Ayat Kursi Beserta Khasiatnya Bagi Yang Mengamalkannya

Ayat Kursi Beserta Khasiatnya Bagi Yang Mengamalkannya

Ayat kursi – merupakan surat yang jadi penghulu dari ayat-ayat suci Al-quran. Dan ayat kursi menjadi suatu bacaan yang di haruskan kepada umat islam sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT dan untuk melindungi diri dari godaan setan.

Ayat kursi dapat menjadi pegangan hidup yang dapat di definisikan untuk menjadi permohonan agar suatu hajat maupun doa dapat terkabul. Ayat kursi merupakan ayat yang mengandung tentang kebesaran dan kekuasaan Allah. keagungan Allah serta ilmu Allah yang meliputi langit dan bumi juga terkandung dalam ayat kursi. Jika seorang muslim mengetahui tentang manfaat, kharomah, hikmah serta fadhilah membaca ayat kursi, pasti mereka tidak lagi menyia-nyiakan waktu untuk hal lain.

Ayak Kursi

Bacaan Ayat Kursi dalam bahasa Arab

Bacaan ayat kursi dalam bahasa indonesia

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TAKHUDZUHUU SINATUW WA LAA MAUUM. LAHUU MAA FISSAMAWATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIHIM WA MAA KHALFAHUM WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN’ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A WASI’AKURSIYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM.

Terjemahan ayat kursi dalam bahasa indonesia

Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa. Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur pula, langit dan bumi merupakan ciptaanNya. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah kecuali atas izinNya, Allah mengetahui apa yang di hadapi mereka dan yang ada di belakang mereka serta mereka tidak tahu apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang telah di kehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al Baqarah ; 255)

Keutamaan ayat kursi

Selain mempunyai manfaat, ternyata ayat kursi juga mempunyai keutamaan, diantaranya:

Ayat yang paling agung dalam Al-quran

Dalam sebuah kitab Al-quran, ayat kursi memiliki kedudukan sebagai penghulunya daripada Al-quran. Ayat kursi menjadi salah satu ayat yang paling unggul dan banyak di pergunakan untuk keselamatan. Seperti sabda Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab berikut ini.

“Wahai Abu Muadzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Riwayat Muslim).

Ayat kursi memiliki keagungan melebihi langit dan bumi

Susunan ayat kursi dalam Al-quran memiliki tingkat keutamaan yang sangat tinggi. Sehingga ayat kursi memiliki kedudukan yang lebih agung daripada langit dan bumi. Mengapa demikian? Karena hal ini telah di jelaskan oleh Rasulullah sebagai berikut.

Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, karena di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah”.

Ayat kursi merupakan bacaan dzikir sebelum tidur

Adapun keutamaan ayat kursi dibaca sebelum tidur merupakan upaya untuk melindungi diri dari mimpi buruk. Juga karena pada saat tubuh kita berada di alam bawah sadar, kita tidak menyadari tentang apa yang kita lakukan dan kita perbuat. Maka dari itu membaca ayat kursi sebelum tidur sangat di utamakan untuk menjadi pertimbangan atas suatu perbuatan dosa yang dilakukan ketika tidur. Seperti sabda Rasulullah berikut ini.

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga fajar” (HR. Al Bukhari).

Ayat kursi menjadi penyebab masuk surga

Karena pada suatu saat setelah kiamat, kita semua akan di bangkitkan dan berada di yaumul hisab. Yang mana kita semua akan di mintai pertanggung jawaban atas semua perbuatan kita ketika berada di dunia. Dengan membaca ayat kursi setiap saat akan di catat amal ibadah kita dan nantinya ibadah itu dapat menjadi penolong kita untuk meraih surganya. Seperti sabda Rasulullah berikut ini.

“Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai sholat, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i dan dinilai shalih oleh syeikh Al Albani)

Manfaat membaca ayat kursi

Banyak dari kita belum menyadari akan kekuasaan Allah SWT. Akankah kita masih di beri pengampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat? Pasti jawabannya tergantung dari diri kita sendiri. Bagaimana kita melakukan tugas dan kewajiban kita di dunia. Pasti dalam setiap hari kita melakukan sebuah dosa. Yang mana bisa dosa kecil maupun dosa besar yang nantinya ketika berada di yaumul hisab akan di ganjar sesuai dengan apa yang kita perbuat sewaktu hidup.  Maka dari itu wajib bagi kita untuk melaksanakan kewajiban yang telah di berikan oleh Allah SWT. Ada banyak sekali tentunya manfaat dari membaca ayat kursi, berikut ini manfaat diantaranya:

Ayat kursi dapat membawa keberkahan di setiap harinya

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita mengharapkan berkah dari Allah SWT. Yang akan membuat hati tentram dan kelancaran dalam segala hal. Jika kita sering berdoa maka yang kita sembah pun akan memberikan belas kasih kepada kita. Maukan di surga? tentunya kita semua menginginkan tempat yang satu ini. Karena ini tujuan dari kehidupan di dunia. Ayat kursi dapat membawa keberkahan di setiap hari kita, jika kita selalu mengamalkannya. Seperti tindakan kriminal misalnya, tindakan kriminal sebenarnya berawal dari krisis ekonomi dan membuat otak jadi memikirkan hal yang layak untuk mencari uang. Namun hal itu tidak akan membawa berkah, yang mana malah membuat celaka dirinya sendiri.

Membaca ayat kursi dapat membuat hati menjadi tentram

Pada saat dimana kita berada dalam kesulitan, maka bacalah ayat kursi yang di dahului membaca Bismillah. Maka Allah akan memberikan pertolongan bagimu, dan akan memberikan cahaya pertolongan serta solusi untuk menghadapi segala masalah. Jika kita yakin akan kuasaNya niscaya Allah akan memberikan pintu syafaatnya. Dan disitulah keberkahan yang dapat kita ambil dari cobaan yang di berikan oleh Allah kepada kita.

Membaca ayat kursi dapat menjadi pertolongan

Misalnya dalam suatu keadaan dimana kita di hadang oleh orang jahat ataupun binatang buas. Ingatlah ada Allah yang selalu berada di sisimu dan Dia selalu memperhatikanmu dari kejauhan. Maka dari itu kita Wajib untuk mengingat bahwa Kuasa Allah di atas segalanya. Dan kita perlu berdoa agar senantiasa mendapatkan pertolongan dariNya. Membaca ayat kursi merupakan upaya untuk dapat meminta pertolongan agar kita dapat terbebas dari segala ancaman. Serta keberkahan yang kita dapat karena beriman kepada Allah dengan mengingat perintahnya.

Membaca ayat kursi dapat melancarkan usaha

Tentunya kita tidak ingin jika usaha yang kita kelola dan kita jalankan macet atau gagal. Maka dari itu kita harus ber ikhtiar, apa itu ikhtiar? ikhtiar merupakan suatu usaha yang di sertai doa. Dan dalam suatu usaha ayat kursi sangat berguna untuk menjaga kelancaran dalam setiap harinya. Tentu saja harus di sertai usaha, tetapi dengan berdoa dan memohon kepada Allah. Maka akan di mudahkan kita dalam menjalankan suatu usaha.

Maka dari itu kita patut beriman kepada kitab Allah dan menggunakannya di setiap waktu. Agar selain kita mencari keberkahan, membaca ayat kursi juga akan menambah pahala yang berlipat. Apalagi jika setiap hari kita membaca, tentunya akan mendapat keberkahan yang akan membuat kita senantiasa tentram.

Ayat kursi dapat membawa rezeki yang berlimpah

Lahir, rezeki, jodoh dan mati. Itu merupakan takdir dari Allah yang tidak bisa di ganggu gugat. Namun untuk rezeki, kita bisa memohon agar senantiasa di berikan rezeki yang berlimpah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari kita. Rezeki termasuk hal yang diberikan oleh Allah yang berupa barang wujud maupun jasa yang menolong kita, misalnya:

Uang

Banyak kegunaan dari uang yakni sebagai alat untuk tukar tambah sesuatu, bisa berbentuk barang maupun jasa. Uang juga untuk membeli semua kebutuhan pokok maupun tambahan dan juga sebagai alat untuk penukaran terhadap barang.

Benda pakai

Setiap benda yang kita gunakan sehari hari merupakan rezeki dari Allah yang patut kita syukuri. Benda pakai merupakan sesuatu yang di gunakan sehari-hari atau seperlunya untuk kebutuhan, contohnya pakaian, alat dapur, kendaraan maupun teknologi yang kita gunakan sehari-hari sebagai penunjang kebutuhan tambahan (sekunder)

Akal

Akal merupakan suatu pola pikir yang dapat menjadi acuan untuk melakukan sesuatu, namun tanpa kita sadari, akal itu merupakan pemberian dari Allah yang harus kita gunakan sesuai kebutuhan. Manusia di berikan akal supaya dapat di pergunakan untuk mengimbangi kehidupan, karena jika tidak di beri akal, maka akan bertindak seperti hewan yang tidak mengerti tentang menjaga aurot dan berperilaku layaknya makhluk hidup berakal sehat, serta lain sebagainya.

Teman

Teman atau sahabat merupakan media untuk bertukar pengalaman dan informasi secara pribadi maupun komoditas, teman juga sebagai sarana sosial yang membuat kita menjadi lebih mengetahui cara untuk beradaptasi, contoh kegunaan teman yaitu, untuk menolong kita ketika kesusahan atau terkena musibah

Anak

Anak merupakan rezeki dari Allah yang di titipkan kepada kita untuk kita jaga, adapun keuntungan memiliki anak diantaranya, membuat kita lebih bersemangat dalam mencari nafkah, dan anak dapat membuat hati tentram karena dengan hadirnya anak akan membuat suasana lebih ramai, jika tidak ada anak pasti akan terasa sepi dan kurang puas dengan perkawinannya, dan nak juga sebagai tali untuk memper erat suatu hubungan suami istri, serta untuk melestarikan keturunan

Ayat kursi dapat menjadi perlindungan dari godaan setan

Dalam kehidupan, tentunya kita tidak ingin mendapat bahaya dari lingkungan sekitar maupun dari diri kita sendiri, maka dari itu membaca ayat kursi juga dapat menghindarkan kita dari bahaya yang mengancam. Setan termasuk bahaya karena bisikan setan menggoda pikiran kita untuk melakukan suatu dosa yang nantinya kita yang akan menanggungnya. Karena setan itu takut terhadap Allah dan kitabnya, maka membaca kitab Allah akan membuat setan tidak mampu menembus dinding pertahanan Al-quran. Ayat kursi termasuk ayat yang paling di takuti oleh setan karena ketika setan mendengar bacaan ayat kursi tersebut, maka akan merasakan sakit dan tidak ada upaya untuk menggoda, namun lain waktu akan datang lagi untuk menggoda umat manusia, banyak godaan dari setan yang di antaranya;

Godaan untuk melakukan zina

ini termasuk godaan yang paling utama, dimana semua umat manusia di goda untuk melakukan zina, karena berzina termasuk dalam hal yang paling di benci oleh Allah dan sangat di larang di dalam agama maupun negara, karena mengetahui akan dosa dari berzina, maka setan pun memilih untuk mengotori pikiran manusia untuk melakukan zina, karena setan membenci umat manusia.

Godaan untuk mencuri

Mencuri termasuk tindakan yang merugikan orang lain, karena milik orang lain dan pindah kepemilikan, hal ini menjadikan memiliki sesuatu secara instan, namun cara ini tidaklah halal karena Allah SWT tidak menyukai cara ini dan hasil yang di dapat pun akan membuat darah menjadi haram bagi pemakai dari benda curian ini.

Godaan untuk berlaku tidak adil (curang)

Dalam sebuah kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah, namun sebagian orang ada yang melakukan kecurangan untuk mengalahkan lawan, namun hal ini termasuk hal yang tidak di perbolehkan dalam sebuah kompetisi, setan selalu membayangi pikiran manusia untuk bertindak curang, maka dari itu kita harus membentengi diri dari hal ini.

Godaan untuk bertindak kriminal

Pada saat pikiran kita sedang panas dan ada masalah dengan orang lain, disitulah setan biasanya menyelinap untuk memberikan bisikan gaib yang akan menjerumuskan kita untuk berbuat kekerasan secara fisik maupun batin yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain, jika kita tidak menyadari akan dorongan setan maka kita hanyalah sebagai pesuruh saja yang dimanfaatkan setan untuk berbuat semaunya agar dapat setan mendapat keberhasilan untuk menjerumuskan manusia sebagai tugasnya.

Khasiat membaca ayat kursi

Setelah kita membaca ayat kursi, ternyata ada banyak khasiat yang dapat kita rasakan, diantaranya:

Membuka akal sehat

Dalam suatu keadaan dimana kita sulit untuk berpikir dan keluar dari masalah, maka bacalah ayat kursi, karena dengan membacanya kan membuat pikiran lebih terang. Jika membaca ayat kursi selama lebih dari 50 kali dan meniupkannya pada air huja, Insya Allah ketika air tersebut di minu, niscaya akan membuat pikiran lebih tenang dan terbuka sehingga dapat mencerna pengetahuan yang baru secara maksimal dengan mudah.

Memberikan lapang dada

Kebanyakan orang tidak mengetahui akan pesan yang disampaikan oleh Allah, padahal cobaan yang biasa kita terima itu merupakan cara yang di gunakan untuk menyadarkan kita akan kekuasaanNya, jika di ambil hikmahnya, dari setiap masalah yang kita alami kita disuruh ingat kepada Allah karena Dia yang di atas segalanya, dari masalah tersebut kita dapat menemukan pelajaran yang belum kita mengerti sebelumnya, dan ketika kita membaca ayat kursi sebanyak 18 kali, maka akan di bukakan kelapangan dada dan berbagai macam hikmah akan diberikan, sehingga kita senantiasa tentram

Di pelihara oleh Allah

Seseorang yang di pelihara langsung oleh alah termasuk orang yang beruntung, karena pada dasarnya kebanyakan dari manusia tidak ingat akan kebesaran Allah pada setiap saat, akan tetapi hanya pada saat tertentu di ingat, maka dari itu mungkinkah kita bisa di jaga langsung, semua itu atas kehendakNya, dan kita tidak bisa merubah apa yang telah di tetapkan oleh Allah. Seperti sabda Rasulullah yang menerangkan bahwa, jika kita membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada hari jum’at setelah melakukan shalat dua rakaat, maka kita akan di pelihara dan dilindungi langsung oleh Allah dari jauh.

Menjaga dalam perjalanan

Ayat kursi ternyata juga termasuk surat yang berisi tentang permohonan kepada Allah untuk di jaga. Misalnya, jika dalam suatu perjalanan, kita membaca ayat kursi, niscaya kita akan dilindungi sampai di tempat tujuan

Mendapatkan cinta kasih dari Allah

Bagi siapa saja yang rajin membaca ayat kursi, maka Allah akan memberikan perhatian dan cinta kasih seperti yang Nabi Muhammad SAW dapatkan. Pastinya kita semua ingin di perhatikan, karena yang di perhatikan lebih oleh Allah merupakan orang yang mau beramal sholeh dan orang yang di cintai Allah.

Begitulah sekiranya yang dapat saya informasikan kepada anda

jika ada salah kata saya mohon maaf

semoga artikel ini membantu

sekian dan terima kasih.

Jangan lupa kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.