Cara membuat Slime dengan mudah dan aman dari bahan kimia

Cara membuat Slime dengan mudah dan aman dari bahan kimia

Cara Membuat Slime – merupakan alat mainan yang bertekstur kenyal dan empuk yang akhir-akhir ini banyak di gunakan oleh kaum millenial di berbagai belahan penjuru dunia sebagai sarana bermain yang unik dan menghilangkan kebosanan. Jadi apakah anda tertarik bermain slime?

slime yang aman

Slime merupakan salah satu mainan yang berbentuk cairan kental yang terbuat dari bahan polimer yang dicampur dengan larutan polivinil, alkohol serta ion borat. Di samping itu, slime juga dapat memunculkan keceriaan bagi penggunanya. Selain manfaat yang begitu banyak, slime juga berbahan murah dan bisa di jangkau oleh kalangan rumah tangga.

Anak-anak merupakan penggemar slime pertama. Slime juga menjadi sarana bermain yang aman bagi anak, dan tentunya anak-anak juga senang dengan slime, karena anak kecil pada umumnya masih polos pemikirannya dan belum berpikir seperti layaknya orang dewasa.

Bahan dan cara membuat Slime

Cara membuat slime yang aman tanpa borax

Sile tanpa borax

Belakangan ini banyak orang yang membuat slime dengan bahan-bahan kimia yang dapat berakibat buruk, efek yang utama yaitu dapat mengakibatkan iritasi ringan pada kulit. Borax merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya, yang biasanya bahan ini di gunakan sebagai bahan pengawet.

Menggunakan borax pada slime secara lama kelamaan akan menyebabkan iritasi yang parah, hal ini karena zat dalam borax masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan gatal-gatal yang semakin lama akan menjadi bintik-bintik merah dan jika di garuk akan menyebabkan luka yang terus menerus terasa gatal, jika tidak segera di obati maka akan terus berkembang dan memperluas area luka.

Efek dari penggunaan bahan kimia ini jangan di remehkan. karena, jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada kulit, terutama tangan. Kulit tangan sangat rentan jikka terkena zat beracun yang ada dalam borax, biasanya seseorang memainkan slime berbahan borax secara tidak sadar akan bahayanya.

JIka sudah mengetahui efek ringan serta akibat dari penggunaan bahan kimia, apakah kamu masih mau menggunakan bahan seperti borax lagi? Janganlah takut, karena di sini akan saya berikan tutorial tentang cara membuat slime tanpa bahan kimia. Berikut cara yang aman membuatnya:

Cara membuat slime Menggunakan tepung kanji

Dalam bidang apapun, keamanan tetap nomor satu. Dalam bermain slimepun tetap mengutamakan keamanan, yang mana kita harus pandai-pandai dalam memilih bahan yang aman untuk kita mainkan. Contohnya memilih slime yang tidak mengandung borax. Seperti yang kita ketahui di atas, bahwa menggunakan borax sangatlah tidak aman bagi tubuh. Maka dari itu, akan saya berikan langkah dalam membuat slime yang aman, sebagai berikut:

Bahan membuat slime dari tepung kanji :

  1. Tepung kanji 4 gelas
  2. Pewarna makanan 4 sdt (untuk warna dapat di aplikasian)
  3. Minyak goreng secukupnya
  4. Air putih 800 ml

Cara membuat Slime dari Bahan Tepung Kanji :

  • Langkah pertama yaitu masukkan tepung kanji ke dalam suatu wadah, bisa baskom atau yan lainnya
  • Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk secara perlahan agar tidak menjadi gumpalan dan air dapat tercampur secara merata
  • Jika adonan sudah menjadi lunak dan lumer lalu tambahkan minyak secukupnya, dak aduk merata sampai bertekstur kenyal
  • Langkah yang terakhir yaitu tambahkan pewarna sesuai keinginan, lebih baik lagi jika penggunaan warna bervariasi, seperti ungu, biru, hijau, kuning dan merah muda.

Bagaimana, apakah anda tertarik membuat slime jenis ini? Jika belum, masih ada cara lagi seperti di bawah ini;

Cara membuat slime dengan lem povinal

Lem povinal merupakan lem bening yang banyak terjual di toko-toko ATK. Lem ini biasanya di gunakan sebagai lem kertas, misalnya membuat prakarya seperti origami maupun benda lain. Lem ini bisa di gunakan menjadi bahan membuat slime. Adapun cara ini sangat mudah dan menggunakan bahan pelekat yang murah dan tentunya aman. Langsung saja simak cara membuat slime dari lem povinal.

Bahan:

  1. Lem povinal 2 botol
  2. Tepung bubuk secukupnya
  3. Air 1 gelas
  4. Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:

  • Langkah pertama yaitu masukkan bahan kedalam wadah (lem povinal dan tepung bubuk) dan aduk secara perlahan hingga tercampur dan agak mengental.
  • Kemudian tambahkan air dan aduk lagi hingga menjadi lumer
  • Yang terakhir yaitu tambahkan pewarna sesuai kreasi kamu

Gimana, apakah kamu sudah paham? jika paham, berlatihlah membuat sendiri di rumah dengan bahan dan cara membuat seperti di atas.

Cara membuat slime dengan lem fox

Selain lem povinal, ternyata ada lagi yang bisa di gunakan untuk membuat slime, yaitu lem fox. Berikut ini tata cara membuat slime dari bahan utama lem fox.

Bahan:

  1. Lem fox 5 sdm
  2. Baking powder 2 sdt
  3. Air 5 sdt
  4. Obat tetes mata, 10 tetes
  5. Baby oil 3 sdt
  6. Sabun cair 4 sdt
  7. Pewarna makanan 3 sdt

Cara membuat:

  • Langkah awal yang harus dilakukan yaitu memasukkan lem fox ke dalam wadah (baskom) dan tambahkan baking powder, lalu aduk hingga tercampur merata
  • Langkah selanjutnya jika kedua bahan sudah menjadi satu dan mengental, maka tambahkan air dan aduk supaya air tercampur merata dan terus di aduk hingga menjadi lumer.
  • Jika adonan sudah lumer, agar tidak putus-putus masukkan bahan tambahan seperti obat tetes mata, baby oil, sabun cair dan pewarna makanan, lalu aduk terus hingga tercampur sempurna, lalu diamkan dalam wadah tertutup selama 30 menit.

Cara membuat slime dari shampoo dan pasta gigi

Kok bisa sih, shampoo dan pasta gigi di jadikan slime! Tentu saja bisa karena bahan ini sama dengan bahan slime aslinya. Bagaimana cara membuat slime dari shampoo dan pasta gigi? kita simak langsung caranya seperti berikut.

Bahan:

  1. Shampoo (usahakan yang agak kental)
  2. Pasta gigi

Cara membuat:

  • Langkah awal untuk membuat slime dari bahan shampoo dan pasta gigi yaitu dengan mencampurkan kedua bahan menjadi satu dalam wadah (botol), lalu aduk hingga kedua bahan tercampur sempurna
  • Langkah terakhir yaitu tutup rapat botol dan diamkan dalam lemari pendingin selama 15 menit atau di lihat teksturnya yang kenyal tetapi jangan sampai mengeras, lalu keluarkan dari botol dan slime bisa untuk dimainkan

Cara membuat slime menggunakan bedak bayi

Bedak bayi merupakan serbuk kecil untuk bayi, dan bedak ini bisa di gunakan sebagai bahan utama membuat slime yang aman. Berikut ini cara membuatnya;

Bahan:

  1. stengah botol bedak bayi
  2. empat sendok baby oil
  3. dua gelai air putih
  4. tiga sdt pewarna makanan

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus di siapkan yaitu wadah yang bersih, bisa menggunakan botol bekas air mineral
  • Kemudian masukkan bedak bayi dan tuangkan air, aduk hingga adonan mengental
  • Lalu beri baby oil (minyak untuk bayi) dan aduk terus hingga tercampur merata dan teksturnya kenyal
  • Langkah terakhir beri warna dan aduk hingga tercampur merata, lalu masukkan dalam wadah tertutup dan tunggu dua jam. Slime sudah bisa di mainkan.

Cara membuat slime menggunakan tepung maizena

Bahan:

  1. Tepung maizena
  2. Susu cair
  3. Vanili bubuk
  4. Pewarna makanan

Cara membuat:

  • Langkah awal membuat slime dari bahan ini yaitu memanaskan susu cair dalam panci
  • Kemudian tambahkan tepung maizena, lalu aduk hingga kedua bahan mengental dan tercampur merata
  • Selanjutnya beri vanilla bubuk dan aduk terus hingga tercampur merata.
  • Yang terakhir yaitu beri pewarna makanan, dan aduk lagi hingga tercampur merata. Dan dinginkan sekitar 30 menit, maka slime pun bisa di mainkan.

Cara membuat slime dari tissu

Tissu merupakan lembaran kertas tipis, namun tissu juga dapat di gunakan sebagai bahan membuat slime, penasaran? Langsung saja simak berikut cara membuatnya.

Bahan:

  1. Tissu
  2. Slime activator
  3. Air bersih
  4. Clear glue
  5. Pewarna makanan

Cara membuat:

  • Langkah pertama yaitu sobek-sobek tissu menjadi kecil, kemudian masukkan ke dalam wadah
  • Selanjutnya masukkan air, kemudian aduk, jika kurang tissu dapat di sobekkan lagi yang terpenting tissunya menjadi basah
  • Lalu tambahkan clear glue dan pewarna makanan, kemudian aduk hingga menjadi gumpalan yang kenyal yang sudah berwarna pekat
  • Yang terakhir yaitu masukkan slime activator dan aduk lagi hingga semua bahan merata dan menjadi slime yang kenyal. Slime sudah siap untuk dimainkan

Cara membuat slime clear

Bahan:

  1. Lem bening 1 tube
  2. Slime activator 1 sdt
  3. Gom 1 sdt
  4. Air hangat 1 gelas
  5. Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, mencampur lem bening dan slime activator di dalam wadah (baskom) dengan cara mengaduk hingga menjadi bahan yang kental
  • Langkah selanjutnya yaitu menambahkan Gom sebagai pengenyal, lalu tambahkan air hangat dan garam secukupnya hingga menjadi lumer dan lunak.

Dalam pembuatan slime clear di atas membutuhkan bahan slime activator. Sedangkan bahan itu tidak ada di toko?  tetapi bisa kamu buat sendiri di  rumah kok, caranya seperti berikut;

Cara membuat slime activator

Gambar slime activator

  1. Slime Activator merupakan sebuah cairan yang biasa di gunakan untuk membuat slime. Activator berfungsi sebagai pembangkit dan penggumpal adonan, cairan ini dapat di tambahkan sebagai pelengkap. Jika sudah mengerti tentang activator, berikut ini cara membuatnya.

Bahan membuat Slime Actifator

  1. Gom atau merk obat sariawan 1 botol
  2. Air 1 gelas

Cara membuat:

  • Langkah pertama yaitu masukkan Gom ke dalam wadah botol kaca kecil
  • Lalu tambahkan air
  • Kemudian tutup wadah dan kocok sampai bahan tercampur merata
  • Diamkan selama 30 menit dan jadilah slime activator

Menggunakan slime activator sebagai bahan campuran sangatlah mudah, karena slime activator sudah menjadi slime, dan bahan utamapun akan otomatis tercampur dan menjadi slime. Kebanyakan orang menggunakan slime activator sebagai bahan pokok yang harus di gunakan dalam membuat slime, cara ini lebih mudah dan simpel.

Manfaat Dari Bermain Slime

Manfaat bermain slime

Banyak orang yang mengatakan bahwa slime di gunakan sebagai alat dan cara meredakan emosi, menghilangkan kebosanan, stress dan mengisi waktu luang. Akan tetapi perkataan tersebut memang benar adanya, bahwasanya slime benar-benar menjadi cara ampuh untuk meredakan emosi dan sebagainya.

Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa lepas dari godaan maupun sifat hati yang negatif. Akan tetapi hal tersebut dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain yang sedang berhadapan atau sedang ada masalah dengannya, namun hal ini dapat di hindari dengan memberi mainan yang positif, karena hal ini akan mengembangkan pola pikir yang positif.

Banyak manfaat yang di dapatkan dari bermain slime, diantaranya rangsangan terhadap otak menjadi stabil, dan orang yang sedang bermain slime cenderung mengabaikan orang yang mengejeknya. karena rasa kesal terhadap orang lain akan hilang dengan kelembutan dari slime ini. Adapun manfaatnya seperti pernyataan berikut ini.

Bermain Slime Dapat Meredakan Emosi

Ketika pikiran lagi kacau dan banyak masalah yang meningkatkan emosi, mungkin bermain slime merupakan salah satu cara untuk meredakan emosi. Dengan tekstur yang kenyal pada slime membawa kebahagiaan yang membuat seseorang menjadi lupa akan emosi yang sedang di derita.

Rasa kesal pada orang lain juga dapat membawa emosi pada pola pikir seeseorang, jangan bairkan emosi menguasai diri kita, maka dari itu yang perlu kamu lakukan ialah menghibur hati dengan hal-hal yang unik dan seru, seperti slime. Adapun slime ini mudah di buat dan tentunya aman bagi kulit.

Anak-anak merupakan manusia yang masih polos pikirannya, maka dari itu penting bagi orang tua untuk mendidik anaknya supaya tidak mudah emosi. Dengan memberikan slime pada anak-anak usia dini akan memberikan pola pikir yang positif dan tidak mudah meluapkan emosi kepada temannya.

Bermain Slime Dapat Menghilangkan Kebosanan

Bosan merupakan hal yang wajar. Ada bosan terhadap pekerjaan dan juga ada bosan terhadap sesuatu yang lain yang dilakukan secara berulang ulang. Akan tetapi hal ini dapat di minimalisir kok! Bermainlah slime maka rasa bosanmu akan hilang.

Memang sekilas seperti permainan anak kecil, tetapi slime merupakan alat yang mujarab sebagai penghilang bosan. Jika sekali kita merasakan bosan, pasti berikutnya akan kita rasakan lagi, namun jangan di biarkan rasa bosan melanda hati karena dapat mengakibatkan kemalasan otak untuk berpikir.

Mengapa dengan bermain slime dapat menghilangkan rasa bosan? karena ketika tangan kita meremas benda ini, akan terasa teksturnya yang empuk dan kenyal. Dalam meremas slimepun juga terasa berbeda karena rasanya yang langsung sampai ke hati dan membawa rasa nyaman ketika memainkannya.

Bermain Slime Dapat Mengisi Waktu Luang

Pernah kita mengalami waktu luang (kosong) dimana tidak ada kegiatan seperti yang kita lakukan sehari-hari sebelumnya. Dalam waktu luang tersebut cobalah bermain slime agar tak terasa waktu yang lama. Pasti kamu merasa waktu berputar secara cepat. Hal ini dikarenakan saat kamu bermain, secara tidak sadar telah melalui banyak waktu.

Ketika sedang bermain memang terasa baru sebentar, namun hal ini tidak sesuai dengan pernyataan waktu (jam). Misalnya kita bermain di pagi hari, sangking asiknya tiba-tiba waktu sudah sore, namun di benak kita terasa baru dua jam-an bermain. Memang ketika kita serius dalam melakukan sesuatu, pasti tidak sadar kalau waktu yang di tempuh sudah panjang.

Bermain slime termasuk kegiatan positif yang bagus untuk mengembangkan pola pikir pada anak usia dini. Jika sehabis pulang sekolah, biasanya anak-anak akan mencari suatu permainan untuk hiburan serta mencari hal-hal yang baru. Dari pada anak-anak terjerumus ke hal-hal yang negatif di luar, mendingan anak-anak di beri mainan sendiri di rumah, seperti slime.

Bermain Slime Dapat Menghilangkan Stress

Pusing karena pekerjaan atau memikirkan masalah dalam keluarga memang menjadi penyebab seseorang cepat mengalami stress. Karena kebanyakan mikir menjadikan otak tidak mampu lagi menampung memori serta pembaruan dalam pikiran, sehingga seseorang terlalu kebanyakan beban pikiran dan menjadi stress.

Namun jangan khawatir akan obat penghilang stress ini, salah satu diantaranya yaitu bermain slime. Banyak orang yang percaya bahwa bermain slime dapat menghilangkan stress akibat banyak pikiran. Karena, ketika sedang mengepal benda lunak ini membuat otak kita tidak memikirkan masalah-masalah yang sedang kita pikirkan. Dan cara ini terbilang ampuh karena rumuspun tidak bisa menghitungnya.

Sebenarnya masalah pusing (stress) ini dapat di hindari sebelum terjadi, yaitu dengan mengimbangi antara pekerjaan dengan hiburan. Misalnya seseorang hanya fokus kerja tanpa menghibur diri, maka lama kelamaan orang itu akan terbebani pikirannya dan menjadi stress, akan tetapi tidak kalau selang waktu dia sempatkan untuk menghibur diri, misalnya bermain slime ini.


Nah, gimana apakah anda mau mencoba dari salah satu cara di atas.

Jika berhasil silahkan tulis masukan anda di kolom komentar

Selamat mencoba!

Jangan lupa mengunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.