contoh-teks-ulasan

Contoh Memo | Resmi dan Tidak Resmi Terbaru Lengkap

Contoh Memo – Sahabat yang akan kita bahas kali ini mengenai memo. Mulai dari bagian-bagian memo, jenis-jenis memo, fungsi memo, cara membuat memo, dan contoh memo yang baik dan benar. Namun sebelum kita masuk ke contoh memo, bagian-bagian, dan yang lainnnya, apakah kamu tahu apa itu memo? Ya mengetahui pengertian dari memo ini sangatlah penting supaya kamu bisa lebih memahami mengenai memo. Tidak usah panjang lebar, mari langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Memo

sedang-menulis
https://www.vemale.com

Yang dimaksud memo adalah surat yang dibuat khusus untuk kebutuhan di dalam kantor maupun organisasi. Memo bisa disampaikan secara horizontal maupun vertikal. Untuk penyampaian secara horizontal ialah penyampaian memo untuk pihak yang mempunyai jabatan yang sama, akan tetapi untuk penyampaian secara vertikal ialah penyampaian memo dari atasan untuk bawahan maupun sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu.

Dan untuk penulisan memo ini sendiri, seorang penulis tidak usah menyertakan salam pembuka dan juga paragraf penutup. Hal inilah yang menjadi perbedaan yang mencolok antara memo dan surat.

Jenis-jenis Memo

Sesudah kita mengetahui mengenai pengertian memo, yang akan di ulas selanjutnya adalah mengenal jenis-jenis memo. Dan berdasarkan pemakaiannya memo dibedakan menjadi dua bagian, yakni memo resmi dan memo tidak resmi. Dan di setiap jenis memo pasti mempunyai perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

Kenapa kita harus mengetahui jenis-jenis memo? Karena hal ini bertujuan supaya kita tidak kebingungan pada saat memperoleh tugas untuk membuat contoh memo dengan jenis tertentu yang sudah diberikan. Yuk langsung saja kita simak bersama-sama penjelasan mengenai jenis-jenis memo berikut ini:

1. Memo Resmi

Ya, sama seperti namanya, memo resmi ini dipakai untuk segala kebutuhan yang memiliki sifat resmi, Oleh sebab itu memo resmi hanya dipakai oleh sebuah lembaga, instansi, organisasi maupun perusahaan. Juga memo resmi ini hanya bisa ditujukkan untuk seseorang yang berhubungan dengan sebuah organisasi maupun lembaga tertentu.

Dengan kata lain, untuk jenis memo yang bersifat resmi ini tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi di dalam pembuatannya. Di samping itu, yang namanya memo resmi ini tidak bisa dipakai untuk sarana surat menyurat antara satu lembaga dengan lembaga yang lainnya.

Untuk memo yang bersifat resmi ini kerap dipakai oleh seseorang yang mempunyai jabatan atau kedudukan yang tinggi di dalam suatu lembaga atau suatu organisasi. Dan langsung ditujukkan untuk seseorang yang mempunyai pangkat di bawahnya dengan beberapa maksud tertentu. Atau dapat juga ditujukkan untuk seseorang yang mempunyai pangkat sama dengan dirinya.

Sebab sifatnya yang resmi, di dalam membuat memo jenis ini seseorang harus benar-benar memperhatikan dalam bahasa penyampaiannya. Meskipun ditujukkan untuk bawahannya, seseorang juga harus tetap memakai bahasa yang baik dan sopan. Dengan maksud yang menerima memo itu tidak tersinggung dengan kata-kata yang ada di dalam memo itu.

2. Memo Tidak Resmi atau Memo Pribadi

Memo tidak resmi sudah pasti berbeda dengan memo resmi, untuk memo tidak resmi hanyalah sebuah memo yang biasa dipakai di dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu ditujukkan untuk kerabat, saudara, maupun untuk keluarga, untuk memo ini tidak menyangkut sebuah lembaga maupun menyangkut organisasi manapun.

Sebab sifatnya yang tidak resmi, penulisan memo pribadi ini tidak sama dengan memo yang sifatnya resmi. Untuk memo tidak resmi bisa dituliskan dengan cara memakai bahasa sehari-hari. Meskipun demikian disini penulis harus tahu diri, dan juga memakai kalimat juga bahasa yang baik dan sopan.

Bagian-bagian Memo

Buku-dan-kopi
https://medium.com

Sama seperti surat, di dalam menulis memo seseorang atau penulis harus menyertakan beberapa bagian penting yang terdapat di memo. Sebab jika salah satu bagian saja tidak ada di dalam memo, maka hal itu tidak bisa dikatakan sebuah memo dan dikatakan kalau itu bukan memo yang sempurna.

Nah, oleh sebab itu supaya memo yang kita tulis bisa disebut dengan sebuah memo, kita harus benar-benar mempelajari bagian-bagian memo. Tidak usah panjang lebar mari langsung saja kita simak sedikit keterangan beberapa bagian-bagian yang ada di dalam memo berikut ini.

1. Bagian Kepala

Untuk bagian memo yang pertama ialah kepala memo. Bagian dari kepala memo ini terdiri dari beberapa unsur. Untuk unsur yang pertama ialah bagian kop memo, namun pemakaian kop memo hanya untuk yang sifatnya resmi saja. Di dalam penyusunan sebuah memo yang sifatnya pribadi seseorang tidak usah penyertakan unsur ini.

Kop memo memiliki tujuan untuk menegaskan, jika memo itu benar-benar dikeluarkan dari lembaga yang sedang berhubungan. Untuk leboh meyakinkan penerima, bagian dari kop memo ini pada umumnya terdiri dari nama dan alamat lembaga yang berhubungan.

Untuk unsur kepala dari memo yang kedua ialah tulisan memo yang letaknya berada di tengah-tengah memo, yaitu tepat dibawah kop memo. Pada umumnya tulisan memo ini dituliskan centering maupun rata tengah dan mempunyai ukuran lebih besar jika dibandingkan huruf yang lainnya. Juga dituliskan dengan huruf kapital dan dipertebal.

Unsur dari kepala memo yang terakhir ialah nama pengirim dan juga nama penerima. Pada bagian ini terletak di bagian atas kiri, yaitu tepat berada di bawah tulisan memo. Juga bagian ini harus dituliskan di dalam setiap memo entah itu memo resmi maupun memo yang tidak resmi.

2. Bagian Isi

Bagian dari memo yang berikutnya ialah bagian isi atau biasa disebut dengan badan memo. Sebab pada bagian inilah seorang penulis mengungkapkan maksud dari memo itu.

Di dalam menulis maksud dan juga tujuan di dalam sebuah memo, disini penulis tidak usah berbelit-belit di dalam mengungkapkan isi itu. Juga lebih baiknya langsung kepada maksud dan tujuan memo itu dibikin. Meskipun ditulis dengan sangat singkat, namun informasi yang sedang ditulis harus benar-benar jelas dan lengkap.

3. Bagian Penutup

Dan bagian yang terakhir ialah bagian penutup atau yang sering disebut dengan kaki memo. Seperti halnya kepala memo, untuk kaki memo ini terdiri dari beberapa unsur. Ini seperti halnya tanggal pembuatan, tanda tangan dan nama terang orang yang sedang membuat.

Hal ini seperti surat resmi, penulisan tanggal pembuatan dan tanda tangan bisa diletakkan di bagian kiri atau di bagian kanan bawah, Hal ini tergantung dengan keinginan dari penulis ingin menempatkan di kiri maupun di kanan.

Ciri-ciri Memo

Di bawah ini ialah ciri-ciri memo, diantaranya ialah:

  • Mempunyai bagian surat yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan surat resmi pada biasanya, terutama untuk bagian dari isi surat.
  • Adalah bentuk lomunikasi yang berisi tentang saran, arahan, maupun penerangan tentang sesuatu hal.

Tujuan dan Fungsi Memo

tujuan-memo
https://www.wpclipart.com

Berikut ini adalah tujuan dan fungsi dari memo:

1. Tujuan Penulisan Memo

Tujuan dari penulisan memo ialah untuk meminta ataupun memberikan informasi maupun sebuah petunjuk untuk seseorang yang berkompeten.

2. Fungsi Memo

Fungsi memo ialah sebagai bentuk komunikasi yang berisi mengenai arahan, permintaan, maupun keterangan mengenai sesuati yang harus dilakukan ataupun diselesaikan dengan secepatnya.

Cara Membuat Memo

Sesudah kita mengetahui lebih jelas mengenai apa itu yang dimaksud dengan memo dan juga bagian-bagian memo yang lainnya, disini kamu juga perlu mengetahui cara untuk membuat memo yang baik dan benar. Nah, di bawah ini ialah cara untuk membuat memo yang sesuai dengan aturan EYD:

  1. Alamat yang sedang dituju adalah bagian yang penting. Sebab salah di dalam penulisan alamat akibatnya akan sangat fatal.
  2. Di dalam menulis memo kamu harus mencantumkan nama pengirim, supaya penerima mengetahui secara jelas siapa yang sedang mengirim.
  3. Mengenai memo, di dalam bagian ini kamu dapat mengisi dengan sifat memo yang kamu kirim itu.
  4. Tanggal pengirim memo, supaya lebih jelas kapan memo dikirim, maka harus dicantumkan sebuah tanggal.
  5. Nama pengirim dan tanda tangan, sesudah semua dari bagian telah direvisi, untuk langkah yang terakhir adalah mencantumkan tanda tangan di bagian bawah memo.
  6. Di dalam penulisan memo, sebaiknya kamu harus memakai bahasa yang singkat, padat, dan jelas sehingga yang menerima memo bisa benar-benar memahami dengan gampang apa tujuan yang sebenarnya dari penulisan memo. Kata yang bertele-tele tidak diperlukan di dalam penulisan memo. Kamu juga harus langsung menyampaikan maksud dari sebuah pesan yang sedang kamu kirim memakai bahasa yang singkat, jelas, padat, dan yang terpenting tidak mengulang-ulang kalimat.

Contoh Memo

sedang-menulis
https://www.vemale.com

Sesudah kita memahami tentang beberapa dari materi mengenai memo. Setelah ini kita masuk ke pokok pembahasan inti, yaitu contoh memo. Contoh memo ini dituliskan yang bertujuan supaya kamu lebih memahami dan lebih mengerti mengenai apa yang telah dipaparkan di artikel yang sebelumnya. Mari langsung saja di bawah ini beberapa contoh membo dan juga pembagiannnya yang sudah sering kita temui:

Baca juga: Teks Anekdot|Contoh Singkat, Lucu, dan Menyindir Lengkap

Contoh Memo Resmi Sekolah

anak-sd-berprestasi
https://celebesonline.com

Contoh Memo -1

SMA HASANUDIN BANDUNG

Jl. Karangkates No. 22 Perum Koppo Permai Bandung

Telp. (081) 33277453 Email : smah@gmail.com

MEMO

Dari        : Kepala Sekolah

Kepada  : Wakil Kepala Sekolah

Saya ingin berdiskusi kepada Anda untuk perihal acara pelaksanaan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2016. Tolong untuk menyiapkan data-data perihal kesiapan soal dan juga daftar jawaban yang berikan pemerintah. Insya Allah diskusi ini akan dselenggarakan nanti siang sesudah istirahat yang kedua pada ruangan saya. Sekian dan terima kasih.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala Sekolah

Juned Sunandar

Contoh Memo -2

SMA NEGERI 5 MALANG

Jl. Panjaitan No. 44 Indah Permai, Malang

Telp. (031) 454765232

MEMO

Dari : Kepala SMA Negeri 5 Malang
Untuk : Panita Study Tour

Secepatnya untuk menyiapkan laporan hasil pengumuman suara terbanyak perihal tujuan study toue siswa kelas XII yang akan dilaksanakan Minggu Depan. Hasil laporan dari pengumuman suara itu, akan Saya pertimbangkan langsung apakah tujuan yang paling banyak pemilihnya sesuai dengan keperluan anak-anak atau tidak. Terima kasih.

Malang, 24 Oktober 2016

Kepala Sekolah

Muhammad Asrul

Contoh Memo -3

Contoh-Memo-Sekolah
http://santrigaul.net

Contoh Memo -4

SMK 04 MALANG

Jl. Mawar No. 33 Pujon, Malang

Telp. (081) 32355457 Email : smkn04malang@gmail.com

MEMO

Dari : Dewan Guru

Kepada : Kepala Tata Usaha (TU)

Hari ini dewan guru dan tata usaha akan mengadakan rapat dengan kepala sekolah. Oleh sebab itu, tolong untuk menyiapkan data-data yang berkaitan dengan hal-hal yang dipakai untuk bahan evaluasi bulan ini. Hari ini para murid akan dipulangkan lebih awal pada pukul 09.30. Oleh karena itu, dimohon untuk memberitahukan hal ini kepada semua ketua kelas.

Malang, 24 Oktober 2016

Dewan Guru

Nurhalifah Silfiana

Contoh Memo -5

SMK PENERBANGAN JAKARTA

Jl. Mawar No 13, Menteng, Jakarta

Telp. (051) 954657247

MEMO

Dari : Wakil Kepala Sekolah

Kepada : Dewan Guru

Tolong dewan guru supaya mempersiapkan diri, sebab saya akan melaksanakan diskusi dengan seluruh guru untuk membahas mengenai program terbaru sekolah kita yakni Tahfidxhul Qur’an. Dan juga saya meminta untuk mempersiapkan beberapa masukan juga saran mengenai program yang akan kita terapkan pada waktu dekat-dekat ini. Insya Allah diskusi tersebut akan dilaksanakan pada pukul 10.00 pagi yang bertempat di kantor guru. Sekian dan terima kasih.

Jakarta, 24 Oktober 2014

Wakil Kepala Sekolah

Agus Wicaksono

Contoh Memo -6

SMA 03 PENERBANGAN SURABAYA

Jl. Panglima Sudirman No. 44 Tanjung Kelapa, Surabaya

No. (081) 45654765

MEMO

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada  : Panitia Penerima Siswa baru

Tolong mempersiapkan data siswa yang telah mendaftar di sekolah kita, pada jangka waktu 3 bulan ini. Jika siswa yang mndaftar telah memenuhi kuota yang telah ditentukan sebelumnya, maka secepatnya untuk membuat daftar pengumuman tentang siswa yang diterima. Dan juga tolong informasikan jika kuota penerimaan siswa baru telah habis. Siapkan pula seluruh kebutuhan yang berhubungan daftar ulang yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2016. Sekian dan terima kasih.

Surabaya, 24 Oktober 2014

Kepala Sekolah

Makmur Subekti

Contoh Memo -7

MAN 03 SENGKALING

Jl. Gatot Subroto No 44, Sengkaling Malang

MEMO

Dari : Kepala Sekolah 03 Sengkaling

Kepada : Dewan Guru

Tolong segera untuk menyiapkan surat keterangan hasil belajar siswa untuk bahan materi rapat kenaikan kelas. Rapat ini akan dilaksanakan pada tangggal 22 Oktober 2016 pukul 10.00 WIB.

Sengkaling, 24 Oktober 2016

Kepala Sekolah

Suhendra Winarko

Contoh Memo Perusahaan

contoh-memo-perusahaan
https://www.bibliotika.com

Contoh Memo -1

PT. KARYA MANDIRI

Jl. Hasan Sadikin No. 44 Pringgading, Bantul

Telp. (031) 124893665 Email : ptkaryamandiri44@gmail.com

MEMO

Dari Manager

Kepada : Ketua Bagian Produksi

Tolong siapkan seluruh data mengenai jumlah produk yang telah di produksi selama 2 bulan ini. Siapkan juga daftar produk yang telah diproduksi mulai tahun 2015. Saya minta untuk membuat resep produk yang baru bulan ini. Hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pada rapat bulanan, dalam waktu dekat ini. Sekian dan terima kasih.

Bantul, 24 Oktober 2017

Manager

Arya Putra

Contoh Memo -2

PT. PRIMA JAYA
Jl. Mawar No. 48 Pujon, Malang

Telp. (031) 774436574 Email : primaya48@gmail.com

MEMO

Dari : Manager Keuangan

Kepada : Bagian Keuangan Unit 2

Siapkan data-data yang berhubungan dengan keuangan tahun ini. Termasuk juga data-data pengeluaran untuk bulan ini. Mohon dilaksaksanakan dengan segera, sebab hal ini akan menjadi bahan evaluasi pada rapat rutin bulanan kita [ada tanggal 26 Oktober 2018. Sekian dan terima kasih.

Malang, 24 November 2018

Manager Keuangan

Lida Setiawati Kinasih

Contoh Memo -3

PT. SUMBER ABADI
Jl. Perkutut No. 44 Karangkates Malang

Telp. (021) 124765876

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Marketing

Tolong sampaikan untuk para anggota yang terdapat pada bagian marketing untuk mempersiapkan diri menghadiri acara seminar yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Oktober 2016 di Aula PT Sumber Abadi. Saya sangat berharap semua anggota marketing untuk mengikuti seminar tersebut. Hal tersebut akan menjadi salah satu yang akan dievaluasi di dalam rapat rutin bulanan kita. Sekian dan terima kasih.

Malang, 24 Oktober 2016

Manager

Mahendra Kuncoro

Contoh Memo-4

Contoh-Memo-Perusahaan-4

Contoh Memo -5

PT. LANCAR JAYA
Jl. Merpati No. 44 Ngantru Wetan Jombang

Telp. (031) 5486765789

Dari : Manager

Kepada : Bagian Pengrekrutan Karyawan Baru

Saya sangat mengharapkan untuk semua tim pengrekrutan karyawan untuk bulan ini supaya bergerak lebih cepat lagi. Sebab pada bulan-bulan ini sedang banyak karyawan yang keluar sebab kontrak telah habis. Supaya perusahaan ini tetap dapat bekembang, saya mohon untuk bagian pengrekrutan karyawan supaya bergerak lebih cepat lagi. Target karyawan harus terpenuhi bulan ini yakn 120 orang karyawan.

Jombang, 24 November 2016

Manager

Budi Winarko

Contoh Memo -6

PT. SENTRA JAYA
Jl. Imam Bonjol, Graha Mulia A No. 24 Bali

MEMO

Dari : Direktur Utama

Kepada : Manager Keuangan

Tolong segera siapkan laporan keuangan bulan ini untuk dipakai sebagai bahan evaluasi bersama dewan direksi. Evaluasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2016, pukul 08.30 WIB, bertempat di ruang meeting utama.

Bali, 24 Desember 2018

Direktur Utama

Jelita Kinanti, ST.

Contoh Memo-7

PT. PURBO ABADI

Jalan Mawar No. 42 Surabaya

Telp. (021) 427985243

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Wakil Manager

Tolong untuk mempersiapkan laoran hasil rapat bulan kemarin sebab hasil rapat saya tidak menulis dari hasil rapat. Sebab laoran ini akan menjadi salah satu pertimbangan untuk perusahaan untuk mengeluarkan produk yang baru atau tidak. Jadi tolong usahakan catatan hasil rapat itu, diserahkan untuk saya di dalam waktu dekat-dekat ini. Saya sangat berharap supaya catatan itu diberikan di dalam bentuk file yang lengkap dan sesuai dengan hasil rapat.

Surabaya, 24 November 2016

Manager

Hadi Wijaya Kusuma

Contoh Memo -8

PT. ANGKASA JAYA

Jln. Pringapus, No, 44 Ngawi

Telp. (021) 232457643

MEMO

Dari       : Manager Direktur

Kepada  : Manager Pemasaran

Tolong untuk dipersiapkan hasil laporan pemasaran terakhir pada bulan ini. Hal ini disebabkan akan dipakai untuk bahan rapat yang akan diadakan pada tanggal 22 November 2017

Bandung, 18 November 2017

Imam Setiawan, ST

Contoh Memo Internal Perusahaan

laptop-com-uma-chavena-de-cafe-vista-de-cima-dmy
https://br.freepik.com

Contoh Memo -1

PT. PERTAMAX JAMBI

Jl. Kelutan Barat No. 05 Jambi

MEMO

Jambi, 24 november 2017

Kepada : Semua Karyawan PT. Pertamax Jambi

Diberitahukan untuk semua karyawan PT. Pertamax Jambi, bahwa :

  • Karyawan wajib untuk mengambil form di ruang sekretaris untuk mengisi form permohonan cuti.
  • Karyawan yang telah menjalani waktu cuti diwajibkan kembali bekerja dengan tepat waktu. Lakukan sesuai dengan apa yang telah tercantum dalam form cuti.
  • Jika karyawan yang telah selesai menjalani waktu cuti, namun sedang mengalami sakit maka karyawan diwajibkan memberikan surat keterangan sakit dari dokter, kalau karyawan tidak memberikan surat keterangan sakit dari dokter, maka dianggap alpa.
  • Permohonan cuti wajib untuk disampaikan atau diserahkan seminggu sebelum kerja aktif kembali.
  • Diwajibkan untuk melapor karyawan yang sudah selesai mengambil cuti untuk terlebih dahulu ke HR Departement sebelum bekerja kembali.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan supaya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Manager

Heri Ekmawan

Contoh Memo Pribadi

Contoh  Memo -1

menulis-adalah-hobiku-dmy
https://www.idntimes.com

Dari : Bayu

Kepada : Lastri

Maaf ya Las, kemarin aku tak sempat balas chatmu. Kemarin aku lagi ada masalah yang membuatku ingin sendiri dulu. Namun hari ini masalah itu sudah hilang. Jadi kamu bisa untuk chat denganku lagi hari ini. Aku juga mohon maaf atas semua perbuatan yang tidak enak kepada kamu. Aku juga minta maaf sebab aku tidak bisa ngomong langsung kepada kamu. Aku sangat takut kalau kamu marah kepada aku, jadi dengan terpaksa aku nulis memo ini untuk kamu.

Jakarta, 24 November 2016

Temanmu

Bayu

Contoh Memo -2

Dari : Tiyas

Kepada : Anggraini

Kalau main kerumah aku, jangan sampai lupa untuk membawa makanan pesenanku ya. Kemarin rencana akan beli di dekat daerah rumahku. Akan tetapi, toko nya tutup dan terpaksa aku pulang tanpa dapat hasil. Nanti uangnya aku ganti dan ada bonusnya juga. Minta tolong ya Ni, ini aku sudah pengen sekali makanan cemilan itu.

Yogyakarta, 24 November 2014

Sahabatmu

Tiyas

Contoh Memo -3

Dari : Bondan

Untuk : Kak Danang

Kak Danang, besuk Bondan ada tugas kelompok dan aku tidak dapat pulang cepat kak. Kak, aku minta tolong sampaikan ke mama dan papa kalau Bondan tidak dapat pulang cepat, supaya mereka tidak khawatir kepadaku. Selambat-lambatnya, mungkin Bondan selesai belajar kelompok pukul 08.00 atau sekitar habis isya. Jadi, Bondan minta tolong kepada Kak Danang untuk menjemputku, supaya Bondan tidak pulang sendirian

Ambon, 24 November 2016

Adikmu Tercinta

Bondan Komarudin

Contoh -4

Dari : Ayah

Untuk Anggita

Kak Anggita, ayah ada acara mendadak sehingga ayah tidak bisa pulang cepat ke rumah. Ayah minta tolomg sama Kak Anggita, supaya hari ini kamu tidak keluar rumah. Dan juga hari ini ayah menugaskan Kak Anggita untuk menjaga rumah dan jangan sampai lupa untuk menyapu juga mengepel rumah ya. Nanti kalau acara selesai, ayah janji akan pulang dengan cepat kerumah dan membawakan makanan kesukaan Anggita.

Surabaya, 24 November 2016

Ayah Tercinta

Jono Hermanto

Contoh -5

Dari : Udin

Kepada : Manto

Manto, jangan lupa untuk membaca buku yang pernah kita penjam di perpustakaan kemarin ya, sebab hari ini adalah hari terakhir untuk mengembalikan. Sebab kalau tidak dikembalikan hari in, kita dapat kena denda. Dan juga rencananya sesudah mengembalikan buku aku ingin mengajak kamu main ke alun-alun kota.

Surabaya, 24 November 2016

Temanmu

Udin

Contoh-6

Dari : Ibu

Untuk : Putriku Jelita

Putriku Jelita, Ibu telah membuatkan makanan di meja makan. Makan dan habiskan semua makanannya ya. Ibu ingin pergi ke rumah sakit untuk menjenguk teman Ayahmu yang sedang sakit. Insya Allah Ibu akan pulang nanti sore dan jangan sampai lupa untuk mengangkat jemuran kalau sudah kering.

Surabaya, 24 November 2016

Ibu

Sukma Afifah

Contoh -7

Dari : Ayah

Kepada : Bibi Sinta

Bi, minta tolong untuk menjaga rumah selama saya sekeluarga mudik. Dan juga jangan sampai lupa untuk memberi makan kucing peliharaan dan setiap sore untuk menyiram tanaman ibu. Rencananya kami akan kembali hari selasa. Sekian dan terima kasih.

Yogyakarta, 24 November 2016

Ayah

Tatang Setiono

Contoh -8

Dari : Sarah Angelita

Untuk : Jamun

Jamun, kalau ke rumah jangan sampai lupa untuk membaca Novel yang kemarin kamu pinjam ya. Sebab akan aku kembalikan ke Lisa. Aku tidak enak dengan Lsa sebab telat mengembalikan. Terima Kasih

Jakarta, 24 November 2016

Contoh Memo Organisasi

Contoh -1

Organisasi Siswa Intra Sekolah

Man 04 Bantul

Jalan Hasan Sadikin KM. 1,6 Strat V. Semarang

MEMO

Dari : Ketua OSIS
Kepada : Ketua Bidang HUMAS

Tolong untuk segera membuat proposal yang akan diajukan kepada PT. Bintang Mas Kota Surabaya untuk pencairan dana di dalam acara event Pentas Seni Sekolah. Sekian dan Terima Kasih.

Semarang, 24 November 2016

Ketua OSIS

Andre Hermanto

Contoh -2

Contoh-Memo-Organisasi-baik-dan-benar

Itulah yang dapat disampaikan mengenai memo. Mulai dari pengertian memo, ciri-ciri memo, cara membuat memo, tujuan dan fungsi memo, bagian-bagian memo, jenis-jenis memo dan contoh memo baik resmi maupun tidak resmi lengkap. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah ilmu dan wawasan bagi kamu. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang menarik lainnya? Terima Kasih.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.