Contoh Dialog Interaktif Singkat Beserta  Kesimpulan, Pengertian, Unsur

Contoh Dialog Interaktif Singkat Beserta Kesimpulan, Pengertian, Unsur

Contoh Dialog Interaktif – Hallo sahabat selamat datang, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai contoh dialog interaktif. Dalam kehiduan sehari-hari pasti kita sudah sering mendengar atau sering menjumpai adanya pertemuan ataupun agenda. Yang mana pertemuan itu akan membahas beberapa hal yang nantinya akan mengundang narasumber yang sudah ahli. Baik itu di dalam tengah televisi ataupun tokoh masyarakat.

Apakah kamu tahu, kalau percakapan yang terjadi di antara peserta dan narasumber adalah salah satu contoh dari dialog interaktif. Terus bagaimana caranya supaya kita dapat memahami secara semuanya. Di mana nantinya bisa dijadikan sebuah pelajaran yang lebih efektif dari contoh-contoh dialog interaktif yang telah ada di sekitar kita. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Dialog Interaktif

Pengertian-Dialog-Interaktif-Dmy
https://www.made-blog.com

Dialog interaktif adalah salah satu kegiatan dan diskusi yang mana di dalamnya membahas sebuah hal dan topik yang sedang terjadi di masyarakat sekarang ini. Diskusi ini juga mendatangkan seorang MC beserta dengan narasumbernya yang sangat ahli ataupun benar-benar paham dengan masalah itu.

Dialog interaktif memang menjadi dialog formal yang mana biasanya akan diadakan di beberapa acara yang resmi. Sama seperti halnya acara tertentu yang ditayangkan di beberapa media TV, Internet, Koran dan juga di Radio.

Unsur-unsur Penulisan Dialog Interaktif

Setiap apapun itu yang tengah dibahas di dalam dialog interaktif memang mempunyai unsur-unsur. Yang mana nantinya pembahasan tidak menonton dan juga mempunyai akhir dari diskusi itu. Dialog interaktif sebenarnya memang hampir sama dengan berita yang mana memang sama-sama mencari informasi. Itulah sebabnya,mengapa unsur-unsur yang wajib untuk di perhatikan juga sama. Dialog interaktif memang wajib memuat 5W+1H. Yang artinya adalah:

  • What, dialog harus mempunyai apa saja hal-hal yang akan dibahas.
  • Who, di dalam dialog interaktif ini sendiri juga harus ada siapa saja yang ikut dalam dialog.
  • When, kapan dialog interaktif itu dilakukan.
  • Where, dialog interaktif akan diadakan dimana.
  • Why, alasan mengapa dialog interaktif ini wajib untuk diadakan.
  • How, tentang bagaimana proses dan juga hasil dari dialog nya.

Hal-hal Penting Dalam Dialog Interaktif

pengertian-dialog-interaktif-singkat-dmy
https://contoh.pro

Di saat sedang melakukan dialog interaktif, terdapat beberapa hal yang harus segera dipertimbangkan. Agar tidak melewatkan adanya hal-hal yang penting, di antaranya adalah:

  • Tema,┬átema tersebut memang harus di tentukan sebelum acara diskusi dialog interaktif dilakukan.
  • Narasumber, untuk narasumber yang di undang juga harus merupakan narasumber yang telah ahli untuk masalah yang sedang di angkat menjadi topik.
  • Opini dari narasumber, pendapat dari narasumber tersebut juga wajib untuk segera diperhatikan dengan benar. Contohnya, apakah opini dari narasumber itu mempunyai sangkut-pautnya dengan data dan juga fakta yang telah ada.
  • Kesimpulan, terdapatnya rangkuman tentang hal-hal yang penting di saat dialog interaktif di lakukan.

Contoh Dialog Interaktif Beserta Kesimpulannya

Nah, sesudah kita membahas tentang apa saja unsur-unsur dan ketentuan dari pembuatan dialog interaktif maka untuk yang berikutnya ialah membahas tentang contoh-contoh dialog interaktif. Contoh dialog interaktif ini sendiri ada yang singkat dan ada yang panjang. Juga dicantumkan kesimpulan yang dapat dipakai untuk referensi untuk dapat melakukan wawancara. dan juga melakukan dialog interaktif dengan baik dan benar. Mari, langsung saja simak contohnya di bawah ini:

Contoh teks dialog interaktif singkat

 

contoh-teks-dialog-interaktif-singkat
https://tutorials.botsfloor.com/dialog

Nama radio: Bintang Berpijar

MC: Budi

Narasumber: Arini Masfiah

Topik: Pelestarian kuliner rujak cingur di Nusantara

Budi: Selamat pagi mbak Arini, wah pagi-pagi sudah masak dan bawa rujak kesini nih.

Arini: Selamat pagi juga mas Budi. Iya nih, ini rujak yang menjadi favorit aku dan keluarga aku.

Budi: Ngomong-ngomong, rujak yang kamu bawa ini rujak apa kok kelihatannya rasanya sangat lezat?.

Arini: Saya membawa rujak cingur mas, rujak cingur ini bumbunya memakai petis dan juga ada sayurannya.

Budi: Rujak cingur ini sendiri asalnya dari mana ya mbak?.

Arini: Rujak cingur ini asalnya dari Jawa Timur, mas. Khususnya dari daerah Surabaya.

Budi: Mengapa kamu bisa membawa rujak cingur ini?, apakah untuk di promosikan.

Arini: Iya benar, saya memang berniat untuk mempromosikan rujak cigur ini. Sebab saya kerap melihat banyak makanan yang berasal dari luar Negeri. Sehingga makanan khas Nusantara jadi terlupakan begitu saja, apalagi untuk anak muda sekarang ini.

Budi: Pastinya kamu sudah pernah melakukan promosi selain ke radio kami ini, terus bagaimana cara kamu melakukan promosi, mbak?.

Arini: Saya promosinya dengan cara melalui buku yang saya tulis. Ada banyak sekali kreasi dari rujak Nusantara, dan salah satunya ya rujak cingur yang lezat ini.

Kesimpulan:

Arini datang ke acara radio itu, adalah salah satu usaha dari mempromosikan dari rujak cingur untuk warisan pada saat banyaknya makanan asing yang menjadi makanan kesukaan para muda-mudi di Nusantara.

Contoh Dialog Interaktif Acara Hitam Putih Terbaru

hitam putih trans7 the best
http://artikelmotivasipemuda.blogspot.com

Nama acara: Hitam Putih

Stasiun TV: Trans 7

MC: Deddi

Narasumber: Indah dewi

Topik: Pengalaman mistis indah yang pertama di rasakan

Deddi: Hallo, selamat malam Indah.

Indah: Selamat malam, mas Deddi.

Deddi: Indah punya film baru ya?. Genrenya apa ya?.

Indah: Iya punya film baru mas, film horror.

Dedddi: Saya dengar kalau kamu di saat syuting melihat sesuatu ya? Apa memangnya yang kamu lihat?.

Indah: Iya mas, jadi sebetulnya aku itu memang tidak terlalu percaya dengan hal-hal mistis seperti itu. Namun, karena aku dapat peran tokoh utamanya. di mana tokoh utamanya ini memiliki kemampuan berkomunikasi dengan makhluk astral. Dan mata batinku harus di buka dan ternyata iya memang banyak makhluk astral itu.

Deddi: Kapan dan dimana mata batinmu itu di buka ?.

Indah: Waktu itu, habis selesai syuting dan dibukanya di kota Bandung sama sepupunya Risa yang menjadi tokoh yang aku perankan.

Deddi: Terus, menurut kamu nih sosok yang paling menyeramkan dari film yang kamu perankan tersebut siapa?.

Indah: Iya memang ada, dia itu perempuan dari Belanda yang memang paling di benci oleh semua orang dan juga paling tidak senang kalau namanya itu di sebut.

Kesimpulan:

Indah sedang terlibat dalam pembuatan sebuah film yang bergenre horror yang mana inida ini memerankan peran Risa. Di mana Risa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib. Di saat proses syuting, Indah juga mengalami beberapa hal yang memang baru yaitu berinteraksi dengan makhluk gaib.

Contoh Dialog Interaktif 2019 Beserta Kesimpulannya

contoh-dialog-interaktif
https://www.pelajaran.id

Nama Acara: Mata Hati

Stasiun TV: Mata TV

Pembawa Acara: Aini

Narasumber: Lukman sebagai agen umroh, Nisak sebagai menteri agama, Tita sebagai jamaah, Dahlan sebagai anggota DPR, Kombes Ipul sebagai polri.

Topik: Penipuan dari bisnis umroh

Aini: Bapak Lukman, apakah ada hal yang ingin anda sampikan?.

Lukman: Saya ingin tahu tentang bagaimana menteri agama yang turut andil di dalam kasus ini dan pemberantasan atas kasus ini. Saya ini telah mengumpulkan uang untuk haji selama 8 tahun namun ternyata tidak jadi berangkat. Kami sendiri sebagai agen travel yang lain merasa menanggung beban dari kasus penipuan ini.

Aini: Pak, menurut saya apa yang bisa dilakukan oleh negara?.

Dahlan: Saya mengira, disini Negara harus ikut andil untuk masyarakat dalam perihal kebebasan beribadah. Pilihan yang kita punya adalah bagimana mereka bisa berangkat. Apakah uang yang di ambil oleh travel yang berkaitan sudah dikembalikan?. Pastinya penegak hukum juga wajib untuk bertindak juga sikap di dalam menghadapi kasus ini.

Nisak: Jadi seperti itu, korban dari penipuan travel itu dan juga dari travel lain dibagi menjadi 4 kategori. Jadi, untuk orang yang mau tetap berangkat juga harus menambah uang lagi. Untuk refund biaya dan juga yang ke empat telah ikhlas. Sedangkan untuk aset-aset yang telah diambil nantinya biar pengadilan saja yang memutuskan.

Aini: Lalu bagaimana dengan aset itu?. Apa memang dapat di pakai sebagai konpensasi dari kerugian?.

Ipul: Iya, polri memang mempunyai komitmen untuk dapat menuntaskan masalah ini.

Aini: Jika si total memang terdapat ratusan ribu calon jamaah ya yang gagal untuk berangkat haji ataupun untuk umroh. Apa yang bisa di lakukan supaya dapat menolong mereka?.

Dahlan: Yang harus kita lakukan ini adalah dengan menggabungkan berbagai kebijakan dari kebijakan hukum, kemanusiaan, dan yang lainnya. Dan juga yang terpenting kita mencari jalan keluarnya.

Kesimpulan:

Permasalahan penipuan travel umroh dan haji memang sangat merugikan banyak pihak. Seperti ratusan ribu jamaah, agen travel yang berkaitan dan bisnis umroh yang lainnya. Yang di bawah naungan travel penipuan itu, yang wajib untuk dilakukan hanyalah menyerahkannya kepada aparat hukum.

Contoh Dialog Interaktif Beserta Kesimpulan di tv one

two-cartoon-during-a-dialog-isolated-on-white-dmy
https://www.123rf.com

Nama acara: Dua Sisi

Mc: Indi, habib

Narasumber: Eggi Supratman

Topik: Kontoversi Puisi Kebangsaan yang di ciptakan oleh Sukmawati

Indi: Selamat sore, Pak Eggi, Pak Habib, dan Bu Riani.

Eggi, Habib, Riani: Iya, Selamat sore Bu.

Indi: Apa pendapat pendek anda mengenai Ibu Sukmawati yang meminta maaf kepada publik atas puisi yang dia ciptakan?.

habib: Ya pastinya di maafkan.

Eggi: Di maafkan pasti, tetapi pastinya hukum pun tetap harus di tegakkan.

Indi: Memangnya mengapa wajib seperti itu, Pak Eggy?.

Eggi: Ya, pastinya hal ini berhubungan sekali dengan hukum. Untuk masalah yang satu ini hampir mirip dengan perkara yang di alami oleh ahok. Jadi beliau meminta maaf tetapi hukum juga harus jalan terus.

Indi: Nah, Jika menurut Ibu Riani bendiri bagaimana tanggapan Ibu mengenai hal ini?.

Riani: Kalau saya sih ya melihatnya dari sisi puisinya. Puisi itu adalah sebuah karya seni di mana di buat dari bawah alam sadar.

habib: Lagi pula hal seperti itu, sejak kapankah menjadi kasus penistaan agama?.

Eggi: Ya sejak dari kasusnya pak Ahok. Dan polisi juga lah yang memutuskan atas dasar dari fatwa para ulama.

Kesimpulan:

Di dalam kasus puisi yang di baca oleh Ibu Sukmawati memang di anggap penistaan agama. Sebab memang terdapat bait yang menyentil agama islam. Meskipun Ibu Sukmawati telah meminta maaf kepada publik, namum hukum wajib untuk di tegakkan. Akan tetapi, fatwa ulama tetap untuk di perlukan tentang apakah perlu di pidanakan atau tidak.

Contoh Dialog Interaktif Singkat Tentang Pendidikan

Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan
https://www.pendidikanmahir.com

Nama acara: Jurnal Pagi

Tv: Berita satu TV

MC: Irwan Supandi

Narasumber: Abdul Malik

Topik: Kualitas dan Tantangan Pendiikan Indonesia

Irwan: Menurut Bapak, bagamana pandangan dan juga opini dari bapak mengenai kualitas dan mutu dari pendidikan di Indonesia untuk sekarang ini?.

Malik: kalau membicarakan tentang kualitas, sebenarnya masih banyak sekali persoalannya. Apalagi kalau di ukur dari indeks yang masih sangat jauh.

Irwan: Oh, ada indeks tentang kelulusan juga ya pak?. Nah, lalu siapa pak yang mempunyai hak untuk menentukan dari tolak ukur itu?. Apakah hanya pemerintah saja atau juga ada beberapa pihak swasta?.

Malik: Tentunya yang mempunyai hak tersebut adalah diknas.

Irwan: Lalu bagaimanakah dengan UN Pak?. Sebetulnya apakah penting kurikulum ada UN?.

Malik: Iya, untuk standart dari kelulusan seperti UN kalau menurut saya memang lumayan bagus. Hal ini disebabkan dimanapun kita semua berada, kita wajib untuk mencapai dari standart tersebut.

Kesimpulan:

Pendidikan yang terdapat di Indonesia memang masih harus untuk di tingkatkan lagi. Dan juga untuk UN juga wajib tetap di adakan untuk peningkatan dari mutu pendidikan.

Contoh Dialog Interaktif Singkat Tentang Kebersihan

kerja-bakti-membersihkan-lingkungan
https://lamongankab.go.id

Nama Acara: Lingkungan kamu juga lingkunganku.

Tv: Youtube Chanel Menjaga Kebersihan

MC: Indah

Narasumber: Toni dan Budi

Indah: Selamat pagi untuk mas Toni dan mas Budi.

Toni & Budi: Iya, selamat pagi kembali.

Indah: Wah, Masih pagi begini sudah sibuk ya. Lagi buah program apa sebetulnya mas?.

Toni: Kami ini adalah komunitas lingkungan yang sedang membuat program untuk sadar kebersihan lingkungan.

Budi: Iya, jadi ini bukan karena pentingnya kebersihan, tetapi juga di sebabkan karena banyaknya penyakit demam berdarah di masyarakat.

Indah: Wah, bagus sekali ya program yang di buat ini. Kemudian, kapan lagi program yang semacam ini di adakan kembali?. Apakah hanya tanggal tertentu saja atau bagaimana?.

Toni: Program sadar kebersihan lingkungan ini diadakan dalam seminggu sekali saja. Yaitu pada hari minggu di tempat car free day.

Indah: Kemudian bagaimana program ini dapat di laksanakan Toni?. Apakah hanya sekedar buat mungutin sampah atau bagimana?.

Toni: Oh iya, sebetulnya kita akan menyerahkan undangan. Undangan ajakan untuk para follower yang ada di instagram supaya bisa ikut di dalam jalan sehat sekaligus mungutin sampah yang sering di lihat di jalanan. Setelah itu, sampah yang telah di ambil itu akan di tukar dengan snack.

Budi: Beruntungnya lagi, acara minggu yang kami ini ternyata ramai juga yang datang ke dalam program kami ini. Dengan mengikuti program ini sama saja dengan menghambat adanya penyebaran dari penyakit demam berdarah sebab lingkungan yang bersih.

Indah: Keren sekali ya mas-mas ini, mungkin saja dengan ini masyarakat akan semakin semangat untu ikut serta dalam program kalian ini ya. semoga berhasil.

Kesimpulan:

Toni dan Budi adalah salah satu aktivis dari komunitas peduli lingkungan yang sangat rajin untuk mengajak masyarakat agar sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Acara mereka ini dilakukan setiap hari minggu dengan adanya jalan sehat sembari mengumpulkan sampah yang ada di jalan.

Nantinya sampah yang sudah di kumpulkan itu akan di tukar dengan makanan atau snack. Tentu saja langkah kecil ini dapat meminimalisir terjadinya demam berdarah.

Contoh Dialog Interaktif Singkat Kick Andy Beserta Kesimpulannya

kick-andy
https://twitter.com

Nama Acara: Kick Andy

Stasiun TV: Metro TV

Pembawa Acara: Andy F. Niya

Narasumber: Rido Adityawan, Pemilik Ayam Gepuk Pak Gembus

Topik: Aku Pasti Sukses

Andy Jadi, sejak kapan kamu berjualan ayam gepuk itu?.

Rido: Saya mulai berjualan sejak Oktober 2013.

Andy: Ternyata cukup lama ya? Mengapa kok dinamai ayam gepuk?.

Rido: Itu sebetulnya nama satu malam. Jadi gembus itu panggilan kecil saya, dan kenapa gepuk sebab ayamnya saya gepuk-gepuk dengan sambel. Yasudah dinamai saja ayam gepuk Pak Gembus.

Andy: Lalu bagaimana ngaturnya gerai segitu banyaknya?.

Ridho: Untuk soal itu saya franchise kan saja.

Andy: Dulu sebelum kamu sesukses ini usahaya apa saja?. Apa cuma usaha ini aja langsung boom?.

Rido: Oh, kalau dulu saya pernah jadi tukang cuci mobil, ternak lele, sempat kerja juga di Kalimantan. Namun karena tidak betah disana saya mencoba cari pekerjaan di Jakarta, ngelamar sana sini tidak keterima. Saya terus mikir buat usaha apa ya, hingga ahirnya ada suatu event dan saya mikir mengapa tidak jualan makanan saja. ya sudah jualan ayam gepuk kaya begini dan mengembangkan menggunakan ilmu yang saya peroleh sewaktu kuliah.

Kesimpulan:

Rido tidak patah semangat walaupun dia mengalami maju mundur dalam usaha dan pekerjaan. Ia selalu mencari celah sampai akhirnya menemukan kesempatan untuk jualan ayam gepuk dan berbekal ilmu bisnis yang dia punya. usahanya berkembang pesat sampai Internasional.

Nah, demikian ulasan yang dapat disampaikan kepada kamu mengenai contoh paragraf deskripsi lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terima Kasih.

Jangan lupa mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

 

 

 

 

Tinggalkan komentar