tujuh komponen wajib

Cara Mengendarai Mobil Dengan Benar, Baik, dan Mudah

Cara Mengendarai Mobil – Bagaimana cara belajar mengendarai mobil secara ototidak bagi pemula?.  Saat ini memang bukan lagi menjadi sebuah alasan kalau kita tidak bisa mengetahui cara mengendarai mobil matic ataupun cara mengendarai mobil secara manual. Itu hanya karena kita belum memiliki mobil.

Seperti yang sudah kita ketahui pada umumnya, bahwa mobilitas suatu perusahaan akan selalu dikerjakan oleh para karyawannya, dan salah satunya adalah mengemudikan mobil.

Jadi tidak ada salahnya bagi kamu untuk meningkatkan perfomance kamu dengan cara memperlihatkan kemampuan cara mengendarai mobil dengan benar dan baik sehingga peluang untuk melamar pekerjaan di sebuah pabrikan mobil pun akan terlihat semakin besar.

Keahlian mengemudi sebuah mobil, apalagi dengan cara-cara mengendarai mobil yang benar dan baik. Tentunya akan menambah nilai kompetisi kamu sebagai calon karyawan ataupun karyawan sekalipun di mata perusahaan kamu.

Yang lebih enak lagi kalau kamu sudah memiliki sertifikat dari tempat kursus mengemudi mobil yang memang sudah kredibel dan terpercaya. Tentu hal ini menjadi nilai tambahan tersendiri dan kamu pasti sangat mudah ketika kamu melamar sebuah pekerjaan.

Mempunyai ketrampilan mengemudi mobil secara baik dan benar hal ini tidak akan membuat kamu rugi, karena ketrampilan ini akan selalu dapat di gunakan kembali sewaktu-waktu kalau sedang dibutuhkan.

Oleh sebab itu, sangat banyak orang yang tidak berpikir panjang dan mau untuk membayar kursus atau jasa stir mobil dengan harga mahal.

Lalu bagaimana jika kita tidak banyak uang namun kita ingin bisa mengemudi/menyetir mobil dan mempunyai kemampuan tersebut? Jangan khawatir pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi dan tips tentang bagaimana cara mengemudi mobil manual secara mudah bagi pemula.

Mobil-Manual

LANGKAH 1 : MENGENALI FITUR DAN KOMPONEN MENGEMUDI DI DALAM MOBIL MANUAL

Langkah yang pertama untuk belajar menyetir mobil bagi yang pertama kali belajar atau pemula ialah mengetahui tentang teori mengemudi mobil yang benar.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk memulai cara mengemudi mobil secara ototidak bagi pemula ialah dengan memahami, mengenali dan mengetahui apa saja komponen-komponen yang sering dipakai didalam mobil tersebut guna sebagai mengemudi mobil.

Untuk itulah sebelum kita belajar cara menyetir mobil, ada 7 kompunen dan fitur wajib yang harus kamu ketahui guna mengemudikan mobil manual.

tujuh komponen wajib

1. Pedal Rem :

Berfungsi untuk menghentikan dan memperlambat laju mobil. Letak pedal rem ini ditegah diantara pedal rem dan pedal gas.

2. Pedal Gas :

Berfungsi untuk memperlambat atau mempercepat laju mobil yang sedang anda kenadari, pada umumnya terletak disisi paling kanan.

3. Rem Tangan :

Dipakai ketika mengemudi ditanjakan ataupun jalan menurun dan digunakan saat parkir.

4. Pedal Kopling :

Dipakai saat perpindahan gigi, disamping itu juga dipakai sebagai prasyarat ketika berhenti agar mesin mobil tidak mati secara tiba-tiba.

5. Setir/Roda Kemudi :

Dipakai untuk mengatur arah mobil pada saat melaju dijalan.

6. Tuas Persneling :

Dipakai untuk memindahkan gigi saat kita berkendara

7. Tuas Lampu sein :

Dipakai saat anda ingin berbelok ke kiri maupun ke kanan, Fungsinya supaya pengemudi lain yang sedang ada dibelakang anda mengetahui arah yang sedang anda tuju.

Untuk tampilan, letak dan posisi letak komponen tersebut terkadang bisa saja berbeda dengan mobil yang sedang kamu pakai ( Pada contoh gambar diatas memakai mobil Daihatsu Xenia tahun 2012). Tetapi ketujuh komponen diatas wajib kamu ketahui terlebih dulu sebelum kamu belajar menyetir mobil secara benar dan baik.

LANGKAH 2 : MENGOPERASIKAN KOMPONEN MENGEMUDI MOBIL

Setelah kamu tahu komponen apa saja yang sering dipakai saat mengendarai mobil, kini saatnya kamu memahami fungsi dasar dan cara mengoperasikan komponen-komponen itu.

Terdapat tiga komponen utama yang sangat penting untuk diperhatikan oleh si pemula saat mengendarai mobil ialah :

1. Setir

2. Kopling, Pedal Gas, Dan Rem

3. Tuas Persneling

1. Cara Memegang Roda Kemudi / Setir

cara memegang setir

Langkah yang pertama sebelum memegang setir ialah dengan mengatur posisi duduk yang baik. Aturlah posisi duduk agar kamu tetap bisa nyaman selama mengemudi. Setelah posisi duduk terasa nyaman, Langkah berikutnya ialah mengetahui cara memegang roda kemudi / setir yang baik.

  • Bayangkan setir itu layaknya sebuah jam.
  • Posisikan tangan kanan pada arah jam 3.
  • Posisikan tangan kiri pada arah jam 9.
  • Atur ketinggian kedua tangan agar tidak melebihi bahu kamu.
  • Ibu jari jangan mencengkeram lingkaran setir.
  • pegang setir dengan rileks dan santai.

2. Kopling, Rem, Dan Pedal Gas

Pedal kopling, pedal rem, dan pedal gas semua dioperasikan dengan kaki, yang mana cara menggunakannya ialah dengan cara di injak (ditekan) sesuai dengan kebutuhan ketika sedang mengendarai mobil. adapun posisi masing-masing kaki sebagai berikut ini

  • Kaki kanan dipakai untuk mengoperasikan pedal rem dan pedal gas.
  • Kaki kiri hanya mengoperasikan pedal kopling.

3. Tuas Persneling

Pada mobil manual biasanya terdapat sebuah gambar / petunjuk posisi gigi percepatan yang letaknya diatas tuas persnelingnya. Pada umumnya terdiri dari angka 1-2-3-4-5 dan R untuk gigi mundur. Posisi gigi netral (N) biasanya berada di tengah-tengah.

Untuk memastikan gigi dalam posisi netral (N) silahkan kamu goyang tuas ke kiri dan ke kanan, kalau ia bebas digerakkan ke kanan dan ke kiri itu artinya posisi tuas berada dalam kondisi netral.

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahi lebih jelasnya

 

Posisi-gigi

Setiap kali melakukan perpindahan gigi, Kamu wajib menekan pedal kopling terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan menggeser tuas persneling kearah gigi yang dikehendaki.

Contoh Jika Akan Masuk Ke Gigi 1.

  • Injak pedal kopling lalu tahan
  • Geser tuas persneling penuh kearah kiri
  • Langkah selanjutnya dorong tuas persneling kedepan menuju ke angka 1

Untuk gigi 2 dan seterusnya, Kamu bisa menggunakan cara yang sama seperti langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Perasaan dan feeling ketika ingin memindahkan gigi persneling mobil sangatlah di perlukan, arah perpindahan gigi persneling, serta bunyi “klek’ pada saat melakukan perpindahan gigi menandakan bahwa perpindahan persneling sudah tepat.

Kalau sudah cukup hafal dengan cara memindah posisi gigi yang tepat, lanjutkan dengan menghafal posisi perpindahan gigi, karena pada saat menyetir kamu tidak boleh melirik tuas persneling ataupun panel yang lainnya.

LANGKAH 3 : TEORI DASAR PADA SAAT MENGEMUDI MOBIL

Setelah kamu tahu komponen0komponen untuk mengemudi mobil dan kamu sudah mengenal fungsi serta cara mengoperasikannya, langkah berikutnya bagi kamu ialah memahami teori dasar mengemudi.

Teori dasar mengemudi mobil sangat penting untuk kita pelajari bersama-sama karena hal ini ialah merupakan ketrampilan dasar seorang pengendara mobil.

1. Menghidupkan Mesin Mobil

  • Tarik tuas rem tangan (handbrake)
  • Pastikan tuas gigi persneling dalam keadaan posisi netral (N)
  • Injak pedal kopling dan tahan
  • Putarlah kunci kontak kearah start
  • Kalau mesin sudah hidup, lepaslah pedal kopling secara perlahan-lahan

2. Berhenti dan Mematikan Mesin Mobil

Berikut ini adalah cara berhenti dan mematikan mesin mobil saat kamu belajar mengemudi mobil :

  • Tekan pedal kopling lalu tahan dengan kaki
  • Angkat kaki kanan dari pedal gas lalu pindahkan ke pedal rem
  • Injaklah pedal rem dengan kaki kanan secara pelan supaya kecepatan mobil berkurang sampai berhenti sesuai keinginan kamu
  • Setelah mobil diam dan berhenti di tempat sesuai yang diinginkan, pindahkan tuas persneling ke posisi netral (N)
  • Langkah selanjutnya tarik rem tangan (handbrake) dan lepaskan pedal kopling
  • Langkah yang terakhir yaitu putar kunci kearah off untuk mematikan mesin mobil

3. Membuat Mobil Berjalan Maju

Setelah mesin mobil sudah dalam keadaan hidup, kini saatnya kamu memulai bekajar untuk membuat mobil berjalan maju

  • Injak dan tahan pedal kopling dengan kaki kiri, kaki kanan beriap di pedal gas
  • Pindahkan tuas persneling ke gigi 1
  • Lepaskan rem tangan
  • Lepas pelan-pelan kaki kiri dari pedal kopling ( pada saat ini kamu akan merasakan mobil mulai berjalan)
  • Pada saat mobil sudah mulai berjalan stabil, lepaslah kopling sepenuhnya sekaligus tekan perlahan-lahan pedal gas dengan kaki guna menambah kecepatan laju mobil

4. Cara Mengoper Persneling Saat Mobil Sedang Melaju

Pada umumnya, cara mengoper persneling saat mobil melaju adalah sama dengan apa yang telah kita pelajari sebelumnya pada langkah mengoperasikan komponen mengemudi mobil bagian tuas persneling.

Yang menjadi perbedaannya saat ini ialah posisi mobil sudah berjalan untuk melakukannya, perhatikan langkah berikut :

  • Lepas kaki kanan dan pedal gas
  • Tekan dan tahan pedal kopling dengan kaki kiri
  • Pindahkan gigi persneling ke gigi berikutnya
  • Lepaskan kaki kiri dari pedal kopling bersamaan dengan menginjakkan kaki kanan ke pedal gas.

5. Cara Memundurkan Mobil

  • Inajk dan tahan pedal kopling, kemudian pindahkan tuas persneling ke gigi R
  • Angkatlah kopling secara pelan-pelan
  • Rasakan mobil sampai mobil terasa bergerak mundur
  • Atur gerak mobil dengan cara menginjak dan menginjak kopling sedikit demi sedikit saat mobil sedang bergerak perlahan ( jangan mengangkat terlau cepat dan jangan lebih mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati

6. Saat Melewati Polisi Tidur

  • Angkat kaki kanan dan pedal gas lalu pindahkan ke pedal rem
  • Injaklah pedal koling dan tahan dengan kaki kiri
  • Pindahkan tuas persneling ke  gigi 1
  • Angkatlah pedal kopling perlahan-lahan, sampai mobil bergerak maju, biarkan saja mobil tersebut bergerak memakai tenaganya sendiri
  • Kalau polisi tidur dirasa terlalu tinggi dan tenaga mobil tidak cukup kuat, injaklah pedal gas sedikit sampai dirasa mobil itu dapat melewati polisi tidur
  • Setelah bisa melewati polisi tidur injak kembali pedal gas secara pelan-pelan

7. Menghentikan mobil tiba-tiba saat melaju dengan cepat

  • Injak pedal rem pelan-pelan sampai laju mobil terasa hampir berhenti
  • Injak penuh pedal kopling lalu tahan
  • Pindahkan tuas persneling ke posisi gigi netral (N)
  • Angkat rem tangan

8. Saat Macet Di Lampu Merah

  • Injak penuh pedal kopling dan tahan
  • Tempelkan kaki kanan di pedal rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
  • Pindahkan tuas persneling ke gigi 1
  • Angkatlah pedal kopling sedikit demi sedikit  agar mobil dapat berjalan merayap

LANGKAH 4 : PRAKTEK MENGEMUDIKAN MOBIL

Sesudah kamu hapal dasar-dasar mengendarai mobil, maka langkah yang selanjutnya ialah mulai mencoba mengaplikasikan teknik menyetir mobil yang telah kamu pelajari tadi

1.Hari Pertama Belajar Mengemudi

Pada hari pertama cara mengendarai mobil adalah, hal terbaik yang harus kamu lakukan ialah mulai membiasakan diri untuk memakai fitur-fitur utama yang terdapat di dalam mobil seperti :

  • Cara mematikan serta mematikan mesin
  • Melancarkan cara penggunaan rem tangan (handbrake0
  • Melancarkan cara-cara yang dipakai saat mengoper gigi, terutama untuk menekan pedal kopling dan menekan pedal gas ( cara ini sebaiknya pelajari saat mesin mobil sedang mati)
  • Melancarkan saat memutar setir yang benar dan baik
  • Memahami cara memaklai lampu sein dan lampu hazard
  • Mengatur posisi ketiga kaca sepion yang benar

Selain dari fungsi dan fitur mengemudi mobil, pada hari pertama ini kamu juga harus

mengetahui ketentuan dasar pada saat mengemudi di jalan raya. berikut ini adalah cara mengemudi dasar yang harus dipahami yaitu :

  • Makna dan arti rambu-rambu jalan yang ada.
  • Tata cara berbelok dan norma-norma dan mendahului kendaraan lainnya.
  • Pemakaian jalur kanan, jalur kiri, dan bahu jalan.

Kamu hari mencari tanah yang luas dan lapang untuk berlatih menyetir mobil, adapun latihan di hari pertama adalah :

  • Cara mengendarai mobil di belokan serta cara memutar mobil
  • Cara membuat berjalan mundur dan maju
  • Membiasakan pergantian persneling dan kopling
  • Cara memarkirkan mobil dan berhenti

Yang paling penting diperhatikan pada hari petama adalah pengenalan terhadap mobil yang akan kamu gunakan untuh berlatih. Meskipun hanya mundur, maju, dan berbelok, secara reflek kamu bisa mengetahui pengoperasian pedal gas, pedal rem, dan pegas kopling ataupun tempat tuas gigi persneling tanpa harus melihatnya.

2. Hari kedua Belajar Mengemudi

Pada hari kedua ini, saatnya kamu belajar mengemudi mobil pada tempat yang berbeda. Sekarang kamu mulailah dengan mengemudi mengelilingi daerah sekitar yang dekat dengan tempat kamu, bisa lingkungan sekitar rumah, yang lebih tepat sebaiknya dilakukan pada jam jam sepi.

Adapun yang perlu dilatih di hari kedua ini adalah :

  • Membiasakan diri untuk mengatur feeling pada mobil terhadap jalanan yang sedang di lewati.
  • Membiasakan diri dengan cara menyalakan lampu sein saat belok kanan maupun belok ke kiri.
  • Melancarkan perpindahan gigi dari gigi 1 ke gigi 2 maupun sebaliknya saat di belokan.
  • Pada saat berjalan lurus, lancarkan juga cara mengoper gigi walaupun laju mobil kamu tetap pelan (max 25 km/jam).
  • Teruslah kamu berlatih hingga kaki dan tangan kamu benar-benar terbiasa mengemudikan mobil, usahakan agar tetap santai, tetap rileks dan tidak tegang.

3. Hari Ketiga Belajar Mengemudi

Pada hari ketiga saatnya kamu untuk belajar cara mengemudi mobil manual di turunan dan tanjakanKamu perlu berlatih teknik mengemudi mobil di tanjakan yang mana kamu perlu mamakai rem tangan disertai dengan kombinasi memainkan pedal kopling dan pedal gas.

Nilai yang terpenting pada saat belajar mobil di turunan atau di tanjakan ialah ketika menghadapi situasi yang mana mobil harus berhenti ditengah tanjakan, entah itu sedang macet maupun ada kendaraan lain didepannya berhenti.

 

Pengoperasian yang dikombinasikan antara melepas pedal kopling, menambah gas, dan melepas rem tangan adalah cara yang perlu kamu latih pada saat kamu menyetir mobil di tanjakan.

Feeling dan ketenangan terhadap putaran mesin sangat dibutuhkan guna mencegah matinya mesin di tengah tanjakan. Di samping itu juga perlu berhati-hati terhadap pengunaan kopling yang berlebihan karena hal itu dapat menyebakan kopling cepat aus dan rusak.

4.  Hari Keempat Belajar Mengemudi

Pada hari keempat kamu berlatih mengemudi mobil secara manual ototidak ini. Kamu tinggal memperlancar latihan yang dilakukan pada hari pertama sampai hari ketiga. Mulai dari parkir, mengoperasikan instrumen mobil, mengopergigi secara lancar, berhenti, sampai situasi dijalan menurun atau menanjak.

Kamu harus pelajari dan mempraktekan kembali apabila ada yang kamu rasa masih belum lancar sampai kamu bnear-benar lancar dan bisa menguasainya.

Jangan lupa untuk mempelajari aturan dan norma-norma mengemudi mobil di jalan raya agar pada saat tiba masanya kamu mengemudi mobil di jalan raya, ka,u tak perlu bingung dengan tanda, aturan marka jalan yang ada.

Semakin sering kamu berlatih maka semakin cepat juga kamu menguasai cara menyetir mobil manual secara benar dan baik.

Demikian penjelasan dari kami bagi kamu yang sedang ingin mengetahui cara mengendarai mobil manual secara ototidak bagi pemula. semoga pembahasan yang kami berikan kali ini sangat bermanfaat bagi kamu ya? Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Jangan lupa berkomentar di kolom komentar. Terimakasih.

Satu pemikiran pada “Cara Mengendarai Mobil Dengan Benar, Baik, dan Mudah”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: