Contoh Cerpen Persahabatan, Cinta, Pendidikan Lengkap

Contoh Cerpen Persahabatan, Cinta, Pendidikan Lengkap

Contoh Cerpen – Hallo sahabat, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai contoh cerpen. Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Hal ini mungkin sudah tak asing lagi di mata pembaca. Cerpen ialah karangan fiktif bermedium bahasa yang dapat dibaca dalam waktu sekali duduk. Di dalam membuat cerpen, seorang tidak boleh asal-asalan. Terdapat beberapa hal yang harus dipahami yakni:

1. Tema

2. Tokoh

3. Penokohan

4. Alur

5. Latar

6. Gaya Bahasa

7. Sudut Pandang

8. Dan Amanat.

Di bawah ini ialah ulasan lengkap contoh cerpen singkat yang baik dan benar. Mulai dari contoh cerpen lucu dan menghibur, contoh cerpen persahabatan, contoh cerpen romantis, contoh cerpen sedih, contoh cerpen anak, contoh cerpen pengalaman pribadi, contoh cerpen kehidupan sehari-hari, contoh cerpen menarik, dan yang lainnya. Mari langsung saja simak contohnya.

Contoh Cerpen Beserta Unsur Intrinsiknya

contoh-cerpen-beserta-unsur-intrinsiknya
http://hai.grid.id

Menemukan Dompet

Sudah beberapa bulan ini aku menunggu panggilan kerja. Rasanya hariku pilu bimbang tanpa arah. Kerjaanku hanya luntang-lantung di rumah saja. Aku sangat bingung harus ngapain. Ingin usaha namun tidak punya modal. Suatu hari, kuniatkan untuk bertemu sahabat-sahabatku, sekedar berbagi mengenai masalahku ini.

Di saat aku jalan menuju rumah sahabatku, di samping jalan sedikit ujung dari trotoar, aku melihat sebuah dompet yang berwarna coklat. Kuhampiri dompet tersebut, kubuka, dan kulihat isinya. KTP, SIM A, dan beberapa surat-surat penting, tabungan yang isinya cukup fantastis, dan juga sebuah kartu kredit. Di dalam pikiranku muncul suara supaya aku memakai isi dalam dompet tersebut.

Namun tidak, aku harus mengembalikan dompet ini kepada pemiliknya. Tidak selang beberapa lama sesudah aku pulang dari rumah sahabatku, kukembalikan dompet itu kepada pemiliknya. Bermodalkan alamat di KTP, aku menemukan rumahnya di perumahan elit dengan hotel Mulia Resort. kupencet bel dan lalu dibuka oleh tukang kebun yang bekerja di rumah itu.

Permisi, Pak, benarkah ini alamat Pak Bambang?. Tanyaku.

Iya benar, Anda siapa, ya? tanya tukang kebun itu.

Saya Budi, Ingin bertemu dengan Pak Bambang. Ada urusan penting yang harus saya sampaikan.

Baiklah silahkan masuk, kebetulan bapak ada di dalam, pinta tukang kebun.

Aku masuk dengan malu-malu ke dalam rumah megah pemilik dompet yang kutemukan waktu itu.

Ada apa? Siapa Kamu ini? Tanya pemilik rumah itu kepadaku.

Saya Budi, Pak. Mohon maaf sebelumnya, saya menemukan dompet Bapak di trotoar dekat hotel.

Oh, iya silahkan duduk, Nak!.

Aku duduk di dekat beliau dan langsung menyerahkan dompet yang kutemukan itu.

Kamu tinggal di mana, Nak? Dan kamu bekerja di mana? Tanyanya dengan penasaran.

Di kompleks Permai Indah, Pak. Saya masih nganggur sudah berbulan-bulan melamar namun belum dapat panggilan. Tambahku.

Kau ini sarjana apa? Tanyanya.

Ekonomi Managemen, Pak. jawabku.

Oke baiklah Nak. Di perusahaan bapak sedang memerlukan staff administrasi. Barangkali kalau kamu tertarik dapat ke kantor saya besok pagi jam 08.30. Ini kartu nama saya. Sambung Pak Budi sambil menyodorkan kartu namanya kepadaku.

Ini sungguh pak?

Iya, Nak. Saya memerlukan karyawan yang penuh dedikasi dan jujur seperti kamu ini.

Terima kasih banyak ya, Pak. Kataku tidak percaya, ini seperti keajaiban.

Unsur Intrinsik

Tema : Nilai Moral

Toko : Budi dan Pak bambang

Alur : Maju

Latar : Trotoar dekat hotel Mulia resort, di rumah pak bambang, sedih, bahagia

Gaya Bahasa : Lugas

Sudut Pandang : Orang pertama

Amanat : Kejujuran ialah sifat yang mulia dan akan memperoleh balasan kebaikan, baik dari orang sekitar ataupun dari Tuhan.

Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi

depresi-atau-trauma
https://segiempat.com

Trauma

Terdengar suara ketukan pintu yang berasal dari luar.

Silahkan masuk. Sambung Pak Anto dari dalam ruangan.

Maaf Pak Anto ada, Pak?. Tanya seorang pemuda yang dipanggil interview panggilan kerja.

Tidak, silahkan anda keluar!

Baiklah kalau begitu.

Di mana Pak Anto? Mengapa OB yang berada di dalam? tanya pemuda itu pada petugas di luar ruangan.

Ya yang berada di dalam tadi itu Pak Anto. Dia orangnya memang begitu, suka perpura-pura berpenampilan seperti OB untuk mengetes karyawannya. Dia menjelaskan.

Maksudnya bagiamana ya?.

Ya kamu tidak lolos hari ini, memang demikian Pak Toni. dulu dia pernah trauma dengan beberapa karyawannya karena materi.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

Rayakan_Persahabatan_dengan_6_Jenis_Bunga_Ini_dmy
https://outerbloom.com

Baik Luar Dalam

Za, ada Siti di depan nyariin kamu, ditmuin gih. Udah nungguin dari tadi. Sahut Tika kepada Zahra yang sedang mengerjakan tugas sekolah di rumah Zahra.

Bi, tolong ya bilang aja aku gak ada, lagi di luar atau di mana git. pinta Zahra pada Bi Inem yang bekerja di rumahnya.’

Baiklah, Non.

Kenapa kamu kaya gitu sama Siti? Dia sudah datang jauh-jauh namun malah kamu usri. Dia itu anak baik lho, Za.

Iya dari luarnya memang baik, manis, dan ramah. Namun apa hanya itu saja kamu mengukur sifat seseorang Ti?. Dari luar dia memang manis, tapi dalamnya pahit.

Pahit gimana maksudnya?.

Dia kerap ngomongin keburukan temannya sendiri di belakang. Banyak pokoknya Ti, yang tidak bisa aku jelaskan satu-persatu.

Lihatlah kamu ini orangnya judes, ceplas-ceplos sama kaya aku. Namun setidaknya hatimu tulus, Ti, bukan baik di luar namun dalamnya busuk. Aku gak butuh tampilan luaar orang di dalam berteman. Jelas Zahra.

Contoh Cerpen Singkat Kehidupan Sehari-hari

maxresdefault-dmy
https://www.youtube.com

Tak Konsisten

Suara alam begitu keras mengusi tidur Jono yang begitu terlelap. Dia masih mengeliat menahan rasa kantuk. Lalu perlahan membuka matanya.

Oh Tuhan. Joni terkaget melihat jam ternyata pukul 07.00 pagi. Dia langsung bergegas mandi juga merapikan diri lalu tancap gas untuk pergi ke kantor. Setelah sampai di kantor, dia sudah terlambat menghadiri meeting yang diajukan dari jam biasanya sebab bosnya akan segera pergi ke luar kota.

Permisi, Pak. Bolehkah saya masuk? Tanya Jono pada bosnya yang tengah memimpin meeting.

Silahkan duduk Jon, namun maaf hari ini proyekmu digantikan oleh Hadi.

Tapi kenapa, Pak? Saya kan hanya telat sebentar.

Ini bukan hanya sebentar atau lama. Kita disini adalah para pekerja profesional. Project itu telah lama saya percayakan kepada kamu namun kamu ternyata tidak bisa konsisten. meskipun telat sebentar, ada temanmu yang dapat memberikan ide bagus untuk proyek tersebut. Jadi maaf, sudah bagus kamu ini tidak saya keluarkan dari tim. jelas bosnya dengan tegas.

Langsung seketika Jono terdiam dengan wajah memucat. Sesudah meeting selesai Jono pergi menuju meja kerjanya.

Ada apa hari ini, Jon? Kamu sampai telat tidak seperti biasanya.

Ini salahku, Tan. Aku begadang nonton sepak bola sampai larut malam, sampai lupa kalau ada project penting dan seharusnya menguntungkan untukku.

Oalah makannya utamakan profesi dari pada hobimu. Sambung Intan sedikit menasehati.

Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah

rajin-belajar
http://www.siarandepok.com

Rajin belajar

Hari senin yang cerah. Sesudah anak-anak upacara bendera, mereka menuju ke kelasnya masing-masing untuk memperoleh mata pelajaran dari guru. Hal ini ada mata pelajaran Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKN.

Mata pelajaran yang pertama ialah matematika. Bu guru menyuruh untuk mengerjakan halaman 4 sampai 5. Suasana kelas tampak hening pada saat para siswa sedang mengerjakan soal. Lalu setelah selesai, bu guru berpesan untuk mempelajari materi perkalian dan juga pembagian dengan soal cerita sebab sewaktu-waktu diadakan tes dadakan.

Sesudah selesai memperoleh pelajaran di sekolah, para siswa pulang. Tina, Dewi, dan Rika pulang bersama jalan kaki sebab jarak rumah mereka yang tidak jauh dari sekolahan.

Habis nanti siang kita main yuk. Di rumahku ada boneka baru yang dibelikan oleh ibuku dari Surabaya. Pinta Rika kepada dua temannya.

Asyik, Ucap Dewi dengan penuh gembira.

Bagaimana Tin, Kamu bisa ikut atau tidak?

Aku tidak ikut saja ya. Mau belajar di rumah karena tadi kan ibu guru sudah berpesan untuk belajar karena siap-siap kalau ada tes diadakan. Sanjang Tina dengan polosnya.

Sesampainya di rumah masing-masing, Tina langsung ganti pakaian, makan siang, sholat, lalu istirahat siang sehingga malamnya dia bisa belajar dengan tenang da konsentrasi. Sesekali dia bertanya kepada kakaknya kalau kurang paham dengan materi di buku.

Sedangkan Dewi dan Rika bermain boneka hingga larut sehingga tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harinya mereka berangkat bersama dan sesampainya di kelas ternyata memang diadakan tes dadakan. Dewi dan Rika merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dan akhirnya nilai mereka jelek sehingga harus mengulang tes susulan.

Berbeda dengan Tina. Dia memperoleh nilai terbaik di kelas sebab dia sudah belajar dengan rajin sesuai nasehat gurunya. Ibu guru meminta supaya Dewi dan Rika belajar dengan sahabatnya, Tina.

Wah, Tin, sekamat ya, Nilai kamu 10. Besok kita ikut belajar dengan kamu ya. Ucap Rika dan Dewi.

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan

Wirausaha

wirausaha
https://segiempat.com

Yuli ialah mahasiswi lulusan pertanian yang memilih berwirausaha daripada bekerja kantoran. Uniknya, yang dirinya jual ialah produk olahannya sendiri yang dia racik dari penelitian yang dirinya lakukan di kampus. produk yang dia jual ialah sambal dengan campuran rumput laut yang ekonomis serta sehat.

Awal mulanya ia memasarkan di kalangan teman kuliahnya hingga dosen dan staff kampus. Hasil risetnya masuk di dalam kategori produk riset terbaik di tahun 2017. Disamping harganya yang relatif terjangkau sesuai dengan kantong para mahasiswa, produknya juga menyehatkan.

Yul, apa sih yang membuat kamu lebih suka berwirausaha?. padahal kamu kan termasuk mahasiswa berprestasi loh, bisa masuk perusahaan manapun dengan gampang bahkan tanpa tes. Apalagi produk sambalmu itu kamu jual dengan harga yang sangat terjangkau. bagaimana kamu dapat meraih keuntungan? Tanya salah satu temannya yang penasaran.

Iya memang, aku bisa saja menjual produk yang aku buat ini dengan harga yang tinggi kalau aku mau. Pasti juga akan laku. Apalagi untuk orang yang paham kesehatan. Aku juga dapat bekerja di perusahaan bonafit dengan gaji yang tinggi. Bisa saja, namun mohon maaf sahabat, aku kuliah tinggi-tinggi bukan untuk uang ataupun untuk balik modal dari semua biaya yang sudah aku keluarkan. Aku bahagia kalau pekerjaanku ini dapat bermanfaat untuk orang lain baik dari segi biaya dan kesehatan mereka. jelas Yuli kepada temannya.

Mendengar penjelasan dari Yuli, temannya itu langsung terdiam.

Contoh Cerpen Singkat dan Lucu

menghilangkan bulu kaki dengan gula dmy
http://cantik4l4mi.blogspot.com

Srub Gula Pasir

Di siang hari, Kiki sedang mengobrol dengan Risa dengan begitu asiknya.

Ris, menurut kamu Dika itu suka tipe cewek yang seperti apa sih?

Emm, seperti apa ya? setahu aku dia gak muluk-muluk sih, dia suka sama cewek yang alami apa adanya. Jelas Rista.

Jadi dia gak suka sama cewek bergincu gitu dong? Tanya Fitri.

Ya seperti itulah mungkin.

Lalu apa dong yang membuat bibir merah tanpa memakai lipstik?.

Coba saja kamu pake srcub gula pasir setiap malam, bibir akan merah merona secara alami.

Oyaa?

Baiklah akan aku coba nanti malam demi memperoleh cinta sang pangeran. Hehehe.

Seminggu lagi ada acara festival tuh di kampus kita, coba saja scrub-an rutin setiap malam. Sambung Rista.

Benar juga ya kamu. Nanti harus tampil maksimal di depan sang pangeran hahaha. Tukas Fitri mengiyakan. Beberapa hari telah lewat. Di hari sebelum acara, Fitri tampil seperti yang dikatakan oleh Rista. Di saat melihat Fitri, Rista terkaget-kaget.

Ada apa dengan bibir kamu? Kenapa kok merah sekali? Berapa kilo gula yang kamu pakai? Itu sensual apa bonyok ya? Tanya Rista terheran.

Ini akibat dari gigitan semut setiap malam tau, sampai sensual dan semerah ini, benar-benar pengorbanan yang besar. Jawab Fitri.

Oh My Good.

Contoh Cerpen Singkat Islami

keutamaan-sedekah
https://konsultasisyariah.com

Keutamaan sedekah

Bu, hari ini barang dagangan Bapak hanya sedikit saja yang laku. Hanya segini yang dapat Bapak berikan kepada Ibu. Sembari memberikan uang ke istrinya untuk keperluan rumah tangga.

Iya Pak. Tidak apa-apa yang terpenting Bapak sudah berusaha dan selebihnya ini ialah rejeki dari Tuhan. Keesokan harinya, suami berangkat bekerja dengan membawa barang dagangannya ke pasar. Di tengah perjalanan dia bertemu dengan kakek tua yang kebingungan di jalan.

Ada apak kek? Tanya pak Bagong menghampiri kakek tua itu.

Nak, bolehkah aku minta uang? Aku ingin pulang namun tidak punya ongkos. Pinta kakek itu lirik kepada Pak Bagong.

Duh uangku juga mepet, dagangan dari kemaren tidak laku, untuk makan saja terkadang masih kurang, ah tapi tidak apa-apa. Kata pak ustat sedekah dapat melancarkan rejeki, bismilah saja. Gumannya Pak Bagong dalam hati.

Baiklah, Kek, ini saya ada uang segini buat naik bis kakek sampi tujuan ya. Biar saya antar kakek sampai terminal.Ucapnya sembari mengantarkan kakek itu menuju terminal.

Terima kasih banyak nak, semoga rejekimu selalu lancar.

Amiin nek. Sesudah mengantar kakek itu, Pak Bagong kembali lagi ke pasar untuk menjual dagangannya. Sesampainya di pasar, ternyata ada seorang pembeli yang memborong dagangannya sampai habis.

Alhmdulillah rejeki memang gak kemana. Memang bersedekah bisa melancarkan rejeki. Guman Pak Bejo bersyukur.

Contoh Cerpen Singkat Percintaan

mitos-tentang-cinta
http://intisari.grid.id

Cowok Jutek

Mita, tadi ada yang nanyain kamu lho, si Bagas anaknya bos tambang itu. Sambung Eka kepada Mita. Mita hanya terdiam sembari membaca naskah lagu yang akan dia bawakan minggu depan dalam acara kampus.

Ada apa dengan kamu? Kamu paham apa maksudnya? Sembari menyodorkan naskah lagu yang diambil dari puisi.

Ini karya Bagas ya? Anak yang jutek dan pendiam itu? Kamu masih memikirkannya.

Mita hanya mengangguk saja.

Tanpa di kata cinta tetaplah cinta,

Irismu yang begitu begitu indah,

Membuat hatiku selalu takjub,

Hati dapat mematahkan segala logika yang ada,

Kehadiranmu adalah cahaya untuk kehidupan,

Memberi warna saat hati ini abu-abu,

Memberikan nafas di lorong anggara,

Yakinlah cinta itu ada,

Tanpa kicaupun burung terbang dengan bebasnya,

Hiduplah merdeka,

Dengan bahagiamu,

Karena aku akan menghampiri kamu,

Sayangku,

Aku yakin ini ialah pesan Bagas untukku. Aku yakin dia merasakan apa yang sedang aku rasakan. Namun kenapa dia tidak pernah bicara? Tanya Mita kepada Eka yang membaca naskah tersebut.

Entahlah, aku bingung mengapa kamu jatuh cinta pada model laki-laki seperti itu.

Dia itu sangat berbeda. Dia unik dan yang membuatku gila ialah sorot matanya tajam seperti elang yang menyambar mangsanya. Membuatku mabuk seperti ini. Jelas Mita.

Iya namun mana ada cinta abu-abu? Harus ada salah satu yang bicara. sahut Eka.

Sehari, dua hari, hingga satu minggu Mita tak kuat menahan perasaannya pada Bagas, hingga akhirnya dia menemui Bagas dan membicarkan sesuatu di taman dekat kampusnya.

Ada apa Mita? tanya bagas singkat.

Em aku ingin mengatakan sesuatu yang serius kepadamu.

Bagas hanya menghentikan langkahnya sebentar lalu berjalan meningalkan Mita. Mita hanya bisa menangis tersedu-sedu di taman, sebab apa yang diungkapkannya sia-sia. Ternyata cinta bertepuk sebelah tangan.

Keesokan harinya, dia di panggil ayah dan ibunya untuk pulang ke rumah dari kosnya.

Tadi ada seorang pria yang datang melamar kamu, dia terlihat anak baik, ayah dapat mengetahui betapa keseriusannya dari kata-kata yang dia ucapkan. Kata ayahnya.

Mita mendengarkan kata-kata ayahnya dengan pilu tidak bersemangat.

Nama anak itu Bagas, Sahut ibunya.

Mendengar nama tersebut hatinya langsung bergejolak, wajahnya kembali ceria dan matanya berbinar-binar.

Benarkah itu, Bu?.

Iya Benar nak.

Contoh Cerpen Singkat Motivasi

malas-belajar
http://belajar123.com

Malas Sekolah

Minggu ialah hari libur yang membuat orang malas beraktivitas. Ada yang memilih berlibur namun ada juga yang memilih tinggal di rumah melepas lelah sesudah seminggu penuh dengan aktivitas. Begitu juga dengan Benu, dia memilih untuk bersantai di rumahnua. Sampai-sampai sesudah hari minggu Benu masih belum siap untuk menghadapi aktivitas sekolah yang membosankan baginya.

Nu, kamu tidak berangkat ke sekolah? Ini sudah siang lho. Nanti kamu telat. Tanya Ibunya.

Benu ini masih capek, Bu. Bolos sehari saja tidak papa. Lagian tidak ada PR dan tes kok Bu. Santai saja.

Ya, jangan seperti itu. Kamu sekolah itu bayar. Menuntut ilmu tidak dapat disepelekkan begitu saja, Ben. Jawab ibunya menyanggah.

Sudahlah Bu, Benu ini masih ngantuk mau bobog lagi.

Melihat gelagat anaknya, ibunya menjadi geram dan langsung menyeret anaknya ke suatu tempat. Lalu ibunya mengajaknya ke panti asuhan yang dipenuhi oleh berbagai anak dengan latar belakang yang berbeda.

Nah, lihatlah mereka. Tidak punya orang tua yang membiayai sekolah padahal mereka juga sama ingin seperti kamu. jelas ibunya memberi tahu anaknya melalui kaca di dalam mobil.

Lalu ibunya mengajaknya melihat anak-anak yang sedang mengamen di jalanan. lihatlah anak-anak itu, dia mengemis mencari uang. Untuk makan saja sangat susah apalagi sekolah. Jelas ibunya lagi

Lalu Benu sadar dan akhirnya mau untuk berangkat sekolah meskipun agak terlambat. Dia diantar oleh ibunya sampai ke sekolah. Di perjalanan dia melihat anak sekolah yang sedang berjalan pincang. Di dalam hatinya dia berkata “Alangkah beruntungnya aku, masih memiliki fisik yang sempurna ta[p malas sekolah. Sedangkan anak cacat saja dapat semangat seperti itu.

Nah itulah ulasan singkat mengenai contoh cerpen singkat yang sangat menarik dan mengandung banyak pesan moral di dalamnya. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini:https://organicvolunteers.com

 

 

 

 

Tinggalkan komentar