Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan

Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan

Futsal – Pasti kita sering mendengar apa itu futsal, bahkan pernah memainkannya. Namun, apakah kamu tahu apa itu futsal ? Kalau kamu masih penasaran tentang futsal. Disini kami akan mengupas tuntas tentang pengertian futsal, sejarah, teknik dasar, tendangan, ukuran lapangan dan yang lainnya. Mari langsung kita simak bersama-sama pembahasan di bawah berikut.

Pengertian Futsal

Futsal ialah olahraga bola yang dimainkan oleh dua regu atau dua tim yang masing-masing tim berjumlah 5 orang pemain. Tujuan dari olahraga ini sendiri ialah memasukkan bola ke gawang lawan. Dengan memakai kaki, kepala, dan semua anggota tubuh kecuali tangan.

Olahraga ini berbeda dengan permainan sepak bola karena dimainkan pada ruangan tertutup dan di tempat yang rata. Ukuran lapangannya lebih kecil dan jumlah pemain lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepak bola. Lapangan futsal ini umumnya dibatasi oleh garis bukan dengan net atau dengan sebuah papan.

Sejarah Permainan Futsal

sejarah-permainan-futsal
https://futline.com.br

Futsal berasal dari Bahasa Spanyol yakni dari kata Futbol (sepak bola) dan Sala (Ruangan. Jika dua kata itu digabungkan maka namanya menjadi sepak bola di dalam ruangan atau dikenal dengan (Futsal). Pertama kali dipopulerkan olah raga ini di Montevideo, Uruguai pada tahun 1930.

Olahraga ini di populerkan oleh salah satu pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina yang bernama Juan Carlos Ceriani. Olahraga ini memperoleh banyak perhatian dari Negara Amerika Serikat, dan juga di dukung oleh negara lain terutama Negara Brasil. Keindahan dari permainan ini bisa di lihat seperti yang sudah diperlihatkan pemain Brasil di luar lapangan (Bermain Bola).

Sebagai contohnya ialah Edison Arantes do Nascimento atau yang akrab dikenal dengan Pele. Pemain kondang sekaligus bintang dari Brasil yang mengembangkan bakatnya dari Olahraga Futsal. Negara Brasil terus menjadi kiblat atau pusat Olahraga Futsal sampai saat ini.

Olahraga ini sekarang dimainkan di dakam perlindungan Federation Internationale de Football Assosiation yang ada di seluruh dunia. Sejarah olahraga futsal versi FIFA tidak dapat diterima begitu saja oleh dunia. Terdapat beberapa Negara yang mengklaim bahwa Olahraga ini asalnya dari Negara mereka yakni Brasil dan Kanada.

Olahraga Futsal berkembang sangat pesat di Negara Brasil, maka di tahun 1936 dibuatlah sebuah kesepakatan dan Aturan Olahraga Futsal. Peraturan pada saat itu tidak jauh berbeda dengan peraturan Olahraga Futsal pada saat sekarang ini. Dengan adanya peraturan dan kesepakatan ini, Olahraga futsal semakin lebih dikenal bahkan sangat digemari di Negara Amerika.

Teknik Dasar Permainan Futsal

Dalam permainannya ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain, yakni sebagai berikut.

1. Kontrol Bola

Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal bisa dilakukan dengan memakai kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan telapak kaki sebelah depan dengan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol sepatu dalam futsal sangat penting sehingga harus benar-benar dikuasai oleh setiap pemain.

2, Umpan (Passing)

Umpan bisa dilakukan dengan memakai beragam sisi kaki, yakni memakai kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit atatu sisi bawah. Tetapi yang paling baik ialah memakai kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpanan panjang yang menyusur tanah, karena umpanan akan mempunyai akurasi paling paik kalau dibandingkan dengan yang lain.

3. Menggiring atau dribbing

Untuk mengecoh pemain lawan dalam sebuah permainan futsal, seorang pemain harus mempunyai kemampuan dalam menggiring bola, Terdapat beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai dalam bermain futsal, yakni:

  1. Dribbing memakai kaki bagian dalam: Dengan teknik ini pemain bisa mengecoh lawan kesebelah kanan lawan jika memakai kaki kanan atau sebaliknya. Namun teknik ini tidak dapat mengecoh lawan ke sebelah kiri jika memakai kaki kanan, begitupun sebaliknya.
  2.  Dribbing memakai kaki bagian luar: Dengan teknik ini kalau memakai kaki kanan pemain bisa mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Namun teknik ini tidak dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan jika memakai kaki kanan, begitu juga sebaliknya.
  3. Dribbing memakai kaki bagian punggung: Dribbing memakai bagian punggung kaki ialah bisa menggiring bola dengan arah lurus jika ada lawan yang sedang menghalangi. Namun teknik ini dinilai kurang efektif untuk mencegah lawan kesebelah kiri atau ke sebelah kanan.

4. Menendang Keras (Shooting)

Teknik menendang keras yang baik dan efektif dalam permainan futsal ialah menendang bola dengan memakai ujung kaki/sepatu, sebab dengan teknik ini bola akan melesat sangat kencang dan pergerakan bola akan tetap lurus.

5. Menyundul Bola (Heading)

Tujuan dari menyundul bola ialah untuk mengoper, mencetak gol, membuang bola atau mematahkan serangan lawan. Pemain harus belajar menyundul bola memakai dahi, bukan ubun-ubun kepala. Pemain harus sadar jika mereka yang akan menyundul bola, bukan bola yang membentur mereka.

6. Merampas Bola (Tackling)

Merampas bola ialah upaya untuk merebut bola dari penguasaan lawan. Merampas bola bisa dilakukan dengan sambil berdiri (Standing trackling dan sambil meluncur (sliding tracking).

Ukuran Lapangan Futsal dan Tanda Lapangan

Pengertian-Futsal
http://futsaleuro2018.si

Sebelum jauh membahas ke penjelasan yang lainnya, berikut ini adalah ukuran lapangan futsal dan tanda lapangan yang perlu untuk di ketahui.

  1. Ukuran lapangan futsal berstandar Nasional mempunyai panjang 25-42 meter dan lebarnya 15-15 meter.
  2. Ukuran lapangan futsal berstandar Internasional mempunyai panjang 38-42 meter dan lebarnya 18-25 meter.
  3. Lapangan futsal bentuknya harus segi empat yang ditandai dengan garis untuk pembatasnya. Warna garis harus berbeda dengan warna lapangan agar dapat dibedakan oleh setiap pemainnya.
  4. Disarankan permukaan lapangan harus terbuat dari kayu atau lantai parkit atau bahan semisalnya. namun harus menghindari pemakaian bahan beton atau korn blok karena jika memakai bahan beton atau korn blok akan berbahaya bagi pemain jika pemain terjatuh.
  5. Permukaan lapangan futsal harus benar-benar halus, tidak abrasif, dan rata.
  6. Lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian, yang dipisahkan langsung oleh garis yang disebut dengan garis tengah lapangan.
  7. Titik pusat ditandai dengan titik yang berada di tengah-tengah garis tengah lapangan. Dan dikelilingi lingkaran tengah dengan panjang jari-jari 3 meter.
  8. Untuk garirs batas lapangan lebarnya 8 cm melewati garis samping, garang gawang, dan juga garis yang melintang tengah lapangan.

Titik Pinalti, Gawang, dan Tendangan Sudut

ukuran-gawang-futsal-internasional
https://www.slideshare.net

Setelah mengetahui ukuran lapangan dan tanda lapangan selanjutnya adalah penjelasan mengenai titik pinalti, gawang dan tendangan sudut, mari langsung saja simak bersama-sama.

  1. Jarak titik pinalti utama ialah 10 meter dari titik tengah gawang.
  2. Untuk jarak titik pinalti yang kedua ialah 10 meter dari titik tengah garis gawang.
  3. Setengah lingkaran dengan jari-jari 6 meter ditarik sebagai pusat dari masing-masing tiang gawang.
  4. Untuk gawang letaknya harus berada di tengah-tengah garis gawang. Ukuran gawang Olahraga Futsal ialah lebar gawang 3 meter kemudian untuk tinggi gawangnya 2 meter.
  5. Selanjutnya untuk warna tiang gawang dan mistar gawang harus berbeda dengan lapangan permainan.
  6. Tiang gawang terbuat dari logam, kayu maupun bahan yang lainnya yang sudah menjadi kesepakatan sebelumnya.
  7. Busur tendangan sudut dengan jarak 25 cm di setiap sudut lapangan olahraga futsal.Jum
  8. Kedua tiang gawang dan mistar gawang mempunyai lebar dan dalam yang sama yakni 8 cm.
  9. Jaringnya terbuat dari nilon atau tali rami dan diikatkan ke tiang dan mists gawang.

Ukuran Bola Futsal

Bola-Futsal
https://bolafutsal.org

Ukuran bola futsal ini memang harus di ketahui karena ini penting untuk membedakan antara bola futsal dan bola lainnya, berikut ukuran bola futsal yang sudah di paparkan.

  1. Bola futsal bentuknya bulat dengan ukuran 4.
  2. Bola futsal memiliki berat antara 400 gram hingga 440 gram.
  3. Bola futsal  dari kulit laken atau bulu (Felt ball) dilarang.
  4. Bola futsal minimum kelilingnya 62 cm dan maximum 64 cm.
  5. Bola Futsal tekanannya sama dengan 0,4 hingga 0,6 atmosfir (400-600 g/cm kubik).
  6. Bola futsal terbuat dari kulit atau bahan yang sangat cocok lainnya (bolanya tidak membahayakan pemain).
  7. Bola futsal lambungnya 55 hingga 65 cm pada pantulan pertama.

Jumlah Pemain Futsal

Pemain-futsal
http://www.dakke.co

Selanjutnya adalah mengetahui jumlah pemain futsal, kenapa demikian? karena mengetahui jumlah pemain futsal juga hal penting yang harus di ketahui agar kita tidak salah menghitung jumlahnya. Berapakah jumlah pemain futsal ? langsung saja kita simak di bawah berikut.

  1. Jumlah pemain utama untuk mengawali pertandingan futsal ialah 5 orang pemain. Dan satu pemainnya menjadi penjaga gawang.
  2. Untuk jumlah pemain cadangan dari masing-masing regu atau tim minimal ialah berjumlah 7 orang pemain.
  3. Pergantian pemain bisa dilakukan sewaktu-waktu selama pertandingan masing berlangsung, pada saat bola keluar lapangan.
  4. Batas jumlah pergantian pemain di dalam olahraga futsal ini tidak dibatasi. Pemain yang sudah digantikan sebelumya bisa bermain kembali.
  5. Pergantian pemain bergantung pada kewenangan wasit, apakah di panggil wasit atau tidak di panggil.
  6. Pergantian pemain dianggap sah jika proses pergantian pemain dilakukan di daerah pergantiannya sendiri. Namun dilakukan sesudah pemain yang digantikan keluar dari area lapangan permainan.
  7. Proses pergantian batal jika pemain yang akan digantikan memperoleh kartu merah sebelum pemain keluar dari lapangan pemain.
  8. Penjaga gawang bisa bertukar posisi dengan pemain yang lainnya.
  9. Metode pergantian melayang yakni semua pemain kecuali penjaga gawang memasuki dan meninggalkan lapangan pemain.

Perlengkapan Pemain Futsal

Perlengkapan-Futsal
https://www.bukalapak.com

Seorang pemain futsal wajib untuk memakai peralatan futsal yang lengkap agar dalam pertandingan dapat maksimal dan sepanjang pertandingan akan berjalan dengan lancar sehingga dapat memperoleh kemenangan dengan sempurna. Di bawah berikut ini adalah peralatan futsal yang lengkap.

  1. Untuk seragam pemain futsal diberi nomor 1-15 pada bagian belakang seragam pemain. Dan warna angka dengan warna seragam harus berbeda.
  2. Seragam penjaga gawang harus berbeda dengan seragam pemain yang lain.
  3. Pemain menggunakan seragam atau kostum (kaos seragam, celana pendek, kaos kaki, pengaman kaki, dan sepatu.
  4. Pemain tidak boleh memakai peralatan apapun yang bisa melukai dirinya sendiri atau pemain yang lainnya.
  5. Penjaga gawang diperkenankan menggunakan celana panjang, bada bagian luarnya harus di tutup dengan kaos kaki.
  6. Jika pemain melakukan kesalahan maka wasit akan menegur dan memerintahkan untuk memenuhi perlengkapannya.

Periode Pertandingan

Maksud dari periode pertandingan ini ialah tentang lamanya pertandingan, time out dan yang lainnya, penasaran apa isi dari periode pertandingan ini? Langsung saja kita simak penjelasan di bawah berikut ini.

  1. Lama pertandingan futsal ini ialah selama 2 kali 20 menit. Jika hasil masing imbang maka akan di tambah dengan perpanjangan waktu selama 2 kali 5 menit.
  2. Pencatat waktu bisa memberikan izin time-out pada saat bola keluar dari lapangan permainan.
  3. Pelatih diberikan wewenang untuk meminta waktu time-out kepada yang mencatat waktu, selama 1 menit di setiap babak.
  4. Time-out bisa di di minta setiap saat, namun pada saat tim itu sedang menguasai bola.
  5. Pada saat time-out diberikan, semua pemain harus tetap berada di dalam lapangan permainan.
  6. Jarak waktu istirahat antar babak ialah 10 menit dan waktu istirahtnya tidak boleh lebih dari 15 menit. Jika hal itu di langgar maka akan terkena hukuman oleh wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan.
  7. Time yang tidak meminta time-out di babak pertama, di babak kedua hanya memperoleh 1 kali time-out.

Tendangan Permulaan (Kick Off)

  1. Seluruh pemain berada di dalam wilayahnya sendiri, dan para pemain tidak boleh berada di dalam lingkaran tengah. Atau sekurang-kurangnya pemain harus berada 3 meter dari bola.
  2. Bola harus di tempatkan di titik tengah lapangan, dan wasit memberikan isyarat untuk mengawali kick off.
  3. Penendang kick off tidak boleh menyentuh bola untuk yang kedua kalinya sebelum bola disentuh oleh pemain yang lain.
  4. Saat bola sudah ditendang oleh salah satu pemain maka pertandingan sudah sah untuk dimulai.
  5. Sesudah salah satu tim berhasi; mencetak gol maka permainan diawali dengan tendangan permulaan (kick off).

Tendangan Bebas

Tendangan-bebas-futsal
http://arganoel12.blogspot.com

Tendangan bebas di dalam olahraga futsal dibagi menjadi dua, yakni tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung. Untuk sebuah tendangan bebas pemain tidak boleh menyentuh bola yang kedua kalinya sebelum di sentuh oleh pemain yang lainnya.

1. Tendangan Bebas Langsung

Metode tendangan yang disertai dengan persiapan dalam olahraga sepak bola dan futsal diakibatkan suatu pelanggaran. Jika bola yang di tendang langsung mengarah kearah gawang lawan dan berbuah gol tanpa disertai sentuhan dari pemain yang lainnya. Maka gol itu dinyatakan sah oleh wasit yang sedang memimpin pertandingan.

Tendangan bebas ini diberikan langung kepada pihak lawan, jika pemain melakukan kesalahan-kesalahan di bawah berikut ini. Dengan pengamatan dari wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan, di anggap tidakan kasar atau usaha untuk melaukai lawan atau.

  1. Menerjang lawan.
  2. Menendang atau mencoba untuk menendang lawan.
  3. Menjagal atau untuk mencoba menjagal lawan.
  4. memukul atau mencoba memukul lawan.
  5. Menghina lawan atau meludah lawan.
  6. Melakukan sliding tackle untuk merebut bola pada saat dikuasai oleh lawan. Kecuali untuk penjaga gawang yang berada di daerah pinaltinya sendiri dengan syarat sngat berhati-hati.
  7. Mendorong lawan sampai jatuh, walaupun hanya dengan bahunya.
  8. Hand ball atau bola mengenai tangan.
  9. Memegang bola dengan disengaja, kecuali penjaga gawang di daerah pinalti.
  10. Jika pemain melakukan pelanggaran di kotak wasit akan memberikan tendangan pinalti kepada lawan.

2. Tendangan Bebas Tidak Langsung

Tendangan bebas tidak langsung merupakan sebuah metode yang dilakukan oleh pemain yang diakibatkan oleh pelanggaran tertentu. Metode ini tidak dapat dipakai untuk mencetak gol secara langsung. Namun bola harus menyentuh pemain untuk kedua kalinya entah rekan maupun lawan.

Tendangan bebas tidak langsung akan diberikan kepada lawan namun seorang pemain melakukan pelanggaran-pelanggaran di bawah berikut ini.

  1. Sesudah melemparkan bola, dirinya kembali menerima bola (dengan kaki/tangan) sebelum bola itu melewati daerahnya, atau belum disentuh atau sedang dikuasai lawan.
  2. Memegang bola dengan tangannya sesudah menerima bola dari tendangan kedalam tekannya.
  3. Memegang bola dengan tangannya dengan disengaja sesudah memperoleh bola dari temannya.
  4. Menguasai bola dengan tangan ataupun dengan kaki lebih dari empat detik.
  5. Bermain dengan cara membahayakan lawan.
  6. Sengaja menghalangi pergerakan lawan pada saat tidak menguasai bola.

Posisi Pemain Saat Melakukan Tendangan Bebas

  1. Untuk setiap petiap pemain lawan harus berada minimal 5 meter dari bola atau dari tempat tendangan bebas.
  2. Bola kembali dalam permainan sesudah bola ditendang atau disentuh oleh seorang pemain.
  3. Jika tendangan bebas terjadi dalam area pinalti maka semua pemain lawan harus berada  di luar area pinalti.

Tendangan pinalti Dalam Permainan Futsal.

tendangan-penalti-futsal
https://bolabanget.id
  1. Bola diletakkan di titik yang sudah ditentukan.
  2. Penjaga gawang berada di belakang garis gawang sampai wasit meniup peluit atau pada saat wasit memberikan isyarat.
  3. Penjaga gawang menghadap kearah penendang dan berada diantara ting gawang sampai bola ditendang.
  4. para pemain futsal harus tetap berada di dalam lapangan permainan.
  5. Semua pemain tempatnya harus berada di luar area pinalti kecuali penendang dan yang menjaga gawang.
  6. Minimal pemain atau yang menendang bola berjarak 5 meter dari titik pinalti.

Tendangan Ke Dalam

Tendangan ke dalam ialah cara untuk kembali permainan sesudah bola keluar dari garis samping. Pemain terlebih dulu mengoper bola kepada temannya. Jika pemain langsug menendang ke arah gawang dan berbuah gol maka gol itu tidak akan di anggap.

Aturan Tendangan Ke Dalam

  1. Harus diletakkan di garis samping lapangan.
  2. Di tendang ke arah lapangan atau di arahkan kemanapun.
  3. Pemain yang sedang melakukan tendangan, kakinya tidak boleh menyentuh garis atau pemain harus berada di luar lapangan.
  4. Lawan boleh untuk menghalangi tendangan itu, dengan jarak minimum 5 meter dari bola.
  5. Pemain yang sedang mengambil tendangan ini hanya memiliki waktu 4 detik saja dari pertama menempatkan bola. Jika hal itu di langgar tendangan ke dalam akan langsung di berikan kepada pihak lawan.
  6. Bola berada di dalam lapangan pemain sesudah ditendang atau di sentuh oleh pemain.

Pelanggaran yang Diperingatkan

  1. Bersalah karena melakukan tindakan yang kurang sporif sehingga merugikan lawan.
  2. Melakukan tindakan yang kurang baik atau mengucapkan kata-kata yang tidak sopan.
  3. Berusaha melanggar peraturan yang sudah di tetapkan.
  4. Mencoba memperlambat waktu pada saat pertndingan berlangsung.
  5. Masuk kedalam lapangan permainan dengan seenaknya tanpa memperoleh izin dari wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan.
  6. Sengaja lapangan permainan tanpa adanya sebuah intruksi dari pelatih ataupun dari wasit.

Pelanggaran yang Menyebabkan Pemain Dikeluarkan Dalam Permainan Futsal

kartu-merah
http://indiannerve.com

Pemain dapat dikeluarkan apabila dirinya:

  1. Melakukan selebrasi yang tidak sepantasnya dilakukan.
  2. Memperoleh kartu kuning sebanyak 2 kali dalam satu pertandingan.
  3. Bermain mencoba melukai lawan atau bermain dengan ngawur.
  4. Melecehkan pemain atau meludah wasit atau lawan.
  5. Mengahangi lawan untuk mencetak gol dengan cara yang tidak diperbolehkan.
  6. Berkata-kata yang tujuannya untuk menghina pemain lawan atau wasit.

Itulah ulasan mengenai pengertian permainan futsal yang dapat kami sampaikan, bukan hanya pengertian futsal saja tetapi lengkap dengan sejarah, ukuran lapangan, dan yang lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu anda. Terima Kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.