Hewan Vertebrata Beserta Pengertian, Ciri-ciri, Dan Contohnya Lengkap

Hewan Vertebrata Beserta Pengertian, Ciri-ciri, Dan Contohnya Lengkap

Hewan Vertebrata – Halo kawan, kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai hewan vertebrata. Disini kami akan menyajikan informasi kepada kamu mulai ciri-ciri hewan vertebrata, contoh hewan vertebrata, dan yang lainnya. Namun sebelum kita masuk ke ciri-ciri, contoh dan yang lainnya, apakah kamu tahu apa itu yang dimaksud dengan hewan vertebrata? Dari pada penasaran yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Hewan vertebrata

Yang dimaksud dengan vertebrata ialah subfilum dari chordata, mencakup seluruh hewan yang mempunyai tulang belakang yang tersusun dari vertebrata. Vertebrata ialah subfilum terbesar dari chordata. Ke dalam vertebrata bisa dimasukkan segala jenis ikan (kecuali , belut jeung, remang “lintah laut”), burung, reptil, amfibia, seta hewan yang menyusui. Kecuali jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai.

Vertebrata mempunyai sistem otot yang banyak terdiri dari dari pasanggan massa, dan sistem saraf pusat yang umumnya terletak di dalam belakang. Sistem respirasi memakai paru-paru atau insang.

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Supaya kita bisa membedakan dengan gampang dalam mencari mengenai hewan vertebrata. Maka kita harus mengetahui ciri-ciri hewan itu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan vertebrata:

  1. Memiliki sistem pencernaan yang lengkap.
  2. Memiliki sistem peredaran darah yang tertutup.
  3. Memiliki tubuh yang berbentuk simetri bilateral.
  4. Di dalam tubuhnya ada tulang punggung.

Di dalam kelompok hewan vertebrata sendiri memiliki lima kelompok kecil yang menyusunnya. Di bawah ini penjelasan dai kelompok-kelompok kecil bagian dari hewan bertulang atau vertebrata.

1. Hewan Vertebrata – Amfibi (Amphibians)

katak-hewan-vertebrata
http://kitacerdas.com

Hewan amfibi adalah salah satu jenis dari hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang yang mempunyai sebuah keunikan yakni hidup di dua alam. Terdapat banyak versi dari keterangan hidup di dua alam ini.

Namun secara mendasar yang dimaksud dari kata itu seperti pada saat lahir di air dan bernafas memakai insang namun pada saat hewan itu menjelang dewasa dapat berubah menjadi paru-paru, dan dapat hidup di darat.

Namun hewan ini juga suka hidup di air seperti pada saat hujan tiba atau ekosistem air yang lainnya seperti danau, sungai, laut, dan sebagainya.

Alat gerak yang dipakai pada saat masa kanak-kanak atau masa hidup di air hewan amfifbi ini memakai ekor sebagai alat gerak utama lalu berganti menjadi kaki pada saat beranjak dewasa.

Ciri-ciri Hewan Amfibi (Amphibians)

Hewan amfibi termasuk hewan yang sangat unik kalau dibadingkan hewan yang lainnya. Di bawah ini adalah ciri-ciri hewan amfibi tersebut:

  1. Amfibi adalah satu-satunya bagian dari vertebrata yang mengalami proses metamorfosis sempurna. Proses metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk yang terjadi pada hewan serangga atau larva muda, dan pada saat menjelang dewasa mengalami perubahan yang sangat signifikan dari bentuk awalnya atau dapat juga disebut sebagai holomerabola. Pada umumnya hewan ini mempunyai tempat hidup atau habitat yang berbeda.
  2. Amfibi hewan yang bertelur, umumnya telur dari hewan ini diletakkan di dalam kawasan dan habitat perairan atau lingkungan yang lembab, juga di buahi secara eksternal.
  3. Mempunyai kulit yang halus, tipis, dan berpori. Di dalam kulitnya sendiri hewan ini memiliki kulit yang berlendir, tidak jarang pula sebagaian dari jenis hewan amfibi ini memiliki kandungan racun di kulitnya.
  4. Amfibi sendiri adalah makhluk yang masuk ke dalam jenis hewan berdarah dingin atau dapat disebut poikileterm, yakni hewan yang suhu tubuhnya kira-kira hampir sama dengan keadannya lingkungannya.
  5. Dari segi peredaran darah hewan amphibians mempunyai tiga bagian jantung yakni 1 vertikel dan 2 ruang atrium.
  6. Di samping itu sistem peredaran dari amfibi adalah sistem peredaran tertutup. Yang dimaksud disini ialah sistem sirkulasi peredaran darah di pompa dari jantung sejati melalui pembuluh darah kailer, vena, arteri. Dan juga karena sistem pompa dari darah itu ialah jantung sejati menjadikan aliran darah yang dihasilan cukuplah deras.
  7. Karena hidupnya di dua alam, anatomi tubuh di dalam hewan ini juga sedikit berbeda terutama di dalam bagian tertentu seperti kaki. Di dalam anatomi kaki amfibi sendiri pada umumnya mempunyai selaput yang mana selaput itu mempergampang untuk berenang juga menyesuaikan diri pada lingkungannya.
  8. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang bervariasi, dapat juga dikatakan bagian dari depan lebih kecil dari bagian belakangnya, atau sebaliknya.
  9. Karena hewan ini hidup di dalam dua tempat darat dan air menjadikan hewan ini mempunyai sistem respirasi yang terpisah, atau dapat juga dikatakan kombinasi dari paru-paru, insang, dan kulit.

Perkembangbiakan Hewan Amfibi

Amfibi atau amphibians, sebab hidup di dua alam dan melakukan metamorfosis yang sempurna menjadikan hewan ini mempunyai perkembangbiakan yang unik.

Pada mulanya saat bertelur para hewan amfibi ini meletakkan telurnya ke tempat yang cenderung basah dan juga berair. Di dalam proses pelahirannya, pada mulanya mereka hidup juga menyerap nutrisi untuk menunjang kehidupan mereka saat berada di dalam air. Bahkan mereka bernafas memakai insang.

Sesuduah mereka menginjak dewasa pada saat itulah berubah bentuk dan menjadi bagian dari hewan dewasa juga memakai paru-paru saat bernafas.

Contoh Hewan Amfibi (Amphibians)

Di bawah ini adalah contoh dari beberapa jenis amfibi:

Katak

nature-wildlife-bush-green-macro-frog-
https://hamparan.net

Katak atau kodok adalah hewan yang sering kita temui di rumah, di sawah, di kali, ataupun di sungai. Katak atau kodok ini adalah salah satu contoh dari salah satu hewan vertebrata yang hidup di dua alam.

Sisilia

hewan-sisilia-yang-unik
https://hamparan.net

Hewan sisilia ini dalah hewan yang semasa hidupnya juga hidup pada dua tempat. Pada umumnya dirinya menempatkan anak-anaknya di dalam air lalu dalam proses yang lama menjadikan bentuk hewan ini berubah.

Sisila ini memiliki bentuk seperti ular, dan sisilia ini juga mempunyai kemampuan untuk menggali tanah. Sebab keahliannya tersebut maka tidak jarang dari mereka yang hidupnya di dalam tanah.

Salamander

 

contoh-hewan-amfibi-salamander-indah
https://hamparan.net

Hewan salamder ini adalah hewan yang berjenis amfibi dari kelompok hewan vertebrata. Mungkin banyak orang yang masih belum mengerti mengenai hewan salamander ini.

Sama halnya dengan hewan katak, salamander juga hidup di dalam dua alam yakni darat dan air. Ciri khasnya yang menyerupai kadal namun juga mempunyai selaput pada kakinya serta lendir yang menyelimuti tubuhnya, juga ada sebagian lendir yang menyelimutii tubuhnya tersebut mengandung racun.

2. Hewan Vertebrata – Ikan (Pisces)

wing-underwater-tropical-biology-fish-fauna-
https://hamparan.net

Yang dimaksud dengan hewan pisces sendiri adalah hewan yang termasuk dalam hewan vertebrata. Ikan sendiri mempunyai habutat hidup di dalam kawasan perairan mulai dari air tawar sampai air asin.

Di samping itu ikan juga merupakan jenis makhluk berdarah dingin, yang mana suhu dari tubuh hewan ini dapat berubah-ubah menyesuaikan tempat ataupun habitat hidupnya.

Di dalam habitatnya hewan yang termasuk dalam kelompok vertebrata ini menjadi salah satu yang mempunyai jenis terbanyak hampir lebih 26.000 jenis ikan yang terdapat di planet bumi ini.

Ciri-ciri Ikan (Pisces)

Seluruh orang pastinya sudah mengerti dan mengenal gambaran umum mengenai ikan ini. Namun masih banyak ciri-ciri lain dari hewan pisces ini. berikut ini ciri-ciri hewan pisces:

  1. Pada umumnya hampir semua makhluk vertebrata memiliki tiga bagian tubuh, tidak terkecuali ikan ini. Ikan juga memiliki bagian badan, kepala, dan ekor untuk bergerak.
  2. Dalam hal ini ikan memiliki sisik (kerangka luar atau eksoskeleton), di samping itu pada umumnya di sisik itu ada lendir.
  3. Habitat utama dari pisces ini adalah air, ada yang di air tawar dan ada juga yang terdapat di air laut. Dalam beberapa hal dapat memungkinkan dua air itu dapat tercampur seperti air payau. Untuk mengatasi tingkat air tawar dan juga garam yang tercampur itu terdapat sistem pada insang yang mengatur terjadinya pertukaran itu.
  4. Dalam hal pernafasan ikan bernafas memakai insang sebagai alat nafas utama dengan di sertai penutup yang bernama operkulum.
  5. Pisces memiliki siri untuk membantu mempergampang bergerak di dalam air sehingga dapat berenang dengan cepat. Sirip itu terletak di bagian kiri dan bagian kanan juga ekor ikan.

Perkembangbiakan Ikan (pisces)

Ikan adalah salah satu makhluk yang spesiesnya terbanyak yang sampaimencapai puluhan ribu, Di dalam hal ini ikan juga melakukan perkembangbiakan, di dalam hal itu sistem perkembangan yang dilakukan oleh ikan adalah memakai sistem bertelur (ovipar) terdapat juga beberapa yang beranak seperti paus dan lumba-lumba.

Contoh Hewan Ikan (Pisces)

Terdapat banyak sekali jenis ikan yang berada di seluruh dunia saat ini, di bawah ini beberapa contoh dari klsifikasi hewan pisces.

Ikan arwana

ikan-arwana-hewan-pisces-yang-indah
https://hamparan.net

Salah satu hewan pisces ini adalah hewan yang dapat dikatakan hewan paling mahal karena mempunyai ke khasan bagi beberapa orang yang menikmati keindahannya yang mana dipercaya  membawa keberuntungan. Ikan arwana ini hidupnya di air tawar, juga berkembangbiak dengan cara bertelur yang mana hasil tetasannya di masukkan di dalam mulutnya untuk melindungi anak-anaknya.

Ikan hiu

underwater-biology-fish-fauna-coral-reef-shark-
https://hamparan.net

Ikan hiu adalah salah satu jenis ikan papan atas yang menjadi predator paling ganas diantara spesies ikan yang lainnya. Di tunjang dengan kekuatan sirip yang sangat kuat dan gigi yang tajam. Hiu adalah hewan karnivora yang berhabitat di laut atau di air asin.

Ikan bandeng

ikan-bandeng-hewan-pisces-yang-indah
https://hamparan.net

Bandeng adalah salah satu jenis ikan yang hidup di dalam kondisi air payau, ikan yang menjadi salah satu primadona konsumsi masyarakat ini juga dapat di budidayakan di air laut.

Ikan salmon

pisces-salmon-yang-indah
https://hamparan.net

Salmon adalah salah satu idola bagi mereka yang mencintai masakan, siapa yang akan menyangka jika ikan ini adalah ikan yang bersifat migrasi hanya karena untuk bertelur atau berkembangbiak.

pada umumnya ikan salmon adalah ikan yang hidup di lautan, di sebuah bulan dalam satu tahun ikan salmon ini akan bermigrasi menuju ke sungai atau perairan air tawar untuk berkembang biak.

3. Hewan Vertebrata – Burung (Aves)

contoh-hewan-aves-(burung)]
https://hamparan.net

Secara umum burung atau aves adalah salah satu jenis kelompok dari hewan vertebrat sebab mempunyai tulang belakang. Penjelasan mengenai aves sendiri adalah hewan vertebrata yang mana hampir keseluruhan tubuhnya di tutupi oleh bulu epidermis yang dipakai sebagai pelindung. Di samping itu burung atau aves memiliki kaki dan sayap untuk alat bergerak.

Ciri-ciri Burung (Aves)

Burung sendiri adalah makhluk yang sangat unik, sebab dengan memakai sayapnya beberapa burung dapat menerbangkan diri, bahkan sampai kecepatan kurang lebih 30-80 km/jam.

Di bawah ini ciri-ciri umum pada hewan aves ini:

  1. Burung ini mempunyai berbagai macam ukuran tubuh ada yang kecil ada yang berukuran sedang, bahkan ada juga yang mempunyai ukuran yang besar. Seperti halnya hewan yang lain burung ini juga mempunyai beberapa bagian tubuh seperti leher, kepala, ekor, dan badan.
  2. Mulut burung tersusun oleh zat tanduk, serta tidak mempunyai gigi dan lidah untuk dijulurkan. Pada umumnyaa bentuk paruh burng disesuaikan dengan apa yang mereka makan.
  3. Burung mempunyai kelopak mata yang sempurna dengan dilengkapi niktitans, membran, juga membran air mata.
  4. Di samping mempunyai paruh yang tajam juga keras, aves juga mempunyai alat bantu yang lainnya yakni sepasang kaki. Kaki itu berguna untuk bertengger, mengais makanan, dan juga untuk mencengkeram mangsanya. Jari-jarinya yang keras juga tersusun dari zat tanduk, pada umumnya setiap hewan aves mempunyai dua ke khasan masing-masing di dalam hal kaki ini. Ada yang mempunyai 2 jari kaki bahkan ada juga yang mempunyai 4 jari kaki.
  5. burung adalah hewan yang bernafas memakai paru-paru. namun karena cukup berat kalau dilakukan dengan posisi terbang, burung memiliki organ pundi-pundi udara yang mana organ itu dipakai untuk menyimpan udara pada saat mereka terbang.
  6. Hampir rata-rata hewan aves mempunyai takrea yang bercabang, yang mana menunjang para burung itu untuk mengeluarkan suara-suara yang unik.
  7. Memiliki sistem percernaan yang lengkap mulai dari kerongkongan (esofagus), mulut, kelenjar lambung, tembolok, lambung otot, usus besar, usus halus, dan kloka. Bukan hanya itu saja burung juga mempunyai kelenjar ludah serta pankreas, empedu, dn hati.

Cara Berkembangbiak Burung (Aves)

Burung atau aves adalah makhluk yang memiliki sistem perkembangbiak memakai sistem bertelur atau ovipar dan terjadinya fertilisasi secara internal. Lalu untuk menetaskannya memakai sistem pengeraman untuk menjadikan suhu dari telur itu menjadi hangat. karena aves adalah hewan homoioterm atau juga makhluk yang berdarah panas.

Contoh Hewan Aves atau Burung

Hewan aves atau dapat dikatakan burung memiliki beribu-ribu jenis, bahkan dari sekian banyaknya jenis burung itu juga ada yang telah dinyatakan punah. Disamping itu hewan aves juga tidk semuanya dapat terbang namun mempunyai keistemewaan dengan keadaan kaki yang sangat kuat.

Di bawah ini adalah contoh dari hewan aves:

Burung cenderawasih (Bird of paradise)

burung-cendrawasih-yang-cantik
https://hamparan.net

Ini adalah salah satu jenis burung yang sangat terkenal sebab keindahan dari bulunya sampai disebut sebagai burung dari surga. Burung ini adalah burung yang telah dilindungi keberadaannya sebab banyaknya perburuan liar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Habita asli dari burung cendrawasih ini berada di Pulau Papua.

Burung unta

contoh-hewan-aves-burung-unta-yang-cantik
https://hamparan.net

Ini adalah salah satu burung yang mana tidak dapat terbang, namun burung unta ini dapat menjadi salah satu burung dengan kekuatan kaki yang paling kuat sebab dapat melaju sampai 75 km/jam, juga mempunyai tinggi 2 m.

Tidak ayal di beberapa tempat burung ini pada umumnya dijadikan sebagai sarana pacuan untuk lomba atau juga dipakai untuk mengangkut barang.

Ayam

ayam-contoh-hewan-aves
https://hamparan.net

Pasti semua orang mengenal hewan yang satu ini yaitu ayam. Hewan ini juga termasuk ke dalam keluarga aves, ayam sendiri adalah salah satu jenis aves yang tidak dapat terbang sama seperti burung unta tadi.

Elang

bird-wing-animal-wildlife-beak-hawk-
https://hamparan.net

Elang adalah salah satu hewan pemakan daging atau dapat juga disebut dengan karnivora, Burung elang ini adalah salah satu predator di alam bebas dengan kekuatan dari paruh dan cakarnya yang sangat kuat dipakai untuk berburu mangsa.

Bebek

water-bird-wing-wildlife-beak-fauna-119906-
https://hamparan.net

Hewan ini adalah salah satu bagian dari keluarga aves, mempunyai keistimewaan yakni kaki yang mempunyai selaput yang dipakai untuk berenang. Bebek ini sebenarnya hampir setiap hari hidupnya di dekat lingkungan perairan untuk mendinginkan badannya.

Di samping itu dalam tubuh bebek mengeluarkan sebuah minyak yang mana minyak itu menjadikan bulu bebek menjadi tahan air sehingga tidak basah.

4. Hewan Vertebrata – Hewan Reptil (reptiles)

watch-nature-animal-dry-wildlife-zoo-
https://hamparan.net

Reptil adalah hewan yang dapat disebut dengan hewan melata yang juga merupakan anggota dari hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang. Hewan ini adalah salah satu jenis hewan yang berdarah dingin dan memiliki pelindung berupa sisik ataupun tempurung untuk melindungi dirinya.

Ciri-ciri Hewan Reptil (Reptiles)

Hewan reptil adalah jenis hewan melata yang anggotanya juga adalah pendominasi dari jenis-jenis hewan yang lain. Di bawah ini adalah ciri-ciri dari hewan reptil:

  1. Hewan reptil mempunyai banyak variasi dari ukuran tubuh, mulai dari ang terkecil sampai yang terbesar. Salah satu reptil yang terbesar sekarang yang berada di Indonesia adalah Komodo.
  2. Chiri khas reptil yang kedua ialah reptil memiliki kelenjar bau yang ada disekitar klaoka.
  3. Tubuh reptil memiliki pelindung khusus yakni sebuah perisai epidermal atau umunya disebut sebagai sisik. Sisik ini berguna untuk menjadikan kulit kedap air untuk mencegah reptil mengalami dehidrasi pada saat lingkungannya berubah menjadi kering.
  4. Reptil merupakan dari hewan yang berdarah dingin yang menyesuaikan suhu tubuhnya dengan cara beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
  5. Memiliki alat pencernaan yang lengkap mulai dari kerongkongan, mulut, faring, esogagys, usus halus, lambung, usus besar, dam klaoka.
  6. Hewan reptilia mempunyai peredaran darah yang tertutup ganda. Dalam jantung yang dimiliki oleh reptil sendiri mempunyai empat bagian. Bagian itu adalah 2 serambi atau atrium dan 2 ruang bilik atau ventrikel.
  7. Terdapat tiga indra yang dipakai hewan reptil yakni hidung, mata, dan telinga.
  8. Hewan reptil ini bernafas memakai paru-paru.
  9. Reptil adalah hewan yang dapat hidup dalam jangka waktu yang cukup lama, terdapat beberapa hewan yang bahkan dapat hidup lebih dari 21 tahun seperti misalnya kura-kura, penyu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Berkembangbiak atau Bereproduksi Hewan Reptil (Reptiles)

reptil adalah hewan yang berkembang biak memakai cara bertelur atau ovipar. Dengan kelamin dari setiap reptil yang terpisah, oleh sebab itu menjadikan reptil melakukan fertilisasi secara internal di dalam tubuh reptil betina.

Tetapi ada juga jenis reptil yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan beranak atau dapat disebut juga dengan ovivipar.

Contoh Hewan Reptil (Reptiles)

Di bawah ini beberapa contoh hewan reptil:

Komodo

komodo_dragon_
https://comelah.com

Komodo adalah salah satu hewan endemik Indonesia yang hidup di dalah satu Pulau yang juga dinamakan Pulau Komodo, pulau Komodo ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara.

Hewan komodo adalah salah satu reptil terbesar di dunia yang sampai saat ini masih hidup, dan di pulau itu komodo menjadi predator utama untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Buaya

buaya-contoh-hewan-reptil-yang-ganas
https://hamparan.net

Hewan yang satu ini adalah hewan yang ganas yang masuk ke dalam golongan reptilia ini adalah salah satu predator yang dalam alam bebas. Habitat dari salah satu reptil raksasa ini adalah daerah perairan seperti danau, laut, sungai, dan wilayah perairan yang lainnya.

Ular

reptile-fauna-close-up-snake-vertebrate-attention-
https://hamparan.net

Hewan melata yang satu ini pasti semua orang sudah tahu dan mengenalinya, ular adalah salah satu hewan yang mematikan sebab senjatanya yang khas yakni bisa, dan ada juga senjata ular yang mematikan lainnya yakni lilitannya.

Namun ular sendiri adalah salah satu hewan yang digemari masyarakat untuk dijadikan hewan peliharaan, namun dengan jenis ular tertentu.

5. Hewan Vertebrata – Mamalia (Hewan Menyusui)

nature-forest-grass-animal-male-wildlife-
https://hamparan.net

hewan ini adalah jenis hewan yang berbeda jika dibandingkan hewan vertebrata yang lainnya. Mamalia adalah hewan yang mempunyai kelenjar susu yang dipakai untuk merawat dan memberikan nutrisi kepada anaknya. Dan kelenjar susu ini hanya dimiliki oleh si betina saja.

Secara fiogenetik, yang dimaksud dengan mamalia ialah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial).

Habitat dari mamalia ini sendiri rata-rata hidup di daratan, namun juga terdapat beberapa dari mereka yang hidupnya di laut seperti lumba-lumba dan paus, mereka melahirkan dan menyusui anaknya di dalam air.

Ciri-ciri Mamalia (Hewan menyusui)

Mungkin sebagian dari kalian telah sering berinteraksi dengan hewan vertebrata yang satu ini. Di bawah ini ialah ciri-ciri hewan mamalia:

  1. Mamalia mempunyai kelenjar susu, pada umumnya hewan menyusui mempunyai perantara untuk menyalurkan susunya untuk anaknya yakni memakai puting.
  2. Kalau beberapa hewan vertebrata yang lain mempunyai kulit halus, berbulu, dan juga bersisik. Namun berbeda lagi dengan mamalia, hewan ini mempunyai rambut atau buku yang menutupi dirinya.
  3. Bernafas memakai paru-paru dan memiliki otot diafragma.
  4. Memiliki sistem pengembangan syaraf yang telah komplek jika dibandingkan dengan jenis hewan yang lainnya.
  5. Hewan mamalia sendiri mempunyai kelenjar keringat pada kulitnya dan ada juga yang mempunyai kelenjar minyak.
  6. Mempunyai empat bagian tubuh yakni leher, kepala, tubuh, dan juga ekor.
  7. Rata-rata hewan mamalia mempunyai beragam gigi, ada yang memiliki gigi geraham, taring, dan juga gigi seri.
  8. Mempunyai peredaran darah yang sempurna melalui urat afteri, vena, dan artikel. Juga mempunyai 1 jantung yang komplek yang mana di dalamnya di bagi menjadi 4 bagian 2 dari serambi dan 2 dari bilik serta mempunyai sekat yang sempurna.
  9. Hewan mamalia merupakan hewan homoterm.

Cara Berkembangbiak Mamalia (Hewan Menyusui)

Seluruh hewan pasti melakukan perkembangbiakan tidak terkecuali hewan mamalia ini, hewan ini adalah salah satu spesies yang paling banyak di bumi ini.

Mereka berkembangbiak dengan cara melahirkan atau vivipar. pembuahan atau Fertukuasi dilakukan secara internal, juga alat kelamin sdari setiap hewan yang terpisah.

Contoh Hewan Mamalia

Di bawah ini adalah contoh-contoh hewan mamalia:

Harimau atau macan

animal-wildlife-zoo-mammal-fauna-big-cat-
https://hamparan.net

Harimau adalah salah satu hewan yang dikategorikan sebagai hewan buas. Mempunyai habitat di wilayah perhutanan dan sebagian jenis juga berada di sabana atau di padang rumput. Hewan ini adalah hewan pemakan daging maka tidak ayal kalau dikenal sebagai predator di kalangannya.

Lumba-Lumba

Lumba-lumba
https://hamparan.net

Hewan ini merupakan kedalam kalangan ikan, namun berbeda dengan ikan yang lainnya sebab lumba-lumba melakukan perkembangbiakannya dengan cara melahirkan juga menyusui anaknya.

Jenis dari lumba-lumba ini sangatlah banyak, mulai dari lumba-lumba hidung botol, lumba-lumba hidung belang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sapi

landscape-nature-grass-meadow-animal-horn-
https://hamparan.net

Hewan ini adalah hewan yang sudah tidak asing lagi di dalam kehidupan kita sehari-hari, hewan yang termasuk ke dalam kalangan hewan yang memakan tumbuhan atau herbivora ini adalah hewan yang diternakkan oleh manusia. Umumbya sapi ini di ambil susunya juga di ambil dagingnya untuk dikonsumsi.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai hewan vertebrata. Mulai dari pengetian, ciri-ciri, dan yang lainnya. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini menambah wawasan dan ilmu anda. Terima kasih.

 

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.