Penyebab Timbulnya Jerawat, Kulit Wajah Berminyak dan Komedo

Penyebab Timbulnya Jerawat, Kulit Wajah Berminyak dan Komedo

Penyebab Timbulnya jerawat– Sering kali membuat sesorang menjadi tidak percaya diri. Bahkan sebagian orang merasa terbebani akibat muka jerawatan. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga membuat rasa sakit dan nyeri yang secara terus menerus yang menyiksa wajah. Maka sebelum semua hal tersebut terjadi pada kulit anda yang masih putih mulus itu. Sebaiknya anda bisa menghindari penyebab terjadinya jerawat dan komedo.penyebab jerawat awal

Dalam suatu perkumpulan, pasti kita ingin menunjukkan penampilan yang maksimal dan bebas dari  jerawat. Namun apakah kulit kita bisa sinkron dengan kemauan dan pikiran kita?. Tentu saja kita tidak bisa menyuruh kulit kita untuk tidak jerawatan. Karena kulit merupakan sebagian dari tubuh kita yang tidak memiliki reflek seperti anggota tubuh yang lain yang memiliki tulang dan otot besar.

Ingin tampil cantik, tetapi muka masih jerawatan! jika menyinggung soal jerawat. Memang bukan hal yang tabu lagi, karena jerawat merupakan hal pertama yang meresahkan kulit dan media (kulit) yang pertama di serang adalah kulit wajah (muka). Dan muka merupakan hal yang pertama dilihat oleh seseorang. Muka juga memberikan sugesti kepada orang lain ketika bertatatp muka. Maka dari itu kita wajib mengenali gejala-gejala jerawat dan cara mengatasinya.

Mengenali jerawat

mengenal jenis jerawat

 

Jerawat merupakan suatu keadaan dimana pori-pori kulit mengalami penyumbatan yang mengakibatkan membengkak pada area pori-pori. dan menyebabkan kumpulan nanah yang di sebut jerawat. Dalam berbagai belahan dunia, jerawat termasuk penyakit yang paling banyak jumlah penderitanya. Hal ini dapat di lihat dari lingkungan masyarakat maupun orang-orang terdekat kita yang sering kita jumpai.

Kligmann merupakan pakar sekaligus peneliti tentang masalah jerawat yang ternama di dunia. Kligmann mengatakan; ‘bahwa tak seorangpun yang semasa hidupnya tidak mengalami masalah jerawat pada kulitnya’. Maknanya jika kamu mengalami masalah jerawat, kamu bukanlah satu-satunya korban, melainkan itu hal yang umum karena orang lain juga merasakan dal yang sama.

Setelah mengerti tentang beberapa hal mengenai jerawat, kita juga harus mengetahui penyebab timbulnya jerawat seperti berikut.

Penyebab timbulnya jerawat

penyebab jerawat

Kebanyakan aktivitas yang tidak sehat malah membuat kulit menjadi kusam dan berkomedo. Semakin kita menjalani aktivitas seperti berkendara di area sekitar pabrik atau berada pada daerah yang panas dan lembab penuh dengan polusi. Akan membuat kulit menjadi rentan untuk terkena jerawat, dan hal ini bisa menjadi fatal jika dilakukan secara terus menerus.

Jadi kita harus berhati-hati dalam memilih tempat untuk beraktivitas. Pilihlah lingkungan yang sehat seperti pedesaan. Hutan yang jauh dari produksi pabrik. Maka sebelum melakukan tindakan yang bisa mengakibatkan keadaan lebih buruk. Sebaiknya kita mengenali dulu faktor penyebabnya, supaya lebih mudah dalam mengobati nantinya. Berikut ini beberapa faktor penyebab jerawat;

Penyebab timbulnya jerawat akibat sumbatan pada pori-pori

Penyumbatan pori-pori oleh hal-hal yang keras akan membuat jalur keringat menjadi tidak stabil. Dan akhirnya tidak bisa mengeluarkan keringat secara stabil dan malah membuat keringat yang seharusnya keluar menjadi menumpuk. Dan membuat nanah cair yang lama kelamaan akan membuat nanah padat.

Meskipun hanya partikel kecil yang menjadi penyumbat, namun seiring dengan berjalannya waktu. Ketika partikel itu tidak dapat di keluarkan maka akan semakin bertambah dan menempel pada area di dalam pori-pori

Penyebab timbulnya jerawat akibat penggunaan make up yang berlebihan

Menggunakan make up memamng menambah kecantikan, terutama pada wanita.tetapi apakah pemakaian kosmetik ini tidak mempunyai efek samping?. entunya banyak efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian kosmetik. Tentunya bahan dari kosmetik ini sebagian akan memasuki lubang pori-pori, dan jika ini dilakukan secara terus menerus maka akan menumpuk di ddalam dan sulit di keluarkan.

Kosmetik merupakan tambahan untuk merias wajah, tetapi kosmetik juga menggunakan bahan kimia yang berbahaya, selain itu kandungan dalam kosmetik juga berbahaya bagi kulit, banyak penderita jerawat setelah menggunakan bedak yang tidak cocok dengan jenis kulitnya, maupun setelah kebiasaan menggunakan bedak dan dalam jangka waktu yang agak lama tidak menggunakannya, hal ini dapat menimbulkan jerawat yang serius.

Penyebab timbulnya jerawat akibat solusi Debu dan Asap Kendaraan

polusi penyebab jerawat

Ketika kita sedang berkendara di perkotaan yang biasanya terdapat banyak polusi akibat sisa pembakaran pada mesin kendaraan ( motor, mobil ) tentunya hal itu juga akan membuat polusi menempel pada kulit dan masuk ke dalam pori-pori. Bila tidak menggunakan pelindung seperti masker, helm dll maka polusi akan lebih mudah untuk menempel.

Apalagi pada suhu kota yang panas, seperti dekat pasar  maupun dekat lampu merah, di situlah suhu tubuh kita juga meningkat, dan mengakibatkan keluarnya keringat yang tambah memudahkan polusi untuk menempel. Dan jika tidak segera di bilas dengan air bersih, maka polusi akan terus menempel dan ketika kulit mengalami gesekan terhadap kulit atau benda lain, seperti tedur misalnya, maka hal itu akan mendesak polusi semakin masuk ke dalam pori-pori semakin dalam dan semakin banyak.

Penyebab timbulnya jerawat akibat banyak mengkonsumsi makanan berminyak

Ketika kita memakan sesuatu, tanpa kita sadari bahwa sebagian makanan yang kita makan mengandung terlalu banyak minyak. Gorengan merupakan makanan pertama yang banyak beredar dilingkungan dan paling banyak mengandung minyak. Jika kita terlalu banyak memakan gorengan, maka tubuh akan memproses minyak dan akan menumpuk minyak di area sekitar kulit yang akan di keluarkan secara perlahan maupun bersama dengan keringat.

Ternyata dengan banyaknya minyak yang terdapat pada kulit, malah akan membuat penyempitan lubang keluarnya keringat. Dan hal ini akan membuat penumpukan keringat yang lama kelamaan akan mengering dan menyumbat sehingga menciptakan benjolan yaitu jerawat.

Penyebab timbulnnya jerawat akibat sering mengonsumsi soda

Ternyata minuman soda mengandung banyak zat yang dapat meningkatkan lemak dalam tubuh. Jika minuman bersoda secara terus menerus di konsumsi maka lemak akan semakin menumpuk dan cara menguranginya yaitu dengan menjadikan keringat Yang tentunya dikeluarkan melalui kulit dan tidak dapat di pungkiri. Jika kulit terlalu sering mengeluarkan keringat maka sisa keringat yang tidak ikut keluar akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab timbulnya jerawat akibat bakteri jahat (kuman)

Dalam kehidupan sehari hari, tentu setelah kita memegang sesuatu maka selanjutnya dalam jangka waktu tertentu. Kita akan menyentuh wajah, tetapi tangan kita masih kotor akibat memegang benda lain tadi. Di tangan kita terdapat bakteri jahat yak ketika kita menyentuh wajah. Bakteri tersebut akan menempel dan berkembang biak di area kulit wajah dan lama kelamaan akan membuat kulit menjadi rumah bagi bakteri.

Bakteri bersarang pada pori-pori, karena jika ia berada di bagian luar kulit maka akan mudah hilang ketika tersapu angin maupun air. tetapi tidak jika berada di dalam pori-pori. Bakteri jahat sangatlah kebal terhadap segala gangguan saat kita bergerak maupun pada suhu tubuh yang panas. Di dalam pori-pori tersebut bakteri akan melakukan aktivitas seperti layaknya manusia hidup. Dan aktivitas ini akan mengganggu dan menyumbat jalur keluarnya keringat yang mengakibatkan jerawat.

Penyebab timbulnya jerawat akibat kebanyakan menggunakan obat obatan

Obat merupakan alat untuk mengatasi penyakit. Akan tetapi penggunaan obat secara berkala akan membuat kulit mengalami penurunan kualitas dan kehilangan daya tahan serta kekebalan terhadap rangsangan luar, sehingga saraf pada kulit wajah tidak bekerja secara normal. Hal ini akan membuat kulit lebih rentan terkena jerawat dan karena efek dari obat-obatan tersebut akan membunuh sel-sel dalam kulit yang akan memperlambat memperbarui sel kulit yang mati.

penyebab timbulnya jerawat akibat sering menggunakan ponsel

sering menggunakan ponsel

Ketika wajah kita terlalu sering bersentuhan dengan ponsel, ketika melakukan telepon biasanya yang lebih mudah menempel secara lama. Karena ponsel yang kita tempelkan pada kulit wajah tersebut biasanya tidak kita cuci. Kebanyakan ponsel lebih rentan rusak jika terkena air, hal ini akan membuat ponsel kita lebih banyak di tempeli debu dan partikel kecil serta kuman.

Selain kulit wajah terkontraksi langsung dengan ponsel, ada penularan yang lain, yaitu melalui tangan. Ketika kita sedang mengoperasikan ponsel, tanpa sengaja tangan kita menyentuh wajah, sebenarnya hal ini akan memindahkan debu ke kulit wajah yang tentunya akan membuat gejala jerawat.

penyebab timbulnya jerawat akibat stress karena permasalahan hidup

Otak memamg sinkron terhadap seluruh tubuh, akan tetapi ketika pikiran kita sedang stress maka akan membuat sel saraf menjadi tegang dan terganggu, sehingga saraf tidak dapat bekerja secara eefektif. Pengaruh stress karena pikiran lagi kacau tersebut akan membuat daya tahan tubuh dan kulit menjadi menurun dan stress juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab timbulnya jerawat akibat hormon meningkat

Usia remaja memang sulit untuk terhindar dari masalah jerawat. Karena usia itulah dimana keadaan hormon semakin meningkat, biasanya pada usia ini  lebih rentan berpikir yang terlalu mengarah pada nafsu. Dan hal ini akan merangsang sel saraf untuk mengeluarkan lebih banyak minyak, sehingga pori-pori lebih banyak mengeluarkan minyak dan minyak tersebut tidak dapat keluar secara sempurna dan hal itu pasti.

Semakin sering kulit mengeluarkan minyak, maka lebih sering pula pori-pori untuk menampung minyak. Minyak yang tidak ikut keluar akan menumpuk pada pori-pori dan membuat penyumbatan dan mengeras sehingga menciptakan suatu nanah dalam jumlah yang banyak. Sehingga pori-pori tidak dapat menampungnya secara terus menerus.


Nah! Jika anda sudah mengetahui penyebab timbulnya jerawat, anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih suatu tindakan.

 

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.