumnya yang mana mampu berenang dengan cepat, ikan hiu abu-abu hanya mampu berenang dengan kecepatan sekitar 1,23 km/jam saja.

Hiu abu-abu bisa kita jumpai pada lautan dengan kedalaman mencapai 2.300 meter. Pada bulan agustus 2013 ikan paus abu-abu ini pernah ditemukan di Teluk Meksiko pada kedalaman 1.750 meter yang mana pada saat itu suhu airnya 4.2 derajat celcius. Pada saat musim dingin ikan ini akan mencari air yang bersuhu lebih hangat.

10. Ikan terbesar Di Dunia Basking shark

basking-shark

Basking shark atau hiu penjemur merupakan ikan terbesar selanjutnya, Ikan ini ialah salah satu dari tiga ikan hiu seperti ikan hiu megamouth dan ikan hiu paus yang makanan utama adalah sejenis plankton.

Ikan hiu penjemur ini ukuran tubuhnya sangat panjang yaitu bisa mencapai 9 meter. Telah dilaporkan bahwa di Norway memiliki panjang sampai 13 meter dan beratnya 5,3 ton, Ikan yang sangat besar bukan? Tempat tinggal ikan hiu ini bertempat di bumi bagian utara dan juga lautan yang bersuhu hangat yang mana suhunya diantara 9 sampai 15 derajat celcius. Ikan hiu penjemur ini pada umumnya di temukan pada kedalaman 921 meter.

Walaupun memiliki ukuran yang besar, Ikan hiu penjemur ini adalah merupakan ikan hiu pemakan yang sangat pasif dan bisa menyaring hampir 2.100 ton kubik air per jamnya agar dapat menemukan makanannya. Makanan ikan hiu penjemur ini ialah ikan kecil, zooplankton, dan invertebrata. Ikan hiu ini berproduksi secara ovivipar dan ikan hiu ini jika keluar bayi, bayi yang dikeluarkan bisa mencapai panjang 1,6 sampai 3 meter.

11. Ikan Terbesar Di Dunia Catfish

catfish

Mirip dengan namanya, ikan ini mempunyai kumis yang menyerupai dengan kumis kucing pada bagian atas mulutnya. kalau di indonesia ikan ini dikenal dengan lele besar / lele raksasa. Terdapat ada 3 spesies ikan cathfish terbesar di dunia diantaranya Mekong giant cathfish dari Asia Tenggara, Pirabia dari Amerika Selatan, dan Wels cathfish dari Eurasia.

Chatfish mempunyai ukuran yang beragam, tapi kebanyakan ukurannya di bawah 13 cm, seperti kebanyakan yang kamu jumpai di pasar ikan pada umumnya. Walaupun demikian di sungai Ebro, Spanyol pada tahun 2009 catfish terbesar pernah di temukan gadis usia 16 tahun pada tahun 2009 dengan berat mencapai 89 kg.

12. Ikan Terbesar Di Dunia Ikan Pari Raksasa

ikan-pari-raksasa

Ikan pari ialah termasuk jenis ikan yang memiliki tulang yang rawan sama seperti dengan ikan hiu. Ikan ini mempunyai sengatan pada ekornya yang sangat berbahaya. Dibagian bawah terdapat taring lengkap dengan kelenjar racun yang sangat mematikan. Ukuran ikan pari dewasa berfariasi, mulai dengan ukuran 6 cm dan 11 cm ( famili narkidae) sampai dengan ukuran yang sangat besar yaitu bisa mencapai panjang 710 cm dan lebarnya 620 cm ( famili mobulidae).

Pada tahun 2005 di sungai Mmae KLong para peneliti berhasil menemukan ikan pari raksasa yang sangat besar dengan ukuran sepanjang 4,4 meter dan memiliki lebar 2,5 meter. Berat tubuh ikan pari yang ditemukan itu mencapai 319 sampai dengan 364 kg. Sampai akhirnya penemuan ikan pari raksasa itu berhasil memecahkan The Guiness Book Of Worl Record dan telah ditetapkan sebagai ikan tawar terbesar di dunia.

13. Ikan Terbesar Di Dunia Blue marlinblue marlin

Blue marlin ialah ikan laut yang mudah dikenali karena memiliki ciri khas moncong yang panjang seperti bentuk pedang yang tajam. Fungsi dari moncong panjang itu untuk melukai mangsanya agar mudah untuk di makan. Blue marlin mengandalkan kecepatan untuk mendapatkan mangsanya. Makanan ikan ini adalah hewan kecil seperti cumi-cumi.

Blue marlin betina memiliki ukuran 5 kali lebih berat dari pada blue marlin jantan, beratnya rata-rata mencapai 161 kg. panjang ikan blue marlin betina dapat tubuh membesar yang panjangnya mencapai 6 meter. Bukan hanya itu saja, ikan blue marlin betina tercatat bisa mempunyai berat badan 550 sampai 821 kg.

14. Ikan Terbesar Di Dunia Paddlefish

paddlefish big

Ikan paddlefish ini adalah ikan yang dianggap paling primitive karena tidak terlalu banyak mengalami perubahan morfologi sejak pertama kali berevolusi. Ikan ini tempat tinggalnya ialah di sungai yang memiliki arus besar. Ikan ini memiliki habitat yang beragam. Paddlefish ini diketahui ikan yang mempunyai umur panjang dan mempunyai reproduksi yang sangat lama. Paddlefish betina baru akan bertur kalau usia mereka telah mencapai 8-10 tahun.

Ukuran paddlefish yang sangat besar pernah ditemukan dengan panjang mencapai 8 meter di China. Selain itu juga ditemukan di Amerika dengan panjang mencapai 1,6 meter dan berat lebih dari 28 kg. Ikan Paddlefish Amerika terbesar tercatat mempunyai berat badan sampai dengan 66 kg.

Itulah penjelasan mengenai ikan terbesar yang ada di muka bumi ini, apakah kamu mempunyai ketertarikan untuk mencari ikan terbesar selanjutnya? semoga artikel yang kami bagikan kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu mengenai ikan terbesar di dunia? terimakasih.

Kunjungi Artikel Menarik Lainnya Disini: https://organicvolunteers.com

Satu pemikiran pada “Ikan Terbesar Di Dunia Terganas Sepanjang Masa”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: