Contoh Rumusan Masalah | Makalah, Penelitian, Skripsi Lengkap

Contoh Rumusan Masalah | Makalah, Penelitian, Skripsi Lengkap

Contoh Rumusan Masalah – Hallo para pembaca, disini saya akan memberikan informasi kepada kamu mengenai contoh rumusan masalah yang baik dan benar. Namun sebelum kita masuk ke contoh rumusan masalah, apakah kamu tahu apa itu rumusan masalah? Penasaran? Mari langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini:

Pengertian Rumusan Masalah

Contoh-rumusan-masalah

Yang dimaksud dengan rumusan masalah ialah usaha untuk menyatakan secara tersurat pernyataan penelitian apa saja yang perlu untuk dijawab ataupun dicarikan jalan pemecahan masalahnya. Rumusan masalah yaitu merupakan suatu penjabaran dari identifikasi masalah dan juga pembatasan masalah. Dengan kata lain, yang dimaksud dengan rumusan masalah ini adalah pertanyaan yang lengkap dan rinci tentang ruang lingkup masalah yang akan di teliti berdasarkan dengan identifikasi masalah dan juga pembuatan masalah. Sebuah perumusan yang baik berarti sudah menjawab setengah pertanyaan atau setengah dari masalah. Masalah yang sudah dirumuskan dengan baik, bukan hanya membantu memusatkan pikiran saja, namun sekaligus juga mengarahkan cara berpikir kita.

Tujuan Rumusan Masalah

Tujuan dari rumusan masalah ini diantaanya adalah:

  1. Untuk memberikan sesuatu yang bermafaat.
  2. Untuk merespon kemauan masyarakat.
  3. Untuk mempergampang pengajuan hipotesis, analisis, dan juga data kesimpulan.
  4. Untuk patokan memecahkan penemuan yang sebelumnya dan untuk dasar penelitian yang berikutnya.

Cara Membuat Rumusan Masalah

Penulis-hebat
http://madanionline.org

Dengan kita mengetahui tata cara membuat rumusah masalah ini diharapkan kamu dapat menyusun rumusan masalah dengan tema apapun, sebab contoh rumusan masalah yang akan berikan nanti belum tentu sama tema dengan apa yang kamu cari.

Berikut ini ialah langkah-langkah di dalam membuat rumusan masalah.:

  1. Langkah yang pertama kamu harus menentukan karya ilmiah apa yang akan kamu buat.
  2. Mencari sumber referensi baik dari internet ataupun dari buku.
  3. langkah selanjutnya memperluas dan menyempitkan judul atau topik pembahasan.
  4. Buatlah permasalahan dari topik itu.
  5. Langkah yang terakhir menguji dari apa yang sudah dirumuskan.

Sesudah kita mengetahui tentang pengertian dan cara membuat rumusan masalah, kamu bisa langsung menyimak berbagai contoh rumusan masalah yang sudah disajikan. Berikut ini contoh rumusan masalah yang baik dan benar:

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Sebuah kompetensi tidak melulu diukur dari nilai yang diperoleh oleh seseorang saja, namun juga kecakapannya. Stantar kompetensi yang sebenarnya telah lama diterapkan pada pendidikan Indonesia, terutama di perguruan tinggi. Salah satu cara untuk mengukur kompetensi para mahasiswa/i ialah mengenai penulisan karya ilmiah. Ini berbeda dari makalah, karya ilmiah ini menemukan suatu hal yang baru di bidang tertentu.

Karya ilmiah ini sendiri tidak melulu berhubungan dengan bidang keilmuan eksakta, namun juga humaniora. Untuk contohnya, berikut ini terdapat beberapa rumusan masalah mengenai humaniora khususnya bahasa, yakni:

  1. Apa saja yang mempengaruhi perbedaan bahasa pada kebudayaan melayu Sumatera?
  2. Adakah perbedaan bahasa yang digunakan oleh masyarakat pesisir pada daerah Kepulauan Sumatera?
  3. Bagaimana pembentukan bahasa Melayu dan perubahan yang terjadi di struktur bahasa itu?

Hal ini berbeda daripada ilmu eksakta, humaniora dan sosial adalah ilmu yang berkembang. Ini artinya ada saja perubahan yang selalu terjadi seiring dengan perkembangan zaman dan juga pengetahuan. Semakin modern manusianya, maka akan semakin berubah juga struktur bahasa dan juga kebudayaannya. Hal ini sangat terlihat jelas pada beberapa kota di provinsi Sumatera ataupun di kota yang lainnya di Indonesia.

Contoh Rumusan Masalah Proposal Kegiatan

Sebelum beranjak untuk penulisan rumusan masalah, beberapa dari sumber menyarankan penjelasan yang jelas seputar latar belakang. Namun adapula sumber yang menyebutkan untuk langsung menuliskan rumusan masalah secara detail. penulisan rumusan masalah yang jelas ini dianggap bisa untuk mewakili isi dari sebuah proposal, makalah ataupun laporan yang sedang dikerjakan.

Untuk proposal kegiatan ini sendiri, pasti terdapat aturan yang harus diikuti. Untuk yang pertama adalah proposal kegiatan ialah bentuk perizinan dan juga pencarian dana sponsor. Sehingga, disini penulis wajib untuk tahu dan bisa mencantumkan penjelasan secara detail. Contoh rumusan masalah untuk proposal kegiatan ini sendiri ialah:

  1. Apa saja yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan dan juga untuk meningkatkan minat juga bakat peserta didik?
  2. Bagaimana caranya para murid mengeksplorasi bakat dan minat bersamaan dengan melestarikan kebudayaan Indonesia?
  3. Kenapa pagelaran pentas seni ini dirasa perlu untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para peserta didik.

Bentuk dari rumusan masalah ini sendiri sangat beragam. Mulai dari kalimat berkesan pertanyaan ataupun pernyataan. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan konteks dan juga tujuan dari penulisan proposal ataupun makalah itu sendiri. Kalau dirasa lebih sesuai mengenakan kalimat pernyataan, maka tidak ada salahnya kalau kamu membuat rumusan masalah yang sama. Namun kamu tetap harus memakai kalimat yang pada, jelas, dan ringkas.

Read: Kliping | Contoh, Pengertian, Cara Membuat, Sistem Penyusunan Lengkap

Contoh Rumusan Masalah PTK

Struktur-kata-pengantar
http://keajaibanmenulis.com

Rumusan masalah bukan sekedar ide dari penulis secara utuh, namun bisa dibilang bentuk keresahan pembaca. Sebelum kita menuliskan sebuah rumusan masalah, disini penulis harus menempatkan dirinya untuk para pembaca. Dengan demikian maka penulis bisa mengetahui rumusan masalah mana yang sesuai dengan kultur pembaca dan juga tingkat sosial masyarakat mana yang sedang memerlukan.

Pasalnya tidak seluruh pertanyaan sesuai bagi masyarakat dengan kondisi tertentu, seperti masyarakat golongan ekonomi menengah dan juga masyarakat ekonomi bawah. Begitu juga pada saat menyusun rumusan masalah PTK, disini seorang penulis harus menempatkan diri untuk siswa/i. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa contoh rumusan masalah PTK atau penelitian tindakan kelas:

  1. Bagaimana efektivitas pemakaian media pembelajaran di dalam program belajar mengajar di SMA Harapan Jaya?
  2. Apakah pemakaian media ini berpengaruh kepada tingkatan nilai dan juga minat belajar para siswa/i?
  3. Bagaimana cara sorang guru memperkenalkan bilingual untuk para siswa/i SMPN 23?

Contoh Runusan Masalah proposal Usaha Makanan

Ini menjelaskan mengenai kondisi ideal sebelum bearlih untuk rumusan masalah menjadi kunci sukses di dalam menulis sebuah proposal. untuk keadaan ideal disini ialah latar belakang dari usaha yabg sedang dirintis, apakah hal itu telah berjalan atau baru ingin dimulai. Sebab, para investor atau calon penyandang dana perlu mengetahui sejauh mana kesungguhan kamu di dalam merintis usaha itu.

Untuk pihak sponsor tidak perlu untuk menghamburkan uang mereka dalam jenis investasi yang dinilai tidak menjanjikan. Apalahi jika disinyalir akan memberikan sebuah kergian yang berlipat ganda, bisa-bisa mereka tidak untuk malah buntung. Guna untuk menarik minat para investor untuk membaca proposal usaha kamu, kamu perlu untuk menerapkan kejujuran di dalam penjelasan keadaan ini.

Adapun disini beberapa contoh rumusan masalah di dalam penulisan proposal usaha makanan diantaranya ialah:

  1. Strategi apa saja yang dapat dilakuukan untuk meningkatkan omset penjualan dari bisnis kuliner itu?
  2. Bagaimana cara untuk menekan biaya produksi tanpa mengesampingkan kualitas produk makanan itu?
  3. Apa saja bentuk dari promosi yang bisa dilakukan untk menarik minat para konsumen?

Dalam contoh yang yabg sudah tertera di atas, disini penulis langsung mengarah kepada pokok permasalaan. Masalah apa yang dirasa perlu untuk memperoleh perhatian khusus dari pembaca ataupun dari pihak sponsor. Sponsor harus benar-benar tahu bagaimana strategi dan juga cara kamu di dalam mengembangkan bisnis kuliner. Sejauh mana juga strategi dan juga promosi itu mempengaruhi omset penjualan harian ataupun bulanan.

Contoh Rumusan Masalah Makalah Agama

Buku-dan-kopi
https://medium.com

Disamping mempunyai batasan yang jelas, rumusan masalah harus dibuat dengan kalimat yang lugas. Disini sebisa mungkin kamu harus menghindari penyebutan istilah yang tak didefinisikan sebelumnya pada bagian latar belakang. Pasalnya hal itu akan menimbulkan kebingunan ntuk para pembaca, apalagi jika berhubungan mengenai beberapa hal sensitif. Sebaiknya kamu harus mencari persamaan kata yang lebih gampang untuk dimengerti oleh para pembaca.

Makalah agama ini bisa mengangkat tema-tema umum mengenai agama, ritual beribadah ataupun jurnal yang sedang hangat-hangatnya. Untuk mempergampang kamu di dalam menemkan rumusan masalah makalah agama, di bawah ini beberapa contoh yang sangat gampang:

  1. Apa itu yang dimaksud akhlak dan moral?
  2. Bagaimanakah pengaruh pendidikan agama yang ditanamkan sejak kecil untuk kehidupan para remaja?
  3. Bagaimanakah hukum Islam menjelaskan poligami di dalam pernikahan?

Meskipun hal ini tidak dilarang untuk membahas masalah yang terkesan argumentatif, disini kamu harus memikirkan secara matang-matang. Poligami contohnya, masih banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat yang berkembang. Kalau kamu masih tertarik dengan satu pokok bahasan, sebaiknya kamu kumpulkan literatur serinci mungkin untuk membandingkan pemikiran yang sangat mendukung dan juga menolak.

Contoh Rumusan Masalah Laporan Prakerin

Laporan prakerin merupakan penanda berakhirnya praktek kerja atau magang untuk siswa/i SMK. Hal ini tidak jauh berbeda dari laporan yang lainnya, rumusan masalah di dalam laporan prakerin juga menggali seberapa jauh siswa/i akan memperoleh tambahan ilmu pengetahuan dan juga kiat pada saat bekerja.

Hal ini sangat berbeda dari teori, prakerin adalah bentuk aplikasi langsung dari setiap penjelasan yang telah dipaparkan oleh seorang guru di sekolah. Disini anak-anak diuji langsung untuk berkecimpung di lapangan untuk menghadapi tantangan dan juga etos kerja yang sangat tingggi. Untuk prakerin ini sendiri tujuannya adalah untuk membentuk karakteristik kuat dengan etos kerja dan juga skill mumpuni juga sikap yang baik pada saat berada di dunia kerja yang sebenarnya.

Membuat rumusan masalah untuk laporan parakerin ini tidaklah terlalu sulit, untuk contohnya ada pada berikut ini:

  1. Kendala apa sajakah yang sedang dirasakan selama prakerin di PT. Maju Mapan Indonesia?
  2. Adakah peningkatan skill atau kemampuan yang tengah dirasakan oleh siswa/i selama menjalain prakerin di PT. Maju Mapan Indonesia?
  3. Bagaimanakan cara untuk menghadapi persaingan di dalam dunia kerja sesudah mengalami sendiri berkecimpung didalamnya?

Beberapa dari pertanyaan diatas ialah rumusan masalah yang paling umum yang ditemui di dalam setiap laporan prakerin. Selama beberapa waktu berada di dalam lingkungan kerja, pasti ada nilai positif yang bisa diambil. Entah hal itu kiat bekerja disiplin dan juga penuh tanggung jawab maupun kemampuan yang kian mumpuni. Ada juga yang sedang merasakan langsung etos kerja di dunia industri yang jauh dari teori.

Contoh Rumusan Masalah Makalah PKN

Untuk pemenuhan tugas sekolah, yang namanya makalah sering membuat beberapa siswa/i merasa kebingungan. PKN adalah menjadi salah satu mata pelajaran yang sering berujung dalam pembuatan makalah. Entah itu makalah seputar undang-undang dasar atapun aturan pemerintah yang berlaku. Makalah PKN ini memang tak jauh-jauh dari bahasan bela negara dan juga kewajiban juga hak seorang warga negara.

Namun, disini PKN juga membahas masalah naturalisasi dan juga kewarganegaraan seseorang.  Pada umumnya hal ini menjadi isu yang sangat hangat untuk anak hasil pernikahan campur yang mana kewarganegaraannya masih belum jelas. Di negara Indonesia ini sendiri, anak yang terlahir dari orang tua WNI baik itu ibu dan ayah mempunyai hak berkewarganegara Indonesia. Dirinya berhak mempunyai di Usia 17 tahun dan juga melalui proses sidang.

Topik kewarganegaraan ini bisa diangkat menjadi sebuah rumusan masalah di dalam makalah PKN, yaitu:

  1. Apa sajakah hak dan kewajiban anak berkewarganegaraan ganda sebelum usia 17 tahun?
  2. Bagaimanakah proses naturalisasi untuk para Warga Negara asing (WNA)?
  3. Kapankah anak bisa memutuskan kewarganegaraannya jika orangtua berasal dari dua negara yang berbeda?

Untuk masalah kewarganegaraan, umumnya sebagian negara memberlakukan kewarganegaraan berdasarkan dengan tempat kelahiran. Untuk amerika contohnya, mereka yang terlahir di negara itu berhak untuk menyandang hak untuk seorang Amerika. Anak yang mempunyai nama de facto terlahir di negara Amerika mempunyai hak dan mempunyai kewajiban yang sama untuk seorang Amerika.

Baca Juga: Contoh Proposal | Kegiatan Pameran, Sekolah, Pramuka Lengkap

Contoh Rumusan Masalah Laporan PKL

sedang-menulis

Untuk setiap mahasiswa/i tingkat akhir wajib menjalani PKL untuk persyaratan kelulusan. Biasanya, PKL ini dijalani oleh para mahasiswa/i yang mana berasal dari program studi pendidikan atau teknik. Untuk PKL ini ialah merupakan upaya penerapan ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh mahasiswa/i di dalam beberapa semester. Teori yang sudah dikuasai ini diharapkan dapat dipakai di dalam dunia kerja, termasuk juga pengajaran.

Pada beberapa uuniversitas, PKL ini dilaksanakan di sekolah-sekolah yang sudah bekerjasama untuk yang sebelumnya. Pada nantinya mahasiswa/i akan dibagikan di dalam beberapa kelompok untuk mengajar satu sekolah dengan tingkat pendidikan yang sudah disesuaikan. Ini dimulai dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan atas untuk mata pelajaran yang dikuasai.

Tujuan dari PKL ini tidak jauh berbeda dari prakerin pada siswa/i SMK, yaitu untuk melatih kemampuan para peserta PKL. Hal ini sama halnya dengan prakerin, mahasiswa/i tetap diwajibkan untuk merampungkan laporan PKL untuk syarat akhir. Laporan itu menjadi penanda dan juga untuk penilaian untuk disahkan oleh kepala program studi sebelum mengeluarkan nilai mahasiswa/i.

Rumsan masalah untuk laporan PKL ini pastinya sama dengan yang sebelum-sebelumnya, hanya saja yang membedakannya ialah pada topik bahasa saja, seperti:

  1. Bagaimanakah sistem penilaian pada SMP Al-Ikhlas untk mempergampang para guru dan para orangtua?
  2. Bagaimanakah cara untuk meningkatkan sistem pomputerisasi supaya lebih gampang dipantau oleh orangtua ataupun guru?
  3. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan sosialisasi perubahan sistem dari manual menjadi komputerisasi?
  4. Apakah perubahan itu akan memberi dampak yang positif untuk SMP Al-Iklas ke depannya?

Contoh Rumusan Masalah Skripsi Pendidikan

Aturan baku di dalam penulisan skripsi menuntun mahasisa untuk lebih disiplin dan lebih rapi menghasilkan tulisan yang berbobot. untuk tema yang sedang diangkat di dalam skripsi juga tidak boleh sesuat yang terkesan subjektif, akan tetapi lebih ke objektif. untuk skripsi pendidikan sendiri, pada biasanya mahasiswa/i melakukan riset di sekolah untuk bahan acuan pemaparan dalam penulisan skripsi.

Menyusun skripsi pendidikan bisa memakai metode kualitatif ataupun metode kuantitatif. Kedua metode itu dipakai untuk mengumpulkan bahan juga mengolahnya ke dalam bentuk tulisan. Di dalam bagian rumusan masalah, seorang penulis dapat memilih topik bahasan yang menarik seperti:

  1. Apakah dengan mendongeng bisa meningkatkan fokus siswa/i TK Kasih Bunda selama dirinya berada di dalam kelas?
  2. kapan waktu yang sangat tepat untuk mengikuti kurikulum pendidikan di pre-scool?
  3. Apakah anak yang usianya 3 tahun telah siap untuk menerima pembelajaran dari kurikulum di pre-school?

Pertanyaan-pertanyaan yang ada diatas bisa menjadi sedikit contoh untuk kamu yang tertarik menulis skripsi pendikan. Bukan hanya melulu mengenai kuantitas, kalitas peendidikan juga harus benar-benar diperhatikan dari mulai yang tingkat terendah sekalipun. Untuk penulisan skripsi yang baik ialah bentuk implementasi pengetahuan yang sudah diperoleh selama beberapa tahun dan sangat bermanfaat untuk sistem pendidikan itu sendiri.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kualitatif

Pemaparan di dalam sebuah penelitian bisa berupa deskriptif, komparatif, dan juga asosiatif. Seluruh metode itu lazim untuk dipakai, baik di dalam penelitian kualitatif ataupun kuantitatif. Di dalam banyak hal, tidak seluruh rumusan masalah terkesan nyata dan praktis, terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan akademik. disini anda akan dihadapkan pada sebuah realita yang sama untuk menggali ide dan juga pemikiran yang baru.

Tidak jauh berbeda dari kehidupan nyata dan praktis, konsep juga memerlukan rumusan masalah yang tepat. Juga sedikit memoles rumusan masalah dalam penelitian kalitatif, di dalam hal ini yang sedang berhubungan dengan ilmu sangat dibetlkan. Kamu tentu telah sering melihat dan juga membaca bagaimana rumusan masalah dalam skripsi mahasiswa/i humaniora bukan? Itu akan menjadi salah satu contoh konseptual.

Meramu rumusan masalah untuk penelitian kualitatif yang bersifat konseptual tidaklah terlalu sulit. Kamu bisa membatasinya dengan ide, contohnya raisme berikut ini:

  1. Bagaimanakah ketidak adilan yang terjadi di negara Amerika sebelum tahun 1969 kepada orang yang berkulit hitam?
  2. Apa saja bentuk dari ketidak adilan yang terjadi pada orang yang berkulit hitam di negara Amerika?
  3. Apa pengaruh dari Civil Right Movement kepada kehidupan orang yang berkulit hitam pasca diskriminasi pada tahun 1965?

Setidaknya untuk penelitian kualitatif membatasi diri pada pertanyaan krusial dengan memakai kerangka 5W + 1H. Penulis harus fokus menggali lebih dalam dampak dari diskriminasi itu sendiri, terlebih lagi rasisme yang terjadi di negara Amerika. Bentuk-bentuk dari diskriminasi juga dijabarkan secara mendetail untuk mengetahui apakah terdapat perubahn yang terjadi antara dahulu dan saat ini dengan negara Amerika.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

Penulis-hebat
https://autotekno.sindonews.com

Penelitian kuantitatif ini dipengaruhi oleh beberapa variabel yang mana menentukan hasil akhir. Di dalam penelitian kuantitatif ini, bobot ataupun jumlah lebih ditekankan daripada mutu ataupun kualitasnya.Disini sebuah penelitian menitik beratkan seperapa banyak suatu hal berpengaruh terhadap hal yang lainnya. Ini sangat berbeda dengan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif ini pada biasanya didasarkan pada sebuah survei.

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai rumusan masalah di dalam penelitian kuantitatif, ada baiknya disini penulis mengetahui batasan masalah. Untuk batasan masalah disini ialah topik utama dari penelitian itu, guna untuk membatasi ruang gerak penelitian. Tujuan utamanya adalah supaya penelitian tidak terkesan melebar untuk hal-hal yang tifak terlalu penting, bahkan hal ini tidak dibutuhkan sama sekali dengan sebuah hasil penelitian.

Beberapa contoh rumusan masalah mengenai penelitian kuantitatif bisa ditemukan berikut ini:

  1. Bagaimana pengaruh gaji atau pengaruh upah pada etos kerja para karyawan di PT. Alami?
  2. Apakah pengaruh kebijakan di daerah pada implementasi penghijauan kembali di hutan Sumatera kepada PT. Land?
  3. Bagaimana pengaruh character building pada peningkatan jam kerja juga efisiensi karyawan di kantor?

Kalau dari awal telah jelas menetapkan pembatasan masalah, maka untuk penelitian yang sedang dijalani tidak akan mencakup orang-orang atau pihak diluar kepentingan. Contohnya saja kamu ingin melakukan penelitian pada pekerja tetap, maka untuk pekerja informal atau kontrak tidak masuk dalam daftar itu, begitu juga dengan masalah yang lainnya diluar pekerjaan, tidak akan masuk di dalam list pertanyaan.

Contoh Rumusan Masalah Laporan Study Tour

Study tour ataupun karya wisata bukan hanya sekedar perjalanan wisata untuk bersenang-senang saja. Di dalam kegiatan itu, siswa/i diajak untuk mengenal lebih dekat lagi daerah yang sedang dikunjunginya. Mereka semua diperkenalkan secara langsung mengenai geografis, kultur dan juga budaya yang berkembang. Dari sinilah siswa/i bisa mengetahi bagaimana kultur sosial yang hidup di tengah masyarat.

Kegiatan karya wisata ini memang sering ditunggu oleh para siswa/i. Pada umumnya sekolah mengunjungi satu sampai dua kota di dalam satu kali perjalanan, dengan waktu tempuhnya tidak lebih dari satu minggu. Para pengajar mengajak langsung siswa/i untuk mengenal sejarah dari candi ataupun peninggalan sejarah yang lainnya. Yogyakarta menjadi salah satu tujuan study tour yang paling ramai dikunjungi, terlebih lagi di akhir pekan.

Untuk pemilihan kota Yogyakarta tentunya bukan tanpa sebab. Mengingat budayanya yang masih sangat kental, disamping itu masih banyak lagi peninggalan sejarah yag bisa dikunjungi, termasuk keraton Yogyakarta. Adapun rmusan masalah yang sangat tepat untuk study tour di daerah Yogyakarta sendiri ialah:

  1. Bagaimana upaya pemerintah di dalam melestarikan dan jga menjaga peninggalan sejarah yang terdapat di kota Yogyakarta?
  2. Apa saja bentuk dari peninggalan sejarah yang bisa ditemui dan juga bagimana kondisinya saat ini?
  3. Bagimana tanggapan masyarakat sekitar, tertama untuk wisatawan asing dan wisatawan interlokal di dalam mengapresiasi peninggalan bersejarah itu?

Siswa/i bisa melakukan wawancara ringan untuk beberapa pengunjung acak di dalam tempat wisata. Mereka bisa memilih turis lokal ataupun asing yang sedang berkunjung ke Yogyakarta dan juga melihat langsung reaksinya. Dari hasil pengamatan itu, nantinya data akan dibandingkan dengan penjelasan dari pihak pengelola, entah itu petugas penjaga ataupun pegawai pemerintah.

Itulah yang bisa disampaikan mengenai rumusan masalah. Mulai dari pengertian rumusan masalah, tujan rumusan masalah, cara membuat rumusan masalah, dan berbagai contoh rumusan masalah yang baik dan benar. Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.