Globalisasi | Pengertian, Dampak, Ciri-ciri, Teori, Penyebab Lengkap

Globalisasi | Pengertian, Dampak, Ciri-ciri, Teori, Penyebab Lengkap

Globalisasi – Hallo kawan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada kamu mengenai globalisasi, mulai dari pengertian, dampak, ciri-ciri, penyebab, dan yang lainnya lengkap. Tidak usah berlama-lama lagi, mari langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Globalisasi

Berikut ini penjelasannya secara umum dan menurut para ahli:

Secara Umum

Yang dimaksud dengan globalisasi ialah suatu proses integerasi internasional yang terjadi sebab terdapatnya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan juga berbagai aspek kebudayaan yang lainnya.

Kalau secara etimologi kata globalisasi ini diambil dari bahasa Inggris, yakni globalize yang memiliki arti universal atau menyeluruh. Untuk penambahan imbuhan “ization” di dalam kata Globalization yang artinya ialah proses mendunia, sehingga arti dari globalisasi ialah proses sesuatu (informasi, gaya hidup, dan juga teknologi) yang mendunia.

Proses terjadinya ini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya ialah internet, teknologi, infrastuktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dan yang lainnya. Biasanya yang namanya globalisasi ini berhubungan langsung dengan perubahan menyeluruh dalam bidang ekonomi, industri, dan juga aspek-aspek kehidupan yang lainnya.

Menurut Para Ahli

  • Jika menurut Friedman, ialah sebuah dimensi yang mana secara teknologi bisa menyatukan masyarakat dari seluruh penjuru dunia. Lalu secara ideologi, dimensi ini bisa memicu timbulnya istilah “Pasar Bebas”. Contoh yang mengakibatkan pasar bebas ini ialah jual-beli barang secara online yang dilakukan oleh masyarakat dari berbagai negara yang ada di dunia.
  • Lalu jika menurut L. Nyeman mengatakan jika globalisasi ialah sebuah proses pertumbuhan yang sedang berlangsung dengan cepat. Proses ini terjadi karena adanya hubungan ketergantungan dari negara-negara yang terdapat di dunia, terutama di dalam hal keuangan ataupun perdagangan. Kemudian Scholte menambahkan jika di samping ketergantungan itu, setiap negara akan berusaha keras untuk mempertahankan identitasnya di dalam mengikuti proses yang sedang terjadi.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, bisa disimpulkan jika menurut para ahli ialah sebuah dimensi yang berlangsung dengan cepat dan juga melibatkan semua negara-negara yang ada di dunia. Dimensi itu memungkinkan terjadinya interaksi tanpa ada batasnya. Di samping itu, di dalam interaksi yang sedang terjadi setiap negara akan tetap mempertahankan identitasnya masing-masing.

Untuk dimensi disini sebagai mana yang sudah dimaksudkan di atas sudah menimbulkan beberapa pengaruh untuk negara-negara yang sedang terlibat di dalamnya. Pengaruhnya itu ada yang sedang terjadi di dalam aspek politik, ekonomi, dan budaya, pengaruh dari globalisasi ini sudah menimbulkan terjadinya pasar bebas. Pasar bebas yang sedang dimaksud itu ialah sebuah keadaan perdagangan barang dari suatu negara ke negara yang lainnya bisa dilakukan secara bebas.

Dampak

Arus yang tengah melanda seluruh dunia memiliki dampak untuk bidang sosial budaya suatu negara. Pada awalnya, ini hanya dirasakan pada kota-kota besar di Indonesia, Akan tetapi dengan terdapatnya kemajuan teknologi, komunikasi, dan juga transportasi , juga sudah menyebar sangat luas dan sangat cepat. Hal tersebut membawa dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini dampak positif dan dampak negatifnya:

1. Dampak Positif

  1. Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan juga efisiensi sehingga hal ini membuat produksi yang ada di dalam negeri bisa bersaing di pasar Internasional.
  2. Meningkatkan etos kerja yang sangat tinggi, senang untuk bekerja keras, disiplin, memiliki jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan yang lainnya.
  3. Tingkat kehidupan menjadi lebih baik.
  4. Meluaskan pasar bagi produk dalam negeri.
  5. Bisa memperoleh lebih banyak modal dan juga teknologi yang lebih baik.
  6. Kemajuan pada bidang teknologi, informasi, komunikasi, dan transportasi yang mempergampang kehidupan manusia.
  7. Bisa mendapatkan lebih banyak modal dan teknologi yang jauh lebih baik.
  8. Cepat di dalam bepergian (mobilitas tinggi).
  9. Meningkatkan pembangunan negara.
  10. Gampang untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
  11. Berkembangnya turisme dan pariwisata.

2. Dampak Negatif

  1. Gampangnya terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara.
  2. Semakin gampangnya nilai-nilai berat masuk ke Indonesia baik itu melalui internet, media televisi, ataupun media cetak yang sangat banyak ditiru oleh masyarakat.
  3. Timbulnya sikap bergaya hidup dan mewah sebab status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan dengan kekayaannya.
  4. Semakin lunturnya semangat untuk bergotong-royong, kepedulian, solidaritas, dan kesetiakawanan sosial sehingga di dalam keadaan tertentu atau darurat, contohnya kecelakaan, sakit, ataupun musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.
  5. Terjadinya kerusakan lingkungan dan terjadinya polusi limbah industri.
  6. Maraknya penyelundupan barang ke negara Indonesia.
  7. Akan menghambat pertumbuhan sektor industri.
  8. Perusahaan di dalam negeri akan tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar, akibatnya kondisi industri di dalam negeri sulit untuk berkembang.
  9. Terdapatnya sikap sekuralisme yang lebih mementingkan diri sendiri (individualisme).
  10. Akan menghambat pertumbuhan sektor Industri.

Baca: Perdagangan Internasional, Pengertian, Bentuk, Faktor Pendorong

Dampak di Bidang Politik

Ternyata berdampak dalam semua bidang, salah satunya ialah bidang politik. Pada dunia politik saat ini mengalami dampak positif yakni pemikiran para tokoh politik lebih baik, terbuka, dan dapat bekerja lebih baik lagi bahkan kesejahteraan masyarakat mulai meingkat. Terdapatnya sistem ketatanegaraan yang lebih maju sehingga hal ini membuat beberapa instansi dari pemerintahan yang semakin berkualitas. Bukan hanya itu saja, kesadaran dari masyarakat mengenai persoalan politik semakin meningkat lagi.

Sedangkan untuk dampak negatifnya ialah munculnya sikap serakah tentang jabatan politik, munculnya kecurangan-kecurangan yang merugikan di dalam dunia politik, dan juga banyak para pejabat yang mulai berlaku tidak jujur.

Dampak di Bidang Ekonomi

Di samping di dalam bidang politik, di dalam bidang ekonomi pun juga merasakan langsung. Dampak positif yang bisa dirasakan di dalam bidang ekonomi ini ialah proses pemenuhan segala kebutuhan barang dan jasa semakin gampang. Sektor-sektor kecil ekonomi juga mulai mengalami peningkatan yang cukup baik.

Ciri-ciri

Kemudian bagaimana tanda-tanda atau ciri-ciri nya? Terjadinya dapat dikenali dengan 4 karakter perubahan, yang bisa dikatakan sebagai ciri-ciri globalasi. Empat karakter itu diantaranya ialah:

  1. Ciri yang pertama adalah terjadinya pelebaran sosial, aktivitas, politik dan juga ekonomi di pelosok wilayah, benua, dan regional.
  2. Ciri yang kedua ialah terjadinya intensifikasi atau peningkatan juga keterhubungan aliran perdagangan, investasi, keuangan, juga migrasi dan pertukaran budaya.
  3. Ciri yang ketiga ialah terjadinya percepatan interaksi dan komunikasi secara mendunia dengan terciptanya sistem transportasi yang maju, sehingga mempercepat pertukaran juga difusi, barang-barang, ide, informasi, modal dan masyarakat.
  4. Ciri yang keempat ialah terjadinya sebuah peningkatan intensitas dan juga kecepatan interaksi global yang mengakibatkan kejaian atau peristiwa lokal pada wilayah yang berjauhan bisa menjadi sesuatu yang berdampak global. Artinya ialah masalah domestik dan masalah global menjadi semakin berkaitan (become increasingly fluid).

Teori

Terdapat beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya ialah yang dikemukakan oleh Cochrane dan Pain yang mengungkapkan bahwa terdapat tiga pemeran utama penting di dalam globalisasi yakni:

  • Para Globalis.
  • Para tradisionalis.
  • Para transformalis.

1. Para Globalis

Para globalis ini menyatakan bahwa dengan terdapatnya globalisasi ini akan membawa konsekuensi secara langsung untuk kehidupan di seluruh dunia jika nantinya akan terdapat serangan budaya homogen yang menebar ke seluruh dunia.

Tentang hal ini, para globalis yang positif mengatakan kalau hal itu dapat menjadikan masyarakat dunia yang mempunyai pemikiran yang lebih terbuka dan lebih toleran kepada budaya yang berasal dari luar budayanya sendiri.

Akan tetapi para globalis negatif mengungkapkan jika hal itu dapat melunturkan budaya yang asli masing-masing masyarakat dan menganggap hal tersebut juga salah satu upaya negara adidaya untuk menjajah budaya yang lain.

2. Para Tradisionalis

Di dalam teori para tradisionalis ini ialah orang-orang yang tidak menganggap jika globalisasi sedang terjadi, mereka menganggap jika proses yang sekarang ini terjadi ialah dampak dari perubahan yang telah terjadi sejak zaman dahulu.

3. Para Transformalis

Di dalam teori para transformalis ini ialah orang yang berada diantara globalis dan tradisionalis, yang menganggap jika benar  tengah terjadi akan tetapi tetap terlalu dilebih-lebihkan.

Teori yang Lain

Untuk teori yang kedua disebutkan oleh seorang ahli yang bernama George Ritzer yang mengungkapkan jika era ini ditandai dengan terdapatnya perkembangan di dalam bidang komunikasi seperti munculnya telepon dan televisi lalu diakhiri dengan kesadaran masyarakat secara global tentang hal itu.

Faktor Penyebab

Pastinya terdapat penyebab dan juga pendorong yang pada akhirnya membuat era globalisasi ini dapat terjadi, merangkum dari beberapa hal, maka untuk beberapa penyebab terjadinya diantaranya ialah:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Terdapatnya perkembangan di dalam teknologi informasi dan komunikasi yang terus berdampak kepada gampangnya transaksi keuangan yang terjadi di seluruh dunia.

Dalam waktu beberapa terakhir ini ada banyak sekali perkembangan di dalam bidang teknologi yang berhubungan langsung dengan transaksi keuangan yang dapat mempergampang kamu untuk melakukan transaksi tidak hanya di negara sendiri namun di negara yang lain.

2. Banyaknya Kerja Sama Internasional

Untuk penyebab yang kedua ialah sebab banyaknya kerja sama internasional yang mempergampang terjadinya transaksi keuangan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai negara.

Sehingga melalui sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri dan juga sebaliknya.

3. Kemudahan Transportasi

Penyebab yang ketiga juga masih berhubungan dengan penyebab yang sebelumnya yakni dengan terdapatnya sistem pengiriman yang maju menyebabkan masyarakat gampang di dalam mengirimkan barang walaupun terpisah jarak yang sangat jauh sekalipun.

4. Ekonomi yang Terbuka

Untuk yang berikutnya era globalisasi juga terjadi sebab negara-negara di dunia mulai sangat terbuka di dalam bidang ekonomi, sehingga perdagangan global juga diterima dengan sangat terbuka yang mana hal ini menyebabkan berbagai macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Dari produk-produk yang masuk itu pastinya juga mengandung budaya dan juga mengandung unsur dari negara lain yang mempengaruhi budaya di dalam negeri sendiri. Lalu untuk yang terakhir era globalisasi ini juga terdorong sebab pasar yang sekarang ini sudah sangat mendunia yang mana hal tersebut menjadikan transaksi keuangan di dalam satu negara menjadi lebih besar.

Pada intinya, semua penyebab dari terjadinya era ini ialah sebab kegiatan ekonomi antar negara yang semakin terbuka sehingga hal ini akan mempergampang negara-negara di dunia untuk saling berinteraksi, menjalin hubungan kerja sama di dalam berbagai bidang yang mana mengakibatkan masuknya budaya-budaya yang baru, pengetahuan yang baru, hal-hal yang baru dari luar negeri ke dalam negeri.

Proses Terjadinya Globalisasi

Ternyata tidak terjadi secara tiba-tiba, ini terjadi dengan melalui banyak proses. Proses terjadi dari globalisasi ini diantaranya ialah:

  1. Ini muncul sebab terdapatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan ialah proses awal terjadinya globalisasi. Melalui pengetahuan ini, manusia dapat melakukan banyak perubahan. Perkembangan ilmu pengetahuan ialah awal dari kemajuan teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan juga teknologi transportasi.
  2. Yang kedua ialah kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi ini pada akhirnya mendorong banyak inovasi pada kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya ialah kemajuan teknologi yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Saat ini, anak-anak bisa dengan gampang mengakses konten-konten pendidikan dari smarthphone yang sedang mereka pakai.

Unsur-unsur

Pengertian-globalisasi
https://aguraforestry.wordpress.com

Berikut ini ialah unsur-unsur nya:

  1. Saling berhubungan, baik itu di dalam bidang budaya, ekonomi, politik, ataupun lingkungan.
  2. Integrasi, ialah suatu proses menyatunya persoalan, kepentingan, dan juga keperluan masyarakat dunia.
  3. Saling terkait, sering dimaknai jika sistem ekonomi khususnya sistem moneter dunia sekarang ini tergantung antara satu dengan yang lainnya.

Pengaruh Globalisasi

Globalisasi ialah suatu proses modernisasi yang dapat memberikan pengaruh di dalam segala hal dalam segala bidang tanpa terkecuali. Pengaruhnya dapat berupa pengaruh yang menguntungkan ataupun pengaruh yang merugikan. Hal ini tergantung angle pengaplikasian dan juga angle penyerapan budaya yang diambil.

Oleh karena itu, supaya pengaruh ini tidak banyak merugikan, kamu harus benar-benar pandai di dalam memfilter mana yang baik dan mana yang buruk.

Pengaruh ini memang tidak boleh serta merta di telan, melainkan harus dipilah dan dipilih mana yang dianggap baik serta cocok dengan budaya Indonesia. Dengan demikian pengaruh yang ada akan bisa menimbulkan keuntungan yang pastinya tidak akan merugikan kamu ataupun merugikan negara.

Globalisasi Mengubah Zaman

globalisasi-mengubah-zaman
http://mahasiswa.uay.ac.id

Pada era ini, seluruh aspek pasti menjadi lebih maju dan juga mulai mengalami perkembangan. Seperti halnya zaman saat ini telah berubah menjadi zaman millennial, yang mana mengubah anak-anak generasi bangsa menjadi sangat ketergantungan kepada adanya gadget dan berbagai macam teknologinya. Terdapatnya perubahan zaman dari tahun ke tahun ini membuat sangat banyak dunia mulai dari perubahan yang dapat menimbulkan keuntungan untuk yang melakukannya sampai pada perubahan yang dapat menimbulkan kerugian untuk para pelakunya.

Ini juga menjadikan zaman menjadi zaman milenial yang serba cepat dan untuk melakukan suatu apapun tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan hanya hitungan menit saja semua hal bisa dilakukan dan diperoleh. Contohnya untuk makanan, ataupun keperluan yang lainnya kalau tidak banyak mempunyai waktu untuk pergi ke toko atau sedang bermalas-malasan di rumah, hanya dengan cara memegang gadget dengan internet yang stabil dan membuka aplikasi toko online maka kamu telah dapat mengorder dan juga membayarnya secara digital.

Tanpa harus kemana-mana, kamu hanya tinggal menunggu kiriman pesanan dengan duduk manis di rumah. Kemajuan teknologi pelayanan yang serba online ini pastinya membuat kehidupan menjadi lebih efektif dan terasa sangat efisien tanpa harus ribet dan riweh.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai globalisasi. Mulai dampak , pengertian teori, ciri-ciri, penyebab, unsur-unsur, dan yang lainnya lengkap. Kami sangat berharap semoga apa yang disampaikan kali ini bisa menambah ilmu dan wawasan bagi kamu. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Terima Kasih.

Tinggalkan komentar