Membuat Kerajinan Tangan  Dari Sampah Menjadi Hiasan Mahal

Membuat Kerajinan Tangan Dari Sampah Menjadi Hiasan Mahal

Membuat kerajinan tangan– kerajinan tangan ialah pemanfaatan dari barang-barang yang sudah tak terpakai maupun menggunakan bahan yang masih baru. Kerajinan tangan membutuhkan skill atau kemampuan khusus yang dapat mengotak atik dan menggabungkan. Serta mengimajinasikan sebuah karya. Banyak dari kebiasaan manusia membuat prakarya atau kerajinan tangan dari bahan yang sudah tak lagi dipakai yang disebut barang bekas.

Barang bekas sering dianggap barang yang sudah tidak lagi dapat digunakan. Dan banyak yang memandang sebelah mata. Barang bekas juga sering di buang dan dijual dengan harga yang sangat murah. Dan biasanya di daur ulang di pabrik besar atu menengah. Tetapi jika kalian sadari, ternyata banyak sekali manfaat yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Maupun jadi benda hiasan, di tangan orang yang kreatif dan mempunyai imajinasi tinggi. Barang bekas dapat dijadikan benda-benda yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan ada yang sampai menembus pasar nasional.

Selain pengerjaannya yang tidak perlu modal. Bahannya juga sangat mudah didapat dan banyak di jumpai di lingkungan sekitar kita. Meskipun demikian, membuat kerajinan tangan dari barang bekas membutuhkan ketrampilan dan imajinasi yang tinggi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Untuk ketrampilan tumbuh dari keluwesan tangan sendiri. Kalau tidak terampil maka akan sulit untuk pengrajin mengerjakan dengan cepat dan mencapai hasil yang maksimal. Namun untuk imajinasi bisa didapat dari lingkungan, benda-benda maupun internet.

Bagi para pemula, untuk membuat kerajinan sebaiknya membuat kerajinan yang mudah dan sederhana dulu. Baru mencoba pada bentuk yang agak kompleks. Jika sudah mahir dalam pengerjaan dan keluwesan tangan, maka baru mencoba ke bagian yang lebih rumit dan sulit. Namun tetap berguna dan memiliki nilai jual tinggi. Supaya setelah berhasil, ada manfaat dan tidak sia-sia. jika kalian ingin mencoba sendiri dirumah, saya akan memaparkan beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Fungsi dari kerajinan tangan

Kerajinan tangan memiliki dua fungsi yaitu fungsi dan fungsi hias.

Fungsi pakai yaitu pembuatan kerajinan yang hanya mengutamakan nilai guna dari benda-benda yang dibuat. Sedangkan keindahan hanya sebagai tambahan agar terlihat tampak menarik. Contoh kerajinan ini seperti tempat duduk (dingklik), alas untuk alat dapur (telenan) dll.

Fungsi hias yaitu pembuatan kerajinan yang hanya mengutamakan nilai keindahan tanpa memperhatikan nilai guna dari barang tersebut. Contoh kerajinan ini seperti miniatur, patung, dan pajangan maupun gambar yang hanya menjadi kenikmatan bagi siapa yang melihatnya.

Kerajinan tangan jika dilihat dari segi bahan dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Kerajinan bahan keras
  2. Kerajinan bahan lunak

Faktor yang mempengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah:

  1. Budaya
  2. Letak Geografis
  3. Sumber Daya Alam

Tahap atau tata cara pembuatan kerajinan tangan:

  1. Membuat rancangan atau desain
  2. Menyiapkan alat dan bahan
  3. Membuat benda sesuai rancangan
  4. Finishing (tahap akhir)

Manfaat mengolah limbah botol bekas untuk kerajinan

Botol bekas merupakan salah satu limbah yang dapat mengganggu kelestarian alam. Sebab dari tahun ke tahun semakin banyak dan secara bertahap semakin bertambah limbah yang dapat mencemari lingkungan. Limbah botol ini banyak yang di keluarkan dari pabrik untuk produk minuman.

Mulai dari botol kaleng, botol plastik dan jenis-jenis botol yang lain. Botol tersebut sangatlah banyak dan menumpuk. Bukan hanya kota besar saja akan tetapi hampir semua tempat dan lingkungan hingga menyebabkan banyak pencemaran dan biasanya penyumbatan pada area selokan.

Masyarakat yang masih kurang begitu paham tentang bahaya pencemaran lingkungan merupakan salah satu faktor utama dari kurangnya pengolahan bool bekas.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari limbah yang satu ini. Salah satunya adalah kita ikut serta dalam pengurangan limbah, dan juga mengurangi pencemaran lingkungan. Selain itu juga dengan pengolahan limbah botol ini kita juga bisa menyalurkan dan memanfaatkan ide maupun gagasan yang kreatif dalam pikiran kita.

Berikut manfaat dari membuat kerajinan tangan:

1. Mengisi waktu luang

Membuat kerajinan tangan secara mandiri dapat mengisi kegiatan waktu luang kita agar lebih produktif ketimbang sekedar menonton televisi, maupun mainin gadget.

Mengisi waktu luang dengan hal yang positif seperti membuat kerajinan tangan dapat menjauhkan kita dari hal-hal negatif yang kemungkinan dapat merusak diri sendiri.

2. Melatih kreatifitas

Kreatifitas tidak muncul begitu saja dalam diri seseorang. Namun juga perlu dilatih agar mahir dan lebih berpengalaman. Sehingga kemampuan menjadi terasah dengan baik. Dapat memunculkan imajinasi serta pemikiran yang lebih matang lagi untuk menyelesaikan sebuah masalah yang lebih rumit.

Bagi para pemula, mungkin awalnya membutuhkan tutorial untuk membuat sebuah karya. Namun jika sudah mahir lebih membutuhkan improvisasi dan kreatifitas untuk melakukannya.

3. Melatih kesabaran

Membuat kerajinan tangan dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih kesabaran seseorang. Untuk membuat kerajinan tangan diperlukan ketekunan, keuletan dan kesabaran yang tinggi. Untuk bisa mengubah barang-barang yang sederhana menjadi lebih bernilai yang memiliki tingkat kerumitan dan kesulitan dalam pembuatannya.

4. Menghemat

Dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas, anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli barang atau bahan untuk membuatnya.

Misalnya untuk membeli kado, kita mungkin memerlukan uang atau biaya yang cukup merogoh koceh. Sedangkan kalau kita bisa membuatnya sendiri, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kita juga tentunya telah memberikan kado yang tidak terlihat murahan karena kadonya berkesan dan tampak istimewa dan unik dimata orang lain.

5. Ladang bisnis

Bagi anda yang termasuk memiliki tangan kreatif, pembuatan kerajinan ini tentu sangat berguna bagi anda. Karena dalam pembuatannya membutuhkan proses yang cukup rumit dan membutuhkan ketekunan serta kreatifitas yang dapat menghasilkan benda yang unik dan memiliki nilai jual yang lumayan tinggi.

Lumayan buat penghasilan sehari-hari anda daripada menghabiskan waktu menganggur maupun hanya diam saja. Mending manfaatkan waktu anda untuk berbisnis dan menghasilkan uang.

6. Mengajarkan anak untuk mengikuti instruksi

Bagi anak yang belum dapat membuat kerajinan tangan sendiri, akan memerlukan bimbingan dari orang yang lebih dewasa dan lebih mengerti akan pengalaman yang mendalam tentang kerajinan tangan.

Pengajaran pada anak secara tidak langsung telah mengajak pola pikir anak menjadi berkembang dan berfikir lebih luas, sehingga anak lebih cenderung berfikir rasional dan tidak terjebak dalam masalah lingkungan, sehingga anak tidak mudah jenuh berada dimanapun ketika melakukan aktifitas yang tidak membosankan dan mengacu pada pengetahuan.

7. Melatih kemampuan motorik anak

Kemampuan motorik anak perlu dilatih sejak dini, supaya ketika mereka dewasa, mereka sudah terbiasa dan tidak malu untuk melakukan sesuatu secara benar. Pelatihan pada anak juga dapat mempengaruhi kemampuan motorik agar berfungsi dan berjalan secara seimbang dan optimal.

Salah satu pelatihan yang dapat di tempuh untuk memberikan acuan pada anak yaitu dengan cara mengajak untuk membuat kerajinan tangan, meskipun prosesnya tidak terlalu rumit bagi orang dewasa, jika anak baru melakukannya pertama kali, maka akan jadi pengalaman yang sangat berarti dan akan selalu diingat sampai tua. Hal ini juga berguna karena mengonsentrasikan antara pergerakan tangan dan mata yang kompleks.

8. Membangun rasa percaya diri

Rasa percaya diri sangat penting untuk ditanamkan pada pola pikir anak, selagi masih usia dini, karena anak akan senantiasa memiliki rasa percaya diri dan akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika sang anak mampu membuat kerajinan tangan sendiri tanpa bantuan dari orang lain, itu akan membangkitkan rasa percaya diri pada jiwa anak, yng kemudian akan dia terapkan hingga ia besar.

Berikut beberapa tips membuat kerajinan tangan dari botol bekas

Botol bekas air mineral atau bekas minuman cola yang mudah dan banyak dijumpai disekitar kita, sampah jenis ini mempunyai bentuk dan tekstur yang mudah untuk dibentuk sesuai imajinasi kita, daripada botol bekas ini dibuang, mending dijadikan hiasan maupun benda pakai yang memiliki nilai jual dan bermanfaat untuk keperluan sehari-hari. Botol ini bisa digunakan sebagai beberapa jenis kerajinan tangan,

Contoh kerajinan dari botol bekas

Pot bunga

Untuk membuat pot bunga yang sangat unik dan memiliki nilai keindahan ini, caranya cukup mudah dan sederhana tidak memerlukan banyak tenaga dan modal, pertama yaitu, potong bagian sisi dari botol, cukup potong setengah saja, untuk ukuran botol sesuai selera maupun botol yang sudah ada.

selanjutnya botol yang sudah dipotong atau dilubangi sisinya tadi diisi tanah dan pupuk, sertakan air untuk membasahi tanah dan lubangi bagian bawahnya untuk tempat mengalirnya air ketika disiram, agar tanaman tidak layu dan mati ketika dipindah posisi. Setelah itu bila ingin dipercantik bisa dihias sesuai selera, hias bagian luar botol dengan warna yang bervariasi agar tidak terlihat polos, untuk warnanya bebas, sesuai imajinasi anda, bisa warna silang, warna campur maupun warna disertai gambar.

Penutup lampu hias

Untuk membuat penutup lampu hias dari bahan botol, memerlukan bahan yang lain, yaitu sendok plastik. Adapun cara membuatnya sebagai berikut, potong bagian ujung botol, kemudian sendok plastik tadi di potong dan dipisah dari gagangnya, lalu ujung sendok ditempelkan menggunakan lem, bisa mengguknakan lem bakar, dan tempelkan pada potongan botol bekas satu persatu hingga keseluruhan dari botol tersebut tertutup secara melingkar oleh potongan sendok.

Dan selanjutnya tinggal memberikan hiasan tambahan untuk mempercantik dan  menginginkan hasil yang indah.

Tempat menyimpan alat tulis kantor (ATK)

Cara membuat penyimpanan ini cukup sederhana, karena hampir karena hampir sama dengan pembuatan pot bunga di atas. Begini cara membuatnya, potong botol menjadi dua, lalu botol yang bagian bawah bisa diwarnai untuk tampilan berwarna, kemudian untuk tampilan yang lain, bisa diberi pita secara melingkar mengelilingi botol.

Nah, jika sudah dihias, maka siap untuk digunakan sebagai tempat menyimpan alat tulis maipun benda-benda kecil, misalnya, pensil, bolpoin, penggaris dll.

Sapu dari botol bekas

Berikut ini adalah tata cara serta bahan yang dibutuhkan, pertama siapkan botol bekas, kayu sebagai gagang sapu, dan juga gunting. Sedangkan cara membuatnya ialah sebagai berikut. Pertama dalam pembuatannya, potong bagian sisi ujung botol, kemudian potong setengah atau bagian yang paling bawah botol, agar nantinya jika digunakan kuat, maka dobeli botol agar tidak lemas.

Jika sudah di gabung, lalu pasang bagian gagang, dengan kayu yang sudah dipersiapkan tadi, jika sidah lalu pasang dengan erat, bisa pakai lem atau cukup diuntir ke kanan saja hingga erat, lalu sapu siap untuk digunakan.

Dompet dari botol bekas

Jika anda menginginkan dompet yang unik, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, bahan dan alatnya pun sederhana, maupu cara membuatnya cukup mudah, berikut ini adalah bahan dan alat yang dibutuhkan, yaitu membutuhkan dua botol bekas, resleting, tali, jarum besar dan gunting, bisa juga menggunakan pisau. Setelah bahan yang dibutuhkan sudah siap, lalu tinggal cara membuatnya, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memotong kedua botol tersebut menjadi dua bagian.

Bagian bawah saja yang digunakan, lalu gabungkan kedua potongan botol tadi dengan cara dijarum tali atau bisa juga di rekatkan dengan lem. Jika sudah jadi, dompet bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

kanopi dari botol bekas

Untuk membuat kanopi dari botol bekas ini tidaklah mudah karena membutuhkan botol yang banyak dan juga waktu yang lama, berikut adalah bahan yang di butuhkan, yaitu botol bekas, tali atau kawat, kayu atau besi, paku dan palu serta cat. Adapun tata cara dalam pembuatannya yaitu, pertama cat bagian bawah botol agar bisa melindungi dari sengatan matahari. Kemudian susun botol sesuai keinginan dan bentuk yang anda inginkan.

Namun dalam peletakan botol membutuhkan penyanggah, bisa menggunakan kayu maupun besi, jika menggunakan kayu membutuhkan paku dan palu untuk memaku satu sama lain agar rekat, sedang untuk penyanggah besi, membutuhkan mur dan baut, atau bisa juga besi di las. Kemudian gantung susunan botol pada penyanggah, jika sudah, maka tinggal menikmati teduhnya kanopi dari botol dan indahnya pemandangan yang tidak biasa dan mungkin karena imajinasi ini dapat menumbuhkan rasa bahagia bagi anda.

Lampu hias kamar dari botol bekas

Bagi kamu yang ingin memiliki kamar terlihat berwarna, dan terlihat begitu mewah mewarnai malam kamu, namun tidak memerlukan banyak biaya dan tenaga. Langsung saja, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi 2 botol bekas, kain perca, lampu, kabel, fiting, lem, cutter.

Dan cara membuatnya yaitu, pertama potong bagian atas dan bawah pada botol, lalu gabungkan bagian tengah kedua botol menggunakan lem, olesi bagian luar secara menyeluruh kemudian tempel kain perca diseluruh bagian luar pada botol. Tutup juga bagian atas botol dengan kain perca, selanjutnya pasang dudukkan lampu beserta lampunya, jika sudah selesai, tinggal nyalakan , dan lihat, malammu penuh warna.

Bungkus kado dari botol bekas

Salah satu hal paling membingungkan adalah kado, apa yang akan di berikan kepada keluarga, maupun teman yang sedang mengadakan pesta ulang tahun maupun resepsi pernikahan. Mungkin pemberian yang terlihat sederhana dan memiliki nominal adalah uang, namun secara logika tidaklah pantas jika seseorang terdekat kita yang menerima, dan tentu saja kado yang menjadi hal pertama yang terpikirkan sebagai hadiah.

Solusinya adalah dengan  memberikan kado yang memberikan kesan tak terlupakan dan berguna bagi penerima, mungkin kerajinan tangan dari botol menjadi solusinya, dan dapat dijadikan kado untuk mereka, untuk caranya mudah kok, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, menggunakan bahan dari botol yang sudah tidak digunakan lagi, dan botol ini di gunakan sebagai bungkus dari hadiah, atau kadonya.

Tentunya orang yang menerima kado yang dilihat dari luarnya saja sudah menarik, pasti dia akan senang apalagi jika isinya juga berkesan dan menarik, tentunya.Untuk bahan yang di gunakan meliputi botol bekas, pita, cutter, isi kado. dan cara membuatnya yaitu, pertama potong botol bekas dengan ketinggian sesuai dengan kebutuhan, lalu masukkan kado ke dalam botol yang sudah dipotong, kemudian lipat ujung botol hingga tertutup rapat. Kemudian ikat dengan pita agar lipatan tidak lepas sekaligus sebagai hiasan, dan kado sudah siap diberikan pada yang dituju.

Begitulah sedikit banyak tentang kerajinan tangan dan manfaat dari ketrampilan dalam membuat sebuah prakarya. Smoga artikel ini sedikit membantu anda dalam mencari sebuah informasi, terima kasih sudah membaca.

Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

2 pemikiran pada “Membuat Kerajinan Tangan Dari Sampah Menjadi Hiasan Mahal”

  1. Memang benar dengan mengolah limbah menjadi barang yang lebih bermanfaat akan mengurangi pengangguran dan mengurangi pula penumpukan sampah di aliran sungai pastinya hehehe

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: