Contoh Paragraf Persuasi | Politik, Pendidikan, Kesehatan Lengkap

Contoh Paragraf Persuasi | Politik, Pendidikan, Kesehatan Lengkap

Contoh Paragraf Persuasi – Hallo para sahabat, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai contoh paragraf persuasi. Mulai dari contoh paragraf persuasi kesehatan, contoh paragraf persuasi pendidikan, politik dan lainnya. Namun sebelum kita masuk ke contoh paragraf persuasi sebaiknya anda simak dahulu apa itu yang dimaksud paragraf persuasi. Mari langsung saja kita simak bersama-sama pengertian paragraf persuasi berikut ini.

Pengertian Paragraf Persuasi

computer
https://pixabay.com

Yang dimaksud persuasi adalah sebuah paragraf yang isinya berupa kata-kata ajakan, himbauan, bujukan, atau rayuan untuk pembaca. Agar nantinya pembaca mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis. Sebab isinya yang berupa kata-kata juga hibauan, maka kamu memerlukan beberapa fakta dan bukti yang akurat dan juga kuat. Agar pembaca terpengaruh dengan ajakan kamu dan lalu melakukan apa yang diinginkan.

Jadi, di dalam menuliskan paragraf persuasi, kamu harus menyertakan ulasan yang bisa membuat pembaca percaya dengan tulisan atau karangan kamu itu. Sehingga pada saat pembaca kamu telah percaya, maka dengan gampang pembaca akan gampang diajak untuk melakukan apa pun yang menjadi kehendak kamu.

Sedangkan untuk konten tulisan di dalam paragraf persuasi sifatnya ialah subjektif. Subjektif ini maksudnya ialah jika isi atau kata-kata dalam paragraf persuasi adalah murni hasil dari pandangan pribadi penulis tentang suatu topik.

Tujuan dari paragraf persuasi ialah untuk mengajak pembaca agar melakukan apa yang menjadi kehendak dari penulis. Sehingga dari tujuan inilah tidak jarang paragraf persuasi digunakan seseorang untuk mengajak pembaca agar pembeli suatu produk atau prodak.

Ciri-ciri Paragraf Persuasi

ciri-ciri-paragraf-persuasi
https://pengajar.co.id

Sama seperti paragraf yang lainnya, paragraf persuasi juga mempunyai beberapa ciri-ciri yang membuatnya berbeda dengan paragraf yang lainnya. Diantaranya ialah:

  1. Konten tulisan di dalam paragraf persuasi ialah suatu kalimat ajakan untuk pembaca. Agar mengikuti atau melakukan sesuatu yang menjadi kehendak penullis.
  2. Penulisannya disertai dengan pemaparan yang berupa data-data, argumen dan fakta yang kuat tentang sesuatu. Hal itu dilakukan guna untuk meyakinkan pembaca supaya mau mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis.
  3. Sebab adalah paragraf yang tujuannya mengajak atau menghimbau maka di dalamnya ada kata-kata ajakan seperti “Ayo”, “Mari”, “Laksanakan”, dan yang lainnya.
  4. Bahasa yang dipakai di dalam paragraf persuasi tidak bersifat kontroversial. Sehingga nantinya antara pembaca dan penulis tidak ada pertentangan. Kalau pertentangan antara pembaca dan penulis dapat dihilangkan, maka pembaca pun akan tertarik. Dan dengan gampang mengikuti dan melakukan sessuatu sesuai yang penulis inginkan.
  5. Paragraf persuasi bisa menimbulkan kepercayaan dan keyakikan untuk pembaca.

Contoh Paragraf Persuasi Beserta Jenisnya

Paragraf persuasi memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui, di bawah ini contoh paragraf persuasi beserta dengan jenisnya.

Contoh Paragraf Persuasi Propaganda

mie-instan-dan-nasi-putih
http://nulis.co.id

Persuasi propaganda adalah paragraf persuasi yang berupa himbauan yang disampaikan dengan keras dan jelas. Guna membuat pembaca mau mengikuti himbauan yang disampaikan. Kamu bisa menemukan paragraf ini pada sejumlah media cepat seperti majalah, surat kabar, atau artikel-artikel di internet.

Persuasi propoganda ini umumnya dipakai di saat kegiatan kampanye. Sedangkan isi dari kampanye itu pada umumnya berupa tentang informasi atau ajakan. Yang nantinya mempunyai tuhuan akhir yakni agar pembaca atau pendengar mau menuruti dan melakukan isi dari ajakan kampanye itu.

Contoh

Menyantap mie instan yang dibarengi dengan nasi putih adalah hal lazim yang umumnya dilakukan oleh masyakarat kita. Padahal tahukah kamu kalau kebiasaan itu bisa menimbulkan dampak negatuve untuk tubuh?. Perlu kamu ketahui jika mengkonsumsi mie instan yang dibarengi atau dicampur dengan nasi putih nantinya bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

Kenapa begitu? Karena obesitas bisa terjadi sebab terdapatnya zat karbohidrat dominan yang terkandung di mie instan. Dan juga nasi putih yang bisa membuat perut kamu kenyang dalam waktu yang sesaat. Lalu kemudian menjadi sering lapar, dimana nantinya akan membuat kamu makan lebih banyak lagi dari yang sebelumnya.

Jika kamu telah mengalami kegemukan atau obesitas, maka tubuh kamu akan penuh dengan makanan yang bisa mengakibatkan timbulnya sejumlah penyakit di kemudian hari. Seperti penyakit kolestrol, kegemukan, penyakit jantung, sampai ginjal. Oleh sebab itu, kamu ingin mempunyai tubuh yang sehat juga tidak gampaang terserang penyakit. Mulai detik ini juga kamu harus mengurangi kebiasaan mengkonsumsi mie instan yang dibarengai dengan nasi putih.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

di-hari-pendidikan-nasional-kenalan-yuk-dengan-4-guru-cantik-ini
https://lifestyle.okezone.com/

Persuasi pendidikan ialah paragraf persuasi yang isinya berupa pesan-pesan khusus yang di dalamnya terdapat hubungan dengan dunia pendidikan.

Seperti jenisnya yakni persuasi pendidikan maka paragraf ini pada umumnya dipakai oleh instansi-instansi pendidikan. Untuk menyampaikan beberapa pesan yang sekiranya mempunyai kaitan dengan dunia pendidikan. Contohnya motivasi belajar, paduan pendidikan, dan yang lainnya.

Contoh

Sekarang ini masih banyak dari guru dan juga dari orang tua murid yang tidak sabar di dalam mendidik peserta didiknya. Padahal, di dalam mendidik anak yang namanya kesabaran ini sangat dibutuhkan. Seperti yang sudah diungkapkan oleh salah satu filsul legendaris Yunani yakni Plato. Jika pendidikan adalah proses yang panjang dan dijalani seumur hidup. Yakni mulai manusia itu masih kecil sampai manusia itu beranjak dewasa.

Oleh karena itu, telah sepantasnya selaku guru dan selaku orang tua murid mendidik anaknya dengan sabar dan juga berorientasi dalam proses. Agar nantinya anak bisa berkembang dengan baik dan dengan yang semestinya. Dengan begitu juga potensi yang dimiliki oleh anak pun bisa tumbuh berkembang dengan sangat baik dan alami.

Contoh Paragraf Persuasi Advertensi

android-apps
https://lampungpro.com

Persuasi advertensi adalah paragraf persuasi yang pada umumnya dipakai untuk mengiklankan suatu produk atau untuk kepentingan komersil. Tujuan dari persuasi advertensi ialah untuk memperkenalkan sekaligus untuk membujuk pembaca agar mau membeli produk yang sedang ditawarkan melalui paragraf persuasi adventensi ini. Dari tujuan ini maka tidak sedikit pihak yang memakai paragraf ini untuk mempromosikan sekaligus menjual produk-produknya.

Persuasi iklan yang baik yang perlu kamu ketahui yakni persuasi yang pastinya dapat untuk merangsang pembaca untuk membeli barang atau produk yang sedang di tawarkan. Begitu juga sebaliknya sebuah persuasi iklan yang kurang baik yakni persuasi yang tidak dapat dan tidak berhasil untuk merangsang pembava agar mempunyai keinginan untuk membeli produk yang sedang ditawarkan.

Contoh

Bagi kamu para perantau yang berkuliah maupun bekerja pastinya memerlukan indekos. Akan tetapi, indekos tersebut masih sulit untuk ditemukan. Apalagi kalau kamu berada di kota-kota besar. Sulitnya memperoleh indekos menjadi kendala sendiri untuk para perantau yang akan untuk menetap lama di suatu kota. Baik itu alasan untuk kuliah ataupun alasan untuk bekerja.

Namun, pada saat indekos telah bisa kamu temukan terutama di kota besar dengan gampang melalui aplikasi berbasis Android yang bernama indeko.id. Nah, aplikasi itulah yang bisa membantu kamu untuk menemukan indekos yang nyaman dan pastinya murah harganya di kota yang akan kamu tuju.

Dengan memakai aplikasi ini pun kamu tidak perlu susah-susah untuk men-survey kota itu. Sehingga bisa lebih menghemat waktu kamu. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan negosiasi langsung dengan pemilik indekos jika kamu telah merasa cocok dan berkeinginan untuk menetap di indekos yang kamu inginkan. Bukan hanya itu saja, dengan aplikasi ini pun kamu bisa membayar indekos tanpa perlu menunggu tagihan dari pemilik indekos.

Aplikasi ini juga bisa mempergampang pemilik indekos untuk mempromosikan indekos yang mereka punya. Untuk caranya pun sangat gampang, para pemilik indekos hanya perlu mengunggah foto indekos mereka. Para pemilik indekos juga bisa menentukan kapan tanggal di mana penyewa indekos harus membaya uang sewa. Sehingga pemilik indekos tidak perlu repot-repot untuk menagih uang sewa langsung kepada para penyewa indekos tersebut.

Dengan begitu, aplikasi indekos ini sangatlah membantu kami di dalam mencari indekos. Atau untuk para pemilik indekos yang akan menyewakan indekos mereka. Oleh sebab itu, segeralah untuk menginstal aplikasi ini!. Untuk meng-instalĀ aplikasi ini, kamu bisa langsung mengunjungi Google Play atau bisa langsung mengunjungi laman indekos.co.id.

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Jauhkan-Umat-Islam-dari-Urusan-Politik-Strategi-Snouck-Bag
https://www.seraamedia.org

Persuasi politik adalah paragraf yang persuasi yang tujuannya ialah agar para pembaca berkeinginan untuk memilih wakil rakyat atau memilih suatu partai di dalam suatu pemilihan daerah ataupun pada pemilihan umum. Sama seperti jenisnya yakni persuasi politik, maka untuk jenis persuasi ini pada umumnya dipakai oleh para partai politik. Dan juga oleh beberapa media, baik itu media cetek ataupun media elektronik.

Contoh

Pemilihan umum tinggal menghitung hari saja. Ayo pakai hak pilih kita untuk memilih presiden yang terbaik untuk negara Indonesia kita tercinta ini. Jangan juga golput. Perlu untuk kita ingat jika masa depan Negara kita selama 5 tahun ke depannya bergantunh oleh pilihan kita. Yakni pada tanggal 2 juni 2018. Oleh sebab itu, marilah kita semuanya datang ke TPU dan pakai hak pilih kita. Ingat, jadilah pemilih yang bijak.

Contoh Paragraf Persuasi Kesehatan

bubur-nikmat
https://www.pemburuombak.com

Pentingnya Sarapan di Pagi Hari

Sarapan di pagi hari kerap di lewatkan oleh banyak orang. Alasan mereka melewatkan sarapan pagi ini pun beranega macam. Mulai dari karena merasa tidak sempat, karena harus buru-buru untuk berangkat kerja atau sekolah, karena merasa belum lapar, dan karena mereka tidak terbiasa makan di pagi hari.

Padahal, sarapan di pagi hari adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum kita memulai kegiatan di pagi hari. Di mana jika kita tidak sarapan, maka tubuh akan menjadi kekurangan asupan pada pagi hari. Yang mana nantinya akan menyebabkan kurangnya tenaga pada saat sedang melakukan aktivitas di siang hari.

Kalau kebiasaan tidak sarapan di pagi hari dibiarkan secara terus-meneru, maka tubuh akan menjadi gampang lelah di pagi hari. Dan juga menjadikan tubuh kita tidak bertenaga pada saat melakukan aktivitas di siang hari. Sehingga menyebabkan pekerjaan yang sedang kita lakukan tidak dapat maksimal. Di dalam sarapan pun dianjurkan untuk tidak memakan dengan porsi yang banyak. Sebab sarapan dengan porsi yang banyak pun bisa menyebabkan kantuk.

Sebaiknya secukupnya saja, asalkan perut kita tidak kosong. Sehingga tubuh mempunyai tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Dengan terpenuhinya keperluan di dalam tubuh, maka tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat.

Oleh sebab itu, ayo mari biasakanlah diri kamu untuk sarapan di pagi hari. Jika kamu tidak sempat untuk melakukan sarapan, maka bisa membawa sarapan dan bisa diakan pada saat di perjalanan menuju kantor, sekolah, ataupun kampus.

Teknik Penulisan Paragraf Persuasi

sedang-menulis
https://typoonline.com

Di dalam menulis paragraf persuasi terdapat 2 teknik yang bisa kamu pakai, yakni:

Rasionalisasi

Teknik ini memakai akal dengan tujuan untuk memberikan dasar pembenaran kepada sesuatu hal atau persoalan. Di mana pembenaran hasil rasional ini bisa mempergampang agar keinginan, sikap, tindakan, maupun keputusan yang sudah ditentukan bisa dibenarkan.

Sugesti

Dan untuk tekni sugesti ini pada umumnya memakai rangkaian kata-kata untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain agar mau menerima pemberian tertenu.

Cara Membuat Paragraf Persuasi

Kalau kamu adalah seorang yang baru mengenal paragraf persuasi, mungkin kamu akan kebingungan jika diminta untuk membuat paragraf persuasi. Namun tenang saja, di bawah ini akan dibahas bagaimana cara untuk membuat paragraf persuasi:.

Tentukan topik

Pada saat kamu akan menulis paragraf persuasi, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah menentukan topik apa yang sekiranya akan kamu bahas di dalam paragraf itu. Tidak usah bingung di dalam menentukan topik, karena terdapat banyak sekali topik yang bisa kamu bahas. Contohnya adalah mengenai masalah merokok, narkoba, pergaulan bebas, dan kebiasan sehari-hari yang lainnya.

Untuk penentuan topik ini tidak usah kamu lakukan agar kamu tidak kesulitan di dalam merumuskan tujuan. Dan pada saat mengumpulkan data yang sesuai. Topik nanti akan menjadi lingkup pembicaraan di dalam paragraf yang kamu buat.

Tentukan tujuan

Sebab setiap paragraf persuasi pasti mempunyai tujuan yang sama. Yakni untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembaca dan pendengar, maka paragraf persuasi kamu harus dibuat sesuai dengan tujuan itu. Tujuan yang akan kamu buatpun harus jelas, masuk akal, dan bisa dipercaya oleh pembaca ataupun pendengar.

Di dalam penyampaian maupun penulisannya pun diusahakan agar singkat, akan tetapi jelas agar apa yang kamu sampaikan bisa ditangkan dengan baik oleh para pembaca atau oleh para pendengar.

Buatlah kerangka paragraf

Jika kamu telah siap dengan topik dan tujuan yang akan dibahas, maka untuk langkah selanjutnya yang perlu untuk kamu lakukan ialah dengan membuat kerangka paragraf. Hal ini untuk mempegampang kamu di dalam membuat paragraf persuasi, di samping itu dengan membuat kerangka paragraf maka paragraf kamu akan menjadi lebih sistematis dan lebih logis.

Cara membuat kerangka paragraf tersebut sendiri sama seperti pengembangan sebab akibat. Yang mana bisa meletakkan sebabnya dulu, lalu setelah itu memberikan akibatnya.

Mengumpulkan data

Yang tak kalah pentingnya yakni mengumpulkan data. Dengan kamu menyampaikan data yang tepat juga akurat, maka disini pembaca dan pendengar akan bisa mempunyai kepercayaan kepada kamu.

Oleh karena itu jangan sekali-kali kamu merekayasa atau membuat jangan sekali-kali kamu merekayasa atau membuat-buat data di dalam paragraf kamu. Sebab itu bisa membuat para pembaca tidak percaya kepada kamu bahkan tidak menyukai kamu. Maka usahakan mencari data sebaik mungkin ya.

Menyusun paragraf

Dan langkah yang terakhir yakni menyusun paragraf. Pada langkah yang terakhir ini kamu bisa menyusun paragraf sesuai dengan topik, tujuan, kerangka dan juga fakta yang telah kamu kumpulkan menjadi sebuah paragraf yang baik.

Jangan lupa untuk memilih kata yang baik agar nanti paragraf persuasi kamu gampang untuk meyakinkan pembaca ataupun pendengar. Lalu setelah itu, telitilah dahulu paragraf kamu apakah telah sesuai dengan yang kamu inginkan atau belum.

Syarat Penulisan Paragraf Persuasi

Ada tiga syarat yang sangat penting untuk diperhatikan di dalam menulis paragraf persuasi, yakni:

Watak dan kredibilitas

Watak juga semua kepribadian pembaca atau penulis bisa diketahui dari hasil semua karyanya. Yakni dengan cara melihat gaya yang digunakan di dalam karyanya, struktur kalimat, tema, dan yang lainnya.

Pada umumnya pembaca akan menaruh kepercayaan untuk penulis jika diketahui jika penulis tidak mendapatkan keuntungan pribadi dari masalah yang sedang di tulisnya. Di samping itu, pembaca juga akan menaruh percaya untuk penulis jika penulis bisa bersikap jujur tentang tulusannya dan juga terbuka untuk menerima seluruh kritikan yang sedang dilontarkan secara simpatik.

Kemampuan mengendalikan emosi

Kemampunan seorang penulis di dalam mengendalikan emosi untuk mengobarkan sentiment pembaca haruslah benar-benar diperhatikan di dalam membuat paragraf persuasi. Karena keunggulan mengendalikan emosi ini bukan hanya diarahkan untuk para pembaca saja. Namun juga diarahkan untuk membenarkan diri agar bisa mencapai sasaran yang diinginkan.

Bukti-bukti

Persuasi yang ditulis atau dipaparkan oleh penulis harus mempunyai kebenaran dan juga bisa diandalkan, tidak bersifat abstrak. Minimalkan pemakaian statistic yang terlalu rumit. karena hal itu bisa menjadi tidak menarik lagi untuk pembaca dan akan menjadi lemah jika dilihat dari sudut persuasinya.

Demikian ulasan yang disampaikan mengenai contoh paragraf persuasi. Semoga apa yang disampaikan kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba membuat paragraf persuasi. Terima Kasih.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

 

 

 

 

Tinggalkan komentar