Desain Rumah, Cara Membuat, Minimalis, Mudah, Dan Praktis

Desain Rumah, Cara Membuat, Minimalis, Mudah, Dan Praktis

Desain Rumah – Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membuat desain rumah. Rumah minimalis yang mewah maupun sederhana. Pada dasarnya hampir semua orang mengidamkan rumah dengan struktur bangunan dan proporsi yang unik dan praktis pastinya.

Dalam dunia arsitektur banyak berbagai bentuk dan macam bangunan yang bisa dibuat dan layak untuk dihuni, namun apakah yang menghuni rumah dapat menemukan kenyamanan dan kepuasan. Nah, maka dari itu mari kita belajar agar kita dapat mendesain rumah sendiri.

Mungkin kalian mau jadi arsitek atau ingin membuat bngunan sendiri tanpa arsitek, caranya cukup mudah, untuk dapat memahami cara dalam mendesain mari kita simak dulu artikel di bawah ini.

Tips sebelum mendesain rumah

Dalam membuat sebuah bangunan yang minimalis tidaklah mudah, selain mempunyai kemampuan, kita juga harus memiliki pola pikir dan inspirasi tentang bagaimana langkah kita agar dapat menciptakan sebuah karya seperti yang kita harapkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kami sajikan buat anda.

Mencari inspirasi lewat berjalan-jalan

Dalam mencari inspirasi kita bisa ajak keluarga atau sahabat untuk melihat kreasi dan keunikan dari proporsi rumah pada umumnya, lalu ketika sudah dapat ide bisa digabungkan agar menjadi kesatuan bentuk yang relevan dan mencapai hasil yang maksimal.

Untuk waktu dalam mencari inspirasi usahakan dalam waktu pagi atau sore hari, sebab waktu-waktu itu dimana keadaan cahaya tidak terlalu silau dan menjadikan kemudahan bagi anda dalam menggapai sebuah gagasan melalui ketenangan waktu.

Mencari referensi dari media

Biasanya kalau mencari sebuah informasi desain rumah melalui media, dapat anda dapatkan pada tabloid dengan umur yang tidak terlalu tua, akan memberikan kesan kekinian, untuk tabloid sendiri dapat anda beli ditoko buku terdekat.

Mengunjungi pameran properti

Misalnya ditempat anda terdapat pameran properti, jangan segan-segan untuk mendekat karena meskipun lingkup kecil tidak seperti pemandangan alam, namun disitu terdapat banyak informasi dan imajinasi yang dapat anda peroleh.

jika anda dapat menghargai barang kecil, maka disitu akan anda sadari bahwa dalam mencari sebuah informasi tidaklah mudah, membutuhkan pola pikir yang terlalu rumit dan membutuhkan ketlatenan yang memang orang yang mempunyai keuletan dan telaten yang memang khusus.

Buatlah kliping

Gunting gambar rumah yang menurut anda dapat menjadi pilihan terbaik untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan, kumpulkan beberapa gambar untuk dijadikan klipping, kemudian ekspresikan kedepannya bagaimana untuk memunculkan sebuah ilusi karya yang akan jadi pedoman dalam membuat sebuah desain rumah.

Pertimbangan keluarga

Dalam menentukan sebuah keputusan yang nantinya mau di buat bagaimana tentang luas bangunan, jumlah ruangan dan ukuran-ukuran yang lain. Rundingkan dengan keluarga agar mencapai sebuah mufakat.

Berikut ini tahapan mendesain rumah minimalis

Setelah anda melakukan beberapa tahap persiapan dalam mencari inspirasi desain, langkah selanjutnya adalah untuk mendesain. Tidak perlu keahlian sangat khusus dalam membuat desain rumah,

Anda bayangkan saja kegiatan ini seperti masa kecil, belajar dan bermain mengunakan media kertas, karena membuat desain tidak jauh berbeda dengan membuat suatu mainan dari kertas dan gambar juga puzzle.

Penataan denah sangat bergantung pada ruang yang akan anda butuhkan dan aktivitas yang akan anda lakukan nantinya. Ini karena denah merupakan langkah terpenting yang menyangkut seluruh penghuni rumah nantinya.

Dalam pembuatan denah, sebelum di bangun bangunan, anda harus memiliki persetujuan dulu dari penghuni rumah, agar semuanya nyaman. Dan tidak menimbulkan suatu kesalahan. Berikut ini penjelasan dan cara membuat desain lengkap.

Menentukan data penghuni

Sebelum membuat sebuah desain, sebaiknya tentukan dulu berapa jumlah orang yang menempati rumah tersebut. Agar nantinya jika sudah selesai, rumah tidak terasa sempit maupun terlalu luas.

Membuat program ruang

Tentukan dahulu jumlah dan ukuran ruang yang nantinya akan mengisi bagian dalam bangunan. Untuk ukuran ruang sebaiknya itu belakangan karena yang utama adalah jumlahnya, untuk ukuran nanti masih dapat berubah.

Buat sketsa lahan pada kertas milimeter

Belilah kertas milimeter block, pengaris, pensil, dan penghapus. Ambil selembar kertas milimeter dan mulai mengambar ukuran lahan, biasanya lahan berukuran 6 x 14 meter, anda dapat memperkecil nantinya tingal membandingkan saja.

Mengambar garis bantu

Untuk menempatkan ruang supaya mudah, maka diperlukan garis bantu untuk memandu anda. Mulailah mengambar garis bantu mulai dari area depan yaitu carport, tarik garis horizontal berjarak 5 meter dari depan dan 3 meter dari samping. 3 x 5 adalah ukuran standar carport untuk rumah ukuran sedang.

Dengan ukuran ini, mobil akan sepenuhnya bisa masuk ke dalam carport tanpa muncul ke jalan atau mengganggu sirkulasi orang yang masuk keluar rumah.

Lanjutkan menggambar garis bantu

Lanjutkan mengambar garis bantu untuk memudahkan penempatan ruangan lainnya, di sini sebagai contoh saya buatkan garis horizontal berjarak 3 meter dan garis pertama untuk panduan membuat kamar tidur, dilanjutkan 1.5 meter untuk kamar mandi dan 3 meter untuk kamar belakang dan saya sisakan 1.5 meter untuk halaman belakang

Menempatkan ruang-ruang pada garis bantu

Menetapkan konsep ruang berdasarkan garis bantu yang telah digambar. Ini hanyalah konsep ruang, artinya ruang tersebut tidak harus sesuai dengan ukuran yang ditetapkan nantinya. Masukkan saja ruangan yang perlu dimasukkan, untuk ukuran nantinya bisa diedit sendiri.

Tambahkan garis bantu

Tambahkan garis bantu pada kolom yang sekiranya perlu untuk di isi, sebagai contoh saya memberi garis vertikal untuk membantu saya membatasi ukuran kamar mandi agar ukurannya menjadi 1.5 x 1.5 meter, namun juga telah saya tambahkan gambaran untuk teras depan dan belakangdengan menggambar garis bantu yang saya beri warna merah dan berjarak 1 meter dari garis bantu.

mengapa saya beri warna yang berbeda, karena jika sama, akan sulit bagi anda untuk menemukan garis yang saya maksud, namun anda tidak perlu mengikuti dengan warna merah, bisa menggunakan pensil warna hitam.

Lakukan Trial Error

Pertebal garis yang menurut anda sudah pas dan anda bisa menghapus garis bantu yang sekiranya mengganggu. Disini saya berusaha agar luas  bangunan tidak melebihi dari luas yang ditetapkan yaitu 36 m2. Cara menghitungnya yaitu, jumlah total dari tiap-tiap ruangan ditambah dengan setengah dari luas teras.

Teras dihitung separuh, karena pembangunannya hanya memerlukan setengah dari biaya pembangunan per meter. Ini karena teras tidak memerlukan pondasi yang kuat dan dindingnya terbuka.

Setelah saya hitung keseluruhan ruangan (dua ruang kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang teras) yang dalam jumlah 36 m2. Karena saya merasa teras depan kurang lebar, maka saya majukan sedikit menjadi 1.5 meter.

Pindahkan ke kertas HVS putih

Agar lebih jelas dan lebih mudah dipahami, pindahkan sketsa anda yang tadi dari kertas milimeter ke kertas HVS, yang perlu anda gambar yaitu sketsa dinding yang sudah anda anggap pas.

Pertebal garis dinding

Buat ketebalan dinding dengan menggambar garis selebar 1.5 milimeter. Ukuran ini adalah ketebalan dinding standar yang paling umum digunakan, 1.5 mm berasal dari ketebalan dinding 15 cm (bata 10 cm ditambah ketebalan plesteran semen 2 x 2.5).

Garis saya ilustrasikan sebagai as dinding dan garis hitam adalah garis dinding yang akan anda buat. Dinding dalam berjarak masing-masing 0.75 mm dari as dan untuk dinding luar diberi jarak 1.5 mm dari as ke dalam.

Ini dikarenakan tidak mungkin menggambar garis dinding di luar batas lahan yang tersedia.

Beri pintu dan jendela

Setelah semua ruang telah masuk dalam sketsa lahan anda. langkah berikutnya adalah memberikan notasi pintu dan jendela pada denah anda.

Tentukan dengan jelas dimana  posisi pintu dan jendela pada denah anda yang menurut anda sudah final. Tentukan jenis pintu yang nantinya anda gunakan, apakah pintu single atau pintu double.

Begitu juga jendela, jangan terlalu detail karena posisi pintu dan jendela akan bisa berubah mengikuti desain tampak depan.

Read: Desain Rumah Kayu | Gambar, Unik, Sederhana, Cara Merawat

Beri perabot dan arsiran

Lengkapi denah anda dengan perabot. Dengan memberi perabot, denah anda akan tampak lebih hidup. Anda jadi bisa membayangkan bagaimana keluarga anda beraktifitas nantinya.

Mulailah dari ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi dan seterusnya. Setelah itu baru dilakukan pengarsiran dinding dan taman.

Evaluasi ulang

tentunya anda mengharapkan rumah yang nyaman, namun tidak hanya untuk anda, melainkan orang lain, seperti keluarga dan kerabat maupun tamu.

Kemudian ajak keluarga anda mendiskusikan denah tersebut, apakah sudah memenuhi kriteria yang di inginkan sebuah keluarga atau masih ada kekurangan yang belum ter pikirkan.

Banyak yang harus di evaluasi ketika membuat rancangan seperti ini, karena bangunan yang termasuk permanen. Pikir-pikir dahulu misalnya dari segi cahaya, apakah ruang ruang tertentu mendapatkan cahaya matahari.

Kemudian selanjutnya segi udara, apakah ruang ruang, sepert dapur, kamar dan ruang tamu mendapatkan sirkulasi yang stabil dan yang baik pula setiap harinya.

Selanjutnya segi ukuran, misalnya kamar tidur, apakah kamar tidur kurang besar atau kurang kecil, apakh perlu menambahkan kamar tidur pembantu, ruang kerja musholla, tempat cucian dan jemuran, taman dan ruang lainnya.

Jika sudah dirundingkan dengan keluarga, mintalah pendapat dari orang yang lebih mengerti, seperti teman dekat yang menangani hal tersebut. Jika teman anda seorang arsitektur, mungkin ia mau memberikan masukan yang penting.

Beri warna

Kalau anda memiliki waktu luang, cobalah beri warna pada denah anda, hal ini bisa membuat nuansa pikiran anda lebih tampak hidup. Pewarnaan bisa menggunakan pensil warna, krayon, atau bahkan program komputer seperti adobe photoshop.

Denah yang sudah anda warnai mungkin bisa memberikan semangat dan motivasi mendorong kreasi pola pikir anda untuk membangun rumah, ingat bahwa motivasi juga perlu disini.


adapun beberapa konsep untuk rumah minimalis dan nyaman untuk di huni, berikut ini keterangannya.

Konsep denah rumah 2 kamar

bagi anda yang memiliki lahan yang luas, dan berada dia area perkampungan yang jauh dari pemukiman, gunakan kesempatan ini untuk membuat sebuah kreasi dan karya.

Sekarang banyak orang yang mencari konsep dalam membuat rumah yang minimalis, terutama yang mengincar konsep ini adalah, pasangan muda yang baru menikah.

desain rumah minimalis memiliki harga yang cukup ekonomis sehingga banyak pengembang properti  yang berlomba membuat tipe rumah ini.

Selain itu, tipe rumah ini juga memiliki berbagai macam varian bentuk dan layout yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, baik bagi anda yang masih lajang maupun yang sudah berkeluarga.

Desain rumah 2 kamar

Jika anda ingin membuat desain rumah dengan dua kamar 1 lantai yang sederhana, praktis, dan ekonomis. Tidak ada salahnya mencoba beberapa trik sederhana yang menjadi tumpuan dalam mebuat sebuah desain.

Sketsa rumah sebagai contoh untuk desain rumah dua kamar mungkin dapat menjadi pilihan anda dalam membangun sebuah rumah yang sederhana dan minimalis.

Bagi anda yang mempunyai dana yang pas-pasan, mungkin pilihan ini dapat membantu sekali, karena tidak perlu biaya yang mahal sudah bisa membuat rumah sederhana dan bernuansa mewah.

Ada beberapa keuntungan dari rumah menggunakan konsep ini, yaitu:

  • Lebih mudah di rawat
  • Lebih indah dan nyaman
  • Terlihat lapang

Desain rumah sederhana 6×12

Salah satu tipe rumah modis yang paling banyak dikembangkan oleh para developer perumahan yaitu desain rumah sederhana 6×12.

Jika anda memiliki lahan yang berukuran 6×12 meter dan ingin membangun rumah minimalis yang modern, nyaman dan sederhana. Maka desain ini sangat cocok buat anda yang dalam kategori memiliki lahan dengan ukuran tersebut.

Desain yang tepat untuk lahan ini adalah rumah tipe 45. Artinya luas bangunan ini mempunyai luas kurang lebih 45 meter persegi untuk dapat memanfaatkan lahan seluas ini.

Tanah dengan desain rumah sederhana 6×12 sangat ideal untuk hunian di perkotaan karena ukurannya yang pas. Ukuran ini tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas, sehingga harganya terjangkau. Berikut ini adalah contoh desain rumah sederhana 6×12 1 lantai dengan tipe 45 rumah minimalis sederhana.

Konsep desain rumah 3 kamar

Jika anggota keluarga anda bertambah atau kebutuhan anda yang semakin banyak yang mengharuskan anda menambah jumlah kamar untuk menyelesaikan kebutuhan di rumah anda.

Mungkin anda ingin memiliki jumlah ruang yang lebih banyak kalau lahan anda masih bisa menampung untuk pengembangan secara horizontal atau mendatar.

Anda bisa mengembangkan denah rumah 2 kamar dengan sistem rumah tumbuh atau tingkat, akan tetapi jika lahan anda sempit dan tidak memungkinkan anda untuk mengembangkan secara horizontal.

Mungkin anda bisa mempertimbangkannya untuk mendesain atau menambah secara vertikal. Karena itu, sejak awal perencanaan sebaiknya anda sudah merencanakan secara matang tentang struktur bangunan rumah yang kokoh untuk kemungkinan pengembangan rumah di kemudian hari.

Berikut ada beberapa gambaran denah untuk rumah dengan  3 kamar.

denah rumah 3 kamar dengan ukuran 6×12

Untuk memiliki denah rumah 3 kamar dengan ukuran 6×12 maka anda bisa mengembangkan desain rumah sederhana 6×12 untuk 1 lantai secara vertikal menjadi 2 lantai. Cara ini lebih efektif dan membuat ruangan di rumah anda terlihat lebih lapang.

Denah rumah 3 kamar dengan ukuran 7×9

Jika anda ingin memiliki denah rumah 3 kamar dengan ukuran 7×9. Anda bisa mengembangkan denah rumah ukuran 7×9 menjadi 2 lantai. Atau jika lahan anda lebih luas, anda bisa membuat denah rumah 3 kamar dengan ukuran 7×9 untuk 1 lantai.

Meskipun contoh denah rumah 3 kamar dengan ukuran 7×9 sangat jarang kita temui. Anda dapat memodifikasi dari berbagai contoh denah rumah 3 kamar dengan ukuran 6×12 karena ukurannya tidak jauh berbeda.


Mendesain denah rumah sendiri

Mungkin akan membutuhkan pemikiran sedikit ekstra bagi anda yang baru pertama kali mencoba. Namun yakinlah bahwa anda akan mempunyai kesempatan untuk menjadi terampil dan mahir dalam membuat desain, dari waktu ke waktu.

Begitulah sedikit tentang tata cara dan contoh dalam membuat denah rumah yang minimalis secara praktis dan mudah. Untuk keterangan lebih lanjut dapat belajar menemui pakarnya. Sekian Terima kasih.

Jangan lupa kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Satu pemikiran pada “Desain Rumah, Cara Membuat, Minimalis, Mudah, Dan Praktis”

Tinggalkan komentar