contoh-surat-kuasa-umum

Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat

Contoh Surat Kuasa – Hallo sobat, tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa?. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat surat kuasa yang baik dan benar. Langsung saja kita lihat pembahasan di bawah ini :

PENGERTIAN SURAT KUASA

Surat kuasa ialah surat yang berisi tentang pemberian wewenang atau kuasa kepada seseorang yang bisa di percaya agar orang itu bisa bertindak mewakili pemberi kuasa. Hal tersebut di karenakan pemberi kuasa tidak bisa melakukan pekerjaannya, atau tidak dapat hadir.

HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMBUAT SURAT KUASA

Surat ini pada dasarnya memang sangat penting. Karena ini mempunyai kuasa yang bisa digunakan untuk pengambilan atau membuat sebuah dokumen yang sangat penting. Anda tidak bisa mengambil dokumen penting atas nama orang lain kalau tidak menyertakan surat ini. Dan ada beberapa hal yang sangat penting yang harus kamu ketahui dalam melakukan pembuatan dari surat kuasa ini. Apabila tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan maka tidak bisa di gunakan. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui ketika ingin membuat surat kuasa.

  • Pilih orang yang sudah benar-benar kamu kenal

Karena berhubungan oleh berbagai dokumen penting, sebaiknya kamu memilih orang yang betul-betul kamu percayai agar pembuatan surat ini dapat berjalan dengan lancar. Kamu bisa menyuruh orang terdekat seperti keluarga, saudara, dan teman dekat. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak di inginkan yang bisa saja terjadi pada saat membuat surat ini.

  • Pastikan tidak hanya mengandalkan surat kuasa

Apabila kamu menjadi pihak yang di berikan kuasa, maka sebaiknya kamu tidak hanya mengandalkan surat kuasa tersebut untuk mengurus beberapa sebuah permasalahan. Kamu juga harus membawa sebuah dokumen pendukung surat kuasa tersebut. Misalnya kamu bisa membawa surat keterangan mengetahui dari ketua RT atau RW setempat terkait menyerahkan surat kuasa tersebut. Jangan lupa kamu juga harus membawa kartu identitas KTP, sehingga kamu tidak kerepotan apabila pihak terkait meminta identitas anda untuk di samakan dengan surat kuasa.

  • Beri materai

Hal penting yang biasanya sering di lupakan dalam membuat surat ini ialah pemberian materai. Pada surat kuasa kamu harus menyertakkan materai sebagai bukti bahwa surat itu sah secara hukum.

FUNGSI SURAT KUASA

fungsi utama dari surat kuasa ialah sebagai bukti tertulis bahwa si penerima surat mempunyai kewajiban untuk bertindak sesuai isi surat yang di inginkan.

JENIS SURAT KUASA

Pada umumnya jenis surat kuasa di bagi menjadi tiga bagian :

1. Surat Kuasa Kedinasan

Surat kuasa kedinasan ialah merupakan surat yang di buat oleh perusahaan yang di buat oleh jabatan maupun pimpinannya kepada bawahannya agar melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan itu sendiri. Seperti : Surat kuasa pengambilan naskah ujian, pengawasan proyek dan lain sebagainya. Surat kuasa kedinasan ini sangat di butuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

2. Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa perseorangan ialah surat yang di buat seseorang untuk orang yang dipercaya dalam hal menyelesaikan kepentingan pribadi atau urusan pribadi pemberi surat tersebut. Misalnya : surat kuasa pengambilan ijasah, pengambilan uang gaji pensiun dan sebagainya.

3. Surat Kuasa Istimewa / Khusus

Surat kuasa Istimewa adalah surat yang di buat oleh perusahaan kepada pihak pengacara yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan langsung dengan pihak pengadilan.

CIRI-CIRI SURAT KUASA

Surat ini tentunya sangat berbeda dengan surat biasa,. Surat ini mempunyai ciri-ciri khusus, yaitu :

  • Mengandung kalimat pelimpahan kuasa tertentu.
  • Terdapat judul “surat kuasa”.
  • Memakai bahasa yang baku dan mudah di pahami.

Baca Juga: Contoh Surat Rekomendasi, Perusahaan, Sekolah, Beasiswa

UNSUR-UNSUR PENYUSUN SURAT KUASA

Bagian-bagian surat kuasa yang di buat seseorang tentunya mempunyai perbedaan dengan surat kuasa yang di buat oleh sebuah perusahaan. Walaupun surat itu sama-sama surat resmi. Kalau ingin tahu perbedaannya nanti kamu bisa lihat pada contoh surat kuasa. Tetapi secara umum unsur-unsur penyusun surat kuasa ialah sebagai berikut :

1. Nomor surat ( opsional )

2. penerima Kuasa

3. Judul dan nomor surat

4.Identitas pemberi kuasa

5. Nama / organisasi oembuat surat kuasa

6. Tanggal & waktu pembuatan surat kuasa

7. Hal yang akan di limpahkan / dikuasakan

8. Tanda tangan pemberi dan penerima kuasa

9. Materai sebagai simbol kekuatan hukum

Di bawah ini adalah contoh surat kuasa yang baik dan benar :

1. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB ATAU STNK MOTOR

contoh-surat-kuasa

Surat kuasa pengambilan BPKB atau STNK motor ini sangat di perlukan untuk mengambil BPKB atau STNK. Tetapi bukan oleh si pemilik langsung, melainkan melewati orang lain.

Kalau ingin mengambil STNK atau BPKB sebaiknya harus menggunakan surat ini jika mengambilnya ingin di wakilkan. Contoh yang tertera di atas merupakan contoh surat kuasa yang di berikan kepada Erwin Sutoyo untuk melakukan pengambilan BPKB motor miliknya.

2. CONTOH SURAT KUASA KHUSUS PIDANA

contoh-surat-kuasa-khusus

Pada saat seseorang di hadapkan oleh perkara pidana dan membutuhkan surat kuasa hukum atas dirinya, maka harus di butuhkan surat kuasa khusus pidana. Yang menyatakan bahwa ada pihak kuasa hukum yang mewakili dirinya atas perkara pidana tersebut.

Pemberian surat kuasa khusus pidana di dalam ranah hukum yang sedang berkaitan dengan suatu perkara kebanyakan di berikan kepada lawyer / pengacara atau advokat.

Pada gambar contoh di atas surat kuasa khusus pidana tersebut di berikan oleh terdakwa Yudi Setiawan kepada empat pengacara yang berasal dari law office “Fidelangwarmasse & partners”. Yang bertujuan untuk mengurus hal terkait dengan kasus dugaan korupsi yang di tujukan kepadanya.

3. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

contoh-surat-kuasa-pengambilan-gaji

Pengambilan gaji ini biasanya di lakukan oleh para pegawai terkait yang sedang memperoleh gaji. Tetapi kalau ada hal yang menjadi penghalang untuk mengambil bonus atau gaji secara langsung. Pegawai itu bisa mengambil gaji dengan cara di wakilkan kepada seseorang yang mereka percaya.

Namun biasanya, pihak perusahaan yang terkait meminta surat kuasa pengambilan gaji yang menandakan bahwa pegawai tersebut memberi kuasa penuh kepada perwakilan yang sedang mengambil gajinya. Dan pada saat itu juga telah di nyatakan bahwa semua resiko di tanggung oleh yang memberi kuasa.

4. CONTOH SURAT KUASA TANAH

contoh-surat-kuasa-tanah

Surat kuasa tanah ialah merupakan sebuah surat yang sedang menyatakan kepentingan sebuah bidang tanah tertentu. Pada surat kuasa tanah ini biasanya di cantumkan identitas penerima dan pemberi kuasa. Serta di butuhkan saksi-saksi ahli waris yang menyatakan bahwa sang penerima kuasa berhak melakukan kepentingan atas tanah milik pemberi kuasa tersebut. Surat ini sangat di butuhkan oleh penerima ahli waris.

5. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN UANG DI BANK

contoh-surat-kuasa-pengambilan-uang-di-bank

Pada umumnya pengambilan uang di Bank hanya bisa di lakukan oleh si pemilik rekening itu sendiri. Baik melalui Teller Bank atau melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Tetapi jika di temukan hal yang sifatnya darurat dan membuat yang memiliki rekening surat tersebut tidak bisa mengambil uang sendiri. Maka cara pengambilan uang itu biasanya boleh di wakilkan dengan cara memakai surat kuasa pengambilan uang di Bank yang di maksud.

Adapun hal-hal yang harus di cantumkan pada surat kuasa di Bank diantaranya ialah :

1. Nominal uang yang akan di ambil dari Bank

2. Penerima dan pemberi kuasa

3. Detail rekening bank

4. Tanda tangan kedua belah pihak

6. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

contoh-surat-kuasa-pengambilan-ijazah

Pengambilan ijazah baik ijasah SMP, Kuliah maupun SMA biasanya bisa di wakilkan kalau ada halangan yang membuat si pemilik ijazah tersebut tidak bisa mengambil ijazahnya sendiri.

Adapun alasan kenapa si pemilik tidak bisa mengambil ijazahnya. Biasanya sedang sakit ataupun sudah merantau hingga pengambilan ijazahnya tersebut di wakilkan oleh orang lain yang sudah di percaya. Akan tetapi sebuah ijazah merupakan dokumen yang sangat penting dan sangat rahasia yang tidak boleh sembarangan di ambil oleh orang lain selain si pemilik ijazah tersebut.

Kalau pengambilan ijazahnya ingin di wakilkan biasanya membutuhkan beberapa cara khusus yaitu dengan membuat surat kuasa pengambilan ijazah. Yang menyatakan bahwa ijazah tersebut akan di ambil oleh orang lain yang sudah di percaya, biasanya di wakilkan oleh keluarga dari pemberi kuasa.

7. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN PASPOR

contoh-surat-kuasa-pengambilan-paspor

Paspor ialah sebuah dokumen yang wajib harus dimiliki oleh warga negara yang mau melakukan perjalanan jauh ke luar negeri. Tanpa adanya paspor ini anda tidak bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor adalah syarat utama seseorang yang ingin pergi ke luar negeri.

Dalam pembuatan sebuah paspor biasanya memakan waktu yang agak lama yaitu selama 4 hari sejak proses pembuatannya hingga sampai bisa di ambil. Walaupun paspor ini adalah dokumen yang sangat penting namun paspor ini pengambilannya bisa di wakilkan yaitu dengan cara menggunakan surat kuasa.

Surat kuasa pengambilan paspor ini berisi tentang identitas penerima dan pemberi kuasa, yang menyatakan bahwa penerima kuasa berhak mengambil paspor dan tanda tangan kedua belah pihak yang bersangkutan untuk kesahan surat kuasa itu sendiri.

8. CONTOH SURAT KUASA AHLI WARIS

contoh-surat-kuasa-ahli-waris

Surat kuasa ahli waris ialah surat yang isinya tentang pernyataan pemberian kuasa dari sang ahli waris untuk tujuan melakukan pembagian sebuah harta, penagihan hutang pewaris, penjualan harta warisan, dan pelunasan hutang pewaris. Surat ini sangat penting sehinga harus di tandatangani kedua belah pihak untuk menyatakan keabsahannya.

Seperti contoh di atas, harta warisan yang atas nama werkudara yang sudah meninggal yang di berikan untuk hak kuasa penerima melakukan tindakan yang lain yang mana masih berhubungan dengan pembagian harta warisan.

9. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN DOKUMEN

contoh-surat-kuasa-yang-benar

Isi dari surat kuasa pengambilan dokumen ini sebenarnya hampir sama dengan surat kuasa pengambilan ijazah, paspor maupun dokumen penting lainnya. Yang membedakannya adalah sifatnya lebih umum dengan jenis dokumen tertentu yang dinyatakan dengan sangat detail pada surat kuasa yang bersangkutan.

10. CONTOH SURAT KUASA PERDATA

contoh-surat-kuasa-yang-benar

Kalau surat kuasa khusus pidana di berikan oleh tergugat kepada pengacaranya, sedangkan surat perdata di gunakan oleh penggugat untuk memilih pengacara terpilih dari badan hukum dalam proses penggugatan suatu kejadian perkara. Di dalam surat kuasa itu, telah di nyatakan bahwa pemberi kuasa sudah memilih  seorang pengacara untuk mengguggat seseorang yang di tunjuk terkait kasus hukum.

Dengan surat ini, pengacara berhak untuk melakukan tindakan-tindakan yang bisa di butuhkan mengenai gugatan dari pemberi kuasa misalnya newakili menghadap polisi, menghadap pejabat, dan instansi pengadilan keterangan yang digunakan bisa secara lisan maupun tertulis, permohonan, pengaduan atau gugatan, serta tindakan-tindakan yang lainnya yang dibutuhkan dalam gugatan pemberi kuasa.

11. CONTOH SURAT KUASA UMUM

Surat kuasa umum sama seperti namanya, surat ini bersifat umum atau bukan surat kuasa yang rahasia. Seperti yang ada pada contoh di atas, surat kuasa itu di tujukan untuk memberikan kuasa atau wewenang buku sumbangan, pengumpulan buku tugas akhir, pengambilan toga, dan pengambilan undangan wisuda.

Surat kuasa umum itu di buat karena adanya halangan pemberi kuasa untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara langsung. Untuk menyatakan keabsahannya, surat kuasa tersebut di tandatangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan. Walaupun di sebut surat kuasa umum tetapi surat ini di anggap bukan surat sembarangan karena tanpa adanya surat kuasa umum ini seseorang yang berkepentingan mendadak tidak bisa melakukan perizinan tanpa adanya surat kuasa umum ini.

12. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN BARANG

contoh-surat-kuasa-pengambilan-barang

Surat kuasa pengambilan barang ini dibuat untuk proses pengambilan barang dengan cara di wakilkan. Surat kuasa pengambilan barang ini di butuhkan untuk mengambil barang yang di ambil oleh orang yang sedang bersangkutan. Surat kiuasa ini biasanya di gunakan untuk mengambil sebuah barang.

Tetapi bila ada halangan dari orang yang seharusnya mengambil barang, maka orang itu bisa memberikan surat kuasa kepada orang lain untuk mengambil barang yang di maksud.

Lebih jelasnya sudah tertera pada contoh di atas, si pemberi kuasa memberikan kuasa untuk mengambil hadiah dan hadiah itu berupa Televisi 60 inch disebabkan pemberi kuasa tersebut karena sedang ada tugas kantor ke luar kota. Kalau di perlukan surat kuasa ini dibubuhkan materai 6000. Akan tetapi juga bisa cukup di tanda tangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.

Setelah kita membahas bersama-sama mengenai  penjelasan dari surat kuasa tentunya kita akan lebih tahu lagi. Setelah membaca artikel ini surat kuasa apa yang akan kamu bikin, tentunya sudah bisa dan paham bukan??

Demikian sedikit iformasi yang bisa kami sampaikan mengenai surat kuasa, mulai contoh, pengertian, cara membuat, fungsi, ciri-ciri, dan lainnya. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah wawasan bagi anda. Terima Kasih.

Kunjungi juga cara membuat surat lamaran kerja di sini

4 pemikiran pada “Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: