Hewan Peliharaan Unik, Lucu, Menggemaskan Mudah Dipelihara

Hewan Peliharaan Unik, Lucu, Menggemaskan Mudah Dipelihara

Hewan Peliharaan – Kebosanan yang dirasakan kebanyakan orang karena rutinitas bekerja, dari mulai berangkat ke kantor, pulang, tidur dan keesokan harinya berangkat ngantor lagi membuat mereka mengalami kejenuhan.Salah satu cara agar mereka tidak jenuh ialah memelihara hewan peliharaan di rumah. Pastinya dalam memilih hewan peliharaan ingin peliharaan lucu dan unik yang tidak biasa-biasa saja bukan?Hewan Lucu

Berikut ini hewan peliharaan unik yang mudah untuk dipelihara :

1. Anjing – Bukan Hanya Sekedar Hewan Peliharaan, Mereka Spesial

dog

Anjing adalah salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara dan dirawat oleh manusia untuk dijadikan hewan kesayangan mereka. Dengan tingkah mereka yang lucu, unik, dan menggemaskan mampu menarik perhatian bagi siapa saja yang memeliharanya. Anjing bahkan di anggap sabahat sejati manusia.

Terdapat beberapa jenis anjing yang ada di belahan dunia ini, seperti Peking, Bulldog, Herder, Pomeranian, Poodle. Mini Pincher, Papillon, Rootwieler, CHihuahua, dan lain sebagainya. Stiap pemelihara memiliki pertimbangan tersendiri satu atau lebih jenis anjing pada satu waktu.

Dan timbul sebuah ppertanyaan, Manakah diantara kucing dan anjing yang banyak dipelihara oleh manusia? Pastinya tidak ada mengenai hal itu. Sebagian orang mengatakan kucing dan sebagian lagi menyatakan kucing.

Namun, yang sudah jelas masing-masing wilayah dan daerah berbeda-beda pada saat membahas kedua jenis hewan pemeliharaan ini. Di Asia terutama Indonesia orang lebih memilih menyukai memelihara kucing, tetapi di Eropa orang lebih memilih anjing daripada kucing.

2. Kucing – Hewan Peliharaan Yang Paling Setia

kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara di dunia. Jenis kucing sangatlah beragam dan tersebar hingga ke seluruh dunia.

Kucing sendiri sudah berbaur di kehidupan manusia sejak 7.000 tahun SM. Orang mesir kuno bahkan sejak 3.600 SM telah memelihara kucing untuk dijadikan pembasmi hama yang berupa tikus yang merusak tumbuhan mereka.

Dari seluruh kucing yang ada, ada yang hanya di daerah tertentu saja seperti Raas ( asli Indonesia dan ada juga yang telah bercampur dengan jenis kucing laing yang mana telah menghasilkan jenis kucing yang baru. jenis kucing tercatat yang resmi sebagai kucing ‘murni’ ialah Manx, Siam, dan Sphinx.

Kucing dengan galur murni itu biasanya dikembangkang di sebuah tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah total kucing ras yang ada di dunia hanya 2%, dan sisanya merupakan keturunan kucing campuran.

Ada pila jenis kucing ras lain, yaitu jenis kucing Anggora dan Persia. Kedua kucing jenis itu berasal dari daerah yang di gunakan untuk menyebut kucing itu masih banyak jenis kucing lain seperti Ceylon, Birman, Tiffanie, Mambino dan Bengal.

Masing-masing kucing itu tentunya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Tak jarang mereka bahkan rela menghabiskan uang untuk membeli dan menikmati kelucuan dan keindahan kucing.

3. Kelinci – Imut, Lucu, Dan Menggemaskan

Kelinci adalah hewan yang sangat menggemaskan dengan bulunya yang lembut, unik, mrnggelikan dan lucu. Maka banyak sekali orang yang menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharan.

Menurut catatan sejarah, penyebutan kelinci ini berasal dari Belanda ‘konijntje’ yang berarti anak kelinci. Warna negara lah yang kabarnya memiliki peran panting tentang bagaimana kelinci masuk ke tanah air.

Pada zaman dahulu, orang Belanda sering membawa hewan lucu ini sebagai hewan peliharaannya dari Eropa. Kelinci yang sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaannya ialah kelinci Himalaya, kelinci Anggora, dan kelinci Belanda. Dan ada beberapa kelinci jenis lainnya yang tidak kalah terkenal.

Kelinci Duth/Belanda merupakan jenis kelinci yang sangat banyak peminatnya di Indonesia, Baik para peternak maupun pecinta hewan peliharaan.  Alasan mereka memelihara kelinci jenis ini karena kelinci ini bisa melahirkan anak antara 8-9 ekor.

Dari segi harganya pun, Kelinci belanda yang berumur 2-3 bulan dihargai antara 60 ribu sampai 250 ribu rupiah, dan kelinci yang umurnya di atas 3 bulsn antara 300 ribu sampai 2 juta rupiah.

Biasanya anak kelinci ini sangat senang sekali bermain dengan kelinci karena lebih lucu, ramah dan sangat menggemaskan. Bagi mereka yang suka memelihara hewan ini mereka menjadikannya sebagai hobi dan rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk merawat kelinci peliharaan mereka.

4. Ikan – Hewan Peliharaan Bercorak Indah

wwwinfoseputarcupangcom

Ikan ini ukurannya kecil, namun beragam jenisnya sehingga membuat hewan peliharaan ini banyak di pelihara para pecinta binatang bahkan di pelihara tidak dalam jumlah satu sampai dua ekor saja, melainkan dalam jumlah puluhan hingga ratusan ekor. Dari ratusan ikan itu terkadang terdiri dari puluhan jenis ikan yang berbeda.

Biasanya orang menyebut ikan berpenampilan cantik tersebut dengan sebutan ikan hias. Terdapat banyak jenis ikan hias di antaranya ialah ikan mas, ikan koi, ikan cupang, dan lain sebagainya.

Tetapi yang sering di jadikan hewan peliharaan ialah jenis ikan koi dan ikan mas. Sebagian orang ada yang memelihara ikan cupang karena penampilannya yang sangat menarik.

5. Ayam – Tidak Hanya Diternak, Tetapi Juga Dijadikan Hewan Peliharaan

ayam peliharaan

Unggas tersebut biasanya dipelihara dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Oleh sebab itu orang mengenal ayam sebagai hewan ternak bukan sebagai hewan peliharaan.

Tetapi jangan salah, banyak sebagian masyarakat terutama di wilayah Indonesia yang merawat dan memelihara ayam di rumah mereka dengan jumlah yang sedikit yaitu di antara satu sampai tiga ekor.

Ayam itu biasanya merupakan ayam jago yang sering dijadikan sebagai bahan aduan ketika sedang ada lomba laga ayam jago. Secara spesifik, jenis ayam itu ialah ayam ras seperti ayam Bangkok, ayam Bekisar, ayam Vietnam dan lain sebagainya.

6. Bebek – Unggas Berbulu Cantik, Berbentuk unik

bebek lucu

Hampir sama dengan ayam, bebek juga di anggap oleh sebagian orang sebagai hewan ternak yang mana dagingnya di perlukan untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Tetapi ada segelintir orang di dunia yang menjadikan bebek ini sebagaoi hewan spesial hewan peliharaan dan bahkan di anggap sebagai teman sejati oleh mereka yang memeliharanya. Bebek itu diperlihara karena mempunyai corak yang sangat indahdan biasanya dipertunjukkan dalam sebuah acara perlombaan.

Bebek lokal terkadang juga dijadikan hewan peliharaan dab dirawat dengan sangat baik untuk di ambil telurnya dan dieramkan hingga menetas.

7. Burung – Menikmati Suaranya Yang Merdu Dan Suaranya Yang Indah

bird

Kalau dibandingkan dengan memelihara ayam, kebanyakan orang biasanya lebih meilih memelihara burung untuk dijadikan hewan peliharaan mereka. Jenis burung yang sering dijadikan hewan peliharaan yaitu kakatua, pipit, kacer, murai batu, betet, dara, pipit dan lain sebagainya.

Burung-burung itu dipelihara karena mungkin memiliki keindahan suaranya, sorot mata yang tajam, corak bulu yang cantik atau alasan yang lainnya. Contohnya seperti burung dara atau burung merpati yang harganya bisa melambung sangat tinggi karena kicau suaranya.

Pada saat ini sedang ramai-ramainya orang memelihara burung kicau dengan berbagai alasan, seperti untuk dinikmati suaranya yang merdu atau bisa juga warnanya yang dapat membuat hati si pemilik burung itu menjadi tenang dan rileks.

Si pemilik terkadang juga mengikutkan burung kicau nereka untuk dilombakan pada perlombaan tertentu untuk kemudian meang dan mereka mendapatkan hadiah yang fantastis dan juga mendapatkan penghargaan dan piala yang bergengsi.

Para penghobi burung biasanya juga mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari hasil beternak burung kicau itu.

8. Marmut – Hewan Peliharaan Yang Sangat Imut

hamster

Waupun ukuran marmut terbilang kecil di bandingkan hewan peliharaan yang lain, Namun seeor marmut ternyata membutuhkan ruang yang besar untuk mereka bergerak. Dibutuhkan banyak usaha, waktu dan perhatian saat kita memelihara hewan imut yang satu ini.

Sebagai contohnya, kita harus menyiapkan kandang khusus untuk memelihara hewan marmut ini. kandangnyapun tentunya memiliki beberapa kriteria tertentu agar bisa tinggal dengan nyaman di dalam kandanf tersebut. Selain itu letak penempatan dari kandang itu juga harus diperhatikan, jangan sekali-kali meletakkan di tempat yang sering dilalui oleh banyak orang.

Ushakan dua ekor marmut jika kamu bersungguh-sungguh ini memelihara marmut ini, karena apabila seekor marmut dipelihara sendirian ada kemungkinan marmut tersebut akan merasa kesepian dan mudah stress. Secara alami, marmut hidup dalam berkelompok.

Read: Hewan Langka Di Indonesia Terancam Punah, Dilindungi, dan Gambarnya

9. Kura-Kura – Hewan Peliharaan Bercangkang

cara-merawat-kura-kura-kecil

Hewan peliharaan yang satu ini sedang populer dikalangan para anak muda pecinta binatang reptil.  Hewan yang mempunyai bentuk mungil dan unik ini bisa kita jumpai di seluruh perairan dunia pada daerah trofis maupun subtropis, baik air tawar maupun air laut.

Yang unik dari hewan ini adalah proses tidurnya dalam jangka yang panjang yang biasa disebut dengan hibermasi. Proses itu merupakan salah satu bentuk pertahanan diri terhadap cuaca yang ekstrim. Kura-kura akan merendamkankan tubuhnya ke lumpur sepanjang masa ekstrim itu berlangsung.

Tetapi berbeda dengan kura-kurayang dipelihara di dalam kandang. mereka tidak melakukan hibernasi. hal itu karena kebutuhan makanan dan keamanannya sangat terjaga.

Jenis kura-kura yang saat ini sedang populer dan banyak dipelihara adalah kura-kura Bazil dimana hewan ini mempunyai bentuk tubuh yang indah dan menarik perhatian para pecinta reptil dan masyarakat umum.

10. Taruntala – Serangga Yang Katanya ‘Beracun’

tarantula

Siapa yang tidak mengenal salah satu jenis laba-laba terbesar di dunia. Menurut mitos yang telah beredar, taruntala mempunyai gigitan yang bisa menyebabkan kematian pada manusia. Namun, apakah benar adanya?

Sampai saat ini belum ada data dan fakta valid mengenai kematian akibat gigitan seekor hewan taruntala.

Di negara Indonesia kini taruntala menjadi hewan yang disebut dengan exotic animal yaitu, satwa liar yang di rawat untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. tetapi, sang pemilik tarantula harus berhati-hati dan tetap memperhatikan aspek-aspek keamanan dan keselamatan ketika merawat dan menjadikannya hewan peliharaan kesayangan.

Walaupun tarantula ini sangat jinak ketika dipelihara, namun karena hewan ini merupakan satwa liar tentunya isnting liarnya tidak bisa hilang. Oleh sebab itu, bagi pemula sebaiknya mengetahui dulu jenis dan karakteristiknya agar gampang ketika kita memeliharanya.

11. Monyet – Hewan Peliharaan yang Penuh Aksi

monkey

Tidak seperti hewan yang lainnya, memelihara seekor monyet adalah tantangan yang cukup besar. Pada satu sisi mereka jadi hewan yang agresif, namun di sisi lain mereka juga dapat menjadi hewan yang lucu dan menggemaskan, tergantung bagaimana kita merawat dan mempeprlakukannya.

Kalau ingin memelihara monyet kita perlu banyak, waktu, tenaga, bahkan uang. Di samping itu kasih sayang dan kesabaran merupakan aset utama pada saat memelihara monyet.

Bacalah terlebih dulu mengenai referensi mengenai jenis-jenis monyet mengenai sifat alaminya. Cobalah anda bertemu dan ngobrol dengan seseorang yang mempunyai peliharaan monyet dan galilah informasi apapun tentang cara memelihara monyet yang baik.

12. Kuda – Hanya Milik Mereka Yang fanatik Dengannya

monkey

Karena ukuran tubuhnya yang besar dari jenis hewan peliharan lainnya membuat kuda tidak begitu banyak di pelihara oleh manusia. Faktor pakan yang sulit untuk didapatkan juga bisa menjadi penyebab jarangnya hewan tersebut tampak berada di lingkungan rumah.

Kalupun ada yang memelihara hewan ini, kemungkinan besar yang menjadi pendorongnya ialah karena kebutuhan atau bisa juga karena faktor hobi. Kuda termasuk hewan peliharaan yang sangat mudah untuk di jinakkan. Tetapi tidak banyak orang yang ingin merawatnya dengan pertimbangan yang sudah disebutkan di atas.

Ular – Hewan Peliharaan Yang Melilit Hatimu

Mungkin dari beberapa hewan yang sudah disebutkan tadi, ular merupakan salah satu hewan yang sedikit dipelihara selain kuda. Alasannya karena ular dikenal memiliki bisa (racun) yang terkadang dapat menyebabkan kematian bagi yang terkena racunnya.

Jangankan untuk memeliharanya, terkadang dengan melihatnya saja kadang seseorang sudah lari karena takut. Seekor ular piton terkadang dapat membunuh mangsanya misalnya seperti sapi atau kambing dengan meliltnya. Tetapi ada ular yang tidak mempunyai bisa dan jenis inilah yang kebanyakan di pilih untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Sebaiknya kita tidak boleh takut pada ular, Karena sesungguhnya ular sendiri sudah takut akan kehadiran manusia. Ular tidak akan mampu menandingi kita karena gerakan ular sangat lamban. Hanya saja, kebanyakan orang menganggap ular itu hewan yang sangat ganas dan mematikan sehingga ditakuti.

Ular adalah hewan reptilia yang mempunyai tubuh panjang tidak mempunyai kaki dan bersisik seperti kadal sehingga termasuk dalam kelompok kadal bersisik/squamata. Yang membedakanyya ialah kadal mempunyai kaki, kelopak mata tang dapat dibuka tutup, dan lubang telinga.

Kalau ingin memelihara ular sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu jenis-jenis ular yang biasa di pelihara oleh manusia. Tanyakan kepada mereka yang sudah memelihara ular dan dapatkan informasi apapun dari orang itu mengenai cara memelihara ular yang baik.

14. Sugar Glider – Satwa Liar Mungil dari Aussie

sugar-glider

Sugar Glider Adalah jenis hewan peliharaan yang sangat suka terhadap makanan yang manis seperti nectar bunga yang ada di dalam hutan dan bisa melayang/glider dari satu titik ke titik yang lain.

Mempunyai nama latin Petarus breviceps, Hewan yang memiliki ukuran kecil ini termasuk arboreal, omnivora, dan marsupial. Bentuk dari hewan ini seperti seekor tupai terbang.

Habitat asli hewan ini adalah Australia dan Papua dan sering kita jumpai di hutan yang banyak di tumbuhi pohon eucalyptus.

Makanan utamanya ialah serangga, hewan-hewan kecil dan getah manis yang ada di acaria, gumtress, dan eucalyptus. Jika kita merawatnya dengan baik, seekor sugar glider mampu bertahan hidup sampai 15 tahun lamanya.

15. Landak Mini – Siapa Yang Bisa Tahan Dengan Pesona Hewan Lucu Yang Satu Ini?

landak mini

Landak adalah termasuk hewan mamalia yang asalnya dari keluarga Errinaceinae, Mempunyai 16 jenis spesies bebeda yang dapat kita temukan di Asia, Selandia Baru Eropa, dan Afrika. Duri yang terdapat pada hewan landak ini sangat mudah untuk dikenali. Duri-duri itu adalah rambut berongga yang bertekstur keras.

Berbeda dengan landak hutan, Landak mini sangat aman untuk dipelihara sebab durinya tidak mengandung racun yang berbahaya. Awal memegang landak mini ini mungkin akan terasa saki, namun jika sudah biasa maka rasa sakit tersebut hanya seperti memegang sikat rambut.

Landak mini ini biasanya aktif pada malam hari atau biasa di sebut hewan nocturnal. Pada siang hari hewan tersebut lebih memilih bersembunyi di tempat yang gelap.

Walaupun landak mini termasuk insektivora, namun landak mini bisa diberi pakan buatan seperti oakan kucing dan anjing. Kita juga bisa mengkombinasikan pakan kering tersebut dengan serangga kecil dan ulat.
Perlu di perhatikan jangan sekali-kali memberikan susu kepada landak mini, sebab ususnya sangat sensitif terhadap protein susuyang bisa mempengaruhi sistem pencernaanya nanti.

Itulah penjelasan mengenai macam-macam jenis hewan pelliharaan yang sering dijadikan manusia sebagai sahabat sejatinya. Jadi hewan peliharaan manakah yang ingin kamu jadikan sahabat sejati? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar ya ?? sekian dan terimakasih.

Jangan lupa kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.