contoh-teks-ulasan

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara

Contoh Surat Pribadi – Hallo sahabat, apakah kamu pernah mengirim surat kepada seseorang? kalau sudah pernah siapakah orang yang kamu kirimi surat itu? Pasti orang spesial yang ada di hati kamu kan? ya, pada zaman dahulu surat memang sangat penting dan sangat bermanfaat, kok bisa ya, karena pada zaman dahulu belum ada yang namanya handphone atau smarthphone seperti saat ini. Ya, dulu yang punya handphone atau smartphone hanya orang-orang tertentu saja.

Seiring perkembangan teknologi surat pribadi ini sekarang sudah jarang dipakai. Namun masih ada yang memakainya misalnya untuk sahabat, kakak, keluarga ataupun yang lainnya. Kalau kamu ingin membuat surat pribadi namun masih bingung, jangan khawatir, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh surat pribadi yang menarik yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Namun sebelum kita masuk ke contoh surat pribadi, simak dulu pengertian dari surat pribadi. Bukan hanya pengertian surat pribadi saja, kali ini saya akan menyajikan tujuan, cara membuat, ciri-ciri, dan yang lainnya. Mari langsung saja simak ulasan di bawah ini mengenai pengertian surat pribadi.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi ialah surat yang dipakai untuk menyampaikan sebuah informasi yang dibuat dan dikirim oleh seseorang secara personal. Pada umumnya surat pribadi ini tidak bersifat resmi dan memakai bahasa sehari-hari mengenai masalah sehari-hari.

Biasanya jumlah kata dari surat pribadi ini tidak dibatasi. Tetapi umumnya pada jenis surat pribadi ini harus ada beberapa hal misalnya, pembukaan, alamat, tanggal, kata sapaan, tujuan, isi, penutup dan yang terakhir ialah nama pengirim surat beserta tanda tangan.

Walaupun surat pribadi tidak mempunyai aturan khusus seperti contoh surat pada biasanya, akan tetapi di dalam penulisannya harus tetap memakai bahasa yang sopan, gampang untuk di mengerti, dan komunikatif. Di samping itu surat pribadi juga termasuk kedalam jenis surat yang bersifat privasi, maksudnya adalah hanya di ketahui oleh dua orang saja, yakni pengirim dan penerima.

Surat pribadi bukan hanya dipakai untuk memberikan sebuah kabar saja, tetapi banyak juga orang yang membuat surat pribadi yang berisi mengenai isi perasaannya di dalam satu keadaan dengan tujuan agar orang yang menerima itu juga ikut merasakannya.

Sekarang ini orang-orang tidak lagi memakai surat pribadi untuk sarana memberikan kabar terhadap orang lain. Mereka lebih sering memakai aplikasi yang sudah ada di smartphone seperti whatsap, facebook, mesenger, dan yang lainnya.

Cara Membuat Surat Pribadi

Sturktur-teks-anekdot
http://madanionline.org

Sahabat jangan khawatir ya dalam penulisan surat pribadi, karena seperti yang sudah sahabat ketahui jika surat pribadi ini tergolong sangat gampang dalam membuatnya jika dibandingkan surat-surat yang lainnya. Tetapi untuk kamu yang masih ingin lebih jelas cara menulis surat pribadi, simak caranya di bawah ini yang sudah disajikan untuk kami

1. Siapkan alat tulis dan kertas (kalau surat di tulis)

Hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu membuat surat pribadi ialah alat tulis, kertas, dan amplop.

Kamu dapat memakai pena dan kertas yang unik dan apik, agar nantinya surat pribadi yang kamu bikin akan terlihat unik, menarik serta enak untuk di pandang. Tetapi jangan hanya unik dan enak dipandang saja ya? kamu juga harus menulisnya dengan jelas agar surat kamu dapat di baca dan gampang untuk dimengerti.

2. Luapkan segala hal yang ingin kamu sampaikan

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa fungsi surat pribadi ini untuk menyampaikan sebuah informasi kepada seseorang, kamu langsung dapat menyampaikannya di sana. Tidak perlu berpikir panjang, semua perasaan kamu dan apapun itu bisa ditulis di atas kertas. Perlu untuk diperhatikan jika isi surat pribadi ini tidak terbatas harus beberapa halaman. Kamu bisa menulis sesuka hati kamu.

Walaupun surat pribadi tidak ada ketentuan yang diharuskan seperti surat resmi atau surat-surat yang lainnya, tetapi penulisan surat pribadi terdapat hal-hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Surat pribadi ini seperti surat pada umumnya. Bagian-bagian tersebut walaupun tidak wajib tetapi dapat dipakai agar surat pribadi yang kamu buat lebih menarik lagi.

Bagian-bagian Surat Pribadi

Bagian-bagian surat pribadi ini terdiri atas:

1. Pembukaan surat pribadi

Di dalam surat pribadi, salam pembuka dapat berupa salam keselamatan, rindu, sayang, ataupun salam yang lainnya. Salam ini berguna untuk menyapa, membuka percapakap di dalam surat pribadi agar tidak langsung ” to the point’. Penulian pembuka kalau di nilai lebih sopan daripada yang tidak memakai pembukaan.

Misalnya:

“Assalamu’alaikum

Salam kangen….

Misalnya:

Dea sahabatku, bagaimana kabar kamu? Aku harap kamu baik-baik saja sehat selalu dan tetap dalam perlindungan Allah SWT, Amiin”.

Tetapi kalau kamu membuat surat pribadi tidak memakai pembukaan tidak apa-apa, karena berhubung surat pribadi, jadi pemberian pembukaan terserah mau kamu tulis seperti apa. Tetapi kalau kita menganjurkan untuk memberikan pembukaan agar lebih bagus dan menarik.

2. Isi surat pribadi

Perlu untuk sahabat ketahui penulisan isi surat ini sangat penting, karena isi surat ialah pokok dari penulisan surat itu sendiri, yang mana hal-yang yang ingin kamu sampaikan dapat kalian tulis di sini. Untuk isi surat ini dapat tidak ada ketentuannya ya? kamu dapat menuliskan apa saja yang ingin ditulis mengungkapkan rasa kangen, atau ingin memberikan kabar dan sebagainya. Kamu harus menyampaikan isi surat ini memakai bahasa yang gampang untuk dimengerti agar pembaca menerima apa yang ingin kamu sampaikan.

3. Penutup surat pribadi

Jika kamu selesai menulis isi surat, jangan sampai lupa untuk tutup surat dengan ramah dan sopan, agar surat kamu terkesan baik. Sama seperti pada pembukaan kalau di awal di buka dengan salam pembuka, untuk penutupnya di tutup dengan salam penutup. Seperti Wassalamu’alaikum, sampai jumpa, dan yang lainnya.

4. Pengiriman

Kalau surat telah selesai di tulis, kamu dapat melipat kertas itu lalu dimasukkan kedalam amplop (kalau perlu), kamu bisa menulis alamatnya kalau ingin dikirim lewat pos, kalau surat kamu tidak di berikan langsung kepada penerimanya. Nah kalau sudah dikirim kamu tinggal menunggu balasan (kalau penerima membalasnya).

Tujuan Surat Pribadi

Struktur-kata-pengantar
http://keajaibanmenulis.com

Surat pribadi ini mempunyai beberapa tujuan dari penulisannya, meskipun tidak sebanyak jenis surat yang lainnya. Tujuan yang pertama dari surat pribadi ialah untuk berhubungan dengan sahabat, teman, atau orang terdekat yang dikenal baik. Yang tidak berada di dalam satu tempat dan sudah lama tidak berjumpa.

Tujuan surat pribadi yang kedua ialah untuk mengekpresikan perasaan seseorang di dalam kondisi tertentu. Namun untuk hal yang ini biasanya banyak dilakukan oleh kalangan perempuan, kita dapat melihatnya sendiri bagaimana seorang peremupuan jika sudah berbicara. Meskipun setiap hari mereka bertemu, namun ada saja yang mereka bicarakan, apalagi kalau yang telah lama tidak bertemu, pastinya terdapat beribu-ribu kata yang akan dituliskan.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Ciri-ciri surat pribadi diantaranya adalah:

  • Memakai beragam bahasa dalam penyampaiannya, tergantung dari orang yang menerima surat.
  • Mengandung kata sapaan yang bersifat privasi, atau mengandung pemilihan kata emotif.
  • Tidak ada kop dan nomor surat.
  • Disampaikan memakai bahasa sehari-hari, namun tetap santun dalam penyampaiannya.
  • Mengandung kata sapaan, seperti halnya kita melihat lawan bicara secara langsung.
  • Untuk penulis surat sebaiknya memakai kata ganti orang kedua. Sedangkan untuk penerima surat sebaiknya memakai kata ganti orang kedua.
  • Dituliskan untuk keperluan berkomunikasi dengan sahabat, teman, ataupun orang yang tidak berada di dalam satu tempat.
  • Format penulisan surat pribadi bebas, tergantung penulis.

Contoh Surat Pribadi

sedang-menulis
https://www.vemale.com

Di bawah ini beberapa contoh surat pribadi yang kami sajikan untuk sahabat.  Tidak usah berlama-lama langsung saja simak contoh surat pribadi berikut ini:

Contoh Surat Pribadi Pendek Untuk Sahabat

Bogor, 16 Juli 1991

Untuk sahabatku tersayang

di Magelang

Assalamualaikum . .

Hay Fira, alhamdulilah keadaanku disini baik-baik saja. Aku sangat bershukur kabarmu di sana juga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Kamu benar kita memang sudah lama tidak berjumpa lagi. Pasti dong kalau aku bertambah tinggi, hehehe. Rasanya aku sudah tidak sabar untuk bertemu dengan kamu, Fira. Aku yakin kalau saat ini kamu makin cantik. Tentang kehidupanku disini, aku betah kok tinggal di sini. Namun apakah kamu tahu? awalnya disini aku sangat sulit untuk beradaptasi dengan dinginnya cuaca di Bogor ini, Tidak heran jika mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena di Bogor ini hampir setiap hari turun hujan.

Aku juga kangen sama kamu. Aku sangat dengan suasana di kampung dan semua teman-teman yang ada di kampung. Bahkan semalam aku bermimpi kalau kita sedang bermain bersama kembali hehe. Oh iya, aku punya kabar bagus buat kamu. Kabar bagus itu aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dwngan hampir 600 pendaftar dan aku sangat bershukur dapat menjadi peserta yang diterima. Perasaanku sangat senang sekali setelah aku diterima. Oleh sebab itu, kamu juga harus termotivasi untuk masuk di Universitas yang kamu bilang Universitas terbaik ini.

Fira, kamu harus belajar yang rajin dan jangan lupa selalu berdoa kepada tuhan supaya kamu diberikan kelancaran. Aku selalu mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? semangat sahabatku.

Saya kira cukup sampai disini saja surat yang ku buat untuk kamu. Papa, Mama, dan Adek Putri menitip salam kepada kamu. Semoga kita selalu dalalam lindungan Allah SWT.

Wassalamualaikum . .

Sahabatmu,

 

ttd

Suci

contoh-surat-pribadi-singkat-untuk-sahabat-tercinta
https://balubu.com

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga

keluarga-bahagia
https://www.vemale.com

Untuk Keluarga Tercinta

di tempat

Assalamualaikum wr.wb

Hay Ibu, ayah, dan kakak-kakakku yang cantik, apa kabar kalian semua. Dimas harap kalian semuanya dalam keadaan yang sehat ya. Ayah, apa ibu masih suka pusing? Kalau masih, jangan dibiarkan terlalu lelah ya ibu.

Sebenarnya tujuan Dimas mengirimkan surat ini karena ada kabar gembira untuk keluarga di rumah, jadi rasanya kurang lengkap kalau tidak Dimas sampaikan untuk Ibu, ayah, dan kakak-kakakku yang cantik di rumah. Kabar gembiranya adalah skripsi Dimas sudah selesai, jadi bulan depan InsyaAllah sudah bisa sidang, dan beberapa bulan lagi sudah bisa wisuda. Dimas sudah sangat rindu kepada kalian semua, terutama rindu sama ibu. Dimas minta doanya semoga semuanya lancar biar kita dapat segera berkumpul kembali bersama-sama.

Sekian dulu ya surat dari Dimas.

Anakmu

Dimas

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Saudara

Bandung, 5 September 1014

Untuk keponakanku tersayang

Di Surabaya

Assalamualaikum…

Hay Reva, syukur Alhamdulilah kabarku disini baik-baik saja. Bagaimana dengan kabar kamu di sana, kabar kamu di Surabaya baik-baik saja kan. Benar kata kamu, kita sudah lama tidak bertemu, pastinya dong aku bertambah pintar dan cantik, hehe. Rasanya aku sudah tidak sabar ingin bertemu dengan kamu. Kamu pasti sekarang juga bertambah cantik kan, aku yakin itu. Tentang kehidupanku disini, aku sangat betah juga merasa sangat senang. Namun, awalnya aku merasa sulit beradaptasi dengan cuaca di Bandung, pantas saja di Bandung ini disebut dengan julukan kota dingin, karena cuaca di sini sangat dingin sekali.

Aku juga sangat rindu kepadamu. Aku rindu dengan suasana di kampung juga keluarga yang ada di sana, bahkan kemaren malam aku bermimpi kalau kita sedang menikmati liburan di Malang, belanja bersama, ah sangat menyenangkan, tapi sayang semua itu hanya mimpi.

Oh iya Reva, aku memiliki cerita yang sangat bagus untuk kamu, kabar gembira itu adalah aku sudah di terima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris melalui jalur prestasi, aku berkopetesi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur menjadi salah satu peserta yang diterima. Jadi kamu harus termotivasi juga untuk melanjutkan study di Universitas Airlangga yang kamu bilang ternama itu. Yang terpenting adalah kamu harus belajar lebih giat dan jangan lupa untuk selalu berdoa sesudah shalat lima waktu, berdoa secara terus menerus kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran untuk menggapai impian kamu ke negeri Jepang. Disini aku juga akan selalu mendoakanmu. Semangat ya Rev. Aku kira cukup sampai di sini dulu ya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amiin.

Wassalamualaikum…

Keponakanmu

Diah Rahmawati

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Semarang, 14 April 2018

Untuk Kak Bela

di Jakarta

Assalamu’alaikum..

Hay kak bela apa kabar? semoga sehat selalu. Tidak terasa ya kita tidak bertemu hampir 3 tahun lamanya. maklum ini karena aku sibuk kuliah dan kakak sibuk dengan pekerjaannya. Apalagi semester ini aku sangat sibuk mengerjakan skripsiku. Aku mohon doanya kak semoga ngerjain skripsinya cepet selesai dan bisa secepatnya wisuda. Oh iya kak, ibu dan aya menitipkan salam untuk kak Bela. Ibu dan bapak sudah kangen banget sama cucunya di Jakarta. Liburan akhir tahun ini rencananya kami akan main ke jakarta ke rumah kakak. nanti kakak ajak aku main ke bromo ya, aku belum pernah ke sana. Udah ya, itu saja dari aku

Wassalamu’alaikum..

Adikmu

Sasa Rahmawati.

 

Contoh Surat Pribadi Resmi

Contoh-kata-pengantar
https://medium.com

Malang, 20 februari 2013

Teruntuk Aprilia maisyaroh

Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb

Hay Lia, bagaimana kabarmu? kita sudah lama ya tidak bertemu. sejak lulus SMP, tidak ada kesempatan lagi untuk kita bertemu. Li, bagaimana keadaanmu sekarang di SMA Negeri 33? apakah kamu senang dan gembira bersekolah di sana? Pastinya teman di sana banyak ya, teman kita.

Alhamdulilah, aku di SMA Negeri 34. Aku disini sangat senang! Meskipun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk ke sekolah ku ini, namun disini aku banyak mendapatkan teman baru dan mereka sangat baik kepadaku. Kakak-kakak kelas di sekolahku juga sangat baik terhadap adik kelasnya, apalagi dengan kakak-kakak OSIS nya. Disini aku banyak memiliki pengalaman bersama teman-teman baruku. Kalau kamu mau mendengarkan pengalaman yang sudah aku dapatkan, kamu boleh menanyakan langsung kepadaku atau kamu main kerumahku langsung. Bicara-bicara aku sangat kangen pada SMP kita juga teman-teman kita waktu SMP. Apakah ada acara reuni angakat 32? jika tidak ada, ayuk kita buat acara sendiri saja. Kamu undang teman-teman kelas 7B. Mumpung bulan Juli nanti banyak waktu liburan jadi banyak kesempatan untuk kita bertemu. Oh iya Gibran yang paling pintar sekelas itu mencalonkan diri sebagai OSIS lho!

Sekian dulu ya dari aku, Sampai Jumpa Lia!

Melati

 

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Contoh-Surat-Pribadi-dalam-Bahasa-Inggris-yang-baik-dan-benar
https://contoh123.info

 

Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan

Kediri, 5 Desember 2014

Teman lamaku Santoso

Di Karawang

Assalamualaikum San, bagaimana kabarmu? Semoga kesehatan selalu menyertai kamu. Kabarku disini baik-baik saja. Aku sangat rindu sama kamu San, hehehe, kaya cewek aja yang kita kangen-kangenan hihihi. Peduli amat, iya kan? Orang kan juga mempunyai rasa kangen, iya gak hahaha. Eh Santoso bagaimana liburanmu kemaren? kamu tahu gak, liburanku kemaren sangat menyenangkan loh. Kamu bayangin aja aku lagi berjalan sendirian di tepi pantai, terus tiba-tiba ada cewek cantik lewat, dan menarik perhatianku hehehe. Langsung saja cewek yang cantik itu aku samperin, awalnya sih cewek itu cuek banget kepadaku, juteknya minta ampun. Tapi nyatanya aku berhasil deketin dia loh, hehehe. Kamu tahu kan aku ini rajanya ngegombal, sampe-sampe kita tukeran nomor watshap lhoo. Untunya waktu itu tidak ada kamu, karena kan kamu lebih ganteng dari aku, otomatis pasti cewek cantik itu memilih kamu dari pada aku hahaha. Nah, itulah cerita liburanku yang sangat menarik. Kalau liburan kamu seperti apa. Barang kali liburan kamu tidak menyenangkan hehehe. Sekian dulu ya San dari aku, kalau kamu sudah tidak sibuk tolong sempatkan untuk membalas surat dariku ya. Aku tunggu loh balasan kamu San, ingat itu.

Sahabat Terbaikmu

Ali Safaat

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Malang, 3 Agustus 2017

Kepada

Papa dan Mama

Di Karawang

Assalamualaikum wr. wb.

Papa Mama apa kabar kalian? Semoga Papa, Mama, dan Nenek di sana selalu sehat. Amiin. Alhamdulilah Nanik di sini baik dan sehat selalu. Ma, Pa, Liburan kali ini Nanik tidak bisa pulang ke Karawang. Nanik masih belum ada libur kerja sehingga tidak bisa pulang. Dan satu hal lagi kalau Papa dan Mama ada rezeki, Mama sama Papa saja yang berkunjung ke kontrakan Nanik. Karena nanik benar-benar belum ada waktu untuk berkunjung ke malang.

Nanik berjanji kepada Papa dan Mama akan bekerja dengan sungguh-sungguh agar nanik mendapatkan bonus dari Bos besar dan bisa berkunjung ke Jawa. Sekian dulu surat dari nanik, mohon doa restu dari Papa dan Mama semoga diberikan kelancaran dalam bekerja.

Wassalmualaikum Wr. Wb.

Salam kangen dari ananda

Nanik Lestari

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

 

contoh-surat-pribadi-untuk-teman

Itulah sedikit Contoh surat pribadi yang kami berikan untuk anda. Disini kamu bukan hanya memberikan contoh surat pribadi saja, melainkan beserta pengertian, ciri-ciri, tujuan dan yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Terima Kasih.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.