contoh laporan magang

Macam-macam Contoh Laporan Pertanggungjawaban

Laporan Pertanggungjawaban – Dalam sebuah kegiatan maupun organisasi terdapat tugas yang harus dipertanggungjawabkan.

Tanggungjawab tersebut disusun dalam bentuk dokumen tertulis yang dikenal dengan Laporan Pertanggungjawaban.

Laporan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pelaksanaan kegiatan yang direncanakan dan yang sudah terlaksana sesuai dengan realitas atau fakta.

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan

contoh laporan pertanggungjawaban

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER ROHANI ISLAM

SMK NEGERI 1 JAMBLANG PERIODE 2018-2019

PENDAHULUAN

Alhamdulillah Hirobbilalamin, Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan kepada Kami sehingga dapat melaksanakan rangkaian kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam SMK Negeri 1 Jamblang periode 2018-2019.

Laporan ini Kami bertujuan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai kegiatan yang telah Kami laksanakan kepada seluruh peserta didik, pengurus OSIS dan SMK serta Bapak dan Ibu Guru serta Staff SMK Negeri 1 Jamblang.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu melancarkan program kegiatan setiap Devisi Kami. Laporan pertanggungjawaban ini disusun sesuai dengan pelaksanaan dan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

 TUJUAN LAPORAN

Tujuan penyusanan laporan ini untuk mengevaluasi setiap kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam selama periode 2018-2019, menilai kinerja anggota Rohani Islam  serta keaktifan siswa-siswi untuk berpartisipasi dalam kegiatan Kerohanian, dan Meningkatkan rasa persaudaraan sebagai sesama umat Islam di lingkungan SMK Negeri 1 Jamblang. Sehingga siswa-siswa mempunyai jiwa yang religius dan kepedulian terhadap sesama seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi.

PESERTA KEGIATAN

Peserta kegiatan Rohani Islam SMK Negeri 1 Jamblang yaitu seluruh siswa-siswi SMK Negeri 1 Jamblang yang beragama Islam.

HASIL KEGIATAN

Hasil dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam yang telah terlaksanakan adalah:

No Uraian Kegiatan Jadwal Tempat
1. Latihan Rebana Selasa dan Jumat Halaman Masjid Al-Amin

SMK Negeri 1 Jamblang

2. Latihan Tari Saman Sabtu Ruang Kelas X TKJ 1
3. Rutinan Sholawat Nabi Jumat Masjid Al-Amin

SMK Negeri 1 Jamblang

4. Lomba Kaligrafi 17 Mei 2018 Ruang Kelas XI TSM
5. Lomba MTQ 11 – 16 Mei 2018 Aula SMK Negeri 1 Jamblang

SUSUNAN KEPENGURUSAN PERIODE 2018-2019

  1. Pelindung             = H. Yunus Abidin, S.Ag
  2. Pembina             = Didin Wahyudin, S.Pd
  3. Penanggung Jawab = Muhammad Nurokhman

Wakil                            = Harun Ar Rasyid

  1. Pelatih = Panji Rosidi
  2. Ketua = Amin Al Fatah

Wakil                            = Angga Perkasa

  1. Sekretaris = Siti Mardiah

Wakil                            = Adi Sutomo

  1. Bendahara = Alviyani Solehawati

Wakil                            = Merlina

 

  1. Divisi Pendidikan dan Pelatihan

Ketua                            = Dodi Agung Gunawan

Anggota                       = Toni Setiawan Pranoto

= Budiman

= Anis Mariani

= Siti Aisyah Putri

 

  1. Divisi Hubungan Masyarakat

Ketua                            = Ajis Abdul Rosidi

Anggota                       = Jefri Permana

= Ismiani

 

  1. Divisi Alat dan Perlengkapan

Ketua                            = Agus Mursidi

Anggota                       = Mukhlis Muhammad

= Andi Budi Santoso

= Muhammad Nur Salafuddin

= Ummi Fadilah

= Sofa Fadilah Ahmad

UNSUR

Unsur Pendukung

  1. Adanya kerjasama yang baik dan terorganisasi antara ketua dan anggota.

Setiap anggota mempunyai kerjasama yang baik dengan ketua dan anggota lain. Sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada lost komunikasi.

  1. Adanya partisipasi dari siswa-siswa SMK Negeri 1 Jamblang

Partisipasi siswa adalah peran utama dalam mensukseskan kegiatan. Setiap kegiatan realigius, siswa selalu aktif dan berpartisipasi sehingga kegiatan berjalan dengan baik. Walaupun masih ada siswa yang masih enggan mengikuti kegiatan tersebut.

  1. Adanya dukungan dari staff Pengajar SMK Negeri 1 Jamblang

Semua dewan Guru dan staff sekolah mendukung semua program kegiatan Rohanis Islam. Sehingga memberikan dorongan dan semangat kepada siswa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Komunikasi berjalan dengan baik dan lancar antara peserta dan panitia

Dengan teknologi yang semakin canggih, komunikasi berjalan dengan lancar dan baik. Khususnya dalam menginstruksikan setiap perintah dari ketua kepada para peserta. Walaupun tidak luput dari kekurangan.

Unsur Penghambat

  1. Cuaca yang tidak mendukung sehingga waktu kegiatan menjadi lebih lama.

Cuaca merupakan kondisi alam yang tidak bisa dihindari. Seringkali kegiatan terhambat karena cuaca yang tidak mendukung. Sehingga pelaksaan kegiatan tidak tepat waktu atau ngaret serta mengurangi partisipasi siswa.

  1. Waktu untuk latihan kurang

Kurangnya waktu untuk latihan membuat performa kegiatan kurang maksimal. Karena jadwal dan tugas sekolah yang cukup padat membuat para peserta kehabisan waktu untuk latihan.

  1. Sarana dan prasarana kurang lengkap dan memadai

Faktor pendanaan membuat sarana dan prasarana kurang lengkap. Sehingga tidak bisa menunjang kegiatan lebih baik dan kurang maksimal.

PENUTUP

Laporan pertanggungjawabab ini menjadi acuan dan evaluasi untuk perkembangan ekstrakulikuler Rohani Islam di periode selanjutnya. Demikian laporan ini Kami buat dengan sebaik-baiknya. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan selama masa jabatan Kami. Terimakasih atas perhatian dan kerjasama seluruh pihak SMK Negeri 1 Jamblang.

Laporan Pertanggungjawaban Organisasi

contoh laporan pertanggungjawaban

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN ORGANISASI MAHASISWA
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL (HMS)
PERIODE 2015-2016
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

PENDAHULUAN

Berkah rahmat dan kasih sayang Allah Swt Kami masih dilimpahkan kesehatan dan keselamatan sampai saat ini. Sehingga Kami dapat bermusyawarah dalam membahas program kegiatan mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Semoga program yang akan dilaksanakan mendapat ridho dan kesuksesan. Serta bermanfaat bagi para mahasiswa, dan masyarakat.

Organisasi merupakan tempat untuk mencurahkan dan mewujudkan ide, gagasan dan wawasan. Serta wadah untuk mengembangkan bakat dan minat seluruh mahasiswa di dunia Informatika dan Komputerisasi.

Melalui organisasi, dapat melatih soft skill lebih baik, melatih sikap kepemimpinan, kebersamaan, kerjasama, kebijaksanaan, kesamaan dan perbedaan dan keputusan yang tepat. Dalam melaksanakan semua program kegiatan HMS, Kami mengacu pada aspirasi para mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

KONDISI ORGANISASI

Organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang mengemban tanggungjawab yang besar selama periode 2015-2016. Dengan kerjasama, sikap optimis, dorongan, kenyakinan dan kemauan untuk bergerak kearah yang lebih baik. HMS akan terus bekerja dan mendukung aspirasi mahasiswa Teknik Sipil. Dengan tanggungjawab dan kerja keras, Kami akan melaksanakan tugas dengan maksimal dengan memperhatikan kondisi secara objektif.

  • Faktor Internal

Mahasiswa mempunyai minat dan bakat serta motivasi yang tinggi dalam mengembangkan skillnya. Adanya Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil atau HMS akan memberikan kesempatan dan peluang besar bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya untuk mencapai hasil yang maksimal. Berjalanya organisasi sangat dipengaruhi oleh partisipasi mahasiswa didalamnya.

Organisasi yang aktif mempunyai standarisasi kerja yang jelas. Terutama dalam merekrut anggota baru dari mahasiswa yang bersedia membantu dan bergabung dengan organisasi HMS. Oleh karena itu, mahasiswa harus diberikan sosialisasi terlebih dahulu akan pentingnya mengikuti organisasi di kampus.

Sosialisasi dilakukan pada saat masa orientasi mahasiswa. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, kesadaran dan keinginan mahasiswa akan pentingnya organisasi termasuk Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Polines.

  • Faktor Eksternal

Setiap mahasiswa mempunyai karakter yang berbeda. Termasuk background pendidikan, keluarga, tempat tinggal, finansia, dan sebagainya. Sehingga menjadi indikator dalam menilai minat mahasiswa untuk mengikuti organisasi. Pentingnya berkomunikasi dengan orang lain harus diberikan sejak dini, termasuk dari keluarga, masyarakat dan sekolah.

HMS menyusun kegiatan yang sesuai dengan minat mahasiswa secara umum. Sehingga dapat diterima dengan baik oleh semua orang. Serta menyediakan sarana dan prasarana dengan baik agar kebutuhan untuk setiap kegiatan terpenuhi dengan baik.

KEBIJAKAN ORGANISASI

Setelah membentuk kepengurusan HMS, Kami merumuskan kebijakan selama masa jabatan yang diemban.

  1. Menetapkan tugas dan tanggungjawab setiap divisi dan anggotanya.
  2. Menjelaskn fungsi dan kedudukan setiap divisi dalam organisasi HMS.
  3. Membimbing dan mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan HMS.
  4. Membangun hubungan yang baik dengan mahasiswa dan secara internal dan eksternal.
  5. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanakaan setiap kebijakan.
  6. Mengadakan perlengkapan dan kesekretariatan dalam kampus.
  7. Mengola administrasi dengan baik dan terbuka.
  8. Mengadakan rapat dan pertemuan dengan organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan lain.
  9. Mengadakan kegiatan dan expo Sipil secara rutin.
  10. Mempersiapkan kepengurusan selanjutnya yang lebih baik.

PELAKSANAAN PROGRAM HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL (HMS)

Pelaksanaan program kegiatan selama masa periode 2015-2016 telah dilaksanakan. Setiap program mendapatkan respek yang baik baik dari mahasiswa. Sehingga banyak yang ikut andil dalam kegiatan tersebut. HMS juga mengadakan program seminar dan kuliah umum yang bisa diikuti oleh mahasiswa jurusan lain, baik internal maupun eksternal.

HMS mempunyai program kegiatan yang tersusun dengan rapi dan jelas. Kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa Teknik Sipil dan Jurusan lain. Kegiatan seminar dan kuliah umum dilaksanakan setiap tahun. Tujuanya untuk memberikan pengetahuan akan dunia Teknik Sipil dan sangat luas kepada mahasiswa. Sehingga potensi dan minat mahasiswa dapat berkembang.

Laporan pertanggungjawabab ini menjelaskan struktur organisasi secara lengkap. Terutama terkait dengan tugas dan tanggungjawab HMS dalam melaksanakan amanah selama masa jabatan. Laporan ini menjadi bukti secara tertulis akan kegiatan dan tanggungjawab yang telah Kami laksanakan sesuai kebijakan organisasi. Serta menjadi bentuk komitmen bersama untuk mengembangkan organisasi lebih baik dan mencapai visi yang telah ditetapkan.

 KENDALA ORGANISASI

Dalam melaksanakan semua tugas dan tanggungjawab, HMS mempunyai kendala baik secara internal maupun eksternal.

  1. Mahasiswa yang baru mengikuti organisasi masih pasif dalam kepengurusan.
  2. Peran mahasiswa masih kurang karena aktivitas pembelajaran di kelas yang tinggi ditambah dengan tugas kuliah dari dosen.
  3. Mahasiswa belum mempunyai kesadaran akan pentingnya berorganisasi untuk mengembangkan soft skill.
  4. Sarana dan prasarana masih kurang karena keterbatasan pemasukan dana.

KESIMPULAN

Organisasi Himpunan Mahasiswa Sipil atau HMS sangat menerima saran dan masukan yang membangun. Agar Kami dapat memperbaiki kinerja yang masih kurang, mengevaluasi setiap program yang telah dilaksanakan serta memperbaiki setiap kesalahan. Sehingga kinerja selanjutnya lebih baik. HMS selalu menghargai setiap saran dan pendapat serta mengembangkan teknologi dan pengetahuan di masa depan.

 PENUTUP

Setiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan, termasuk semua pengurus organisasi HMS. Kami meminta maaf jika selama melaksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus HMS mempunyai banyak salah yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga semua jerih parah Kami selama ini bermanfaat bagi seluruh mahasiswa Piliteknik Negeri Semarang, menjadikan jurusan Sipil Polines lebih baik dan bernilai ibadah oleh Allah SWT.

Demikian laporan pertanggungjawaban Organisasi Himpunan Mahasiswa Sipil atau HMS Politeknik Negeri Semarang. Terimakasih atas segala perhatian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Contoh Laporan PKL

Laporan Pertanggungjawaban Keuangan

contoh laporan pertanggungjawaban

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN
BUMDES MEKAR SEJAHTERA
DESA BATTEMBAT KABUPATEN CIREBON

PENDAHULUAN

Peran masyarakat dalam sebuah desa sangat penting untuk mendukung perekonomian. Upaya untuk meningkatkan perekonomian pedesaan dilakukan dengan membangun BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa. Organisasi ini tertujuan untuk mengelola perekonomian masyarakat desa serta meningkatkan jaringan ekonomi yang lebih baik.

BUMDES merupakan organisasi pemberdayaan ekonomi desa. Kegiatan didalamnya meliputi pengembangan sumber daya manusia. Sehingga dapat meningkatkan nilai guna dan nilai jual produk lokal di pasar. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam mengembangkan bisnis ekonomi.

BUMDES Mekar Sejahtera mempunyai misi untuk “Mewujudkan Desa Sejahtera, Mandiri, dan Produktif”. Dengan misi yaitu:

  1. Meningkatkan hasil sumber daya alam desa untuk dibuat menjadi produk yang berkualitas dan mempunyai nilai jual tinggi.
  2. Mengembangkan kemampuan masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan sumber daya manusia di desa.
  3. Mengolah dan menjaga potensi alam agar tidak habis untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Memperluas jaringan dan relasi usaha dengan kerjasama secara internal dan eksternal untuk meningkatkan perekonomian desa.

LAPORAN KEUANGAN

Laporan pertanggungjawaban keuangan BUMDES Mekar Sejahtera Desa battembat Kabupaten Cirebon sebagai berikut.

Periode 31 Desemer 2006

Pendapatan

Pendapatan Jasa Pinjaman Bulanan = Rp. 26.800.800,00
Pendapatan Jasa Perabot = Rp. 25.690.000,00
Pendapatan Jasa Pinjaman Harian = Rp. 6.886.000,00
Pendapatan Keterlambatan Pinjaman = Rp. 4.890.000,00
Pendapatan Lain = Rp. 5.890.300,00

Pendapatan Unit Usaha

Objek Wisata = Rp. 76.345.000,00
PPOB = Rp. 14.456.000,00

Usaha Desa                                                    = Rp. 11.780.000,00

Angkutan Desa = Rp. 56.891.000,00

Total Pendapatan                                                          = Rp. 229.629.100,00

Pengeluaran

Biaya Operasional

Biaya ATK = Rp. 1.700.000,00
Biaya Bagi Hasil = Rp. 21.500.000,00
Biaya Sosial = Rp. 15.650.000,00
Biaya Pemasaran = Rp. 22.658.000,00
Biaya Servis = Rp. 1.500.000,00
Biaya Transportasi = Rp. 2.560.000,00
Biaya Tunjangan = Rp. 250.000,00

Biaya Operasional Tetap

Biaya Gaji = Rp. 55.000.000,00
Biaya Listrik = Rp. 1.780.000,00

Biaya Lain

Biaya THR = Rp. 8.500.000,00

Total Biaya                                                        = Rp. 123.448.000,00

 

Maka SHU                                                        = Rp. 106.181.100,00

Baca Juga : Contoh Laporan Prakerin

Laporan Pertanggungjawaban RT

contoh laporan pertanggungjawaban

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN RUKUN TANGGA (RT) 003/002
PERIODE 2005-2008
DESA KALITENGAH KABUPATEN CIREBON

PENDAHULUAN

Syukur Alhamdulillah dengan kehadirat Allah SWT beserta KaruniaNya yang selalu tercurahkan kepada Kami. Sehingga Kami segenap pengurus RT 003/002 Desa kalitengah periode 2005-2008 selalu dalam keadaan sehat walafiat. Dengan kenikmatan yang Allah SWT berikan, Kami dapat menyusun laporan pertanggungjawaban selama kepengurusan RT 003/002 Desa Kalitengah Kabupaten Cirebon dengan baik.

 LAPORAN BIDANG ORGANISASI

Kesekretariatan

Susunan organisasi pengurus RT 003/002 Periode 2005-2008 Desa Kalitengah adalah sebagai berikut.

  • Ketua = Suherman
  • Sekretaris = Amin Faturahman
  • Bendahara = Muhammad Faisal Romansyah
  • Seksi Keamanan = Kusnadi
  • Seksi Humas = Broto Hendrawan
  • Seksi Kerohanian = H. Saipul Dowi
  • Seksi Olahraga dan Seni = Minsyah Maulana
  • Seksi Perlengkapan = Jailani Kusmanto

= Bondan Andalas

= Iwan Nurmansyah

Dana Kependudukan

  • Kepala Keluarga = 120
  • Warga Tetap = 106
  • Warga Tidak Tetap = 14

Status Masyarakat

  • Kawin = 68
  • Belum Menikah = 37
  • Janda = 3
  • Duda = 2

Agama

  • Islam = 110
  • Kristen = 10
  • Hindu = 0
  • Budha = 0

Administrasi

  • Surat Masuk = 289
  • Surat Keluar = 87

Tugas dan Tanggungjawab

Seksi Keamanan

  • Melaksanakan ronda malam setiap hari secara bergantian.

Catatan: Pelaksanaan ronda malam ini tidak dilakukan secara rutin, Kami menyadari hal tersebut dan akan mengevaluasi kegiatan ini lebih ketat lagi.

  • Tugas penjagaan atau Security dengan jam kerja 23.00 sampai 04.00 setiap senin sampai sabtu.

Catatan: selama periode kepengurusan terjadi dua kali pencurian yaitu di rumah Bapak Rursin dengan rincian uang Rp. 1.000.000 dan Laptop. Dan kehilangan sepeda motor milik Saudara Melan Andriyani.

Seksi Humas

  • Penarikan iuran kebersihan lingkungan

Catatan: masyarakat masih belum memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan sehingga yang membayar iuran hanya 80% dari total warga RT 003/002.

  • Gotong royong setiap bulan

Catatan: Kegiatan ini dilaksanakan namun tidak banyak masyarakat yang turut andil membersihkan lingkungan.

Seksi Kerohanian

  • Kegiatan pengajian setiap jumat kliwon
  • Kegiatan peringatan hari besar Islam dan menyambut bulan ramadhan.
  • Penyelenggaraan lomba MTQ yang diikuti oleh berbagai RT di Desa Kalitengah.
  • Renovasi tempat ibadah seperti Mushola yang mengalami kerusakan secara gotong royong.

Seksi Olahraga dan Seni

  • Menyediakan lapangan olahraga dan sarana prasarana penunjang lain.
  • Penyelenggaraan pekan kreasi dan seni
  • Penyelenggaraan HUT RI setiap tahun dan pekan olahraga tiap desa.

Catatan: Lapangan sepak bola masih kurang pemeliharaan dari masyarakat. Masyarakat masih belum mempunyai kesadaran akan pentingnya menjaga sarana dan prasarana umum.

Seksi Perlengkapan

  • Pembangunan sarana umum termasuk jalan raya, selokan dan irigasi.
  • Pengadaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan masyarakat.
  • Membuat peringatan dan tanda nama setiap gang di RT 003/002.

LAPORAN KEGIATAN

Kegiatan Umum

  1. Mengadakan kegiatan perlombaan antar RT di Desa Kalitengah untuk mempererat persaudaraan dan kerjasama masyarakat.
  2. Pembangunan Gapura dengan gorong royong serta partisipasi masyarakat.
  3. Pengadaan subsidi gas elpiji setiap hari Selasa dengan harga Rp. 20.000 sebanyak 20 tabung.
  4. Saling menjenguk masyarakat yang sedang sakit atau tertimpa musibah.

Investasi Barang

  • Tenda = 5 buah
  • Terpal = 4 buh
  • Kursi plasik = 65 buah
  • Kabel listrik = 2 roll
  • Keranda = 1 buah
  • Tambang = 3 buah
  • Gerobak = 2 buah
  • Timbangan = 1 buah
  • Peralatan kebersihan = Lengkap
  • Mesin babat rumput = 1 unit
  • Perlengkapan hajatan = 1 unit

PENUTUP

Demikian laporan pertanggungjawaban Pengurus RT 003/003 Periode 2005-2008 Desa Kalitengah. Kami menyadari banyak kekurangan dan kesalahan yang Kami lakukan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab tersebut. Kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat. Dan terimakasih banyak atas kerjasama dalam membantu Kami mensukseskan semua program kegiatan yang sudah direncanakan.

Baca Juga : Contoh Laporan Magang

Laporan Pertanggungjawaban OSIS

contoh laporan pertanggungjawaban

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS OSIS
SMP NEGERI 1 TENGAH TANI
PERIODE 2010-2011

 PENDAHULUAN

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang selalu mencurahkan kenikmatanNya kepada Kami sehingga Kami bisa menyelesaikan tugas dan tanggungjawab sebagai pengurus OSIS Periode 2010-2011. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu Kami dalam menyelesaikan penyusunan laporan pertanggungjawaban kepengurusan ini dengan baik dan sesuai.

Laporan pertanggungjawaban ini berisi mengenai informasi selama masa jabatan pengurus OSIS SMP Negeri 1 Tengah Tani periode 2010-2011. Informasi tersebut meliputi program kegiatan, administrasi dan kebijakan organisasi yang telah Kami laksanakan selama mengemban amanah dan tugas tersebut.

PROGRAM KERJA

  • Bidang Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
No Program Kerja Status Waktu Pelaksanaan Keterangan
Terlaksana Tidak terlaksana
1. Pelaksanaan sholat Dzuhur   Setiap hari Diabsen
2. Pemutaran audio murotal sebelum bel masuk   Setiap hari  
3. Pembacaan surat Yasin sebelum pelajaran pertama   Setiap Jumat Diabsen
4. Pembelajaran Baca Tulis Al Quran   Setiap Jumat Diabsen
5. Peringatan hari besar Islam   Hari besar Islam  
6. Pesantren kilat bulan Ramadhan   Bulan Ramadhan  
7. Peringatan Qurban   Idul Adha  
8. Halal Bi halal keluarga SMPN 1 Tengah Tani   Idul Fitri  
9. Lomba Tausiyah dan MTQ tingkat sekolah   Di SMPN 1 Tengah Tani setiap bulan muharram  
10. Penyediakan ruangan khusus ibadah untuk Non Muslim     Belum ada ruangan khusus untuk ibadah non Muslim
  • Bidang Budi Pekerti dan Akhlak Mulia
No Program Kerja Status Waktu Pelaksanaan Keterangan
Terlaksana Tidak terlaksana
1. Pelaksanaan program 5S Senyum, Salam, Sapa, Sopan Santun   Setiap hari  
2. Pemeriksaan seragam dan atribut sekolah   Setiap hari Menyesuaikan tempat
3. Pembuatan dan penerapan tata tertib sekolah   Setiap hari Seluruh siswa SMPN 1 Tengah Tani
4. Pengadaan razia   Menyesuaikan  
5. Pengadaan dana bantuan kemanusiaan   Menyesuaikan  
6. Pengadaan kerja bakti   Setiap sabtu  
7. Pengadaan bakti sosial      
  • Bidang Pendidikan dan Bela Negara
No Program Kerja Status Waktu Pelaksanaan Keterangan
Terlaksana Tidak terlaksana
1. Pelaksanaan upacar bendera   Setiap senin pagi  
2. Peringatan HUT RI   17 Agustus Menyesuaikan
3. Peringatan Hari Kartini   21 April Menyesuaikan
4. Upacara Hari Kemerdekaan   17 Agustus  
5. Peringatan hari besar nasional   Menyesuaikan  
6.  Penerapan lagu wajib nasional   Setiap upacara  
7. Pembentuk pasukan Paskibraka dan Paduan suara   Menyesuaikan  
  • Bidang Kreativitas dan Kewirausahaan
No Program Kerja Status Waktu Pelaksanaan Keterangan
Terlaksana Tidak terlaksana
1. Pelaksanaan mading, dan kreativitas kelas   Setiap hari  
2. Pelaksanaan bazar   Menyesuaikan  
3. Pengelolaan koperasi siswa   Setiap saat  
4. Pengelolaan majalah siswa   Menyesuaikan  
5. Ekstrakulikuler   Menyesuaikan  
6. Lomba kreativitas siswa dan usaha   Menyesuaikan  
7. Pameran sekolah     Waktu dan pendanaan yang cukup besar
  • Bidang Pembinaan Kesehatan Jasmani dan Gizi
No Program Kerja Status Waktu Pelaksanaan Keterangan
Terlaksana Tidak terlaksana
1. Pelaksanaan senam pagi   Setiap hari sabtu pagi  
2. Pelaksanaan lomba kebersihan kelas   Menyesuaikan  
3. Pelaksanaan jalan sehat   Menyesuaikan  
4. Penyuluhan Narkoba dan lainya   Menyesuaikan  
5. Ekstrakulikuler   Menyesuaikan  
6. PMR dan UKS   Setiap saat  
7. Pelaksanaan penghijauan sekolah   Setiap saat  
8. Penerapan tidak membuang sampah sembarangan     Masih kurang kesadaran siswa
9. Penanaman apotik hidup   Menyesuaikan  
  • Bidang Sastra dan Budaya
No Program Kerja Status Waktu Pelaksanaan Keterangan
Terlaksana Tidak terlaksana
1. Mengadakan lomba bulan bahasa   Menyesuaikan  
2. Mengadakan pentas seni dan budaya   Menyesuaikan  
3. Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran   Menyesuaikan  
4. Mengadakan pelatihan bahasa Inggris   Menyesuaikan  
5. Penerapan English Day   Menyesuaikan Karena minat siswa masih kurang
6. Pengaktifan media radio sekolah   Menyesuaikan Belum ada tempat untuk melakukan siaran

 KEGIATAN ADMINISTRASI

  • Surat Masuk
  • Surat undangan sidang pleno

Tanggal 21 September 2010 pengirim MPK SMPN 3 Plered Cirebon.

  • Surat pemberitahuan

Tanggal 10 Desember 2010 pengirim Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon

  • Surat Keluar
  • Surat undangan

Tanggal 1 April 2010, kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Tengah Tani.

  • Surat undangan HUT Sekolah

Tanggal 10 Juli 2010, kepada Staff Pengajar, Kepala Sekolah dan Staff Tata Usaha serta Komite SMPN 1 Tengah Tani.

  • Surat permohonan

Tanggal 14 Juli 2010, kepada dewan juri dalam rangka lomba cerdas cermat memperingati HUT sekolah.

  • Surat undangan kegiatan

Tanggal 14 Agustus 2010, kepada Kepala Sekolah, Guru dan Staff TU SMPN 1 Tengah Tani.

  • Surat permohonan mengisi cermah

Tanggal 18 Agustus 2010, kepada H. Abdul Jamil, S.Ag untuk mengisi tausiyah keagamaan.

PENUTUP

Demikian laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS SMPN 1 Tengah Tani Periode 2010-2011. Banyak program kegiatan yang belum Kami laksanakan. Dan banyak kekurangan serta kesalahan yang Kami lakukan selama melaksanakan tugas tersebut. Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan selama mengemban amanat sebagai pengurus OSIS.

Semoga kepengurusan OSIS selanjutnya lebih baik dan sukses. Serta memperbaiki semua kekurangan dan kelemahan kepengurusan Kami. Karena dengan kerjasama yang baik akan menjadi kekuatan yang besar dalam memajukan SMPN 1 Tengah Tani. Terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada Kami selama menjadi pengurus OSIS periode 2010-2011.

Laporan pertanggungjawaban sangat penting bagi sebuah organisasi. Karena dapat menjadi tolak ukur dalam keengurusan selanjutnya untuk lebih baik lagi. Laporan tersebut dapat menjadi acuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki setiap kelemahan yang ada. Sehingga dapat mencapai visi dan tujuan yang sudah direncanakan sejak awal.

Leave a Comment