Desain Rumah Kayu | Gambar, Unik, Sederhana, Cara Merawat

Desain Rumah Kayu | Gambar, Unik, Sederhana, Cara Merawat

Desain Bentuk Rumah Kayu Unik Dan Sederhana – Banyak sekali orang yang bermimpi dan jatuh cinta untuk mempunyai rumah kayu. Disamping karena nilai keunikan dan nilai klasik yang di tawarkannya, rumah kayu akan terlihat lebih spesial dibandingkan dengan rumah yang lainnya. Rumah kayu juga memancarkan rasa hangat kekeluargaan serta kedekatan dengan alam yang indah yang merupakan pemenuhan insting alami sifat manusia. Kalau pulang kerumah itu akan terasa menenangkan dan akan menyegarkan energi anda yang sudah terkuras seharian.

Rumah-Kayu-Sederhana-dan-indah

Rumah kayu ini sendiri sudah berevolusi dalam berbagai gaya yang sangat menarik dan juga tidak kalah memberikan kenyamanan bagi yang menghuninya. Sangat banyak kelebihan yang dimiliki rumah kayu ini, salah satunya menghadirkan keindahan daripaada tekstur dan juga masing-masing jenis pola dari material kayu.

Nah, kali ini kami akan memberikan contoh bentuk dan juga desain rumah kayu yang indah dan menarik, mari langsung saja kita simak penjelasan berikut :

Table of Contents

Contoh Desain Gambar Bentuk Rumah Kayu Yang Sederhana

1. Contoh Desain Gambar Bentuk Rumah Kayu Bergaya Country

desain-rumah-kayu-bergaya-country

Rumah kayu bergaya country yang satu ini memang mirip dengan rumah panggung dan banyak mempunyai kelebihan. Diantaranya ialah melindungi terhadap banjir dan kolong rumahnya bisa mendinginkan suhu rumah, sehingga rumah terasa lebih sejuk dan nyaman. Kelebihan lainnya di rumah tersebut terdapat balkon yang luas sehingga bisa dijadikan teras untuk bersantai bersama keluarga tercinta untuk menikmati suasana alam yang indah.

2. Contoh Desain Bentuk Gambar Rumah Kayu Dengan Atap Berwarna Cerah

rumah-kayu-dengan-atap-berwarna-cerah

Desain rumah panggung memang sangat cocok sekali sebagai rumah kayu. Dan rumah yang memiliki warna atap cerah ini memang sangat terlihat stunning di tengah suasana alam yang indah. Para penghuni setiap hari pastinya bisa menikmati suasana alam yang masih alami dan rumah kayu tersebut sangatlah ideal sebagai rumah untuk berlibur bersama keluarga.

3. Contoh Desain Gambar Bentuk Rumah Kayu Berbentuk Persegi Panjang

-desain-rumah-kayu-bentuk-persegi panjang

Fokus pada gaya desain modern dengan bentuk persegi panjang. Desain ini memiliki ruang tamu yang luas, pintu dan jedelanya didekorasi kaca transparan yang dapat membuat cahaya alami bisa masuk ke dalam rumah dan juga membantu meningkatkan pencahayaan internal.

4. Contoh Desain Gambar Bentuk Rumah Kayu di Atas Bukit

rumah-kayu-diatas-bukit

Rumah kayu ini terlihat sangat harmonis dan selaras kalau di bangun di dekat dengan alam yang indah, apalagi kalau di hadirkan di lokasi yang di kelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Desain rumah yang satu ini sangatlah sederhana dengan teras yang tidak terlalu luas di depan pintu masuk. Dan yang lebih unik lagi adalah jendelanya yang di desain tertutup guna untuk keamanan rumah.

5. Contoh Desain Gambar Bentuk Rumah Kayu di Tepi Danau

rumah-kayu-di-tepi-danau

Tempat lain yang sangat strategis dan populer untuk membangun rumah kayu adalah di dekat danau. Dengan adanya pepohonan, material kayu bisa menyesuaikan suhu menjadi sangat sejuk dan nyaman sepanjang tahun. Teras rumah ini cukup strategis sehingga sangat nyaman untuk menjadi tempat bersantai menikmati alam.

6. Contoh Desain Rumah Kayu Bergaya Modern

rumah-kayu-modern

Kalau bentuk rumah yang satu ini dirancang bergaya modern dengan bentuk jendela yang dekoratif. Rumah ini banyak dikelilingi jendela yang membuat udara segar dan sinar matahari masuk kedalam rumah. Di depan pintu terdapat teras yang luas untuk bersantai bersama teman maupun keluarga tercinta ataupun untuk bersantai sehabis kerja. tempat yang sangat nyaman untuk bersembunyi sejenak dari hiruk pikuknya kota.

7. Contoh Desain Gambar bentuk Rumah Kayu Sederhana

Rumah-Kayu-Tradisional-indah

Dengan desainnya yang sederhana rumah ini sangat terasa sejuk untuk penghuninya. Tinggi rumah ini sekitar 1 meter dari tanah. Dan perlu anda ketahui kelebihan rumah panggung ini dibandingkan dengan rumah biasanya ialah udaranya dapat mengalir kedalam rumah lewat mana saja, termasuk lantai rumah.

8. Contoh Desain Gambar Rumah Kayu Atap Tinggi

rumah kayu

Dengan bentuk atap gable yang tinggi, rumah kayu ini bentuknya begitu unik. Apalagi ada jendela kecil yang dibangun di atas. Ruah kayu ini memberikan suasana sejuk dan nyaman terutama pada siang hari.

9. Contoh Desain Rumah Kayu Yang Homey

rumah kayu mungil

Dengan bentuknya yang kecil, biaya untuk pembangunan rumah kayu ini tidaklah terlalu besar budgetnya. Kesan natural dan alami memanglah menjadi ciri khas rumah katu ini. Rumah ini sangat menyatu dengan alam dengan konsep minimalis rumah kayu ini mempunyai daya tarik bagi siapa saja yang melihat.

Contoh Desain Eksterior dan Interior Rumah Kayu

Bukan hanya memakai material kayu sebagai material utamanya, tak sedikit yang memberikan sentuhan kayu pada interiornya, seperti langit-langit, lantai, perabot dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini inspirasi yang sudah kami kumpulkan untuk anda yang ingin mempunyai rumah kayu atau bernuansa kayu.

rumah-kayu-

1, Gerbang dan Tempat Permainan Anak Harus Sesuai

rumah-kayu-sarang-

Bukan hanya rumahnya saja yang berbahan dasar kayu. Tempat permainan anak serta gerbang yang terbuat dari kayu ini terlihat sangat sesuai untuk rumah yang mungil nan menawan ini.

2. Kombinasi warna Rumah Kayu Minimalis

kombinasi desain rumah kayu

Kombinasi kayu yang berwarna putih dan coklat ini sangat menjawab keinginan anda yang ingin mempunyai rumah minimalis dengan dominasi bahan kayu.

3. Pilihlah Atap Kaca Untuk Menampilkan Kesan yang Mewah

Pilihlah-rumah-kayu-dengan atap kaca

Sebaiknya pilih atap kaca untuk menampilkan kesan yang bersih dan mewah. Tambahan pintu dengan satu jendela kaca akan semakin memanjakan pemiliknya menikmati pemandangan taman yang sangat indah serta langit yang cerah berwarna biru.

4. Pilihlah Dekorasi Rumah Kayu Dengan Patform Bed Pada Kamar Tidur

demorasi rumah kayu maksimal

Dekorasi rumah kayu akan semakin maksimal dengan pilihan patform bed pada kamar tidur anda. Panggung kotak berbahan dasar kayu yang serasi dengan lantai dan dinding kamar akan semakin membuat kamar tersebut sangat nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat.

5. Menambahkan Pajangan Untuk Menambah Kesan artistik

pajangan-dinding-rumah-kayu

Pajangan yang memenuhi dinding semakin menambah kesan artistik pada rumah kayu yang minimalis ini. Tumbuhan hijau di dalam ruangan minimalis ini memberikan warna furnitur berwarna coklat yang senada dengan lantai dan atapnya.

6. Mendesain dengan Memberikan Kursi-kursi Cantik Di Sekitar Rumah

menambahkan kursi kayu

Desain rumah yang ini sangat memanjakan pemiliknya dengan kursi-kursi kayu yang berada di samping rumah untuk menghabiskan waktu yang berharga bersama keluarga tercinta maupun sekedar menikmati udara segar di pagi hari.

7. Menambahkan Ruangan Tambahan

mendesain rumah dengan menambah ruang tambahan

Rumah yang mempunyai ukuran kecil dimaksimalkan dengan mezzaine, yaitu ruangan tambahan yang letaknya diantara plafon dan lantai. Disamping itu juga tidak perlu menambahkan lantai, mezzaine ini juga memperccantik desain interior rumah ini.

8. Arsitektur Rumah Kayu Sederhana

arsitektur rumah kayu sederhana

Arsitektur rumah kayu minimalis sang satu ini terlihat begitu sederhana, akan tetapi dapat mencuri perhatian dengan pintu kaca serta jendela yang sangat senada dengan warna atapnya. Rumah kayu sederhana yang sangat indah.

9. Memberikan Sebuah Ayunan Pada Rumah Kayu Minimalis

memberikan-ayunan-pad-rumah-kayu

Rumah kayu minimalis ini sekilas memang terlihat sangat sederhana. Tapi bangku yang ada di depannya membuat rumah ini sangatlah istimewa. Ini bukan hanya sekedar bangku biasa, bangku teras kayu ini rternyata adalah merupakan ayunan yang sangat  bagus.

10.Rumah Kayu Minimalis Yang Kokoh

membuat rumah kayu kokoh

Rumak kayu minimalis yang bertingkat ini tampak terlihat sangat kokoh dengan pilar-pilar kayu di sisinya. Tambahan jembatan di atas kolam ikan yang lurus sampai pintu masuk rumah semakin memperindah arsitektur rumah kayu yang satu ini.

11. Perpaduan Kayu dan Batu Alam

perpaduan kayu dan batu alam

Perpaduan kayu dengan batu alam pada dinding alam ruangan ini memberikan nuansa yang nyaman dan sejuk pada dapur rumah kayu ini. Sangat cocok untuk hawa indonesia yang tropis dan cenderung memiliki cuaca yang panas.

12. Furnitur Kamar Tidur Menggunakan Kayu

kamar-tidur

Kamar tidur yang satu ini memilih warna dari bahan kayu yang sama untuk setiap furniturnya. Kamar ini lengkap dengan tempat tidur lipat yang mempunyai warna serasi dengan warna lantainya, sehingga menjadikan rumah ini semakin terlihat rapi dan indah.

13.Desain Rumah Kayu dengan Rumput Hijau

desain-rumah-kayu-dengan-rumput-hijau

Rumah kayu ini terlihat tampak asri dan indah dengan rumput hijau di halamannya. Tambahan bangku teras kayu berwarna putih yang senada dengan warna lantainya menjadikan rumah ini terlihat tampak terlihat bersih, indah dan rapi.

14. Jendela Kaca Yang Besar dan Berhadapan Langsung Dengan Kamar Tidur

jendela-kaca-rumah-kayu

Jendela kaca yang mempunyai ukuran besar dan berhadapan langsung dengan tempat tidur. Ini memungkinkan cahaya matahari masuk dan membangunkan pemiliknya di pagi hari untuk memulai aktifitas yang baru dan lebih bersemangat. Ditambahkan hiasan kayu bakar di depan jendela semakin memperindah rumah kayu ini.

15. Desain Ruang Tamu Rumah Kayu

desain ruang tamu

Desain ruang tamu pada rumah kayu ini sangat unik karena posisinya lebih rendah dari ruangan yang lain. Tangga kayu semakin memperelok interiornya. Begitupun dengan tanaman hijau yang mendapatkan sinar matahari langsung dari jendela kaca di atasnya.

16. Letak Rumah Kayu yang Geografis

rumah-kayu-megah

Arsitektur yang berikut ini sangat terlihat megah. Letak tanah geografis yang tidak rata Diakali dengan tambahan panggung di sisi rumah yang menjadikan rumah ini semkain menawan dan unik.

17. Desain Rumah Mempunyai Loteng Yang Luas

desain rumah kayu yang unik

Rumah kayu yang satu ini mempunyai loteng yang sangat luas untuk dijadikan sebuah kamar. Jendelanya yang besar membuat cahaya matahari bisa masuk kamar sehingga kamar menjadi terang.

18. Kamar Mandi Terbuat dari Kayu dan Mempunyai Jendela Besar

kamar-mandi-terbuat-dari-kayu

Kamar Mandi yang terbuat dari kayu biasanya akan rentan dan menjadi lembab. Namun kamar mandi kayu yang satu ini diatasi dengan membuat jendela yang sangat besar sehingga kamar mandi akan selalu kering dan tidak lembab.

19. Desain Mewah Pada Ruang Tamu Dengan Plafon

Desain ruangan dengan plafon

Desain mewah pada ruang tamu ini didapat dengan plafon yang dibuat sangat tinggi dan juga jendela kaca yang berukuran besar. Ruangan ini menjadi sangat luas dan semakin elok dengan funiturnya yang sangat menawan.

20. Ruang Tidur Dilengkapi Dengan skylight window

Rumah-Kayu-indah

Kamar yang letaknya di atap rumh kayu ini dilengkapi dengan skylight window yang menjadikan kamar ini tidak akan kekurangan cahaya matahari.

Cara Merawat Rumah Kayu

Perawatan terhadap rumah kayu sangat penting untuk dilakukan oleh pemilik rumah. Hal itu dikarenakan bahan kayu yang membutuhkan perhatian khusus dan perhatian lebih. Kalau tidak dirawat dengan sungguh-sungguh maka rumah akan keropos dan cepat lapuk karena digerogoti rayap. Apa sajakah yang perlu dilakukan untuk merawat rumah kayu ini ? Ini tipsnya :

Desain Rumah Kayu Terbaik 2017 - Desain Rumah Minimalis - Inilah! Cat Rumah Papan Minimalis yang Ngehits

1. Coating Ulang Secara Langsung

Rumah yang mempunyai elemen maupun perabotan berbahaya dari kayu dianjurkan untuk melakukan coating ulang secara rutin, setidaknya 5 bulan dalam sekali. Terutama untuk elemen eksterior dari rumah yang secara langsung bersentuhan dengan efek cuaca. Hujan, angin dan sinar matahari Merupakan musuh utama bagi elemen rumah dan furniture berbahaya kayu. Pilih coating yang sesuai dengan kegunanannya. Kalau anda memilih finishing dengan memakai plitur atau coating untuk mempertahankan serat kayunya agar terlihat, maka pilihlah plitur yang memiliki kualias terbaik dan  juga ramah terhadap lingkungan.

2. Pencegahan dan Pemusnahan Rayap Secara Berkala

Semua pasti sudah mengetahui betapa rawannya kayu terhadap rayap. Apalagi kalau kayu yang anda pilih untuk membangun rumah tidak cukup berkualitas atau tidak dirawat dengan intensif supaya bersifat anti rayap sebelum dipakai. Anda harus secara rutin melakukan pengecekan di tempat-tempat yang sangat rawan terhadap rayap, terutama di sudut-suudut rumah.

Saat ini teknologi pencegahan dan pemusnahan rayap sudah semakin berkembang. Kalau bagian kayu di rumah anda terserang rayap, lakukanlah pemusnahan secepat mungkin.

3. Bersihkan Kayu Dari Kotoran Dan Debu

Debu-debu yang menempel di kayu harus di bersihkan setiap hari. Pembersihan bisa dilakukan dengan air pel dan harus langsung dibersihkan. Sedangkan untuk pencucian dinding kayu bisa dilakukan dengan jangka waktu yang tergantung pada kebersihan tingkat udara di sekeliling rumah tersebut. Kalau rumah anda berada di daerah yang banyak debu dan polusi, anda bisa membersihkannya dengan memakai lap basah sesekali agar debu tersebut tidak menempel dan merusak kayu, rumah pun akan terlihat bersih.

4. Perhatikan Kebiasaan di Rumah

Banyak kebiasaan yang tidak disadari yang dapat merusak rumah kayu anda. Misalnya dalam pemakaian dan penggunaan barang atau peralatan di dalam rumah. Ketika pada saat memindahkan perabot besar misalnya meja atau kursi, perabotan tersebut harus dipindahkan dengan diangkat, bukan digeser. Hindarilah gesekan langsung setiap permukaan kayu dengan barang atau benda tajam.

Tanaman yang ada disekitar rumah juga harus diperhatikan, jangan membiarkan dinding rumah anda tertutupi oleh pohon dan tanaman. Hal ini dikarenakan agar dinding dan ruangan di dalam rumah mendapatkan paparan sinar matahari sehingga kayu tidak akan lembab dan tidak mudah dilumuti atau dijamuri.

Asap dari ruang masak juga tidak boleh sering terkena langsung pada dinding atau perabotan lain yang berbahan utama kayu. Kalau terlalu sering terkena asap, maka kayu akan cepat kusam dan tidak indah lagi.

Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis

Mungkin rumah kayu minimalis merupakan cerminan dari kondisi ekonomi seseorang tang rendah, tapi sekarang berbalik kondisinya karena rumah kayu menjadi properti dengan nilai investasi yang tinggi karena harga kayu yang sekarang menjadi sangat mahal. Di sini kami akan menjelaskan cara membuat rumah kayu minimalis dengan mudah, mari langsung saja kita simak tips berikut :

Konsep-Desain-Rumah-Kayu-Minimalis-Yang-indah

1. Tahap Pembuatan Rumah Kayu

Membuat rumah kayu bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana dan menghasilkan desain bangunan yang kokoh, indah, nyaman dan tentu saja dengan biaya yang ekonomis. Berikut ini beberapa tahapan bagaimana cara membuat rumah kayu minimalis

  • Ada data lahan pembuatan rumah kayu dan ada perencanaan.
  • Penentuan bentuk rumah dalam bentuk sketsa atau gambar.
  • Perhitungan struktur kayu yang dibutuhkan untuk menentukan dimensi dan kualitas kayu.
  • Membuat sketsa atau gambar detail struktur rumah minimalis kayu disesuaikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh sebelumya.
  • Perhitungan rencana anggaran bangunan (RAB).
  • Pengadaan bahan bangunan secara keseluruhan serta upaya pelestariannya.
  • Proses membangun rumah kayu memakai sistem kerja terbaik sesuai gambar desain yang sudah ditentukan.
  • Perawatan dan pemilihan rumah kayu dari hal-hal yang dapat merusak seperti serangga yang bisa merusak kayu atau atap bocor.

2. Syarat Membangun Rumah Kayu

Membangun rumah kayu minimalis akan memerlukan persyaratan tertentu yang akan membuat rumah kayu terlihat sempurna, nyaman dan indah untuk anda tinggali harus memenuhi bebera[a syarat seperti berikut ini :

  • Lokasi Rumah Kayu : Lokasi dimana rumah kayu yang akan dibangun harus terbebas dari unsur-unsur yang bisa merusak bahan kayu agar rumah kayu anda bisa lebih awet dan tahan lama.
  • Pemilihan Jenis Kayu Untuk Rumah Kayu : Pemilihan jenis kayu yang berkualitas sangat mempengaruhi kekuatan bangunan itu sendiri. Untuk itu jenis kayu yng dipakai harus disesuaikan dengan nilai-nilai fungsi pada saat yang sama.
  • Proses Pengawetan Rumah Kayu : Proses pengawetan rumah Kayu ini sangat penting untuk dilakukan karena kegiatan ini selain terkait dengan pembangunan rumah kekokohan sebuah kontruksi dari rumah kayu itu sendiri. Di samping itu juga untuk mempertahankan elemen kayu agar tidak mudah keropos. Proses pengawetan kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti, melalui pencelupan atau juga dengan mengecat permukaan kayu yang akan dipakai. Proses mengecat ini bertujuan agar kayu tidak dimakan oleh rayap atau serangga dan juga untuk melindungi kayu tersebut agar tidak mudah lapuk.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bentuk rumah kayu sampai cara membuatnya. Di negara Indonesia ini sangat banyak jenis kayu terbaik yang bisa dijadikan bahan untuk membuat rumah kayu. Kayu manakah yang akan anda pakai ? Semoga artikel ini menambah wawasan anda. Terima kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.