Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan, Narkoba, Internet

Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan, Narkoba, Internet

Contoh teks tanggapan kritis- Hallo para pembaca, yang akan saya ulas kali ini mengenai contoh teks tanggapan kritis. Mulai contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan, contoh teks tanggapan kritis tentang narkoba, contoh teks tanggapan kritis tentang internet, dan lainnya. Namun apakah kamu tahu apa itu teks tanggapan kritis?. Teks tanggapan kritis ialah suatu teks yang berisi mengenai pendapat. Atau gagasan yang disampaikan oleh seorang individu kepada persoalan yang tengah dihadapi saat itu.

Umumnya, persoalan ini muncul sebab terdapatnya perbedaan antara apa yang diharapkan dan dengan kenyataan. Lalu individu itu akan mencoba mengkritik persoalan yang ada berdasarkan fakta, data, juga alasan yang bisa meyakinkan orang lain mengenai pendapat yang sudah disampaikan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai teks tanggapan kritis, mari langsung saja simak pengertiannya berikut ini.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

buku-dan-kopi
https://soundcloud.com

Yang dimaksud teks tanggapan kritis adalah suatu teks yang berisi mengenai kritikan pedas kepada suatu kesalahan atau persoalan. Teks tanggapan kritis ini dapat kamu pakai di dalam forum, yang mana kita dituntut untuk menerima seluruh kritikan yang menganalisis pendapat dari orang yang berbeda pendapat.

Untuk pengertian teks tanggapan kritis yang lainnya yakni teks memuat kritik pedas kepada sebuah hal yang leih berfokus kepada sebuah kesalahan. Sehingga di dalam sebuah perdebatan, teks tanggapan kritis ini akan selalu hadir di dalamnya. Tanggapan kritis akan muncul pada saaat seseorang berpendapat atau pernyataan yang disampaikan tidak sesuai.

Akan tetapi, kita juga harus tetap siap memperoleh tanggapan atau kritikan, pada saat kita memberikan sebuah pertanyaan. Kenapa begitu? sebab setiap tanggapan, saran, dan kritik yang diberikan bersifat membangun untuk perubahan yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Mungkin kita telah pernah mempelajari mengenai teks tanggapa kritis. Sebab teks tanggapan kritis adalah materi yang terdapat pada mata pelajaran bahasa indonesia yang biasanya dijumpai di jenjang SMP dan SMA. Untuk materi tanggapan kritis ini juga tercantum di dalam kurikulum yang tengah berlaku.

Sehingga telah sepantasnya kita bisa memahami pengertian, struktur, kaidah, dan ciri-ciri, sampai contohnya. Teks tanggapan kritis berbeda dengan teks yang lainnya, sebab teks ini mempunyai berbagai tema. Diantaranya ialah teks tanggapan kritis mengenai pendidikan, lingkungan, narkoba, teknologi, dan budaya.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

struktur-teks-tanggapan-kritis
https://brainly.co.id

Teks tanggapan kritis ini mempunyai struktur yang berbeda dengan teks jenis yang lainnya. Terdiri dari apa saja strukturnya?. Struktur teks tanggapan kritis ini terdiri dari evaluasi, deskripsi, dan penegasan. nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari langsung saja simak strukturnya di bawah ini:

Evaluasi

Evaluasi adalah bagian awal dari teks tanggapan kritis. Pada bagian evaluasi ini berisi mengenai pernyataan-pernyataan umum yang berkaitan dengan permasalahan yang sudah disampaikan oleh penulis.

Deskripsi teks

Deskripsi adalah bagian yang berisi mengenai informasi. Informasi ini berhubungan dengan alasan yang dipakai untuk mendukung atau untuk menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks berada di bagian tengah dari teks tanggapan kritis.

Penegasan ulang

Untuk bagian penegasan ulang ini ialah penegasan ulang atau kesimpulan sekaligus saran kepada sesuatu yang telah diputuskan oleh individu di dalam sebuah tanggapan kritis.

Ciri- ciri Teks Tanggapan Kritis

disambut-netizen-hari-buku-nasional-jadi-top-trending
https://techno.okezone.com/

Sebelum kita menuju ke pembahasan contoh teks tanggapan kritis, sebaiknya kita harus mengetahui seperti apa ciri-ciri dari teks tanggapan kritis. Hal ini bertujuan supaya kita lebih gampang mengenalinya. Di bawah ini ciri-ciri teks tanggapan kritis:

  • Tanggapan yang dilontarkan di dalam teks tanggapan kritis ini berkaitan dengan kejadian atau fenomena yang sedang terjadi sekarang ini di lingkungan sekitar.
  • Tanggapan yang diberikan penulis pada teks ini berisi mengenai alasan dan juga fakta. Hal ini bertujuan untuk memberikan penguatan pada pendapat yang tengah disampaikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

news-paper
https://notepam.com

Di samping ada struktur dan ciri-ciri, teks tanggapan kritis ada kaidah pembahasaan. Lalu apa saja kidah pembahasaannya?. Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

  • Kalimat yang biasanya dipakai di dalam teks tanggapan kritis termasuk kalimat yang bersifat kompleks. Kompleks yang dimaksud disini dalam artian kalimat yang terdiri dari 2 verba dan 2 struktur.
  • Teks tanggapan kritis memakai konjungsi atau penghubung. Konjungsi bertujuan untuk menghubungkan antar kalimat di dalam teks tanggapan kritis.
  • Memakai pilihan kata. Tujuan dari pemilihan kata ini supaya dapat memilih kata yang tepat untuk dipakai di dalam teks tanggapan kritis.
  • Teks yang memakai rujukan. Rujukan ini pada umumnya dipakai untuk penguat argumen yang disampaikan oleh penulis. Sebab di dalam penulisannya teks tanggapan kritis memang harus memerlukan bukti.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

contoh-teks-tanggapan-kritis-tentang-pendidikan
https://www.yukepo.com

Teks tanggan kritis mengenai pendidikan memang sangat gampang untuk dijumpai. Sebab peran pendidikan ada setiap hari (education is every day) . Sebab pokok permasalahan yang ada di dunia pendidikan yang melatarbelakangi sebuah perdebatan. Nah, di dalam contoh teks tanggapan kritis kali ini mengenai pendidikan akan membahas perbedaan atntara SMA atau SMK. Mari langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Pendidikan SMA atau SMK ?

Sebagian orang tua atau bahkan kebanyakan orang tua dan siswa SMP akan merasa bingung kalau diberikan dua pilihan atara SMA atau SMK. Khususnya untuk mereka yang telah menempuh jenjang SMP yang sebentar lagi akan lulus. Sehingga harus segera menentukan pilihan akan dibawa kemana pendidikan yang akan mereka tempuh berikutnya. Pastinya dua pilihan antara masuk SMA dan SMK tidak boleh pilih secara sembarangan.

Orang tua atau siswa harus dapat mempertimbangkan seluruh faktor dan aspek yang menjadi kelebihan atau bahkan kekurangan dari masing-masing instansi pendidikan itu sebelum benar-benar memilihnya. Jangan sampai ini salah pilih. Kemudian dalam memilih jenjang pendidikan berikutnya, apa saja yang harus dipertimbangkan?.

Pertimbangan yang pertama yakni kita telah faham jika lulusan SMK umurnya siap dan lebih gampang masuk ke dunia kerja kalau dibandingkan dengan lulusan SMA. Kenapa begitu?. Sebab siswa SMK mempelajari pendidikan secara teoritik dan mereka dibekali kemampuan yang berupa praktikum.

Sehingga hal itu dapat menambah pengalaman mereka supaya bisa terjun ke dunia kerja. Hal ini dapat kamu amati dari kegiatan wajib di SMK yakni praktek kerja lapangan atau biasa disebut PKL.

Namun, kalau kita bandingkan dan di tinjau dari segi materi pendidikan yang ada di SMK tidak seluas dengan pendidikan yang terdapat di SMA. Ya, hal ini disebabkan di SMK lebih terfokus pada satu jurusan yang dipilih supaya lebih suap untuk terjun ke dunia kerja. Ini sangat berbeda dengan siswa SMA yang hanya diajarkan berbagai materi yang sesuai dengan jurusan atau bidang yang diambil.

Contohnya saja, jurusan yang sedang diambil IPA, maka di dalam pembelajaran akan lebih fokus membahas seputar sains dan matematika. Nah, kalau jurusan IPS maka akan lebih terfokus membahas seputar literasi dan pengetahuan umum juga pengetahuan sosial. Sehingga tidak heran kalau siswa SMA memiliki pandangan yang lebih luas mengenai suatu hal.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan jika siswa lulusan SMK telah memiliki hardskill yang jauh lebih siap untuk terjun ke dunia kerja jika dibandingan dengan siswa lulusan SMA. Hal ini juga dapat memberikan dampak yang positif untuk orang tua. Sebab tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Isu Sosial Budaya

stop-pergaulan-bebas
http://beuracangirl.blogspot.com

Pergaulan Bebas

Pada zaman sekarang ini, pergaulan bebas telah banyak menjerumuskan para penerus bangsa kita, khususnya para remaja. Para remaja tersebut melakukan pergaulan bebas sebagai salah satu bentuk perilaku yang menyimpang. Kata bebas disini memiliki arti melewati batas. Hal itu pasti sangat bertentangan dengan norma yang berlaku di Negara timur seperti Indonesia ini.

Pergaulan bebas dapat memberikan dampak yang bersifat negatif. Contohnya saja melakukan pelanggaran hukum seperti mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, dan hubungan sex bebas.

Di samping itu, pergaulan bebas juga dapat memberikan banyak dampak positif. Contohnya saja memiliki teman yang banyak, belajar bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik, dan juga menghormati sekaligus melakukan pengendalian diri di dalam masyarakat.

Ada beberapa penyebab seorang remaja dapat terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Misalnya seperti rasa ingin tahu, hawa nafsu kehidupan sebatang kara, akibat orang tua broken home, tidak mempunyai iman yang kuat dan yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, yang berpengaruh besar yakni teknologi. Kurang pengawasan orang tua pada akses internet ankanya. Dan televisi dapat menjadi pemicu dilakukannya hal-hal yang kurang baik oleh remaja.

Dalam hal ini, orang tua sangat diharapkan memberikan pengawasan lebih banyak anaknya supaya tidak terpengaruh ke dalam pergaulan bebas. Caranya yakni dengan memanfaatkan internet dengan baik dan memilihkan anak-anak dengan tontonan televisi yang baik juga mendidik.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Fenomena Alam

kebakaran-hutan-di-riau
https://www.voaindonesia.com

Teks tanggapan kritis mengenai fenomena alam berisi mengenai permasalahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar. Contoh teks tanggapan kritis mengenai fenomena alam sendiri dapat kita temukan di berbagai acara di televisi. Dengan cukup gampang sebab biasanya teks tanggapan kritis mengenai fenomena alam ini akan membahas seluruh permasalahan yang tejadi di dalam sekitar.

Kabut Asap Riau

Akhir-akhir ini kerap penonton tv di sajikan dengan berita mengenai tebalnya kabut asap yang melanda Kepulauan Riau. Kabut asap yang muncul ini biasanya disebabkan karena terdapatnya kebakaran hutan dengan radius yang luas. Tak sedikit warga Riau yang merasa terganggu dengan terdapatnya permasalahan ini. Sehingga tak sedikit juga warga di luar pulau Riau yang merasa prihatin dengan terbakarnya kawasan hutan di kepulauan Riau itu.

Munculnya kabut asap di Riau sangat tebal disebabkan karena kebakaran hutan yang terjadi dalam waktu yang cukup lama. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab dari kebakaran hutan di Riau ini. Ada sebagian orang yang berpendapat jika berencana ini murni disebabkan karena terdapatnya fenomena alam. Yakni cuaca El Nino, akan teta[i terdapat juga beberapa orang yang beranggapan jika kejadian ini terjadi sebab adanya campur tangan manusia dan termasuk faktor kesengajaan.

Kalau kita teliti, kita tak perlu tahu alasan kenapa hutan di Riau dapat terbakar habis. Ya, sebab pihak yang berwajib sendiri juga masih dalam proses penyelidikan bencana itu. Namun, dampak negatif dari bencana ini sesak nafas sampai jarak pandang yang hanya menjangkau 10 meter saja. Bahkan, sebab tebalnya kabut asap negara-negara tetangga juga merasakannya.

Seperti pernyataan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kebakaran hutan yang terjadi ini sangat susah untuk dipadamkan. Sehingga, sangat dibutuhkan usaha yang ekstra dan juga kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan Riau yang luas. Sulitnya pemadaman kebakaran ini juga dipengaruhi oleh medan dan juga letak titik api yang sulit untuk dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran. Akan lebih baik lagi kalau masyarakat juga ikut berperan aktif di dalam proses pemadaman kebakaran ini. Sebab sampai saat ini masyarakat hanya dapat mengeluh tanpa sekalipun melakukan tindakan apa-apa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

internet
http://alifahdinrakhmat.blogspot.com

Pemakaian Internet bagi Remaja

Di zaman yang modern seperti saat ini, internet telah menjadi keperluan primer yang tidak dapat dilepaskan dari seluruh aktivitas masyarakat umum, khususnya untuk kalangan pelajar. Hal ini dapat kita buktikan dengan banyaknya warung internet atau dapat disebut dengan warnet. Yang memberikan pelayanan berupa akses internet dengan super cepat dan untuk keperluan yang lainnya.

Di samping itu, internet juga telah diakses melalui PC yang disambungkan dengan memakai modem bahkan sudah dapat memakai smarphone. Perkembangan internet ini adalah salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang sekarang ini sedang terjadi. Perkembangan internet ini juga membawa dampak dan pengaruh kepada kondisi psikologis pada remaja.

Untuk menanggapi terdapatnya peristiwa ini, akan lebih baik lagi kita tidak melihatnya hanya dari satu sisi dan satu perspektif saja. Supaya kita tidak terjebak di dalam penyalahgunaan internet., apalagi kalau seorang pelajar. Internet juga dapat menyebabkan efek kecanduan atau ketergantungan sehingga untuk dapat lepas dari pemakaian internet akan terasa sulit.Sehingga untuk bersosialisasi kita akan terasa sulit.

Walaupun kedua fakta itu cukup logis dan masuk akal, sebagai seorang pelajar kita di tuntut supaya dapat mempertangungjawabkan tindakan kita pada saat memakai internet. Dengan kata lain, kita harus memakai internet dengan benar dan sewajarnya.

Pendapat yang pertama memang sudah menjelaskan jika internet dapat menjadi senjata untuk menemukan informasi dan pengetahuan di dalam lingkup yang global. Di samping itu, internet juga dapat mempergampang menghubungkan orang untuk berkomunikasi sekalipun terpisah jarah yang jauh. Hal ini dibuktikan kembali melalui berkembangnya media sosial yang terkadang menuntut kita untuk saling bertukar foto dan mengirim pesan dalam jarak yang jauh.

Sampai akhirnya sebagian orang sangat setuju kalau ada pendapat yang mengatakan jika internet memberikan dampak yang positif. Namun, pemdapat seperti ini juga masih perlu dikaji ulang memakai metode akademik. Sebab perkembangan internet ini juga ada banyak dampak negatif yang didapatkan kalangan remaja pada saat mereka salah memanfaatkan teknologi ini. Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan jika tanggungjawab dari remaja itu sendiri untuk memakai internet secara tepat sasaran sangat dibutuhkan.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang budaya K-Pop

GettyImages-543100246-dmy
https://www.teenvogue.com

Sekarang ini, anak-anak remaja di Indonesia kegandrungan musik K-pop, bahkan hal ini telah menjadi hal yang umum. Umumnya musik korea atau music K-Pop mengusung musik dance, yang beraliran hip-hop, juga koreografi dan kostum yang menarik. Sehingga terdapatnya K-pop ini membawa dampak yang cukup besar untuk para remaja khususnya Indonesia.

Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama untuk kalangan remaja. Terlihat antusias remaja yang begitu membara kepada budaya K-Pop, media tidak mau melewatkan kesempatan emas tersebut, sehingga media memanfaatkan dengan cara menayangkan hal yang berkaitan dengan Korea film.

Perlu diperhatikan, ketertarikan ini membuat remaja lebih tertarik dengan musik Korea dari pada musik asli dari Indonesia. Seharusnya, kita harus bangga dengan musik asli Indonesia, bukan malah menggandrungi musik yang berasal dari negara lain.

Musik K-pop yang masuk ke Indonesia bukan hanya mempunyai sisi negatif saja. Sisi positifnya yakni bertambahnya pengetahuan mengenai budaya dan bahasa Korea. Dengan terdapatnya minat yang tinggi dari remaja yang mengagumi musik K=Pop, ini mendorong mereka untuk semakin semangat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan Korea.

Pada saat menyukai sesuatu, ambil manfaatnya atau ambil sisi positifnya. Contohnya saja di saat menyukai K-Pop, buat kesempatan untuk memotivasi kita semakin semangat belajar budaya asing dan semangat untuk meraih cita-cita.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan kalau kehadiran K-Pop membawa dampak yang besat baik positif atau negative untuk remaja Indonesia. Jangan sampai kehadiran K-pop membuat kita lupa dengan musik asli dari Indonesia. Sebab, sebagai anak bangsa, telah sepantasnya menjaga dan melestarikan musik Indonesia supaya perkembangannya tidak kalah dari negara yang lain.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Lingkungan Sekolah

Saat-UN-Siswa-Minta-PLN-Jangan-Padamkan-Listrik-dmy
https://majalahkartini.co.id

Siswa Nakal

Untuk seorang guru, menghadapi siswa “Nakal” telah menjadi hal biasa, apalagi sebagian siswa di sekolah laki-laki. Guru juga telah terbiasa menghadapi siswa yang datang ke sekolah terlambat, bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas, ribut di kelas, sampai tawuran. Perilaku siswa seperti ini memang benar-benar menuntuk guru supaya lebih sabar dan keuletan yang tingkat tinggi.

Apakah benar siswa seperti itu nakal?. Saya tidak setuju kalau mereka dilabeli nakal. Di sisi lain, ukuran nakal siswa dari setiap guru ini berbeda-beda. Terdapat guru yang menganggap siswanya nakal sebab tidak mengerjakan PR, masuknya telat, dan yang lainnya.

Menurut saya, tidak ada namanya siswa nakal itu. Yang ada hanyalah siswa yang sedang mengalami krisis identitas. Terdapatnya perubahan sosiologis dan biologis pada diri remaja menyebabkan terbentuknya perasaan juga tercapainya identitas peran. Pada dasarnya, kenakalan siswa ini terjadi sebab siswa gagalmencapai identitas peran.

Di samping itu, nakalnya siswa disebabkan memiliki kontrol diri yang lemah. Kurang kasih sayang dari orang tua ini juga menyebabkan siswa menjadi nakal. Sebab sekarang ini, kebanyakan orang tua terlalu sibuk sehingga anaknya memperoleh perhatian yang kurang. Sehingga di saat di sekolah, anak ini bertingkah laku sesukanya untuk memperoleh perhatian dari orang lain.

Siswa yang dilingkungan rumahnya memperoleh kekerasan juga dapat menyebabkan kenakalan. Sebab, di saat siswa mengalami kekerasan di lingkungan rumah, dia akan balas dendam di sekolah dengan menunjukkan sikap berontak kepada guru juga bahkan melakukan kekerasan kepada temannya seperti apa yang dialami di rumahnya.

Di samping itu, siswa yang salah bergaul di lingkungan juga memberikan pengaruh yang besar kepada perkembangan sikap siswa. Pergaulan yang tidak tepat dapat menyebabkan perilaku yang menyimpang.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan siswa berperilaku nakal pada saat di sekolah. Di saat kita mengetahui penyebab siswa menjadi nakal, justru kita akan merasakan iba. oleh sebab itu, sebagai pendidik berhentilah memberikan label negatif untuk siswa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

narkoba-harus-dijauhi
https://nasional.kompas.com

Hukuman Mati Untuk pengedar Barang Haram

Teks tanggapan krisis mengenai narkoba juga sangat populer dan menarik untuk diperbincangkan. Kenapa begitu? sebab permasalahan mengenai narkoba ini sangat kompleks. Nah, di bawah ini adalah contoh teks tanggapan krisis mengenai narkoba yang dapat kami simak.

Seperti yang sudah kita ketahui, jika sekarang ini kita telah memasuki zaman modern yang manya semuanya serba canggih. Keadaan seperti ini mau tidak mau menekan peredaran narkoba menjadi semakin menjamur di negara kita ini. Perkembangan buruk ini dapat menyerang masyarakat, pelajar, bahkan sampai pejabat negara sekalipun. Yang menjadi topik perdebatan panas di dalam permasalahan ini yakni hukuman mati untuk mereka yang menjadi pengedar sekaligus pemakai narkoba.

Contohnya saja di saat pemakai ketika mengendarai kendaraan mengalami halusinasi yang dapat menyebabkan kecelakaan beruntun yang berujung maut. Alasan yang kedua yakni narkoba bisa merusak generasi muda sebagai penerus bangsa. Pemakaian narkoba ini juga bisa merubah perilaku remaja semakin hari menjadi semakin buruk.

Padahal negara kita masih memerlukan generasi penerus yang berperilaku baik dan juga bertanggung jawab untuk memajukan bangsa dan negara. Sebab kalau tidak para remaja mau siapa lagi. Faktor yang ketiga yakni narkoba dapat membuat calon pemakainya penasaran dan alhasil sesudah mencoba maka pemakainya akan merasa ketagihan dan kecanduan. bahkan dapat menimbulkan sakau kalau telah berlebihan. Efek negatif ini juga dapat ditularkan untuk temannya. Kalau orang ini bergaul dengan teman-temannya.

Terdapatnya hukuman mati ini diharapkan dapat memberikan efek jera untuk pemakai dan pengedar narkoba. Sehingga tidak heran lagi kalau banyak masyarakat yang setuju dengan hukuman mati untuk pengedar narkoba.

Tetapi tidak sedikit juga orang yang menolak hukuman mati untuk pemakai dan pengedarnya. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penolakan hukuman ini, diantaranya adalah hukuman mati ini dianggap kurang manusiawi. Juga melanggar hak asasi manusai yang telah tercantum dan sesuai apa yang sudah terdapat di UUD 1945.

Oleh karena itu, adanya hukuman mati untuk pengedar narkoba dan pemakainya memang harus ditinjau ulang dan ditegakkan kembali. Hal ini disebabkan narkoba memang dapat memberikan dampak yang negatid untuk perkembangan penerasi muda penerus bangsa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

https://majalah.ottencoffee.co.id/

Judul Teks: Smarthphone

Orientasi

Smarphone ialah sebuah alat komunikasi yang canggih. Alat ini bukan hanya dipakai untuk berkomunikasi, akan tetapi juga dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas, dan yang lainnya.

Evaluasi

Canggihnya smarthphone membuat para remaja ikut adil untuk memakainya. Menurut mereka smarthphine adalah kehidupan mereka. Alat canggih ini seakan-akan telah hilang dari kehidupan mereka.

Tafsiran

Akan tetapi banyak orang tua yang tidak setuju anaknya memakai smartphone, dengan alasan smartphone dianggap membawa dampak negatif untuk remaja. Sebab smartphone dapat dipakai untuk melihat situs-situs dewasa. Ada jua orang tua yang setuju anaknya memakai smartphone. Sebab smartphone dapat dipakai untuk mengakses aplikasi atau web yang berbau pembelajaran. Dan untuk dampak positif yang lainnya smartphone bisa dipakai untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarah jauh.

Demikian ulasan mengenai contoh teks tanggapan kritis. Sesudah membaca artikel ini diharapkan kamu dapat membedakan antara teks tanggapan ktitis dengan teks yang lainnya. semoga artikel ini menambah ilmu pengetahuan kita. Dan mendorong kita untuk lebih giat belajar dan mencari pengalaman yang baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Jangan Lupa Untuk Mengunjungi Artikel Menarik Lainnya Disini: https://organicvolunteers.com

 

 

 

Satu pemikiran pada “Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan, Narkoba, Internet”

Tinggalkan komentar